Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

gm infiniti indo, tjahjadi blm lama pindah ke subaru indo

sy tdk tau indikator apa yg bikin tan chong qq motorimage indo mau trima dia sbg gm sales subaru indo

hrs kah sy harap dia tularkan sales output infiniti indo ke subaru indo? sy rasa smua tau jwp normal nya spt apa
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by madcat015 »

newrubble wrote:gm infiniti indo, tjahjadi blm lama pindah ke subaru indo

sy tdk tau indikator apa yg bikin tan chong qq motorimage indo mau trima dia sbg gm sales subaru indo

hrs kah sy harap dia tularkan sales output infiniti indo ke subaru indo? sy rasa smua tau jwp normal nya spt apa
Nah, yg kayaknya uda kena pengaruh itu Subaru, om rubble...

Desember kmrn, ane ketemu dengan Marcus, GM Tanchong-MI dari Sgp. Ngobrol ttg otomotif dan dari apa yg beliau bicarakan, menurut ane, Subaru masih belum tau apa yg mereka kejar di marih. Istilahnya: no grandeur view. Semua rencana jangka pendek dan sporadis, penambahan dealer baru hanya sebatas statistik dan mmg dealer2 di jawa timur punya ukuran yg ga lebih besar dari garasi teman ane di Graha Family.

Jika Tjahjadi Infiniti masuk ke MI, makin jauh panggang dari api Subaru utk menancapkan image nya di mata orang awam.

Sales2 Subaru yg ane tau cukup bagus malah mrotol, pindah ke Honda. :big_slap:


Simply put dari bro haristk: Subaru salah pasang iklan dan salah metode marketing. :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by montirangin »

subaru kebanyakan cuman pake ruko 2 digabung aja. Juga sama sekali ga di motif. apa adanya. seperti jualan motor oleh org2 pribadi.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

sebelumnya sy minta maaf sering out of track n kali ini omongan belok ke subaru

knp itu org di subaru n menghapus tradisi nos availability n huge discount u nos unit dua tiga tahun in captivity? which is good for business n not for me

dgn harga normal sy tdk akan beli brand ini n sy tdk kuatir brand ini akan tutup nationwide kedua x nya. Yg pertama dulu cv insan apollo yg cuma punya small office di jakarta fair n selling subaru was only a washing machine to launder the owner's (PH, skrng winner) real business ...car smuggling in early 1970s

tapi wkt membuktikan unit unit yg terjual semasa itu jarang jadu bangkai krn subaru dibuat u survive stand alone. built to last

begitu juga modern subarus may exist with or without motorimage indo

n why that man now at subaru indo

i cant answer that as simple as why gt sits on highest hierarchical post in ibdo (coz he is biologically tan family member that own fam biz of tanchong
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by madcat015 »

newrubble wrote:sebelumnya sy minta maaf sering out of track n kali ini omongan belok ke subaru

knp itu org di subaru n menghapus tradisi nos availability n huge discount u nos unit dua tiga tahun in captivity? which is good for business n not for me

dgn harga normal sy tdk akan beli brand ini n sy tdk kuatir brand ini akan tutup nationwide kedua x nya. Yg pertama dulu cv insan apollo yg cuma punya small office di jakarta fair n selling subaru was only a washing machine to launder the owner's (PH, skrng winner) real business ...car smuggling in early 1970s

tapi wkt membuktikan unit unit yg terjual semasa itu jarang jadu bangkai krn subaru dibuat u survive stand alone. built to last

begitu juga modern subarus may exist with or without motorimage indo

n why that man now at subaru indo

i cant answer that as simple as why gt sits on highest hierarchical post in ibdo (coz he is biologically tan family member that own fam biz of tanchong
Tidak masalah, om rubble. Silahkan OOT sebanyak2nya, sebagai momod, ane kasi imunitas OOT ke om rubble... :big_smoking:

=========================

Setuju om rubble... Entah mengapa, mungkin untuk recover operational loss mereka, NOS Subaru di tiadakan, dan unit2 yang penjualannya menyedihkan ditendang jauh2 dan hilang dari pricelist.

Nah, yang ane kuatirkan, dengan semakin modern nya subaru, spartan dan ruggedness nya akan luntur digantikan oleh luxury dan more civilized. Seperti beberapa curhatan om night_gay terhadap Defender dan G-klasse. Let them be simple, spartan, and stupid. Karena itulah yang bikin mereka long lasting dan sanggup digebuk.

Untuk MI divisi jawa timur, saya sempat tanya ke Marcos, yearly DO mereka sekitar 155 unit by 22 Desember 2013, sebuah angka yang ga bergerak banyak dari itu. Dengan sales force dan running cost besar, plus masih sering masuknya Subaru dari IU, rasanya perjuangan MI untuk mencetak laba akan menjadi lebih menantang.

Last line om rubble: yes, agree. As simple as why GT sits on the throne of his family business in Indonesia.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by grandis_GT »

Ane penasaran gmana nasib infiniti 2-3 tahun ke depan , secara di iims kemarin mereka baru saja mengenalkan infiniti q50 2.0 dan q50 hybrid v6 3500 cc , harga menurut ane mhal q50 biasa 800 jutaan yg hybrid udah 1 koma , memang sih desain luar dalam menurut ane cakep :mky_02: tapi masalah ass hanya tuhan yg tau :mrgreen:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

sy pernah bbrp x bilang kalo di indo...

jualan barang "jelek" (almost no tech advancement, conventional) dgn red carpet aftersales itu product akan popular, meski overpriced
jualan barang dgn full loaded hi tech dgn disappointing aftersales itu siap siap punya nos collection meski underpriced

n itu masih berlaku sampai skrg

barang bkn cuma mobil tapi dlm topic ini ya...mobil
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by Nightster Guy »

Subaru?

Di manado, dilernya nempatin bangunan biasa, di jln utama yg identik dgn toko campur2 sepanjang jln.

Bangunan n interiornya butek, rada kumuh, penataan (kl bs disebut bgitu) pas2an banget, kurang lighting (ngirit?), dan... tanpa ac. Showroom terbuka, persis kek org dagang motcin roda 3.

Ntah PT apa yg megang. Ntah knp MI ngga punya standarisasi fisik minimal yg strict trhadap calon partnernya di daerah. Bandingkan dgn diler Proton manado yg dipegang kalla group. Bangunan direnov, baru, bersih kinclong seger.
Das Beste oder nichts.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11000
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by marmut »

selalu menarik membaca penjelasan oom rubble...
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by montirangin »

banyak yg seperti itu om NG..
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by haristk7 »

Nightster Guy wrote:Subaru?

Di manado, dilernya nempatin bangunan biasa, di jln utama yg identik dgn toko campur2 sepanjang jln.

Bangunan n interiornya butek, rada kumuh, penataan (kl bs disebut bgitu) pas2an banget, kurang lighting (ngirit?), dan... tanpa ac. Showroom terbuka, persis kek org dagang motcin roda 3.

Ntah PT apa yg megang. Ntah knp MI ngga punya standarisasi fisik minimal yg strict trhadap calon partnernya di daerah. Bandingkan dgn diler Proton manado yg dipegang kalla group. Bangunan direnov, baru, bersih kinclong seger.
ntah kenapa jadi inget ada dealer atpm yang ternama dengan bangunan kek begini diseputaran Lenteng Agung :big_chicken:

______________________________________________________

aniwei, dengan masuknya Infiniti Q50 yang 2.0T, dijual dengan harga 800jt-an dan menjadi Infiniti termurah di Indonesia, ada kabar gak bagaimana penjualan mereka selama IIMS 2014 kemaren ? kayaknya tetep adem ayem aja tuh..

kemaren Infiniti FX juga sempet diobral kan ya yang vin 2012..

ditempat saya sekarang nggak ada dealer Infiniti, tapi sering banget liat Infiniti FX37 dan FX35 berkeliaran, disini Infiniti M (JDM Nissan Fuga) berkeliaran danbisa dibilang populasinya sangat banyak dan jumlah di jalanan dapat menyaingi keberadaan Lexus LS dan Toyota Crown, tiap kali ke kampus, karena daerah agak pinggir kota dan mobil lumayan rame..selalu liat Nissan Fuga minimal ada 1 unit wara-wiri depan kampus, sedangkan Lexus LS malah gak begitu sering liat..

yang versi JDM sih mantep bener interiornya, 2nd row nya fiturnya bertabur ala Lexus GS/LS..

______________________________________________________

buat Subaru, karena emang lagi ada kasus pajak..yaa siap2 fix XV dan Forester harganya akan naik...dan kalo udah begini, hanya waktu yang bisa menjawab jurus apa yang harus Subaru keluarkan..perbaiki aftersales secara total dan mulai menjual Subaru Trezia mungkin kalo mau survive ?
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
siputkencang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Dec 07, 2013 6:31

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by siputkencang »

kasus apa itu pak haris? subaru indonesia?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by montirangin »

obral ga itung itu om. Masa mobil kalo ga salah q70 atau q berapa yg harga 1.7M trus nik 1 atau 2 thn lalu diskon cuman 200jt. Daleman kalah jauh sama ML400. Bener2 bikin geleng2 pantesan yg liat ga ada. Iya, kaga ada!
arsenal168861
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Oct 17, 2014 7:02

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by arsenal168861 »

aspsilver wrote:Volvo,

Kakek saya pernah punya 740 turbo 1991
trus ganti jadi 960 GL 1993

problemnya adalah Volvo Mogok, walaupun dengan usia yang waktu itu masih muda. dibawah 5 tahun.

belum lagi harga spare parts yang mahal, bahkan amat mahal, 2-3x harga spare parts Mercedes Benz, yang sama2 eropa.

ayah saya pernah beli Infiniti I30 1997, baru, kami pake mobil itu tidak sampai 1 tahun dan kemudian ganti jadi Mercedes Benz C 200 Elegance W202.

Infinity I30 kalah nyaman dibanding MB C200.
dan belakangan kami tahu dari kawan saya, bahwa harga spare parts Infinity JAUH lebih mahal daripada Mercedes Benz.

so kenapa sih ada brand mobil yang gak laku?
ok Prinsipal memang memegang peranan penting, tapi realibilitas dari mobil itu sendiri dan after sales service seperti harga suku cadang adalah pertimbangan penting untuk membeli mobil.

belum lagi ditambah faktor nyaman or fun to drive.

Mercedes Benz prinsipalnya juga geblek, dahulu kala tahun 1980-1990 awal, beli mercedes gak dapat Audio, Velg Alloys.
jarang sekali pameran, dan kalo pameran, gak boleh buka pintu, alias dikunci.
di eropa, bahkan Mercedes Benz sampai th 1990 an, masih menawarkan mobil tanpa central lock dan power windows.
dan jangan ketawa waktu anda naik C180 1993 yang jendelanya engkol.

th 1993-1994 waktu MB Indonesia mau keluarin C-class, orang beli MB C class kayak orang beli Avanza th 2004, antri, bayar DP dulu tanpa tau mobil yang mau dibeli tampangnya kayak apa.

tapi kenyataannya Mercedes Benz memegang pasar yang sangat besar.

sekarang aja karena banyak saingan MB kasi pameran, kasi test drive, bahkan diskon.

dan ingat, bahkan Astra, juga pernah nyerah pegang brand, Renault.

emang renault sempat bernaung di bawah astra?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

astra international terahir jualan renault 23 april 1999 menyusul nissan renault global merger 27 march 1999

dlm merger agreement mrk disebut bhw bila dlm satu national area masing masing ada pd local sole agency beda, yg punya sales output tertinggi diantara mrk berdua adalah surviving sole agency. nissan mmg lbh byk krn dia main taxi fleet
arsenal168861
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Oct 17, 2014 7:02

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by arsenal168861 »

oh berarti sempet yah om NR, pantesan pas ngobrol2 sama mekanik PIK, mereka bilang ada renault sejak 2001, berarti itu semenjak mereka akhirnya pindah ke indomobil ya... ah ga tau juga ah...liat di situsnya pun ga ada yang menceritakan bagaimana sejarah renault di indonesia itu....
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by haristk7 »

obral ga itung itu om. Masa mobil kalo ga salah q70 atau q berapa yg harga 1.7M trus nik 1 atau 2 thn lalu diskon cuman 200jt. Daleman kalah jauh sama ML400. Bener2 bikin geleng2 pantesan yg liat ga ada. Iya, kaga ada!
ya iyalah om gak ada yang liat, Q70 kan gak dipamerin..cuma Q50 ama QX70 doang :big_peace:

kalo yang "diobral" itu kan si QX70 (FX37), kalo gak salah ingat itu di angka 900an sudah bisa dibawa pulang..

memang boothnya sepi..pas IIMS2014 kemaren saya ke sana, ada juga yang liat dan mampir ke booth Infiniti walau gak banyak, bukan "kaga ada" namanya..lebay amat sih, QX70 juga suka diliat dan dimasukin pengunjung kok..hehehe
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by carl »

newrubble wrote:astra international terahir jualan renault 23 april 1999 menyusul nissan renault global merger 27 march 1999

dlm merger agreement mrk disebut bhw bila dlm satu national area masing masing ada pd local sole agency beda, yg punya sales output tertinggi diantara mrk berdua adalah surviving sole agency. nissan mmg lbh byk krn dia main taxi fleet
Dari 90an sampe 99 jualan mobil renault apa om di Astra?

BTW, emang bener ya om kl indomobil waktu dulu mau jadi distributor porsche ya?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

r 21 gtx (89-93)
1994 mrk jualan r 21 gtx NOS dan traded-in
mobil dgn awkward front seat design (single center floor mount on each, LH and RH)
tapi inilah yg pertama x di indo mobil baru dijual dgn buyback warranty (1993)

harga awal onroad rp.63 juta (1989) sama dgn p505gti at dan holden vl (rb20 nissan engined) calais pack n citroen bx19gti n nos citroen cx pallas new front dash (fabric interior)

thn 93 hargabaru r21 gtx discounted onroad rp.57juta atau loan dgn cicil bulanan 800rb sampai lunas

ya benar porsche hampir under indomobil tapi garagara marvi bikin poraga carrera (mazda mr90 platform, marine fiberglass body panel...mrk balik badan n balik kampung. n tdk jadilah jualan 911 onroad rp.400,000,000

gagal pula sejarah dibuat u ckd911 dibuat pertama n satusatunya ckd facility di planet ini

tanya mbah NG deh sy sdh pernsh crita n dia yg hafal detail.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by Nightster Guy »

Hehehe...

Marvia 911.. proyek mercusuarnya pak marvy apandi heehehehe... mirip sih, sekilas banget..

:big_weee:

Sy lupa, tp kl ngga salah liat, logo P O R S C H E udah sempat terpasang di wisma indomobil (citation needed)
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

betul dia bikin garagara n masalah besar

signage porsche di wisma indomobil di cabut oleh audit n global assessment unit porsche ag
dua units 911 ckd rhd (production test, painted complete body shell n panels) re exported south africa n mrk hancurkan semua brochures yg sdh cetak masuk paper shred

disini duet SL dan alm AC punya peran besar tenangkan principal mazda (donor car, mr90) n tdk jadi marah sedangkan yg satu lagi tenangkan taipan n crownprince nya

hal yg sama ke suzi principal u marvia model model antiquecar n (yg nyaris masuk court) ac cobra

sy pernah crita di thread mazda mr90 engine swap n sebagian lagi dmn
arsenal168861
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Oct 17, 2014 7:02

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by arsenal168861 »

newrubble wrote:r 21 gtx (89-93)
1994 mrk jualan r 21 gtx NOS dan traded-in
mobil dgn awkward front seat design (single center floor mount on each, LH and RH)
tapi inilah yg pertama x di indo mobil baru dijual dgn buyback warranty (1993)

harga awal onroad rp.63 juta (1989) sama dgn p505gti at dan holden vl (rb20 nissan engined) calais pack n citroen bx19gti n nos citroen cx pallas new front dash (fabric interior)

thn 93 hargabaru r21 gtx discounted onroad rp.57juta atau loan dgn cicil bulanan 800rb sampai lunas
oiye ye.. saya pernah liat tuh renault tipe ini... tapi waktu itu masih SD jadi mungkin ga sadar ini mobil apaan. taunya dulu cuman genio, twincam..

wah mantep nih om NR informasinya gila2an..... :big_deal:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by Nightster Guy »

newrubble wrote:betul dia bikin garagara n masalah besar

signage porsche di wisma indomobil di cabut oleh audit n global assessment unit porsche ag
dua units 911 ckd rhd (production test, painted complete body shell n panels) re exported south africa n mrk hancurkan semua brochures yg sdh cetak masuk paper shred

disini duet SL dan alm AC punya peran besar tenangkan principal mazda (donor car, mr90) n tdk jadi marah sedangkan yg satu lagi tenangkan taipan n crownprince nya

hal yg sama ke suzi principal u marvia model model antiquecar n (yg nyaris masuk court) ac cobra

sy pernah crita di thread mazda mr90 engine swap n sebagian lagi dmn
Wah proyek marvia bikin suzi jepang marah jg om? Knapa? Kan ngga niru siapa2, cm ambil chassis n enjin sj410 aja?

Sy banyak foto2 marvia yg sy potretin jaman indomobil (suzuki n mazda trmasuk marvia dan mr90) pameran besar2an di sby taun 93an.

Marvia memang rada over kreatif sih. Sampe nekad mereplika rolls royce silver ghost klasik n jaguar ss 100, dgn hasil yah u know laaaaa...

Mending bikin dune buggy ajalah hehehe
Das Beste oder nichts.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

yg jadi problem saat itu. major problem di negara yg mrk cuma jualan kurang dr 100,000 unots per thn saat itu

manusia itu ada di dlm indomobil board
bkn cuma worker at basic / mid level
barang smua ambil atau beli dr sole agent ataupun authorized main dealer
hasilnya atau end result nya unlicensed, counterfeited products

smua brands yg kena marvia pd melihat ke suzi n maz
n bisa scr sama sama minta jadikan suzi n maz sbg third party defender (turut tergugat)
kalo di tuntut counterfeiting n unfair competition n reputation damage
n ini bicara milyard usd

selain itu reputation mrk akan defect garagara industrial crime conspiracy
kmungkn terburuk kena trading ban di negara negara tiap brand korban berasal

sy rasa smua yg di dlm saat itu tibatiba tdk punya jenggot n kumis krn terbakar
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7362
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi

Post by newrubble »

byk products juga ditiru dr licensed replicas yg ratarata fabriek fabriek kecil japs n us
yg kecilkecil bgini kalo diinjak pasti gigit kencang n triak kmn kmn
lumayan kan kalo menang case tdk perlu capek capek jualan

paling lama cuma empat thn settle / final n binding verdict (US, EU)