Nah ini yang ane bold setuju banget.........mklasse wrote:.................................................
Intinya, belilah mobil sesuai dengan kata hati dengan segala resikonya.. mau cari aman ya pilih jepang, resikonya ya ga se-fun mobil eropa.. mau mobil fun ya pilih merk eropa, resikonya ya tidak se-reliable mobil jepang.. tinggal kita yang pilih kan.. kalo untuk dikasih ke supir dipakai sehari2 anter anak sekolah ya pakai saja yg udah terkenal bandelnya.. macam toyota innova.. kalo buat pakai sendiri pas weekend, ya boleh pilih yang lebih beresiko..
Adu Kebut Ala Jerman; Merc vs. BMW
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Review BMW 528i (1998)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Mau reliable, pakai Vespa aja. Hahahaha
Tapi serius, sepeda motor BMW itu juga gagah dan cocok banget dipakai buat adventure. Tapi kenapa sama sepeda motor lain, Harley misalnya, kalah awet? Apa emang filosofi perusahaan BMW bahwa produknya tidak perlu awet?
Tapi serius, sepeda motor BMW itu juga gagah dan cocok banget dipakai buat adventure. Tapi kenapa sama sepeda motor lain, Harley misalnya, kalah awet? Apa emang filosofi perusahaan BMW bahwa produknya tidak perlu awet?
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Review BMW 528i (1998)
Kembali lagi, tergantung siapa yg merawatasudarsono wrote:Mau reliable, pakai Vespa aja. Hahahaha
Tapi serius, sepeda motor BMW itu juga gagah dan cocok banget dipakai buat adventure. Tapi kenapa sama sepeda motor lain, Harley misalnya, kalah awet? Apa emang filosofi perusahaan BMW bahwa produknya tidak perlu awet?
jangankan sepeda motor BMW, sujuki tornado aja kalo pompa olinya matek juga gak bisa jalan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Review BMW 528i (1998)
Menghina ya sampean..hehehe..tak suruh pa peot cipok nanti ya..mandala1 wrote:Kembali lagi, tergantung siapa yg merawatasudarsono wrote:Mau reliable, pakai Vespa aja. Hahahaha
Tapi serius, sepeda motor BMW itu juga gagah dan cocok banget dipakai buat adventure. Tapi kenapa sama sepeda motor lain, Harley misalnya, kalah awet? Apa emang filosofi perusahaan BMW bahwa produknya tidak perlu awet?
jangankan sepeda motor BMW, sujuki tornado aja kalo pompa olinya matek juga gak bisa jalan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Review BMW 528i (1998)
Sepeda motor bmw itu kalah awet...?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Itu pengamatan saya.
Motor yg awetnya kurang dari 5 tahun : motor sport 2 tak, motor cina
Awet 5 tahun : motor bebek 2 tak, motor taiwan
Awet 10 tahun : motor india, BMW modern
Awet 20 tahun : motor jepang
Awet 30 tahun : Honda, Harley, BMW jaman dulu
Awet sampai kiamat : Vespa
Motor yg awetnya kurang dari 5 tahun : motor sport 2 tak, motor cina
Awet 5 tahun : motor bebek 2 tak, motor taiwan
Awet 10 tahun : motor india, BMW modern
Awet 20 tahun : motor jepang
Awet 30 tahun : Honda, Harley, BMW jaman dulu
Awet sampai kiamat : Vespa
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16
Re: Review BMW 528i (1998)
Apalagi Vespa yang pakai gondrong ngak pernah mandiasudarsono wrote:Itu pengamatan saya.
Motor yg awetnya kurang dari 5 tahun : motor sport 2 tak, motor cina
Awet 5 tahun : motor bebek 2 tak, motor taiwan
Awet 10 tahun : motor india, BMW modern
Awet 20 tahun : motor jepang
Awet 30 tahun : Honda, Harley, BMW jaman dulu
Awet sampai kiamat : Vespa
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review BMW 528i (1998)
pengen ada majalah atau pe-review lainnya, yg objektif tentunya ya,....minta ke masing2 pabrikan, satu produk di kelas yg sama.
trus msg2 dipakai oleh tester sbg mobil harian, di kota yg sama dsb....intinya sblmnya udah dibikin suatu pendekatan bhw perlakuan dan kondisi pemakaian thdp mobil2 tsb setara.
maintenance yg dibolehkan hanya standar pabrik aja: ganti oli dan semacamnya.
trus dlm jangka panjang pemakaian itu, dicatat saja, mana yg pertama kali mengalami failure. maka dialah yg akan menjadi nomor 1
dan seterusnya
trus msg2 dipakai oleh tester sbg mobil harian, di kota yg sama dsb....intinya sblmnya udah dibikin suatu pendekatan bhw perlakuan dan kondisi pemakaian thdp mobil2 tsb setara.
maintenance yg dibolehkan hanya standar pabrik aja: ganti oli dan semacamnya.
trus dlm jangka panjang pemakaian itu, dicatat saja, mana yg pertama kali mengalami failure. maka dialah yg akan menjadi nomor 1
dan seterusnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1217
- Joined: Fri May 20, 2011 1:06
Re: Review BMW 528i (1998)
Mbulet men pakde..kesuwen..keburu matek motorre..andy1800 wrote:pengen ada majalah atau pe-review lainnya, yg objektif tentunya ya,....minta ke masing2 pabrikan, satu produk di kelas yg sama.
trus msg2 dipakai oleh tester sbg mobil harian, di kota yg sama dsb....intinya sblmnya udah dibikin suatu pendekatan bhw perlakuan dan kondisi pemakaian thdp mobil2 tsb setara.
maintenance yg dibolehkan hanya standar pabrik aja: ganti oli dan semacamnya.
trus dlm jangka panjang pemakaian itu, dicatat saja, mana yg pertama kali mengalami failure. maka dialah yg akan menjadi nomor 1
dan seterusnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Review BMW 528i (1998)
Kalo ane bilang sih semestinya bagus malahan ada yg namanya debat otomotif di satu forum otomotif, asal aturan main dasar gak dilanggar (bawa2 SARA, dsb).mklasse wrote:Walah om2 sekalian sudahlah tidak perlu diperpanjang.. Cape kan saling ngotot.. tp pada akhirnya ga ada untungnya kan buat kita semua..
Yang bilang bmw sampah mati2an kaga dibayar sama mercedes.. yg membela mati2an bmw jg kaga dibayar sama bmw kan? jadi ya udah aja.
Jelek juga kalo namanya forum otomotif tapi isinya kebanyakan cuma say hello, jokes, OOT, dll
Karena kalo di forum yg bebas terlalu banyak peraturan yg gak perlu, kaya "debat jgn terlalu panjang", 'ngomong sedikit ttg suatu merek (walaupun fakta), langsung dicap sebagai fanboy/pembela suatu merek", maka lama2 orang males mengutarakan pendapat.
Mereka jadi males comment di forum ini karena "takut" dicap pembela merek atau fanboy, yg mengakibatkan mereka2 ini jadi bermental "yes boss" doang...alias jadi hanya mendukung statement yg sifatnya mainstream yg jg didukung banyak orang, walaupun di hati kecil kurang setuju. Jadi dengan keadaan spt ini, ilmu yg mereka punya ttg kejelekan merek tsb jadi tidak tersebar ke orang lain
itulah indahnya forum bebas, we agree to disagree.....and it is OK
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Review BMW 528i (1998)
Kalo ente mao pake fakta ini atau bukti ini sebagai supporting evidence untuk bilang "BMW mobil bobrok" atau "BMW sampah kualitasnya dibanding mercedes", maka ente kurang tepat.Dino_lowrider wrote:Nih fakta : heheheh
http://oto.detik.com/read/2012/04/23/14 ... udi-ashari
Jakarta - Pemilik BMW Z4, Iswahyudi Ashari, telah melaporkan kasus pencemaran nama baik dirinya yang diduga dilakukan oleh Presdir PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.
..
Kalo fakta ini atau bukti ini mao dipake, mustinya statement anda bilang gini: "SEMUA mobil adalah mobil bobrok" atau "BMW sama bobrok atau sama sampah nya kaya Mercedes".......kalo ente bilang spt ini, nah itu baru bener.
Karena kalo ane mao cari contoh2 spt ini, semenit pun ane bisa posting disini banyak contoh2 mercedes yg rusak, diluar atau dalam negeri.
Gak cuma mercedes atau BMW, merek2 yg terkenal reliable kaya toyota pun buanyak....
Ane sebenernya nyari reason yg specific kenapa ente dengan sangat yakinnya bilang BMW = sampah atau rongsok. Semestinya, kalo orang udah dengan sangat yakin bisa mengutarakan statement spt ini, dia juga punya alesannya (semestinya lho..... bukannya ngomong dulu, jelekin dulu baru mikir apa ya alesannya )
Nih ane kasi contoh:
Kalo ada yg bilang 1970s Ford Pinto gak aman karena gampang kebakar kalo mobil ditabrak dari belakang, maka alesannya adalah sebagai berikut:
1. Karena gas tanknya berada tepat dibalakang rear bumper, jadi kecelakaan kecil pun (sundulan pelan) dari belakang langsung meng-impact gas tank
2. Karena gas tank terbuat dari material yg kurang bagus sehingga gampang rupture (jelasin seh bahannya gimana.....)
Nah alesan gini yg ane cari....terbukti atau engga alesan tsb, gak gitu penting. Yg penting mana alesannya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 462
- Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57
Re: Review BMW 528i (1998)
Risol1 wrote:Kalo ente mao pake fakta ini atau bukti ini sebagai supporting evidence untuk bilang "BMW mobil bobrok" atau "BMW sampah kualitasnya dibanding mercedes", maka ente kurang tepat.Dino_lowrider wrote:Nih fakta : heheheh
http://oto.detik.com/read/2012/04/23/14 ... udi-ashari
Jakarta - Pemilik BMW Z4, Iswahyudi Ashari, telah melaporkan kasus pencemaran nama baik dirinya yang diduga dilakukan oleh Presdir PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.
..
Kalo fakta ini atau bukti ini mao dipake, mustinya statement anda bilang gini: "SEMUA mobil adalah mobil bobrok" atau "BMW sama bobrok atau sama sampah nya kaya Mercedes".......kalo ente bilang spt ini, nah itu baru bener.
Karena kalo ane mao cari contoh2 spt ini, semenit pun ane bisa posting disini banyak contoh2 mercedes yg rusak, diluar atau dalam negeri.
Gak cuma mercedes atau BMW, merek2 yg terkenal reliable kaya toyota pun buanyak....
Ane sebenernya nyari reason yg specific kenapa ente dengan sangat yakinnya bilang BMW = sampah atau rongsok. Semestinya, kalo orang udah dengan sangat yakin bisa mengutarakan statement spt ini, dia juga punya alesannya (semestinya lho..... bukannya ngomong dulu, jelekin dulu baru mikir apa ya alesannya )
Nih ane kasi contoh:
Kalo ada yg bilang 1970s Ford Pinto gak aman karena gampang kebakar kalo mobil ditabrak dari belakang, maka alesannya adalah sebagai berikut:
1. Karena gas tanknya berada tepat dibalakang rear bumper, jadi kecelakaan kecil pun (sundulan pelan) dari belakang langsung meng-impact gas tank
2. Karena gas tank terbuat dari material yg kurang bagus sehingga gampang rupture (jelasin seh bahannya gimana.....)
Nah alesan gini yg ane cari....terbukti atau engga alesan tsb, gak gitu penting. Yg penting mana alesannya
coba bro risol cari. katanya semenit udah dapat berita berita tentang bobroknya mobil2 mercedes atau toyota...
Kalau memang ada coba copas di forum ini....
Lalu kita bahas bersama...heheh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: Review BMW 528i (1998)
Alesan knapa orang cenderung ''ngebela'' brand tertentu;Risol1 wrote:Kalo ente mao pake fakta ini atau bukti ini sebagai supporting evidence untuk bilang "BMW mobil bobrok" atau "BMW sampah kualitasnya dibanding mercedes", maka ente kurang tepat.Dino_lowrider wrote:Nih fakta : heheheh
http://oto.detik.com/read/2012/04/23/14 ... udi-ashari
Jakarta - Pemilik BMW Z4, Iswahyudi Ashari, telah melaporkan kasus pencemaran nama baik dirinya yang diduga dilakukan oleh Presdir PT BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.
..
Kalo fakta ini atau bukti ini mao dipake, mustinya statement anda bilang gini: "SEMUA mobil adalah mobil bobrok" atau "BMW sama bobrok atau sama sampah nya kaya Mercedes".......kalo ente bilang spt ini, nah itu baru bener.
Karena kalo ane mao cari contoh2 spt ini, semenit pun ane bisa posting disini banyak contoh2 mercedes yg rusak, diluar atau dalam negeri.
Gak cuma mercedes atau BMW, merek2 yg terkenal reliable kaya toyota pun buanyak....
Ane sebenernya nyari reason yg specific kenapa ente dengan sangat yakinnya bilang BMW = sampah atau rongsok. Semestinya, kalo orang udah dengan sangat yakin bisa mengutarakan statement spt ini, dia juga punya alesannya (semestinya lho..... bukannya ngomong dulu, jelekin dulu baru mikir apa ya alesannya )
Nih ane kasi contoh:
Kalo ada yg bilang 1970s Ford Pinto gak aman karena gampang kebakar kalo mobil ditabrak dari belakang, maka alesannya adalah sebagai berikut:
1. Karena gas tanknya berada tepat dibalakang rear bumper, jadi kecelakaan kecil pun (sundulan pelan) dari belakang langsung meng-impact gas tank
2. Karena gas tank terbuat dari material yg kurang bagus sehingga gampang rupture (jelasin seh bahannya gimana.....)
Nah alesan gini yg ane cari....terbukti atau engga alesan tsb, gak gitu penting. Yg penting mana alesannya
- Beliau lagi dan masih akan meliara brand tersebut dan lagi ga ada masalah.
- Dulu waktu ngambil unitnya dianterin sendiri ama salesnya yang naudubile cakepnya.........
Nah alesan knapa ''antipati'' ama bran tertentu:
- Pernah punya masalah ama unit yang lagi dipelihara, dibawa keberes malah dijutekin.
- Pas pede kate ama inceran, eh malah ditampar di depan mobilnya...........
@Risol(es)1; Tanpa tanya knapa, kita sudah tau alesannya dari cara beliau nulisnya.
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review BMW 528i (1998)
@perosnal: curcol pngalaman pribadi ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Review BMW 528i (1998)
klo menjelekkan/ngebela brand tertentu tapi gak pernah pake atau beli lucu juga ya, apalagi tanpa data teknis atau fakta.......kaburrr ah
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: Review BMW 528i (1998)
wkkk......kalem pak boss, masa grogi; ampe nulis nick salah gitu.andy1800 wrote:@perosnal: curcol pngalaman pribadi ya?
Ga ada sih pengalaman pribadi, cuman kalo ngobrol ama pribadi yang macam ''itu''.
Kalo pengalaman sih ga pernak fanatik ama brand tertentu, ambil positipnya dan buang negatipnya; kan nanti ga bisa di start to mobil.......
Im wondering; knapa merc seken harga lebih kuat di banding...?
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Review BMW 528i (1998)
mungkin gara2 engine stop start yehasudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Review BMW 528i (1998)
Yoi. Teknologi yg belum tentu cocok ama negara tropis.iwang wrote:mungkin gara2 engine stop start yehasudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Review BMW 528i (1998)
sulit pak untuk start stop di transmisi otomatis..karena musti disconnect transmisi, dan begitu start tetep musti priming hydraulic systemnya. makanya respon nya jadi lama..belon lagi kongsumsi listrik jadi boros,akhirnya nambahin sirkuit monitoring kongsumsi listrik, tambah ruwet ga keruan. mau di tropis atau tidak sama aja - cuma ngejer rating CAFE aja. saya rasa sih useless. dan lagi cranking on & off kan menambah wear & tear.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: Review BMW 528i (1998)
Konyol sekali si Risol, macam sales bmw aja dia. Kenapa 2nd BMW hancur jatuh bebas? Ya karena emang sampah dibandingkan dengan mercy yg harganya stabilll.
Kalau anda hebat , coba jelasin kenapa sama2 BEHR radiator di mercy awet2 ajah sedang di BMW sering meledak. Jangan berdalih mercy atau pejot jg meledak (paste di sini jika kau temukan)
Wiring harnes getas = murah bang! 5juta aja kelar, beli yg aftermarket kabel biasa bukan biodegrade.
Cooling system BMW blown + overheat + engine melengkung = berapa puluh juta tuh?
Ini yg dinamakan reliability? Artinya anda terlalu fanatik BMW.
Ngakak jeleas W124 itu seliweran di jalan indonesia lebih banyak dari E34 yg kebanyakan mogok & males betulinnya. E34 bisa operasional tp koceknya rogoh lebih dalam bbrp kali lipat.
Reliability? Jelas lah mana yg kuda tempur
BMW itu mobil yg sok high performance , kualitas keawetannya (durability) terlalu mepet.
W202 dari dulu pakai ngga pernah masalah besar, tp E36 waduh.... banyak pusingnya daripada enjoynya *fakta
Kalau anda hebat , coba jelasin kenapa sama2 BEHR radiator di mercy awet2 ajah sedang di BMW sering meledak. Jangan berdalih mercy atau pejot jg meledak (paste di sini jika kau temukan)
Wiring harnes getas = murah bang! 5juta aja kelar, beli yg aftermarket kabel biasa bukan biodegrade.
Cooling system BMW blown + overheat + engine melengkung = berapa puluh juta tuh?
Ini yg dinamakan reliability? Artinya anda terlalu fanatik BMW.
Ngakak jeleas W124 itu seliweran di jalan indonesia lebih banyak dari E34 yg kebanyakan mogok & males betulinnya. E34 bisa operasional tp koceknya rogoh lebih dalam bbrp kali lipat.
Reliability? Jelas lah mana yg kuda tempur
BMW itu mobil yg sok high performance , kualitas keawetannya (durability) terlalu mepet.
W202 dari dulu pakai ngga pernah masalah besar, tp E36 waduh.... banyak pusingnya daripada enjoynya *fakta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: Review BMW 528i (1998)
asudarsono wrote:Yoi. Teknologi yg belum tentu cocok ama negara tropis.iwang wrote:mungkin gara2 engine stop start yehasudarsono wrote:Saya dengar bahwa AC BMW yang baru kalau kelamaan di lampu merah suka terus gak dingin lagi, ada yg bisa konfirmasi?
Di BMW kan emang desainnya AC (Angin Cepat) disaat angin berembus cepat dia akan dingin, tidak berembus cepat ya tidak dingin Canda....
Untuk ACnya saya bisa konfirmasi, iklim tropis tidak masalah. Kompresor mobil apapun semua itu bentuknya sama.
Tiba2 ngga dingin, itu problema di kontroler ACnya. Di manual putar pernah nemuin, di digital Climate control lebih sering lagi nemuin.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43
Re: Review BMW 528i (1998)
iwang wrote:yang baru2 design marginnya makin kecil om, salah dikit jebol.co.id..yang lama masih over engineered. dan lagi yang baru2 pake sistem2 bosch (misalnya electric cooling fan system e90 sama dengan w203) jadi ya beda2 tipis.
belum lagi soal harga jual..diengineer berdasarkan harga jual, baru di bikin spesifikasi..jadilah w203 yang interiornya lengket2
Sama2 BEHR aja yg satu gampang blown up yg satu jauh lebih awet. Jadi logika sama2 Bosch pasti sama tingkat reliabilitynya blm tentu juga sih. Itu semua tergantung manufaktur pesan yg bagus atau yg murahan.
Interior lengket karena material underquality?
Yg pasti beli 528i E39 ini jauh lebih pusing dari 530i E39 M54,
Berapa harga replacement blok alusil M52? Beber aja disini.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Review BMW 528i (1998)
ini ada buktinya atau cuma opinion pribadi (alias omong besar) doang?Megalontong wrote:W124 bisa 365hari operasional , E34 30% joy 70% bengkel
W124 udah belasan tahun umurnya pasti ada aja rusaknya. Mercy baru pun aja ane gak berani bilang PASTI bisa jalan 365 hari
comment ente teralu hiperbola meng-agung2 kan mercedes. Namanya mobil sih pasti aja da rusaknya.
Juga 70% buat BMW itu data darimana? coba ditunjukkan?