Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by gege »

ITALIAN TUNE-UP

Istilah ITALIAN TUNE-UP berawal dari kebiasaan mengemudi bangsa Italia yang terkenal temperamental dan senang ngebut. Di jalur-jalur pegunungan Italia, mereka terkenal dengan gaya mengemudinya yang ala gerombolan kaki berat, pokoknya bejek gas abis sampai putaran mesin/RPM mencapai batas maksimum (redline) sebelum mengoper gigi persneling.

Berlawanan dengan persepsi ataupun mitos yang dianut sebagian besar masyarakat, gaya menyetir ini justru memiliki beberapa dampak positif. Dampak terbesar adalah menunda/ memperlambat pembentukan kerak karbon di katup masuk dan ruang bakar. Mesin juga butuh olah raga rutin!

Cara melakukan Italian tune-Up yang benar:
1. Ketika mesin mencapai sekitar 2000-2500 RPM pada gigi 1, segera injak pedal gas sampai habis;
2. Ketika putaran mesin mencapai redline, segera oper ke gigi berikutnya. Jangan menahan putaran mesin pada baras redline, ini bukannya mengolah-ragakan mesin tetapi berusaha memendekkan usia mesin;
3. Ulangi pada gigi 2 dan 3;
4. Lakukan 2-3 x setiap beberapa hari.

Pada kendaraan yang dilengkapi transmisi otomatis, tidak perlu memindahkan tuas persneling tetapi gunakan posisi D :

* Segera setelah putaran mesin mencapai sekitar 2000 RPM pada gigi 1 segera injak pedal gas sampai habis;
* Pengoperan secara manual tidak dianjurkan mengingat putaran mesin yang terlampau tinggi dapat menurunkan keawetan transmisi otomatis;
* Pada tipe transmisi otomatis elektronik, gunakan mode S (sport) ketika melakukan Italian tune-up

Peringatan sebelum melakukan Italian Tune-Up:
1. Yakinkan bahwa timing belt anda dalam kondisi baik (diganti secara berkala setiap 50.000km);
2. Oli mesin, transmisi maupun differential (gardan) harus pada level yang cukup dan kualitas oli yang digunakan juga harus baik;
3. Mesin tidak mengalami detonasi (ngelitik);
4. Jangan paksa mesin Anda. Jangan lakukan Italian tune-up ketika mobil berbeban/ bermuatan penuh atau sedang berada di tanjakan yang sangat berat

MEMAKSA MESIN BEKERJA PADA PUTARAN RENDAH
Kebiasaan orang mengendarai mobil dengan cara LUGGING THE ENGINE alias memaksa mesin bekerja dengan putaran rendah dibawah 2.000 RPM pada gigi 3, 4 atau bahkan 5 adalah kebiasaan yang sangat buruk karena akan mengurangi usia pakai mesin. Getaran berlebih yang ditimbulkan mesin juga akan berdampak negatif bagi komponen-komponen lainnya seperti komponen transmisi, as roda penggerak, gardan, dll. Untuk pengendaraan sehari-hari, jagalah putaran mesin pada kisaran 2.000-3.500 RPM karena kisaran ini memberikan konsumsi BBM yang terhemat serta dapat memperpanjang usia mesin.

sumber : http://my405.wahyudesign.com/tips.php
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks buat infonya bung gege
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

yap itu info memang ++
thanks

Biasanya orang2 malas nurunkan persneling di gigi4 dan 3, ke gigi 2 ato 1, pada putaran rendah, itu malahan bikin mesin lebih bergetar.. yang bisa bikin mesin.... (baca aja diatas oke?)
Sandi
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 28, 2004 15:59
Location: Malang

:)

Post by Sandi »

:wink: Halo teman-teman penggemar modifikasi mobil bisa gabung di Friendster kita Add aja di [email protected] THX :)
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Re: :)

Post by gege »

Sandi wrote::wink: Halo teman-teman penggemar modifikasi mobil bisa gabung di Friendster kita Add aja di [email protected] THX :)
Apaan nih?
kok ga nyambung ya sama topik :(
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: :)

Post by DigitALL »

gege wrote:
Sandi wrote::wink: Halo teman-teman penggemar modifikasi mobil bisa gabung di Friendster kita Add aja di [email protected] THX :)
Apaan nih?
kok ga nyambung ya sama topik :(
Hehehe ... :D ada selingan dulu.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by y_anjasrana »

info bagus utk yg msh bingung dgn italian tune up nih...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

y_anjasrana wrote:info bagus utk yg msh bingung dgn italian tune up nih...
Sip om thanks ya
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

Indonesian tune up
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by glendotan »

Bagusnya italian tune up matikan ac kali yak.. supaya kompresor ga cepet jebol...
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:Indonesian tune up
Campur apa dulu nih
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Turboman »

dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Jambangan »

Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
bener nih kata om turbo
Ane pernah baca jg RPM ga perlu sampe redline
Cukup pake gear 2 atau 3 aja trus tahan putaran mesin di kisaran 4500-5000 RPM (Mobil bensin) kira2 1-2 menit
Ane pernah coba tapi ga tega denger suara mesinnya jadinya baru bentaran udh langsung pindah ke gear tinggi :mky_01:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
Kalo matic bgm om,thanks
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

nugroho bagor wrote:
Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
Kalo matic bgm om,thanks
Lah mobil ente bukan mobil merk itu kan? Yg mobil keluaran terbaru dan dihebohkan banget tapi tetap pake matic jadul gak ada tiptronik dah gitu masih 4 speed? :ngacir: :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Unta_item »

htannis wrote:Indonesian tune up
Indonesian Tune Up = Memacu mesin Sampe Redline Waktu Lampu Lalulintas udah kuning mau merah :ngacir: :ngacir: :ngacir:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

Unta_item wrote:
htannis wrote:Indonesian tune up
Indonesian Tune Up = Memacu mesin Sampe Redline Waktu Lampu Lalulintas udah kuning mau merah :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Tukang becak malah genjot terus mas
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by kompresorz »

saya sering metodenya sampe redline 7 mentok ampe endut2an alias brenti gasnya...pokoknya sekuat2nya digas
User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: Thu Oct 11, 2012 12:16

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Unta_item »

Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
sedang buat pengendara semi ugal2an tentunya ngak perlu Italian tune up dia pasti akan memacu mesin melewati batas ... :big_peace:

NB= mesin ngak akan jadi enteng bila hanya di geber2 beberapa kali, lalu dalam minggu2 selanjutnya anda hanya mengunakan dengan ideal dan bermacet2 ria dijalan, .... :mky_03:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
sedang buat pengendara semi ugal2an tentunya ngak perlu Italian tune up dia pasti akan memacu mesin melewati batas ... :big_peace:

NB= mesin ngak akan jadi enteng bila hanya di geber2 beberapa kali, lalu dalam minggu2 selanjutnya anda hanya mengunakan dengan ideal dan bermacet2 ria dijalan, .... :mky_03:
Ya gak apa2 tho mas biar rame tritnya n orang kan feelingnya laen2,n kepuasan setelah italian tune up
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Turboman »

Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
Engga juga sih asal di guide dengan benar

ITU gak mesti ngebut, kalau misal kita ke Bandung saat nanjak di Cipularang dengan downshift dan RPM masuk 70 - 80% Redline dan dilakukan bbrp X setiap nemuin tanjakan itu juga udah termasuk ITU.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by htannis »

nugroho bagor wrote:
Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
sedang buat pengendara semi ugal2an tentunya ngak perlu Italian tune up dia pasti akan memacu mesin melewati batas ... :big_peace:

NB= mesin ngak akan jadi enteng bila hanya di geber2 beberapa kali, lalu dalam minggu2 selanjutnya anda hanya mengunakan dengan ideal dan bermacet2 ria dijalan, .... :mky_03:
Ya gak apa2 tho mas biar rame tritnya n orang kan feelingnya laen2,n kepuasan setelah italian tune up
Betul, apalagi kalau tune up sambil rendeman, puas euy :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
Deasegara
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by Deasegara »

nugroho bagor wrote:
Turboman wrote:dari pengamatan ane

ITU gak perlu bejek sampe Redline juga, bisa juga dengan cara : mesin berputar 75 - 80% Redline selama 1 - 2 menit yang dilakukan berulang - ulang, misal saat kita keluar kota menghadapi jalanan nanjak.

Efeknya sama aja.
Kalo matic bgm om,thanks
Kalo maticnya sudah modern/Tiptronic macam PS, Santafe, Captiva, TB 2.8, Orlando, Mazda dll yg sejenis tinggal kickdown pake Tiptronic selesai. Sebetulnya kalo orang2 yg energic, dinamis (lengkapnya tanya pak Andy1800 he..he..) setiap hari tanpa disadari sudah melakukannya. Waktu nyalip pasti manual kickdown mendekati redline baru puas he...he...he...merasakan sensasi tiptronic yg fun he..he..he...Tapi kalo maticnya spec PURBA alias jadul macam Fortuner non/VNT, Innova dan sejenisnya tinggal di lock di 2 atau berapa trus digeber tapi ya gak sesansasional tiptronic..... :mky_07: Makanya kalo type orangnya energic dinamis dll mengemudikan matic spec PURBA alias jadul ibaratnya seperti katak dalam tempurung....he..he...he... :mky_07:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by nugroho bagor »

htannis wrote:
nugroho bagor wrote:
Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
sedang buat pengendara semi ugal2an tentunya ngak perlu Italian tune up dia pasti akan memacu mesin melewati batas ... :big_peace:

NB= mesin ngak akan jadi enteng bila hanya di geber2 beberapa kali, lalu dalam minggu2 selanjutnya anda hanya mengunakan dengan ideal dan bermacet2 ria dijalan, .... :mky_03:
Ya gak apa2 tho mas biar rame tritnya n orang kan feelingnya laen2,n kepuasan setelah italian tune up
Betul, apalagi kalau tune up sambil rendeman, puas euy :big_weee:
....................... :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Tambah pengetahuan tentang Italian Tune-Up

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
Unta_item wrote:Sebenarnya sih italian Tune Up ngak diperlukan, karena Tipekal mobil terbentuk dari penguna, seorang penguna mobil yang biasa jalan pelan dan bolot, lalu disuruh italian Tune Up itu malah akan membahayakan karena mengendarai diluar batas kebiasaan sehari hari,
Engga juga sih asal di guide dengan benar

ITU gak mesti ngebut, kalau misal kita ke Bandung saat nanjak di Cipularang dengan downshift dan RPM masuk 70 - 80% Redline dan dilakukan bbrp X setiap nemuin tanjakan itu juga udah termasuk ITU.
Gear lever dari D pindah ke 3 saat rpm turun jadi 3000. Tahan di rpm 5000. Mantap...!!
:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "