Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ToniGun wrote:
1. Iya juga sih...kalau dipikir-pikir aturan Dexos 1 & Dexos 2 harusnya hanya untuk mesin-mesin yang pure buatan pabrikan GM.
2. Soal "Remember.......business is still business.........pabrikan mobil ingin supaya anda ganti mobil secepat mungkin" mungkin juga ada benarnya tapi apa gak menjadi bumerang kalau ntar di cap mobil ringkih?
Ujung - ujungnya gak bakalan laku lagi
1. Ini soal Business Politic aja
Ibarat anda bikin pesta di sebuah gedung, lalu utk makanannya anda harus menggunakan katering2 yg merp partner resmi gedung tsb. (gak boleh pake katering yg di luar daftar)
Nah detail2-nya tentu tahu donk yah.....hehehehe
2. Yah lately sy perhatikan banyak produsen mobil yg menganjurkan interval ganti oli yg kadang menurut sy "kurang masuk akal". Spt utk Ipah anjuran ganti ATF sampe 80 rb Km, wong jelas2 kalau kita buang itu ATF T-4 di 50 rb Km aja udah babak belurrrr
Skg ya produsen mobil dah kayak produsen gadget aja, cepet ngeluarin variant baru / facelift / update fitur dll.
Dre wrote:numpang tanya om turbo, oli 0 atau 5W-20 yg termurah di pasaran merek apa ya? berikut perkiraan harga per liternya kalo ada
So far masih oli genuine merek mobil spt Mazda dan Honda punya yg 0W20
Utk oli buntut 20 sebaiknya jangan pakai yg low spec, krn viskositasnya di batas kritis
kalau mau pake oli yg harganya ekonomis mending pilih 5W30 aja
misalkan saya beli oli genuine mazda/honda yg 0W20 tsb, ga masalah kan jika sy pakai di mbl merek lain (subaru misalkan)?
soalnya saya cek harga genuine oli mazda dan honda harganya cukup murah dibandingkan oli sekelas (0w20) yg ada di pasaran, motul aja 1 quart udah diatas 200rb an kalo sy ga salah.
Om Dre, subaru turbo? Kalo turbo saran saya sih kalo di cuaca kita yg panas gini mending buntut 20 yg berat model redline atau buntut 30. Turbo itu butuh oli yg berkualitas bagus. Kalo masalah beda merek mobil kaya pake oli honda di toyota saya rasa gak akan masalah. Temen2 di sini bbrp pake oli honda buntut 20 di mobil non honda kok. Saya pakai di yaris . Pendapat sotoy nubie, mohon maap kalo salah.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Dre wrote:
misalkan saya beli oli genuine mazda/honda yg 0W20 tsb, ga masalah kan jika sy pakai di mbl merek lain (subaru misalkan)?
soalnya saya cek harga genuine oli mazda dan honda harganya cukup murah dibandingkan oli sekelas (0w20) yg ada di pasaran, motul aja 1 quart udah diatas 200rb an kalo sy ga salah.
thx for the info om.
Oli 0W20 genuine Honda / Mazda / Subaru itu semua yg supply si Idemitsu (see BITOG), dgn spec dan komposisi kandungan additive / antiwear yg mirip2
Tapi 0w20 khusus mesin NA aja yaa........saya pribadi gak rekomen dipakai utk Turbocharged Gasoline
Dre wrote:
misalkan saya beli oli genuine mazda/honda yg 0W20 tsb, ga masalah kan jika sy pakai di mbl merek lain (subaru misalkan)?
soalnya saya cek harga genuine oli mazda dan honda harganya cukup murah dibandingkan oli sekelas (0w20) yg ada di pasaran, motul aja 1 quart udah diatas 200rb an kalo sy ga salah.
thx for the info om.
%
Oli 0W20 genuine Honda / Mazda / Subaru itu semua yg supply si Idemitsu (see BITOG), dgn spec dan komposisi kandungan additive / antiwear yg mirip2
Tapi 0w20 khusus mesin NA aja yaa........saya pribadi gak rekomen dipakai utk Turbocharged Gasoline
tapi anehnya atpm subaru tdk sediakan yg 0w-20 om, oli di beres nya shell semua (yg ultra 5w-30 dgn yg hx7 10w-40). kebetulan mobil sy XV yg termasuk NA memang recommended oli nya 0w-20. yg turbo (seperti sti) masih pakai yg 5w-30.
krn itu sy pikir drpada pakai shell ultra yg seliter hampir 200rb, mending bawa oli sendiri yg 0w-20 jika harganya beda sedikit/lebih murah.
ecco wrote:Om Dre, subaru turbo? Kalo turbo saran saya sih kalo di cuaca kita yg panas gini mending buntut 20 yg berat model redline atau buntut 30. Turbo itu butuh oli yg berkualitas bagus. Kalo masalah beda merek mobil kaya pake oli honda di toyota saya rasa gak akan masalah. Temen2 di sini bbrp pake oli honda buntut 20 di mobil non honda kok. Saya pakai di yaris . Pendapat sotoy nubie, mohon maap kalo salah.
bukan om, sy pakai XV. setau sy utk yg subaru turbo lama (EJ type) masih di recommend 5w-30/40. khusus utk yg tipe baru yg FA/FB baru pakai yg 0w-20.
btw skrg foresternya pakai oli apa om ecco? sy kemarin ini sempet tanya ke beres katanya boleh bawa oli sendiri tapi dgn resiko garansi mesin hilang
ecco wrote:Om Dre, subaru turbo? Kalo turbo saran saya sih kalo di cuaca kita yg panas gini mending buntut 20 yg berat model redline atau buntut 30. Turbo itu butuh oli yg berkualitas bagus. Kalo masalah beda merek mobil kaya pake oli honda di toyota saya rasa gak akan masalah. Temen2 di sini bbrp pake oli honda buntut 20 di mobil non honda kok. Saya pakai di yaris . Pendapat sotoy nubie, mohon maap kalo salah.
bukan om, sy pakai XV. setau sy utk yg subaru turbo lama (EJ type) masih di recommend 5w-30/40. khusus utk yg tipe baru yg FA/FB baru pakai yg 0w-20.
btw skrg foresternya pakai oli apa om ecco? sy kemarin ini sempet tanya ke beres katanya boleh bawa oli sendiri tapi dgn resiko garansi mesin hilang
Saya sekarang pakai SHU AB Om Dre, bawa sendiri. Oli forester saya selalu bawa sendiri, pernah coba kendall semi syn 5-30, Redline 5-40, shu 5-40...dengan yang shu AB skrg cukup hepi sih. Sepertinya suara lbh halus...btw, beres saya di alsut, gak blg garansi ilang sih...dari awal saya udah tanya kabeng, boleh katanya. Ganti berikut mau ke redline 10-30 he he he
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
ecco wrote:Om Dre, subaru turbo? Kalo turbo saran saya sih kalo di cuaca kita yg panas gini mending buntut 20 yg berat model redline atau buntut 30. Turbo itu butuh oli yg berkualitas bagus. Kalo masalah beda merek mobil kaya pake oli honda di toyota saya rasa gak akan masalah. Temen2 di sini bbrp pake oli honda buntut 20 di mobil non honda kok. Saya pakai di yaris . Pendapat sotoy nubie, mohon maap kalo salah.
bukan om, sy pakai XV. setau sy utk yg subaru turbo lama (EJ type) masih di recommend 5w-30/40. khusus utk yg tipe baru yg FA/FB baru pakai yg 0w-20.
btw skrg foresternya pakai oli apa om ecco? sy kemarin ini sempet tanya ke beres katanya boleh bawa oli sendiri tapi dgn resiko garansi mesin hilang
Saya sekarang pakai SHU AB Om Dre, bawa sendiri. Oli forester saya selalu bawa sendiri, pernah coba kendall semi syn 5-30, Redline 5-40, shu 5-40...dengan yang shu AB skrg cukup hepi sih. Sepertinya suara lbh halus...btw, beres saya di alsut, gak blg garansi ilang sih...dari awal saya udah tanya kabeng, boleh katanya. Ganti berikut mau ke redline 10-30 he he he
bedanya apa om SHU ab sama yg biasa? SHU mahal juga di beres 1 liternya + ppn hampir 200rb. km foresternya sudah brp om? kok udah cobain olinya banyak banget hehe. coba service berikutnya saya ke alsut aja deh kalo begitu.
Dre wrote:
bedanya apa om SHU ab sama yg biasa? SHU mahal juga di beres 1 liternya + ppn hampir 200rb. km foresternya sudah brp om? kok udah cobain olinya banyak banget hehe. coba service berikutnya saya ke alsut aja deh kalo begitu.
Setau saya SHU ada yg 5W-30 dan ada lagi yg 5W-40.
Ini untuk sekedar info aja, di toko Sentral Mas SHU itu 440rb/galon, di warungoli 512rb/galon.
Dre wrote:
bedanya apa om SHU ab sama yg biasa? SHU mahal juga di beres 1 liternya + ppn hampir 200rb. km foresternya sudah brp om? kok udah cobain olinya banyak banget hehe. coba service berikutnya saya ke alsut aja deh kalo begitu.
SHU AB itu bukan API SN, tapi API SH jadi udah tua. Konon menurut bacaan di BiTog SHU AB itu pernah jadi isian ferari waktu keluar pabrik, gak tau seberapa akurat itu informasi. Om Turbo pernah bahas juga SHU AB ini, setelah googling akhirnya saya beli satu dus @120rb. Kalo di BeRes udah pasti muahal Om, padahal SHU itu kalo beli di DTMF cuman 125rb barang yang sama. KM masih kurang dari 9rb sih. Saya udah coba segitu byk oli karena Gen3 stok lama, keluar langsung buang oli. Trus 1000 ganti, 3 bln ganti lagi, 6 bulan ganti. Nah sekarang yang SHU ab bakal dipakai 6 bulan nih. Ke AlSut aja Om, KaBeng orangnya asik .
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Baru aja ganti oli mesin RUSH ane ke Motul Multi Power Plus 10w40 dari sebelumnya TGMO dgn SAE yg sama, begitu mesin dinyalakan gk lama terdengar suara mendengung hmm....cek postingan bro turboman dapet hasil :
1.kalo bunyi mendengung jika baru beralih dari oli synthetic ke semi syn or mineral base (karna TGMO sama dgn Motul multi pwr plus sama2 semi syn keknya bukan gara2 ini deh).
2.Dapet oli kurang bagus, oli palsu or kw
bro turbo bisa minta advisenya untuk pilihan oli SAE buntut 40 full synthetic ato semi syn jg gpp yg rentang harga di bawah 150rb apa lagi klo VI nya mirip ama oli TOTAL Quartz 9000 yg buntut 40 skalian ama cp tokonya yg bs delivery order, soalnya ane uda keliling di kota lampung nyari oli TOTAL susahnya minta ampun apa lagi merek2 aneh2 mis: MOBIL1 or kendall dijamin lebih susah lg nyari itu oli
CMIIW,IMHO
Konon klaimnya oli pertama yg bahan bakunya gas alam (lupa baca iklannya dimana)
Monggo ditunggu yg mau/sudah coba
Secara jadwal ganti oli saya masih lama dan seminggu kemarin ubek2 di sby belum nemu barangnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Feedstock synthetic base dari GTL (Gas to Liquid - Fischer Tropsch) di Shell sebetulnya udah lama......cuman dulu2 ga pernah dipublikasikan scr luas aja
Kilang Shell GTL Bintulu (Malaysia) dan Shell GTL Pearl - Qatar
Sekarang (sebetulnya) sudah pewe dengan Kendall 5w30, cuma ada yang sarani untuk coba Aral Blue Tronic 10w40. Any improvements, atau sama aja bohong? Penasaran juga sebagus apa itu Aral, karena 10w40 paling mahal baru berani coba Mobil Super 2000. Mobilnya Avanza VVTi.
Turboman wrote:Feedstock synthetic base dari GTL (Gas to Liquid - Fischer Tropsch) di Shell sebetulnya udah lama......cuman dulu2 ga pernah dipublikasikan scr luas aja
Kilang Shell GTL Bintulu (Malaysia) dan Shell GTL Pearl - Qatar
Nah ini pak,
Entah kenapa promo-nya baru gencar belakangan ya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Sekarang (sebetulnya) sudah pewe dengan Kendall 5w30, cuma ada yang sarani untuk coba Aral Blue Tronic 10w40. Any improvements, atau sama aja bohong? Penasaran juga sebagus apa itu Aral, karena 10w40 paling mahal baru berani coba Mobil Super 2000. Mobilnya Avanza VVTi.
Kamsia oom
Aral ini kalau ngga salah dulu oli rekomendasi-nya BMW yah? Mestinya sih ok
Cuma sekarang kalau ngga salah, BMW rekomen Castrol
Bahkan saya lihat di E46, tutup oli mesinnya malah ada cetakan/tulisan "BMW recommends castrol"
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Sekarang (sebetulnya) sudah pewe dengan Kendall 5w30, cuma ada yang sarani untuk coba Aral Blue Tronic 10w40. Any improvements, atau sama aja bohong? Penasaran juga sebagus apa itu Aral, karena 10w40 paling mahal baru berani coba Mobil Super 2000. Mobilnya Avanza VVTi.
bagi pemakai oli honda, ada yg perhatiin kalo skrg warna oli nya lebi terang dari yg sblom2 nya ?? padahal utk kemasan masi sama2 api SN- GF-5... 5-30.....
Sekarang (sebetulnya) sudah pewe dengan Kendall 5w30, cuma ada yang sarani untuk coba Aral Blue Tronic 10w40. Any improvements, atau sama aja bohong? Penasaran juga sebagus apa itu Aral, karena 10w40 paling mahal baru berani coba Mobil Super 2000. Mobilnya Avanza VVTi.
Kamsia oom
5W30 ke 10W40 ya tarikan jadi berattt atuhhh
kalau mau pake Aral ya cari yg 5W30 juga....
om turbo..semakin rendah itu angka2nya semakin encer ya berasanya? memang bawanya makin entengan, tapi rasanya jadi lebih garing suaranya..
Halo SMers mohon petunjuk dong,
Mobil saya yaris a/t tahun 2010 km 87rb. Kurang lebih 2 tahun ini pakai motul htech 100plus 5-30w. Tapi skrg di toda harga udh sampe ke 150rb per liter, kira2 ada saran utk alternatif oli yg kualitas min setara tapi harga lebih murah?
Rebellion wrote:Baru aja ganti oli mesin RUSH ane ke Motul Multi Power Plus 10w40 dari sebelumnya TGMO dgn SAE yg sama, begitu mesin dinyalakan gk lama terdengar suara mendengung hmm....cek postingan bro turboman dapet hasil :
1.kalo bunyi mendengung jika baru beralih dari oli synthetic ke semi syn or mineral base (karna TGMO sama dgn Motul multi pwr plus sama2 semi syn keknya bukan gara2 ini deh).
2.Dapet oli kurang bagus, oli palsu or kw
bro turbo bisa minta advisenya untuk pilihan oli SAE buntut 40 full synthetic ato semi syn jg gpp yg rentang harga di bawah 150rb apa lagi klo VI nya mirip ama oli TOTAL Quartz 9000 yg buntut 40 skalian ama cp tokonya yg bs delivery order, soalnya ane uda keliling di kota lampung nyari oli TOTAL susahnya minta ampun apa lagi merek2 aneh2 mis: MOBIL1 or kendall dijamin lebih susah lg nyari itu oli
CMIIW,IMHO
Kebetulan make oli ini jg di ipah bensin 2012
Kalo pagi2 baru distart ada suara "tek2" kyk oli telat naik
Cuma tarikan msh lebih enak dari TGO 10-40
Dulu waktu msh pake terios di beres daihatsu jg dikasihnya motul multipowerplus 10-40. Sama ada bunyi "tek2" kalo baru distarter pagi2
Kalo suara mendengung kyk yg om bilang sih ga ada
Kenapa ga coba oli enceran 5-30 aja om? [emoji4]
Motul Htech 100 plus mayan enak sih ane coba di crv 2.0 & swift
Iqbalnugraha wrote:Halo SMers mohon petunjuk dong,
Mobil saya yaris a/t tahun 2010 km 87rb. Kurang lebih 2 tahun ini pakai motul htech 100plus 5-30w. Tapi skrg di toda harga udh sampe ke 150rb per liter, kira2 ada saran utk alternatif oli yg kualitas min setara tapi harga lebih murah?
Thank you in advanced
Fastron Gold harga skrg berapa ya?
Dulu harganya sedikit lebih murah dibanding si motul
Pernah pakai keduanya dan butt-o-meter sih bilang enakan Fastron Gold
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking