Page 17 of 50

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Fri Oct 19, 2012 12:57
by fernando_lim
Kira2 mesin bensin kalo dikasih fastron diesel yg apinya ci-4 kira2 gimana yah om turbo ? Penasaran jg saya kalo pakai oli diesel di mesin bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Fri Oct 19, 2012 13:12
by Turboman
penggunaan oli Diesel type Passenger Diesel oil yg ACEA B3 / B4 utk mobil Gasoline Euro IV or lower malah bagus krn oli Diesel ACEA B3 / B4 mengandung ZDDP lebih tinggi daripada oli API SM.

Tapi kalao oli Diesel Heavy Duty ACEA E-4 yg angka TBN nya di atas 12 sih nggak rekomen yah buat mesin bensin (see TDS first), karena TBN dan SAPS yg kelewat tinggi berpotensi bikin endapan di ruang bakar.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Fri Oct 19, 2012 15:51
by fernando_lim
Turboman wrote:penggunaan oli Diesel type Passenger Diesel oil yg ACEA B3 / B4 utk mobil Gasoline Euro IV or lower malah bagus krn oli Diesel ACEA B3 / B4 mengandung ZDDP lebih tinggi daripada oli API SM.

Tapi kalao oli Diesel Heavy Duty ACEA E-4 yg angka TBN nya di atas 12 sih nggak rekomen yah buat mesin bensin (see TDS first), karena TBN dan SAPS yg kelewat tinggi berpotensi bikin endapan di ruang bakar.
Fastron diesel acea B3/B4 jg kalo ga salah tp coba nanti saya intip lg om
Jujur saya pernah pakai di sepeda motor berkopling manual dgn oli diesel dan memang lbh halus dan tahan panas
Tp di mbl gasoline blm pernah coba seh,kira2 rekomen utk brp km yah om buat safetynya ?
Oli petrocanadanya sudah 7500 lebih dan saya rasa sudah kasar bgt jd pengen coba oli diesel gimana hasilnya heheheh
Tq om turbo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 3:22
by fernando_lim
Ralat om baru liat web pertamina fastron dieselnya acea A2/B2 mb 226.1 gimana om turbo ? Oya jg tercantum api SL

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 4:07
by Turboman
Fastron Diesel bisa banget utk mesin bensin tahun lama, kalo utk mesin bensin tahun baru yaa SAE 15W-40 itu kelewat kental.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 7:25
by cabulbugil
fernando_lim wrote:Ane bisa share line fk sudah beberapa tipe saya coba
Fk pulse rs 11-12 dgn mobil s2000
Utk kelas 10w-40 saya relatif jatuhkan pilihan ke caltex havoline(terjangkau)
Eco touring 10w-30 pernah ane pake sampai 7000km mulai ga enak
Tapi kalo fk freshing ini yg paling puas dan harga beti dgn eco touring mending fk freshing sdh pernah saya tempuh sampai 12000 dan ga berani lanjut lg
Saya lupa line fk massimo jg ada 10w-40nya tipe hydrocracked jg saya lupa nama tipenya tp ga pernah saya coba krn harga ga masuk akal utk 10w-40nya
Petrocanada supreme 10w-40 4liter 400an jg (ga worth it 4000 keatas sudah kasar suara mesin dan harga ga masuk akal utk 10w-40)
Pengen bgt tes Q8 tp di mdn cuma bisa didptkan di chevrolet dan harganya mahal bgt so next mau coba caltex havoline formula 10-30 yg saya blg kemarin,tp sayang ga nemu msdsnya cuma nemu info olinya hydrocracked jg
Woww Fk Freshing tembus 12000 km udah berapa kali pake tuh oli bro?
Dengan harga 510 rbuan kayaknya blh bgt tuh oli... Bagaimana kira-kira kalo di bandingkan dengan Fastron Gold ya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 7:50
by cabulbugil
Om Turbo bagi pengalamannya om...
kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 16:13
by fernando_lim
Woww Fk Freshing tembus 12000 km udah berapa kali pake tuh oli bro?
Dengan harga 510 rbuan kayaknya blh bgt tuh oli... Bagaimana kira-kira kalo di bandingkan dengan Fastron Gold ya?[/quote]

Fastron ane sendiri blm coba om susah dapetnya di medan malah spbu milik pertamina langsung pun mentok fastron biasa
Freshing ane pake sudah beberapa kali om dan emank ane bawanya rada2 ganas seh,dlm kota aja ane bisa bejek 4rb rpm dgn gigi 2 dan sering dibantai di tol ampe top speed jg
Sebenarnya 12rb saya seh ga kaget krn udah liat sendiri mbl dinas fk kebetulan ane ada temen kerja disana,mbl innova bensinnya menggunakan freshing pernah menempuh sampai 22.500km utk rute luarkota
Kalo lagi cekak seh ane pake havoline,dan lg bingung mau coba oli caltex formula(terbaru) hydrocracked jg spt freshing dgn api sn atau mau coba fastron diesel
Nampaknya pilihan jth ke caltex formula krn penasaran bgt soalnya havoline 10w-40nya aja rentang 200an hasilnya puas bgt ampe 5000km (6bln)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 20, 2012 16:49
by Turboman
cabulbugil wrote:Om Turbo bagi pengalamannya om...
1. kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
2. Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
3. Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
1. Sesama Oli 10W40 semi synth sih yah 11-12 lah, keciali 10w-40 nya Amsoil AMO atau Royal Purple 10w-40.
Kalo mau yg oke cari yg :
- Visc kinematic @40 deg nya paling kecil di antara sesama 10w40
- Visc Index cari yg tertinggi
- Comply to ACEA B3/B4 serta MB 229.1 (buat ngejar ZDDP 1000 ppm)

2. 500 rb per brp L ?

3. Gak pernah coba

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 5:49
by cabulbugil
Turboman wrote:
cabulbugil wrote:Om Turbo bagi pengalamannya om...
1. kalo oli mesin bensin sae 10w-40 API SL dan API SM masing2 merk apa yang bgus om Turbo?
2. Kalo mesin bensin SAE 5W-30 dan Harga under 500 atau lebih dikit merk apa om?
3. Bagaimana dengan Aditif Nano energizer atau Lupromax EA buat mesin menurut Om turbo?
1. Sesama Oli 10W40 semi synth sih yah 11-12 lah, keciali 10w-40 nya Amsoil AMO atau Royal Purple 10w-40.
Kalo mau yg oke cari yg :
- Visc kinematic @40 deg nya paling kecil di antara sesama 10w40
- Visc Index cari yg tertinggi
- Comply to ACEA B3/B4 serta MB 229.1 (buat ngejar ZDDP 1000 ppm)

2. 500 rb per brp L ?

3. Gak pernah coba
Terima kasih om Turbo... memang benar oli semi sintetik direntang harga 50-70 rb per ltr hampir ga bisa dibedain menurut saya. sapa tau aja om Turbo bisa lbh peka merasakan perbedaannya...
Maksudnya 5w-30 4 ltr atau 1 galon om.
Kalo om Turbo ga pernah makai aditif bearti bisa disimpulkan adititif untuk oli mesin itu ga terlalu pentingkah, atau malah pemborosan ?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 6:02
by Turboman
cabulbugil wrote: Maksudnya 5w-30 4 ltr atau 1 galon om.
Kalo om Turbo ga pernah makai aditif bearti bisa disimpulkan adititif untuk oli mesin itu ga terlalu pentingkah, atau malah pemborosan ?
kalo harga 125 rb / L ane sih prefer Shell helix Ultra AB atau Petronas Syntium 3000 LL 5W30, belinya di DTMF ya tapi.

Soal additive utk mesin :
Dr yg ane pernah baca2 : bahwa pengaturan kompososi additive utk oli mesin bukanlah hal mudah, antara detergent dan antiwear itu harus balance, gak boleh yg 1 superior thd yg lain, lebih dalam lagi : komposisi TBN punya harus seimbang antara senyawa CaOH dan MgOH utk membuat TBN turunnya lambat tetapi juga mencegah kenaikan angka TAN.

akhirnya ane simpulkan bahwa cukup menggunakan oli yg berkualitas dan tidak perlu tambah additive2 lagi, tambah additive aftermarket mungkin akan memperbaiki di 1 aspek tetapi akan menurunkan aspek lainnya.

Perkecualian utk oli low SAPS (low ZDDP) yg hendak digunakan pada mesin flat tappet, nah itu harus ditambah additive ZDDP aftermarket, tapi tambahnya juga sedikit sekali.

CMIIW

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 6:22
by DOHC
om turbo, nanya donk..

kalo utk mobil2 skrg yg ternyata masi flat tappet cam... macam xtrail atau serena atau bahkan mungkin livina... bagus nya pake oli apa yah.. scara di pasaran uda susah nyari api SL... rata2 SM smua...

utk saat ini, ane pake nya yg comply ke MB 229.31 dan ACEA A3,B3,C3,B4 tapi masi API SM... kekentalan 5W-30... apakah ini oli ckup bagus utk flat tappet cam ?? thanks.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 7:22
by Turboman
DOHC wrote:om turbo, nanya donk..

kalo utk mobil2 skrg yg ternyata masi flat tappet cam... macam xtrail atau serena atau bahkan mungkin livina... bagus nya pake oli apa yah.. scara di pasaran uda susah nyari api SL... rata2 SM smua...
sebetulnya sih cukup merujuk ke buku owners manual, jika direkomendasikan API SM ya berarti bisa pake.

Cuman sih kalo ane pribadi utk mesin yg belom roller rocker tetep pilih oli yg ZDDP nya minimal 1000 ppm, kalo API SL sulit dicari ya utk oli buntut 30 yg ekonomis bisa coba oli Diesel 10W30 macam Kendall 10W-30 Super D-XA (API CJ-4) atau FK Massimo Diesel Dash 10W-30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 7:33
by DOHC
di buku rujukan cuman di tulis recommended 10W-30 doank om... ga ditulis harus API brapa..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 7:52
by Turboman
DOHC wrote:di buku rujukan cuman di tulis recommended 10W-30 doank om... ga ditulis harus API brapa..
kalo yakin belom roller rocker maka pilihan yg boleh dicoba :
- Kendall Super D-XA 10W30 API CJ-4
- Kendall Titanium GT-1 SAE 5W30 API SN (1000 ppm antiwear)
- Shell helix Ultra AB / Petronas Syntium 3000 LL 5W30 (MB 229.5)
- Any Kind 5W30 oil which meet Dexos 1 / Dexos 2 / API SN / ILSAC GF-5

Kalo API SN aja better check kandungan antiwearnya dulu

Kalo Dexos 1 or 2 itu itu antiwearnya konon udah lebih di fortified lagi daripada std API SN

API SN / ILSAC GF-5 sendiri utk aspek perlindungan valvetrain konon lebih baik dr API SM, dimana API SN mensyaratkan Phosporous retention in oil.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 8:04
by DOHC
wahh kendall gt itu masuk kategori yg bisa buat non roller rocker yahh...

btw om turbo ada referensi toko ga di dtmf mana yg murah buat beli oli ?? PM in ane donk om alamat nya atau toko nya... di atrium uda mulai ga bersahabat nehh dan sempet kena oli palsu ane dsana..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 8:09
by Turboman
DOHC wrote:wahh kendall gt itu masuk kategori yg bisa buat non roller rocker yahh...

btw om turbo ada referensi toko ga di dtmf mana yg murah buat beli oli ??
Terlepas dari merek olinya, mesin non roller rocker konon idealnya butuh oli dgn ZDDP / kombinasi antiwear minimal 1000 ppm.

Btw Top One Diesel yg 10W30 / 5W30 Synthetic mestinya bisa dicoba juga, scr std tuk Diesel ZDDP nya mestinya di atas 1000 ppm.

di DTMF :
- Graha di sebelah BCA (SHU AB / Redline)
- Sanjaya knalpot di komp DTMF lt. 2 (Kendall)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sun Oct 21, 2012 8:18
by DOHC
sipp thanks om....

emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Thu Oct 25, 2012 8:39
by admapower64
Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman :D

Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.

Terima kasih sebelumnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Thu Oct 25, 2012 15:49
by smgandi
Bro Turbo, tanya nih. Kalau X-Trail T30 2.5L bisa ndak pake FK Super K 5W30 api SM/GF-5?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Thu Oct 25, 2012 23:14
by juanaxel
setahu saya(kapan hari pernah ke distro FK dan ngomong2 dgn bos nya), kalo FK super K itu isinya sama persis dgn FK massimo freshing cuman dgn kemasan 3liter dan di peruntukkan untuk mesin kecil(K series) yg memerlukan oli 3liter. CMIIW

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Fri Oct 26, 2012 3:06
by smgandi
Yg membedakan antara Freshing dan Super K yaitu ILSACnya. Kalau Freshing masih GF-4, sedangkan Super K sudah GF-5.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Fri Oct 26, 2012 6:06
by Turboman
admapower64 wrote:Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman :D

Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.

Terima kasih sebelumnya.
Ams Sign series 0W30 sih bagus tapi harganya itu skg gak masuk akal.

Se bagus2-nya oli Full Synth, tetap saja kalau sudah 12 - 13 bulan sebaiknya diganti. (jika mobil jarang jalan)

utk Audi 3.0 TFSI sih skg byk yah oli Full Synth yg comply ke VW 506 / 507 series, jadi pilihan banyak.

Sy pribadi di R20A pakai Yacco VX 2000 0W30 Full Synth yg mana std nya adalah VW 503, 506, 506.01 / ACEA A5 / B5, dipake jalan sampai 9000 Km / 11 bulan gak kerasa krn kinerja stabil aja.

http://www.yacco-bulgaria.com/homologat ... 5-2007.pdf

Dulu beli di Siaga Motor 1 dus jatohnya cuman Rp. 100 rb / L, mungkin kalo pesan 2-3 dus si Siaga Motor mau orderin (hrs ditanya dulu), harga mungkin ada naek dikit.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 27, 2012 3:12
by admapower64
Turboman wrote:
admapower64 wrote:Salam kenal, saya newbie disini, mau coba konsultasi sedikit sama Mas Turboman :D

Saya ada Audi A6 3.0 TFSI 2011, so far pakai Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30, nah saya ada rencana ganti ke Amsoil Signature Series 0W-30 (AZO). Kalau diliat dari spesifikasi Amsoil TBN-nya tinggi 12.6 sementara Total cuma 7.8. VI-nya juga beda lumayan jauh, Amsoil VI-nya 170, sementara Total VI-nya 153. Yang ingin saya tanyakan, apakah drain interval untuk Audi A6 ini bisa ditambah, mengingat banyak pelumas yang dibutuhkan buat sekali ganti.

Terima kasih sebelumnya.
Ams Sign series 0W30 sih bagus tapi harganya itu skg gak masuk akal.

Se bagus2-nya oli Full Synth, tetap saja kalau sudah 12 - 13 bulan sebaiknya diganti. (jika mobil jarang jalan)

utk Audi 3.0 TFSI sih skg byk yah oli Full Synth yg comply ke VW 506 / 507 series, jadi pilihan banyak.

Sy pribadi di R20A pakai Yacco VX 2000 0W30 Full Synth yg mana std nya adalah VW 503, 506, 506.01 / ACEA A5 / B5, dipake jalan sampai 9000 Km / 11 bulan gak kerasa krn kinerja stabil aja.

http://www.yacco-bulgaria.com/homologat ... 5-2007.pdf

Dulu beli di Siaga Motor 1 dus jatohnya cuman Rp. 100 rb / L, mungkin kalo pesan 2-3 dus si Siaga Motor mau orderin (hrs ditanya dulu), harga mungkin ada naek dikit.
Iya juga sih Mas Turbo, soalnya perliter-nya harganya amazing, tapi kata orang sih kualitasnya bagus. Soalnya, saya biasa pake pelumas mobil buat Honda Vario Techno 2011 saya. Jadi mumpung ada sisa, biasanya saya beli 2 galon, dan si Audi butuh sekitar 7 liter, jadi sisanya buat Vario Techno. Kira-kira buat Vartech cocok gak ya, pake AZO?

Thanks sebelumnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Posted: Sat Oct 27, 2012 3:46
by Turboman
admapower64 wrote: Iya juga sih Mas Turbo, soalnya perliter-nya harganya amazing, tapi kata orang sih kualitasnya bagus. Soalnya, saya biasa pake pelumas mobil buat Honda Vario Techno 2011 saya. Jadi mumpung ada sisa, biasanya saya beli 2 galon, dan si Audi butuh sekitar 7 liter, jadi sisanya buat Vario Techno. Kira-kira buat Vartech cocok gak ya, pake AZO?

Thanks sebelumnya.
Waktu harga Ams Sign Series 0W-30 masih under 200 rb / L sih masih boleh lah, kalo skg sih rasanya gak worthed yah

Kalo saya sih : kenapa harus pakai itu jika ada oli lain sama bagus dgn harga lebih terjangkau ??

kalau utk Motor / Skutik sistem kopling kering butuh oli VI tinggi dan antiwear tinggi krn mesin High RPM dan air cooled, Amsoil sih rata2 VI dan antiwear-nya tinggi, tapi drpd beli 0W-30 Sign Series buat skutik, lebih baik pertimbangkan Redline 5W30 yg harganya hanya Rp. 150 rb / L.