Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gerilang
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Apr 03, 2015 0:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Gerilang »

Turboman wrote:
Gerilang wrote:Selamat malam Om Turbo.....
Mohon petujuk nih Om, teman saya pakai Yaris Type S 2007 Automatic KM 50K, selama ini pakai oli Motul Hitech 100+ (5W-30), mumpung Amsoil lagi discount, rencana mau pakai Amsoil 0W-30 (AZO) atau 5W-30 (AZL), menurut Om mana yang lebih baik atau paling cocok buat Yaris tersebut?
Terima kasih.
0W20

kalo sering high RPM pake yg 0W30

Utk Gasoline engine oil, oli Amsoil yg worthed utk dipake

hanya yg signature series kepala 0W (di luar yg 10W60 ya)

0W30 dan 5W30 kalo suhu panas sama2 masuk zona 30 weight oil

Terima kasih Om Turbo, jadi kesimpulannya pakai 0W-30 lebih bagus 5W-30.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

Jambangan wrote:
kompresorz wrote:mungkin bulan depan rencana ganti oli di e36 pake honda 0-20 setelah sebelumnya pake idemitsu 5-30 yg sudah 1,4 tahun lebih dgn kilometer pemakaian -+5000km..sedangkan kilometer mobil sudah menempuh -+215.000 an..

semoga 3 tahun dr skrg akan muncul oli murah bermerk dgn spek 0-10 buat pake di w205..
Buset 0-20 buat bmw e36 ga keenceran om?
gak apa bro jambang..teknologi baru itu harus di nikmati..

klo oli tdk ada mesin baru rusak..

saya malah bosan 0-20..kepengen teknologi baru..0-10..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Trend berikut sesudah 0W20 adalah 0W16

Low Viscosity SAE 16 Oils Will Require Cutting-edge Additive Technology to Address Wear Challenges

In April of 2013, the Society of Automotive Engineers (SAE) introduced a new, low viscosity grade specification in revisions made to the J300 Engine Oil Classification. Formally labeled as SAE 16, the new oil specification will help OEMs meet increasingly strict corporate average fuel economy (CAFE) requirements. However, ultra-low viscosity grade oils can create durability challenges.

SAE 16 will serve as a lighter-weight alternative to SAE 20. With kinematic viscosity (KV) limits set at 6.1 – 8.2 mm2/s at 100°C, the main objective behind SAE 16 is to better facilitate fuel efficiency in engines by reducing hydrodynamic friction between moving parts, such as piston rings, bearings and valve trains.

To further contribute to higher fuel economy, a reduction in the oil’s high-temperature, high-shear (HTHS) viscosity limits has also been defined in SAE 16. Set at a minimum of 2.3 mPa⋅s at 150°C, this marks the first time ever that SAE has defined this limit below 2.6. Although it will help improve fuel efficiency throughout the entire oil drain interval, it opens the door for increased wear and tear on critical engine parts. This makes the development of new additives suitable for ultra-thin oils in high power density engines that much more critical.

- CUT -

selengkapnya

http://www.gf-6.com/low-viscosity-sae-16-oils
* Bukan ajakan Beli *
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sucahyo »

Ada yang sudah membandingkan performa 0-100 atau dyno kalau pakai oli kekentalan beda sedikit untuk merek yang sama atau berbeda?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Atau ad yg ud coba membandingkan takometer antara oli encer dan kentel. ???

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
fismanaga
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri May 22, 2015 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by fismanaga »

Om Turbo/suhu yg lain, saya mohon ijin untuk bertanya.
Setelah membaca topik ini saya mencatat beberapa poin penting dalam pertimbangan memilih oli, tetapi saya masih bingung memilih 2 pilihan berikut :
Untuk mobil All New Avanza 1.3 K3V3, usia 6 bulan, odo 1500km (jarang dipakai), blm pernah ganti oli. Pemakaian hanya rute pendek-menengah jarang dibawa touring lebih dari 150km untuk sekali perjalanan dan beban angkut juga jarang full loaded, paling bawa 2-5 orang.
Pilihan saya pada produk Shell, antara HX7 10w40 dan HX8 5w-30 (SAE keduanya direkomendasikan di buku manual).
1. Saya cenderung ingin memakai HX8, tergiur full sintetis tetapi mengingat usia dan odo yg masih bau kencur (masa inreyen/break in) apakah aman langsung ganti yg full sintetis bukan mineral dulu sampai usia 5000km.
2. Apakah SAE 5w-30 aman untuk mesin K3VE, takut nya terlalu encer. Saya sudah cek kinematiknya 12 banding 14, apakah perbandingan 2 poin diangka tersebut cukup signifikan?
3. HX8 ini sebenarnya API SL atau SN ya ? Saya lihat di webnya sertifikasi masih SL tetapi di bagian nama produknya di tulis SN, wlpn hx7 dan hx8 emang sudah kompli MB. 229.3, ACEA A3/B4. Ini aman buat flat tappet kan Om?
Demikian masalah yg saya temukan, untuk saat ini oli yg saya gunakan masih bawaan lahir (gak tahu ini TGMO jenis apaan). Blm bisa review performa olinya karena blm pernah pakai merek dan jenis lain sebagai pembanding, gak ada masalah sejauh ini masih cukup irit 1:12-15 dg gaya Eco Drive. Bahan bakar pakai RON 95, pernah pakai RON 92 memang sudah cukup responsif, tapi yg 95 lebih nendang, galak starter mesin juga lebih enak.
Mohon pandangan Om Turboman/suhu yg lain, pengennya sih SHU 5w-40 tapi anggaran gak cukup, kalau HX8 masih bisa dijangkau. Ane tunggu ya Om pencerahannya. :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

fismanaga wrote:Om Turbo/suhu yg lain, saya mohon ijin untuk bertanya.
Setelah membaca topik ini saya mencatat beberapa poin penting dalam pertimbangan memilih oli, tetapi saya masih bingung memilih 2 pilihan berikut :
Untuk mobil All New Avanza 1.3 K3V3, usia 6 bulan, odo 1500km (jarang dipakai), blm pernah ganti oli. Pemakaian hanya rute pendek-menengah jarang dibawa touring lebih dari 150km untuk sekali perjalanan dan beban angkut juga jarang full loaded, paling bawa 2-5 orang.
Pilihan saya pada produk Shell, antara HX7 10w40 dan HX8 5w-30 (SAE keduanya direkomendasikan di buku manual).
1. Saya cenderung ingin memakai HX8, tergiur full sintetis tetapi mengingat usia dan odo yg masih bau kencur (masa inreyen/break in) apakah aman langsung ganti yg full sintetis bukan mineral dulu sampai usia 5000km.
2. Apakah SAE 5w-30 aman untuk mesin K3VE, takut nya terlalu encer. Saya sudah cek kinematiknya 12 banding 14, apakah perbandingan 2 poin diangka tersebut cukup signifikan?
3. HX8 ini sebenarnya API SL atau SN ya ? Saya lihat di webnya sertifikasi masih SL tetapi di bagian nama produknya di tulis SN, wlpn hx7 dan hx8 emang sudah kompli MB. 229.3, ACEA A3/B4. Ini aman buat flat tappet kan Om?
Demikian masalah yg saya temukan, untuk saat ini oli yg saya gunakan masih bawaan lahir (gak tahu ini TGMO jenis apaan). Blm bisa review performa olinya karena blm pernah pakai merek dan jenis lain sebagai pembanding, gak ada masalah sejauh ini masih cukup irit 1:12-15 dg gaya Eco Drive. Bahan bakar pakai RON 95, pernah pakai RON 92 memang sudah cukup responsif, tapi yg 95 lebih nendang, galak starter mesin juga lebih enak.
Mohon pandangan Om Turboman/suhu yg lain, pengennya sih SHU 5w-40 tapi anggaran gak cukup, kalau HX8 masih bisa dijangkau. Ane tunggu ya Om pencerahannya. :mky_02:
HX8 cocok laaa

Mesi Pansah kan flat tappet, butuh antiwear 1000 ppm minimal, jadi yg masuk adalah API SJ / SL atau SN (avoid SM)

HX8 meet MB 229.x dimana antiwear masuk 1000 ppm

HX8 itu masuk 30 kental (mau dekat 40)....since MB 229.x itu require HTHS 3.5
* Bukan ajakan Beli *
fismanaga
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri May 22, 2015 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by fismanaga »

Terima kasih Om Turboman atas tanggapannya. :mky_08: yakin beli HX8 mumpung ada promo 3 get 1. Kalau ada rekomendasi oli full sintetis merek lain yg agak murah bolehlah Om Turboman bisikin ane.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

Hari ini baru ganti..sebelumnya idemitsu 5-30..

Image

Image
Image
Image

jam 12 tes 6 x jalan keluar masuk tol dgn top speed 160-170-180..2 main redline..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

kompresorz wrote:Hari ini baru ganti..sebelumnya idemitsu 5-30..

Image

Image
Image
Image

jam 12 tes 6 x jalan keluar masuk tol dgn top speed 160-170-180..2 main redline..
Honda 0-20 ya om?
Ganti di bengkel mana tuh om?
Dapet di harga brp?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Turboman wrote:Trend berikut sesudah 0W20 adalah 0W16

Low Viscosity SAE 16 Oils Will Require Cutting-edge Additive Technology to Address Wear Challenges

In April of 2013, the Society of Automotive Engineers (SAE) introduced a new, low viscosity grade specification in revisions made to the J300 Engine Oil Classification. Formally labeled as SAE 16, the new oil specification will help OEMs meet increasingly strict corporate average fuel economy (CAFE) requirements. However, ultra-low viscosity grade oils can create durability challenges.

SAE 16 will serve as a lighter-weight alternative to SAE 20. With kinematic viscosity (KV) limits set at 6.1 – 8.2 mm2/s at 100°C, the main objective behind SAE 16 is to better facilitate fuel efficiency in engines by reducing hydrodynamic friction between moving parts, such as piston rings, bearings and valve trains.

To further contribute to higher fuel economy, a reduction in the oil’s high-temperature, high-shear (HTHS) viscosity limits has also been defined in SAE 16. Set at a minimum of 2.3 mPa⋅s at 150°C, this marks the first time ever that SAE has defined this limit below 2.6. Although it will help improve fuel efficiency throughout the entire oil drain interval, it opens the door for increased wear and tear on critical engine parts. This makes the development of new additives suitable for ultra-thin oils in high power density engines that much more critical.

- CUT -

selengkapnya

http://www.gf-6.com/low-viscosity-sae-16-oils
Om turbo, swift mesin M15A aman ga ya dicekokin oli honda 0-20?
Untuk penguapan gmn oli honda 0-20 ini?
Biasa pake motul H-Tech 5-30 tapi sekarang lagi downgrade ke mobil super 10-40 soalnya lagi bokek. Buset ga ada tenaganya & mesin ngelitik parah kalo udh panas :e-doh:
Odometer mobil sekarang 25,9XX KM
gantengmaut
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Apr 05, 2015 10:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by gantengmaut »

Oom Turboman,

kalau untuk mobil mesin V6 2.7 (2700cc) biar performanya optimal mendingan pake fastron gold atau shell helix ultra yang 5w30? atau cukup pake fastron techno 10w40 atau shell hx 7 10w40?

kalau di bandingkan di kelas 5w30 Pertamina Fastron Gold vs Shell Helix Ultra vs Total Quartz 9000 API SN vs Castrol Edge bagusan mana ya?

oh ya pernah ada yang bandingin kelas 10w40 dengan Pertamina Fastron Techno vs Total Quartz 7000 SM vs Castrol Magnatec gak?

overall, oli pertamina yang fastron line up itu bisa dianggap setara gak sih sama Mobil Oil, Shell, Total,atau oli2 terkenal lainnya?

apa cuma jargon dari pertamina aja klo oli mereka bagus?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Om turbo, swift mesin M15A aman ga ya dicekokin oli honda 0-20?
Untuk penguapan gmn oli honda 0-20 ini?
Biasa pake motul H-Tech 5-30 tapi sekarang lagi downgrade ke mobil super 10-40 soalnya lagi bokek. Buset ga ada tenaganya & mesin ngelitik parah kalo udh panas :e-doh:
Odometer mobil sekarang 25,9XX KM
M15A ini mesin apa ya ?

Mesin2 Gasoline NA keluaran 2011 ke sini utk brand Jepun / US & Korean pada umumnya oke utk dikasih oli 0W20

Utk skg ini ngapain beli Honda 0W20 jika dengan harga yg beda "ultra tipis" bisa dapat Amsoil ASM Signature 0w20....mumpung ada promosi "edan" di Graha

btw kalo utk 5W30 jika ingin downgrade sesama 5W30 pilihan banyak.......yg under 100 rb ada Kendall Gt1 - 5W30 semi synth, lalu yg paling murah ada Suzuki genuine Oil 5W30......utk SGO tinggal potong interval-nya aja jadi 6000 - 6500 Km Max.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

gantengmaut wrote:Oom Turboman,

kalau untuk mobil mesin V6 2.7 (2700cc) biar performanya optimal mendingan pake fastron gold atau shell helix ultra yang 5w30? atau cukup pake fastron techno 10w40 atau shell hx 7 10w40?

kalau di bandingkan di kelas 5w30 Pertamina Fastron Gold vs Shell Helix Ultra vs Total Quartz 9000 API SN vs Castrol Edge bagusan mana ya?

oh ya pernah ada yang bandingin kelas 10w40 dengan Pertamina Fastron Techno vs Total Quartz 7000 SM vs Castrol Magnatec gak?

overall, oli pertamina yang fastron line up itu bisa dianggap setara gak sih sama Mobil Oil, Shell, Total,atau oli2 terkenal lainnya?

apa cuma jargon dari pertamina aja klo oli mereka bagus?
Disebutkan dong lah 2700 cc V6 nya keluaran tahun berapa......

Utk mesin Gasoline NA jika kondisi prima, SAE buntut 30 udah paling kental.....kalo pake 40 weight tarikan jadi beraaattt.

Utk saat ini bisa pakai Amsoil AZO 0W30....berhubung di Graha ada promosi "edan"........merek2 lain mah langsung tewas lah dibanding yg 1 ini....kecuali ketemu Royal Purple / Redline / other "super expensive" oil yg SAE setara baru imbang.

*bukan seles Amsoil*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
M15A ini mesin apa ya ?

Mesin2 Gasoline NA keluaran 2011 ke sini utk brand Jepun / US & Korean pada umumnya oke utk dikasih oli 0W20

Utk skg ini ngapain beli Honda 0W20 jika dengan harga yg beda "ultra tipis" bisa dapat Amsoil ASM Signature 0w20....mumpung ada promosi "edan" di Graha

btw kalo utk 5W30 jika ingin downgrade sesama 5W30 pilihan banyak.......yg under 100 rb ada Kendall Gt1 - 5W30 semi synth, lalu yg paling murah ada Suzuki genuine Oil 5W30......utk SGO tinggal potong interval-nya aja jadi 6000 - 6500 Km Max.
Suzuki Swift om
Mobil ane kebetulan produksi 2012
SGO beberapa kali pake di beres suzuki cuma kurang sreg om. Soalnya oli drum2an kalo di beres
Kalo diluaran ga tau beli dimana oli SGO
Trus kurang cocok mobil ane pake SGO. Mesin tarikan berat & ngelitik kalo dibandingkan Motul H-Tech :mky_01:
Amsoil 0W-20 kena brp di graha om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

Jambangan wrote: Suzuki Swift om
Mobil ane kebetulan produksi 2012
SGO beberapa kali pake di beres suzuki cuma kurang sreg om. Soalnya oli drum2an kalo di beres
Kalo diluaran ga tau beli dimana oli SGO
Trus kurang cocok mobil ane pake SGO. Mesin tarikan berat & ngelitik kalo dibandingkan Motul H-Tech :mky_01:
Amsoil 0W-20 kena brp di graha om?
Graha di 021 7231694 (Handoko)

Mesin 2012 sih layak utk pake 0W20

Kalo misal sering high RPM better pake 0w30
* Bukan ajakan Beli *
jimbong2002
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jul 12, 2010 18:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by jimbong2002 »

Dear oom Turboman, izin nanya, saya ada volvo s60 2.0T 2006 dari baru, sebelumnya di beres PIK dikasih castrol 5w30, sudah setahun ini saya pindahkan ke bengkel spesialis di antasari dan mereka menyarankan kendall 10w40 dgn formula liquid titanium dgn alasan oli ini lbh cocok utk mesin turbo yg relative berumur..apakah yg disarankan sdh benar? Apabila saya menggantinya dgn mobil1 5w40 apakah akan ada perubahan? Terimakasih sebelumnya oom Turboman
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Graha di 021 7231694 (Handoko)

Mesin 2012 sih layak utk pake 0W20

Kalo misal sering high RPM better pake 0w30
Oke makasih infonya om :beer:
Ntar coba besok2 ane kontak graha
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Wow... mantap om kompree.... e36 dgn ow20.... manteppp

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Jambangan »

DOHC wrote: Wow... mantap om kompree.... e36 dgn ow20.... manteppp

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Mod dohc udh nyobain 0W-20? :ungg:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

Jambangan wrote:
Honda 0-20 ya om?
Ganti di bengkel mana tuh om?
Dapet di harga brp?
ya betul..bengkel part honda langganan..1 galon 450ribu..1 liter 120..

tp spy aman beli aja ke sowrom resmi selisih tipis aja..bisa sowrom mazda ..yg mana murah..tar bawa ke bengkel umum bayar ongkos 30ribu..tip 20rb

klo bengkel tempat saya beli klo kita gak tau2 bgt resiko..bisa dpt murah tp gak tau barang apaan..
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
Wow... mantap om kompree.... e36 dgn ow20.... manteppp

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
emang 0-20 mantap mod..apalg klo ada yg lebih encer..n harganya murah.. tambah mantap.. :big_biglaugh:

mercedes skrg pake oli apa ya..saya tanya skrg tendernya merk mercedes..SA nya bilang kemasan aja mercedes..emang mercedes punya pabrik oli..abis garansi lgsg kabur..duit sekarung cepat abis..:wkkk:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

Jambangan wrote:
DOHC wrote: Wow... mantap om kompree.... e36 dgn ow20.... manteppp

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Mod dohc udh nyobain 0W-20? :ungg:
dl perna di 1tr jadul ane... tarikan ahoyy... tp penguapan agak sdikitt bangettt berlebihh... jadi nya rada was2... skrg balik ke 5-30 aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: RE: Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

mercedes bukannnya shell helix ultra yah om ?? atau mobil 1 ??
kompresorz wrote:
DOHC wrote:
Wow... mantap om kompree.... e36 dgn ow20.... manteppp

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
emang 0-20 mantap mod..apalg klo ada yg lebih encer..n harganya murah.. tambah mantap.. :big_biglaugh:

mercedes skrg pake oli apa ya..saya tanya skrg tendernya merk mercedes..SA nya bilang kemasan aja mercedes..emang mercedes punya pabrik oli..abis garansi lgsg kabur..duit sekarung cepat abis..:wkkk:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by kompresorz »

@dohc...

skrg kemasan merk mercedes mod..

SA nya pun gak tau aslinya apa..