Overhoul di beres
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Overhoul di beres
Maap nubie nimbrung,...
Bukannya bisa di "rethread" yak ulir busi di cylhead?
Abis itu jual aja, ngeri klo buat pake sendiri
Bukannya bisa di "rethread" yak ulir busi di cylhead?
Abis itu jual aja, ngeri klo buat pake sendiri
FWD + RWD + 4WD =
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7367
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Overhoul di beres
krn sy awam comment sy pasti non technical
logika nya
kalo tiap mobil buatan thn 2003 hingga sekarang di indo itu under (standar sni) 50,000km or three year warranty on powertrain. itu sdh basic warranty tdk bisa tawar murah lagi. sy tdk tau zhong hua products / brands berbentuk mobil
husus dai n tyt itu 100,000 or three year warranty which ever (to) come(s) first
kalo engine or anything remained full standard then dont u ever dare to spend even a cent for things under hood. bahkan klaim sj tagihan towing
coba pic engine di tampilkan di sini sbrp standard dia
logika nya
kalo tiap mobil buatan thn 2003 hingga sekarang di indo itu under (standar sni) 50,000km or three year warranty on powertrain. itu sdh basic warranty tdk bisa tawar murah lagi. sy tdk tau zhong hua products / brands berbentuk mobil
husus dai n tyt itu 100,000 or three year warranty which ever (to) come(s) first
kalo engine or anything remained full standard then dont u ever dare to spend even a cent for things under hood. bahkan klaim sj tagihan towing
coba pic engine di tampilkan di sini sbrp standard dia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Overhoul di beres
jangan keburu menyalahkan bengkel/mekanik yang bongkar busi. busi meleleh kalau dilepas memang bakal merusak drat. bayangkan saja ujung busi meleleh (seperti dilas), drat di ujung akan hilang/melebar, sehingga mau tidak mau ketika dilepas akan menghilangkan drat yang masih bagus. demikian pula material lelehan atau pecahan keramik yang jatuh ke ruang bakar, bakal dihajar berkali2 oleh piston. efeknya, silinder bisa baret2, piston bisa luka2, head juga. memang benar jika standarnya harus overhaul.
nah, yang jadi masalah, kok bisa busi n koil meleleh?
jangan2 ada kesalahan tegangan input ke koil, atau spek busi yang tidak sesuai standar (tanpa resistor). ini yang harus dibereskan dulu, jangan sampai sudah overhaul dan ganti ini itu, masalah terulang kembali karena penyebab awalnya belum diatasi.
drat busi bisa dibuat ulang, bisa pake sistem las/cor, atau pake besi/logam lain. kekuatan, tergantung pengerjaan. jika yang mengerjakan profesional, gk akan terlihat, layaknya mesin baru. kekuatan juga sama. tapi rata2 pengerjaan yang saya temukan di indonesia baru sebatas kuat aja, tampilan masih amburadul. tapi tak terlihat dari luar, jadi kalo mau dijual gk masalah.
mengencangkan busi selain pake torque wrench juga bisa pake manual tangan. biasanya di kemasan busi ada aturan mengencangkan, berapa putaran busi dikencangkan setelah mentok diputar pake tangan dengan kunci sok. ada tipe tertentu yang hanya 1/8 putaran, 1/2, atau 3/4 putaran.
dan beda juga putarannya antara busi baru dengan yang sudah pernah dipakai, karena perbedaan ring yang belum terpakai sama yang sudah dipress karena terpakai.
nah, yang jadi masalah, kok bisa busi n koil meleleh?
jangan2 ada kesalahan tegangan input ke koil, atau spek busi yang tidak sesuai standar (tanpa resistor). ini yang harus dibereskan dulu, jangan sampai sudah overhaul dan ganti ini itu, masalah terulang kembali karena penyebab awalnya belum diatasi.
drat busi bisa dibuat ulang, bisa pake sistem las/cor, atau pake besi/logam lain. kekuatan, tergantung pengerjaan. jika yang mengerjakan profesional, gk akan terlihat, layaknya mesin baru. kekuatan juga sama. tapi rata2 pengerjaan yang saya temukan di indonesia baru sebatas kuat aja, tampilan masih amburadul. tapi tak terlihat dari luar, jadi kalo mau dijual gk masalah.
mengencangkan busi selain pake torque wrench juga bisa pake manual tangan. biasanya di kemasan busi ada aturan mengencangkan, berapa putaran busi dikencangkan setelah mentok diputar pake tangan dengan kunci sok. ada tipe tertentu yang hanya 1/8 putaran, 1/2, atau 3/4 putaran.
dan beda juga putarannya antara busi baru dengan yang sudah pernah dipakai, karena perbedaan ring yang belum terpakai sama yang sudah dipress karena terpakai.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Overhoul di beres
klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Overhoul di beres
sodara ane malah sampe tuker unit avanza nya....abrof wrote:klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
emang brengsek itu pada cari2 alesan..maunya bikin org naik darah baru diancem baru mau..ga bisa melayani sesungguhnya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Overhoul di beres
busi meleleh ada beberapa penyebab, mungkin karena tipe yang tidak sesuai (busi tipe terlalu panas), jadi harusnya panas yang terjadi wajar, namun karena spek busi panas menjadi berlebihan. akibatnya insulator keramik meleleh, bahkan elektroda (center and ground electrode) juga bisa meleleh. bodi busi bagian atas juga bisa ikut meleleh.montirangin wrote:o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
bisa juga karena input tegangan koil yang terlalu tinggi dari spesifikasi. jadi, tegangan yang masuk ke busi jauh lebih tinggi dari spek, akibatnya panas yang ditimbulkan lebih besar, meski busi spek panasnya standar tetap bisa meleleh.
melelehnya koil ada beberapa penyebab,
yang pertama karena tegangan yang masuk terlalu tinggi, lama2 panas, kemudian meleleh.
kedua, ada juga imbas dari busi yang rusak (meleleh), karena ada kebocoran, maka panas pembakaran dari ruang bakar naik, tapi ini sebatas meleleh di bagian luar, terutama yang dekat dengan busi. tapi bocor dari busi ini jarang terjadi.
ketiga, bisa juga koil meleleh karena spek busi yang tidak sesuai. misalkan spek busi pakai hambatan besar, kemudian diganti dengan tanpa hambatan, maka koil bisa panas, lama-lama meleleh.
ke empat, bisa jadi koil meleleh karena input tegangan terlalu lama. jadi, arus yang mengalir ke koil harusnya ada jeda waktu untuk pendinginan, tapi ECU menginput tegangan tanpa jeda, jadi dari pemutusan arus (busi memercik), langsung arus mengisi ke koil. memang efek terhadap kinerja busi tidak terasa, namun efek bagi koil cukup membebani.
atau kombinasi diantara 4 hal tadi, antara input terlalu besar, busi tidak sesuai spek, busi rusak/meleleh, dan kesalahan timing input ke koil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Overhoul di beres
jarang lho ATPM mau ganti unit baru, apalagi klo sdh diatas 1 bulan pemakaian...maskopat wrote:sodara ane malah sampe tuker unit avanza nya....abrof wrote:klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
Cloud wrote:busi meleleh ada beberapa penyebab, mungkin karena tipe yang tidak sesuai (busi tipe terlalu panas), jadi harusnya panas yang terjadi wajar, namun karena spek busi panas menjadi berlebihan. akibatnya insulator keramik meleleh, bahkan elektroda (center and ground electrode) juga bisa meleleh. bodi busi bagian atas juga bisa ikut meleleh.montirangin wrote:o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
bisa juga karena input tegangan koil yang terlalu tinggi dari spesifikasi. jadi, tegangan yang masuk ke busi jauh lebih tinggi dari spek, akibatnya panas yang ditimbulkan lebih besar, meski busi spek panasnya standar tetap bisa meleleh.
melelehnya koil ada beberapa penyebab,
yang pertama karena tegangan yang masuk terlalu tinggi, lama2 panas, kemudian meleleh.
kedua, ada juga imbas dari busi yang rusak (meleleh), karena ada kebocoran, maka panas pembakaran dari ruang bakar naik, tapi ini sebatas meleleh di bagian luar, terutama yang dekat dengan busi. tapi bocor dari busi ini jarang terjadi.
ketiga, bisa juga koil meleleh karena spek busi yang tidak sesuai. misalkan spek busi pakai hambatan besar, kemudian diganti dengan tanpa hambatan, maka koil bisa panas, lama-lama meleleh.
ke empat, bisa jadi koil meleleh karena input tegangan terlalu lama. jadi, arus yang mengalir ke koil harusnya ada jeda waktu untuk pendinginan, tapi ECU menginput tegangan tanpa jeda, jadi dari pemutusan arus (busi memercik), langsung arus mengisi ke koil. memang efek terhadap kinerja busi tidak terasa, namun efek bagi koil cukup membebani.
atau kombinasi diantara 4 hal tadi, antara input terlalu besar, busi tidak sesuai spek, busi rusak/meleleh, dan kesalahan timing input ke koil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Overhoul di beres
mantap penjelasannya omCloud wrote:jangan keburu menyalahkan bengkel/mekanik yang bongkar busi. busi meleleh kalau dilepas memang bakal merusak drat. bayangkan saja ujung busi meleleh (seperti dilas), drat di ujung akan hilang/melebar, sehingga mau tidak mau ketika dilepas akan menghilangkan drat yang masih bagus. demikian pula material lelehan atau pecahan keramik yang jatuh ke ruang bakar, bakal dihajar berkali2 oleh piston. efeknya, silinder bisa baret2, piston bisa luka2, head juga. memang benar jika standarnya harus overhaul.
nah, yang jadi masalah, kok bisa busi n koil meleleh?
jangan2 ada kesalahan tegangan input ke koil, atau spek busi yang tidak sesuai standar (tanpa resistor). ini yang harus dibereskan dulu, jangan sampai sudah overhaul dan ganti ini itu, masalah terulang kembali karena penyebab awalnya belum diatasi.
drat busi bisa dibuat ulang, bisa pake sistem las/cor, atau pake besi/logam lain. kekuatan, tergantung pengerjaan. jika yang mengerjakan profesional, gk akan terlihat, layaknya mesin baru. kekuatan juga sama. tapi rata2 pengerjaan yang saya temukan di indonesia baru sebatas kuat aja, tampilan masih amburadul. tapi tak terlihat dari luar, jadi kalo mau dijual gk masalah.
mengencangkan busi selain pake torque wrench juga bisa pake manual tangan. biasanya di kemasan busi ada aturan mengencangkan, berapa putaran busi dikencangkan setelah mentok diputar pake tangan dengan kunci sok. ada tipe tertentu yang hanya 1/8 putaran, 1/2, atau 3/4 putaran.
dan beda juga putarannya antara busi baru dengan yang sudah pernah dipakai, karena perbedaan ring yang belum terpakai sama yang sudah dipress karena terpakai.
btw apa ini ada kesalahan dari beres daihatsunya ya??
soalnya kata TS selalu servis rutin di beres
dibawa ke bengkel umum kan cuma sekali pas mogok yg kedua kalo ane baca dari cerita om TS
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
nah itu juga om..harus liat bengkel umumnya yg dimana.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Overhoul di beres
Klaim ke bengkel resmi saja dengan berbagai cara kalo perlu pakai ngotot2.historynya kan selalu service ke beres,ke bengkel umum kan cuma sekali itu pun karena kondisi darurat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
bangrosi wrote:Klaim ke bengkel resmi saja dengan berbagai cara kalo perlu pakai ngotot2.historynya kan selalu service ke beres,ke bengkel umum kan cuma sekali itu pun karena kondisi darurat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Overhoul di beres
bisa jadi Sabotase atau salah kerja , kalau soket sensor2 kendor bisa bikin system error loh kenapa bisa sampai begitu apa ada yg kendor atau cacat prodaksion
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
masalahnya gimana cara buktiin itu kalo kesalahan mereka ya
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Tue Oct 07, 2014 8:38
Re: Overhoul di beres
iya gan, saya juga ngga bisa punya bukti yang kuat kesalahan dari mana? yang jelas kesalahan fatal saat darurat dibawa ke bengkel umum dulu, jadi bolak balik kambing hitam ada disitu..montirangin wrote:masalahnya gimana cara buktiin itu kalo kesalahan mereka ya
saya tanya penyebab awal kenapa bisa begitu jg gak bs deteksi karena alasan udah di bawa ke bengkel umum.
kemarin saya bicara kekeluargaan sama beresnya, mereka ngijinin klo saya ambil part dari luar (copotan) tapi dengan catatan ngga ada garansi dari pihak mereka, klo saya pake semua part dari mereka ada garansi 6 bulan FOC.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3050
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Overhoul di beres
gimana yg rusak dipakein KW aja cari bengkel umum yg bagus lumayankan selisihnya tapi kualitas mungkin bisa beda jauh
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Overhoul di beres
setujusolar_kerosen wrote:gimana yg rusak dipakein KW aja cari bengkel umum yg bagus lumayankan selisihnya tapi kualitas mungkin bisa beda jauh
terus langsung jual aja om