Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

dani123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Mon Oct 22, 2012 6:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by dani123 »

Mau tanya para suhu, oli fk massimo freshing sama kendall gt-1 sama2 5w-30 bagus mana ya? Buat honda brio. Sering kena macet tapi sering high rpm juga kalo tol lowong. Thx
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

Rekan2 SM sekalian, mau laporan pemakaian Amsoil 0w-20 setelah jalan 1000KM lebih.
Untuk pertama kali saya pakai Engine Flush sebelum ganti oli - saya pakai Amsoil engine flush (yang bisa buat transmisi juga) dengan harapan bisa membersihkan ruang mesin yang sempat terbengkalai, Walaupun saya mempraktekan OCI pendek selama setahun terakhir dengan harapan bisa membersihkan, tapi tetep penasaran kalo pakai Engine flush keluar "sampah" atau nggak he..he..he..
Pengamatan setelah ganti oli:
- 50KM pertama ini rada aneh, karena mobil terasa kurang responsif. Mengingat saya pindah dari Redline 10w-30 ke Amsoil 0w-20 logikanya lebih ringan, tapi itu yang saya rasakan.
- Mobil terasa enak setelah lewat 50KM. Enak dalam arti waktu akselerasi terasa tarikan lebih halus dan linear.
- FC - ini kalau saya ukur sih hampir sama aja dengan waktu pakai buntut 30, mungkin karena rute jalan dan cara bawa mobil saya yang emang tidak "hijau" :)
- Sekarang lebih dari 1000KM rasanya ini oli mantab sekali. Jelas jauh lebih mantab dibanding waktu pakai oli Honda 0w-20 - yang ini entah kenapa kadang ngelitik saat saya mau akselerasi di rpm menuju 2000...entah karena saat itu saya dapat bahan bakar jelek atau gak cocok sama ini oli, atau emang ruang penampungan oli dalam mesin kotor.

Apakah enaknya memakai oli ini karena sebelumnya saya pakai engine flush, atau yaris metik saya emang cocok dengan Amsoil 0w-20 ini saya nggak tau. Yang jelas kalau terus konsisten sampai waktu ganti oli saya yang direncanakan di 7000an KM nanti, ini bakal jadi oli yang akan saya pakai terus di Yaris saya.
Sekian laporan singkat semoga berguna.
Catatan: semua berdasarkan butt-o-meter dan perasaan konsisten baik di awal bulan (abis terima gaji) atau pun tanggung bulan :D...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Ibet »

Dear teman - teman SM sekalian, perkenalkan gw Ibet.
Selama ini cuma jadi silent rider aja di thread yang penuh ilmu ini.

Kemarin (22/3/15) gw akhirnya beli 1 galon (4L) Castrol Magnatec Stop Start 10W30,
dengan harga 355 ribu (88.75 ribu/L) di sebuah toko spareparts terkenal di Bogor.

Gw pilih produk ini karena udah memenuhi spesifikasi API SN dan juga ACEA A3 / B3.

Oli ini udah gw pake buat ganti oli Honda Jazz iDSI 2004 dengan odometer yang menunjukkan angka 75.500 Km.
Sebelumnya gw pake oli Pertamina Fastron 10W40 ( botol hijau ) selama 5500 Km.

Pertanyaan nya suhu - suhu,
berapa KM kira - kira penggunaan oli Castrol ini? Apakah bisa sampai 6000 KM?
apakah suhu - suhu disini sudah ada yang pernah melakukan UOA terhadap produk ini?
kira - kira, apa benar oli ini sudah memenuhi standar API SN / ACEA A3 / B3?

mungkin cukup sekian pertanyaan dari gw,
Terima kasih SM!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

ecco wrote: - Sekarang lebih dari 1000KM rasanya ini oli mantab sekali. Jelas jauh lebih mantab dibanding waktu pakai oli Honda 0w-20 - yang ini entah kenapa kadang ngelitik saat saya mau akselerasi di rpm menuju 2000...entah karena saat itu saya dapat bahan bakar jelek atau gak cocok sama ini oli, atau emang ruang penampungan oli dalam mesin kotor.

.
Ane juga pake Ams Sign series ASM 0W20 di R20A.....saat pertama terasa a bit better than Hodan 0W20

Dan makin lama memang benar perbedaannya semakin terasa, mesin alusss.....tarikan enak

Rencana juga mau pakai panjang since TBN oli ini 12 an mg KOH

*bukan seles ams*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Ibet wrote:Dear teman - teman SM sekalian, perkenalkan gw Ibet.
Selama ini cuma jadi silent rider aja di thread yang penuh ilmu ini.

Kemarin (22/3/15) gw akhirnya beli 1 galon (4L) Castrol Magnatec Stop Start 10W30,
dengan harga 355 ribu (88.75 ribu/L) di sebuah toko spareparts terkenal di Bogor.

Gw pilih produk ini karena udah memenuhi spesifikasi API SN dan juga ACEA A3 / B3.

Oli ini udah gw pake buat ganti oli Honda Jazz iDSI 2004 dengan odometer yang menunjukkan angka 75.500 Km.
Sebelumnya gw pake oli Pertamina Fastron 10W40 ( botol hijau ) selama 5500 Km.

Pertanyaan nya suhu - suhu,
berapa KM kira - kira penggunaan oli Castrol ini? Apakah bisa sampai 6000 KM?
apakah suhu - suhu disini sudah ada yang pernah melakukan UOA terhadap produk ini?
kira - kira, apa benar oli ini sudah memenuhi standar API SN / ACEA A3 / B3?

mungkin cukup sekian pertanyaan dari gw,
Terima kasih SM!
Set aja OCI minimal 7500 Km / Max 10.000 Km asal gak lewat dari 10 bulan (krn semi synth)

OCI = Oil Change Interval
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by liep »

Turboman wrote:
ecco wrote: - Sekarang lebih dari 1000KM rasanya ini oli mantab sekali. Jelas jauh lebih mantab dibanding waktu pakai oli Honda 0w-20 - yang ini entah kenapa kadang ngelitik saat saya mau akselerasi di rpm menuju 2000...entah karena saat itu saya dapat bahan bakar jelek atau gak cocok sama ini oli, atau emang ruang penampungan oli dalam mesin kotor.
.
Ane juga pake Ams Sign series ASM 0W20 di R20A.....saat pertama terasa a bit better than Hodan 0W20
Dan makin lama memang benar perbedaannya semakin terasa, mesin alusss.....tarikan enak
Rencana juga mau pakai panjang since TBN oli ini 12 an mg KOH
*bukan seles ams*
om turbo+senior yg lain
mo nanya, olie yg cocok utk pemakaian prit ane, mei15 beli, km 500 juni15 ane ganti olie lgs krn baca2 mslh gram mesin, km 3000 okt15 ganti olie lg krn 6bln lama pakai, rencana akhir april ini saya mau ganti lg meski km msh 4500an krn lama pakai mendekati 6 bln jg, olie selalu Honda 0w-20, pemakaian dalam kota, tiap hari pakai hanya skitar 10-15km saja, jarang luar kota, bbm pertamax 92, filter udara knn rajin ane bersihkan tiap 2-3bln.
ptanyaannya adl
1. yg saya lakukan ini sdh betul/over? krn saya ganti olie bdasarkan lama pemakaian, bkn km yg tercapai
2. rencana end april mau ganti ap sdh tepat? alternatif lain sempat terpikir massimo freshing (dengar dr teman), ap ad olie lain yg lebih tepat? saya ga ad mslh klo emang hrs ganti lg 6bln lg meski km blm tercapai, syukur2 bisa utk 1thn
trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

liep wrote: om turbo+senior yg lain
mo nanya, olie yg cocok utk pemakaian prit ane, mei15 beli, km 500 juni15 ane ganti olie lgs krn baca2 mslh gram mesin, km 3000 okt15 ganti olie lg krn 6bln lama pakai, rencana akhir april ini saya mau ganti lg meski km msh 4500an krn lama pakai mendekati 6 bln jg, olie selalu Honda 0w-20, pemakaian dalam kota, tiap hari pakai hanya skitar 10-15km saja, jarang luar kota, bbm pertamax 92, filter udara knn rajin ane bersihkan tiap 2-3bln.
ptanyaannya adl
1. yg saya lakukan ini sdh betul/over? krn saya ganti olie bdasarkan lama pemakaian, bkn km yg tercapai
2. rencana end april mau ganti ap sdh tepat? alternatif lain sempat terpikir massimo freshing (dengar dr teman), ap ad olie lain yg lebih tepat? saya ga ad mslh klo emang hrs ganti lg 6bln lg meski km blm tercapai, syukur2 bisa utk 1thn
trims
Kalo sehari2 utk short trip driving memang lebih cocok oli encer spt 0W20

Oli OEM 0W20 benar gantinya better ikutin waktu aja, Max 7 bulan.

kalau mau yg bisa diganti setahun penuh yg paling mudah pakai 0W30 / 5W30 Full Synth. Utk 5W30 kalau mau enak pakai yg ACEA A1 / B1 / A5 / B5 or meet Ford WSS M2C913......
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Ibet »

Turboman wrote: Set aja OCI minimal 7500 Km / Max 10.000 Km asal gak lewat dari 10 bulan (krn semi synth)

OCI = Oil Change Interval

Okay om,
betul ini oli semi-synth, dan harganya bersaing sama Shell HX8(?) 10W30.

Untuk 1 minggu perjalanan gw kira - kira 500km.
So, 7500/500 = 15 Minggu ~ 4 bulan.

Masih oke lah ya om.

Trims om Turbo!

:mky_08:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by liep »

Turboman wrote: kalau mau yg bisa diganti setahun penuh yg paling mudah pakai 0W30 / 5W30 Full Synth. Utk 5W30 kalau mau enak pakai yg ACEA A1 / B1 / A5 / B5 or meet Ford WSS M2C913......
sori om turbo, ane gaptek olie nih
Utk 5W30 kalau mau enak pakai yg ACEA A1 / B1 / A5 / B5, itu merk ap yg bisa om saranin? smg ad di malang+dpt ga palsu
utk Ford WSS M2C913, beli di beres ford? dbanding Olie FK Massimo Freshing enak mana? ap beda jauh?
kelebihan olie2 tsb dibanding olie gold H, ap significant? mesin halus=irit?

trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

liep wrote:
Turboman wrote: kalau mau yg bisa diganti setahun penuh yg paling mudah pakai 0W30 / 5W30 Full Synth. Utk 5W30 kalau mau enak pakai yg ACEA A1 / B1 / A5 / B5 or meet Ford WSS M2C913......
sori om turbo, ane gaptek olie nih
Utk 5W30 kalau mau enak pakai yg ACEA A1 / B1 / A5 / B5, itu merk ap yg bisa om saranin? smg ad di malang+dpt ga palsu
utk Ford WSS M2C913, beli di beres ford? dbanding Olie FK Massimo Freshing enak mana? ap beda jauh?
kelebihan olie2 tsb dibanding olie gold H, ap significant? mesin halus=irit?

trims
5W30 yg meet ACEA A1 salah 1 nya = Castrol Magnatec Professional 5W30

Oli2 buatan FK Mass ane gak paham, gak pernah pake. Cuman pernah pake FKM Diesel dash 10w30 itu nggak worthed.

antara 0w20 VS 5W30 utk tarikan tentu lebih enteng 0w20 laa.....tapi kalau tujuannya mau OCI tiap 12 bulan sekali ya better buntut 30
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by liep »

ok2 om turbo, thx................................................
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote: - Sekarang lebih dari 1000KM rasanya ini oli mantab sekali. Jelas jauh lebih mantab dibanding waktu pakai oli Honda 0w-20 - yang ini entah kenapa kadang ngelitik saat saya mau akselerasi di rpm menuju 2000...entah karena saat itu saya dapat bahan bakar jelek atau gak cocok sama ini oli, atau emang ruang penampungan oli dalam mesin kotor.

.
Ane juga pake Ams Sign series ASM 0W20 di R20A.....saat pertama terasa a bit better than Hodan 0W20

Dan makin lama memang benar perbedaannya semakin terasa, mesin alusss.....tarikan enak

Rencana juga mau pakai panjang since TBN oli ini 12 an mg KOH

*bukan seles ams*
wah, artinya bener yah di awal blom terasa alus dan tarikan enaknya. Gimana dengan suara valve lifter Om Turbo? lebih berisik kah di R20A atau sama saja? Kalau di 1NZ-FE saya sepertinya dikuping sama aja deh...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by KlinciImut »

Turboman wrote:
KlinciImut wrote:[
BTW, kalo saya migrasi dari Syntium ke Kendall misalnya, apakah perlu flushing?
Mekanisme flushing biasanya bagaimana ya? Apakah bisa dengan mengganti ke oli yang kualitas standar saja lalu segera diganti setelah bbrp ratus KM?
Buang oli lama

Saat oli lama netes, tuang 1 L Mesran super utk dorong sisa2 oli lama keluar

saat udah netes kecil, tuang 200 - 300 cc oli baru yg akan dipakai utk dorong sisa2 Mesran

saat udah gak netes tutup baut

isi oli baru

beres
Sip.. thanks a lot om Turbo
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by radinalakbar7 »

dani123 wrote:Mau tanya para suhu, oli fk massimo freshing sama kendall gt-1 sama2 5w-30 bagus mana ya? Buat honda brio. Sering kena macet tapi sering high rpm juga kalo tol lowong. Thx
Coba bantu jawab om, saya pernah pakai fk massimo freshing 5w-30 di honda civic, ya kualitas better than oli honda 5w-30 blue. Suara jg jadi halus, kalo masalah performa ya mungkin feeling atau sugesti saya sih good... ini oli hydrocracking = semi sintetik, ya ga terlalu istimewa tp juga ga jelek, buatan fujikosan nippon, interval ganti oli selanjutnya di range 6rb-7rb.
But mobil2 honda memang semuanya kayaknya cocok oli buntut 30, merek bebas. Kalo kendall gt1 belum pernah nyobain om. Imho : enaknya pilih oli yang ada data sheetnya + yang udah di uji di lab setelah dipakai jalan.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ecco »

dani123 wrote:Mau tanya para suhu, oli fk massimo freshing sama kendall gt-1 sama2 5w-30 bagus mana ya? Buat honda brio. Sering kena macet tapi sering high rpm juga kalo tol lowong. Thx
Om dani123, saya bukan suhu tapi pernah nyoba kendal GT-1 5w-30 semi syn.
Saya coba dulu di subaru forester turbo, oli ini mantab sekali dengan harga yang menurut saya murah. Tarikan terasa ringan tapi saya hanya pakai sekitar 1200km lalu ganti karena servis 1000KM/1bulan waktu mobil masih baru. Saya tidak bisa bandingkan dengan FK massimo karena blom coba. kalo saya bukan tipe yang suka nyoba oli berbagai merek, ini pastinya akan jadi oli tetap saya untuk mobil non turbo (karena semi syn). Semoga berguna.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
dani123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Mon Oct 22, 2012 6:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by dani123 »

Om radinalakbar7 & om ecco, thanks utk infonya. Ane sekarang pake fk massimo freshing kerasa jauh lebih enak dibanding oli honda, tarikan enteng dan lebih halus akselerasinya
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by scorpio »

soal oli castrol magnatec stop start apa berkerak kaya magnatec 10-40 nya?
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Baru ganti oli TGO 5W-30 buat ipah bensin
Idealnya oli ini diganti tiap brp KM/bulan ya? :ungg:
Kalo 10rb KM/10 bulan oke? :ungg:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

untuk ke 3 x nya pake honda pro gold 0-20..murah meriah..

Image
Image
Image
Image
Image
Image
SeyaraMotor
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 28, 2015 5:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by SeyaraMotor »

Turboman wrote:
ecco wrote: - Sekarang lebih dari 1000KM rasanya ini oli mantab sekali. Jelas jauh lebih mantab dibanding waktu pakai oli Honda 0w-20 - yang ini entah kenapa kadang ngelitik saat saya mau akselerasi di rpm menuju 2000...entah karena saat itu saya dapat bahan bakar jelek atau gak cocok sama ini oli, atau emang ruang penampungan oli dalam mesin kotor.

.
Ane juga pake Ams Sign series ASM 0W20 di R20A.....saat pertama terasa a bit better than Hodan 0W20

Dan makin lama memang benar perbedaannya semakin terasa, mesin alusss.....tarikan enak

Rencana juga mau pakai panjang since TBN oli ini 12 an mg KOH

*bukan seles ams*

Siang Mod, :big_cat:

1. Mau tanya klo momod sendiri beli oli ini dmn ya? Harganya brp per liter? Sama ada alamat atau no telp nya kah?
Ane juga mau cobain soalnya, mesin yg dipake mobilio matic CVT 2014. Selama ini pakai hao gold, dan mau coba pakai yang Ams Sign series ASM 0W20 kalau memang reviewnya bagus. :big_smile]

2. Ams Sign series ASM 0W20 (ASM singkatan apa ya?)

Thank You
SeyaraMotor
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 28, 2015 5:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by SeyaraMotor »

Malam All dan Mo2d,

Barusan ganti oli Amsoil 0w-20 Sign Series di Toda.
Dapet harga 1 liter 215rb (edan seumur2 baru beli oli semahal ini >.<)
First impression sih olinya enak ya, hampir mirip dengan HAO Gold 0w-20.

Yang jadi pertanyaan penting adalaahhh :
Untuk oli semahal ini, lama pemakaian oli yang dianjurkan di website resminya apakah bisa dijadikan patokan?

--- COPAS ----
SERVICE LIFE

Normal Service – Up to 25,000 miles, 700 hours of operation or one year, whichever comes first, in personal vehicles not operating under Severe Service.
Severe Service – Up to 15,000 miles, 700 hours of operation or one year, whichever comes first.

Severe Service: Primarily short trips (less than 10 miles [16 km]); turbo/supercharged engines; commercial or fleet vehicles; excessive idling; first-time use of AMSOIL motor oil in a vehicle with more than 100,000 miles; frequent towing, hauling, plowing or driving in dusty conditions.

Sumber : http://www.amsoil.com/shop/by-product/m ... e=ASMQT-EA

Yang saya bold, severe service, banyak yang mirip dengan kondisi yang saya alami di jakarta, terlalu banyak idling engine, dusty conditions, bedanya ini kendaraan pribadi, bawaan halus2 aja, dan bkn armada angkutan yang sering angkut beban berat, minumnya oktan 92.

Kalau di websitenya ditulis utk kondisi severe service bisa sampai 15.000 miles / 24.000 km apakah bisa dijadikan patokan ya? Klo menurut momod gmn? bisa gak oli ini dipakai sampai 24.000 km or at least 20.000 km lah..
Mohon infonya, karena oli ini termasuk WOW harganya.. :big_slap:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

mumpung lg libur... iseng2 ane bongkar2 enjin si ipah...awalnya mau ganti tensiometer dan ngecek damper nya... ud mulai rada brisik...

pas dibuka, kaget jg, ternyata daleman enjin ane bersih... jauhh lebi bersih waktu trakir ane buka... berarti slama ini pake oli 5-30 generik dgn embel2 full syn not bad jg... bkin daleman mesin ckup bersih.. walaupun pas ane cek oil pan, di skitar oil strainer nya ada sdikit endapan sludge..
enjin head.jpg
enjin head skrg berwarna aluminium (putih), padahal trakir ane buka masi agak kekuningan..
tming chain.jpg
bagian timing chain jg bersih banget, tadi nya ane ud siapin solar buat bebersih, ternyata ga kepake... sludge di rante nya sdikit pun aj ga ad...

cuman krn di bagian oil strainer di oil pan nya ada sdikit endapan lumpur, rada takut jg nehh kl di jalur2 oli di daleman mesin ad yg tersumbat jg... jd ane masukin oli2 d gerasi sisa bekas panther PU ane dan ane tambahin dkit oli diesel nya pertamina (meditran sx), beli di spbu deket rumah... dan si ipah ane make muter2 d tol dalkot kurleb 100an km... pas d drain, lumayan item jg.. lumayan jg ini oli diesel.. detergent nya kuat jg .. :upss:
oli bilas.JPG

krn ternyata performa oli2 5-30 generik lumayan jg... akhirnya ane make lg.... dan kali ini, pilihan kontestan jatuh pada oli... masda 5-30 dgn embel2 full syn d botol nya...
P1080745.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
SeyaraMotor
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Mar 28, 2015 5:52

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by SeyaraMotor »

DOHC wrote:mumpung lg libur... iseng2 ane bongkar2 enjin si ipah...awalnya mau ganti tensiometer dan ngecek damper nya... ud mulai rada brisik...

pas dibuka, kaget jg, ternyata daleman enjin ane bersih... jauhh lebi bersih waktu trakir ane buka... berarti slama ini pake oli 5-30 generik dgn embel2 full syn not bad jg... bkin daleman mesin ckup bersih.. walaupun pas ane cek oil pan, di skitar oil strainer nya ada sdikit endapan sludge..
enjin head.jpg
enjin head skrg berwarna aluminium (putih), padahal trakir ane buka masi agak kekuningan..
tming chain.jpg
bagian timing chain jg bersih banget, tadi nya ane ud siapin solar buat bebersih, ternyata ga kepake... sludge di rante nya sdikit pun aj ga ad...

cuman krn di bagian oil strainer di oil pan nya ada sdikit endapan lumpur, rada takut jg nehh kl di jalur2 oli di daleman mesin ad yg tersumbat jg... jd ane masukin oli2 d gerasi sisa bekas panther PU ane dan ane tambahin dkit oli diesel nya pertamina (meditran sx), beli di spbu deket rumah... dan si ipah ane make muter2 d tol dalkot kurleb 100an km... pas d drain, lumayan item jg.. lumayan jg ini oli diesel.. detergent nya kuat jg .. :upss:
oli bilas.JPG

krn ternyata performa oli2 5-30 generik lumayan jg... akhirnya ane make lg.... dan kali ini, pilihan kontestan jatuh pada oli... masda 5-30 dgn embel2 full syn d botol nya...
P1080745.JPG
bearti oli OEM mayan bagus jg ya.. memang di iklan2nya sih zat aditif pembersihnya disebut2 trus.. cuman ntah perasaan atau bukan, oli HAO 0w-20 sm AMS 0w-20 memang lebih halus yg AMS.. Klo tarikan sih so so lah, krn sama2 encer ya walopun lbh enak AMS satu lvl.. Kemungkinan next mau balik lg ke oli HAO 0w-20.. penasaran aja pake oli encer premium.. ga kuat harganya :off_no:

Atau dr rekan2 ada yg tau oli AMS 0w-20 yg murah dan terjamin beli dmn?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

tetep ad harga ad kualitas om..

ane yakin AMS 0w-20 kualitas nya jauh d atas HAO /MGO 0W-20

kandungan aditif2 dan bahan dasar oli "premium" tsb pasti lebi lengkap dan advance ketimbang oli2 "generik" dgn embel2 full syn...

yg ane rasain secara butt o meter aj, antara HAO/MGO/NGO 5-30 dgn kendall gt-1 5-30 semi syn aj, yg kendall ampe pemakaian 7000 km masi enak... sdgkan yg oli2 OEM tsb, km 7000 pasti mesin ud glitik ga karuan...

cuman yah balik lg ke kondisi kantong masing2.. :upss: krn si ipah jadul ane ini ga rewel dikasi oli apapun jd yahh ga masalah ane cekokin oli2 generik.. :mky_01:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

SeyaraMotor wrote: Atau dr rekan2 ada yg tau oli AMS 0w-20 yg murah dan terjamin beli dmn?
Graha - DTMF / Sentral Mas - Atrium

Amsoil sih semestinya gak ada palsui-in, wong yg beli juga sgt terbatas