Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues

Post by Megalontong »

imsus2c wrote: Pindahan dari:
sini
sini
sini
good discussion... :mky_02:
please stay on topic :D
respect others :D
harap tidak PA karena tidak akan di-toleransi :D
:thanks:
Risol1 wrote:
Dino_lowrider wrote:ane sebenarnya tertarik ama 320i tahun 2001 ke atas. modelnya endless. harga juga cuma 100 jutaan lebih dikit. mungkin seharga suzuki spalsh bekas.

Tapi setelah melihat review tuh mobil bobrok terutama di elektrikalnya , ane mundur teratur.....
Bmw tahun 2000 an biasanya pada bobrok banyak jajan. coba bandingin ama toyota. misal corolla tahun 2000 atau civic masih maknyus. lancar jaya.

jangan2 bmw kalo dipake di dalkot super duper macet , bisa2 meledak tuh mobil.
heheheh .... peace.
Salah satu faktor kenapa bmw 2000 lebih 'bobrok' daripada corolla 2000 karena bmw lebih banyak dan lebih kompleks sensornya jadi keliatannya 'rewel', misal karena kecipratan genangan air, ada sensor yg korslet: lampu belakang idup dibilangnya mati, jadi di dashboard kedip2 terus peringatan yg bilang lampu belakang mati. Kita sebagai owner gak betah kalo dashboard kedip2, bawalah ke beres dan bersihin sensor dan reset (keluar duit tentunya)
Kalo corolla kan gak ada sensornya, jadi pas sama2 lewatin genangan air, ya gak ada yg korslet (bukan karena sensornya lebih kuat, tapi karena gak ada sensornya).

Tapi memang masih terbukti bahwa dengan perawatan yg sama, jepang masih lebih bandel (lebih durable) kalo masalah kelistrikan :mrgreen:


Saya suka BMW , tapi jujur design BMW itu payah. Bom waktu! komponen vitalnya pakai plastik.
Sementara Mercy Peugeot dan merk lain keukeuh pakai logam.
Contoh: Water pump di BMW plastik, berikut housing waterpump, waterpump, radiator jg pakai komponen plastik & expansion tank sering pecah, bahkan nipel cooling pakai plastik!

Dibanding mercy peugeot, jujur aja yg ngerti teknis mesin pasti setuju ama design mereka. Water pump metal bos! Berikut housingnya juga metal! Radiator jg all metal! Nipel2 logam juga!

cek google : BMW blown radiator, ini sudah semacam tradisi & ritual turun temurun. Cek mercy peugeot tidak ada penyakit konyol seperti ini.
Last edited by imsus2c on 01 Nov 2012, 01:30, edited 3 times in total.
Reason: spin off; kompilasi dari beberapa topik
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Lebih aman menghindari nikasil BMW, pilih blok alusil seri 5 tahun 2000 ke atas.

Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di Amerika. Porsche Audi Jaguar juga pakai Nikasil, tapi degradasi blok mereka tidak separah & secepat BMW. Cek ada di google.
Cooling system Merdeces Benz juga buatan BEHR, tapi khusus yg BMW sering jebol mendadak menyebabkan mesin hancur lebur karena menggunakan plastik di radiator , water pump , housing2 & expansion tank.
Kesimpulan = BMW ini mobil karbitan yg menggunakan komponen "murahan" dari manufaktur yg sama.

Itu artinya memang BMW tidak pernah pusing memprioritaskan durability & reliability. Mercedes Benz selalu lebih bandel dari BMW. Sering rontok = manufaktur Untung besar.
Contoh gampang di jalanan sering keliatan Mercedes jadul Tiger, Boxer 300E, Masterpiece E320. Untuk BMW jarang karena memang rewel.
Malahan Peugeot 504 505 405 masih sering seliweran di jalan raya dibanding BMW kuno yg 95% mangkrak karena super rewel.
Last edited by imsus2c on 30 Oct 2012, 01:14, edited 2 times in total.
Reason: spin off
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: W202 or W168 mana paling reliable n ekonomis?

Post by Megalontong »

Ogah , bom waktu koq dibeli.
Mercy kemana2 lah, desainnya durable all metal!
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: W202 or W168 mana paling reliable n ekonomis?

Post by andy1800 »

nah loh
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: W202 or W168 mana paling reliable n ekonomis?

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Ogah , bom waktu koq dibeli.
Mercy kemana2 lah, desainnya durable all metal!
bom waktu maksudnya gimana?
desain mercy = "durable all metal" itu maksudnya apa? :e-think:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: W202 or W168 mana paling reliable n ekonomis?

Post by asudarsono »

Topi bajaku mana ya? Mana ya?
Ready to Race
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

tergantung perawatan. Kalo dirawat dan regular maintenance, mesin bmw gak kalah reliable dibanding mercedes, apalagi bmw yg model2 baru.
Mercedes dan mobil jepang sekalipun, kalo gak dirawat ya sebentaran juga jebol.

Kalo dibilang BMW gak reliable cuma ngambil contoh dari nikasil, ya kurang fair karena sebenernya nikasil itu bahan yg mahal harganya (ongkosnya si BMW lebih mahal pake lapisan nikasil di silindernya) yg gunanya supaya mengurangi friksi yg timbul karena beradunya silinder dengan piston. Nikasil sebenernya barang yg umum dipake di mesin2 mobil dan motor balap di dunia motorsports. Pemakaian nikasil ini sejalan dengan image dan misi BMW yg pengen bikin mobil yg bukan hanya mewah tapi juga kentel unsur sportynya.

Nikasil ini sebenernya aman2 aja kalo pemilik bmw isi bensinnya pake premium fuel (pertamax plus) yg memang udah dianjurkan oleh pabrikan. Nah jeleknya banyak pembeli BMW terutama yg tangan kedua mao ngirit di BBM, dipakeinlah bbm busuk yg sebenernya menyalahi rekomendasi pabrikan.

Apakah cuma BMW yg kena? Kalo di Indonesia kayaknya yg santer kedengeran ya memang cuma BMW. Karena bmw mengaplikasikan nikasil di mesin2 "kasta rendah"nya yg kebanyakan dipake di varian 3 dan 5 series yg terjangkau sama orang kebanyakan dan yg paling laku pula.

Kalo Jaguar cuma mengaplikasi nikasil di mesin V8nya, yg dipake di XJ and XK model sekitar thn 90an sampe 2000an. Coba ane tanya deh apakah dua model ini dijual umum di indonesia thn segitu? Orang sini kalo sampe punya juga impor sendiri atau beli bekas KTT, yg otomatis harga selangit jadi selalu dipakein BBM bagus.
Kalo liat forum Jag di LN, banyak banget juga mesin2 XJ dan XK yg jebol gara2 nikasil, terutama di tangan ke 2 yg pake BBM murah.

Kalo porsche memang kayaknya selalu pake nikasil deh, terutama di model2 atasnya kaya 911, dan memang orang2 yg beli ni mobil pada nyari performa dan ogah pake BBM busuk, lagian berapa banyak sih porsche di indo yg dipakein premium? :mrgreen:

Mercy dan audi setau ane gak pake nikasil di produk2 pasarannya jadi jarang kedengeran.

Kalo liat penjelasan diatas, wajarlah cuma BMW yg dikaitkan dengan failnya nikasil, terutama oleh orang indo. Karena sebagian besar orang indo trauma nikasi yg cuma didapat dari produk BMW, karena cuma itu produk yg terjangkau :mrgreen:

Kalo soal radiator dan cooling system yg terbuat dari plastik, ya itu memang udah mainstream teknologi. Mana ada sekarang merek mobil yg masih pake steel buat radiatornya?
Mungkin plastik setelah dianalisa punya banyak keunggulan dibanding besi (ringan, tahan karat, dll). Sebenernya plastik pun tahan lama koq kalo regular maintenance, malah mungkin lebih tahan dibanding steel. Steel pun banyak juga yg karatan dan bocor. Intinya beli mobil eropa maintenance musti diperhatiin.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: 15 Jun 2008, 15:41

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by iwang »

mercedes v6 M112 M113 dari awal pake alusil..aman ga ada masalah sama sulpur. bmw sih kayanya ga rewel..cuman sering rusak aja kliatannya :wkkk:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

iwang wrote:mercedes v6 M112 M113 dari awal pake alusil..aman ga ada masalah sama sulpur. bmw sih kayanya ga rewel..cuman sering rusak aja kliatannya :wkkk:
haha...kalo yg model2 jadul kayaknya memang mercedes lebih reliable, kalo yg baru2 mah ampir sama lahhhh :big_weee:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: 15 Jun 2008, 15:41

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by iwang »

yang baru2 design marginnya makin kecil om, salah dikit jebol.co.id..yang lama masih over engineered. dan lagi yang baru2 pake sistem2 bosch (misalnya electric cooling fan system e90 sama dengan w203) jadi ya beda2 tipis.
belum lagi soal harga jual..diengineer berdasarkan harga jual, baru di bikin spesifikasi..jadilah w203 yang interiornya lengket2 :mky_01:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by asudarsono »

Ya, emang waktu itu standar kualitas Mercy sempet turun banyak. Tuh sampai bisa2nya keluarin A klasse. Tapi katanya kualitasnya udah lumayan bagus sekarang.

Kalau BMW kayaknya emang barang pakai buang. Padahal dulu sempet kepingin punya BMW 2002 Tii, atau setidaknya M10
Ready to Race
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Pembelaan user BMW sih selalu nyalahin customer. Padahal ya manufaktur sama aja, cuma bedanya Mercedes kenapa selalu lebih awet? Karena pesan barang yg lebih ketat qualitynya.

Contoh nih, manufaktur radiator sama2 BEHR, tp di mercy pake yg full metal di BMW dari dulu sampe sekarang keukeuh pakai plastik komponen.
Alhasil BMW jadi sampah reliabilitasnya.

Nikasil Mercy, Porsche, dan jerman lain juga pakai tapi berhubung mereka selalu minta kualitas tertinggi, alhasil kena BBM busuk juga oke2 ajah.
Sementara BMW memang sengaja menggunakan Nikasil-gaya2an. Buat mampang keren, tp nikasil murahan gitu.


Istilahnya memang betul BMW itu diciptakan untuk menguras kantong empunya.
Mobil reliabel : jalan 200.000 , 300.000 , 500.000 , 1.000.000 km dengan kerusakan yg wajar & biaya minim.
Jika ganti Cooling system fullset dikatakan BMW adalah ritual wajar ya saya angkat tangan .



iwang wrote:mercedes v6 M112 M113 dari awal pake alusil..aman ga ada masalah sama sulpur. bmw sih kayanya ga rewel..cuman sering rusak aja kliatannya :wkkk:

Alusil tuh aman sulfur tinggi, yg Nikasil kali maksudnya om?
Rewel sih ngga waktu baru keluar showroom, setelah itu tik-tok tik-tok bom waktu menghintung mundur.
Asli sampah :mky_02:




iwang wrote:yang baru2 design marginnya makin kecil om, salah dikit jebol.co.id..yang lama masih over engineered. dan lagi yang baru2 pake sistem2 bosch (misalnya electric cooling fan system e90 sama dengan w203) jadi ya beda2 tipis.
belum lagi soal harga jual..diengineer berdasarkan harga jual, baru di bikin spesifikasi..jadilah w203 yang interiornya lengket2 :mky_01:

Lengket2 gimana tuh. Material bubble gum?
Browsing Mercedes blown up radiator / waterpump / expansion tank , resultnya nihil.
Coba deh BMW :mky_01:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: W202 or W168 mana paling reliable n ekonomis?

Post by Megalontong »

Risol1 wrote:
Megalontong wrote:Ogah , bom waktu koq dibeli.
Mercy kemana2 lah, desainnya durable all metal!
bom waktu maksudnya gimana?
desain mercy = "durable all metal" itu maksudnya apa? :e-think:

:mky_02: ngga perlu dijelasin udah jelas.
Seperti yg saya bilang saya suka BMW okay. Tp masalah durability emang sampah.
Mekanikal durability Mercedes & Pejot masih jauh lebih kokoh.
Elektrikal problem BMW paling parah, super sensitf.
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Dino_lowrider »

bivanos88 wrote:
doq wrote:setau saya sih liner nikasil di bmw itu pertama nya ditujukan utk efisiensi gesek piston, tapi tampak nya saat itu bmw kurang riset ato gimana gitu, sehingga baru mengetahui belakangan bahwa liner nikasil rentan terhadap sulfur dan akhir nya discontinue digantikan liner biasa cmiiw :e-think: :e-think:
jadi ga tepat juga klo disebut down-spek :e-whistle: :e-think:
kl riset secara teknolginya, nikasil itu justru bagus, less friction.. yang jd masalah pemilik bmw seri tersebut masih banyak yg minum bensin yg tidak sesuai..
justru bmw sudah tau kl musuh utama nikasil itu sulfur, makanya e39 m52 untuk pasar amerika tidak menggunakam nikasil sejak awal mengingat kadar sulfur bbm di amerika tinggi..

Apapun alasannya ... Penggunaan Nilkasil tersebut adalah BLUNDER BESAR BMW.....
Kalau boleh ane katakan lebih halusnya Ketololan.....
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Dino_lowrider »

Megalontong wrote:Lebih aman menghindari nikasil BMW, pilih blok alusil seri 5 tahun 2000 ke atas.

Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di Amerika. Porsche Audi Jaguar juga pakai Nikasil, tapi degradasi blok mereka tidak separah & secepat BMW. Cek ada di google.
Cooling system Merdeces Benz juga buatan BEHR, tapi khusus yg BMW sering jebol mendadak menyebabkan mesin hancur lebur karena menggunakan plastik di radiator , water pump , housing2 & expansion tank.
Kesimpulan = BMW ini mobil karbitan yg menggunakan komponen "murahan" dari manufaktur yg sama.

Itu artinya memang BMW tidak pernah pusing memprioritaskan durability & reliability. Mercedes Benz selalu lebih bandel dari BMW. Sering rontok = manufaktur Untung besar.
Contoh gampang di jalanan sering keliatan Mercedes jadul Tiger, Boxer 300E, Masterpiece E320. Untuk BMW jarang karena memang rewel.
Malahan Peugeot 504 505 405 masih sering seliweran di jalan raya dibanding BMW kuno yg 95% mangkrak karena super rewel.

Ane setuju bro.... BMW emang mulai dulu adalah mobil sampah. durabilitynya terutama engine benar2 benar payah...jauh ama Mercedes. Makanya harga secondnya hancur.....
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: 07 Oct 2012, 09:43

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Megalontong »

Dino_lowrider wrote:
bivanos88 wrote:
doq wrote:setau saya sih liner nikasil di bmw itu pertama nya ditujukan utk efisiensi gesek piston, tapi tampak nya saat itu bmw kurang riset ato gimana gitu, sehingga baru mengetahui belakangan bahwa liner nikasil rentan terhadap sulfur dan akhir nya discontinue digantikan liner biasa cmiiw :e-think: :e-think:
jadi ga tepat juga klo disebut down-spek :e-whistle: :e-think:
kl riset secara teknolginya, nikasil itu justru bagus, less friction.. yang jd masalah pemilik bmw seri tersebut masih banyak yg minum bensin yg tidak sesuai..
justru bmw sudah tau kl musuh utama nikasil itu sulfur, makanya e39 m52 untuk pasar amerika tidak menggunakam nikasil sejak awal mengingat kadar sulfur bbm di amerika tinggi..

Apapun alasannya ... Penggunaan Nilkasil tersebut adalah BLUNDER BESAR BMW.....
Kalau boleh ane katakan lebih halusnya Ketololan.....

BMW memang ditujukan untuk memberi financial shocking. Jauh lebih merongrong dari merk manapun di indonesia.


Dino_lowrider wrote:
Megalontong wrote:Lebih aman menghindari nikasil BMW, pilih blok alusil seri 5 tahun 2000 ke atas.

Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di Amerika. Porsche Audi Jaguar juga pakai Nikasil, tapi degradasi blok mereka tidak separah & secepat BMW. Cek ada di google.
Cooling system Merdeces Benz juga buatan BEHR, tapi khusus yg BMW sering jebol mendadak menyebabkan mesin hancur lebur karena menggunakan plastik di radiator , water pump , housing2 & expansion tank.
Kesimpulan = BMW ini mobil karbitan yg menggunakan komponen "murahan" dari manufaktur yg sama.

Itu artinya memang BMW tidak pernah pusing memprioritaskan durability & reliability. Mercedes Benz selalu lebih bandel dari BMW. Sering rontok = manufaktur Untung besar.
Contoh gampang di jalanan sering keliatan Mercedes jadul Tiger, Boxer 300E, Masterpiece E320. Untuk BMW jarang karena memang rewel.
Malahan Peugeot 504 505 405 masih sering seliweran di jalan raya dibanding BMW kuno yg 95% mangkrak karena super rewel.

Ane setuju bro.... BMW emang mulai dulu adalah mobil sampah. durabilitynya terutama engine benar2 benar payah...jauh ama Mercedes. Makanya harga secondnya hancur.....


Mobil paling hancur harganya BMW ini. Reliability & durability sampah
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Pembelaan user BMW sih selalu nyalahin customer. Padahal ya manufaktur sama aja, cuma bedanya Mercedes kenapa selalu lebih awet? Karena pesan barang yg lebih ketat qualitynya.

Contoh nih, manufaktur radiator sama2 BEHR, tp di mercy pake yg full metal di BMW dari dulu sampe sekarang keukeuh pakai plastik komponen.
Alhasil BMW jadi sampah reliabilitasnya.

Nikasil Mercy, Porsche, dan jerman lain juga pakai tapi berhubung mereka selalu minta kualitas tertinggi, alhasil kena BBM busuk juga oke2 ajah.
Sementara BMW memang sengaja menggunakan Nikasil-gaya2an. Buat mampang keren, tp nikasil murahan gitu.

Istilahnya memang betul BMW itu diciptakan untuk menguras kantong empunya.
Mobil reliabel : jalan 200.000 , 300.000 , 500.000 , 1.000.000 km dengan kerusakan yg wajar & biaya minim.
Jika ganti Cooling system fullset dikatakan BMW adalah ritual wajar ya saya angkat tangan .
Gak ada yg nyalahin user, ane cuma stating facts. That's it.

Ane bilang:
Nikasil itu bahan yg mahal yg gunanya untuk mengurangi friksi antara piston dengan silinder --> FACT
Nikasil udah barang umum dipake di mobil2 sport untuk memaksimalkan pembakaran yg ujung2nya kasi hp lebih gede --> FACT
BMW memang produk2nya selalu mengarah ke sporty --> FACT
BMW rekomendasi user untuk pake premium fuel yg kadar sulfur jauh lebih rendah dibanding regular fuel --> FACT
Merek mobil apapun yg memakai nikasil (bukan cuma BMW), kalo dikasi BBM busuk, pasti lama2 jebol --> FACT

Nah, kalo ente punya alesan itu semuanya cuma OPINION pribadi, yg kelihatannya disebabkan karena rasa hatred ke satu merek tertentu (dlm hal ini BMW)....udah pokonya mobil sampah dan bobrok. Opinion pribadi yg baseless :mrgreen:

Ente bilang:
Nikasil yg dipake BMW itu cuma buat gaya2an dan numpang keren --> OPINION yg baseless (merek ini memang pengen kasi sporty feeling buat konsumennya, yg memang sejalan dengan tradisinya)

Nikasil yg dipake BMW itu versi yg murahan --> OPINION yg baseless (coba kasi bukti bahwa nikasil BMW itu kelas murah atau lebih murahan dibanding mobil lain).

Jaguar karena dipakein nikasil "kualitas tinggi" jadi tahan pake BBM busuk --> FALSE statement, bukan cuma opinion lagi :mrgreen:
Coba main2 ke forum jag usa, itu buanyak banget XJ, XK, dan stype 4.0 tahun2 awal yg kena nikasil problem karena konsumennya pakein BBM busuk.

Ente sebut2 mercy pake nikasil, ane pengen tau di mesin kasta bawah apa sih nikasil dipake di mercedes?

Penggantian cooling system parts di sebuah mobil itu biasa, apalagi kalo mobil udah tua dan udah jalan jauh....
Bedanya kalo mobil dirawat dan regular maintenance, interval penggantian menjadi lebih panjang dan juga kemungkinan besar ente bakal terhindar dari mogok di pinggir jalan.
Tapi walaupun udah dirawat teratur, pada suatu saat PASTI bbrp part juga minta diganti. Gak cuma BMW, Mercedes audi porsche toyota honda juga sama aja.

BMW yg baru2 ini udah sama reliablenya kaya mercy dan merek2 eropa lain. Mungkin masih belom bisa ngalahin jepang dalam hal reliability, tapi kalo mercedes baru bisa jalan 200k miles tanpa ganti cooling system, mustinya BMW juga bisa asal dirawat.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Itu artinya memang BMW tidak pernah pusing memprioritaskan durability & reliability. Mercedes Benz selalu lebih bandel dari BMW. Sering rontok = manufaktur Untung besar.
Ini juga statement yg baseless.
Kalo liat dari sejarah detroit, kalo makin tahun reliability makin turun, maka lama2 akan ditinggal sama konsumennya, yg akhirnya bisa gulung tiker.
Ane sih yakin BMW gak dengan sengaja bikin mobilnya bobrok supaya parts dept nya dapet revenue gede dari hasil jual spare parts....Tapi makin kedepannya mobilnya gak ada yg beli. Kalo liat dari bukti salesnya, malah naik jauh dibanding bbrp dekade lalu.
Gak bodoh seperti itu lah BMW haha.... :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Pembelaan user BMW sih selalu nyalahin customer. Padahal ya manufaktur sama aja, cuma bedanya Mercedes kenapa selalu lebih awet? Karena pesan barang yg lebih ketat qualitynya.

Contoh nih, manufaktur radiator sama2 BEHR, tp di mercy pake yg full metal di BMW dari dulu sampe sekarang keukeuh pakai plastik komponen.
Alhasil BMW jadi sampah reliabilitasnya.
Ente kan selalu pake 2 alesan ini untuk ngejelekin BMW:
1. YG pertama nikasil: udah ane kasi tau itu karena pemakaian BBM yg salah oleh orang2 yg pengen ngirit BBM.
Ane bilangin lagi bahwa memang sih porsche 911 juga pake, cuma pembeli mobil2 tsb jarang yg pake regular fuel (beli mobil performa tinggi pengennya churn out semua hpnya, bukan dipakein bensin regular yg bikin hpnya kedodoran). Karena itu porsche jarang kedengeran. Tapi kalo BMW dan Jaguar yg harga secondnya murah, jadi banyak dibeli sama orang2 social climber tapi duit masih pas2an.

2. radiator dan cooling system yg pake plastic sedangkan mercedes pake "full metal"
Gak juga bro... Spt yg ane udah sering bilang, jaman sekarang radiator udah pada pake plastik.

Ini radiator OEMnya W211 E350, coba liat bahan tanknya apa? Jadi mana yg FULL METAL? :mrgreen:

Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Dino_lowrider wrote:
Megalontong wrote:Lebih aman menghindari nikasil BMW, pilih blok alusil seri 5 tahun 2000 ke atas.

Memang dasarnya mesin BMW itu ngga reliable. Sebagai bukti mesin Mercedes Benz juga menggunakan nikasil, tapi aman tuh kena Sulfur tinggi di Amerika. Porsche Audi Jaguar juga pakai Nikasil, tapi degradasi blok mereka tidak separah & secepat BMW. Cek ada di google.
Cooling system Merdeces Benz juga buatan BEHR, tapi khusus yg BMW sering jebol mendadak menyebabkan mesin hancur lebur karena menggunakan plastik di radiator , water pump , housing2 & expansion tank.
Kesimpulan = BMW ini mobil karbitan yg menggunakan komponen "murahan" dari manufaktur yg sama.

Itu artinya memang BMW tidak pernah pusing memprioritaskan durability & reliability. Mercedes Benz selalu lebih bandel dari BMW. Sering rontok = manufaktur Untung besar.
Contoh gampang di jalanan sering keliatan Mercedes jadul Tiger, Boxer 300E, Masterpiece E320. Untuk BMW jarang karena memang rewel.
Malahan Peugeot 504 505 405 masih sering seliweran di jalan raya dibanding BMW kuno yg 95% mangkrak karena super rewel.

Ane setuju bro.... BMW emang mulai dulu adalah mobil sampah. durabilitynya terutama engine benar2 benar payah...jauh ama Mercedes. Makanya harga secondnya hancur.....
Beserta alesannya dong bro? masa cuma bilang sampah doang?
Apa alesannya sama kaya bro Megalontong yaitu "Nikasil" dan "BEHR Plastik"? hehehe....

Ane sih bukan fanatikan BMW, tapi masa iya sih BMW sejelek itu? sampe dikategorikan sampah?
Proton, geely, yugo, lada, dan tata aja ane masih gak berani bilang sampah hahaha....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Browsing Mercedes blown up radiator / waterpump / expansion tank , resultnya nihil.
Coba deh BMW :mky_01:
FALSE statement lagi...hehehe....
Buanyak banget mercy yg jebol radiatornya. Gak usah masuk forum deh, di search result google aja udah banyak hehehe....
It's ok yg namanya mobil (kalo mesin masih kerja dan ban masih bergulir) ya pasti ada aja rusaknya hahaha...

ada2 aja bro, masa gak ada sih mercedes yg cooling systemnya jebol hehehe....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by maskopat »

menarik sih... kalo search image dengan key "bmw blown radiator" https://www.google.com/search?q=bmw+blo ... rAeXvIHIDw vs "mercedes blown radiator" https://www.google.com/search?q=mercede ... rQer7IDADw di halaman pertama gak ada mercedes yang lagi buka kap mesin.... :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: 05 Jul 2007, 11:21

Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:cek google : BMW blown radiator, ini sudah semacam tradisi & ritual turun temurun. Cek mercy peugeot tidak ada penyakit konyol seperti ini.
mercy banyak, peugeot dikit karena apa?
google search versi english itu kebanyakan user2nya asal U.S. Begitu juga dengan forum2 otomotifnya terutama dihuni oleh orang2 US.
Peugeot jarang ada di google yg pake english karena Pug udah lama hengkang dari US (dari 1991).

Orang2 amerika udah memutuskan melalui dompetnya (itu keputusan mutlak tuh :mrgreen: ) bahwa mereka gak suka reliabilitynya pug dan memutuskan untuk tidak membeli produk2nya. Ini bukan kata ane lho, tapi kata bangsa amerika.

Nah kalo ente pake google search versi prancis, PASTI banyak ketemu pug2 yg blown radiatornya :mrgreen:
ane udah coba soalnya :mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: 03 Jan 2009, 09:19

Re: Mercedes W211 - Review & Reliability Issues

Post by asudarsono »

Bukan begitu, bung Risol. Perancis hengkang karena orang Amerika gak ngerti teknologi Perancis. Contohnya, lampu 504 yang kayak kucing itu kudu dijadikan dua headlights. Yg lucu bemper 505 yang kuat malah kudu ganti karet, yg lebih rentan. Padahal bemper mobil Jepang semuanya baja pada waktu itu.

Citroen udah lebih dulu cabut, masa lampu DS yang bisa toleh2 disuruh matiin. Mungkin mereka merasa terhina moso desse kok dicacat.

Mini apalagi, lampunya kurang tinggi (hahahaha). Dst dsb.
Ready to Race
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: 29 Jul 2009, 06:57

Re: Review BMW 528i (1998)

Post by Dino_lowrider »

Ane udah ngomong sejak awal. Bahwa penggunaan nikasil adalah merupakan BLUNDER / Ketololan BMW.

Sama seperti halnya kontroversi design Bangle's Butt , yang kontroversi itu , yang mengakibatkan issue ( entah bener atau enggak ) Chris Bangle dipecat oleh BMW tanpa alasan yang jelas.

Memang tidak ada maksud pabrikan BMW unutk membuat produk yang tidak reliable tersebut.

Dimana mana pabrikan pasti akan membuat produk yang baik dan diterima oleh konsumennya.

Oleh karena itu , pasti , mesin berbahan Nikasil tersebut sudah melalui uji coba dan research yang mendalam.

Tetapi bagaimanapun fakta mengatakan lain.

Reliablenya suatu produk bukan dilihat dari saat produk tersebut di test di dalam laboratorium , tetapi saat produk tersebut dicoba di kondisi Kondisi real di lapangan / jalanan , kondisi pemakaian oleh banyak konsumen bukan hanya di eropa , tetapi di seluruh dunia , dalam waktu yang panjang / Long Term.

Di kondisi nyata inilah , merupakan pertaruhan nama sebuah produk.

Konsumen adalah Raja. Konsumen sudah menghabiskan dana yang tidak sedikit unutk membeli sebuah mobil yang dengan expectasi tertentu.

Tentunya Expectasi Konsumen terhadap BMW adalah produk Mobil Mewah Kelas atas yang memiliki kualitas baik bahan exterior , interior , ketahanan mesin di atas rata rata mobil2 yang mainstream.

Disinilah BMW gagal......
Akhirnya muncullah pemikiran pemikiran masyarakat bahwa BMW adalah produk yang mahal dan sangat tidak worthed karena tidak ditunjang oleh durabiliti yang baik.

Bagi saya sah sah saja konsumen/masyarakat mengatakan bahwa BMW jaman tersebut adalah produk gagal , sampah , bobrok atau apalah.

Dan saya yakin , konsumen mengatakan hal tersebut bukan tanpa alasan. tetapi memang karena sudah terbukti.

Tidak ada maksud masyarakat mengatakan image bmw mobil mahal dan durabilitynya jelek , dengan alasan untuk membuat black champaine agar produk BMW nggak laku. Sangat Absurd.

Mengapa demikian ? karena konsumen sekarang sudah mulai pintar. Mau nggak mau pasti ada komparasi dengan merk2 lain , seperti mercedes yang notabene durabilitynya memang lebh baik.



Sebagai pemerhati....saya nggak melihat sampai ke detail bahan radiator , bahan interior , karet atau hal hal lain.

Yang saya tahu hanya satu , bahwa BMW adalah produk mahal tetapi tidak ditunjuang oleh durability yang baik . INI FAKTA.

Makanya bagi saya sah2 saja orang mengatakan bahwa BMW adalah produk sampah , bobrok atau apalah.

Kalau durabilitynya nggak baik tetapi harganya seharga toyota avanza sih pasti masyarakat memaklumi.

Tetapi pada kasus ini ada kontradiksi yang berbeda.

Dan kalau kita pandang dari sisi positif , seharusnya feedback tersebut bisa menjadikan BMW untuk berbenah membuat produk yang lebih Woth To Buy.

Semoga produk2 BMW yang baru2 ini merupakan produk2 yang baik , baik dalam hal kualitas dan katahanannya.

___________________________________________-
Nggak Korupsi...kasihan deh lu..... Korupsi budaya kita. mari kita lestarikan....
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post