Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesia
halo semua..
kebetulan lagi santai dan otak ane lagi pengen tau aja..
Seperti yang kita ketahui, Volvo Cars, Infiniti, dan Aston Martin berkeliaran di Jalanan Indonesia..walaupun populasinya sangat jarang sekali, okelh untuk Aston Martin pengecualian..tapi melihat daya beli masyarakat Indonesia khususnya di kota besar, kenapa Volvo dan Infiniti bisa dibilang sangat sedikit road presencenya dibanding BMW, Mercedes, dan Audi ? apakah karena brand image ? aftersales service ikut berpengaruh ? trid ini saya buat dengan mengesampingkan faktor siapa induk perusahaan dari Volvo Cars dan Infiniti, juga mengesampingkan permasalahan Resale Value..
berikut beberapa pemikiran ane..
1. Volvo Cars: Gw heran ama brand ini yang semakin lama kayaknya semakin tenggelam, tulang punggung utamanya hanya di SUV XC60, padahal di jalan Volvo yang udah agak tuwir dan masih setengah tuwir (S60 dan S80) berkeliaran..memang sih dulu rame Volvo karena para menteri memakai Volvo untuk mobil dinasnya. Tapi sekarang liat Volvo baru aja udah jarang banget, paling banter XC60 aja yang modelnya masih terhitung fresh..
kalo melihat dealer yang cuma satu di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, gw bingung..kenapa gak ada coba buka lagi di kawasan yang lumayan elit macam di Pondok Indah atau BSD/Alam Sutera ya ? atau mungkin mencoba buka di Medan atau Surabaya, menurut gw karena adanya cuma satu showroom orang udah agak males duluan untuk melihat Volvo walaupun denger2 dari Volvo sendiri, bengkel resminya masih ada di Pasar Minggu Jakarta Selatan..
Untuk modelnya, kalo dilihat dari web Volvo Indonesia hanya ada XC60, XC90, S80, dan V30..dan ane juga sempat melihat V70 yang lumayan gress di sekitaran Bintaro..gw heran kenapa mereka nggak mencoba bawa V40 Cross Tour (bisa dibilang pesaingnya GLA dan X1). Dan untuk promo/iklannya aja gak kedengeran, sebagian besar orang taunya kan SUV Eropa itu Range Rover, Mercedes G/ML class, BMW X Series..kalo ditanya SUV nya Volvo mungkin pada gak tau macam XC60, XC90, dan XC70..belom diliat wagonnya macam V60 dan V70..
untuk sedannya sendiri hampir gak terdengar gaungnya untuk S80 baru, kalah pamor oleh BMW 5 series, Mercedes benz E class, dan Audi A6..tapi kalo menurut gw emang eksteriornya S80 sendiri tidak begitu eye catchy sih, beda kalo ngeliat W212 atau F10. Sebenernya sayang juga ya brand yang terkenal dengan safetynya kelelep begitu saja gaungnya karena pihak ATPM seperti agak ogah2an untuk membangun brand ini..
XC60
S80
S80
S80 interior
V40 Cross Country
2. Infiniti: brand premium dari Nissan saingan Lexus, kebetulan gw hampir tiap hari lewatin showroomnya dan 3x main ke gedung showroom, yang bisa gw bilang adalah bahkan kuburan sepertinya lebih rame daripada di dalam showroom Infiniti. Kalo gw liat disini kekurangan Infiniti adalah Brand Awareness dan mungkin pilihan mobilnya sendiri kali ya..hanya ada Infiniti M37, Infiniti FX37, dan nanti ada Infiniti Q50. Kesan mobilnya sendiri sangat driver oriented, belom lagi pilihan mobil yang sangat sedikit dengan CC besar (kabarnya Infiniti Q50 akan dipasangkan mesin 2.0L Turbocharged). Menurut gw dengan harga yang bisa tembus 1M harusnya konsumsi bensin dan kapasitas mesin bukan masalah untuk sebagian besar orang yang sanggup afford mobil diatas 1M.
tapi melihat showroom dan kesan si ATPM yang tidak terdengar sama sekali gaungnya juga seperti membuat orang tidak tertarik, banyak yang bertanya "Infiniti itu merk darimana sih ?"..ntah sudah berapa tahun Infiniti yang di TB Simatupang itu hadir, tapi gw ngeliat M37 aja baru 1x dan FX series aja belom ampe 10x..
Infiniti M
sekarang pertanyaan untuk kedua merk ini, apa yang kira2 mereka bisa lakukan agar gaung mereka terdengar ? apa yang bisa dilakukan oleh mereka agar bisa menjaring kustomer ? apasih yang harus diperbaiki dari ATPM nya sendiri ? biasanya kan orang Indonesia suka mencoba yang baru tuh..gw sendiri sampe sekarang gak tau karakter konsumen yang beli Volvo Brand New itu kayak apa..ntah mungkin emang penggemar Volvo atau hal lain ? kalo Infiniti kan orang yang demen nyetir sendiri..
3. Aston Martin: ane cuma pengen tau, ada dealer resminya ga sih untuk mobil Grand Tourer dari Inggris ini ? di Jakarta kan suka nongol di Jalanan..pernah lihat Vanquish dan Rapide dikawasan SCBD. BTW, Aston Martin sendiri gak bisa dibilang Supercar, lebih ke arah Grand Tourer...
segitu dulu aja pendapat gw, pendapat anda bagaimana ? mari diskusi
kebetulan lagi santai dan otak ane lagi pengen tau aja..
Seperti yang kita ketahui, Volvo Cars, Infiniti, dan Aston Martin berkeliaran di Jalanan Indonesia..walaupun populasinya sangat jarang sekali, okelh untuk Aston Martin pengecualian..tapi melihat daya beli masyarakat Indonesia khususnya di kota besar, kenapa Volvo dan Infiniti bisa dibilang sangat sedikit road presencenya dibanding BMW, Mercedes, dan Audi ? apakah karena brand image ? aftersales service ikut berpengaruh ? trid ini saya buat dengan mengesampingkan faktor siapa induk perusahaan dari Volvo Cars dan Infiniti, juga mengesampingkan permasalahan Resale Value..
berikut beberapa pemikiran ane..
1. Volvo Cars: Gw heran ama brand ini yang semakin lama kayaknya semakin tenggelam, tulang punggung utamanya hanya di SUV XC60, padahal di jalan Volvo yang udah agak tuwir dan masih setengah tuwir (S60 dan S80) berkeliaran..memang sih dulu rame Volvo karena para menteri memakai Volvo untuk mobil dinasnya. Tapi sekarang liat Volvo baru aja udah jarang banget, paling banter XC60 aja yang modelnya masih terhitung fresh..
kalo melihat dealer yang cuma satu di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, gw bingung..kenapa gak ada coba buka lagi di kawasan yang lumayan elit macam di Pondok Indah atau BSD/Alam Sutera ya ? atau mungkin mencoba buka di Medan atau Surabaya, menurut gw karena adanya cuma satu showroom orang udah agak males duluan untuk melihat Volvo walaupun denger2 dari Volvo sendiri, bengkel resminya masih ada di Pasar Minggu Jakarta Selatan..
Untuk modelnya, kalo dilihat dari web Volvo Indonesia hanya ada XC60, XC90, S80, dan V30..dan ane juga sempat melihat V70 yang lumayan gress di sekitaran Bintaro..gw heran kenapa mereka nggak mencoba bawa V40 Cross Tour (bisa dibilang pesaingnya GLA dan X1). Dan untuk promo/iklannya aja gak kedengeran, sebagian besar orang taunya kan SUV Eropa itu Range Rover, Mercedes G/ML class, BMW X Series..kalo ditanya SUV nya Volvo mungkin pada gak tau macam XC60, XC90, dan XC70..belom diliat wagonnya macam V60 dan V70..
untuk sedannya sendiri hampir gak terdengar gaungnya untuk S80 baru, kalah pamor oleh BMW 5 series, Mercedes benz E class, dan Audi A6..tapi kalo menurut gw emang eksteriornya S80 sendiri tidak begitu eye catchy sih, beda kalo ngeliat W212 atau F10. Sebenernya sayang juga ya brand yang terkenal dengan safetynya kelelep begitu saja gaungnya karena pihak ATPM seperti agak ogah2an untuk membangun brand ini..
XC60
S80
S80
S80 interior
V40 Cross Country
2. Infiniti: brand premium dari Nissan saingan Lexus, kebetulan gw hampir tiap hari lewatin showroomnya dan 3x main ke gedung showroom, yang bisa gw bilang adalah bahkan kuburan sepertinya lebih rame daripada di dalam showroom Infiniti. Kalo gw liat disini kekurangan Infiniti adalah Brand Awareness dan mungkin pilihan mobilnya sendiri kali ya..hanya ada Infiniti M37, Infiniti FX37, dan nanti ada Infiniti Q50. Kesan mobilnya sendiri sangat driver oriented, belom lagi pilihan mobil yang sangat sedikit dengan CC besar (kabarnya Infiniti Q50 akan dipasangkan mesin 2.0L Turbocharged). Menurut gw dengan harga yang bisa tembus 1M harusnya konsumsi bensin dan kapasitas mesin bukan masalah untuk sebagian besar orang yang sanggup afford mobil diatas 1M.
tapi melihat showroom dan kesan si ATPM yang tidak terdengar sama sekali gaungnya juga seperti membuat orang tidak tertarik, banyak yang bertanya "Infiniti itu merk darimana sih ?"..ntah sudah berapa tahun Infiniti yang di TB Simatupang itu hadir, tapi gw ngeliat M37 aja baru 1x dan FX series aja belom ampe 10x..
Infiniti M
sekarang pertanyaan untuk kedua merk ini, apa yang kira2 mereka bisa lakukan agar gaung mereka terdengar ? apa yang bisa dilakukan oleh mereka agar bisa menjaring kustomer ? apasih yang harus diperbaiki dari ATPM nya sendiri ? biasanya kan orang Indonesia suka mencoba yang baru tuh..gw sendiri sampe sekarang gak tau karakter konsumen yang beli Volvo Brand New itu kayak apa..ntah mungkin emang penggemar Volvo atau hal lain ? kalo Infiniti kan orang yang demen nyetir sendiri..
3. Aston Martin: ane cuma pengen tau, ada dealer resminya ga sih untuk mobil Grand Tourer dari Inggris ini ? di Jakarta kan suka nongol di Jalanan..pernah lihat Vanquish dan Rapide dikawasan SCBD. BTW, Aston Martin sendiri gak bisa dibilang Supercar, lebih ke arah Grand Tourer...
segitu dulu aja pendapat gw, pendapat anda bagaimana ? mari diskusi
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
VIP parking spot secured!
==========================
Nice trit bro haristk...
Menurut pendapat ane yang sotoy ini...
1. Volvo...
Tau sendiri lah, bagaimana ATPM nya... Ga serius ngurus pasar. Ane sendiri malah ingat Volvo yang lain setiap kali "Volvo" muncul di otak...
Bukan mobil nya...
*cek http://www.volvocarsindonesia.com, dapatnya SQL syntax error...*
2. Infiniti...
Entah mengapa kacau balau juga... Dan kemarin, saat ane main ke batu makam, sempat nanya "R35 sekarang kok di coret dari PL?"
Guess what: "Oh, kalau R35 uda diserahkan ke Infiniti..."
Bukan masalahnya apa, Infiniti is a damn good car... Tapi tuh ATPM ga tau mw nyasar pasar yg mana dan bagaimana memasarkan produk secara tepat. Di Sby ane baru sekali liat FX37 warna hitam... Jujur, sama langkanya kayak nyari KIA Carens II... lebih gampang ketemu Kebo Ngamuk.
Harusnya Infiniti melakukan pendekatan lebih down-to-dirt... Pameran dan bikin event. Bukannya diam aja dan kasi mobil ke media untuk TD dengan report bagaikan brosur. Jangan dibandingkan dengan Lexus yang memang sudah keliaran dari jaman IU panen raya hingga ASII memutuskan untuk membuat ATPM. People will come to Lexus and buy them... but for Infiniti, people will ask cos they really dont have any idea...
Whether it is a Datsun or a Nissan...
3. Aston Martin
Di Indonesia belum ada ATPM nya, masih sporadis dimasukkan oleh IU... Tapi justru mobil ini yang paling menarik perhatian di jalan dan denger2 banyak yang nguber janda nya...
Mungkin jika ada pemodal serius, pasar untuk AM bisa digarap dengan baik, karena hardc*re Brit fans selalu ada di Indonesia dan loyalitasnya tidak tergoyahkan...
==========================
Nice trit bro haristk...
Menurut pendapat ane yang sotoy ini...
1. Volvo...
Tau sendiri lah, bagaimana ATPM nya... Ga serius ngurus pasar. Ane sendiri malah ingat Volvo yang lain setiap kali "Volvo" muncul di otak...
Bukan mobil nya...
*cek http://www.volvocarsindonesia.com, dapatnya SQL syntax error...*
2. Infiniti...
Entah mengapa kacau balau juga... Dan kemarin, saat ane main ke batu makam, sempat nanya "R35 sekarang kok di coret dari PL?"
Guess what: "Oh, kalau R35 uda diserahkan ke Infiniti..."
Bukan masalahnya apa, Infiniti is a damn good car... Tapi tuh ATPM ga tau mw nyasar pasar yg mana dan bagaimana memasarkan produk secara tepat. Di Sby ane baru sekali liat FX37 warna hitam... Jujur, sama langkanya kayak nyari KIA Carens II... lebih gampang ketemu Kebo Ngamuk.
Harusnya Infiniti melakukan pendekatan lebih down-to-dirt... Pameran dan bikin event. Bukannya diam aja dan kasi mobil ke media untuk TD dengan report bagaikan brosur. Jangan dibandingkan dengan Lexus yang memang sudah keliaran dari jaman IU panen raya hingga ASII memutuskan untuk membuat ATPM. People will come to Lexus and buy them... but for Infiniti, people will ask cos they really dont have any idea...
Whether it is a Datsun or a Nissan...
3. Aston Martin
Di Indonesia belum ada ATPM nya, masih sporadis dimasukkan oleh IU... Tapi justru mobil ini yang paling menarik perhatian di jalan dan denger2 banyak yang nguber janda nya...
Mungkin jika ada pemodal serius, pasar untuk AM bisa digarap dengan baik, karena hardc*re Brit fans selalu ada di Indonesia dan loyalitasnya tidak tergoyahkan...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
*parkir di samping Ertiga......eh ini ertiga bukan ya? Koq gede banget? Eh ternyata Mazda8...
Memang kak... Ini Volvo baru jarang bgt keliatan... Apalagi infiniti, baru pertama kali ngeliat FX37 di Jakarta...
Kalo Aston Martin sih ada yg punya di Medan...
Memang kak... Ini Volvo baru jarang bgt keliatan... Apalagi infiniti, baru pertama kali ngeliat FX37 di Jakarta...
Kalo Aston Martin sih ada yg punya di Medan...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
aston martin ...kita di indo bisa memilik front end nya dgn cukup beli ford ...n sy tdk komentar jauh ttg brand ini ...
tapi bicara volvo n infiniti di indo ...tdk mgkn bisa lepas dr business orientation indomobil sbg local partner masing masing ...skrg mrk cuma pedagang
dulu saat di tgn keluarga salim dimana saham public hanya sebesar 14% dan 1,7% milik sjatif cicip soetardjo (kelompok ariobimo) qq ria pembangunan ...semua brands dibawah indomobil bisa dibilang head to head dgn brands under astra ..
bedanya business start up indomobil dgn ...astra built most of the brands up from ground n indomobil by acquisition (national motors of maz n hino fron lubis n loebis), indohero (suzi) from atang latief, wahana wirawan (nissan) previously owned by legiun veteran (direct appointment ssdh indokaya nissan motors dicabut ijin usahanya oleh diktator suharto n dicabut sole agency statusnya oleh marubeni corp, majority share holder nissan datsun), central sole agency dr kel wibowo, gmmc dari kostrad
under direct hand of salim ...indomobil bgt profit dari manufacturing ...ada indoswedish yg menjual raw components kepada masing masing principal (suzi, mazda, hino, nissan,) ...mostly steel panels u dipasang pada line up yg dijual di indo ...n indomobil juga menjual jasa CKD assembly dgn bermodal pd raw material yv sdh dibeli principals
nah profit yg mrk dapat dari sales of components, manufacturing services ...dipakai u financing sales n marketing operations semua brands tadi di kndo sehingga corporate annual profit positively affected price per shares
memang situasi sekarang salim group punya 70.3% indomobil ...tapi itu sifatnya indirect ...melalui gallant ventures of singapore ...saat indomobil lbh konsentrasi sbg general authorized sales ...sementara manufacturing n brand agency right sdh dipegang oleh mrk yg jualannya lumayan (nissan, suzi, hino)
sedangkan brands yg masih under full control indomobil ...volvo n infiniti meski infiniti adalah nissan ...ikut operation pattern indomobil yg senior management member nya masih di isi oleh orang orang ex salim yg rata rata sdh pd letih ...cukup beruntung vw n audi yg meski isinya org org ini tapi global principal nya cukup keras dlm menerapkan target n sales scheme ...anggaplah 50% vw n audi ini masih under indomobil qq garuda mataram yg cenderung overstaff
jika sy local investor maka sy tdk perlu tulis panjang tapi cukup liat share price indomobil yg saat diambil pemetintah qq bppn dec 1998 seharga rp.2,500 dan saat dibeli oleh kelompok.lautan luas qq kel hajadi n jimy masrim yg asli surabaya (pt cipta sarana duta perkasa) sebesar 53,5% january 2002 seharga rp.526.50 dan terahir tahun 2013 saat gallant ventures sdh di dalam ...tdk lebih pd region rp.600)
sptnya indomobil tdk rela manufacturing rights yg selama ini cetak untung ...tdk rela diambil oleh masing masing principal ...tapi apa daya ...duit pun mrk tdk punya banyak ...lihatlah volvo n infiniti yg masih mrk pegang penuh brand agency right nya ...promotional expenses nya per annum nyaris nol.
mau indomobil resurrected ? (dlm hal ini tinggal volvo n infiniti yg under full control) ...ya kasih lagi dia raw material purchasing n manufacturing rights ..krn setengah nyaea dia ada disitu
ohia volvo yg di pasarminggu sdh enam tahun jadi central car poll milik indorent
(note: ty.mas bronto, sugianto n andrew, sources of this light writing)
tapi bicara volvo n infiniti di indo ...tdk mgkn bisa lepas dr business orientation indomobil sbg local partner masing masing ...skrg mrk cuma pedagang
dulu saat di tgn keluarga salim dimana saham public hanya sebesar 14% dan 1,7% milik sjatif cicip soetardjo (kelompok ariobimo) qq ria pembangunan ...semua brands dibawah indomobil bisa dibilang head to head dgn brands under astra ..
bedanya business start up indomobil dgn ...astra built most of the brands up from ground n indomobil by acquisition (national motors of maz n hino fron lubis n loebis), indohero (suzi) from atang latief, wahana wirawan (nissan) previously owned by legiun veteran (direct appointment ssdh indokaya nissan motors dicabut ijin usahanya oleh diktator suharto n dicabut sole agency statusnya oleh marubeni corp, majority share holder nissan datsun), central sole agency dr kel wibowo, gmmc dari kostrad
under direct hand of salim ...indomobil bgt profit dari manufacturing ...ada indoswedish yg menjual raw components kepada masing masing principal (suzi, mazda, hino, nissan,) ...mostly steel panels u dipasang pada line up yg dijual di indo ...n indomobil juga menjual jasa CKD assembly dgn bermodal pd raw material yv sdh dibeli principals
nah profit yg mrk dapat dari sales of components, manufacturing services ...dipakai u financing sales n marketing operations semua brands tadi di kndo sehingga corporate annual profit positively affected price per shares
memang situasi sekarang salim group punya 70.3% indomobil ...tapi itu sifatnya indirect ...melalui gallant ventures of singapore ...saat indomobil lbh konsentrasi sbg general authorized sales ...sementara manufacturing n brand agency right sdh dipegang oleh mrk yg jualannya lumayan (nissan, suzi, hino)
sedangkan brands yg masih under full control indomobil ...volvo n infiniti meski infiniti adalah nissan ...ikut operation pattern indomobil yg senior management member nya masih di isi oleh orang orang ex salim yg rata rata sdh pd letih ...cukup beruntung vw n audi yg meski isinya org org ini tapi global principal nya cukup keras dlm menerapkan target n sales scheme ...anggaplah 50% vw n audi ini masih under indomobil qq garuda mataram yg cenderung overstaff
jika sy local investor maka sy tdk perlu tulis panjang tapi cukup liat share price indomobil yg saat diambil pemetintah qq bppn dec 1998 seharga rp.2,500 dan saat dibeli oleh kelompok.lautan luas qq kel hajadi n jimy masrim yg asli surabaya (pt cipta sarana duta perkasa) sebesar 53,5% january 2002 seharga rp.526.50 dan terahir tahun 2013 saat gallant ventures sdh di dalam ...tdk lebih pd region rp.600)
sptnya indomobil tdk rela manufacturing rights yg selama ini cetak untung ...tdk rela diambil oleh masing masing principal ...tapi apa daya ...duit pun mrk tdk punya banyak ...lihatlah volvo n infiniti yg masih mrk pegang penuh brand agency right nya ...promotional expenses nya per annum nyaris nol.
mau indomobil resurrected ? (dlm hal ini tinggal volvo n infiniti yg under full control) ...ya kasih lagi dia raw material purchasing n manufacturing rights ..krn setengah nyaea dia ada disitu
ohia volvo yg di pasarminggu sdh enam tahun jadi central car poll milik indorent
(note: ty.mas bronto, sugianto n andrew, sources of this light writing)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
maaf sy tulis terlalu panjang n out of topic
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
No OOT om rubble... and as usual, a priceless insight from you, sir...newrubble wrote:maaf sy tulis terlalu panjang n out of topic
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Fri Dec 28, 2012 4:36
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Om new rubble penjelasanya sll dalem bgt..detail dr sisi history internalnya
Jd teringat dl Volvo sempat jd kendaraan pejabat2 di negara ini di era pak Soeharto,bahkan bokap tmn ane yg dl anggota dewan di senayan dapet bagian klo ga salah S90 yg sampe skrg msh ada di garasinya,dg body yg kokoh dan nyaman dg kabin yg sangat kedap.namun di era pak Sby-Jk, tunggangan dr eropa ini di bebas tugaskan diganti dg Camry yg skaligus ikut mengerek pamor Camry sampe skrg. Mgknkah klo dg menggandeng pemerintah lg branding volvo akan naik?
Jd teringat dl Volvo sempat jd kendaraan pejabat2 di negara ini di era pak Soeharto,bahkan bokap tmn ane yg dl anggota dewan di senayan dapet bagian klo ga salah S90 yg sampe skrg msh ada di garasinya,dg body yg kokoh dan nyaman dg kabin yg sangat kedap.namun di era pak Sby-Jk, tunggangan dr eropa ini di bebas tugaskan diganti dg Camry yg skaligus ikut mengerek pamor Camry sampe skrg. Mgknkah klo dg menggandeng pemerintah lg branding volvo akan naik?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
jadi intinya..sebenernya dulu bisa perkasa gara2 bantuin orba? itulah bukti bahwa kita kalah produktif dan efisien dari negara lain? atau..?newrubble wrote:aston martin ...kita di indo bisa memilik front end nya dgn cukup beli ford ...n sy tdk komentar jauh ttg brand ini ...
tapi bicara volvo n infiniti di indo ...tdk mgkn bisa lepas dr business orientation indomobil sbg local partner masing masing ...skrg mrk cuma pedagang
dulu saat di tgn keluarga salim dimana saham public hanya sebesar 14% dan 1,7% milik sjatif cicip soetardjo (kelompok ariobimo) qq ria pembangunan ...semua brands dibawah indomobil bisa dibilang head to head dgn brands under astra ..
bedanya business start up indomobil dgn ...astra built most of the brands up from ground n indomobil by acquisition (national motors of maz n hino fron lubis n loebis), indohero (suzi) from atang latief, wahana wirawan (nissan) previously owned by legiun veteran (direct appointment ssdh indokaya nissan motors dicabut ijin usahanya oleh diktator suharto n dicabut sole agency statusnya oleh marubeni corp, majority share holder nissan datsun), central sole agency dr kel wibowo, gmmc dari kostrad
under direct hand of salim ...indomobil bgt profit dari manufacturing ...ada indoswedish yg menjual raw components kepada masing masing principal (suzi, mazda, hino, nissan,) ...mostly steel panels u dipasang pada line up yg dijual di indo ...n indomobil juga menjual jasa CKD assembly dgn bermodal pd raw material yv sdh dibeli principals
nah profit yg mrk dapat dari sales of components, manufacturing services ...dipakai u financing sales n marketing operations semua brands tadi di kndo sehingga corporate annual profit positively affected price per shares
memang situasi sekarang salim group punya 70.3% indomobil ...tapi itu sifatnya indirect ...melalui gallant ventures of singapore ...saat indomobil lbh konsentrasi sbg general authorized sales ...sementara manufacturing n brand agency right sdh dipegang oleh mrk yg jualannya lumayan (nissan, suzi, hino)
sedangkan brands yg masih under full control indomobil ...volvo n infiniti meski infiniti adalah nissan ...ikut operation pattern indomobil yg senior management member nya masih di isi oleh orang orang ex salim yg rata rata sdh pd letih ...cukup beruntung vw n audi yg meski isinya org org ini tapi global principal nya cukup keras dlm menerapkan target n sales scheme ...anggaplah 50% vw n audi ini masih under indomobil qq garuda mataram yg cenderung overstaff
jika sy local investor maka sy tdk perlu tulis panjang tapi cukup liat share price indomobil yg saat diambil pemetintah qq bppn dec 1998 seharga rp.2,500 dan saat dibeli oleh kelompok.lautan luas qq kel hajadi n jimy masrim yg asli surabaya (pt cipta sarana duta perkasa) sebesar 53,5% january 2002 seharga rp.526.50 dan terahir tahun 2013 saat gallant ventures sdh di dalam ...tdk lebih pd region rp.600)
sptnya indomobil tdk rela manufacturing rights yg selama ini cetak untung ...tdk rela diambil oleh masing masing principal ...tapi apa daya ...duit pun mrk tdk punya banyak ...lihatlah volvo n infiniti yg masih mrk pegang penuh brand agency right nya ...promotional expenses nya per annum nyaris nol.
mau indomobil resurrected ? (dlm hal ini tinggal volvo n infiniti yg under full control) ...ya kasih lagi dia raw material purchasing n manufacturing rights ..krn setengah nyaea dia ada disitu
ohia volvo yg di pasarminggu sdh enam tahun jadi central car poll milik indorent
(note: ty.mas bronto, sugianto n andrew, sources of this light writing)
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Aston?
behold.... the Aston Martin FFS Hatchback 1.0 EcoBoost
kalo bicara aston, ane selalu keinget Mr. Bond (not to be mistaken with one of our member here... Mr. Bondage a.k.a mahagalau a.k.a suvmania )
Bond seakan udah jadi icon tersendiri untuk Aston... setiap film Bond selalu ada Aston, even di Skyfall pake Aston DB5 jadul yang masih cakep itu
di Sby inget ane ada sebiji di SNC... entah type apa.
mungkin Aston belum ada company yang berani masukin kali yak.... Lambo aja setelah tau banyak enthusiast dimari akhirnya buka diler di Jakarta. dulu Lambo dikit loh... skrg? bejibun di jalanan gegara udah ada ATPM... liat aja Avent segitu banyak... Gallardo, Murcielago...
Nah, mungkin brand kayak Aston gini mending pake IU buat authorized dealer kali yak, secara brand seperti Chrysler Group aja gandeng IU buat jadi ATPMnya.... meskipun secara company mereka IU tapi tetep authorized dealer, jadi kalopun nggak ada yg beli barang Chrysler group tetep ada pemasukan dari jualan mobil-mobil CBU yang volume maker
kalo volvo err.... ini yak?
eh salah
nih brand rasanya nggak kedengeran gaungnya... di international pun nggak kedengeran ini Volvo... terakhir diakusisi Geely, entah nasibnya bijimane... apakah akan spt LR dan Jag setelah diakusisi TATA atau nggak...
padahal dulu Volvo terkenal dengan julukan "safest car in the world"...
Infiniti... err... si kodoq raksasa
Infiniti jarang orang denger, dan jarang yang beli... no enthusiast. makanya ATPMnya kaput. salah strategi sih ane bilang... atau lebih tepatnya salah asuhan?
orang rata-rata denger Infiniti :
"Infiniti? mobil apaan tuh?"
Infiniti yang dulu sempet laris yang sedan itu tuh... Q30... yang akte lahir JDMnya : Cefiro. terakhir dipake di The Raid 2 kejar-kejaran sama Lancer CS dan Camry XV30
ane blg sih Volvo dan Infiniti sudah jatuh ke tangan yang salah... alias salah asuhan...
just my two cents...
behold.... the Aston Martin FFS Hatchback 1.0 EcoBoost
kalo bicara aston, ane selalu keinget Mr. Bond (not to be mistaken with one of our member here... Mr. Bondage a.k.a mahagalau a.k.a suvmania )
Bond seakan udah jadi icon tersendiri untuk Aston... setiap film Bond selalu ada Aston, even di Skyfall pake Aston DB5 jadul yang masih cakep itu
di Sby inget ane ada sebiji di SNC... entah type apa.
mungkin Aston belum ada company yang berani masukin kali yak.... Lambo aja setelah tau banyak enthusiast dimari akhirnya buka diler di Jakarta. dulu Lambo dikit loh... skrg? bejibun di jalanan gegara udah ada ATPM... liat aja Avent segitu banyak... Gallardo, Murcielago...
Nah, mungkin brand kayak Aston gini mending pake IU buat authorized dealer kali yak, secara brand seperti Chrysler Group aja gandeng IU buat jadi ATPMnya.... meskipun secara company mereka IU tapi tetep authorized dealer, jadi kalopun nggak ada yg beli barang Chrysler group tetep ada pemasukan dari jualan mobil-mobil CBU yang volume maker
kalo volvo err.... ini yak?
eh salah
nih brand rasanya nggak kedengeran gaungnya... di international pun nggak kedengeran ini Volvo... terakhir diakusisi Geely, entah nasibnya bijimane... apakah akan spt LR dan Jag setelah diakusisi TATA atau nggak...
padahal dulu Volvo terkenal dengan julukan "safest car in the world"...
Infiniti... err... si kodoq raksasa
Infiniti jarang orang denger, dan jarang yang beli... no enthusiast. makanya ATPMnya kaput. salah strategi sih ane bilang... atau lebih tepatnya salah asuhan?
orang rata-rata denger Infiniti :
"Infiniti? mobil apaan tuh?"
Infiniti yang dulu sempet laris yang sedan itu tuh... Q30... yang akte lahir JDMnya : Cefiro. terakhir dipake di The Raid 2 kejar-kejaran sama Lancer CS dan Camry XV30
ane blg sih Volvo dan Infiniti sudah jatuh ke tangan yang salah... alias salah asuhan...
just my two cents...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
itu foto diatas pake air soft gun..hahaha..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Volvo & Infiniti sama2 di tgn Indomob yak...
Kaco dah...
Kaco dah...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
jelek sekalikah indomob itu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Tahun 90 an , itu menurut saya dimana habisnya brand 2 eropa,
Lihat aja ada berapa dulu brand dari uk utk membuat mobil? Puluhan,, yg tersisa?
Tahun 2000an mini mengeluarkan konsep mobil gilanya,, seperti a class atau bahkan tata nano
Blom reliability yg kacau...
Klo yg fondasinya ga kuat2 amat ya habis, aja
Orang sekarang lebih memilih membicarakan mobil jepang drpd mobil eropa, bec u know....
Lihat aja ada berapa dulu brand dari uk utk membuat mobil? Puluhan,, yg tersisa?
Tahun 2000an mini mengeluarkan konsep mobil gilanya,, seperti a class atau bahkan tata nano
Blom reliability yg kacau...
Klo yg fondasinya ga kuat2 amat ya habis, aja
Orang sekarang lebih memilih membicarakan mobil jepang drpd mobil eropa, bec u know....
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Indomob megang cucuki jgmontirangin wrote:jelek sekalikah indomob itu?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
terima kasih atas sharingnya om rubble
iyaa, mungkin juga bisa dibilang Volvo Cars dan Infiniti udah kayak salah asuh dari induknya sendiri..kayak gak begitu diperhatikan, beda ama Lexus yang diperhatikan dan berhasil membuat market tersendiri untuk mobilnya..
terakhir kali duduk di Volvo XC60 pas pameran, beda feelingnya ama duduk di BMW X series dan Mercedes ML class..sayang juga ya brand yang dulu sempet berjaya sekarang udah kelelep..
iyaa, mungkin juga bisa dibilang Volvo Cars dan Infiniti udah kayak salah asuh dari induknya sendiri..kayak gak begitu diperhatikan, beda ama Lexus yang diperhatikan dan berhasil membuat market tersendiri untuk mobilnya..
terakhir kali duduk di Volvo XC60 pas pameran, beda feelingnya ama duduk di BMW X series dan Mercedes ML class..sayang juga ya brand yang dulu sempet berjaya sekarang udah kelelep..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Thu Mar 14, 2013 11:02
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
volvo sebenaranya yg lebih potensial di malaysia saja sudah ckd means harga bakal lebih murah
volvo v40 and xc60 facelift udah sepatutnya hadir disini, tinggal nunggu keseriusan indomobil aja, bisa aja volvo balik lagi seperti renault yg bakal balik gara2 duster mau di ckd dan volvo xc 90 baru akan keluar loh modelnya pun disinyalir menarik! meredupnya volvo jga gara2 dijual ke perusahaan china(prosesnya 2 tahun klo gak salah) makanya ikut meredup disini
kalo infiniti gak bisa disalahin jga, di global pun penjualannya menurun tidak adanya model2 baru yang menarik kecuali q50 membuat susah jualnya, perlu ditingkatkan lagi promosi ke mall2 high end dan ikut iims
perlu dicontoh lah l;angkah grand autodinamika bikin advertorial rajiiiiiiiiiiin banget di kompas 1 halaman full!! sangat edukatif menunjukkan keseriusannya sebagai atpm yang punya tanggung jawab!
aston martin? kalo penjualan bisa diatas 20 unit per tahun pasti ada iu yang berminat seperti mclaren yg awalnya dijual iu tp penjualannya yg mengejutkan aka laris akhirnya ada apmnya ada disini
volvo v40 and xc60 facelift udah sepatutnya hadir disini, tinggal nunggu keseriusan indomobil aja, bisa aja volvo balik lagi seperti renault yg bakal balik gara2 duster mau di ckd dan volvo xc 90 baru akan keluar loh modelnya pun disinyalir menarik! meredupnya volvo jga gara2 dijual ke perusahaan china(prosesnya 2 tahun klo gak salah) makanya ikut meredup disini
kalo infiniti gak bisa disalahin jga, di global pun penjualannya menurun tidak adanya model2 baru yang menarik kecuali q50 membuat susah jualnya, perlu ditingkatkan lagi promosi ke mall2 high end dan ikut iims
perlu dicontoh lah l;angkah grand autodinamika bikin advertorial rajiiiiiiiiiiin banget di kompas 1 halaman full!! sangat edukatif menunjukkan keseriusannya sebagai atpm yang punya tanggung jawab!
aston martin? kalo penjualan bisa diatas 20 unit per tahun pasti ada iu yang berminat seperti mclaren yg awalnya dijual iu tp penjualannya yg mengejutkan aka laris akhirnya ada apmnya ada disini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
sy pernah tanya ke salah satu boc member indomobil (meski sy tau jawapnya) ...knp volvo tdk CKD lagi ...ya bgmn mau CKD di indo bila CBU lbh profitable u global principal nya ...
CKD: komponen blm assemble sdh kena bea masuk komponen, unit CKD sdh jadi utuh kena .lagj bea masuk impor, ppnbm, ppn ...dstnya
CBU: unit CBU sampai entry port kena bea masuk impor, ppnbm, ppn ...dstnya
CKD: komponen blm assemble sdh kena bea masuk komponen, unit CKD sdh jadi utuh kena .lagj bea masuk impor, ppnbm, ppn ...dstnya
CBU: unit CBU sampai entry port kena bea masuk impor, ppnbm, ppn ...dstnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
dulu ...volvo jadi state ministerial fleet krn alm.hasjim ning alami ...political accident ...w4rlock wrote: ...Volvo sempat jd kendaraan pejabat2 di negara ini di era pak Soeharto,bahkan bokap tmn ane yg dl anggota dewan di senayan dapet bagian klo ga salah S90 yg sampe skrg msh ada di garasinya,dg body yg kokoh dan nyaman dg kabin yg sangat kedap.namun di era pak Sby-Jk, tunggangan dr eropa ini di bebas tugaskan diganti dg Camry yg skaligus ikut mengerek pamor Camry sampe skrg. Mgknkah klo dg menggandeng pemerintah lg branding volvo akan naik?
kabinet pembangunan satu dan dua ...state ministers gunakan 1967 dodge dart, 1972chrysler valiant regal dan 1979 chrysler valiant ranger ...tapi bgt dia jadi financier partai pdi ...semua business concession n public position dicabut trmsk jabatan dia sbg ketua kadin
sudono salim sbg vendor setia sejak diktator suharto masih panglima mandala ...tentu saja yg ditunjuk u pengganti semua yg hasjim dulu nya pegang ..kec jabatan ketua kadin yg hrs dilepas ke sukamdani sahid (krn sudono bkn org pintar omong) ...sblmnya volvo sejak 1977 mmg dipakai pemerintah ...tapi sbg second car dlm state ministerial fleet serta sbg first car u jabatan dibawah state minister serta internal setneg ...ssdh thn 82 posisi nya di balik ...chrysler valiant ranger yg jadi second layer
jabatan tinggi terahir yg pakai chrysler valiant ranger adalah kabakin hingga th 1985 sementara wakilnya ... pakai 1979 holden kingswood hingga tahun sama
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Volvo ATPM nya sibuk jual truck sama alat berat kali ya... tapi ga cuma di indo deh rasanya yg terpuruk..
baru mau bangkit sih sekarang di europe and US sejak di beli Geely..
yang gw suka dari volvo itu iklannya keren2 dan sangat berkelas (bukan iklan yang truck yak )
salah satu iklan volvo "http://youtu.be/kE14evApb64"
quote "some say cars all about going fast.. some say cars all about looking cool... they aren't wrong.. but our main passion to help driver and the loves one to live longer....."
btw interior XC90 yang terbaru juga keren banget... secara teknologi mereka cukup advance cuma ya kurang kedengeran sepertinya.. dan mesin T5 nya juga ga gitu terkenal seperti straight six nya BMW..
klo infinity mgkn karena ga jelas segment nya... lagi pula brand nya kurang kuat di indo.. sedangkan harganya mahal..
Aston martin kurang kedengeran namanya bagi yang awam di Indonesia... sebagai sport / hyper car kalah jauh dibanding ferrari dan lambo.. klo brit fans paling juga belinya mini cooper S atau Range Rover..
baru mau bangkit sih sekarang di europe and US sejak di beli Geely..
yang gw suka dari volvo itu iklannya keren2 dan sangat berkelas (bukan iklan yang truck yak )
salah satu iklan volvo "http://youtu.be/kE14evApb64"
quote "some say cars all about going fast.. some say cars all about looking cool... they aren't wrong.. but our main passion to help driver and the loves one to live longer....."
btw interior XC90 yang terbaru juga keren banget... secara teknologi mereka cukup advance cuma ya kurang kedengeran sepertinya.. dan mesin T5 nya juga ga gitu terkenal seperti straight six nya BMW..
klo infinity mgkn karena ga jelas segment nya... lagi pula brand nya kurang kuat di indo.. sedangkan harganya mahal..
Aston martin kurang kedengeran namanya bagi yang awam di Indonesia... sebagai sport / hyper car kalah jauh dibanding ferrari dan lambo.. klo brit fans paling juga belinya mini cooper S atau Range Rover..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
greatest volvo ever: FH16 750BHP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
kalo volvo dan infiniti rasanya bukan mereka ga mau buka cabang tersebar tapi karena demandnya ga ada, kalo buka terlau banyak, bleedingnya buat mereka cepet collapse.
Brand ini bersaing ketat dengan bmw dan mercedes walau malah mungkin 2 merek didepan atas tersebut "lebih mahal" dibanding 2 merek setelahnya.
Merubah mindset itu susah, volvo tampaknya lbih puas main di truk dan bus dan kendaraan berat dibanding mobil2 individual.
Brand ini bersaing ketat dengan bmw dan mercedes walau malah mungkin 2 merek didepan atas tersebut "lebih mahal" dibanding 2 merek setelahnya.
Merubah mindset itu susah, volvo tampaknya lbih puas main di truk dan bus dan kendaraan berat dibanding mobil2 individual.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
Di pantura mulai banyak tuh seri FH, spertinya di operasikan Siba Utama menggantikan FL10 lamanya..iwidiyanto wrote:greatest volvo ever: FH16 750BHP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
sekarang emang kelihatannya Volvo Indonesia dapat pemasukan dari alat berat macam bus dan truk ya..penjualan passanger car beneran seret..kayaknya tumpuan passanger car cuma di XC60 aja, yang lain susah untuk dilirik orang..dan mungkin karena sebagian besar orang melihat Volvo modelnya "agak terlalu tua"..imho
kalo gak salah di SM ada Infiniti FX37 user deh, beliau apa kabar ya ? pengen denger long term user review FX37 dari beliau..
kalo gak salah di SM ada Infiniti FX37 user deh, beliau apa kabar ya ? pengen denger long term user review FX37 dari beliau..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
kabinnya bikin ngiler
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7371
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Keberadaan Aston Martin, Volvo, dan Infiniti di Indonesi
bukan masalah volvo tdk mau buka cabang tapi existing branch makin lama makin susut sehingga hanya sisa di pantai indah kapuk ...
sekedar pengingat u mereka yg sudah akil balik di tahun 88-95 ..urusan volvo outlets pernah dikenal yg namanya
volvo fatmawati yg lokasinya kalo kita datang dr arah kebayoran mau ke pangkalan jati itu sesudah kantoor pos fatmawati, dulu approved ised car division volvo disitu n ini outlet pertama yg closed down
volvo gunung sahari inilah outlet volvo jakarta yg paling utara n berdiri tahun 1985 ...sebelumnya milik gatuda mataram saat mrk terahir jualan vw combi clipper dan juga maxi taxi combi yg gagal dpt approval u jual remaining stock vw sbg taxi meter
volvo pasar minggu adalah outlet central sole agency tertua di indonesia n mulai operasional th 1968 saat angkatan kepolisian ri terima hibah 1,000 units volvo 164 dan 144s dari kerajaan swedia sbg hasil lobby alm jenderal polisi hoegeng ...sebelumnya tempat ini adalah villa kediaman resmi konsul jenderal kerajaan swedia di dutch indie sejak 1959-1966 ...inilah outlet volvo terahir yg closed down
volvo tb simatupang adalah outlet volvo ketiga yg stop operation tgl 6 juni 2009 tapi disinilah dulu volvo layanan kencana pernah berpusat. terus sembilan bulan operadional sbg outlet vw n audi yg sblmnya pindah dari arteri pdk indah n skrg mrk, vw n audi ada di bintaro di tempat yg dulunya u aftersales ssangyong n outlet recaro CKD indomobil
volvo automall adalah outlet volvo yg terbaru tapi paling singkat lifetime nya n dia tutup tahun 2005 sbg peserta kedua yg menyerah pada market condition
volvo pik sy tdk komentar krn masih hidup
kalo volvo trucks itu sy kenal GM yg kedua nya, herman yogasara yg putra nya alm eman yogasara, bekas dirjen industri n logam dasar yg terlama jabatannya jaman diktator suharto. herman yg lulusan univ of colorado, denver mulai pegang project truck sekitar 1996 ..malah dulu skalian pegang volvo penta (marine engines yg ikutan bid u retrofit 39 units indo warships ex east german fleet tapi kalah dengan caterpilar)
sekedar pengingat u mereka yg sudah akil balik di tahun 88-95 ..urusan volvo outlets pernah dikenal yg namanya
volvo fatmawati yg lokasinya kalo kita datang dr arah kebayoran mau ke pangkalan jati itu sesudah kantoor pos fatmawati, dulu approved ised car division volvo disitu n ini outlet pertama yg closed down
volvo gunung sahari inilah outlet volvo jakarta yg paling utara n berdiri tahun 1985 ...sebelumnya milik gatuda mataram saat mrk terahir jualan vw combi clipper dan juga maxi taxi combi yg gagal dpt approval u jual remaining stock vw sbg taxi meter
volvo pasar minggu adalah outlet central sole agency tertua di indonesia n mulai operasional th 1968 saat angkatan kepolisian ri terima hibah 1,000 units volvo 164 dan 144s dari kerajaan swedia sbg hasil lobby alm jenderal polisi hoegeng ...sebelumnya tempat ini adalah villa kediaman resmi konsul jenderal kerajaan swedia di dutch indie sejak 1959-1966 ...inilah outlet volvo terahir yg closed down
volvo tb simatupang adalah outlet volvo ketiga yg stop operation tgl 6 juni 2009 tapi disinilah dulu volvo layanan kencana pernah berpusat. terus sembilan bulan operadional sbg outlet vw n audi yg sblmnya pindah dari arteri pdk indah n skrg mrk, vw n audi ada di bintaro di tempat yg dulunya u aftersales ssangyong n outlet recaro CKD indomobil
volvo automall adalah outlet volvo yg terbaru tapi paling singkat lifetime nya n dia tutup tahun 2005 sbg peserta kedua yg menyerah pada market condition
volvo pik sy tdk komentar krn masih hidup
kalo volvo trucks itu sy kenal GM yg kedua nya, herman yogasara yg putra nya alm eman yogasara, bekas dirjen industri n logam dasar yg terlama jabatannya jaman diktator suharto. herman yg lulusan univ of colorado, denver mulai pegang project truck sekitar 1996 ..malah dulu skalian pegang volvo penta (marine engines yg ikutan bid u retrofit 39 units indo warships ex east german fleet tapi kalah dengan caterpilar)