Overhoul di beres

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Contact:

Re: Overhoul di beres

Post by b8099ok »

Maap nubie nimbrung,...
Bukannya bisa di "rethread" yak ulir busi di cylhead?
Abis itu jual aja, ngeri klo buat pake sendiri :P
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Overhoul di beres

Post by newrubble »

krn sy awam comment sy pasti non technical

logika nya

kalo tiap mobil buatan thn 2003 hingga sekarang di indo itu under (standar sni) 50,000km or three year warranty on powertrain. itu sdh basic warranty tdk bisa tawar murah lagi. sy tdk tau zhong hua products / brands berbentuk mobil

husus dai n tyt itu 100,000 or three year warranty which ever (to) come(s) first

kalo engine or anything remained full standard then dont u ever dare to spend even a cent for things under hood. bahkan klaim sj tagihan towing

coba pic engine di tampilkan di sini sbrp standard dia
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Overhoul di beres

Post by Cloud »

jangan keburu menyalahkan bengkel/mekanik yang bongkar busi. busi meleleh kalau dilepas memang bakal merusak drat. bayangkan saja ujung busi meleleh (seperti dilas), drat di ujung akan hilang/melebar, sehingga mau tidak mau ketika dilepas akan menghilangkan drat yang masih bagus. demikian pula material lelehan atau pecahan keramik yang jatuh ke ruang bakar, bakal dihajar berkali2 oleh piston. efeknya, silinder bisa baret2, piston bisa luka2, head juga. memang benar jika standarnya harus overhaul.

nah, yang jadi masalah, kok bisa busi n koil meleleh?

jangan2 ada kesalahan tegangan input ke koil, atau spek busi yang tidak sesuai standar (tanpa resistor). ini yang harus dibereskan dulu, jangan sampai sudah overhaul dan ganti ini itu, masalah terulang kembali karena penyebab awalnya belum diatasi.

drat busi bisa dibuat ulang, bisa pake sistem las/cor, atau pake besi/logam lain. kekuatan, tergantung pengerjaan. jika yang mengerjakan profesional, gk akan terlihat, layaknya mesin baru. kekuatan juga sama. tapi rata2 pengerjaan yang saya temukan di indonesia baru sebatas kuat aja, tampilan masih amburadul. tapi tak terlihat dari luar, jadi kalo mau dijual gk masalah.

mengencangkan busi selain pake torque wrench juga bisa pake manual tangan. biasanya di kemasan busi ada aturan mengencangkan, berapa putaran busi dikencangkan setelah mentok diputar pake tangan dengan kunci sok. ada tipe tertentu yang hanya 1/8 putaran, 1/2, atau 3/4 putaran.
dan beda juga putarannya antara busi baru dengan yang sudah pernah dipakai, karena perbedaan ring yang belum terpakai sama yang sudah dipress karena terpakai.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: 24 May 2008, 18:07

Re: Overhoul di beres

Post by abrof »

klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Overhoul di beres

Post by maskopat »

abrof wrote:klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
sodara ane malah sampe tuker unit avanza nya.... :big_smile]
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

emang brengsek itu pada cari2 alesan..maunya bikin org naik darah baru diancem baru mau..ga bisa melayani sesungguhnya..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: 05 Dec 2006, 07:46
Location: Yogyakarta

Re: Overhoul di beres

Post by Cloud »

montirangin wrote:o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
busi meleleh ada beberapa penyebab, mungkin karena tipe yang tidak sesuai (busi tipe terlalu panas), jadi harusnya panas yang terjadi wajar, namun karena spek busi panas menjadi berlebihan. akibatnya insulator keramik meleleh, bahkan elektroda (center and ground electrode) juga bisa meleleh. bodi busi bagian atas juga bisa ikut meleleh.
bisa juga karena input tegangan koil yang terlalu tinggi dari spesifikasi. jadi, tegangan yang masuk ke busi jauh lebih tinggi dari spek, akibatnya panas yang ditimbulkan lebih besar, meski busi spek panasnya standar tetap bisa meleleh.

melelehnya koil ada beberapa penyebab,
yang pertama karena tegangan yang masuk terlalu tinggi, lama2 panas, kemudian meleleh.

kedua, ada juga imbas dari busi yang rusak (meleleh), karena ada kebocoran, maka panas pembakaran dari ruang bakar naik, tapi ini sebatas meleleh di bagian luar, terutama yang dekat dengan busi. tapi bocor dari busi ini jarang terjadi.

ketiga, bisa juga koil meleleh karena spek busi yang tidak sesuai. misalkan spek busi pakai hambatan besar, kemudian diganti dengan tanpa hambatan, maka koil bisa panas, lama-lama meleleh.

ke empat, bisa jadi koil meleleh karena input tegangan terlalu lama. jadi, arus yang mengalir ke koil harusnya ada jeda waktu untuk pendinginan, tapi ECU menginput tegangan tanpa jeda, jadi dari pemutusan arus (busi memercik), langsung arus mengisi ke koil. memang efek terhadap kinerja busi tidak terasa, namun efek bagi koil cukup membebani.

atau kombinasi diantara 4 hal tadi, antara input terlalu besar, busi tidak sesuai spek, busi rusak/meleleh, dan kesalahan timing input ke koil.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: 24 May 2008, 18:07

Re: Overhoul di beres

Post by abrof »

maskopat wrote:
abrof wrote:klo saya ngeklaim ke beres knp belum 3 tahun dan baru 37rb km bisa terjadi kejadian yang pertama tersebut? Klo astra daihatsu kita harus agak galak. Saya pernah Xenia baru jalan 50rb km belum 3 tahun, sama beres kopling di vonis harus ganti. Saya bilang ke sopir klaim garansi saja, ditolak dengan alasan pemakaian yang tidak wajar. Saya marah lewat telepon saya langsung bilang...saya pakai Honda Stream M/T 87rb km blm ganti kopling, Grand Livina 90rb km belum ganti kopling. Jadi produk astra itu cuma sampai 50rb km kualitasnya. Bilang ke bosmu, saya akan muat di media soal buruknya kualitas produk astra. Gak berapa lama di telp balik astra daihatsu minta maaf dan semua ditangani secara gratis, bahkan saya dikasi tiket 21 gratis buat sekeluarga.
sodara ane malah sampe tuker unit avanza nya.... :big_smile]
:big_exellent: jarang lho ATPM mau ganti unit baru, apalagi klo sdh diatas 1 bulan pemakaian...
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

Cloud wrote:
montirangin wrote:o iya sebab businya meleleh karena apa ya soalnya kan masih lumayan baru ya
busi meleleh ada beberapa penyebab, mungkin karena tipe yang tidak sesuai (busi tipe terlalu panas), jadi harusnya panas yang terjadi wajar, namun karena spek busi panas menjadi berlebihan. akibatnya insulator keramik meleleh, bahkan elektroda (center and ground electrode) juga bisa meleleh. bodi busi bagian atas juga bisa ikut meleleh.
bisa juga karena input tegangan koil yang terlalu tinggi dari spesifikasi. jadi, tegangan yang masuk ke busi jauh lebih tinggi dari spek, akibatnya panas yang ditimbulkan lebih besar, meski busi spek panasnya standar tetap bisa meleleh.

melelehnya koil ada beberapa penyebab,
yang pertama karena tegangan yang masuk terlalu tinggi, lama2 panas, kemudian meleleh.

kedua, ada juga imbas dari busi yang rusak (meleleh), karena ada kebocoran, maka panas pembakaran dari ruang bakar naik, tapi ini sebatas meleleh di bagian luar, terutama yang dekat dengan busi. tapi bocor dari busi ini jarang terjadi.

ketiga, bisa juga koil meleleh karena spek busi yang tidak sesuai. misalkan spek busi pakai hambatan besar, kemudian diganti dengan tanpa hambatan, maka koil bisa panas, lama-lama meleleh.

ke empat, bisa jadi koil meleleh karena input tegangan terlalu lama. jadi, arus yang mengalir ke koil harusnya ada jeda waktu untuk pendinginan, tapi ECU menginput tegangan tanpa jeda, jadi dari pemutusan arus (busi memercik), langsung arus mengisi ke koil. memang efek terhadap kinerja busi tidak terasa, namun efek bagi koil cukup membebani.

atau kombinasi diantara 4 hal tadi, antara input terlalu besar, busi tidak sesuai spek, busi rusak/meleleh, dan kesalahan timing input ke koil.
:thanks: :big_exellent:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Overhoul di beres

Post by Jambangan »

Cloud wrote:jangan keburu menyalahkan bengkel/mekanik yang bongkar busi. busi meleleh kalau dilepas memang bakal merusak drat. bayangkan saja ujung busi meleleh (seperti dilas), drat di ujung akan hilang/melebar, sehingga mau tidak mau ketika dilepas akan menghilangkan drat yang masih bagus. demikian pula material lelehan atau pecahan keramik yang jatuh ke ruang bakar, bakal dihajar berkali2 oleh piston. efeknya, silinder bisa baret2, piston bisa luka2, head juga. memang benar jika standarnya harus overhaul.

nah, yang jadi masalah, kok bisa busi n koil meleleh?

jangan2 ada kesalahan tegangan input ke koil, atau spek busi yang tidak sesuai standar (tanpa resistor). ini yang harus dibereskan dulu, jangan sampai sudah overhaul dan ganti ini itu, masalah terulang kembali karena penyebab awalnya belum diatasi.

drat busi bisa dibuat ulang, bisa pake sistem las/cor, atau pake besi/logam lain. kekuatan, tergantung pengerjaan. jika yang mengerjakan profesional, gk akan terlihat, layaknya mesin baru. kekuatan juga sama. tapi rata2 pengerjaan yang saya temukan di indonesia baru sebatas kuat aja, tampilan masih amburadul. tapi tak terlihat dari luar, jadi kalo mau dijual gk masalah.

mengencangkan busi selain pake torque wrench juga bisa pake manual tangan. biasanya di kemasan busi ada aturan mengencangkan, berapa putaran busi dikencangkan setelah mentok diputar pake tangan dengan kunci sok. ada tipe tertentu yang hanya 1/8 putaran, 1/2, atau 3/4 putaran.
dan beda juga putarannya antara busi baru dengan yang sudah pernah dipakai, karena perbedaan ring yang belum terpakai sama yang sudah dipress karena terpakai.
mantap penjelasannya om :big_exellent:

btw apa ini ada kesalahan dari beres daihatsunya ya??
soalnya kata TS selalu servis rutin di beres :e-think:
dibawa ke bengkel umum kan cuma sekali pas mogok yg kedua kalo ane baca dari cerita om TS :e-think:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

nah itu juga om..harus liat bengkel umumnya yg dimana.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Overhoul di beres

Post by bangrosi »

Klaim ke bengkel resmi saja dengan berbagai cara kalo perlu pakai ngotot2.historynya kan selalu service ke beres,ke bengkel umum kan cuma sekali itu pun karena kondisi darurat.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

bangrosi wrote:Klaim ke bengkel resmi saja dengan berbagai cara kalo perlu pakai ngotot2.historynya kan selalu service ke beres,ke bengkel umum kan cuma sekali itu pun karena kondisi darurat.
:off_good_job:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Overhoul di beres

Post by solar_kerosen »

bisa jadi Sabotase atau salah kerja , kalau soket sensor2 kendor bisa bikin system error loh kenapa bisa sampai begitu apa ada yg kendor atau cacat prodaksion
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

masalahnya gimana cara buktiin itu kalo kesalahan mereka ya
dieq41
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: 07 Oct 2014, 15:38

Re: Overhoul di beres

Post by dieq41 »

montirangin wrote:masalahnya gimana cara buktiin itu kalo kesalahan mereka ya
iya gan, saya juga ngga bisa punya bukti yang kuat kesalahan dari mana? yang jelas kesalahan fatal saat darurat dibawa ke bengkel umum dulu, jadi bolak balik kambing hitam ada disitu..
saya tanya penyebab awal kenapa bisa begitu jg gak bs deteksi karena alasan udah di bawa ke bengkel umum.
kemarin saya bicara kekeluargaan sama beresnya, mereka ngijinin klo saya ambil part dari luar (copotan) tapi dengan catatan ngga ada garansi dari pihak mereka, klo saya pake semua part dari mereka ada garansi 6 bulan FOC.
:big_childish: :big_childish:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: 02 Apr 2007, 08:45
Location: Indonesia
Contact:

Re: Overhoul di beres

Post by solar_kerosen »

gimana yg rusak dipakein KW aja cari bengkel umum yg bagus lumayankan selisihnya tapi kualitas mungkin bisa beda jauh
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: 22 May 2014, 10:38

Re: Overhoul di beres

Post by montirangin »

solar_kerosen wrote:gimana yg rusak dipakein KW aja cari bengkel umum yg bagus lumayankan selisihnya tapi kualitas mungkin bisa beda jauh
setuju
terus langsung jual aja om
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post