Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Oli kental atau encer, mana lebih baik ?

Post by Jiao »

Guys, sekedar mau tahu pendapat kalian. Menurut pendapat pribadi kalian mana yang lebih baik untuk mesin baru? Oli encer (sae 10w-30, 10w-40) atau oli kental (sae 20w-50, sae 25w-50)? kalau bisa berikut argumentasinya.
r12ky_p
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Apr 12, 2004 9:44

Re: Oli kental atau encer, mana lebih baik ?

Post by r12ky_p »

boss,kalau ganti saya mau ganti oli Top1 ke Motul, Agip gimana? bukan Petronas Sytium 800 seperti yang bos sarankan,bagus apa ngak tuch kedua oli tersebut?
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Tergantung tujuannya dulu...

Kalu utk pemakaian harian, pakai oli sesuai dgn anjuran pabrik.

Tapi kalu utk balap, biasanya pakai yg encer. Toh cuma dipakai utk beberapa kali putaran, habis itu langsung diganti...

Kalu dipakai utk 2-2nya, ya pakai yg encer pada waktu balapan, trus ganti dgn yg kental pada saat harian.

Yg jelas tidak dianjurkan pakai top-one
Accurate V5 Accounting System Consultant
r12ky_p
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Apr 12, 2004 9:44

Bagus Mana Antara Oli Motul,Agip atau Petronas Syntium 800?

Post by r12ky_p »

[Bagus Mana Antara Oli Motul,Agip atau Petronas Syntium 800? Trus dari lebih baik mana yang harus saya gunankan dari ketiga oli tersebut? tolong advisenya
Demonium

Post by Demonium »

anjas bener tuh
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

gue saranin pake SAE 10-40 ajah cukup..
soal oli yang lu tunjuk itu bagus semua koq. terserah elo.. gue yang dah pernah cobain sih agip Shint 2000 bagus tuh , petronas mungkin lebih murah dari agip bagus juga.. motul oli peranics .. lumayan
r12ky_p
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Apr 12, 2004 9:44

Ganti Olie Top 1 ke Agip Shint 2000 SAE 10 -40

Post by r12ky_p »

[dimana saya dapat oli Agip shint 2000 SAE 10 - 40 ? kalau harganya berapa bung saya mau coba ganti ole saya ke agip nich
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Motul bagus, Agip sudah local blend. Petronas masih impor. Kalau saya yah pilih oli yang ada di Formula1 yang masih impor. Mobil1 dan shell helix plus, Motul bagus cuman agak mahal. Cuman kita sudah agak melenceng dari Topik. Yang mau saya tanyakan apakah kalian lebih suka oli kental atau encer untuk penggunaan sehari hari dan apa alasan anda.
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

milih encer dong om :)

soalnya pelumasan di mesin jadi sempurna karena mesin2 baru kan rongga2nya kecil ..

nyontek dari milis

hehehehehhe
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Kalo buat lancerku ktnya bagusan yg encer soalnya mekaniknya bilang kalo kekentalan nanti HLSnya kesumbat lagi.Bisa ganti 16biji deh.
Speed is a game??!!
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

gimana sih cara baca sae oli?
bedanya 10w-30 & 5w-30 apa ya?
kalo api service sih saya tau.

trims..
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

mobil baru?.....liat aja di buku manual pemilik.....
beres kan?.....
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

5,10,15,20,40 dsb. itu menunjukan viskositas olinya.Semakin tinggi angkanya semakin kental olinya dan kebalikannya.Sedangkan W kalo gak salah artinya winter maksudnya sdh dual grade.Kalo pas dingin viskositasnya encer sdnk waktu panas mjd kental.
Speed is a game??!!
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Yap, untuk semua mobil kendaraan baru merk Honda, oli yang paling kental adalah 10w-40. malahan CRV baru merekomendasikan 10w-30. Seperti penjelasan bang equalizer, memang betul kendaraan 2000 keatas lebih cenderung menggunakan oli encer karena gap antara piston dan dinding silinder makin kecil sahaja. Pokoke, sebatgai pedoman, mobil baru pakai oli encer, mobil 2000 kebawah pakai oli kental. Namun, yang paling safe yah petunjuk di buku manual.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Equalizer wrote:milih encer dong om :)

soalnya pelumasan di mesin jadi sempurna karena mesin2 baru kan rongga2nya kecil ..

nyontek dari milis

hehehehehhe
Nyontek mlulu luww... Malu-maluin ajah... :lol:
Accurate V5 Accounting System Consultant
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Ikut nyumbang informasi walau sedikit, setahu saya oli encer (10-40) dan oli kental (20-50) salah satu pembeda penggunaannya yaitu pada mesin yang di jalankan pada daerah yg bersuhu dingin dan panas (tropis) bila mesin yg beroprasi pada daerah bersuhu dingin lebih baik menggunakan oli encer sebaliknya bila mesin (mobil maupun motor) yg beroprasi di daerah panas sebaiknya menggunakan oli kental disebabkan pada daerah tropis kekentalan oli mudah menurun atau menjadi encer sehinggan daya lumasnya pun menurun pada mesin, juga untuk mobil/motor yg lebih dioprasikan untuk kecepatan tinggi sebaiknya menggunakan oli encer sehingga tidak menghambat kerja mesin (selain spek yang di jelaskan diatas oleh bung anjas juga benar)
dodolaje
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Apr 30, 2004 1:58
Location: NYC

Post by dodolaje »

gile dulu gue coba pake yg encer.. buat daily driving.. waduh udah salah tempat dan salah cuaca.. texas plus summer hahahaha
Image
Demonium

Post by Demonium »

nambahin dikit
oli encer cepet nguap
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

cepet nguap?..
kebanyakan begadang kali ya :D
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Betul, setuju dengan bung Yongis.

Silahkan ikuti pentunjuk di buku MANUAL pemilik kendaraan, para insinyur menulis jenis oli itu sudah dengan pertimbangan teknis ketika merancang mesin kita. Silahkan ikuti saja. 10w-40, 20w50, 0w50, ato berapapun, selama tercantum di manual aman digunakan, silahkan pakai.. :)

Merk oli, silahkan pakai merk oli yang mendunia, alis nama terkenal di SELURUH dunia, dan keluaran perusahaan oli terpercaya. Beberapa merk di cantumkan disini.

ExxonMobil: Mobil 1, Mobil Super S, Esso Ultron, Esso ultraflo, etc.

Repsol YPF: Elite Super, Multivalvulas, Competicion, etc

Petronas: Syntium dan Mach series...

Castrol: Syntec, etc...

BP: Visco, etc..

Caltex: Havoline series, etc

Texaco: lupa jenisnya.. heheheh

Sunoco:lupa juga jenisnya... :)

Pertamina: Mesran XP, Fastron, etc...

Chevron: hm.... lupa!!

Idemitsu: macam-macam! Ga ingat juga... :P

Shell: Helix dan teman-teman..

Yang jelas jangan make oli yang dipake artis, karena oli itu sendiri TIDAK dijual di Amrik sono. Padahal katany sintetik asli Amrik....Ga jelas tuh dapet sertifikat dari mana... hihihihihi....

JM2C... ;)
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Setuju dengan Baronfh. By the way, rekomendasi untuk mobil Honda di Amrik adalah 5w-20 untuk summer dan 0w-20 untuk musim dingin. Jadi konklusinya adalah di cuaca summer yang bisa mencapai di atas 30'C, Honda merekomendasikan oli 5w-20. Jadi kelihatannya memang tren penbuat mesin adalah oli encer.

Kalau mau baca komentar pemakainya yah disini

http://theoildrop.server101.com/cgi/ult ... 1;t=003060
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

baronfh wrote:
Yang jelas jangan make oli yang dipake artis, karena oli itu sendiri TIDAK dijual di Amrik sono. Padahal katany sintetik asli Amrik....Ga jelas tuh dapet sertifikat dari mana... hihihihihi....

JM2C... ;)
Koreksi dikit mas, ada en dijual di Amerika kok :)
Cuman nama dagangnya dan nama pabriknya adalah Top Oil bukan Top One
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Kalo dari senengnya seneng encer.......tapi dengan pertimbangan sesuai ama kekentalan minimal yang dianjurkan dibuku manual. Mungkin pengaruh bahan aditif&detergen kalo kekentalannya semakin rendah tapi kualitas API servicenya minta yang tinggi misal SJ ato SL. Jadi meskipun encer tapi mampu melindungi mesin lebih baik dan licin.
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Koreksi bang Equalizer. Memang ada perusahaan Top Oil di Amrik tapi khusus untuk pasar Asia pasifik. Memang made in USA tapi nggak dijual di USA. Kenapa Yach?
Coba baca statement ke 4 yang mana menerangkan bahwa mereka hanya menjual di Pacific rim.

http://www.topoil.com/images/top%20one% ... %20600.jpg
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Yup.....cuma menjual Pasific Rim... kenapa? karena konsumen kita sedikit yang kritis tentang mutu dan SERTIFIKASI mutu oli yang kita pake.

Konsumen Amerika sendiri cerewet, barang yang mau dijual disana harus lewat macam-macam badan yang mengurus hal itu. Misalnya Militernya amerika sendiri, selain badan organisasi API dan SAE.

Di Europa juga ada ACEA, ato test independen pabrikan seperti VW, Mercedes-Benz, BMW, Porsche yang sertifikat dari merk tersebut dapat dipakai secara international untuk bukti ke publik kalo oli ini bagus...

Kenapa ga dijual di Amerika? Dari tulisan diatas dapat ditarik sendiri kesimpulan lah.... Buktinya....logo API donuts aja ga punya tuh oli artis... Oli sekarang umumnya harus make lambang API donuts buat ngebuktiin mereka dah lewat test nya API, dan sesuai dengan janji di kemasannya.

Bukti lagi. Katanya make Molybdenum, dan molybdenum itu MUAHAL. Apa masuk akal kalo harga jual segitu? Fully SYNTETHIC? Masak iya? Test DepTamBen aja bilang dia cuma 20%, baru DepTamBen lo.... blum API, JASO, ACEA, etc yang ngetes. Di afkir kali..... ;)

Fully Syntethic oil itu yang bener-bener fully cuma beberapa merk aja. Mobil 1, Caltex Havoline 3, menyebut beberapa yang saya ketahui dengan jelas. Liat dong harganya berapa?

Maaf....bukan bermaksud menjelek-jelekkan....tapi yah itung-itung pendidikan.... jangan gampang kerayu artis lah..... :P
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....