Serba Serbi Ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: mohon info: Ban apa yg bikin mobilnya Nyetrum?

Post by madcat015 »

Bokap ane mah kebal setrum bro...

Ane yg belum pernah naik tuh boil legendaris... :mrgreen:

Apa gegara grounding yak?
Obey the mahakitteh. :big_cat:
yudisulistiyo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 29 Oct 2013, 18:10

Re: Ban Robek: Beli Baru atau Ban Dalam ?

Post by yudisulistiyo »

mau tanya ada yang tau gak kalo buat tambal ban samping yang pake thermopress di bandung di mana ya? makasih
yudisulistiyo
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 29 Oct 2013, 18:10

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by yudisulistiyo »

mau tanya nih kalo di bandung buat tambal ban yang kaya vulkanisir atau sistem press dari dalem dimana ya ada yang tau? ane udah coba ke viaduct tapi cari cari gak ada.. mohin bantuannya kawan2 seraya
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by andy1800 »

No post
Last edited by andy1800 on 30 Oct 2013, 16:40, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
pdm
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 424
Joined: 11 May 2012, 10:26

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by pdm »

Maksudnya tambal tip top bukan?
Kalo ia, menurut gw gak worth untuk yang sering kena.. Seperti misalnya mobil gw dalam 6bulan bisa kena 4-5 x.. :(
Kalo pake tambel (tip top) per spot 200an +- (cuma nanya, blum pernah cobain), tekorrrrr
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by kompresorz »

kalo ban masih tebal robeknya sudah agak lebar/bekas tambalan bocor lg emang ada yg tip top/tambal dr dalam model paku payung...saya pernah 1x 50ribu (thn 2009)..awet

tapi ada lg pernah robek samping di tambal ky semacam karet ban ditempel bakar 1x75ribu(thn 2002)...gak lama saya ganti bannya krn ada yg kasih tau kalo samping harus ganti..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

kompresorz wrote:kalo ban masih tebal robeknya sudah agak lebar/bekas tambalan bocor lg emang ada yg tip top/tambal dr dalam model paku payung...saya pernah 1x 50ribu (thn 2009)..awet

tapi ada lg pernah robek samping di tambal ky semacam karet ban ditempel bakar 1x75ribu(thn 2002)...gak lama saya ganti bannya krn ada yg kasih tau kalo samping harus ganti..
hmmm...apakah maksudnya ban tubeless ?.... klo iya, ane cuma tau yg di jakarta....deket daerah kebon jeruk, jakarta barat.....

yg perlu diperhatikan saat tambal ban tubeless adalah lem yg dipakai...lem tsb khusus buat tambal ban tubeless.....ada beberapa tempat yg pake lem buat tambal ban dalam sepeda, krn harganya sangat murah dibandingkan dg lem khusus buat tambal ban tubeless.....akibatnya setelah dipake beberapa lama, tambalan akan bocor lg dan lubang bekas tambalan jadi lbh besar....

smoga bermanfaat........
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by doq »

doq wrote::big_smoking: :big_smoking: heh!!! siapa neh yg ga mo dateng tar 12 juli????
pak sjam.....ane nanya kok ga dijawab yaaaaa? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by kompresorz »

sjamsul wrote:
kompresorz wrote:kalo ban masih tebal robeknya sudah agak lebar/bekas tambalan bocor lg emang ada yg tip top/tambal dr dalam model paku payung...saya pernah 1x 50ribu (thn 2009)..awet

tapi ada lg pernah robek samping di tambal ky semacam karet ban ditempel bakar 1x75ribu(thn 2002)...gak lama saya ganti bannya krn ada yg kasih tau kalo samping harus ganti..
hmmm...apakah maksudnya ban tubeless ?.... klo iya, ane cuma tau yg di jakarta....deket daerah kebon jeruk, jakarta barat.....

yg perlu diperhatikan saat tambal ban tubeless adalah lem yg dipakai...lem tsb khusus buat tambal ban tubeless.....ada beberapa tempat yg pake lem buat tambal ban dalam sepeda, krn harganya sangat murah dibandingkan dg lem khusus buat tambal ban tubeless.....akibatnya setelah dipake beberapa lama, tambalan akan bocor lg dan lubang bekas tambalan jadi lbh besar....

smoga bermanfaat........
trim pak samsul..ya tubeles pak...klo tip top di toko ban ww..n 1 lg tambal samping lupa tokonya...tapi lokasi ke 2 toko di gunung sahari jakpus...

klo tip top saya gak timbul masalah sampe rusak bannya ganti...ingat2 waktu itu liat lemnya kaleng n warna hijau..n permukaan dalam ban seperti dikikir halus dulu sebelum pasang tiptop..

klo tambal samping gak lama di ganti sebelum timbul masalah...ini seperti di bakar...


tapi pernah di tukang tambal pinggiran bekas tambalan bocor jd ulang lg gak lama akhirnya yg ke 3x terpaksa ganti ban...krn sudah besar lobangnya...mungkin seperti itu x ya pak...emang murah sih..10ribu
mobkas
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 20 Nov 2013, 07:56
Contact:

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by mobkas »

sering kali
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by y_anjasrana »

tip top emang bagus lemnya. klien ane pake lem karet tiptop utk ngelem conveyor belt.

note: bukan seles lem
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
sepatupuma
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: 01 Oct 2013, 15:02
Location: DCI Djakarta

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by sepatupuma »

Tanya:

Ukuran tekanan angin di stiker yg di pilar B itu apa masih berlaku kalo ukuran ban & velgnya sudah ga standar?

Trims sebelumnya.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: 25 Aug 2006, 20:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by POS VETT »

sepatupuma wrote:Tanya:

Ukuran tekanan angin di stiker yg di pilar B itu apa masih berlaku kalo ukuran ban & velgnya sudah ga standar?

Trims sebelumnya.
Masih bisa buat panduan karena luas telapak ban yang menempel di permukaan jalanan sama untuk tekanan ban yang sama walaupun bannya berbeda.

Kalau ada masalah dengan pemakaian ban yang prematur, baru disesuaikan. Tapi biasanya tidak perlu kecuali tipe ban, konstruksi, dan ukurannya berbeda jauh.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by imsus2c »

sepatupuma wrote:Tanya:

Ukuran tekanan angin di stiker yg di pilar B itu apa masih berlaku kalo ukuran ban & velgnya sudah ga standar?

Trims sebelumnya.
Bisa dihitung ulang kok...
- pastikan ulang bobot total kendaraan
- load index ban yang baru dipasang:

Dari trid : Dilema tekanan ban mobil
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 25#p541672
imsus2c wrote:
andy1800 wrote:
Hansen wrote:kalo pengukur tekanan angin ban ane pake yg merk accutire aja dah..... :upss:
kalao pengukuran dan pengisian yg di SPBU shell gitu dah cukup buat diyakini atau blm?

===============


btw mobil apa aja ya yg pabrikan bilang tekanan depan sm belakang beda?
seinget gw mobil yg gw pakai selama ini tekanan depan sm belakang sm si stiker pintu disuruh sama terus


=====================


satu masalah lg:
klo ban dan velg udah diganti ukuran, apakah rekomendasi pabrikan mengenai brp tekanan ban msh berlaku? atau ada kalkulasi kompensasinya? pls link website yg sediain kalkulasi kek gini.

mari kita telusuri dasar logika nya:
tekanan ban tu berdasarkan apa sih? jenis ban, ukuran ban, atau berat beban mobil (dibagi empat) ya ?
klo pabrikan kasih angka tekanan itu berdasar curb weight, berarti gak ada hubungannya dg ukuran ban dong ya? pokoknya tekanan per ban hrs segitu. gitu gak sih?
Dari post ini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 18#p526218
imsus2c wrote:
Sorry...agak OOT diluar bahasan utama topik ini, sekedar komen post diatas

Sampai saat ini, masih timbul banyak opini mengenai berapa tekanan ideal untuk mobil kita.

Ada yg melihat dari aspek tebal/tipisnya profil ban, jenis ban, ukuran rim/velg, dsb...

Tapi saya sih pragmatis saja, barang teknis sudah seharusnya punya rumus alias bisa dihitung, jadi bukan masalah feeling lagi meski kenyataanya akan ada faktor koreksi dan penyimpangan (deviasi)

Sejauh saya cari referensi dan uji sendiri, sebenarnya ada rumus sederhana utk tentukan ukuran tekanan ban.

Disclaimer, kalau menurut saya sih, rumus ini sudah tepat tapi memang saya belum ada bukti yg menyatakan rumus ini valid dan sah :mrgreen:

Yang perlu diketahui sebelum menentukan ukuran ideal tekanan ban kita adalah sebagai berikut:

1. Distribus bobot mobil depan belakang secara global, pada umumnya sih, mobil non barang bisa disederhanakan 50%:50% (depan belakang), kecuali untuk keperluan balapan (butuh akurasi) atau beda distribusinya drastis (misalnya mobil barang/truk) baru harus dihitung bener distribusi bobot mobilnya.
2. Perhatikan berapa indeks beban ban yang akan kita pakai dan berapa tekanan maksimumnya (maximum inflation pressure = biasanya dihitung dalam satuan PSI), kedua informasi ini biasanya tercetak di dinding ban (sidewall).
Kode indeks beban (dan kecepatan) biasanya ditampilkan dalam kode, jika ingin tahu kode-kode tersebut, salah satu referensi bisa dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Tire_code
3. Perkiraan bobot total kendaraan kita dalam pemakaian sehari-hari umumnya. Misalnya; bobot kosong (curb weight) mobil 1000 Kg, bobot ini kemudian ditambahkan dengan total bobot situasi sehari kita sehari-hari bawa mobil, misalnya bagasi, sopir, penumpang, dsb...

Rumusnya

T = (A/L)*M

T = Tekanan ideal
A = Bobot aktual mobil dibagi roda yang terpasang
L = Load Index Ban yg dipakai (per ban)
M = Maximum Inflation Pressure ban yang dipakai

Nah, dari itu, saya coba aplikasikan di mobil saya (hyundai santa fe 2001),

1. Bobot total kendaraan saya, estimasinya 2000 Kg, didapat dari:
Curb Weight 1600 Kg
Sopir, penumpang, bagasi dan perangkat lenong non bawaan asli mobil kira2 400 Kg
Dengan distribusi depan belakang imbang, berarti asumsinya tiap ban menanggung beban yg sama, atau kalau dihitung 2000/4= 500
Artinya setiap ban menanggung beban 500 Kg.
2. Saya sekarang pakai ban Continental Conti Cross Contact LX dengan ukuran 235/65 R17, di side wall-nya tertera load index 108 (alias 1000Kg) dan maximum inflation pressure 51 PSi, secara teknis/teori artinya ban ini mampu menopang beban s.d. maksimum 1000 Kg (per ban) saat diisi angin 51 PSi

Saya coba hitung sbb:

T = (A/L)*M
T = (500/1000)*51
T = 0.5*51
T = 25.5 ~ 26 Psi
Relatif kecil bukan? tapi ya memang begitu kenyataanya, secara ban yg saya pakai tipe XL (Extra Load), yang artinya secara pabrikan, desain sidewall-nya sudah diperkuat (reinforced) untuk menanggung beban yg lebih besar.
Keuntungannya, jika sewaktu2 harus nambah beban, si ban masih sanggup, kerugiannya, ya dengan ukuran yg sama, bantingannya terasa lebih keras.

Saya sempat penasaran, kenapa kecil sekali tekanan idealnya? Kalau saya lihat rekomendasi pabrikan yg tercetak di pilar B, disitu tertulis:
Recommended inflation pressure 30 Psi (normal load) and 32 Psi (full load) front+rear tyre
Standard tyre 215/70R15

Saya baru ingat, ban OEM santa fe ini dulunya KUMHO RADIAL 798; 215/70R15, dgn spek load index 750Kg @44 Psi

Hitung ulang deh....

T = (500/750)*44
T = 0.67*44
T = 29.5 ~ 30 Psi
Persis plek sesuai manual book :D

Dugaan saya, manual book tersebut acuannya ya dari spek ban OEM (bawaan pabrik)

Saat ini, dengan kondisi pakai ban Conti yg sesuai rumus sebenarnya cuma minta 26Psi, untuk alasan low rolling resistance dan jaga-jaga kelebihan beban, saya tetep isi 30Psi :)

Selain itu, saya pernah coba bandingin, diisi angin 25Psi dan 30Psi, gembungnya ban kelihatan sama saja...

Saya tanya teknisi ban, mereka bilang itu sih lebih karena desain sidewall-nya, selama tekanan ban masih mencapai tekanan minimum (terhadap beban yang ditopang), gembungnya akan kelihatan sama saja...meski beda sampai 10 Psi....cmiiw loh

Tinggal perhatikan saja saat pemakaian jangka panjangnya, jika tapak ban aus di tengah, biasanya karena tekanan angin terlalu tinggi. Jika tapak ban aus rata kanan-kiri (sisi luar dalam 1 ban) artinya tekanan angin terlalu rendah...

Selamat berhitung dan mencoba, semoga bermanfaat...

Sekali lagi, maaf kalau OOT :ungg:
Semoga sdh tidak penasaran lagi mengenai tekanan ideal ban :mky_01:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by sjamsul »

doq wrote:
doq wrote::big_smoking: :big_smoking: heh!!! siapa neh yg ga mo dateng tar 12 juli????
pak sjam.....ane nanya kok ga dijawab yaaaaa? :e-think:
upssss....sorry bro....ane ga liat....khan tinggal tlp ajahhhh....hehehehehe.... :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: cara nambel ban nyang bener & seputar permasalahannye

Post by doq »

Hayoooo mau kabur ke timbuktu yeeee......... :2gunfire: :snipersmile:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by evolution21 »

mau curhat tentang ban
beberapa minggu terakhir truk double dyna ane kena musibah ban pecah terus2an
pertama kejadian waktu perjalanan ke jateng dengan muatan +/- 7ton. ban gt radial, kembang masi bagus, bukan vulkanisir
total perjalanan 250km, mulai km 150-250 pecah ban sampai 4x, ban dalam habis 4, ban luar habis 2. setelah di cek, montir mensinyalir gara2 rem bermasalah menyebabkan panas berlebih pada ban. setelah servis ganti kampas rem, perjalanan pulang lancar, dan sempet ngirim ke beberapa tempat lancar hingga selisih 2 minggu kemudian...
kmaren jalan lg ke jateng, +/- 250km, setelah lewat 200km
ternyata terjadi lg ban sebelah kiri meledak terus, kali ini ban luar yg kena sampe 3x. ane heran, padahal muatan daridulu biasa segitu, ban jg baru, kampas rem baru, masalahnya dimana lagi?
pas beli ban ditawarin pedagangnya katanya recomend advan utk beban berat. ya udah ane cobain d. cuman dalem ati ragu apa iya ini cuma gara2 ban?
atau sebenernya maslahnya ditempat lain?
kondisi mobil secara umum pdhl masi bagus, tp bannya kok bikin frustasi gini, mau jual jg sayang, tp di perbaiki jg kok kaya ga nemu inti permasalahan dimana
kira2 kenapa ya..?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by marmut »

evolution21 wrote:mau curhat tentang ban
beberapa minggu terakhir truk double dyna ane kena musibah ban pecah terus2an
pertama kejadian waktu perjalanan ke jateng dengan muatan +/- 7ton. ban gt radial, kembang masi bagus, bukan vulkanisir
total perjalanan 250km, mulai km 150-250 pecah ban sampai 4x, ban dalam habis 4, ban luar habis 2. setelah di cek, montir mensinyalir gara2 rem bermasalah menyebabkan panas berlebih pada ban. setelah servis ganti kampas rem, perjalanan pulang lancar, dan sempet ngirim ke beberapa tempat lancar hingga selisih 2 minggu kemudian...
kmaren jalan lg ke jateng, +/- 250km, setelah lewat 200km
ternyata terjadi lg ban sebelah kiri meledak terus, kali ini ban luar yg kena sampe 3x. ane heran, padahal muatan daridulu biasa segitu, ban jg baru, kampas rem baru, masalahnya dimana lagi?
pas beli ban ditawarin pedagangnya katanya recomend advan utk beban berat. ya udah ane cobain d. cuman dalem ati ragu apa iya ini cuma gara2 ban?
atau sebenernya maslahnya ditempat lain?
kondisi mobil secara umum pdhl masi bagus, tp bannya kok bikin frustasi gini, mau jual jg sayang, tp di perbaiki jg kok kaya ga nemu inti permasalahan dimana
kira2 kenapa ya..?

setiap ban punya batas maksimum dalam mengangkut beban. coba anda cari info mengenai "maximum load" pada ban yang anda pakai. saya belum pernah memperhatikan secara detail pada ban truk, tapi kalau ban radial biasa ada keterangan yang cukup lengkap pada dinding ban mulai dari merk, ukuran (lebar tapak dan diameter ban), tahun pembuatan, tekanan angin maksimal, dan beban maksimal.
setelah itu bisa dihitung jumlah muatan maksimum yang bisa anda bawa.
rumusnya :
(jumlah ban x maximum load) - berat kendaraan = maksimum beban yang bisa dibawa

misalkan 1 buah ban sanggup memikul beban 900kg. berat truk anda (misalkan) 3000kg dan menggunakan 6 buah ban.
berarti,
(6 x 900kg) - 3000 = 5400kg - 3000kg
= 2400kg

jadi beban yang bisa anda bawa maksimum 2,4 ton. lebih dari itu, ban bisa pecah.

juga diperhatikan tekanan angin ban, selalu ikuti petunjuk pada buku manual atau plakat yang ditempelkan pada kendaraan. tekanan angin ban yang kurang dari semestinya akan menimbulkan gesekan lebih banyak saat berjalan, dan temperatur/suhu ban menjadi lebih tinggi. akibatnya udara dalam ban memuai dan ujung-ujungnya ban meletus.
tidak ada salahnya beli alat pengukur tekanan ban, toh harganya bisa disesuaikan dengan kemampuan kantong. mau yang 25ribu ada. atau pengen yang lebih bagus lagi juga ada, sekitar 70 ribuan.
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: 12 Aug 2012, 20:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by mr-saga »

evolution21 wrote:mau curhat tentang ban
beberapa minggu terakhir truk double dyna ane kena musibah ban pecah terus2an
pertama kejadian waktu perjalanan ke jateng dengan muatan +/- 7ton. ban gt radial, kembang masi bagus, bukan vulkanisir
total perjalanan 250km, mulai km 150-250 pecah ban sampai 4x, ban dalam habis 4, ban luar habis 2. setelah di cek, montir mensinyalir gara2 rem bermasalah menyebabkan panas berlebih pada ban. setelah servis ganti kampas rem, perjalanan pulang lancar, dan sempet ngirim ke beberapa tempat lancar hingga selisih 2 minggu kemudian...
kmaren jalan lg ke jateng, +/- 250km, setelah lewat 200km
ternyata terjadi lg ban sebelah kiri meledak terus, kali ini ban luar yg kena sampe 3x. ane heran, padahal muatan daridulu biasa segitu, ban jg baru, kampas rem baru, masalahnya dimana lagi?
pas beli ban ditawarin pedagangnya katanya recomend advan utk beban berat. ya udah ane cobain d. cuman dalem ati ragu apa iya ini cuma gara2 ban?
atau sebenernya maslahnya ditempat lain?
kondisi mobil secara umum pdhl masi bagus, tp bannya kok bikin frustasi gini, mau jual jg sayang, tp di perbaiki jg kok kaya ga nemu inti permasalahan dimana
kira2 kenapa ya..?
turut beduka om evo..
saya merasakan hal yang aneh memang, saya mengkambinghitamkan ban nya, om.. mungkin ada kecacatan :big_peace:

kembali beralih ke ban yg lama aja om__ :ngacir:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by evolution21 »

baru hari ini dapet kabar
ternyata yg kena poros rodanya, (bukan poros as roda)
harga di dealer 8jt
menurut dealer, ini akan berakibat rem jadi ga balance antara kanan dan kiri
sehingga kampas rem akan cepat habis, panas berlebihan pada ban, maka dari itu ban akan pecah terus menerus...

total2 ntar bakalan habis 10-15jt..
hmm sekarang kok jadi kepikiran mau dijual aja ya...
apa ini tergolong penyakit ringan yg gampang dibetulin?
gimana ya suhu2...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by Turboman »

evolution21 wrote:baru hari ini dapet kabar
ternyata yg kena poros rodanya, (bukan poros as roda)
harga di dealer 8jt
menurut dealer, ini akan berakibat rem jadi ga balance antara kanan dan kiri
sehingga kampas rem akan cepat habis, panas berlebihan pada ban, maka dari itu ban akan pecah terus menerus...

total2 ntar bakalan habis 10-15jt..
hmm sekarang kok jadi kepikiran mau dijual aja ya...
apa ini tergolong penyakit ringan yg gampang dibetulin?
gimana ya suhu2...
Wahh kalo ngandelin BeRes sih kita sbg user bisa miskin

temen ane yg punya armada truk kalo reparasi punya montir sendiri, malah kadang2 pake parts rekondisi / parts Kw.

Coba hunting2 parts di asem Reges / toko parts Toyota
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2281
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by ilhami »

Ganti part aja. Kasus biasa aja
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by evolution21 »

Iya um turbo, ini ane dah agak frustasi soalnya, dah gonta ganti bengkel 3x. Ini mau coba hunting spare part dulu. Yg bikin pusing kalo sampe ntar dha keluar banyak ternyata ga sembuh jg.. Berasa nyesel dau keluar banyak, tau gt dijual aja
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by evolution21 »

ilhami wrote:Ganti part aja. Kasus biasa aja
jadi ini kasus biasa yg gampang dibetulin ya ?
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: 16 Nov 2009, 13:20
Location: Surabaya

Re: Mitos-mitos Tentang Ban Mobil

Post by Xous »

Koh badak mana neh, pengen tau pendapat beliau klo kasus beginian.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post