Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

um turbo... itu mesran nya jenis atau type apa ??

btw emg gpp tuh om ntar tuh mesran nyampur ama oli kita yg baru ??

kalo ane malah sering gonta ganti oli ga pake ritual flushin atau tuang mesran gt.. tinggal nge tap trus isi lgs dgn oli baru... entah cara ane ini ada efek negatif nya atau kaga.... sejauh ini sehh blom ada problem apa2..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

DOHC wrote:um turbo... itu mesran nya jenis atau type apa ??

btw emg gpp tuh om ntar tuh mesran nyampur ama oli kita yg baru ??

kalo ane malah sering gonta ganti oli ga pake ritual flushin atau tuang mesran gt.. tinggal nge tap trus isi lgs dgn oli baru... entah cara ane ini ada efek negatif nya atau kaga.... sejauh ini sehh blom ada problem apa2..
Mesran super aja, ya ditungguin sampai netesnya habis baru tutup baut.

dia kecampur dikit ama oli baru ga masalah, toh dikiitt sekali hanya puluhan cc, daripada ninggalin sisa engine flush di mesin yg mana mostly kerosene / solvent, berpotensi ngerusak oli baru.
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

Turboman wrote:
copper rod wrote:mau tanya:
1. skrg biasa pk 10-40(mobil1 s2000) nah pengen nyoba beralih ke 10-30(fk eco touring),kira2 apa + dan - nya antara 10-40 dgn 10-30?
apa mending tetap pk 10-40 saja?

2.oya kl di buku manual dikatakan penggunaan oli dgn API SM,nah kl kita pk yg API SN apakah kinerja mesinnya menjadi lbh baik atau malah sebaliknya?
mohon sarannya....
1. mending lgs ke 5W30 Full Synth aja, oli 5W30 lebih mudah ditemui & rata2 VI nya lebih tinggi drpd oli 10W30

2. API SN scr teoritis lebih baik drpd API SM utk soal perlindungan valve train, dgn catatan : oli yg sekelas, baik dr jenis feedstock maupun harga.
maksut hati sih kalo pun ganti cm ke 10-30 aja om turbo krn hrgnya gak terlalu jauh selisihnya hehe...

oya soal ngeflush itu,brarti krg baik ya om melakukan flush itu? tapi kok bnyk yg menyarankan ngeflush ya kl kita mau ganti oli yg berbeda dgn sebelumnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote: maksut hati sih kalo pun ganti cm ke 10-30 aja om turbo krn hrgnya gak terlalu jauh selisihnya hehe...

oya soal ngeflush itu,brarti krg baik ya om melakukan flush itu? tapi kok bnyk yg menyarankan ngeflush ya kl kita mau ganti oli yg berbeda dgn sebelumnya
oo....cuman yah ane lihat di pasar jarang yah ada oli 10W30 yg benar2 istimewa, kecuali mungkin keluaran Trio oli butik initial A / RL / RP atau di luar sana ada juga merek T*rc* :mrgreen:

Well kalau mau pakai 10w30 yg long drain dan antiwear cukup utk non roller rocker , bisa pertimbangkan Kendall Super D-XA 10w30. Diesel oil ? YES, karena kita kejar antiwear content-nya dimana S D-XA ini total antiwear sampe 1300 ppm. Dia semi synthetic scr feedstock oke dan harga masih oke lah (70 - 85 rb / L). Ane sendiri pake di ToKiDies dah jalan 5500 Km masih oke aja kinerjanya.

Engine flush ?

Kalo mesin masih prima, selama ini pakai oli bagus dan interval gak kelewat jauh maka Flushing gak perlu. Kalo mesin udah banyak endapan / daerah cam warna kuning, lebih baik coba pakai oli high detergent spt oli API CI-4 utk cleaning ketimbang pakai flush yg isinya mostly kerosene.

kalaupun suatu hari flushing, pastikan setelah oli + obat flush keluar, tuang 1 L oli mesran buat dorong total, jgn sampe sisa obat EF kecampur oli baru.
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by juanaxel »

barusan ganti oli sepeda motor di bengkel, terlihat ada oli FK baru. FK Pulse GT+ 10w40 api CJ-4 Diesel 100% synthetik 85/liter. Dan FK Pulse RS+ api SN. dari segi harga menarik sekali, tgl nanti mau ke distronya minta copyan Msds nya.
User avatar
paribas
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Oct 05, 2012 1:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by paribas »

DOHC wrote:sipp thanks om....

emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
kyknya mmg dia ga pake rocker arm d om.. coba search engine HR nissan ato H engine renault, ada gambar jeroannya.. jd lgs cam ke klep.. ga ada rocker arm.. CMIIW...
The_Sa1nts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Mon Sep 05, 2011 7:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by The_Sa1nts »

Turboman wrote:
DOHC wrote:um turbo... itu mesran nya jenis atau type apa ??

btw emg gpp tuh om ntar tuh mesran nyampur ama oli kita yg baru ??

kalo ane malah sering gonta ganti oli ga pake ritual flushin atau tuang mesran gt.. tinggal nge tap trus isi lgs dgn oli baru... entah cara ane ini ada efek negatif nya atau kaga.... sejauh ini sehh blom ada problem apa2..
Mesran super aja, ya ditungguin sampai netesnya habis baru tutup baut.

dia kecampur dikit ama oli baru ga masalah, toh dikiitt sekali hanya puluhan cc, daripada ninggalin sisa engine flush di mesin yg mana mostly kerosene / solvent, berpotensi ngerusak oli baru.
telat baca thread ini sebelum kemaren ganti oli utk 15,000KM, sama beres disuruh pake engine flush sebelum masukin oli baru (Fastron Gold 5w-30). om turbo mobil ane ANJ 2011.
CX 5 User - ex GE8 user - PS3 Gamer- javaddict

Jasa konsultan pajak (fee terjangkau)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by DOHC »

paribas wrote:
DOHC wrote:sipp thanks om....

emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
kyknya mmg dia ga pake rocker arm d om.. coba search engine HR nissan ato H engine renault, ada gambar jeroannya.. jd lgs cam ke klep.. ga ada rocker arm.. CMIIW...
kalo hasil ngobrol ane ama salah satu montir di bengkel tuner sini, mreka perna nge PnP mesin lipina... dan mekanisme kepala cam nya itu agak aneh... jadi mereka pake smacam kubah utk nutupin kepala spring dan klep nya.. nahh ntar putaran camshaft lahh yg makal menonjok kubah tsb.. dan bagian camshaft lobe ini lahh yg mnurut nissan di polish sedemikian rupa ampe menurut mereka licin dan less friction..

mungkin desain kubah, lobe yg di polish ini lah resep nissan utk menghemat biaya drpd harus ribet bikin roller rocker cam..

cuman ane masi ga tau apakah dgn cara ini, mesin lipina masi aman utk di cekokin oli yg low ZDDP..

cmiiw
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

The_Sa1nts wrote: telat baca thread ini sebelum kemaren ganti oli utk 15,000KM, sama beres disuruh pake engine flush sebelum masukin oli baru (Fastron Gold 5w-30). om turbo mobil ane ANJ 2011.
Kalo interval ganti oli wajar, oli yg digunakan bagus, mesin sehat, BBM oke, gak perlu pakai engine flush.

Kadang bengkel suru ngeflush = buat ningkatin omzet aja.

malah yg perlu diperhatikan sehabis flushing dgn engine flush yg umumnya isinya kerosene based, pas buang oli mesin harus dituang 1 L oli fresh buat dorong sisa2 oli lama + cairan flush (kerosene) keluar dr mesin

kebayang kalau oli baru kecampur oleh sisa2 kerosene di karter yg ketinggalan ?? :e-whistle:
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MazNisHo »

Suhu2, sharing info oli yg cocok dgn freed dan harga < 200rb per liter lah...? Soalnya setelah baca2 disini kayak oli geniue honda kurang ok...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

MazNisHo wrote:Suhu2, sharing info oli yg cocok dgn freed dan harga < 200rb per liter lah...? Soalnya setelah baca2 disini kayak oli geniue honda kurang ok...
Any kind Full Synth 5W30 / 0W30

kalau mau enak ya 0w30 Full Synth macam Agip Synt Evolution (sekitar 140 - 150 rb), Yacco VX 2000, dll.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

Mini Guidance utk menilai karakter pelumas :

Image

Note :
Pada sebuah oli multi visc maka yg dilihat adalah angka belakangnya utk kerja saat mesin panas.
Misal 5W30 maka saat mesin panas range kinematic viscosity-nya berada antara 9.3 & 12,5 cSt, tiap oli 5W30 angkanya beda2 di kisaran range tsb, dan yang lebih rendah maka lebih encer dan umumnya mesin akan lebih enteng, tetapi tetap perhatikan juga manufacturer recommendation, spt misalnya mesin2 bensin Honda / VW / Ford / Mazda bisa pakai buntut 30 yg encer (thin / low cSt), tapi D4 D nya Toyota lebih cocok buntut 40 atau buntut 30 yg kental, dimana angkanya mendekati titik atas range SAE 30 (high cSt)

Viscosity Index =
Secara umum, makin tinggi = makin baik

TBN =
Utk Diesel penumpang di Indonesia ane prefer yg range sekitar 9 - 12 an mg KOH
Sedang utk bensin lebih prefer yg 8 an mg KOH (minimal), walau 7,7 mg KOH masih oke.

Flash point =
Makin tinggi makin baik

Silakan tambahkan
MazNisHo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Fri Oct 19, 2012 3:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by MazNisHo »

Turboman wrote:
MazNisHo wrote:Suhu2, sharing info oli yg cocok dgn freed dan harga < 200rb per liter lah...? Soalnya setelah baca2 disini kayak oli geniue honda kurang ok...
Any kind Full Synth 5W30 / 0W30

kalau mau enak ya 0w30 Full Synth macam Agip Synt Evolution (sekitar 140 - 150 rb), Yacco VX 2000, dll.
Thanks om, infonya
User avatar
paribas
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Oct 05, 2012 1:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by paribas »

DOHC wrote:
paribas wrote:
DOHC wrote:sipp thanks om....

emang aneh nissan ini... jaman gini koq masi blom pake roller rocker... honda stream yg uda 10 taon lalu aja uda pake roller rocker malah.. :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
kyknya mmg dia ga pake rocker arm d om.. coba search engine HR nissan ato H engine renault, ada gambar jeroannya.. jd lgs cam ke klep.. ga ada rocker arm.. CMIIW...
kalo hasil ngobrol ane ama salah satu montir di bengkel tuner sini, mreka perna nge PnP mesin lipina... dan mekanisme kepala cam nya itu agak aneh... jadi mereka pake smacam kubah utk nutupin kepala spring dan klep nya.. nahh ntar putaran camshaft lahh yg makal menonjok kubah tsb.. dan bagian camshaft lobe ini lahh yg mnurut nissan di polish sedemikian rupa ampe menurut mereka licin dan less friction..

mungkin desain kubah, lobe yg di polish ini lah resep nissan utk menghemat biaya drpd harus ribet bikin roller rocker cam..

cuman ane masi ga tau apakah dgn cara ini, mesin lipina masi aman utk di cekokin oli yg low ZDDP..

cmiiw
betul sekali oom.. mmg gitu desainnya.. saya ga tau kl mesin2 toyota jg gitu ga.. oya apakah mesin2 spt ini yg ga perlu stel klep lagi? dan rata2 mesin skrg uda ga perlu stel klep. malah mesin2 honda yg kyknya jadul, masih hrs stel klep sampe mesin skrg pun..
copper rod
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Mon Jul 27, 2009 14:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by copper rod »

Turboman wrote:
copper rod wrote: maksut hati sih kalo pun ganti cm ke 10-30 aja om turbo krn hrgnya gak terlalu jauh selisihnya hehe...

oya soal ngeflush itu,brarti krg baik ya om melakukan flush itu? tapi kok bnyk yg menyarankan ngeflush ya kl kita mau ganti oli yg berbeda dgn sebelumnya
oo....cuman yah ane lihat di pasar jarang yah ada oli 10W30 yg benar2 istimewa, kecuali mungkin keluaran Trio oli butik initial A / RL / RP atau di luar sana ada juga merek T*rc* :mrgreen:

Well kalau mau pakai 10w30 yg long drain dan antiwear cukup utk non roller rocker , bisa pertimbangkan Kendall Super D-XA 10w30. Diesel oil ? YES, karena kita kejar antiwear content-nya dimana S D-XA ini total antiwear sampe 1300 ppm. Dia semi synthetic scr feedstock oke dan harga masih oke lah (70 - 85 rb / L). Ane sendiri pake di ToKiDies dah jalan 5500 Km masih oke aja kinerjanya.

Engine flush ?

Kalo mesin masih prima, selama ini pakai oli bagus dan interval gak kelewat jauh maka Flushing gak perlu. Kalo mesin udah banyak endapan / daerah cam warna kuning, lebih baik coba pakai oli high detergent spt oli API CI-4 utk cleaning ketimbang pakai flush yg isinya mostly kerosene.

kalaupun suatu hari flushing, pastikan setelah oli + obat flush keluar, tuang 1 L oli mesran buat dorong total, jgn sampe sisa obat EF kecampur oli baru.
thanks ya omturbo...
btw di forum sebelah ada salah satu seller merk oli yg sgt menyarankan kl mo pk itu oli hrs dipakein engine flush yg dijual oleh dia,ktnya biar olinya berasa mantap...tauk deh bener apa gak...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

copper rod wrote: thanks ya omturbo...
btw di forum sebelah ada salah satu seller merk oli yg sgt menyarankan kl mo pk itu oli hrs dipakein engine flush yg dijual oleh dia,ktnya biar olinya berasa mantap...tauk deh bener apa gak...
Artinya........ :mrgreen:
blizardblue
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Sep 13, 2012 10:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by blizardblue »

Om turboman maun tanya oli Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 sama Castrol Magnatec 5W-30 buat jazz rs baru bagus mana ya?trims om
blizardblue
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Sep 13, 2012 10:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by blizardblue »

Om turboman maun tanya oli yg recommended mana om antara Motul H-Tech 100 Plus 5W-30, idemitsu 5w-30, Fastron Gold 5w-30, Castrol Magnatec 5W-30 buat jazz rs baru pilih mana ya om?trims om
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Hansen »

Kalo Motul H-Tech 5W30 yg masih API SM/ILSAC GF-4 tercampur dengan yg udah versi baru API SN/ILSAC GF-5 boleh nggak ya? Soalnya ane masih ada setengah botol yg SM sisa ganti oli yg sebelumnya, sementara stok oli yg baru dibeli udah yg SN
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

Hansen wrote:Kalo Motul H-Tech 5W30 yg masih API SM/ILSAC GF-4 tercampur dengan yg udah versi baru API SN/ILSAC GF-5 boleh nggak ya? Soalnya ane masih ada setengah botol yg SM sisa ganti oli yg sebelumnya, sementara stok oli yg baru dibeli udah yg SN
Lho, udah ganti ke Motul ya meneer...?
Seingat saya dulu pakai castrol edge?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by imsus2c »

blizardblue wrote:Om turboman maun tanya oli yg recommended mana om antara Motul H-Tech 100 Plus 5W-30, idemitsu 5w-30, Fastron Gold 5w-30, Castrol Magnatec 5W-30 buat jazz rs baru pilih mana ya om?trims om
Sudah pernah coba 2 merk diatas; Motul H-Tech dan Fastron Gold,
Feeling subjektif, enakan Fastron Gold
Cuma pakainya ngga di Jazz sih...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Turboman »

blizardblue wrote:Om turboman maun tanya oli yg recommended mana om antara Motul H-Tech 100 Plus 5W-30, idemitsu 5w-30, Fastron Gold 5w-30, Castrol Magnatec 5W-30 buat jazz rs baru pilih mana ya om?trims om
Wahh sorry gak paham

yg saya bisa komen : jika oli yg sama sudah tersedia versi API SN nya maka belilah yg API SN ketimbang yg API SM.

@Hansen : mestinya dicampur gak pa pa
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Hansen »

imsus2c wrote:
Hansen wrote:Kalo Motul H-Tech 5W30 yg masih API SM/ILSAC GF-4 tercampur dengan yg udah versi baru API SN/ILSAC GF-5 boleh nggak ya? Soalnya ane masih ada setengah botol yg SM sisa ganti oli yg sebelumnya, sementara stok oli yg baru dibeli udah yg SN
Lho, udah ganti ke Motul ya meneer...?
Seingat saya dulu pakai castrol edge?
Betul meneer, beralih karena harga Castrol Edge di kota ane dah makin gak worth it. Alasan lain setelah baca manual mintanya 5W30 yo wes diturutin saja :mrgreen:
Image
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by Hansen »

Turboman wrote:@Hansen : mestinya dicampur gak pa pa
Siap om, thx buat petunjuknya :thanks:
Image
User avatar
revpa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Wed Oct 31, 2012 19:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 03

Post by revpa »

Kalo oli SAE 5w-30 yg udah API SM & ILSAC yg bagus apa yah untuk Mazda CX5?

Liat spec nya sih gitu utk pemakaian di luar US dan Canada, kalo utk di US dan Canada mintanya SAE 0w-20 fully synthetic...