Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang.

Post by dodododo »

Dear all.
Salam Kenal...
Saya newbie disini......
Sering liat liat postingan di serayamotor.

Kali ini saya ingin menshare dan bertanya kepada suhu suhu disini mengenai System pendingian engine mobil non Jepang yang menurut saya kurang cocok diterapkan di daerah tropis.

Seharusnya saat ada rencana ATPM memasukkan mobil tersebut ke Indonesia pada khususnya , harus ada modifikasi dari pabrikan mengenai masalah cooling system tersebut.

Tapi entah kenapa sampai saat ini hal tersebut tidak dilakukan.
Padahal pada kenyataannya , dilapangan banyak sekali kerusakan yang disebabkan oleh kelemahan cooling system tersebut yang tidak pas diterapkan di daerah tropis dengan suhu yang relatif lebih tinggi daripada di negara asalnya.

Mohon maaf kalau ada kesalahan Newbie , mohon dikoreksi.

Kerusakan yang sering saya temui adalah berkisar di masalah :
1. RADIATOR dan
2. THROTLE BODY COOLANT HEATER.

1. RADIATOR :

Banyak saya temui dilapangan , Kebetulan saya juga mantan pengguna mobil Hyundai Trajet dan Chevrolet.

Kerusakan yang sering terjadi adalah jebolnya radiator dan reservoir. Ini disebabkan oleh tekanan dan temperature yang tinggi.
Biasanya kerusakan terjadi di kisaran usia mobil 3 s/d 4 tahunan ( case by case tergantung pemakaian ).

Ternyata penyebabnya adalah system cooling system tertutup , tidak ada pelepasan panas atau tekanan seperti mobil jepang. Biasanya dengan mudah bisa kita jumpai pada tutup radiator mobil Jepang yang memiliki kode angka 0.9 s/d 1,1 ( entah itu satuannya psi atau atm , moon koreksi ) , dan saluran ke reservoir tank yanng berhubungan dengan udara luar.

Image


System terbuka pada mobil Jepang tersebut , terbukti ampuh dan sangat awet dibandingkan system cooling tertutup pada mobil korea , amerika atau eropa.

Image

Pada mobil Blazer kerusakan sering terjadi pada jebolnya plastik reservoir , karena tidak kuat menahan panas dan tekanan tertutup. Demikian juga saya jumpai pada mobil hyudai , chevrolet spark atau daewoo matis.

Dan itu terbukti di bengkel2 dan toko2 spare part yang mengatakan bahwa reservoir tank adalah dapat dikategorikan sebagai FAST MOVING SPARE PART alias part yang paling sering rusak pada Hyundai trajet.

Khusus pada blazer , saat menempuh 80.000 km saya pernah melakukan turun mesin setengah ( hanya membuka head silinder ) , ternyata kondisi packing engine hampir rusak, disebabkan oleh tekanan coolant yang besar. ( Mohon koreksi pengguna lainnya ).

2. THROTLE BODY COOLANT HEATER.
Ini saya temui di chevrolet Spark.
Dimana check engine menyala.
Setelah didiagnosa penyebabnya adalah adanya HEATER COOLANT pada Throtle Body , yang menyebabkan saat kondisi temperatur tinggi dan macet2an , TB menjadi terlalu Panas. Akibatnya ada sensor di TB yang error.

Gambar TB Heater pada nissan di luar negeri :
Image

Throttle body heater bypass

Cold air induction kits work pretty well but you need to do your homework first. A lot of cars have throttle body heaters, whereby coolant from the engine is circulated around the throttle body casing. The idea is to warm up the throttle body to prevent icing in cold weather. The problem is that these systems are hard-wired and don't take account of external air temperature, so even in the heat of summer, hot coolant is routed around the throttle body. This is a problem for CAI kits because you've gone to all the trouble of putting a nice kit in to suck cooler air into the engine, but at the final hurdle it runs through a 75°C throttle body which heats it up again, negating the whole point of the CAI kit in the first place. The solution to this is a throttle body heater bypass, which essentially involves pulling the coolant hoses off either side of the throttle body and patching them together with a length of copper pipe and two hose clamps. When you do this, the throttle body stays at ambient temperature and the CAI kit gets a chance to do its job. The only downside to this is if you live in a cold, humid climate, you might suffer from icing in the winter. But hey - if you do, reconnect the coolant hoses for the winter...


sumber : http://www.sr20-forum.com/naturally-asp ... ypass.html


System radiator tekanan tinggi dan pemanas TB tersebut kalau diaplikasikan pada kondisi tenperatur rendah seperti di amerika atau eropa , apalagi di daerah bersalju SANGAT TEPAT.

Tetapi sebalikknya kalau diaplikasikan pada kondisi panas TROPIS , kurang tepat.
Seharusnya ada modifikasi dari pabrikan sebelum memasarkannya di INDonesia.


berikut ini adalah komparasi coolant bypass dan tidak pada uji coba mesin dino:
Image

sumber : http://www.ws6.com/mod-8.htm

Terlihat bahwa tenaga saat coolant di bypass mengalami peningkatan , demikian juga dengan torsinya.

Bisa dibayangkan saat coolant sangat panas akibat suhu tinggi dan macet seperti di jakarta, mengaliri throthle body. TB akan sangat panas. Padahal kondisi udara dan mixture yang dingin , lebih padat dan tenaga yg dihasilkan lebih sempurna.

berikut adalah gambar engine bay chevrolet spin.
Saya prediksi akan menjadi permasalahan klasik mobil ini. Yaitu Radator dan Reservoir sering rusak....



Mohon maaf kalau ada kesalahan mohon di koreksi....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by Turboman »

Lah Radiator Ipah / 42ner / HiLux D4 D khan sistem Pressurized juga kayak BMW

Aman2 aja tuh biar dah ratusan ribu Km
* Bukan ajakan Beli *
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

Waduh. Kalau inova saya nggak tahu om. Kalau avanza sih sama kayak mobil jepang pada umumnya....

Kalau problem yang saya temui pada Hyundai trajet , blazer ama chevy spark Om....

Yang lain yg punya pengalaman monggo di sharingkan ya...............
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by kompresorz »

tp saya awet loh di mbil eropa saya..lewat 5 tahun km 100rban
cm emang saya jg heran knp gak ada pelepasan uap ya...dibmw apalg klo isi/tambah air harus di bleding spy gak masuk angin biar gak overhead...merepotkan...saya pernah dijelasin mekanik tp saya lupa...
tapi saya gak pernah rusak di plastiknya...biasanya krn pipa kisi2 yang merembes ato mampet..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by DOHC »

kalo yg ane tangkep.. (imaly, cmiiw)..

yg mau di tekankan pada TS adalah soal dmana ga ada lubang hawa nya pada reservoir coolant tsb... yg dimana pada umum nya mobil2 jepang ada lobang hawa udara dari luar.. sperti di ipah dan apansa dkk..

kalo ga ada lobang hawa tsb, tekanan jadi super tinggi, ditambah cuaca tropis, maka jebol lah si radiator...

nah kalo seandainya persoalan nya hanya masalah lobang udara tsb, maka tinggal di DIY aja kali yah, buat bolong di kepala tabung reservoir.. beres.. cmiiw lagi..

sdikit OOT...
kayanya soal coolant yg kelewat panas agak ngaruh ke mesin jg dehh, skrg lipina ane lg ane uji coba dgn tanpa coolant kimiawi sama sekali.. cuman ane isi kan air suling murni... uda ane coba jalan sminggu ini dgn bensin pertaplus atau vpower... hasil nya glitik ilang nyaris total dan tarikan bener2 membaik.. cuman kalo pas cold start, ntuh lampu radiator nya yg biru koq lama bener yah mati nya.. :e-think: :e-think: minggu depan mau coba full premium, kalo ternyata membaik jg ketimbang dulu waktu pake coolant concentrate 50:50.. yahh ane lanjutkan aja pake coolant air suling murni ini..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by y_anjasrana »

pernah kejadian pd atoz, entah knp radiator bocor pas di jalan. efeknya sampai merusak sensor2 di trottle body. sensor idle speed sampai pecah lalu ada satu sensor lg hrs ganti. sampe sbelum baca trit ini ane msh bingung apa hubungannya radiator bocor dgn sensor rusak. saat itu jika mesin dinyalakan rpm melonjak tinggi.
Accurate V5 Accounting System Consultant
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

DOHC wrote:kalo yg ane tangkep.. (imaly, cmiiw)..

yg mau di tekankan pada TS adalah soal dmana ga ada lubang hawa nya pada reservoir coolant tsb... yg dimana pada umum nya mobil2 jepang ada lobang hawa udara dari luar.. sperti di ipah dan apansa dkk..

kalo ga ada lobang hawa tsb, tekanan jadi super tinggi, ditambah cuaca tropis, maka jebol lah si radiator...

nah kalo seandainya persoalan nya hanya masalah lobang udara tsb, maka tinggal di DIY aja kali yah, buat bolong di kepala tabung reservoir.. beres.. cmiiw lagi..

sdikit OOT...
kayanya soal coolant yg kelewat panas agak ngaruh ke mesin jg dehh, skrg lipina ane lg ane uji coba dgn tanpa coolant kimiawi sama sekali.. cuman ane isi kan air suling murni... uda ane coba jalan sminggu ini dgn bensin pertaplus atau vpower... hasil nya glitik ilang nyaris total dan tarikan bener2 membaik.. cuman kalo pas cold start, ntuh lampu radiator nya yg biru koq lama bener yah mati nya.. :e-think: :e-think: minggu depan mau coba full premium, kalo ternyata membaik jg ketimbang dulu waktu pake coolant concentrate 50:50.. yahh ane lanjutkan aja pake coolant air suling murni ini..
masalah DIY : saya setuju sekali.....
Mungkin ada yang pernah melakukan bisa sharing disono monggo....

Coolant yang kelewat panas , saat melewati TB maka akan meningkatkan suhu TB secara signifikan , bahkan saat kondisi macet bisa merusak sensor seperti yang dialami bung anjasrana....dengan Hyundai atoznya.

Tidak semua mobil mempunyai TB Heater. Sepengetahuan saya semua mobil hyundai memilikinya.
Atau Honda varian tertentu terutama yang built up juga memilikinya.

TB heater itu berguna untuk menghangatkan suhu TB pada daerah bersuhu dingin atau bersalju.
Sebenarnya cara sederhana adalah dengan membypass TB heater tersebut menggunakan pipa dan klem.

Mengenai Penggunaan air suling pada livina , memang bisa menurunkan suhu mesin. Karena Heat transfer air murni adalah yang paling baik. Mungkin itu pula yang menyebabkan ngelitik hilang drastis.
Cuma , kemampuan melindungi karat yang tidak baik.

Mungkin Judul yang saya bikin kurang tepat ya. Seharusnya diganti.......


Mengenai tabung reservoir chevrolet SPIN : feeling saya kelemahan mobil ini ada di reservoirnya CMIIW.
Berbahan plastik semi bening dan tipis , dialiri coolant yang panas dan bertekanan tinggi , lama lama jebol juga.....seperti punya blazer dan trajet. Ciri2 kalau akan jebol adalah warnanya semakin menguning.... Tidak lama kemudian siap2 deh air akan muncrat dari reservoir.

Mungkin hal inilah yang menyebabkan pomeo mobil eropa rentan Overheat ya ??? Saya sendiri tidak pernah memiliki mobil eropa. Tapi kalau membaca dari ulasan2 majalah majalah atau di group2 pengguna mobil tersebut , rata rata menyatakan bahwa harus selalu waspada dan sering2 mengecheck kebocoran system pendingin.....

CMIIW
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by Jambangan »

Dulu ortu pernah pake blazer '96 masalahnya jg di radiator
Pernah lagi jalan sekeluarga malem2 tiba2 dari kap mesin keluar uap air (kyknya overheat nya dah lama tapi bokap ga ngeliat jarum temperatur)
Pas kap mesin dibuka nyembur itu uap dari tutup radiator. Air di tabung reservoir ampe kering. Berarti dah parah bocornya
Ane kurang tau pasti dimana kebocorannya soalnya waktu itu msh kecil msh SD kelas 2 :mky_01:
Padahal mobil waktu itu ga tua2 amat. Baru jalan 4 tahun. Kejadian tahun 2000
kyknya cuma blazer ini yg masalahnya di radiator. Mobil ortu ane yg lain ga pernah ada masalah di radiator. Padahal kadang ane suka liat beres nyampur air keran biasa ke tabung reservoir ampe ane jual tuh mobil ga ada masalah di radiator
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by ricz »

Krista 2001 py tante gua diisi air keran tuh radiatornya, gk ad masalah.. Padahal jalur yg dilewati biasany jalur AKAP...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by asudarsono »

Dari pengalaman saya, sepertinya mobil Jepang memang lebih suka air murni, suling, destilasi dll. Sedangkan mobil Eropa lebih cocok pakai air radiator konsentrat 50:50. Walau air radiator di mobil Jepang berwarna warni namun saya liat cukup encer. Jadi saya rasa setidaknya 75% air.

Semua sistem pendingin air juga bertekanan, digerakkan oleh pompa air. Memang ada yg open loop, ada yg closed loop. Kalau sistem satu dimodif ke sistem yg lain, adanya air akan berkurang terus.

Contohnya, tutup radiator Jepang harganya murah sekali, sering digunakan mengganti tutup radiator mobil Eropa. Sayangnya tutup radiator Jepang akan melepas tekanan pada tekanan yang terlalu rendah, dan akibatnya pertama air radiator keluar dari tutup radiator, kedua tekanan sistem pendingin terlalu rendah. Keduanya menyebabkan suhu mesin melejit.

Kalau mengenai penyaluran air radiator ke throttle body, menurut saya itu teknologi tahun 80an untuk menurunkan emisi gas buang. Menurut saya juga teknologinya udah ketinggalan jaman dan terlalu kompleks.

Kembali ke reservoir, di mobil Eropa memang jarang ada, karena sifatnya yg bertekanan tinggi. Ini tidak perlu ditakutkan sebagai gak cocok buat tropis. Memang pada dasarnya air radiator mobil Eropa sedikit saja, kenapa harus banyak2? Yg penting khan pelepasan panasnya, kenapa harus bawa air berat2?

Banyak memqng bengkel yg mengatakan bahwa radiatornya bocor, namun sering itu cuma bengkel "kurang kerjaan". Kalau radiatornya bocor, mobil dihidupkan idle sampai suhu kerja, pasti kita akan segera melihat air radiator keluar membasahi lantai.
Ready to Race
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

y_anjasrana wrote:pernah kejadian pd atoz, entah knp radiator bocor pas di jalan. efeknya sampai merusak sensor2 di trottle body. sensor idle speed sampai pecah lalu ada satu sensor lg hrs ganti. sampe sbelum baca trit ini ane msh bingung apa hubungannya radiator bocor dgn sensor rusak. saat itu jika mesin dinyalakan rpm melonjak tinggi.
Saya pernah menemui overheat yang terjadi pada Hyundai Santa Fe lama. Overheat terjadi kerena matinya Fan Radiator.
Mobil langsung mati total dan nggak bisa di starter.

Setelah di scanning ( engine scanner ) ternyata terdapat banyak kode error pada sensor2nya yang ter record di ECU.

Kode error itu yang menyebabkan mobil tidak bisa hidup kembali.

Akhirnya Fan diganti baru. Dan cukup di reset / di Erase saja Kode error tersebut.

Mobil kembali jalan, sehat wal afiat.

Kode error juga saya temui di new avanza gress keluar dari showroom. Prediksi saya kode error terjadi saat pabrikan memasang sensor dan mengeceknya satu persatu , tapi lupa menghapus kembali database error tersebut.

Sama sekali tidak mempengaruhi mesin. Hanya berupa records saja.....


Yang dialami oleh bro Jambangan sama persis dengan yang saya alami dengan Blazer .
Cooling system blazer memang memiliki kelemahan itu. Tutup radiator kanan kiri yang terbuat dr plastik wajib diganti dengan tembaga. Perhatikan juga gesekan radiator dengan body atau fan. Ini juga bs menyebabkan kebocoran...

Lalu , Tanki reservoir wajib diganti antara 3 s/d 4 tahunan , terutama kalau warnanya sudah menguning..., tinggal nunggul mbleduk...atau bocor halus...

Pengisian air ledeng untuk radiator krista Bro RCZ memang tidak langsung memberikan masalah pada colling system.
Tetapi menginjan usia 10 tahun saya yakinn sudah terjadi korosi parah di radiator.
Mungkin radiator sudah berkali2 bocor dan bolak balik ditembel di bengkel tapi bro ricz tidak mengetahuinya hehehe.............

Ini korosi yang terjadi pada head silinder accord executive 1984 yang mengalami kebocoran kompresi...
Terlihat air ledeng sudah mengikis saluran air...
Pada usia 20tahunan , penggunaan air ledeng ibarat kangker sudah menggerogoti mesin , bukan
hanya radiator.

Kalau head silinder bisa dipapas sih nggak masalah.

Tapi kalau nggak bisa karena terlalu parahnya korosi , mesin menjadi useless dan wajib ganti mesin. Dan ini sudah banyak terjadi pada mobil2 lama. CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

asudarsono wrote:Dari pengalaman saya, sepertinya mobil Jepang memang lebih suka air murni, suling, destilasi dll. Sedangkan mobil Eropa lebih cocok pakai air radiator konsentrat 50:50. Walau air radiator di mobil Jepang berwarna warni namun saya liat cukup encer. Jadi saya rasa setidaknya 75% air.

Semua sistem pendingin air juga bertekanan, digerakkan oleh pompa air. Memang ada yg open loop, ada yg closed loop. Kalau sistem satu dimodif ke sistem yg lain, adanya air akan berkurang terus.

Contohnya, tutup radiator Jepang harganya murah sekali, sering digunakan mengganti tutup radiator mobil Eropa. Sayangnya tutup radiator Jepang akan melepas tekanan pada tekanan yang terlalu rendah, dan akibatnya pertama air radiator keluar dari tutup radiator, kedua tekanan sistem pendingin terlalu rendah. Keduanya menyebabkan suhu mesin melejit.

Kalau mengenai penyaluran air radiator ke throttle body, menurut saya itu teknologi tahun 80an untuk menurunkan emisi gas buang. Menurut saya juga teknologinya udah ketinggalan jaman dan terlalu kompleks.

Kembali ke reservoir, di mobil Eropa memang jarang ada, karena sifatnya yg bertekanan tinggi. Ini tidak perlu ditakutkan sebagai gak cocok buat tropis. Memang pada dasarnya air radiator mobil Eropa sedikit saja, kenapa harus banyak2? Yg penting khan pelepasan panasnya, kenapa harus bawa air berat2?

Banyak memqng bengkel yg mengatakan bahwa radiatornya bocor, namun sering itu cuma bengkel "kurang kerjaan". Kalau radiatornya bocor, mobil dihidupkan idle sampai suhu kerja, pasti kita akan segera melihat air radiator keluar membasahi lantai.

Throtle Body Heater memang teknologi lama yang masih terus dipakai hingga saat ini terutama untuk mobil di daerah bersuhu dingin....
Saya search di google ternyata banyak yang bermasalah dengan TB heater dan menginginkan di bypass.
Apalagi kalau di aplikasikan di Indonesia , saya yakin TB heater justru membuat masalah.




Semua reservoir tank saya rasa ada di mobil eropa. Sori saya nggak pernah punya mobbil eropa. Saya cari foto di google
Image

itu foto reservoir tank bmw 525i 2002 sumber http://www.carpartsdiscount.com/auto/pa ... 593=262572

Ternyata setelah saya search di google , reservoir tank termasuk part yang sering bocor ( pada e46 n 42 ) sumber : http://www.modifikasi.com/archive/index ... b2ed59af1f


ada yang bisa sharing monggo...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by DOHC »

sbeenernya throttle body heater itu konsep nya coolant yg melewati TB itu sendiri kann.. cuman beda nya kalo mobil pake heater maka si coolant ada ngelewatin heater baru masuk ke siTB itu... cmiiw dan imaly..

nahh kalo konsep coolant yg ngelewatin TB itu sehh di banyak mobil uda mengaplikasi kan nya yahh.. di ferio ane, lipina, ipah ampe apanja ane jg ada... cuman di kisup babe ane aja yg ga ada bgituan..

mengenai soal coolant, kemungkinan utk mencegah timbul nya karat atau endapan kerak, ane mungkin akan campurin dikit concentrate coolant...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

Yang saya masih kurang ngerti , apa mungkin ada termostat yang mengalirkan coolant ke TB saat mesin dingin , dan menutup saat mesin panas ?

Kerusakan pada Chevrolet spark bisa jadi termostatnya rusak atau telah dilepas , sehingga coolant panas selalu mengalir ke TB dan membuat kacau ?

Mungkin ada yang pernah mengalaminya ???

Mengenai Pemanas coolant sebelum masuk TB saya juga kurang tahu...

Yup bro. Ferio matic memang mengaplikasikan TB heater.

Sementara untuk accord lama , coolant memang melewati TB tapi bukan berfungsi sebagai pemanas. Tapi untuk menaikkan iddle rpm saat dingin , pada part Fast iddle speed.


CMIIW
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by ZombiEE »

Thread yang bergizi nih..numpang nyimak oom...
salam kenal oom dodododo :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26948
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by DOHC »

kalo yg ane tau sehh... pas cold start, ntuh selang2 coolant di TB paling cepet panas... cold start, barang beberapa detik jg uda panas tuh selang2 coolant.. mau di mobil apa aj jg kejadian nya gt.. bearti kayanya gt waterpump muter, ntuh coolant jg uda otomatis lewatin selang2 coolant di TB tsb... imaly..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by asudarsono »

Ya om dodododo, Tadinya air pendingin buat buka choke otomatis. Tapi kalau aku bilang cuma bikin rumit. Tinggal tunggu bocor / macet
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22003
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by Turboman »

FYI :
Mesin xKD-FTV mau di Ipah / 42ner / HiLux radiatornya model spt BMW semua tuh om (sistem Pressurized)

Image

Monggo dihitung populasi 42ner D4 D di Thailand + Indo + Pilipino itu berapa, belum lagi Ipah D4 D di Indo, belum lagi HiLux D4 D di Thailand & negara2 ASEAN lainnya.

Kok gak pernah ada masalah tuh yah ?

Kalo di Ipah D4 D paling kalo dah 5 th. lebih waterpump yg rembes.

IMO :
Kalo Pressurized radiator ada problem / engga, kembali ke kualitas materialnya aja atau Mis-use dr user, mengisi sampai melebihi batas F.

Just IMO & CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
dodododo
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Mar 11, 2013 1:28

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by dodododo »

Ya bener om Turbo . Kembali ke Kualitas.
Berarti. Gak bisa dipungkiri. Semakin besar tekanan , harus semakin tebal dan baik kualitas Part2 cooling systemnya.
Kalau enggak , rawan jebol atau rembes seperti yang terjadi pada merk2 yang lain.

Btw ada nggak ya yang tahu berapa perbedaan tekanan antara system pressurized vs system biasa ?
Saya pernah membaca tekanan di tutup reservoirnya , tetapi lupa ? :ungg:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by asudarsono »

Saya baca 0,6 - 1 bar, tapi lupa baca di mana.

Emang waterpump Toyota dan radiator reservoir BMW terkenal, udah banyak diulas. Saya pribadi selalu ganti waterpump tiap 100.000 km, semua merk mobil. Udah terlalu sering Toyota2ku overheat cuma karena fuel pump rembes. Akhirnya jadi SOP semua mobil.
Ready to Race
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Potensi Kerusakan Engine Cooling System Mobil Non Jepang

Post by y_anjasrana »

ane pernah ngalamin di apanja. waterpump rembes. utg ketauan dr warna coolant. bagusnya desain apanja, posisi waterpumpnya didepan jd gampang diganti
Accurate V5 Accounting System Consultant