RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

ini bukan masalah pertempuran klasik. yg berdasar rasa2nya saja.

tp tlg berikan kita2 semacam penjelasan berdasar rumusan2 teknikal, misalnya:
- mmg benar bhw RWD mempunya rugi2 mekanikal lbh banyak dibanding FWD... cm tlg dikasih rumusannya dan contoh ya, seberapa besaran selisih rugi2 mekanikal tsb
- kekuatan dorong dan kekuatan tarik, itu bagaimana rumusannya.
- dsb


silakan
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RWD vs FWD ......................explained !!

Post by maskopat »

kerugian mekanikal (power loss) mobil RWD terjadi karena mesin berada di depan. tapi kalo mesin berada di tengah (MR) dan di belang (RR) maka power loss akan lebih kecil.

keuntungan RWD adalah ketika akselerasi dan dan jalan pada tanjakan yang relatif curam. traksi roda berada pada roda belakang yang menyebabkan roda penggerak tidak slip ketika melakukan 2 hal di atas.

kalo masalah handling, ane lebih demen RWD, karena dari dulu biasa bawa RWD...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: RWD vs FWD ......................explained !!

Post by ZombiEE »

Hadir...keduaaax
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: RWD vs FWD ......................explained !!

Post by mr-saga »

andy1800 wrote:ini bukan masalah pertempuran klasik. yg berdasar rasa2nya saja.

tp tlg berikan kita2 semacam penjelasan berdasar rumusan2 teknikal, misalnya:
- mmg benar bhw RWD mempunya rugi2 mekanikal lbh banyak dibanding FWD... cm tlg dikasih rumusannya dan contoh ya, seberapa besaran selisih rugi2 mekanikal tsb
- kekuatan dorong dan kekuatan tarik, itu bagaimana rumusannya.
- dsb


silakan
Waduh... pake minta dijelaskan pake rumus sgala..:frm_bang_head:
nunggu ank Teknik Mesin aja dah..hehe
Setau ane rangkaian mekanisme drivetrain FWD itu lbh sdikit
komponennya daripada RWD.
Karena mesin di dpn lbh dekat jaraknya dg ban dpn.

Dan jg karna semakin bnyk komponen yg terkait/terhubung dg mekanisme = semakin bnyk kerugian transfer tenaga yg hilang yg diakibatkan oleh gesekan antar komponen selama komponen tsb bekerja,
disebut jg dg istilah mechanical loss. CMIIW
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by Hansen »

Nubie ijin mencerna dulu :thanks:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by maskopat »

apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

maskopat wrote:apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
cocok, selaras

dan justru krn ane ngefans sm misalnya, meneer imsus...maka ane ingin beliaunya pidato lagi di masa skarang. masa dengerin rekaman pidato bliaunya di masa lalu mulu. perkara isinya sama ya gpp, sukur2 ada hal baru.





mr-saga wrote: Waduh... pake minta dijelaskan pake rumus sgala..:frm_bang_head:
nunggu ank Teknik Mesin aja dah..hehe
Setau ane rangkaian mekanisme drivetrain FWD itu lbh sdikit
komponennya daripada RWD.
Karena mesin di dpn lbh dekat jaraknya dg ban dpn.

Dan jg karna semakin bnyk komponen yg terkait/terhubung dg mekanisme = semakin bnyk kerugian transfer tenaga yg hilang yg diakibatkan oleh gesekan antar komponen selama komponen tsb bekerja,
disebut jg dg istilah mechanical loss. CMIIW
justru krn hal tsb lah yg udah umum diyakini oleh byk orang, maka perlu penjelasan lbh lanjut, sebenernya seberapa besar sih loss nya itu?...apakah segitu signifikannya, misalnya katakanlah lbh dr 30%.

nah, utk bisa tergambarkan sbrapa besar tsb, maka perlu dijelaskan dg suatu formulasi yg bisa dipertanggung jawabkan.
dan itu maksudnya bukan leksikal hrs pakai rumus ya. bisa saja dg suatu penjelasan kreatif lain, yg intinya bisa mengungkap besarnya mechanical loss tsb.
kalaupun pakai angka, jg gak hrs eksak sekian koma sekian-sekian. angka kisaran saja cukup. cuma, perlu dijelaskan angka kisaran tsb didapat darimana?

intinya, masa cuma keyakinan doang, tanpa pembuktian?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by iwang »

:mky_05: susah juga topiknye nyimak aje dah :mky_06: :mky_06:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

iwang wrote: :mky_05: susah juga topiknye nyimak aje dah :mky_06: :mky_06:
iya nih, ikut nyimak juga ah :off_woman:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by maskopat »

andy1800 wrote:
maskopat wrote:apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
cocok, selaras

dan justru krn ane ngefans sm misalnya, meneer imsus...maka ane ingin beliaunya pidato lagi di masa skarang. masa dengerin rekaman pidato bliaunya di masa lalu mulu. perkara isinya sama ya gpp, sukur2 ada hal baru.





mr-saga wrote: Waduh... pake minta dijelaskan pake rumus sgala..:frm_bang_head:
nunggu ank Teknik Mesin aja dah..hehe
Setau ane rangkaian mekanisme drivetrain FWD itu lbh sdikit
komponennya daripada RWD.
Karena mesin di dpn lbh dekat jaraknya dg ban dpn.

Dan jg karna semakin bnyk komponen yg terkait/terhubung dg mekanisme = semakin bnyk kerugian transfer tenaga yg hilang yg diakibatkan oleh gesekan antar komponen selama komponen tsb bekerja,
disebut jg dg istilah mechanical loss. CMIIW
justru krn hal tsb lah yg udah umum diyakini oleh byk orang, maka perlu penjelasan lbh lanjut, sebenernya seberapa besar sih loss nya itu?...apakah segitu signifikannya, misalnya katakanlah lbh dr 30%.

nah, utk bisa tergambarkan sbrapa besar tsb, maka perlu dijelaskan dg suatu formulasi yg bisa dipertanggung jawabkan.
dan itu maksudnya bukan leksikal hrs pakai rumus ya. bisa saja dg suatu penjelasan kreatif lain, yg intinya bisa mengungkap besarnya mechanical loss tsb.
kalaupun pakai angka, jg gak hrs eksak sekian koma sekian-sekian. angka kisaran saja cukup. cuma, perlu dijelaskan angka kisaran tsb didapat darimana?

intinya, masa cuma keyakinan doang, tanpa pembuktian?
untuk mobil layout FR seperti fortie, paspor, ipah, biasanya power loss sekitar 30%...
mungkin link ini bisa membantu...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by grandscenic »

Ga ngerti soal teknis FWD atau RWD, tp yg dirasain mobil2 FWD lbh nyaman rasanya didalam kabin.. :mky_01: :mky_01:
Etme Bulma Dünyası
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by ZombiEE »

maskopat wrote:
andy1800 wrote:
maskopat wrote:apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
cocok, selaras

dan justru krn ane ngefans sm misalnya, meneer imsus...maka ane ingin beliaunya pidato lagi di masa skarang. masa dengerin rekaman pidato bliaunya di masa lalu mulu. perkara isinya sama ya gpp, sukur2 ada hal baru.





mr-saga wrote: Waduh... pake minta dijelaskan pake rumus sgala..:frm_bang_head:
nunggu ank Teknik Mesin aja dah..hehe
Setau ane rangkaian mekanisme drivetrain FWD itu lbh sdikit
komponennya daripada RWD.
Karena mesin di dpn lbh dekat jaraknya dg ban dpn.

Dan jg karna semakin bnyk komponen yg terkait/terhubung dg mekanisme = semakin bnyk kerugian transfer tenaga yg hilang yg diakibatkan oleh gesekan antar komponen selama komponen tsb bekerja,
disebut jg dg istilah mechanical loss. CMIIW
justru krn hal tsb lah yg udah umum diyakini oleh byk orang, maka perlu penjelasan lbh lanjut, sebenernya seberapa besar sih loss nya itu?...apakah segitu signifikannya, misalnya katakanlah lbh dr 30%.

nah, utk bisa tergambarkan sbrapa besar tsb, maka perlu dijelaskan dg suatu formulasi yg bisa dipertanggung jawabkan.
dan itu maksudnya bukan leksikal hrs pakai rumus ya. bisa saja dg suatu penjelasan kreatif lain, yg intinya bisa mengungkap besarnya mechanical loss tsb.
kalaupun pakai angka, jg gak hrs eksak sekian koma sekian-sekian. angka kisaran saja cukup. cuma, perlu dijelaskan angka kisaran tsb didapat darimana?

intinya, masa cuma keyakinan doang, tanpa pembuktian?
untuk mobil layout FR seperti fortie, paspor, ipah, biasanya power loss sekitar 30%...
mungkin link ini bisa membantu...
Ampun Pak'E (bukan pakdhe)......beraaaat sekali ujian nya... :frm_bang_head:
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by Nightster Guy »

pernah baca.. jazz yg di brosur dibilang 120 PS (JIS rating), saat didyno dlm kondisi default, dapetnya di 80an FWHP.. itung sendiri deh lossnya brapa.. ini FWD blom kl RWD..

masak ia segitu yah? :mky_01: keknya salah baca/salah inget........ :ngacir: :ngacir:
Das Beste oder nichts.
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by vote42ner »

Hansen wrote:Nubie ijin mencerna dulu :thanks:
Nubie dengan sertipikat teknik mesin luar nagariiii..mantaafff..heheehe
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by mr-saga »

andy1800 wrote:
maskopat wrote:apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
cocok, selaras

dan justru krn ane ngefans sm misalnya, meneer imsus...maka ane ingin beliaunya pidato lagi di masa skarang. masa dengerin rekaman pidato bliaunya di masa lalu mulu. perkara isinya sama ya gpp, sukur2 ada hal baru.





mr-saga wrote: Waduh... pake minta dijelaskan pake rumus sgala..:frm_bang_head:
nunggu ank Teknik Mesin aja dah..hehe
Setau ane rangkaian mekanisme drivetrain FWD itu lbh sdikit
komponennya daripada RWD.
Karena mesin di dpn lbh dekat jaraknya dg ban dpn.

Dan jg karna semakin bnyk komponen yg terkait/terhubung dg mekanisme = semakin bnyk kerugian transfer tenaga yg hilang yg diakibatkan oleh gesekan antar komponen selama komponen tsb bekerja,
disebut jg dg istilah mechanical loss. CMIIW
justru krn hal tsb lah yg udah umum diyakini oleh byk orang, maka perlu penjelasan lbh lanjut, sebenernya seberapa besar sih loss nya itu?...apakah segitu signifikannya, misalnya katakanlah lbh dr 30%.

nah, utk bisa tergambarkan sbrapa besar tsb, maka perlu dijelaskan dg suatu formulasi yg bisa dipertanggung jawabkan.
dan itu maksudnya bukan leksikal hrs pakai rumus ya. bisa saja dg suatu penjelasan kreatif lain, yg intinya bisa mengungkap besarnya mechanical loss tsb.
kalaupun pakai angka, jg gak hrs eksak sekian koma sekian-sekian. angka kisaran saja cukup. cuma, perlu dijelaskan angka kisaran tsb didapat darimana?

intinya, masa cuma keyakinan doang, tanpa pembuktian?
mechanical loss yg ane tau erat jg pengaruhnya dg koefisien gesek.
koefisien gesek ini nanti yg menentukan besar/kecil nya energi yg terbuang.

ya tinggal itung aja ada brp komponen yg bergesekan(ingat, setiap gesekan mempunyai nilai koefisien gesek)
hahahahaha :wkkk:

susah lho Om klo mau compare yg bnr2 apple to apple.
karna kontruksi/desain mesin antara FWD dg RWD itu beda.
mgkn yg lbh mudah kita bs coba meneliti langsung dilapangan dg mobil 4WD/AWD.
yaitu dg cara melepas driveshaft/propelershaft sehingga kita bs memilih roda mana yg tdk ingin kita aktifkan.
Image
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

^
nah, ni dia mulai ada penjelasan dg gambar2... mantaf :off_good_job:
lanjut.... terus.... biar makin lama makin gamblang dan proven :off_woman:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by POS VETT »

Ujung2-nya, kalau mobil dipakai cuma untuk se-hari2, bukan untuk kompetisi, dan tidak dipakai dalam kondisi yang ekstrim, tidak terasa bedanya.

Perbedaan konsumsi BBM susah diukurnya, karena faktor2 paling besar bukan gara2 RWD atau WWD.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

Sekapur sirihnya sih mmg seolah2 ngasih angin kepada mobil penggerak roda depan...
tapi yg keluar dr mulut tetap gak berubah dr dulu: still it's Wrong Wheel Drive !!....wkwkwkwk
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by ilhami »

Kenapa nggak ada side wheel drive ya :D
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by imsus2c »

andy1800 wrote:
maskopat wrote:apakah tret ini bisa kita selaraskan dengan ini? http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=7017
cocok, selaras

dan justru krn ane ngefans sm misalnya, meneer imsus...maka ane ingin beliaunya pidato lagi di masa skarang. masa dengerin rekaman pidato bliaunya di masa lalu mulu. perkara isinya sama ya gpp, sukur2 ada hal baru.
baru nyadar ada tulisan ini nih... :mky_05:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by imsus2c »

ilhami wrote:Kenapa nggak ada side wheel drive ya :D
semi wheel side drive sepertinya ada tuh...

kalau kendaraannya berpenggerak Continuous Track (maaf susah cari terjemahan di Bhs Indonesia EYD), misalnya di traktor, panser/tank, dsb... kalau mau belok kan cuma sebelah saja yg jalan, sisi satunya berhenti
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by maskopat »

imsus2c wrote:
ilhami wrote:Kenapa nggak ada side wheel drive ya :D
semi wheel side drive sepertinya ada tuh...

kalau kendaraannya berpenggerak Continuous Track (maaf susah cari terjemahan di Bhs Indonesia EYD), misalnya di traktor, panser/tank, dsb... kalau mau belok kan cuma sebelah saja yg jalan, sisi satunya berhenti
belum tentu sisi satunya berhenti, tapi bisa dikurangi kecepatannya... cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by imsus2c »

maskopat wrote:
imsus2c wrote:
ilhami wrote:Kenapa nggak ada side wheel drive ya :D
semi wheel side drive sepertinya ada tuh...

kalau kendaraannya berpenggerak Continuous Track (maaf susah cari terjemahan di Bhs Indonesia EYD), misalnya di traktor, panser/tank, dsb... kalau mau belok kan cuma sebelah saja yg jalan, sisi satunya berhenti
belum tentu sisi satunya berhenti, tapi bisa dikurangi kecepatannya... cmiiw...
betul meneer, yg tadi hanya perumpamaan saja :thanks:

malah ada yg extrem dengan reverse putaran track-nya

penjelasan yang lumayan sederhana Tracked Vehicle Steering
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
mr-saga
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
Location: Lamongan - Jawa Timur

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by mr-saga »

andy1800 wrote:Sekapur sirihnya sih mmg seolah2 ngasih angin kepada mobil penggerak roda depan...
tapi yg keluar dr mulut tetap gak berubah dr dulu: still it's Wrong Wheel Drive !!....wkwkwkwk
:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
om andy, alphard yg seliweran di jln raya itu FWD atau RWD sih?
ane sampe skrg msh bingung :mky_05:
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: RWD vs FWD ...explained!! ...plus pengenalan AWD

Post by andy1800 »

Semua alphard FWD om saga..
Sdgkan mpv kotak yg RWD tu elgrand lama, mskipun gak sdikit yg bilang itu se-platform sm alphard lama.
Hyundai H1 jg RWD.
Sdgkan elgrand yg skrg E52, itu FWD

Wah om saga suka ngetest deh. Tp ya gpp daah..‎​™Ќîiîk.·:: :D Ќîiîk :D::·. Ќîiîk™
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image