Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Dino_lowrider wrote:coba bro risol cari. katanya semenit udah dapat berita berita tentang bobroknya mobil2 mercedes atau toyota...
Kalau memang ada coba copas di forum ini....

Lalu kita bahas bersama...heheh :big_weee:
gampang bro, masuk aja www.google.com
Masukkin keyword "Mercedes benz problems", click Search button....banyak deh entar ente bisa liat sendiri satu2 :mrgreen:
Kalo mao liat problem yg specific, tinggal tambahin di keywordnya, misal "Mercedes Benz cooling problem", "Mercedes brake problem"....ada semua hehehe...

Selain google (yg umum), kalo mao lebih specific silakan ngubek2 forum spesialis mercy kaya: mbworld.org, benzworld.org, dll....

atau kalo mao silakan ke forum2 otomotif kaya roadfly.com, edmunds.com...disitu juga bisa dilihat segudang masalah MB.

Intinya adalah kalo karena ada yg komplain maka merek mobil yg bersangkutan bisa langsung disebut sampah, maka semua merek mobil adalah sampah karena engga ada satu merek mobil pun yg bebas komplain...gitu lho :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
hahaha ada lagi tuduhan yg begini....emang susah kalo udah antipati sama satu merek, apapun itu pokoknya jadinya salah aja :mrgreen:
mata dan logika jadi 'buta' deh :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

personal wrote:
Risol1 wrote:
Dino_lowrider wrote:Nih fakta : heheheh

http://oto.detik.com/read/2012/04/23/14 ... udi-ashari

Jakarta - Pemilik BMW Z4, Iswahyudi Ashari, telah melaporkan kasus pencemaran nama baik dirinya yang diduga dilakukan oleh Presdir PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.
..
Kalo ente mao pake fakta ini atau bukti ini sebagai supporting evidence untuk bilang "BMW mobil bobrok" atau "BMW sampah kualitasnya dibanding mercedes", maka ente kurang tepat.

Kalo fakta ini atau bukti ini mao dipake, mustinya statement anda bilang gini: "SEMUA mobil adalah mobil bobrok" atau "BMW sama bobrok atau sama sampah nya kaya Mercedes".......kalo ente bilang spt ini, nah itu baru bener.
Karena kalo ane mao cari contoh2 spt ini, semenit pun ane bisa posting disini banyak contoh2 mercedes yg rusak, diluar atau dalam negeri.
Gak cuma mercedes atau BMW, merek2 yg terkenal reliable kaya toyota pun buanyak.... :mrgreen:

Ane sebenernya nyari reason yg specific kenapa ente dengan sangat yakinnya bilang BMW = sampah atau rongsok. Semestinya, kalo orang udah dengan sangat yakin bisa mengutarakan statement spt ini, dia juga punya alesannya (semestinya lho..... bukannya ngomong dulu, jelekin dulu baru mikir apa ya alesannya :mrgreen: )

Nih ane kasi contoh:
Kalo ada yg bilang 1970s Ford Pinto gak aman karena gampang kebakar kalo mobil ditabrak dari belakang, maka alesannya adalah sebagai berikut:
1. Karena gas tanknya berada tepat dibalakang rear bumper, jadi kecelakaan kecil pun (sundulan pelan) dari belakang langsung meng-impact gas tank
2. Karena gas tank terbuat dari material yg kurang bagus sehingga gampang rupture (jelasin seh bahannya gimana.....)

Nah alesan gini yg ane cari....terbukti atau engga alesan tsb, gak gitu penting. Yg penting mana alesannya :mrgreen:
Alesan knapa orang cenderung ''ngebela'' brand tertentu;
- Beliau lagi dan masih akan meliara brand tersebut dan lagi ga ada masalah.
- Dulu waktu ngambil unitnya dianterin sendiri ama salesnya yang naudubile cakepnya.........

Nah alesan knapa ''antipati'' ama bran tertentu:
- Pernah punya masalah ama unit yang lagi dipelihara, dibawa keberes malah dijutekin.
- Pas pede kate ama inceran, eh malah ditampar di depan mobilnya...........

@Risol(es)1; Tanpa tanya knapa, kita sudah tau alesannya dari cara beliau nulisnya.
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
haha...gakpapa bro, jadi rame SM :mrgreen:

Emang gak papa sih kasih statement tanpa alesan yg make sense, tapi kalo buat ane pribadi, kasi alesan yg masuk akal itu sama aja artinya dengan menghormati lawan bicara kita.
Kalo kita kasi alesan yg masuk akal (alesan yg udah dianalisis) artinya kita menganggap lawan bicara kita adalah sejajar dari segi intelektualnya.
Kalo cuma kasi statement doang tanpa alesan yg jelas, jadinya seperti ngomong: 'udah terima aja deh statement gw, gak usah dipikir lagi masuk akal atau tidak...biarin urusan mikir kasi ke gw, kamu cuma terima aja'.... gitu aja sih....

Kaya provokator gitu, dia bilang bakar A bakar B....kita2 cuma diharuskan ikutin perintah, pas kitanya tanya "kenapa saya harus bakar gedung A?", dia gak bisa jawab :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

iwang wrote:sulit pak untuk start stop di transmisi otomatis..karena musti disconnect transmisi, dan begitu start tetep musti priming hydraulic systemnya. makanya respon nya jadi lama..belon lagi kongsumsi listrik jadi boros,akhirnya nambahin sirkuit monitoring kongsumsi listrik, tambah ruwet ga keruan. mau di tropis atau tidak sama aja - cuma ngejer rating CAFE aja. saya rasa sih useless. dan lagi cranking on & off kan menambah wear & tear.
Obama bilang thn 2025, CAFE harus 54.5
makanya kalo ada duit, ambil mobil V8 aja deh sekarang puas2in sebelum punah :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia.
Gak usah dikit2 bawa2 sales. Sales itu cuma sebuah profesi dan tidak identik dengan kata konyol :mrgreen:

Sabar2.....ada penelitian yg mengatakan/menyimpulkan bahwa kalo orang udah ketauan belangnya atau udah keliatan omdo-nya, maka yg digedein tinggal marahnya doang :mrgreen:

ngomong2 ttg "konyol", biasanya "comment yg konyol" itu identik dengan comment yg gak tepat (false, cenderung pembohongan publik), comment yg cuma ngomong doang (gak ada bukti), comment yg terlalu hiperbola mengagungkan suatu merek tertentu, dll....ya ngga?

Nah sekarang ane tanya, comment ane dimana yg masuk ke salah satu kategori diatas? coba ditunjukkan....

Kalo sebaliknya ente yg nanya ane, ane bisa tunjukkin disini....hehehehe....

Nah sekarang jelas kan, siapa sebenernya yg konyol? :big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia. Kenapa 2nd BMW hancur jatuh bebas? Ya karena emang sampah dibandingkan dengan mercy yg harganya stabilll.
Ngomong2 ttg statement anda ttg resale value BMW, ada bbrp faktor yg pengen ane share:

1. Reliability memang adalah salah satu faktor besar yg menentukan harga resale sebuah mobil, TAPI ini bukan faktor satu2nya.
Faktor2 lainnya adalah misalnya harga baru mobil tsb (mercy biasanya lebih mahal dari bimmer untuk tipe yg sama), kondisi mobil (dirawat atau engga, servis record lengkap atau engga, dll), tahun dan generasi mobil (2005 3 series mungkin harganya sama dengan 2005 c class karena saat ini 3 series baru keluar, sedangkan 2001 3 series harganya dibawah 2001 c class karena c class baru keluar saat itu), dan faktor2 lainnya.

2. Semakin kemari, hampir semua merek2 mobil (terutama sesama jerman) udah catched up dengan overall kualitas mercedes yg terkenal superb di jaman2 jadul. Kalo overal quality hampir2 sama, maka reliability, durability parts2, fitur2, dsb nya akan otomatis ngikut, yg berakibat depresiasi harga 2ndnya juga mirip2. Makanya kalo ente liat gap depresiasi antara mercedes dengan merek2 jerman lain hampir2 sama di tahun2 barunya (kalo sampe beda pun, gak bisa dikategorikan "terjun bebas") :mrgreen:

3. Comment ente itu terlalu hiperbola, terjun bebas vs stabil :mrgreen: Kalo ente liat resale value model2 BMW yg agak baru, statement anda itu terkesan terlalu dibuat2 atau berlebihan.

4. Memang ane gak menyangkal bahwa depresiasi mercedes secara umum masih lebih bagus daripada bmw terutama di indonesia. Mungkin karena bbrp faktor berikut:
a. Perceived quality dari mercedes masih melekat di konsumen indonesia: bisa karena bmw jaman jadul lebih ringkih dari mercedes jadi trauma, bisa juga kemakan omongan orang yg bilang bmw rewel walaupun gak pernah pake, dsb
b. Di indonesia mobil2 begini sangat mahal harga barunya dan belum terjangkau oleh kebanyakan kaum muda middle class. Jadi yg bisa beli adalah orang2 mapan yg umurnya juga udah banyak. Mereka mungkin banyakan lebih perlu mobil yg nyaman dan enak disupirin, bukan yg sporty yg kalo kena lobang berasa bener :mrgreen: Jadi banyakan milih mercedes
c. Juga faktor luxury: Mercedes dengan grill gede, model anggun lebih memancarkan faktor luxury yg banyak dicari orang sini

Semua diatas itu cuma teori ane doang, karena kalo liat dipasar negara lain seperti U.S., disana yg 2 merek ini sangat terjangkau oleh kaum2 muda middle class (yg beli 2 merek ini sama banyaknya), maka resale valuenya hampir2 sama. Di bbrp model bagusan BMW (seri 3, seri 5, X5, dsb), di bbrp model lain bagusan Mercedes (S class, SL, dsb)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Kalau anda hebat , coba jelasin kenapa sama2 BEHR radiator di mercy awet2 ajah sedang di BMW sering meledak. Jangan berdalih mercy atau pejot jg meledak (paste di sini jika kau temukan)
gak ada yg ngaku2 hebat, ane cuma memaparkan fakta :big_weee:

ini ente terbalik, ente yg bilang "BMW sering meledak sedangkan mercy kagak", ane yg dari dulu pengen denger alesannya apa?
Karena kalo pake dalih plastik2an, kan ane udah buktiin sama aja mercy juga pake bahan plastik....gitu kan?
Masa ane yg disuruh jelasin kenapa bmw sering meledak sedangkan mercy awet hehehe.....

ibaratnya kaya ane bilang "BMW mobil paling hebat gak pernah rusak DAN mercedes mobil sampah", abis itu ane bilang lagi "Megalontong, tolong jelasin kenapa BMW hebat sedangkan mercedes sampah?"
hahaha kan lucu jadinya.....ane yg minta penjelasan koq malah disuruh jelasin.

Kalo penjelasannya disuruh cek google, ane udah cek, dan dua2 merek ada kasus overheat koq, bukan cuma BMW aja :wkkk:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Risol1 wrote:
Megalontong wrote:W124 bisa 365hari operasional , E34 30% joy 70% bengkel
ini ada buktinya atau cuma opinion pribadi (alias omong besar) doang?

W124 udah belasan tahun umurnya pasti ada aja rusaknya. Mercy baru pun aja ane gak berani bilang PASTI bisa jalan 365 hari

comment ente teralu hiperbola meng-agung2 kan mercedes. Namanya mobil sih pasti aja da rusaknya.

Juga 70% buat BMW itu data darimana? coba ditunjukkan? :wkkk:

Risol mau omong besar kebesaran BMW pun seluruh dunia tahu memang ni mobil dari segi reliabilitynya = sampah!
Dibold agar yang melihat jelas kesampahannya dimana.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:coba bro risol cari. katanya semenit udah dapat berita berita tentang bobroknya mobil2 mercedes atau toyota...
Kalau memang ada coba copas di forum ini....

Lalu kita bahas bersama...heheh :big_weee:
gampang bro, masuk aja http://www.google.com
Masukkin keyword "Mercedes benz problems", click Search button....banyak deh entar ente bisa liat sendiri satu2 :mrgreen:
Kalo mao liat problem yg specific, tinggal tambahin di keywordnya, misal "Mercedes Benz cooling problem", "Mercedes brake problem"....ada semua hehehe...

Selain google (yg umum), kalo mao lebih specific silakan ngubek2 forum spesialis mercy kaya: mbworld.org, benzworld.org, dll....

atau kalo mao silakan ke forum2 otomotif kaya roadfly.com, edmunds.com...disitu juga bisa dilihat segudang masalah MB.

Intinya adalah kalo karena ada yg komplain maka merek mobil yg bersangkutan bisa langsung disebut sampah, maka semua merek mobil adalah sampah karena engga ada satu merek mobil pun yg bebas komplain...gitu lho :mrgreen:

Ya itu emang betul tiap mobil ada minor problem, tapi kurang cocok bagi pembenaran kepada “Penyakit Turunan BMW" yaitu COOLING SYSTEM BLOWN UP ini mah major problem yg dipiara
Coba anda google lalu komparasi dgn search result pada Mercedes ato Pejot ato Eropah lain.
Lalu ada VANOS premature wear out & Nikasil.
Reliability = sampah itu mengacu pada BMW ini sama2 dipakai 500.000-1.000.000 km rusaknya & tuntutannya lebih banyak dari merk lain.
Sekali lagi biar Risol tak lupa, ini dari segi reliability.
Last edited by Megalontong on 27 Oct 2012, 16:10, edited 2 times in total.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

asudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
hahaha ada lagi tuduhan yg begini....emang susah kalo udah antipati sama satu merek, apapun itu pokoknya jadinya salah aja :mrgreen:
mata dan logika jadi 'buta' deh :mrgreen:

Bukan antipati tapi juga bukan fanatik buta :big_slap: lain loh kalau sales mobil merk X, selalu mengagung-agungkan merk X. Giliran jadi sales merk Y, eh mengagung2kan merk Y.
:wkkk:
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: 08 Sep 2008, 10:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Belphegor »

Ane setuju dgn statement bro risol1, jangan karena bmw tahun lama itu reliabilitynya sampah, lalu stereotype bahwa semua bmw itu reliabilitynya sampah. BMW sekarang kan juga garansi 5 tahun, apa itu ngga menunjukkan bahwa BMW at least bisa menjamin realibilitynya selama 5 tahun ke depan, di sisi lain mercy hanya menggaransi 3 tahun (dengar2 akan garansi 5 tahun ke depannya).
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Risol1 wrote:
Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia.
Gak usah dikit2 bawa2 sales. Sales itu cuma sebuah profesi dan tidak identik dengan kata konyol :mrgreen:

Sabar2.....ada penelitian yg mengatakan/menyimpulkan bahwa kalo orang udah ketauan belangnya atau udah keliatan omdo-nya, maka yg digedein tinggal marahnya doang :mrgreen:

ngomong2 ttg "konyol", biasanya "comment yg konyol" itu identik dengan comment yg gak tepat (false, cenderung pembohongan publik), comment yg cuma ngomong doang (gak ada bukti), comment yg terlalu hiperbola mengagungkan suatu merek tertentu, dll....ya ngga?

Nah sekarang ane tanya, comment ane dimana yg masuk ke salah satu kategori diatas? coba ditunjukkan....

Kalo sebaliknya ente yg nanya ane, ane bisa tunjukkin disini....hehehehe....

Nah sekarang jelas kan, siapa sebenernya yg konyol? :big_peace:

Mana hasil search Risol yg mengacu mesin nikasil Mercy / Porsche sama bobroknya dgn BMW? Jelas kan yang OmDo tu kamu.
Search Nikasil BMW resultnya banyaaaaaak sekali Sol.
Konyol kan kamu. Bisa omong tp melompong.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:Nih fakta : heheheh

http://oto.detik.com/read/2012/04/23/14 ... udi-ashari

Jakarta - Pemilik BMW Z4, Iswahyudi Ashari, telah melaporkan kasus pencemaran nama baik dirinya yang diduga dilakukan oleh Presdir PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.

Kalo ente mao pake fakta ini atau bukti ini sebagai supporting evidence untuk bilang "BMW mobil bobrok" atau "BMW sampah kualitasnya dibanding mercedes", maka ente kurang tepat.

Kalo fakta ini atau bukti ini mao dipake, mustinya statement anda bilang gini: "SEMUA mobil adalah mobil bobrok" atau "BMW sama bobrok atau sama sampah nya kaya Mercedes".......kalo ente bilang spt ini, nah itu baru bener.
Karena kalo ane mao cari contoh2 spt ini, semenit pun ane bisa posting disini banyak contoh2 mercedes yg rusak, diluar atau dalam negeri.
Gak cuma mercedes atau BMW, merek2 yg terkenal reliable kaya toyota pun buanyak.... :mrgreen:

Ane sebenernya nyari reason yg specific kenapa ente dengan sangat yakinnya bilang BMW = sampah atau rongsok. Semestinya, kalo orang udah dengan sangat yakin bisa mengutarakan statement spt ini, dia juga punya alesannya (semestinya lho..... bukannya ngomong dulu, jelekin dulu baru mikir apa ya alesannya :mrgreen: )

Nih ane kasi contoh:
Kalo ada yg bilang 1970s Ford Pinto gak aman karena gampang kebakar kalo mobil ditabrak dari belakang, maka alesannya adalah sebagai berikut:
1. Karena gas tanknya berada tepat dibalakang rear bumper, jadi kecelakaan kecil pun (sundulan pelan) dari belakang langsung meng-impact gas tank
2. Karena gas tank terbuat dari material yg kurang bagus sehingga gampang rupture (jelasin seh bahannya gimana.....)

Nah alesan gini yg ane cari....terbukti atau engga alesan tsb, gak gitu penting. Yg penting mana alesannya :mrgreen:


Alesan knapa orang cenderung ''ngebela'' brand tertentu;
- Beliau lagi dan masih akan meliara brand tersebut dan lagi ga ada masalah.
- Dulu waktu ngambil unitnya dianterin sendiri ama salesnya yang naudubile cakepnya.........

Nah alesan knapa ''antipati'' ama bran tertentu:
- Pernah punya masalah ama unit yang lagi dipelihara, dibawa keberes malah dijutekin.
- Pas pede kate ama inceran, eh malah ditampar di depan mobilnya...........

@Risol(es)1; Tanpa tanya knapa, kita sudah tau alesannya dari cara beliau nulisnya.
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
haha...gakpapa bro, jadi rame SM :mrgreen:

Emang gak papa sih kasih statement tanpa alesan yg make sense, tapi kalo buat ane pribadi, kasi alesan yg masuk akal itu sama aja artinya dengan menghormati lawan bicara kita.
Kalo kita kasi alesan yg masuk akal (alesan yg udah dianalisis) artinya kita menganggap lawan bicara kita adalah sejajar dari segi intelektualnya.
Kalo cuma kasi statement doang tanpa alesan yg jelas, jadinya seperti ngomong: 'udah terima aja deh statement gw, gak usah dipikir lagi masuk akal atau tidak...biarin urusan mikir kasi ke gw, kamu cuma terima aja'.... gitu aja sih....

Kaya provokator gitu, dia bilang bakar A bakar B....kita2 cuma diharuskan ikutin perintah, pas kitanya tanya "kenapa saya harus bakar gedung A?", dia gak bisa jawab :mrgreen:

Lucu juga ada sales yg mengagung2kan merk tertentu & "menipu" pembaca terhadap kelemahan mobilnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by DOHC »

asudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
nahh kebetulan ada pakar peugeot... om, ane perna jadi penumpang utk peugeot 206 kluaran 2011... kondisi mobil pun masi prima bgt (odo nya aja baru 4000an pas dipake)... yg ane rasain koq ac nya koq ga dingin yahh... padahal set suhu uda mentok dingin... dan aneh nya kalo jalan baru agak mendingan, tapi kalo macet, ntuh ga dingin ac nya.... mnurut empu nya, emang dari awal beli jg uda gt...

apakah peugeot atau mobil eropa emang ac nya kaya gt ?? tp ane perna jg nyobain mercy (dari taksi ampe c200 avantgarde baru) koq ac nya nyaman2 aja, mau lagi macet atau lancar...

tolong di cerahkan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia. Kenapa 2nd BMW hancur jatuh bebas? Ya karena emang sampah dibandingkan dengan mercy yg harganya stabilll.
Ngomong2 ttg statement anda ttg resale value BMW, ada bbrp faktor yg pengen ane share:

1. Reliability memang adalah salah satu faktor besar yg menentukan harga resale sebuah mobil, TAPI ini bukan faktor satu2nya.
Faktor2 lainnya adalah misalnya harga baru mobil tsb (mercy biasanya lebih mahal dari bimmer untuk tipe yg sama), kondisi mobil (dirawat atau engga, servis record lengkap atau engga, dll), tahun dan generasi mobil (2005 3 series mungkin harganya sama dengan 2005 c class karena saat ini 3 series baru keluar, sedangkan 2001 3 series harganya dibawah 2001 c class karena c class baru keluar saat itu), dan faktor2 lainnya.

2. Semakin kemari, hampir semua merek2 mobil (terutama sesama jerman) udah catched up dengan overall kualitas mercedes yg terkenal superb di jaman2 jadul. Kalo overal quality hampir2 sama, maka reliability, durability parts2, fitur2, dsb nya akan otomatis ngikut, yg berakibat depresiasi harga 2ndnya juga mirip2. Makanya kalo ente liat gap depresiasi antara mercedes dengan merek2 jerman lain hampir2 sama di tahun2 barunya (kalo sampe beda pun, gak bisa dikategorikan "terjun bebas") :mrgreen:

3. Comment ente itu terlalu hiperbola, terjun bebas vs stabil :mrgreen: Kalo ente liat resale value model2 BMW yg agak baru, statement anda itu terkesan terlalu dibuat2 atau berlebihan.

4. Memang ane gak menyangkal bahwa depresiasi mercedes secara umum masih lebih bagus daripada bmw terutama di indonesia. Mungkin karena bbrp faktor berikut:
a. Perceived quality dari mercedes masih melekat di konsumen indonesia: bisa karena bmw jaman jadul lebih ringkih dari mercedes jadi trauma, bisa juga kemakan omongan orang yg bilang bmw rewel walaupun gak pernah pake, dsb
b. Di indonesia mobil2 begini sangat mahal harga barunya dan belum terjangkau oleh kebanyakan kaum muda middle class. Jadi yg bisa beli adalah orang2 mapan yg umurnya juga udah banyak. Mereka mungkin banyakan lebih perlu mobil yg nyaman dan enak disupirin, bukan yg sporty yg kalo kena lobang berasa bener :mrgreen: Jadi banyakan milih mercedes
c. Juga faktor luxury: Mercedes dengan grill gede, model anggun lebih memancarkan faktor luxury yg banyak dicari orang sini

Semua diatas itu cuma teori ane doang, karena kalo liat dipasar negara lain seperti U.S., disana yg 2 merek ini sangat terjangkau oleh kaum2 muda middle class (yg beli 2 merek ini sama banyaknya), maka resale valuenya hampir2 sama. Di bbrp model bagusan BMW (seri 3, seri 5, X5, dsb), di bbrp model lain bagusan Mercedes (S class, SL, dsb)

Duh duh penjelasan sales mobil nih.
Mercedes New Eyes E320 98 vs 528i 98 jauh ya harganya. Coba bisa dijelaskan itu?
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Megalontong wrote:Kalau anda hebat , coba jelasin kenapa sama2 BEHR radiator di mercy awet2 ajah sedang di BMW sering meledak. Jangan berdalih mercy atau pejot jg meledak (paste di sini jika kau temukan)
gak ada yg ngaku2 hebat, ane cuma memaparkan fakta :big_weee:

ini ente terbalik, ente yg bilang "BMW sering meledak sedangkan mercy kagak", ane yg dari dulu pengen denger alesannya apa?
Karena kalo pake dalih plastik2an, kan ane udah buktiin sama aja mercy juga pake bahan plastik....gitu kan?
Masa ane yg disuruh jelasin kenapa bmw sering meledak sedangkan mercy awet hehehe.....

ibaratnya kaya ane bilang "BMW mobil paling hebat gak pernah rusak DAN mercedes mobil sampah", abis itu ane bilang lagi "Megalontong, tolong jelasin kenapa BMW hebat sedangkan mercedes sampah?"
hahaha kan lucu jadinya.....ane yg minta penjelasan koq malah disuruh jelasin.

Kalo penjelasannya disuruh cek google, ane udah cek, dan dua2 merek ada kasus overheat koq, bukan cuma BMW aja :wkkk:

Beda antara kasus overheat dgn kasus cooling system blown up. Coba anda cek kamus bahasa inggrisnya :wkkk:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

[quote="Belphegor"]Ane setuju dgn statement bro risol1, jangan karena bmw tahun lama itu reliabilitynya sampah, lalu stereotype bahwa semua bmw itu reliabilitynya sampah. BMW sekarang kan juga garansi 5 tahun, apa itu ngga menunjukkan bahwa BMW at least bisa menjamin realibilitynya selama 5 tahun ke depan, di sisi lain mercy hanya menggaransi 3 tahun (dengar2 akan garansi 5 tahun ke depannya)

Siapa bilang tahun lama aja? Cooling system blown up yg lagi santer saya sorot itu dari jaman lama sampai termodern sama aja.
Setelah digaransi selama itu pun nilai jual kembali masih lebih rendah dari Mercy. Memang kebobrokannya (setelah 5tahun rusaknya aneh2) itu yg bikin hancur harga.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Wiring harnes getas = murah bang! 5juta aja kelar, beli yg aftermarket kabel biasa bukan biodegrade.
Cooling system BMW blown + overheat + engine melengkung = berapa puluh juta tuh?
Ini yg dinamakan reliability? Artinya anda terlalu fanatik BMW.
jadi reliability itu diukur dari berapa ongkos betulinnya gitu?
jadi kalo mobil rusak terus tapi betulinnya murah = reliable gitu? :mrgreen:

ente 'dikejar' ke point A, larinya ke point B...susah deh :mrgreen:

pertama berkoar mercy super reliable yg artinya gak pernah rusak, pas dibilang "eh ada juga lho kelemahannya", langsung lompat ke "reliable = betulinnya gampang dan murah"...hahaha...jadi gak pernah salah ya ente... :mrgreen:

kalo soal fanatik, liat lagi tulisan ane diatas, cuma satu quote buat ente "Gajah di pelupuk mata tidak tampak, nyamuk di seberang lautan tampak jelas" hehehe....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:BMW itu mobil yg sok high performance , kualitas keawetannya (durability) terlalu mepet.
W202 dari dulu pakai ngga pernah masalah besar, tp E36 waduh.... banyak pusingnya daripada enjoynya *fakta
sekali lagi BMW "sok high performance" itu absurd alias gak bisa dibuktikan, cuma opini sampean aja.
Juga ane gak even ngerti apa arti dari kata2 "kualitas keawetan terlalu mepet" .....itu apaan seh? :wkkk:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Risol1 wrote:
Megalontong wrote:W124 bisa 365hari operasional , E34 30% joy 70% bengkel
ini ada buktinya atau cuma opinion pribadi (alias omong besar) doang?

W124 udah belasan tahun umurnya pasti ada aja rusaknya. Mercy baru pun aja ane gak berani bilang PASTI bisa jalan 365 hari

comment ente teralu hiperbola meng-agung2 kan mercedes. Namanya mobil sih pasti aja da rusaknya.

Juga 70% buat BMW itu data darimana? coba ditunjukkan? :wkkk:

Risol mau omong besar kebesaran BMW pun seluruh dunia tahu memang ni mobil dari segi reliabilitynya = sampah!
Dibold agar yang melihat jelas kesampahannya dimana.
Nih ane ajarin cara reply yg baik :mrgreen:

Kalo ada orang yg nanya "kenapa sih ente bisa bilang kalo mercy pasti bisa jalan terus gak rusak2, tapi BMW anda dengan pastinya/yakinnya bilang cuma bisa jalan 30%, sisanya 70% rusak terus?" (yakin banget gitu pake angka2 tersebut).

Nah ente semestinya jelasin: "Gini Sol, angka 70% didapat dari perhitungan begini, sample nya segini, metodenya begini.....sedangkan mercedes saya pake rumus ini, dan mengacu pada artikel ini, dsb...dsb...."

Bukannya kaya sekarang, pas ente ditanya angka2 tersebut dapet darimana ya, jawabnya "Risol konyol, Risol omong besar, Risol sales....hehehe...."
Wajar toh kalo orang mempertanyakan suatu statement yg isinya super negatif?

Yg spt ane bilang diatas, ane pernah juga baca satu artikel yg bilang kalo orang udah keliatan belangnya, omdo-nya, maka orang itu akan gedein amarahnya untuk kompensasi dari terbukanya omdo2 dan kebohongan2 nya, yg akhirnya orang tsb mulai attack lawan debatnya secara personal, bukan 'attack' isi perdebatannya lagi.
Dan kayaknya anda ada di phase ini sekarang.

karena yg anda bisa bilang sekarang cuma "BMW bobrok dan sampah, rancang bangunnya sampah" that's it. Alesan2 lain kaya nikasil dan radiator plastik udah ane rebutt di belakang. Itu nikasil malahan udah jaman jadul sekarang udah gak relevant lagi itu topic hehehe :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Ya itu emang betul tiap mobil ada minor problem, tapi kurang cocok bagi pembenaran kepada “Penyakit Turunan BMW" yaitu COOLING SYSTEM BLOWN UP ini mah major problem yg dipiara
Coba anda google lalu komparasi dgn search result pada Mercedes ato Pejot ato Eropah lain.
Lalu ada VANOS premature wear out & Nikasil.
Reliability = sampah itu mengacu pada BMW ini sama2 dipakai 500.000-1.000.000 km rusaknya & tuntutannya lebih banyak dari merk lain.
Sekali lagi biar Risol tak lupa, ini dari segi reliability.
udah digoogle, isinya mercedes sama pug sama aja banyaknya dengan BMW di masalah cooling system, ane gak ada waktu list satu2 di forum ini hehehe....silakan cek sendiri.
Ane cuma mao ingetin kalo mao liat pug, pake google.fr karena pug udah gak ada di U.S.

Ane baru pernah denger nih definisi reliability itu didapat pas mobil udah jalan 500k - 1 Juta Km.....ck..ck...ck
Siapa tuh yg bikin kriteria spt itu?
Wajar kali mobil udah banyak ganti parts kalo udah diatas 500 rb kilo, apalagi kalo ngomong sejuta kilo hehehe.....gak cuma eropa, jepang yg terkenal reliable aja wajar kali kalo cooling system nya atau radiatornya udah gak bawaan pabrik lagi pas menyentuh 1 juta kilo....hahaha...ada2 aja :mrgreen:

the fact is: juarang banget mobil dipake sampe nyentuh 1 juta kilo, dan memang mungkin parts2nya tidak didesain untuk bertahan sampe selama itu sama manufacturernya.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Risol1 wrote:
Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia.
Gak usah dikit2 bawa2 sales. Sales itu cuma sebuah profesi dan tidak identik dengan kata konyol :mrgreen:

Sabar2.....ada penelitian yg mengatakan/menyimpulkan bahwa kalo orang udah ketauan belangnya atau udah keliatan omdo-nya, maka yg digedein tinggal marahnya doang :mrgreen:

ngomong2 ttg "konyol", biasanya "comment yg konyol" itu identik dengan comment yg gak tepat (false, cenderung pembohongan publik), comment yg cuma ngomong doang (gak ada bukti), comment yg terlalu hiperbola mengagungkan suatu merek tertentu, dll....ya ngga?

Nah sekarang ane tanya, comment ane dimana yg masuk ke salah satu kategori diatas? coba ditunjukkan....

Kalo sebaliknya ente yg nanya ane, ane bisa tunjukkin disini....hehehehe....

Nah sekarang jelas kan, siapa sebenernya yg konyol? :big_peace:
Mana hasil search Risol yg mengacu mesin nikasil Mercy / Porsche sama bobroknya dgn BMW? Jelas kan yang OmDo tu kamu.
Search Nikasil BMW resultnya banyaaaaaak sekali Sol.
Konyol kan kamu. Bisa omong tp melompong.
Ngomong2 koq jaguar gak dibawa2 lagi neh? :mrgreen: kemaren2 katanya Jaguar juga pake bahan nikasil yg bagus. Udah liat kan di internet banyak banget Jag yg rusak gara2 nikasil hehehe...

kalo porsche kan udah ane kasi alesannya, coba aja dicari di halaman belakang :mrgreen:
Gak pasti bener sih (namanya juga my own opinion, tapi at least masuk akal....dan ane gak cuma bilang porsche juga bobrok dan sampah tanpa alesan yg jelas, kaya ente ke BMW)

nah kalo mercy, ane udah berkali2 tanya balik ke ente, emang mesin mercy mana sih yg pake nikasil? masih nunggu jawabannya nih...

Juga semestinya ente yg seharusnya membuktikan bahwa Nikasil itu ada bbrp macamnya (yg murahan yg dipake BMW; dan yg mahalan yg dipake Merc, Porsche, dan Jag), BUKAN ane yg diharuskan untuk memberikan pembuktian terbalik.
Karena Statement bahwa "ada bbrp macam nikasil dan BMW pake yg murahan" itu datangnya dari ANDA. Ini anda yg selalu terbalik: anda yg ngomong, tapi ane yg disuruh jelasin....kan lucu :mrgreen:

Kalo menurut ane sih nikasil itu cuma lapisan yg didapat dari campuran/senyawaan dari nikel dan silikon partikel, dan ane gak ngerti Nikasil yg jelek itu yg gimana ya? Yg silikonnya lebih dikit gitu?
Sekali lagi Mana Buktinya? :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Lucu juga ada sales yg mengagung2kan merk tertentu & "menipu" pembaca terhadap kelemahan mobilnya.
Ente lagi menunjuk ke ane atau ke diri sendiri? :mrgreen:

gak setuju dengan pendapat seseorang itu sah2 aja, tapi kalo bisa 'serang' aja omongannya, jangan orangnya hehehe....
Juga kalo mao menuduh orang itu sebaiknya disertai bukti, it's OK ane dibilang omong kosong melompong, tapi mana buktinya, di kalimat mana ane ngomong kosong melompong?
Kalo engga ada bukti, anda jadi terlihat seperti anak TK/SD yg suka mem-bully rekannya. And it is NOT COOL :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Megalontong wrote:Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia. Kenapa 2nd BMW hancur jatuh bebas? Ya karena emang sampah dibandingkan dengan mercy yg harganya stabilll.
Ngomong2 ttg statement anda ttg resale value BMW, ada bbrp faktor yg pengen ane share:

1. Reliability memang adalah salah satu faktor besar yg menentukan harga resale sebuah mobil, TAPI ini bukan faktor satu2nya.
Faktor2 lainnya adalah misalnya harga baru mobil tsb (mercy biasanya lebih mahal dari bimmer untuk tipe yg sama), kondisi mobil (dirawat atau engga, servis record lengkap atau engga, dll), tahun dan generasi mobil (2005 3 series mungkin harganya sama dengan 2005 c class karena saat ini 3 series baru keluar, sedangkan 2001 3 series harganya dibawah 2001 c class karena c class baru keluar saat itu), dan faktor2 lainnya.

2. Semakin kemari, hampir semua merek2 mobil (terutama sesama jerman) udah catched up dengan overall kualitas mercedes yg terkenal superb di jaman2 jadul. Kalo overal quality hampir2 sama, maka reliability, durability parts2, fitur2, dsb nya akan otomatis ngikut, yg berakibat depresiasi harga 2ndnya juga mirip2. Makanya kalo ente liat gap depresiasi antara mercedes dengan merek2 jerman lain hampir2 sama di tahun2 barunya (kalo sampe beda pun, gak bisa dikategorikan "terjun bebas") :mrgreen:

3. Comment ente itu terlalu hiperbola, terjun bebas vs stabil :mrgreen: Kalo ente liat resale value model2 BMW yg agak baru, statement anda itu terkesan terlalu dibuat2 atau berlebihan.

4. Memang ane gak menyangkal bahwa depresiasi mercedes secara umum masih lebih bagus daripada bmw terutama di indonesia. Mungkin karena bbrp faktor berikut:
a. Perceived quality dari mercedes masih melekat di konsumen indonesia: bisa karena bmw jaman jadul lebih ringkih dari mercedes jadi trauma, bisa juga kemakan omongan orang yg bilang bmw rewel walaupun gak pernah pake, dsb
b. Di indonesia mobil2 begini sangat mahal harga barunya dan belum terjangkau oleh kebanyakan kaum muda middle class. Jadi yg bisa beli adalah orang2 mapan yg umurnya juga udah banyak. Mereka mungkin banyakan lebih perlu mobil yg nyaman dan enak disupirin, bukan yg sporty yg kalo kena lobang berasa bener :mrgreen: Jadi banyakan milih mercedes
c. Juga faktor luxury: Mercedes dengan grill gede, model anggun lebih memancarkan faktor luxury yg banyak dicari orang sini

Semua diatas itu cuma teori ane doang, karena kalo liat dipasar negara lain seperti U.S., disana yg 2 merek ini sangat terjangkau oleh kaum2 muda middle class (yg beli 2 merek ini sama banyaknya), maka resale valuenya hampir2 sama. Di bbrp model bagusan BMW (seri 3, seri 5, X5, dsb), di bbrp model lain bagusan Mercedes (S class, SL, dsb)

Duh duh penjelasan sales mobil nih.
Mercedes New Eyes E320 98 vs 528i 98 jauh ya harganya. Coba bisa dijelaskan itu?
Yg ente quote diatas itu adalah penjelasan ane :mrgreen:

Intinya reliability itu bukan satu2nya faktor yg menentukan resale value
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
Megalontong wrote:Kalau anda hebat , coba jelasin kenapa sama2 BEHR radiator di mercy awet2 ajah sedang di BMW sering meledak. Jangan berdalih mercy atau pejot jg meledak (paste di sini jika kau temukan)
gak ada yg ngaku2 hebat, ane cuma memaparkan fakta :big_weee:

ini ente terbalik, ente yg bilang "BMW sering meledak sedangkan mercy kagak", ane yg dari dulu pengen denger alesannya apa?
Karena kalo pake dalih plastik2an, kan ane udah buktiin sama aja mercy juga pake bahan plastik....gitu kan?
Masa ane yg disuruh jelasin kenapa bmw sering meledak sedangkan mercy awet hehehe.....

ibaratnya kaya ane bilang "BMW mobil paling hebat gak pernah rusak DAN mercedes mobil sampah", abis itu ane bilang lagi "Megalontong, tolong jelasin kenapa BMW hebat sedangkan mercedes sampah?"
hahaha kan lucu jadinya.....ane yg minta penjelasan koq malah disuruh jelasin.

Kalo penjelasannya disuruh cek google, ane udah cek, dan dua2 merek ada kasus overheat koq, bukan cuma BMW aja :wkkk:

Beda antara kasus overheat dgn kasus cooling system blown up. Coba anda cek kamus bahasa inggrisnya :wkkk:
haha...ya deh yg bhs inggrisnya paling pinter :mrgreen:

bukan kah overheat itu akibat dari cooling system blown up?
bukan kah cooling system blown up itu adalah penyebab dari overheat?

mobil itu mao dibawa ke Death Valley di Nevada sono yg suhunya bisa 120-an F di musim panas, tapi kalo cooling systemnya bagus ya gak bakal overheat. Pada saat cooling system blown up, saat itu juga mobil mulai mengalami gejala overheat.

tapi OK lah kalo gak boleh pake keyword "overheat", mao pake keyword "cooling system blown up" pun, banyak mercedes apalagi Pug yg kena, gak beda sama BMW.... :mrgreen:
Seengaknya ane ngaku kalo BMW gak perfect, kalo ente selalu bilang merc dan pug bebas masalah cooling system, NAH disitulah bedanya kita... :mrgreen:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post