Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

Turboman wrote:@om kompresor :

0W20 di MB CGI jalan brp ribu Km um ?
waktu pertama x..

Image
Image

sbnarnya mau saya pake 10ribu km..cm krn nyala mid servis kelipatan 8000 ya ikut aja.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Om kompresorz pernah ngelitik selama pakai buntut 20? apakah ada perubahan negatif seperti mesin lebih panas?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@ecco..

saya sih gak merasa ya..cm enteng aja.cr 26 ganti malah lewat seribuan km..lupa n kebiasaan suka dilewatin.saya selalu enjoy teknologi baru..apalg murah

Image
Image
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by montirangin »

mantepp om ....cara hemat dan pintar menikmati mobil mewah :)
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by montirangin »

kompresorz wrote: Image
om kompre..kalo di sg itu ban udah mesti ganti dari beribu2 km yg lalu..mungkin 1 kali ganti disini, 2 kali disono minimum nya :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote:Om kompresorz pernah ngelitik selama pakai buntut 20? apakah ada perubahan negatif seperti mesin lebih panas?
Ada teman saya pakai Yaris standard skg pakai 0W20 report malah lebih enak drpd 5W30.....sama sekali gak ada ngelitik.

Yaris-nya full std, mesinnya gak pernah dibongkar2.

BBM = RON 92
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote:Om kompresorz pernah ngelitik selama pakai buntut 20? apakah ada perubahan negatif seperti mesin lebih panas?
Ada teman saya pakai Yaris standard skg pakai 0W20 report malah lebih enak drpd 5W30.....sama sekali gak ada ngelitik.

Yaris-nya full std, mesinnya gak pernah dibongkar2.

BBM = RON 92
Info menarik Om Turboman, saya mulai curiga nglitik karena Busi saya yang Denso iridium Tough...saya mau ganti busi dulu deh sebelon balik ke buntut 30. Saya juga cek berkala oli, selama hampir 4 taon, yaris ini tidak pernah top up oli sama sekali. Ini pakai buntut 20 juga udah jalan hampir 3000km, gak ada kurang2nya
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

idaman ogut ini

Image Image

ZDDP tinggi.......Moly tinggi......VI tinggi....

Sayang barangnya gak masuk sini
Image
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

montirangin wrote: om kompre..kalo di sg itu ban udah mesti ganti dari beribu2 km yg lalu..mungkin 1 kali ganti disini, 2 kali disono minimum nya :)

malas mau dijual..
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by y_anjasrana »

Turboman wrote:idaman ogut ini

Image Image

ZDDP tinggi.......Moly tinggi......VI tinggi....

Sayang barangnya gak masuk sini
Image

Knp ga masukin aja om? :big_grin:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

y_anjasrana wrote:
Turboman wrote:idaman ogut ini

Image Image

ZDDP tinggi.......Moly tinggi......VI tinggi....

Sayang barangnya gak masuk sini
Image

Knp ga masukin aja om? :big_grin:
RL kan udah ada distronya si PT "M"

Lagian masukkin oli harus ada kode NPT nya......gak ada NPT mah forwarder2 gak akan berani masukkin.......

Maka itu banyak importir oli kelas teri pada udahan...........yg tetap exist adalah omportir2 bonafit yg berani urus NPT

NPT = 1 type oli = 1 NPT
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Oh, ribet dan mahal jadinya yah masukin oli. Padahal sempet kepikir mau masukin RedLine :D.
Kalo hand carry satu dus gitu masalah gak ya di bea cukai?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote:Oh, ribet dan mahal jadinya yah masukin oli. Padahal sempet kepikir mau masukin RedLine :D.
Kalo hand carry satu dus gitu masalah gak ya di bea cukai?
Fluida ga boleh naik pesawat

Importir2 oli yg kecil zaman dulu biasanya pakai forwarder......nah tinggal cari aja fwd yg masih bisa masukkin oli
alf4alf4
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 28, 2014 6:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by alf4alf4 »

salam kenal para sepuh dam rekan-rekan, ijin newbie mau berbagi dan bertanya

ane pake AVG 2011, ordometer sekarang 44.1++km
ordometer ke 5.000km, 10.000km, 15.000 pake Idemitsu Extreme 10W40 SN/CF Semi Synthetic,(Rp 70ribu/lier), lebih enteng dikit dari bawan pabrik

di ordometer 15,000 km, ane ganti oli oem honda e-pro blu 5w-30( Rp97ribu/lt), ane pake selama 10.000 km, ini oli kok susutnya banyak y? (sempet nambah hampir 1/2 liter oli)terus hitam pekat, di pemakaian 8.000km berat mesin, ada yang ngalamin hal serupa?pendapat ane sih ini oli e-pro blue 5w-30 gak istimewa, tapi kok di pake di CR-V 2.0 gak susut y?

di ordometer 25.000 km dan 35.000 km ane pake castrol magnatec 5w-30 (Rp 120ribu/ lt, pembelian ke 2 kena Rp 140ribu), hasilnya cukup memuaskan, oli gak susut, ane pake sampe 10.000 km, pake ini oli mesin agak berisik, warnanya gak pekat, tarikan enteng, oli gak susut mau di bawa kebut juga (shift up di 6.500 rpm), tapi baru tau ane klo avg pake rocker arm(bener gak sih) jadi klo sekitar 30 maeit mati mesin trs idup lagi, mesin bunyi sebentar klek-klek-klek

ini ordometer mau 45.000 km, rencana ganti shell HX8 full synth 5W-30 (Rp 120ribu/lt)
http://www.shell.com/global/products-se ... 5w-30.html
minta pencerahan y?klo ada yang pernah pake tolong review, tq
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote:Oh, ribet dan mahal jadinya yah masukin oli. Padahal sempet kepikir mau masukin RedLine :D.
Kalo hand carry satu dus gitu masalah gak ya di bea cukai?
Fluida ga boleh naik pesawat

Importir2 oli yg kecil zaman dulu biasanya pakai forwarder......nah tinggal cari aja fwd yg masih bisa masukkin oli
Masuk bagasi Om, bisa gak yah?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote: Masuk bagasi Om, bisa gak yah?
Di sini oli2 high end ada yg jual kok

Amsoil ASM 0W20 ada

Royal Purple yg 5W20 juga ada kalo ga salah
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

ecco wrote:
Turboman wrote:
ecco wrote:Oh, ribet dan mahal jadinya yah masukin oli. Padahal sempet kepikir mau masukin RedLine :D.
Kalo hand carry satu dus gitu masalah gak ya di bea cukai?
Fluida ga boleh naik pesawat

Importir2 oli yg kecil zaman dulu biasanya pakai forwarder......nah tinggal cari aja fwd yg masih bisa masukkin oli
Masuk bagasi Om, bisa gak yah?
Meskipun ke bagasi, kayaknya ttp ngga boleh deh pak.
Apalagi kan flammable
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

alf4alf4 wrote:salam kenal para sepuh dam rekan-rekan, ijin newbie mau berbagi dan bertanya

ane pake AVG 2011, ordometer sekarang 44.1++km
ordometer ke 5.000km, 10.000km, 15.000 pake Idemitsu Extreme 10W40 SN/CF Semi Synthetic,(Rp 70ribu/lier), lebih enteng dikit dari bawan pabrik

di ordometer 15,000 km, ane ganti oli oem honda e-pro blu 5w-30( Rp97ribu/lt), ane pake selama 10.000 km, ini oli kok susutnya banyak y? (sempet nambah hampir 1/2 liter oli)terus hitam pekat, di pemakaian 8.000km berat mesin, ada yang ngalamin hal serupa?pendapat ane sih ini oli e-pro blue 5w-30 gak istimewa, tapi kok di pake di CR-V 2.0 gak susut y?

di ordometer 25.000 km dan 35.000 km ane pake castrol magnatec 5w-30 (Rp 120ribu/ lt, pembelian ke 2 kena Rp 140ribu), hasilnya cukup memuaskan, oli gak susut, ane pake sampe 10.000 km, pake ini oli mesin agak berisik, warnanya gak pekat, tarikan enteng, oli gak susut mau di bawa kebut juga (shift up di 6.500 rpm), tapi baru tau ane klo avg pake rocker arm(bener gak sih) jadi klo sekitar 30 maeit mati mesin trs idup lagi, mesin bunyi sebentar klek-klek-klek

ini ordometer mau 45.000 km, rencana ganti shell HX8 full synth 5W-30 (Rp 120ribu/lt)
http://www.shell.com/global/products-se ... 5w-30.html
minta pencerahan y?klo ada yang pernah pake tolong review, tq
Saya juga baru pertama coba SHX8
Dibanding oli lain sesama 5w-30 yg pernah dicoba (Fastron Gold, Motul, Castrol), kayanya pengurangannya lumayan tinggi.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote: Masuk bagasi Om, bisa gak yah?
Di sini oli2 high end ada yg jual kok

Amsoil ASM 0W20 ada

Royal Purple yg 5W20 juga ada kalo ga salah
Iya sih Om, tapi sebel bener sama harganya he he he. Sempet ditawarin waktu promo semua Amzoil 170rb sebotol...RP pernah ditawarin 220rb Om...kalo saya beli di singapur pas tugas RP mah 120rb doang :D. Makanya klo bisa masuk bagasi mau bawa sedus...lumayan bisa buat setaon lebih
BTW, saya baca di BiTog katanya RP cepet jadi lebih encer ...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
sanfip77
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by sanfip77 »

halo semua, saya kebetulan pakai oli honda 0-20W di alphard 2400 th 2005 saya, setelah jalan 5000 km oli tidak mengalami penyusutan dan warnanya masih kuning tidak hitam..... (lihat dari stik oli). Tanda baik atau jelek ya, Kayaknya lebih baik ganti tiap 5000 km aja biar aman :big_grin:

Apakah tempat om kompresorz mengalami hal yang sama??
alf4alf4
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 28, 2014 6:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by alf4alf4 »

imsus2c wrote:Saya juga baru pertama coba SHX8
Dibanding oli lain sesama 5w-30 yg pernah dicoba (Fastron Gold, Motul, Castrol), kayanya pengurangannya lumayan tinggi.
shell HX8, saya sudah pake di ANJ, tapi karena oli baru dipake 1500km belum bisa kasi review :e-think:
Image
http://www.shell.com/global/products-se ... 5w-30.html

klo di liat spec nya oli shell HX8 ini bisa gak di pake di ipah diesel ato psj non-VNT, yg ngerti spec nya mohon bantuan? :big_smile]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

alf4alf4 wrote: klo di liat spec nya oli shell HX8 ini bisa gak di pake di ipah diesel ato psj non-VNT, yg ngerti spec nya mohon bantuan? :big_smile]
Bisa
alf4alf4
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 28, 2014 6:44

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by alf4alf4 »

Turboman wrote:Bisa

tq om pencerahannya :big_exellent:

tanya lagi nih, klo dipake sampe 10.000km boleh gak y?? :big_childish:

juga ada beda kualitas gak?, kualitas oli dedicated untuk satu jenis bahan bakar misal hanya bensin atau diesel saja
atau oli yang bisa 2 jenis bahan bakar bensin dan diesel? :big_think:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Setau saya ada oli tertentu tertulus kok Om bisa untuk bensin dan diesel, contoh SHU AB yg saya pakai
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Sebetulnya oli mesin bensin dan Diesel PCMO (Pass Car) itu isinya hampir mirip, hanya saja di Diesel PCMO kadar antiwear, detergent dan TBN nya ada lebih tinggi sedikit

Kalau oli Diesel HDEO (Heavy Duty) itu biasanya kadar antiwear, detergent dan TBN lebih tinggi dari rata2 oli Diesel PCMO

Kalau kita breakdown komposisi suatu oli baik Gasoline / Diesel ya secara garis besar sama aja : Base Oil / detergent & Base Number controller (Ca or Ca - Mg) / antiwear (Zddp / Moly / Boron) lalu zat zat additip spt VI improver dll, beda di komposisi detergent / TBN dan antiwear aza

Kalo oli motor yg utk kopling basah nah itu ada zat Friction Modifier

CMIIW

HX8 di mobil Diesel scr teoritis bisa dipake sampe 10.000 Km atau 10 bulan yg mana duluan tercapai aja, walau mungkin ada resiko di atas 7500 Km kerasa penurunan yah

alf4alf4 wrote:
Turboman wrote:Bisa

tq om pencerahannya :big_exellent:

tanya lagi nih, klo dipake sampe 10.000km boleh gak y?? :big_childish:

juga ada beda kualitas gak?, kualitas oli dedicated untuk satu jenis bahan bakar misal hanya bensin atau diesel saja
atau oli yang bisa 2 jenis bahan bakar bensin dan diesel? :big_think: