Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c »

DOHC wrote:ngangkat tret lama lagi ahh...

td subuh iseng2 mau ajak si ipah olah raga pagi, apalagi ud berminggu2 kbanyakan jd garage queen... masuk 140an kph ke atas ud agak sulit... bejek ad knocking dikit, dan suara wuosshhh khas TB mesh yg ud diilangin agak berkurang... jd nya stelah ampe rumah, ritual bersih2 TB dan busi, dan cek gap busi dilakukan...

oli masi baru ganti 2600an km yg lalu bserta busi nya...
IMG_20150717_091052.jpg
IMG_20150717_091043.jpg
IMG_20150717_084443.jpg
penampakan busi umur 2600an km, bensin slalu premium tanpa aditip aneh2... oli 5-30 embel2 full syn, filter udara masi baru dan bersih, fuel filter abis ane bersihin minggu lalu...

td skalian di intip di kpala piston, utk piston no 1-4 smua nya seragam, pada sisi pinggir nampak ad leleran oli dikit.. mungkin seal klep ud kena... pantes tiap pagi kl dnyalain ad bau2 oli... utk pinggang busi yg lengket dan bercak2 coklat gt, ane masi ga tau darimana asalnya, seal cover enjin head baru ane ganti beserta seal busi nya...

PR lain nya, kopling kayanya ud mulai agak slip... gigi 5 d 110 kph, d bejek malah slip... umurnya pendek jg ini kopling aisin oem atoyot...
@meneer, kalau lihat dari keramik elektroda-nya, kayakany afr agak terlalu rich, secara warnanya putih banget...
Tapi ya ngga tau juga, secara hanya lihat foto.

Kalau bercak hitam di keramik insulator, itu disebut corona stain
Cara kerja busi kan dialiri listrik bertegangan tinggi, secara fisika jika ada aliran/pelepasan muatan listrik tegangan tinggi yg bersinggungan dengan udara dan atau kelembapan, akan menghasilkan fenomena "corona discharge". Udara/kelembapan tadi "ter-ionisasi" karena pelepasan muatan listrik tadi.
Berhubung di ruang busi ini udaranya cukup pekat dengan partikel oli, akibat corona discharge ini, partikel oli di udara akan nempel di insulator busi dan bikin flek/stain. Makanya dibilang corona stain.

Secara umum, corona stain ini tidak mempengaruhi kinerja busi.
Tapi bisa dijadikan indikator kalau misalnya corona stain-nya parah (terlalu tebal/pekat), artinya banyak partikel oli yang ada di udara sekitar ruang busi/bakar tadi.
Ini bisa berarti ada kebocoran oli atau oli yg dipakai memiliki sifat penguapan yang tinggi.
Gitu kira2...

Cmiiw yah :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

thanks ilmu nya meneer imsus...

hoo terlalu rich yah mods... padahal itu stelan CO ud ane puter2 sedemikian rupa, shg pas idle dan kompresor ac nyala pun rpm ga lebi dari 900 rpm... perna lg ane puter2 ampe rpm 1000 kl kompresor ac on, kondisi busi jg mirip2 kaya gt mods... tp FC lgs drop, dalkot jd 1:6 doank... kl kondisi skrg, dalkot masi bsa 1:7 an.... kl lurkot gampang 1:10

nahh mengenai si corona beer ini... ehh stain... daerah skitar coil situ kan seharus nya ga ad udara yah meneer... scara ktutup ama coil, dan lagi seal cover head engine jg baru ane ganti... seal karet di coil jg masi bagus... berarti satu2 nya jalan masuk udara (campur uap oli )tsb dari ulir2 si busi yah meneer ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c »

DOHC wrote:thanks ilmu nya meneer imsus...

hoo terlalu rich yah mods... padahal itu stelan CO ud ane puter2 sedemikian rupa, shg pas idle dan kompresor ac nyala pun rpm ga lebi dari 900 rpm... perna lg ane puter2 ampe rpm 1000 kl kompresor ac on, kondisi busi jg mirip2 kaya gt mods... tp FC lgs drop, dalkot jd 1:6 doank... kl kondisi skrg, dalkot masi bsa 1:7 an.... kl lurkot gampang 1:10

nahh mengenai si corona beer ini... ehh stain... daerah skitar coil situ kan seharus nya ga ad udara yah meneer... scara ktutup ama coil, dan lagi seal cover head engine jg baru ane ganti... seal karet di coil jg masi bagus... berarti satu2 nya jalan masuk udara (campur uap oli )tsb dari ulir2 si busi yah meneer ??
Sorrrryyyyyy.....typo :e-wall: :e-wall: :e-wall:
Yg bener agak kelewat lean (kurus/miskin) soalnya putih.
Kalau rich, jadinya hitam
Setel CO, mesti pakai scanner jadi bisa akurat nilai listrik-nya. Kalau pakai feeling, ya tergantung sih...
Dan harus dilihat kestabilannya tiap rentang rpm.
Kalau orang bengkel bilang itu "fine tuning" setelah tune up.
Cuma fine tuning ini memang rada2 makan waktu kalau hasilnya mau sempurna, belum lagi potensi kalau sensor2 udh pada ngga sempurna, jadi kadang di-skip sama mekanik pas tune up.

Mengenai corona stain, ruang bakar/busi kan engga 100% kedap udara (air tight).
100% pasti ada udara disitu, dan 100% pasti ada paparan uap oli.
Kontribusi terbesar memang dari thread/lubang ulir busi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

hehehe... emg rada males bawa ke bengkel meneer utk ngecek2 scanner gt..

kl dr thread berarti kmmungkinan besar dari oli nya yahh meneer... ane pake oli 5-30... merek gonta ganti, tp kl yg ini make oli 5-30 kpunyaan atpm masda campur honda...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c »

DOHC wrote:hehehe... emg rada males bawa ke bengkel meneer utk ngecek2 scanner gt..

kl dr thread berarti kmmungkinan besar dari oli nya yahh meneer... ane pake oli 5-30... merek gonta ganti, tp kl yg ini make oli 5-30 kpunyaan atpm masda campur honda...
Coba bandingin ajah sama busi di mobil/merk yg sama, kalau corona stain-nya sama juga, yah itu normal. Kalau beda, nah ini mesti yg ditelusuri.
Ada beberapa kontruksi/desain mesin yg "makan oli" dan itu normal. Biasanya mobil2 eropa (terutama yg tua) kayak gitu.
Saya kalau buka busi pug/hyundai meski kondisi dingin, di ulirnya pasti ada oli meski tipis gitu. Makanya si santi/pug, businya gampang banget kena corona stain meski km pemakaiannya belum tinggi. Tapi corona stain-nya tipis, engga sepekat di foto businya meneer.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

mengenai corona stain nya sehh kl yg di keramik nya rata2 mirip meneer... ane ud perna bandingin di ipah 1TR laen nya... item nya kaya d foto ane... tp yg beda di bagian besi nya... ga ad yg ampe kaya ane gt berlumuran lengket coklat2 gt...

dl di lipina ane jg kaya gt meneer... rata2 corona stain, awal2 bagian besi nya kering... kira2 odo d atas 70an rebu, bagian besi nya slalu kluar stain yg coklat lengket tsb.. curiga ane dr uap oli yg nempel dsana...

tp baik di lipina dan ipah ane ini, ane perhatikan di thread busi nya memang kecoklatan, walaupun kering... mungkin type mesin yg nguapin oli kl yahh... nanti abis ini ane mau coba ganti pake oli 10-40 lg d ipah ane...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

Ngomong2 corona stain nih, kemarin pas ane ganti busi si 1TR yg udah jalan di atas 20rb km dengan kondisi lumayan babak belur mengingat ini hanya busi std biasa. Nah pas dibuka tuh busi lama, hanya ada 1 busi yg ada corona stainnya (tepatnya di silinder no.3), sisanya ga ada corona stain meski kondisi udah sama2 mengenaskan, kira2 kenapa yah apa ada yg salah dengan silinder no.3 ane?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

foto nya mana siong ?

montir masang busi nya kekencengan shg rapet bgt kl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:foto nya mana siong ?

montir masang busi nya kekencengan shg rapet bgt kl
Ga sempat difoto chiong, uda masuk tong sampah :big_blushing:
Kenceng banget sih kayanya nggak yah soalnya bisa dibuka oleh ane tanpa kendala.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

busi nya merek apa siong... NGK atau denso

coba kta tunggu pencerahan dr meneer imsus...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:busi nya merek apa siong... NGK atau denso

coba kta tunggu pencerahan dr meneer imsus...
yg udah masuk tong sampah itu Denso yg biasa chiong, parts oem toyota.

sedangkan gantinya Denso juga tapi yg tipe TwinTip untuk ipah, sekalian juga ane lakukan carbon clean pakai suntikan AMB itu chiong. iseng nyoba2 lumayan lah ada improvement mesin serasa lebih enteng ga mudah stall jika angkat kopling tanpa nambah gas. :big_blushing:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

abis brapa btol siong si amb utk ipah... ane slama ini cman pake dcs doank...

denso twin tip type nya apa siong... ane pengen cobain jg... brapa duit

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:abis brapa btol siong si amb utk ipah... ane slama ini cman pake dcs doank...

denso twin tip type nya apa siong... ane pengen cobain jg... brapa duit

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
tergantung ente mau bersih kepala pistonnya doank atau mau bersihkan ruang bakar seluruhnya sampe ke atas kubah klep. kalau beli suntikannya saja yg 4 pcs itu hanya cukup untuk bersihkan kepala piston chiong.

kalau ente mau perfeksionis, beli suntikan dan kemasan refill botol yg 300ml, putar crankshaft sampe piston no.1 dan 4 mencapai posisi TMA, lalu isi cairannya per silinder 60ml (atau sampai mencapai ke mulut drat busi), begitu selesai sedot piston 1 dan 4 putar lg crankshaft supaya piston 2 dan 3 ke posisi TMA dan lakukan hal yg sama lg.

60ml cukup untuk merendam seluruh bagian ruang bakar dengan posisi piston TMA.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

oiya tipe businya Denso TwinTip KH20TT, harga 125rb 4pcs chiong..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Hansen wrote:
DOHC wrote:abis brapa btol siong si amb utk ipah... ane slama ini cman pake dcs doank...

denso twin tip type nya apa siong... ane pengen cobain jg... brapa duit

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
tergantung ente mau bersih kepala pistonnya doank atau mau bersihkan ruang bakar seluruhnya sampe ke atas kubah klep. kalau beli suntikannya saja yg 4 pcs itu hanya cukup untuk bersihkan kepala piston chiong.

kalau ente mau perfeksionis, beli suntikan dan kemasan refill botol yg 300ml, putar crankshaft sampe piston no.1 dan 4 mencapai posisi TMA, lalu isi cairannya per silinder 60ml (atau sampai mencapai ke mulut drat busi), begitu selesai sedot piston 1 dan 4 putar lg crankshaft supaya piston 2 dan 3 ke posisi TMA dan lakukan hal yg sama lg.

60ml cukup untuk merendam seluruh bagian ruang bakar dengan posisi piston TMA.
60 ml per silinder berarti ente beli yg botol gede itu siong ?? isi 300 cc kan yah, masi nyisa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Hansen wrote:oiya tipe businya Denso TwinTip KH20TT, harga 125rb 4pcs chiong..
wahh beda lmayan jg ama iridium ix yah siong... kapan2 ane coba d...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:
Hansen wrote:
DOHC wrote:abis brapa btol siong si amb utk ipah... ane slama ini cman pake dcs doank...

denso twin tip type nya apa siong... ane pengen cobain jg... brapa duit

Sent from my Mi 4i using Tapatalk
tergantung ente mau bersih kepala pistonnya doank atau mau bersihkan ruang bakar seluruhnya sampe ke atas kubah klep. kalau beli suntikannya saja yg 4 pcs itu hanya cukup untuk bersihkan kepala piston chiong.

kalau ente mau perfeksionis, beli suntikan dan kemasan refill botol yg 300ml, putar crankshaft sampe piston no.1 dan 4 mencapai posisi TMA, lalu isi cairannya per silinder 60ml (atau sampai mencapai ke mulut drat busi), begitu selesai sedot piston 1 dan 4 putar lg crankshaft supaya piston 2 dan 3 ke posisi TMA dan lakukan hal yg sama lg.

60ml cukup untuk merendam seluruh bagian ruang bakar dengan posisi piston TMA.
60 ml per silinder berarti ente beli yg botol gede itu siong ?? isi 300 cc kan yah, masi nyisa...
ane beli yg 2 pcs suntikan dan sebotol refill aja chiong.
2 biji suntikan udah cukup utk ngerjainnya, 1 untuk inject obat bersih dan 1 nya lg untuk sedot obat kotor.
bivanos88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02

Re: Serba Serbi Busi

Post by bivanos88 »

ini busi dari vario 125 ane. kayaknya kotor banget ya, diganti karena udah dipake hampir 20rb km..
kira-kira ada yang bisa bantu analisa kondisi busi ane?
businya standar dari pabrik, pake NGK CPR9EA-9
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Hansen wrote:
DOHC wrote:busi nya merek apa siong... NGK atau denso

coba kta tunggu pencerahan dr meneer imsus...
yg udah masuk tong sampah itu Denso yg biasa chiong, parts oem toyota.

sedangkan gantinya Denso juga tapi yg tipe TwinTip untuk ipah, sekalian juga ane lakukan carbon clean pakai suntikan AMB itu chiong. iseng nyoba2 lumayan lah ada improvement mesin serasa lebih enteng ga mudah stall jika angkat kopling tanpa nambah gas. :big_blushing:
siong,

ane dah beli tuh denso twin tip... tp kl ane ukur pake feeler tape... koq ga 1.1 mm yahh gap nya... cuman 0.9 ampe 0.95 mm rata2... beli lgs padahal d distributor nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:
Hansen wrote:
DOHC wrote:busi nya merek apa siong... NGK atau denso

coba kta tunggu pencerahan dr meneer imsus...
yg udah masuk tong sampah itu Denso yg biasa chiong, parts oem toyota.

sedangkan gantinya Denso juga tapi yg tipe TwinTip untuk ipah, sekalian juga ane lakukan carbon clean pakai suntikan AMB itu chiong. iseng nyoba2 lumayan lah ada improvement mesin serasa lebih enteng ga mudah stall jika angkat kopling tanpa nambah gas. :big_blushing:
siong,

ane dah beli tuh denso twin tip... tp kl ane ukur pake feeler tape... koq ga 1.1 mm yahh gap nya... cuman 0.9 ampe 0.95 mm rata2... beli lgs padahal d distributor nya...
Kemarin ane ga ngukur gapnya sih chiong, langsung maen pasang aja karena ga punya feeler gauge. Atau ente sesuaikan sendiri aja gapnya.

Kalo ente beli busi oem toyota pas diukur selalu pas 1.1 mm tanpa disetel2 ga chiong?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

stiap busi baru ane pasti ukur siong..

yg oem atoyot k20hr-u11 slalu 1.1 mm siong, mau yg dus denso atau dus atoyot... malah kadang ane iseng turunin jd 1.0 mm

kmaren ud ane sesuai in sehh jd 1. 0 mm ....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Serba Serbi Busi

Post by Hansen »

DOHC wrote:stiap busi baru ane pasti ukur siong..

yg oem atoyot k20hr-u11 slalu 1.1 mm siong, mau yg dus denso atau dus atoyot... malah kadang ane iseng turunin jd 1.0 mm

kmaren ud ane sesuai in sehh jd 1. 0 mm ....
Ya hajal lah kalo begitu.. :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Hansen wrote: Ya hajal lah kalo begitu.. :mky_03:
untunglah gapapa d hajal... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: Serba Serbi Busi

Post by herp »

Om mau tanya, apa busi denso yg pas buat gantiin busi ngk, tipenya NGK LKR6C, makasih om.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba Serbi Busi

Post by imsus2c »

herp wrote:Om mau tanya, apa busi denso yg pas buat gantiin busi ngk, tipenya NGK LKR6C, makasih om.
Busi untuk apa ya?

Kalau dari katalog cross refernce nya Denso, yg heat range-nya 6, kode depannya LFR

http://www.globaldenso.com/en/products/ ... 37_11.html
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking