Ah, becanda pula om yg satu ini...kalo tau populasi mobil2 matik (halah, jangankan matik lah...itungan manual saja sudah lumayan) beragam merk dg plaat aseli daerah saya, dari dulu cabang bengkel resmi sudah buka di tempat saya, oooommmmm....memangnya harus memenuhi kuota penjualan berapa mobil untuk sebuah bengkel resmi ? kan pertimbangan suatu ATPM untuk membuka showroom & bengkel resmi bukan hanya itu saja...montirangin wrote:dealer pasti akan membuka cabang2 dan juga bengkel2 dimana ada populasi mobil yg cukup. Selama orang2nya bertahan manual, mereka juga mikir buat buka automatic. jadi harus ada demand dulu baru supply masuk.
Kalo selera, rasanya setiap org pasti lebih ingin matic. Menggarap ladang pun ngga mau nyangkul, pasti mau lebih cepat dan tak cape pake kerbau, dan lama2 pake traktor yg dikendarain sendiri. Berikutnya seperti di amerika saat ini, traktor menggarap otomatis termasuk menanam benihnya tanpa perlu org di traktor itu. namun karena masih dianggap riskan karena ketidaktahuan, maka masih jarang yg menggunakan.
Kenapa org barat yg kolot? setiap kelompok manusia pasti ada yg kolot ada yg ga. Dikota, di desa, dinegara maju. Namun secara majority of people, indonesia dan asia mengikuti barat. bahkan kalo mau mengaku, kita indonesia mengikuti negara kecil tetangga ..karena mereka berubah lebih dulu dari kita..
Kalo mengenai perubahan, bukan kapasitas saya untuk komen...di sini saya hanya mengkaitkan pemilihan mobil dg tranny A/T dan M/T dg selera, kebutuhan, duit, situasi jalan (macet/lancar), yaaa sebatas itu lah...