Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ipOi78 wrote:
Stel klep sekaligus tune up pas km 35rb krn berasa mobil dah ga enak sekalian ganti oli magnatec 10 40 deh, stlah itu berasa mobil lbh halus meskipun tarikan lebih enak hx8

Nanti pas 40rb balik ke 5w 30 lagi kl gt..lebih oke mana ya castrol 5w 30 atau motul 5w 30 ya? Dua oli tsb gampang dicari dimana mana ? hx8 dan honda oli blue lebih terjangkau sebenarnya tapi kualitas apakah sama?

Dlm 6 bln mobil jalan bs 10rb km, apa bisa ganti oli interval setiap 10rb segitu?

Thx ya turboman
Kalo Castrol magnatec 5W30 vs Motul H-Tec 5w30 sih 11 - 12

tapi kalo dibanding Magnatec Professional 5W30 ya jelas unggul si M prof ini

6 buan jalan 10.000 Km bisa, asal TBN awal olinya di atas 8 dan VI tinggi......model Kendall GT1 or Mag Prof or HX8 ya bisa
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote:numpang tanya dong, ada yang tau dimana bisa dapat oli Motul dengan harga bersahabat?
DTMF ke Graha atau Sanjaya knalpot

Atrium ke Sentral, trus yg sebrangnya Sentral

Ayung - Jl Kebon Jeruk - Sentral Mas

Cuman kalo belanja yg nomor 2 dan 3 ya better cek dulu kemasannya secara teliti en pastikan asli
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@om Kompressor :
Salut utk percobaan yang "berani"

Ditunggu report kinerjanya per kelipatan 1000 Km dan bagaimana laju penguapan si Honda 0W20 ini di mesin Gasoline Turbo (yang mana oli ini hanya ddisain utk mesin Gasoline NA)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Honda di US mengeluarkan variant dgn Turbo (di Acura) dan standard olinya pun lain sendiri dibanding mesin2 Honda yg NA.......std oli yg mesin Turbo disebut HTO-6
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Turboman wrote:
ecco wrote:numpang tanya dong, ada yang tau dimana bisa dapat oli Motul dengan harga bersahabat?
DTMF ke Graha atau Sanjaya knalpot

Atrium ke Sentral, trus yg sebrangnya Sentral

Ayung - Jl Kebon Jeruk - Sentral Mas

Cuman kalo belanja yg nomor 2 dan 3 ya better cek dulu kemasannya secara teliti en pastikan asli
Thanks Om Turbo
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Numpang tanya dong, ada yang bisa kasih testi penggunaan SHU AB? kan kalo di liat itu API SH/CF, apa masih cucok dipakai di mobil2 kluaran diatas 2010?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

ecco wrote:Numpang tanya dong, ada yang bisa kasih testi penggunaan SHU AB? kan kalo di liat itu API SH/CF, apa masih cucok dipakai di mobil2 kluaran diatas 2010?
Ngga salah masih API SH, pak? :ungg:

Jadul sekali... :upss:

Sekarang saja cari oli mesin mobil yg API SJ/SL sudah susah...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Thu Mar 28, 2013 13:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Spike71 »

Om mau tanya saya ada sisa oli setengah liter dari bulan agustus 2013, apakah oli tersebut masih bisa digunakan ? Berapa lama umur oli sejak pertama kali dibuka ?

Sayang soalnya saya ganti oli 4.5 liter
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

imsus2c wrote:
ecco wrote:Numpang tanya dong, ada yang bisa kasih testi penggunaan SHU AB? kan kalo di liat itu API SH/CF, apa masih cucok dipakai di mobil2 kluaran diatas 2010?
Ngga salah masih API SH, pak? :ungg:

Jadul sekali... :upss:

Sekarang saja cari oli mesin mobil yg API SJ/SL sudah susah...
He...he..he..soalnya cari TDS SHU AB adanya yang SH, sepertinya gak mungkin yah...ini ada yang mau jual barang lama...lagi nego harga bagus buat SHU AB....kalo dapat dibawah 100rb per liter kan lumayan ...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote:Numpang tanya dong, ada yang bisa kasih testi penggunaan SHU AB? kan kalo di liat itu API SH/CF, apa masih cucok dipakai di mobil2 kluaran diatas 2010?
SHU AB harus lihat std ACEA dan MB nya.......yaitu MB 229.5

MB 229.5 = standard LongLife tertinggi dari Merc Benz di era High SAPS (sebelum masuk era Low SAPS yang diteruskan dgn std MB 229.51)

Bisa lolos MB 229.5 itu syaratnya berat sekali...........
limsandy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Tue Jun 05, 2012 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by limsandy »

Ada yg tau ngak distributor oli besar di daerah Pluit?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@mod turboman..

sebenarnya bagi saya itu bukan percobaan..teknologi baru n harga murah..nikmati n enjoy..

oh ya soal report..sampe skrg udah jalan 600 km..tadi siang kebetulan dijalan mulai tol bintara-keluar cakung cilincing(priok) sempat ketemu kawan n tes sampe lari top 180..paling sering 160-170 dengan transmisi manual kondisi gigi 3-4 dipaksa meraung mesin...sempat mau tambah kecepatan tp gak jd biar bisa barengan sama kawan lg..
mnrt saya mesin lebih halus n enteng..n oli berkurang atau tdk belum saya cek..tp di cr setelah hampir 2000km masih sama aja volumenya cek di dipstik..
tp nanti saya report lg setelah bbrp ribu km..

sbenarnya saya mau pake ke e36..tp msh malas krn gak jalan2 n belum mau tes..

tp intinya sih setelah saya pake ternyata gak ada masalah..krn itu tetap oli(kualitas top)..

*percaya atau tidak terserah*yang penting saya sudah share sebenarnya*
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Om kompresorz, oli beli di mana dan harga berapa itu?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@kompresor :
Oli buntut 20 rame direkomendasikan para produsen dan ATPM di US semata2 utk mengejar angka CAFE yg tinggi

Dgn angka CAFE yg tinggi tujuannya menarik minat konsumen dan mungkin menghindari pinalti / pajak tertentu

CAFE = Corporate Average Fuel Efficiency kalo ga salah

Jujur aja kalo ane baca2 forum di luar mengenai trend oli buntut 20 ini masih mengundang pro dan kontra di kalangan para pengamat di sana

Kalo utk oli sih dari percobaan saya sejauh ini yah, tidak dipungkiri pemeo "Ada harga ada rupa" masih terbukti, walau memang ga semua oli mahal itu benar2 istimewa

Kalo kita cari oli yg benar2 berkualitas salah satu indikasi yg bisa jadi patokan adalah feedstock yg digunakan, apakah base pilnya dr Group 2 / Group 3 / Group 4 / Group 5 atau campuran antar Group based oil

Rata2 oli yg betul kinerja tinggi menggunakan base Group 4 or mix group 3 dan 4 or mix Group 4 dgn srdikit Group 5, terlepas dr viskositasnya

Group 2 = mineral
Group 3 = mineral yg di Hydrocrack sehingga VI nya jadi tinggi
Group 4 = PAO
Group 5 = Ester based
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by eksodan »

c_adhi_k wrote:udah pernah nanya belum ya
kalau toko oli rekomendasi di jogja dimana om? :mrgreen:
rekomendasinya murah dan asli om?
coba ke kusuma ban jogja, jalan wonosari km 4,5 om. depan garasi trans jogja.
disana murah (menurut sy), meskipun tidak terlalu lengkap sih.. :mky_03:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

ecco wrote:Om kompresorz, oli beli di mana dan harga berapa itu?
beli di toko part honda(cari yg meyakinkan jualan gak ada part palsu)...terakhir saya beli 400rb/galon..krn rencananya akan ada kenaikan 10 persen..
atau beli aja di beres honda..boleh kok.120rb/liter(klo blum naik)..belum ppn..atau cari aja merk mazda,mitsu,klo emang pemasoknya dr idemitsu..
klo di toko part honda ganti oli cm kena ongkos 10rb..kasih aja tips 20ribu..msh lebih murah dr toko bmw-merci.. :e-snooty:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@mod turboman...

ya saya emang baca jg soal spek grup oli..di web sainz..
bukan saya sok pintar..cm saya dr pengalaman sendiri aja..

ya dr oli kental n encer..cm beda kinerja mesin saja lebih enteng..tp fungsinya sama2 melumasi mesin(NA n turbo)..yg penting oli asli n baru..

saya pernah pake mobil 1 0-50..rasanya lebih mantap 0-20..

ya tp saya sudah tes sampe lari 180..n sampe skrg gak ada masalah..

saya gak pernah tertarik merk oli mahal n spek 1..kecuali mobil saya GTR..
sbenarnya saya lebih senang oli pertamina n seandainya bisa lebih murah..

nanti saya report n foto kilometer setelah bbrp ribu km...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Ngomong2 soal 0W20, ogut sendiri juga sedang persiapan mau coba di mesin R20A nihh......xixixixixixixii

Di buku anual R20A ogut gak tertulis sampai 0w20, cuman krn ngeliat r20A yg baru bisa pake 0w20 an di US mesin2 Honda dari dulu pake 5W20 termasuk saat summer, jadilah ane berani mencoba......hehehehehe

Sengaja belinya Mazda punya since baca2 di VOA nya di US si oli Mazda ini kandungan antiwear-nya paling tinggi di antara oli2 0w20 lain....tapi yg versi API SN ya....sedangkan di kita masih yg SM, setidaknya yah masih lumayan lah.......xixixxiixixi

@um kompressor :
Sip ditunggu reportnya um
:big_exellent:

Kalo bisa sekalian oli bekasnya nanti kita test di lab (jika you berminat), saya bersedia patungan biaya test lab......pengen tahu hasil akhirnya spt apa.....heehhehee


IMO:
Utk mengetahui kinerja oli yg paling akurat sih enaknya test lab......ibarat manusia test darah, seseorang terlihat sehat belum tentu hasil test darahnya semua parameternya bagus........heheh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Makasih Om kompresorz,

wah ini pada main buntut 20 nih, mau ikutan tapi buntut 30 di rumah masih 6 botol...hiks...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Jambangan »

Ane msh setia ama buntut 30. Soalnya di buku manual ga diijinkan pake oli lebih encer dari buntut 30 :D
Pake motul h-tech :D
Tapi makin mahal di SnD :e-doh:
Pengen ganti HX8. Mayan miring harganya :mrgreen:
Di SPBU shell jual HX8 ga ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

ecco wrote:Makasih Om kompresorz,

wah ini pada main buntut 20 nih, mau ikutan tapi buntut 30 di rumah masih 6 botol...hiks...
Kalo kita lebih banyak stop n go dan kualitas BBM gak tentu, saya pribadi lebih prefer 0W30 instead of 0W20

Again, kalo baca2 di forum luar, 0W20 sendiri masih mengundang pro dan kontra oleh para ahli

Trend 0W20 dan yg akan dilanjutkan oleh 0W16 (proposal utk ILSAC GF-6) semata2 utk ngejar faktor efisiensi BBM sja, kalo bagi ATPM mobil di US mereka mengejar angka CAFE yg tinggi

Soal keawetan mesin dibanding oli buntut 30 ? Nah ini tetap masih tanda tanya

Perlu diingat bahwa oli buntut 30 pun seiring berjalannya durasi Km di mesin, lama2 dia turun jadi buntut 20 gede

Nah yg saya pribadi masih tanda tanya besar = oli 0W20 kalo dipake lama then SAE turun ke........SAE 10 kah ???

Sy pribadi mau test 0W20 juga mungkin pake nya ga lama, udah siap2 kalo perlu ganti di 5000 Km ajah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Jambangan wrote:Ane msh setia ama buntut 30. Soalnya di buku manual ga diijinkan pake oli lebih encer dari buntut 30 :D
Pake motul h-tech :D
Tapi makin mahal di SnD :e-doh:
Pengen ganti HX8. Mayan miring harganya :mrgreen:
Di SPBU shell jual HX8 ga ya?
Hehehe

Ya jangan beli di SnD atuh...........di DTMF / Toda / toko2 oli yg trusted aja
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Jambangan »

Turboman wrote:
Jambangan wrote:Ane msh setia ama buntut 30. Soalnya di buku manual ga diijinkan pake oli lebih encer dari buntut 30 :D
Pake motul h-tech :D
Tapi makin mahal di SnD :e-doh:
Pengen ganti HX8. Mayan miring harganya :mrgreen:
Di SPBU shell jual HX8 ga ya?
Hehehe

Ya jangan beli di SnD atuh...........di DTMF / Toda / toko2 oli yg trusted aja
hehe.. iya om
abis SnD deket rumah sih makanya selama ini ganti di SnD terus :D
tapi makin lama makin ga masuk akal harganya :e-doh:
ntar ganti di toda aja dah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Jambangan wrote: hehe.. iya om
abis SnD deket rumah sih makanya selama ini ganti di SnD terus :D
tapi makin lama makin ga masuk akal harganya :e-doh:
ntar ganti di toda aja dah
SnD murah kalau pas mereka ada promo kerjasama ama vendor oli / aki.....di luar itu mah udah dah

Yg bikin mrk mahal krn modern shop, mrk harus jual dgn PPN, trus barang resmi dr distro dan mrk set standard profit margin / atau setting harga mungkin ada kebijakan dr management pusat SnD (SnD khan franchise)

Beda ama toko oli individual yg jualannya lebih flexible
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@bro ecco...
sama2...

@mod turboman...

sebenarnya saya gak mau repot..
cm saya usahakan penggantian oli berikutnya ambil 1 botol akua...tp lokasi tes lab dmana,apa yg diajukan tuk hasil tesnya,brp biayanya..
klo daerah bsd serpong dimana ya...