Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
k9fisher
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Apr 03, 2013 9:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by k9fisher »

Om turbo,

Untuk castrol magnatec 5w-30 apakah sdh ada yg api sn. Soalnya banyak nemunya hanya api sm semua. Buat panza bokap.

Thanks
maxwelpark
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jun 30, 2014 13:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by maxwelpark »

Kabarnya jika soal kualitas oli API SM lebih baik daripada oli API SN...
Alasannya karena oli SN dipaksakan untuk mengikuti standard EURO 4, 5 di eropa...sehingga banyak unsur aditif anti aus banyak dikurangi karena banyak aditif type ini dianggap merusak lingkungan...

Ga tau bener apa ga...tapi kalo oli, lebih memilih fully synthetic sih, walau lebih mahal sedikit tapi kan waktu pemakaian jauh lebih lama dibandingkan cost bbm sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

maxwelpark wrote:Kabarnya jika soal kualitas oli API SM lebih baik daripada oli API SN...
Alasannya karena oli SN dipaksakan untuk mengikuti standard EURO 4, 5 di eropa...sehingga banyak unsur aditif anti aus banyak dikurangi karena banyak aditif type ini dianggap merusak lingkungan....
kayanya tebalik deh om.. api SN justru lebi baik dri api SM.. di api SN aditif anti wear nya lebi banyak biar bsa melindungi jeroan mesin tp tetep ramah buat CC sperti api SM..


http://www.oilspecifications.org/articles/api-sn.php
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

benar om Kelep

API SN adalah perbaikan dari API SM, dimana dalam API SN tercantum klausul Phosporous retention alias kadar detergent & antiwear harus tetap stabil bila dipakai dlm jangka panjang (gak ikut nguap bersama uap oli yg keluar dr breather / pcv)

Dan banyak oli API SN yang kandungan zat antiwearnya kembali spt zaman API SL (1000 ppm), hanya bedanya kalo API SL bisa 1000 ppm murni ZDDP, sedang oli API SN kadar ZDDP nya gak lebih dr 800 ppm dan dikombinasikan dgn Molybden / Boron / Titanium

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Info oli 5w40 Full synth Diesel harga miring

Post by Turboman »

as subject

Image

Oli ini setara Mobil Delvac1 ESP - 5W40 (sama2 CJ-4)

Lagi promo di Graha, harga cuman 125 rb / qt (dulunya sekitar 185 rb)

Spec :
http://www.amsoil.com/shop/by-product/m ... e=DEOQT-EA

telp Graha : 021 723 1694

Demikian info

*bukan seles Ams*
* Bukan ajakan Beli *
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by limsandy »

Om Turbo,

Itu oli diesel Amsoil kok bisa murah begitu? Produk lama ya keluaran taon 2012 mungkin? :big_think:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5716
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by sintoni »

limsandy wrote:Om Turbo,

Itu oli diesel Amsoil kok bisa murah begitu? Produk lama ya keluaran taon 2012 mungkin? :big_think:
Nah ane jg ikutan om.

Emang oli gt ada expiry date nya? Kayak misal biar belom dibuka tapi sisa stok lama gt 2-3 taun apa sudah ga boleh digunakan?
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by limsandy »

sintoni wrote:
limsandy wrote:Om Turbo,

Itu oli diesel Amsoil kok bisa murah begitu? Produk lama ya keluaran taon 2012 mungkin? :big_think:
Nah ane jg ikutan om.

Emang oli gt ada expiry date nya? Kayak misal biar belom dibuka tapi sisa stok lama gt 2-3 taun apa sudah ga boleh digunakan?
Exposure to extreme temperature changes, and moisture will reduce the shelf life of the lubricants. (an increase of 10°C doubles oxidation which halves the shelf life) ie. don't leave it in the sun with the lid off. Best to keep them sealed and unopened. Technically, engine oils have shelf lives of four to five years.

Dari http://www.carbibles.com/engineoil_bible.html
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by DOHC »

thanks for the info om limsandy....

beararti kl oli ud kebuka walaupun ud ktutup lagi dan disimpen di rak... ga bsa ampe 4 taonan lg yah..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by radinalakbar7 »

Mau tanya om sekalian, kemarin baru angkat grandmax 1.5, Oli yang cocok buat nih mobil ? 10W-40 / 15W-50 / 20W-50 ? Kapasitas oli berapa liter ? & Budget yang normal saja :ungg:

Pilihannya :
1. TGMO API SM 10W-40 atau Prima XP API SL 10W-40
2. Shell Helix SL botol kuning 15W-50
3. Prima XP API SJ 20W-50 (TBN 7.86, VI 126, Sumber : http://www.nhance-group.com/index.php?o ... &Itemid=55)
Bisa ditambahkan oli yang lain kalau ada rekomendasi.

catatan : Mobil untuk angkut barang seperti semen kurang lebih 10 sak + alat2 pertukangan dll.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

radinalakbar7 wrote:Mau tanya om sekalian, kemarin baru angkat grandmax 1.5, Oli yang cocok buat nih mobil ? 10W-40 / 15W-50 / 20W-50 ? Kapasitas oli berapa liter ? & Budget yang normal saja :ungg:

Pilihannya :
1. TGMO API SM 10W-40 atau Prima XP API SL 10W-40
2. Shell Helix SL botol kuning 15W-50
3. Prima XP API SJ 20W-50 (TBN 7.86, VI 126, Sumber : http://www.nhance-group.com/index.php?o ... &Itemid=55)
Bisa ditambahkan oli yang lain kalau ada rekomendasi.

catatan : Mobil untuk angkut barang seperti semen kurang lebih 10 sak + alat2 pertukangan dll.
pake 10W40 semi synthetic aja, merek bebas mau HX7 / Fastron 10w40 / castrol 10w40 dll
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by jarijarir »

permisi, momod dan suhu perolian,

mohon ijin bertanya, saat ini sedang mencari pasangan hidup yang cocok dengan splash at 2014, kilometer baru 3600an, kmarin pas service 1000km dikasih SGO 5w30 mumpung masih dapat gratis,
next service kan udah gak gratis nih, mohon saran oli sebaiknya pake apa ya?
mobil garage queen, jalan paling wiken dan kadang-kadang luar kota kalo pas long wiken,,, *6 bulan cuma dapat 3600an km, sesuatu

kedua, ada info federal oil ngeluarin oli mobil, penasaran pengin coba tapi kira-kira cocok gak ya,,atokah udah ada yang review?

terima kash, suhu-suhu semua.
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

jarijarir wrote:permisi, momod dan suhu perolian,

mohon ijin bertanya, saat ini sedang mencari pasangan hidup yang cocok dengan splash at 2014, kilometer baru 3600an, kmarin pas service 1000km dikasih SGO 5w30 mumpung masih dapat gratis,
next service kan udah gak gratis nih, mohon saran oli sebaiknya pake apa ya?
mobil garage queen, jalan paling wiken dan kadang-kadang luar kota kalo pas long wiken,,, *6 bulan cuma dapat 3600an km, sesuatu

kedua, ada info federal oil ngeluarin oli mobil, penasaran pengin coba tapi kira-kira cocok gak ya,,atokah udah ada yang review?

terima kash, suhu-suhu semua.
Mesin K12 M itu roller rocker atau amsih solid tappet ya ?

Kalo solid tappet pilih oli yg API SL atau SN atau yg meet MB 229.x serta hindari API SM

Kalo roller rocker arm bebas

Boleh coba Kendall GT1 - 5W30 semi synth
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
jarijarir
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by jarijarir »

Turboman wrote:
Mesin K12 M itu roller rocker atau amsih solid tappet ya ?

Kalo solid tappet pilih oli yg API SL atau SN atau yg meet MB 229.x serta hindari API SM

Kalo roller rocker arm bebas

Boleh coba Kendall GT1 - 5W30 semi synth
itulah, om, kurang tau juga udah roller rocker arm apa masih flat tappet,,hihi

kalo kata buku panduan sih suruh pake 5w30 API SL

okelah kalo begitu, sementara hindari yg API SM

makasih jawaban dan sarannya, om turbo :big_exellent:
be patient, please.. i'm a beginner.. :big_comfort:
aslicepetrusak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon Jan 26, 2015 10:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by aslicepetrusak »

menurut agan-agan
mana yang lebih bagus di pakai dengan kondisi jalan ga macet ( dapetlah sekali injak 40-80km) dan bisa dipakai kurang lebih 7500km ?
ada yang bilang yang kiri ( untuk mobil yang BBM nya premium/bensin, sedangkan yang kanan untuk mobil BBM premium juga tapi mobil eropa atau mesin diesel
Image

FYI , mobil ane hondaa jazz ge8 tahun 2012
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ALX7 »

aslicepetrusak wrote:menurut agan-agan
mana yang lebih bagus di pakai dengan kondisi jalan ga macet ( dapetlah sekali injak 40-80km) dan bisa dipakai kurang lebih 7500km ?
ada yang bilang yang kiri ( untuk mobil yang BBM nya premium/bensin, sedangkan yang kanan untuk mobil BBM premium juga tapi mobil eropa atau mesin diesel
Image

FYI , mobil ane hondaa jazz ge8 tahun 2012
Dr segi harga bagaimana, tp seperti nya klo yg kanan harga lebih murah yah..?
klo sering bawa high-rev mungkin saya lebih pilih yg kiri...
tp pernah pake yg kanan di vely sih emang terasa enak nya...
IMHO aja



Btw, spt nya oli fastron lg promo yah..? td lewat bbrp bengkel/toko oli bertuliskan beli 3 gratis 1, utk product fastron diesel,techno dan gold...
Ato udah lama promo nya cuma saya ga perhatiin... :big_think:
tertarik sama yg fastron gold nya...
I am a Driver... not a Racer...
aslicepetrusak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon Jan 26, 2015 10:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by aslicepetrusak »

ALX7 wrote:
aslicepetrusak wrote:menurut agan-agan
mana yang lebih bagus di pakai dengan kondisi jalan ga macet ( dapetlah sekali injak 40-80km) dan bisa dipakai kurang lebih 7500km ?
ada yang bilang yang kiri ( untuk mobil yang BBM nya premium/bensin, sedangkan yang kanan untuk mobil BBM premium juga tapi mobil eropa atau mesin diesel
Image

FYI , mobil ane hondaa jazz ge8 tahun 2012
Dr segi harga bagaimana, tp seperti nya klo yg kanan harga lebih murah yah..?
klo sering bawa high-rev mungkin saya lebih pilih yg kiri...
tp pernah pake yg kanan di vely sih emang terasa enak nya...
IMHO aja



Btw, spt nya oli fastron lg promo yah..? td lewat bbrp bengkel/toko oli bertuliskan beli 3 gratis 1, utk product fastron diesel,techno dan gold...
Ato udah lama promo nya cuma saya ga perhatiin... :big_think:
tertarik sama yg fastron gold nya...

kalau kanan informasinya lebih murah sih gan..
kalau boleh tau ( maaf karena baru gabung) high-rev itu seperti apa dan vely itu seperti apa?
terima kasih :big_childish:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 603
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by zonepublic »

Oli mesin bensin sae 0w full sintetik yg bagus apa?
Honda genuine oil
Royal purple
Amsoil signature
Mobil 1 advanced
Motul 8100
Suzuki genuine oil
Fk massimo trinity
Shell helix ultra
Atau ada pilihan lain?
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by ALX7 »

aslicepetrusak wrote:
ALX7 wrote:
aslicepetrusak wrote:menurut agan-agan
mana yang lebih bagus di pakai dengan kondisi jalan ga macet ( dapetlah sekali injak 40-80km) dan bisa dipakai kurang lebih 7500km ?
ada yang bilang yang kiri ( untuk mobil yang BBM nya premium/bensin, sedangkan yang kanan untuk mobil BBM premium juga tapi mobil eropa atau mesin diesel
Image

FYI , mobil ane hondaa jazz ge8 tahun 2012
Dr segi harga bagaimana, tp seperti nya klo yg kanan harga lebih murah yah..?
klo sering bawa high-rev mungkin saya lebih pilih yg kiri...
tp pernah pake yg kanan di vely sih emang terasa enak nya...
IMHO aja



Btw, spt nya oli fastron lg promo yah..? td lewat bbrp bengkel/toko oli bertuliskan beli 3 gratis 1, utk product fastron diesel,techno dan gold...
Ato udah lama promo nya cuma saya ga perhatiin... :big_think:
tertarik sama yg fastron gold nya...

kalau kanan informasinya lebih murah sih gan..
kalau boleh tau ( maaf karena baru gabung) high-rev itu seperti apa dan vely itu seperti apa?
terima kasih
High-rev itu maksudnya rpm tinggi, sekitar 3/4 sampe max.rpm nya...
Klo vely itu panggilan utk veloz.
Begitu maksudnya om ACER :big_biglaugh:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

aslicepetrusak wrote:menurut agan-agan
mana yang lebih bagus di pakai dengan kondisi jalan ga macet ( dapetlah sekali injak 40-80km) dan bisa dipakai kurang lebih 7500km ?
ada yang bilang yang kiri ( untuk mobil yang BBM nya premium/bensin, sedangkan yang kanan untuk mobil BBM premium juga tapi mobil eropa atau mesin diesel
Image

FYI , mobil ane hondaa jazz ge8 tahun 2012
Mesin Honda generasi baru ?

Of course yg kanan....5W30 ACEA A5......dah bener dah itu
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

zonepublic wrote:Oli mesin bensin sae 0w full sintetik yg bagus apa?
Honda genuine oil
Royal purple
Amsoil signature
Mobil 1 advanced
Motul 8100
Suzuki genuine oil
Fk massimo trinity
Shell helix ultra
Atau ada pilihan lain?
Yang harga berapa dulu mas

coba diperjelas kriteria-nya

Juga utk mesin Gasoline NA / Turbo ? Open loop / close loop ?
* Bukan ajakan Beli *
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 603
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by zonepublic »

Turboman wrote:
zonepublic wrote:Oli mesin bensin sae 0w full sintetik yg bagus apa?
Honda genuine oil
Royal purple
Amsoil signature
Mobil 1 advanced
Motul 8100
Suzuki genuine oil
Fk massimo trinity
Shell helix ultra
Atau ada pilihan lain?
Yang harga berapa dulu mas

coba diperjelas kriteria-nya

Juga utk mesin Gasoline NA / Turbo ? Open loop / close loop ?
Yg bagus aja,harga ga masalah
High mileage juga boleh
Buat mobil jazz rs/brio/mirage,mesin2 macam itu lah
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 710
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by azu »

om turbo, kalau untuk mesin flat-tappet (untuk Ertiga) disarankan ngga pakai Castrol Magnatec Professional A5? Bisa dipakai sampai 10.000 Km/6 bulan ngga?

Sebelumnya sih pakai SGO 5W-30 sama HX8, soalnya utk 5W-30 API SL yg mudah dicari di Bandung cuma itu, Kendall susah dan kalau ada juga harganya sama dengan Magna Prof, SHU AB udah ga ada yg jual lagi sejak ada HX8. Kebetulan juga beli Magna Prof ini untuk mobil yg Ford, siapa tau bisa pakai oli yg sama juga.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

zonepublic wrote: Yg bagus aja,harga ga masalah
High mileage juga boleh
Buat mobil jazz rs/brio/mirage,mesin2 macam itu lah
Coba kita telaah 1 1 yaa

Mesin closed loop Gasoline NA modern utk most Japanese / Korean & US brand especially 2011 - onwards :

idealnya pake 0W20

Tapi di brp case mesin yg cc-nya relatip kecil thd body mass / engine bay kecil (mesin panas) & mobil2 LCGC, lebih cocok pakai buntut 30 spt 0W30 or 5W30 yah kayaknya.

Kalau ruang mesin lega / mesin gak kelewat panas dan Torsi mesin mayan gede thd body mass, apalagi kelas mobilnya juga udah middle (bukan LCGC) - middle up, oke pake 0w20

Kalau mobil kecil tapi yg mesinnya well built (bukan LCGC) mestinya oke juga pake 0W20


Kalau mesin Gasoline high mileage, scr umum ya buntut 30 oke, kecuali kalo penguapan oli-nya dah parah ya buntut 40

Kalo utk European car = see their owners manual (soalnya ada yg rekomen buntut 20, ada yg buntut 30 dan kalo yg Turbocharged byk juga yg rekomen buntut 40)


Soal beli merek mana / type mana ya tergantung budget dah.

Kalau anda gak sebut budget harga secara soesifik, saya juga gak bisa rekomen oli merek apa / type apa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 05

Post by Turboman »

azu wrote:om turbo, kalau untuk mesin flat-tappet (untuk Ertiga) disarankan ngga pakai Castrol Magnatec Professional A5? Bisa dipakai sampai 10.000 Km/6 bulan ngga?

Sebelumnya sih pakai SGO 5W-30 sama HX8, soalnya utk 5W-30 API SL yg mudah dicari di Bandung cuma itu, Kendall susah dan kalau ada juga harganya sama dengan Magna Prof, SHU AB udah ga ada yg jual lagi sejak ada HX8. Kebetulan juga beli Magna Prof ini untuk mobil yg Ford, siapa tau bisa pakai oli yg sama juga.
Magnatec Prof / other brand yg meet Ford WSS M2C 913 sekian2 mestinya layak utk mesin flat tappet, scr SAPS nya di atas 1% en most likely kadar antiwear-nya tinggi

makanya yg meet Ford WSS M2C 913 ini biasanya gak ada tulisan API SM

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *