mobil matic dan mobil manual?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by hariy »

montirangin wrote:dealer pasti akan membuka cabang2 dan juga bengkel2 dimana ada populasi mobil yg cukup. Selama orang2nya bertahan manual, mereka juga mikir buat buka automatic. jadi harus ada demand dulu baru supply masuk.
Kalo selera, rasanya setiap org pasti lebih ingin matic. Menggarap ladang pun ngga mau nyangkul, pasti mau lebih cepat dan tak cape pake kerbau, dan lama2 pake traktor yg dikendarain sendiri. Berikutnya seperti di amerika saat ini, traktor menggarap otomatis termasuk menanam benihnya tanpa perlu org di traktor itu. namun karena masih dianggap riskan karena ketidaktahuan, maka masih jarang yg menggunakan.

Kenapa org barat yg kolot? setiap kelompok manusia pasti ada yg kolot ada yg ga. Dikota, di desa, dinegara maju. Namun secara majority of people, indonesia dan asia mengikuti barat. bahkan kalo mau mengaku, kita indonesia mengikuti negara kecil tetangga ..karena mereka berubah lebih dulu dari kita..
Ah, becanda pula om yg satu ini...kalo tau populasi mobil2 matik (halah, jangankan matik lah...itungan manual saja sudah lumayan) beragam merk dg plaat aseli daerah saya, dari dulu cabang bengkel resmi sudah buka di tempat saya, oooommmmm....memangnya harus memenuhi kuota penjualan berapa mobil untuk sebuah bengkel resmi ? kan pertimbangan suatu ATPM untuk membuka showroom & bengkel resmi bukan hanya itu saja...
Kalo mengenai perubahan, bukan kapasitas saya untuk komen...di sini saya hanya mengkaitkan pemilihan mobil dg tranny A/T dan M/T dg selera, kebutuhan, duit, situasi jalan (macet/lancar), yaaa sebatas itu lah...
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

kan katanya om jaraknya jauh2 bengkel resminya..ya pasti gara2 populasinya dikit. tapi ya jgn mobil transferan 2nd dari jakarta dibeli di daerah trus diitung..kan mereka ga itung mobil2 umuran diatas 5tahun. mereka lebih ke mobil yg rata2 baru.
dan yg terpenting, jarak domisili kita dari bengkel resmi sesuai gerobag yg saya punya ? apakah saya berani ambil resiko panggil montir bengkel jalanan? lha kalau gerobag saya matik & kebetulan ada problem sehingga mengharuskan diderek sekian puluh km ke bengkel resmi


.memangnya harus memenuhi kuota penjualan berapa mobil untuk sebuah bengkel resmi ?
ya jelas dong om..masa beginian aja mesti ditanyakan..
kalo ga ya ga mungkin atuh daerah jakarta itu toyota punya dealer ada 5-6 dealer yg jarak radius antara satu ke yg lainnya hanya 5km aja
selain itu ya jelas populasi mobilnya sendiri tapi ya yg umurnya masih dibawah 5tahun sbg mayoritas itungan karena mereka juga punya data kalo lebih tua dari itu, kebanyakan mobil ga dibawa ke beres.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by bangrosi »

montirangin wrote:maksudnya spin belom ada yg matic gitu>?
Betul spin belum ada maticnya khusus versi mesin diesel,yg ada matiknya cuma varian mesin bensin 1,5L itu pun hanya di versi tertinggi LTZ dan ACTIV yg versi mesin bensin 1.2L jg gk ada matik dan kabarnya mau disuntik mati.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by ChZ »

hariy wrote: Menurut saya yg orang pelosok desa ini, bukan masalah kolot & adat barat...melainkan menyangkut selera, jalur yg dilalui, sisa saldo bank (atau isi celengan bambu ??), dsb....dan yg terpenting, jarak domisili kita dari bengkel resmi sesuai gerobag yg saya punya ? apakah saya berani ambil resiko panggil montir bengkel jalanan? lha kalau gerobag saya matik & kebetulan ada problem sehingga mengharuskan diderek sekian puluh km ke bengkel resmi, apakah saya akan nekad beli mobil matik? Nah, itulah yg membuat orang kolot semisal saya ini untuk mikir berkali2 sebelum memutuskan beli mobil matik...
Lagian, masak orang barat malah balik jadi kolot? pabrikan di barat kan juga masih memproduksi mobil2 M/T buat konsumsi mereka sendiri. :mky_03:
betul oom hariy... semua ini masalah selera dan preferensi pribadi saja kok. M/T atau A/T nggak jadi masalah.

memang tidak bisa dipungkiri di kota besar A/T lebih favorit. tapi saya rasa M/T masih juara kalo di daerah. bukan karena kolot atau ndeso, tapi masalah belom terbiasa saja, dan memang nggak terlalu dibutuhkan karena jarang macet.

kalo di kota besar memang terjadi pergeseran trend. dan kasian para nonik kalo harus ngupling mulu, nanti betisnya gede sebelah :ngacir:

ya kalo soal pilihan A/T atau M/T ini selera lah.... lagi-lagi soal selera.... nda bisa didebatin... nanti ribut lagi :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by hariy »

ChZ wrote:betul oom hariy... semua ini masalah selera dan preferensi pribadi saja kok. M/T atau A/T nggak jadi masalah.

memang tidak bisa dipungkiri di kota besar A/T lebih favorit. tapi saya rasa M/T masih juara kalo di daerah. bukan karena kolot atau ndeso, tapi masalah belom terbiasa saja, dan memang nggak terlalu dibutuhkan karena jarang macet.

kalo di kota besar memang terjadi pergeseran trend. dan kasian para nonik kalo harus ngupling mulu, nanti betisnya gede sebelah :ngacir:

ya kalo soal pilihan A/T atau M/T ini selera lah.... lagi-lagi soal selera.... nda bisa didebatin... nanti ribut lagi :mrgreen:
Nah, kalo pertimbangan kemudahan buat para nonik saya malah setuju om ChZ.... :mrgreen: daripada ngomongin kolot dan ndeso...


tapi saya geli saja, di post saya sebelumnya :
hariy wrote:Ah, becanda pula om yg satu ini...kalo tau populasi mobil2 matik (halah, jangankan matik lah...itungan manual saja sudah lumayan) beragam merk dg plaat aseli daerah saya, dari dulu cabang bengkel resmi sudah buka di tempat saya, oooommmmm....-cut-
lha koq merembetnya ke :
montirangin wrote:kan katanya om jaraknya jauh2 bengkel resminya..ya pasti gara2 populasinya dikit. tapi ya jgn mobil transferan 2nd dari jakarta dibeli di daerah trus diitung..kan mereka ga itung mobil2 umuran diatas 5tahun. mereka lebih ke mobil yg rata2 baru.
:mky_03: :mky_03: iki podho wae sing siji ngajak ngulon, sijine jawabane ngidul....
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by ChZ »

hariy wrote: Nah, kalo pertimbangan kemudahan buat para nonik saya malah setuju om ChZ.... :mrgreen: daripada ngomongin kolot dan ndeso...


tapi saya geli saja, di post saya sebelumnya :

:mky_03: :mky_03: iki podho wae sing siji ngajak ngulon, sijine jawabane ngidul....
meheheheheh makanya ane bilang ini sebetulnya suatu pergeseran trend yang hanya terjadi di kota besar. karena faktanya, mobil-mobil di bawah 400juta masih dijual varian M/T, seharusnya sih kalo dilogika, pasti masih cukup banyak yang beli.

in fact, di Semarang aja cari mobkas hatchback 200jutaan M/T masih cukup banyak. bokap ane tengah taun kemaren nyari Fiesta 1.6 A/T sampe nyerah karena nemu 2x M/T semua. Begitu pula waktu nyari SX4, banyakan yang diiklanin M/T.

yang sudah nda ada M/T setau ane mobil2 500juta keatas yang udah kelas premium. ya karena demand nya nggak ada :big_cat:

ya begitulah oom.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by hariy »

ChZ wrote:meheheheheh makanya ane bilang ini sebetulnya suatu pergeseran trend yang hanya terjadi di kota besar. karena faktanya, mobil-mobil di bawah 400juta masih dijual varian M/T, seharusnya sih kalo dilogika, pasti masih cukup banyak yang beli.

in fact, di Semarang aja cari mobkas hatchback 200jutaan M/T masih cukup banyak. bokap ane tengah taun kemaren nyari Fiesta 1.6 A/T sampe nyerah karena nemu 2x M/T semua. Begitu pula waktu nyari SX4, banyakan yang diiklanin M/T.

yang sudah nda ada M/T setau ane mobil2 500juta keatas yang udah kelas premium. ya karena demand nya nggak ada :big_cat:

ya begitulah oom.... :mrgreen:
:big_smile]
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by grandis_GT »

Sudah" mampir dulu ke thread "2014 iims babes" biar adem :big_love: . Btw di kota ane sekarang matic mulai naik daun . Alasannya klasik , karna terkesan lebih mewah :mky_03:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

grandis_GT wrote:Sudah" mampir dulu ke thread "2014 iims babes" biar adem :big_love: .
:big_love: :big_love: :big_comfort: :mky_02:
Valdarez
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Sep 25, 2014 14:43
Daily Vehicle: AVV50

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by Valdarez »

imho,daerah prefer M/T karena jalannya banyak tanjakan,saya sendiri pemakai M/T dan suka main tahan RPM di tanjakan walau bensin jadi ngucur sih haha

kota tempat saya tinggal masih belum terlalu macet jadi ya lebih seneng aja pake M/T,mungkin kalau sudah semacet jakarta baru deh ganti A/T (pernah ngerasain macet 2 jam tangerang-merak ga lagi dah)
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by sandal »

montirangin wrote:
grandis_GT wrote:Sudah" mampir dulu ke thread "2014 iims babes" biar adem :big_love: .
:big_love: :big_love: :big_comfort: :mky_02:
[emoji7] [emoji7] [emoji7] [emoji76] [emoji76] [emoji76]

Sent from my SM-G7102
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by radinalakbar7 »

IMHO sih, di daerah (Tingkat II) MT lebih laku bekasnya di banding AT. Ya oleh jarang macet, perawatan ga ribet. & udah kebiasaan mungkin.

Kalau mobil AT, bengkel di daerah rada kurang ngerti sama mobil AT contohnya disini ada kasus Jazz ganti oli transmisi pake ATF bukan khusus CVT itu bengkel cuek2 aja bilang kalo itu bisa di pake, saya sih sudah kasih peringatan ke pemilik Jazz itu, ah dia juga ga ngerti apa bedanya oli ATF / CVT [emoji20]

Sent from my Z3 using Tapatalk
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by bangrosi »

Seandainya harga baru mobil manual dan matic sama pasti tambah byk yg ambil matic,atau dibalik mobil matic lbh murah dr manual barunya.lambat laun pergeseran ke transmisi matik pasti terjadi uniknya dieropa sana pergeseran terjadi dari trend matik ke manual,diamerikano manual malah jd ekslusif utk mobil2 tertentu.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by dogar »

Menurut saya teknologi matic jaman sekarang sudah sangat bagus dan bisa diandalkan.
Masalah utama kenapa orang lebih suka beli manual terutama karena mitos bahwa matic lebih boros, tidak bisa nyalip,
atau lebih susah diperbaiki kalau rusak.
Padahal selama perawatan dilakukan dengan baik sesuai manual book, manual atau matic akan sama awetnya.
Dan tentu saja faktor harga.
Bagi sebagian konsumen, selisih 10-20 juta cukup signifikan untuk memutuskan milih MT instead of AT.

Yang lucu adalah paradigma bahwa "mobil matic kalau mogok tidak bisa didorong".
Lah mobil mogok kan banyak sebabnya.
Kalau mogoknya karena fuel pump jebol atau ECU mati, mobil matic mau didorong sampe bego juga
ngga bakalan hidup.
Kalau mogoknya karena aki mati, memang mobil manual bisa hidup dengan cara didorong, mobil matic tidak
bisa dihidupkan dengan cara itu.
Makanya yug punya mobil matic jangan lupa agar selalu bawa kabel jumper di bagasi.

Mobil matic jelas lebih nyaman, dan juga lebih aman.
Soal kenyamanan semua udah tau, kasarnya pakai matic bisa nyetir sambil ngupil+balesin sms (atau terserah
pengemudi itu tangan kiri mau ngapain, use your imagination lah :D).
Kalau faktor keamanannya yaitu saat macet di tanjakan ngga perlu ribet dengan perpindahan gigi, yg bagi sebagian
orang (terutama cewek), aktifitas tarik rem tangan+gigi netral+lepas rem tangan+injek gas+injek kopling+masukin gigi
+lepas kopling+puter kunci kontak gara2 mesin mati+ulangi ritual tarik rem tangan+ lepas kopling...etc....itu merupakan
nightmare on elm street.
Pakai mobil matic di tanjakan selagi macet: tarik rem tangan, geser tuas ke N, lanjutkan update satus di FaceBook.
Saat mau jalan: geser tuas ke D, lepas rem tangan, injek gas (sebelumnya jangan lupa klik Post dulu di FaceBook).

Sejak pakai matic saya pribadi ngga kepikiran punya mobil manual lagi.
Pakai mobil manual itu buat saya ibarat ngetik pakai mesin tik, ribet dengan hasil yg tidak memuaskan.
Tapi pakai matic ada efek samping juga buat kaki.
Bagi yg baru pindah dari manual ke matic biasanya kena sindrom pegel kaki sebelah (biasanya kaki kanan),
pegelnya sampe paha ke pantat.
Mungkin akibat kaki kiri nganggur dan kaki kanan kerja mulu.
Kalo udah biasa sih rasa pegel itu ilang sendiri.
QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by QnetiC »

pilih matic / manual tergantung situasi...
kalo pas zombie apocalypse, jelas pilih matic donk (tangan satunya bisa lebih bebas mengoperasikan handgun/crossbow/samurai/linggis/tongkat baseball.. ), pilih diesel trus yang populasinya banyak biar cari spare part gampang...

*baru marathon walking dead series... :ngacir:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

btul om dogar..a
ada + ada -...masih punya pikiran kalo manual lebih banyak + nya mungkin sama aja seperti ga percaya sama banking sisytem yg serba eletronik dan lebih memilih nyimpen dirumah..
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by bangrosi »

Kalo bisa sih punya dua2nya keseringan pakai matic rindu manual,keseringan pakai manual rindu matic kalo pas macet.kira kalo mobil matic bisa dibuat dummy kopling gk yg soalnya kaki kiri sama sekali gk gerak yg pegel pasti kaki kanan terus
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by aspsilver »

mobil matic beli lebih mahal, jual lebih murah, untuk jenis dan tipe mobil yang sama.

tapi saya ada perhitungan dimana beli matic akan sama harga dan mungkin lebih ekonomis daripada beli manual.

kalo naik manual, kan harus injek kopling sendiri, artinya ada kerja extra.

tiap injek kopling bayar Rp2000. dan kalau injek kopling lebih dari 3 detik, bayar Rp 4000.

dengan cara perhitungan ini, beli automatic, dan dipakai 1 tahun, udah impas.

beli automatik, beli kenyamanan, ya itu harus bayar.

kami sekeluarga, sudah 10 tahun gak punya lagi mobil manual,
dan mobil automatic pertama kami dibeli tahun 1997, dan sudah banya ganti2, dari mobil mewah sampai Low MPV.
gak ada masalah tuh.

soal kalo accu habis gak bisa didorong, solusinya tinggal beli kabel Jumper aja, dan kan accu rusak belum tentu 1 tahun sekali. sedangkan injek kopling setiap saat.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

ga juga om aspsilver..jaman skrg matic sama manual 2ndnya ga selalu lebih murah matic..org udah ngeh kalo matic itu quite relaible..unlike the matic in the 80s..
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by aspsilver »

Bro montirangin

Buat bebrapa mobil memang matic lebih dicari, terutama mobil keluaran terbaru. Dan mobil mewah, dimana matic lebih mahal bekasnya.

Tapi kebanyakan mobil manual bekasnya masi lebih baik.
Apalagi mobil diatas 5 tahun.

Tetapi walaupun begitu
Saya adalah salah satu orang yang gak akan beli mobil manual lagi, kecuali mungkin mobil sport.
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1073
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by aspsilver »

Soal mobil matic gak kuat ditanjakan, mobil apa ya?

Saya punya pengalaman, bahkan Isuzu Panther LS turbo, dengan full penumpang, naik ke puncak tanpa masalah.

Waktu naik ke Lembang memang agak berat, tapi naik Panther manual juga berat.

Saya ke Cemoro Sewu, naik Innova bensin G M/T 2014


, 4 orang penumpang, Gak bisa keluar dari gigi 1. Oper ke 2, langsung kedodoran.

Innova G diesel A/T, penumpang 8 orang malah lebih kuat, ngeden tapi masi kuat. Masuk L

Saya juga ke cemoro sewu naik C280 dan Pajero Sport Exeed A/T
Nah ini emang tenaganya gede. Jadi gak masalah. Mantap naik gunung
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

kalo pas naik pake manual bensin aja kedodoran, pake bensin matic bisa2 mundurr om aspsilver
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by artoodetoo »

Pendapat saya berdasarkan pengalaman pribadi:

Kalo dalam kota enak naik matic.
Kalo luar kota enak naik manual.

Saya kalo pas diajak sama mertua keluar kota naik Avanza manualnya, wuih senang sekali :upss: (soalnya pasti saya yg nyetir)
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by montirangin »

artoodetoo wrote:Pendapat saya berdasarkan pengalaman pribadi:

Kalo dalam kota enak naik matic.
Kalo luar kota enak naik manual.

Saya kalo pas diajak sama mertua keluar kota naik Avanza manualnya, wuih senang sekali :upss: (soalnya pasti saya yg nyetir)
menantu yg baik :big_love:

:big_biglaugh:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: mobil matic dan mobil manual?

Post by amfibi »

Pindah dari mobil manual ke matic itu surga banget lho (kalo ane sendiri)... :mky_08: