Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ceiszha »

keretalaut wrote:
ceiszha wrote:
m4rio wrote:tadi siang ke beres suzuki buat ganti oli karimun wagon R, dikasih oli SGO dengan SAE 0W-20 SM, encer banget yahhhhh... dan harganya itu loh Rp. 72.727 per liter belum termasuk PPN.
menurut saya lumayan murah tu om harganya. Fastron gold 5w30 di spbu saya liat 138rb perliternya.


Sent from my iPhone using Tapatalk
beli dimana oli castrol magnatec fuel saver 5w30 ini om ? dan DC berapaa.. jarang liat castrol jenis ini..

pernah coba fastron gold 5w-30 om ?

utk castrol edge di ayung sentral mas dan pmk mulia jaya ada jual..
Ane di medan om, DC perliter 110rb.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by imingwahyudi »

:mky_01: mau berbagi cerita tentang si kaleng kerupuk a.k.a. my LoveBox :mky_01:


kemarin pas hari lahir saya, melipirlah ke kediaman kolega yang ga begitu jauh dari posisi saya. Surprisingly, beliau yang termasuk fanboy Mobil Lube memberikan saya 3 canned Mobil Super 5W(or 10W...lupa dicek udah dibuang juga bungkusnya :big_biglaugh: )-30....tanpa tedeng aling aling saya sambar bungkusan tersebut sembari bilang,"Terima kasih, Pa :big_love: :cupss: "


setelah berbincang bincang dan makan siang singkat, segera saya menuju beres Toyota yang ga jauh dari sana, mulailah proses servis berkala 50.000 kilometer.. singkatnya, sudah beres dan mobil siap dibawa kembali..begitu saya ambil kemudi dan mengemudi sekian kilo jauhnya...memang Mobil Lube ga pernah boong :mky_01: . Mau yang murah atau mahalnya tetap punya efek tersendiri kepada mesin mobil. Torque linearity (thanks om HoD, akhirnya nemu itu istilah :big_biglaugh: ) yang lebih baik dibandingkan Kendall GT One 5W30 yang pernah saya pakai, suara mesin yang halus meski RPM sudah mulai menanjak melewati 4000 RPM, dan low end pull yang bikin gigi 1 ga begitu guna pada start stop traffic. Saya rasa pengalaman ini cukup valid dikarenakan pengujian Kendall vs Mobil Super dilakukan pada mesin yang baru carbon cleaned&tuned up...dan BBM RON 92..


*besok besok gamau ganti oli lagi* :mky_04:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by m4rio »

ada yang pernah pake shell HX 8 ????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

m4rio wrote:ada yang pernah pake shell HX 8 ????
aku pernah.. :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by m4rio »

gmn klep, gud gak nih oli ?????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

kurang mar... mending motul htec yg mirip2 harganya... atau oli honda mazda aj yg lebi murah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arytp
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Wed Apr 02, 2008 9:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by arytp »

permisi oms mau tanya.

blm lama ambil vw caravelle. di spek butuh oli vw 506.01 (0w30). ada yg tau merk / beli dimana? susah bener udh coba cair di toda / beres malah gak ada. dikasihnya selama ini spek 505.01.

baca2 di forum luar mesin T5 2.5L ini butuhnya harus spek vw 506.01 (0w30) dan gak bisa boleh spek lain.

tks
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

mobil saya oli nya sudah 1 tahun jalan 3 bulan belum ganti baru tempuh 4000km pake idemitsu 5-30..krn jarang jalan jd malas..sudah diam digarasi jalan 3 bulan..
cuma dipanasin 4hari sekali klo ingat..
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5688
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

Tadi ditawarin temen ada sisa stok ga laku, valvoline 5w30 prosyn, full sintetik sayangnya masih API SL.

Mau dicoba di 1nz-fe untuk ganti oli 1000km pertama.

Dapat harga 80rb per liter di Surabaya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

kompresorz wrote:mobil saya oli nya sudah 1 tahun jalan 3 bulan belum ganti baru tempuh 4000km pake idemitsu 5-30..krn jarang jalan jd malas..sudah diam digarasi jalan 3 bulan..
cuma dipanasin 4hari sekali klo ingat..
hati2 malah jadi sludge om kompre...

di milis sebelah ad livina yg pake oli idemitsu jg (tp yg 10-30) gegara jarang dipake malah bersludge tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

sintoni wrote:Tadi ditawarin temen ada sisa stok ga laku, valvoline 5w30 prosyn, full sintetik sayangnya masih API SL.

Mau dicoba di 1nz-fe untuk ganti oli 1000km pertama.

Dapat harga 80rb per liter di Surabaya.
justru API SL kandungan antiwear-nya lebih baik daripada API SM

1NZ-FE flat tappet kan ?

Lebih cocok pake oli yg antiwearnya minimal 1000 ppm (Zinc only or combined)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

arytp wrote:permisi oms mau tanya.

blm lama ambil vw caravelle. di spek butuh oli vw 506.01 (0w30). ada yg tau merk / beli dimana? susah bener udh coba cair di toda / beres malah gak ada. dikasihnya selama ini spek 505.01.

baca2 di forum luar mesin T5 2.5L ini butuhnya harus spek vw 506.01 (0w30) dan gak bisa boleh spek lain.

tks
Sebetulnya pake spek lain gak pa pa.....gak akan bikin rusak.....tapi kalau utk performa optimal ya ikuti yg disarankan di buku manual

Mesin T5 - 2.5 L ini yg Pumpe Duse aka EUI aka pompe injeksi 1 cylinder - 1 pompa kan ?

Pompa digerakkan oleh camshaft

Jadi butuh oli yg kandungan antiwear-nya cukup tinggi

http://origin-qps.onstreammedia.com/ori ... index.html

Std VW 506.01 require SAPS sampe 1,5% or a bit lower, pertanda kandungan antiwear-nya harus tinggi spt oli HDEO, tapi HTHS 2,9 alias viskositasnya encer

Alternative 1 :
Bisa pake Caltex Delo 0W30 yg jual si Olieku Meruya

Memang dia sih gak ada VW 506.01 nya, tapi std SAPS & Antiwear-nya memenuhi syarat 506.01


Alternative 2 (yg ideal) :
Yacco VX 2000 - 0W30 meet VW 506.01

Coba hubungi Siaga Motor di Sunter (d/h Siaga Motor Cikini), tanya saja kalau mau pesan minimum berapa dus. Mereka ada iklannya di SM ini.

Dulu mereka pernah masukkin bbrp dus & saya pernah ambil 1 dus, saya pribadi masih simpan 4 L oli ini.
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by KlinciImut »

Om Turbo dan rekan2, salam kenal.
Sy sekarang pake Petronas Syntium 800 10w-30 SL di Karimun Estillo F10D. Mesin halus, tarikan terasa ringan dan lumayan irit.
Tapi hasil dari baca2 di thread ini, baru sadar kalo TBN-nya cuma 6. Padahal mobil termasuk jarang pakai dan kadang masih pake premium.

Minta rekomendasi oli buntut 30 (supaya efisien BBM) yang TBN-nya tinggi sehingga bisa diganti sekitar setaon sekali karena kalo sering ganti oli rasanya nggak enak aja buangin oli jadi limbah.

Sekalian mau tanya soal oli secara umum.. dari hasil baca, viscousity index yang tinggi kan bisa diperoleh dari bahan yang bagus atau additive improver yang banyak. Nah, cara kita tau itu memang bahannya yang bagus atau improvernya yang banyak bagaimana ya?
Selain itu, misal kita sudah merasa cocok dengan viskositas suatu oli baik pada 100degC dan 40degC nya, apakah Viscousity Index masih penting?

Sori ya kalo pertanyaannya ngawur :)

Trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

@Klincimut

Technical discussion yg sangat berbobot
:frm_salut:

Nuwbie coba bantu jawab walau ane hanya tahu sikit2.....xixixixixixi

Betul bahwa VI juga bisa didongkrak dgn zat VI improver, tapi kalau oli yg benar2 bagus dia punya VI tinggi krn didapat dari base oil yg ber VI tinggi spt PAO - group IV / Hydrocracked high VI - group III atau kombinasi group IV dan III

Soal base oil ini memang ada produsen yg publish, ada yg enggak, biasanya kita tahu dari browsing2 diskusi di Bitog dll

5W30 yg value 4 money dan bisa dipake jauh bisa coba Kendall GT1 - 5W30 since TBN awal dia di atas 8 mg KOH

Atau 5W30 semi synth lain yg meet LongLife std dari automaker spt Ford WSS M2C913x misalnya......contoh = Castrol Magnatec Professional

ada juga 5W30 yg meet MB 229.5 spt Shell helix Ultra AB atau Petronas Syntium 3000 LL, itu TBN awalnya 10 mg KOH, hanya saja dia 5W30 "thick" alias kekentalannya udah mendekati buntut 40
KlinciImut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Mar 04, 2013 15:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by KlinciImut »

Turboman wrote:@Klincimut

Technical discussion yg sangat berbobot
:frm_salut:

Nuwbie coba bantu jawab walau ane hanya tahu sikit2.....xixixixixixi

Betul bahwa VI juga bisa didongkrak dgn zat VI improver, tapi kalau oli yg benar2 bagus dia punya VI tinggi krn didapat dari base oil yg ber VI tinggi spt PAO - group IV / Hydrocracked high VI - group III atau kombinasi group IV dan III

Soal base oil ini memang ada produsen yg publish, ada yg enggak, biasanya kita tahu dari browsing2 diskusi di Bitog dll

5W30 yg value 4 money dan bisa dipake jauh bisa coba Kendall GT1 - 5W30 since TBN awal dia di atas 8 mg KOH

Atau 5W30 semi synth lain yg meet LongLife std dari automaker spt Ford WSS M2C913x misalnya......contoh = Castrol Magnatec Professional

ada juga 5W30 yg meet MB 229.5 spt Shell helix Ultra AB atau Petronas Syntium 3000 LL, itu TBN awalnya 10 mg KOH, hanya saja dia 5W30 "thick" alias kekentalannya udah mendekati buntut 40
Terima kasih infonya Om Turbo, nanti saya coba cari n baca data sheet masing2.

BTW, kalo saya migrasi dari Syntium ke Kendall misalnya, apakah perlu flushing?
Mekanisme flushing biasanya bagaimana ya? Apakah bisa dengan mengganti ke oli yang kualitas standar saja lalu segera diganti setelah bbrp ratus KM?
blaisaman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Mar 16, 2015 13:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by blaisaman »

misi mau nanya om turbo kalo outlander cocoknya pake oli apa yang baik. sekarang sih saya pakai motul hitech, apa ada oli lain yang lebih baik atau sesuai? untuk oli transmissi cvtnya berapa jarak interval pergantian om turbo? mobil memang saya buat bejek2 di toll. terima kasih.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

blaisaman wrote:misi mau nanya om turbo kalo outlander cocoknya pake oli apa yang baik. sekarang sih saya pakai motul hitech, apa ada oli lain yang lebih baik atau sesuai? untuk oli transmissi cvtnya berapa jarak interval pergantian om turbo? mobil memang saya buat bejek2 di toll. terima kasih.
Kalo setir santai utk efisiensi bisa pakai 0W20 mestinya

Kalo sering high RPM pakai buntut 30 either 0W30 or 5W30 Full synth

Interval ganti oli CVT ikuti manual book aja, olinya juga

Utk oli CVT High Perf di sini ada Motorex dan Moty's (yg jual si sphinx di poins sq lebak bulus ), tapi harus di cek dulu type-nya cocok gak dgn std di buku manual.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

KlinciImut wrote:[
BTW, kalo saya migrasi dari Syntium ke Kendall misalnya, apakah perlu flushing?
Mekanisme flushing biasanya bagaimana ya? Apakah bisa dengan mengganti ke oli yang kualitas standar saja lalu segera diganti setelah bbrp ratus KM?
Buang oli lama

Saat oli lama netes, tuang 1 L Mesran super utk dorong sisa2 oli lama keluar

saat udah netes kecil, tuang 200 - 300 cc oli baru yg akan dipakai utk dorong sisa2 Mesran

saat udah gak netes tutup baut

isi oli baru

beres
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Palsukan Oli Merek Terkenal, Rumah dan Gudang di Semarang Digerebek TNI

Dari gudang tersebut ditemukan ribuan oli palsu berbagai merek antara lain Yamalube, Mesran, AHM, Federal Oil, Shell, dan Castrol yang sudah dikemas kardus dan siap antar. Ribuan kardus kemasan juga didapati tertumpuk rapi.

http://news.detik.com/read/2015/03/19/1 ... erebek-tni
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sucahyo »

Turboman wrote:Palsukan Oli Merek Terkenal, Rumah dan Gudang di Semarang Digerebek TNI

Dari gudang tersebut ditemukan ribuan oli palsu berbagai merek antara lain Yamalube, Mesran, AHM, Federal Oil, Shell, dan Castrol yang sudah dikemas kardus dan siap antar. Ribuan kardus kemasan juga didapati tertumpuk rapi.

http://news.detik.com/read/2015/03/19/1 ... erebek-tni
Wah, ini salah satu alasan pakai oli langka atau sekalian beli di atpm. rela lebih mahal sedikit asal bebas dari pemalsuan.
blaisaman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Mar 16, 2015 13:06

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by blaisaman »

Turboman wrote:
blaisaman wrote:misi mau nanya om turbo kalo outlander cocoknya pake oli apa yang baik. sekarang sih saya pakai motul hitech, apa ada oli lain yang lebih baik atau sesuai? untuk oli transmissi cvtnya berapa jarak interval pergantian om turbo? mobil memang saya buat bejek2 di toll. terima kasih.
Kalo setir santai utk efisiensi bisa pakai 0W20 mestinya

Kalo sering high RPM pakai buntut 30 either 0W30 or 5W30 Full synth

Interval ganti oli CVT ikuti manual book aja, olinya juga

Utk oli CVT High Perf di sini ada Motorex dan Moty's (yg jual si sphinx di poins sq lebak bulus ), tapi harus di cek dulu type-nya cocok gak dgn std di buku manual.
Baik terima kasih masukannya om turbo. Untuk oli cvtfnya kalo diberes bilang itu long life bisa untuk 100 rb baru dilakukan pengurasan, dan yang saya mau tanyakan, apakah benar oli cvt ini sanggup bertahan di km 100rb?. Bagaimana pendapat om turbo mengenai oli fk pulse cvtf metal beltnya? Terima kasih.
jakhan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 17, 2014 10:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by jakhan »

saya pengguna dai*** Luxio 2009 oli lama mobil oil 10-40 kalo downgrade pake fastron 10-40 atau 10-30 gimana? :thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

blaisaman wrote:
Baik terima kasih masukannya om turbo. Untuk oli cvtfnya kalo diberes bilang itu long life bisa untuk 100 rb baru dilakukan pengurasan, dan yang saya mau tanyakan, apakah benar oli cvt ini sanggup bertahan di km 100rb?. Bagaimana pendapat om turbo mengenai oli fk pulse cvtf metal beltnya? Terima kasih.
Lihat petunjuk di buku manualnya pak

kalau mau aman = ikuti interval servis yg kategori "severe condition"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

jakhan wrote:saya pengguna dai*** Luxio 2009 oli lama mobil oil 10-40 kalo downgrade pake fastron 10-40 atau 10-30 gimana? :thanks:
kalo selama ini ga pernah nguap / penguapan sgt kecil boleh coba 10w30
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

w204 kilometer 135.300..mungkin minggu ini ganti oli HONDA 0-20 untuk ke 3 kali..msh sisa jarak pemakaian 200km..

bagus pake oli itu..halus terus..murah meriah

tar ya saya foto..