Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

sesuai judul dan mengutip berita dari http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/ ... ianya-Asia

JAKARTA - Korea Selatan (Korsel) praktis selama bertahun berada di bawah bayang-bayang Jepang dalam bisnis otomotif dunia. Tipikal garis desain yang ‘aneh’ ditambah performa komponen yang kurang tahan lama banyak dianggap sebagai cirri khas mobil asal Negeri Ginseng selama ini. Tapi itu dulu, dalam 5 tahun terakhir praktis tampilan mobil asal Korsel makin sedap di mata.

Tidak hanya dari segi estetika, ketersediaan fitur plus kandungan teknologi otomotifnya juga makin aktual. Tak hanya jika dibandingkan produk Jepang tapi juga jika berhadapan sama produk negara-negara barat.

Ditakuti Kampuin Jepang
Sudah tentu ‘kampus’ terdekat yang mulai tersaingi adalah Jepang. Padahal lama sekali dunia otomotif Korsel hanya dianggap sebagai Dikutip dari situs www.ezinearticles.com, Shiro Nakamura, chief Creative Officer and Head Design for Nissan sampai merasa perlu tercengang dengan evolusi desain karya desainer Korsel. “Desain mereka sangat powerfull dan emotional,” tegas Nakamura-san. Dan meski ia merasa kurang senang namun diyakininya kalau perspektif desainer muda Korsel sudah berada di depan kreator mobil asal Jepang sendiri dalam hal mutu desain plus pemahaman filosofi desain sebuah mobil. Tidak aneh juga jika disebut kalau desainer Korsel bagaikan desainer mobil asal Italia dalam mendesain sebuah mobil, punya passion yang kuat.

Hal ini sejatinya juga tak lepas dari meningkat pesatnya proses pembelajaran atas soal engineering maupun car design dari sejumlah perguruan tinggi di negara Macan Asia itu. Sebut saja universitas Hongik yang berada di Seoul, jurusan desain transportasi yang muncul sejak tahun 1990 dengan jumlah siswa tahun 2010 sebanyak 120 siswa.

Itu belum termasuk banyaknya pemuda Korsel yang menimba ilmu teknik serta desain otomotif maupun transportasi di berbagai perguruan tinggi di Eropa maupun Amerika Serikat. Bangku kuliah di Art Center college of Design yang berada di Pasadena California kini juga banyak terisi oleh siswa asal Korsel.

Bahkan raksasa otomotif Amerika, General Motors (GM), sudah menyerahkan desain-desain global mereka ke sejumlah desainer Korsel. Chevrolet Camaro yang jadi salah satu ikon GM juga melibatkan dengan sangat aktif seorang yang bernama Sangyup Lee dalam proses desainnya. Lee sendiri sebelumnya pernah bekerja di Porsche dan rumah desain mobil Italia Pininfarina.

"All New' Picanto, ciri desainnya kelas dunia
Makin Dominan
Kini bisa disebut kalau sejumlah nama besar otomotif dunia untuk saat ini telah menerima kenyataan akan tren desainer Korsel. Mazda, Toyota, Ford, Honda, GM, Nissan, bahkan Ferrari makin intensif mengikut sertakan desainer mobil yang berstatus imigram maupun yang masih berpaspor Korsel.

Mobil asal Korsel sendiri juga tengah menikmati masa paling menggembirakan karena praktis telah sukses menepis paradigma lama. Tidak sedikit mobil bermerek KIA ataupun Hyundai yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen maupun mampu meraih predikta “best car” di wilayah Amerika bagian utara, Eropa, dan Asia sendiri dimana termasuk Indonesia tentu.

Seorang jagoan desain pada Art Center college of Design, Stewart Reed, menyebut bahwa gelombang desainer negeri yang terkenal akan semangat disiplinnya itu seperti yang pernah juga terjadi pada desainer asal Jepang pada medio 20-30 tahun lalu.

Desain Grand Avega dianggap salah satu lompatan besar desain asal Korea Selatan
Realita ini jelas bak pisau bermata ganda. Di satu sisi desainer lokal dari negara-negara yang selama ini jadi kiblat industri otomotif seperti Jepang maupun Amerika harus lebih giat mengejar ‘ketertinggalan’ mereka. Di lain sisi, tindakan preventif ya merekrut banyak desainer asal negara yang tahun 2009 berpenduduk 48 juta orang itu.

Pabrikan Jepang bahkan banyak disebut paling agresif dalam menyerap buah pikiran desainer dari negeri yang pernah dijajahnya itu. Hal ini karena latar belakang sejarah maupun budaya serta bahasa yang mirip.

Akankah produsen Korsel bisa mengancam dominasi Jepang? (mobil.otomotifnet.com)
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Turboman »

Hyundai = Thomas Burkle (ex BMW)

KIA = Peter Schreyer (ex Audi)

Konsep Fluidic Sculpture Hyundai diperkenalkan oleh Thomas Burkle. CMIIW
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by henz155 »

Ane da liet new avega.keren bgt modelny.klo model belakangny seperti BMW yg hatchback seri 1 y klo g salah.
Image
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

ini menurut saya ya om barang kali salah, mobil korea sekarang merupakan representatif dari dua benua yaitu Eropa dan Asia, jadi mobil Asia rasa eropa
Last edited by nasywa azalia on Fri Sep 09, 2011 10:33, edited 1 time in total.
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by zweifellos »

saya rasa ini salah satu keunggulan hyundai dan kia atas mobil2 jepang dalam menjual produk2nya di eropa: model yang mengikuti selera orang eropa. seperti yang dibilang om nasywa, cocok disebut mobil asia cita rasa eropa. menarik kalo ada yang bisa menampilkan misalnya hasil penjualan hyundai di jerman sebelum dan sesudah mengganti tukang designnya. hyudai i35 sepertinya cukup diminati di sana.

satu lagi yang sampai saat ini saya masih penasaran, efek pindahnya tukang design (dari bmw ke hyundai) ke penjualan bmw sendiri (ke produk yang berhubungan dengan itu tukang design). meskipun sangat kecil misalnya, tetapi saya penasaran ingin tau seberapa efek pindahnya itu tukang design. ya mungkin bisa dibandingin produk bmw yang ukurannya sekelas dengan i35, apakah ada penurunan akibat perpindahan employee atau tidak.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

zweifellos wrote:saya rasa ini salah satu keunggulan hyundai dan kia atas mobil2 jepang dalam menjual produk2nya di eropa: model yang mengikuti selera orang eropa. seperti yang dibilang om nasywa, cocok disebut mobil asia cita rasa eropa. menarik kalo ada yang bisa menampilkan misalnya hasil penjualan hyundai di jerman sebelum dan sesudah mengganti tukang designnya. hyudai i35 sepertinya cukup diminati di sana.

satu lagi yang sampai saat ini saya masih penasaran, efek pindahnya tukang design (dari bmw ke hyundai) ke penjualan bmw sendiri (ke produk yang berhubungan dengan itu tukang design). meskipun sangat kecil misalnya, tetapi saya penasaran ingin tau seberapa efek pindahnya itu tukang design. ya mungkin bisa dibandingin produk bmw yang ukurannya sekelas dengan i35, apakah ada penurunan akibat perpindahan employee atau tidak.

ini menurut saya ya om, kalo pun tukang design bmw di pakai sama hyundai saya rasa tidak mempngaruhi penjualan BMW, tp bisa mempengaruhi penjualan hyundai lebih baik, karena hyundai terkesan mobil bikinan mereka berkelas
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

sebagai perusahaan yang lebih lama eksis, reputasi bagus dan sudah ada penggemarnya seperti BMW...kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan hanya karena berpindah tukang desainnya...dalam dunia industri otomotif, pergantian formasi tukang desainer itu sudah hal biasa....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by zweifellos »

jalu wrote:sebagai perusahaan yang lebih lama eksis, reputasi bagus dan sudah ada penggemarnya seperti BMW...kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan hanya karena berpindah tukang desainnya...dalam dunia industri otomotif, pergantian formasi tukang desainer itu sudah hal biasa....
yang jadi pertanyaan saya sebenarnya apakah memang tak ada pengaruh? ga signifikan itu lah yang saya pengen tahu, seberapa kecil angkanya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Jelas, Korea sudah belajar banyak sekarang. Masih pada inget kan gimana ugly nya desain Hyundai Coupe yang pernah masuk dulu, juga Hyundai Santa Fe gen I yang bulet2 GJ itu.

Well, dunia makin 'menyempit', siapapun, dalam kapasitas sebagai person yang mau terus mengeksplorasi diri, yang mana dalam hal ini the Koreans harus kita akui sebagai pribadi2 dengan etos dan etik kerja yang LUAR BIASA, akan mampu menyejajarkan diri dengan designer bangsa lain yang udah (jauh) lebih lama dikenal sebagai gudangnya designer.

Welcome, (South) Koreans.
Das Beste oder nichts.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

zweifellos wrote:
jalu wrote:sebagai perusahaan yang lebih lama eksis, reputasi bagus dan sudah ada penggemarnya seperti BMW...kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan hanya karena berpindah tukang desainnya...dalam dunia industri otomotif, pergantian formasi tukang desainer itu sudah hal biasa....
yang jadi pertanyaan saya sebenarnya apakah memang tak ada pengaruh? ga signifikan itu lah yang saya pengen tahu, seberapa kecil angkanya.
well...saya diatas menulis "kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan"...namanya kemungkinan berarti gak mutlak kan. Saya beropini demikian krn meliat background yang dimiliki perusahaan sekelas BMW dengan beberapa alasan yg saya sudah sebutkan diatas.

saya gak punya data penjualan bmw pasca kepergian thomas, kalo memang om dapet datanya monggo dicross cek aja....bisa saja opini saya yg keliru :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

Menurut Om Om disini, bisa tidak Pabrikan korea selatan megancam dominasi Jepang
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Kenapa tidak? Sangat bisa! Samsung dan LG udah mampu membuktikannya kan? Sapa yang percaya dulu kalo Sony bisa tumbang. Tinggal nunggu gilirannya para automaker Korea untuk lebih matang lagi.

Kultur Korea sama 'super'nya dengan Jepang, IMO. 2 bangsa yang sangat saya kagumi pencapaiannya! Tinggal nunggu waktu aja Korea nyusul Jepang.

Kalo China, ini yang rada susah. Dari awal kultur ngejiplaknya kuat banget sih, huff....
Das Beste oder nichts.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by doq »

Nightster Guy wrote:Kenapa tidak? Sangat bisa! Samsung dan LG udah mampu membuktikannya kan? Sapa yang percaya dulu kalo Sony bisa tumbang. Tinggal nunggu gilirannya para automaker Korea untuk lebih matang lagi.

Kultur Korea sama 'super'nya dengan Jepang, IMO. 2 bangsa yang sangat saya kagumi pencapaiannya! Tinggal nunggu waktu aja Korea nyusul Jepang.

Kalo China, ini yang rada susah. Dari awal kultur ngejiplaknya kuat banget sih, huff....
setuju sama oon nightster,
hanya masalah waktu saja pabrikan otomotif korea menyingkirkan dominasi jepang di negara kita, kita liat aja sejarah nya dulu...........sebelum jepang mendominasi, di kita kebanyakan kendaraan berasal dr eropa-amerika
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by nasywa azalia »

doq wrote:
Nightster Guy wrote:Kenapa tidak? Sangat bisa! Samsung dan LG udah mampu membuktikannya kan? Sapa yang percaya dulu kalo Sony bisa tumbang. Tinggal nunggu gilirannya para automaker Korea untuk lebih matang lagi.

Kultur Korea sama 'super'nya dengan Jepang, IMO. 2 bangsa yang sangat saya kagumi pencapaiannya! Tinggal nunggu waktu aja Korea nyusul Jepang.

Kalo China, ini yang rada susah. Dari awal kultur ngejiplaknya kuat banget sih, huff....
setuju sama oon nightster,
hanya masalah waktu saja pabrikan otomotif korea menyingkirkan dominasi jepang di negara kita, kita liat aja sejarah nya dulu...........sebelum jepang mendominasi, di kita kebanyakan kendaraan berasal dr eropa-amerika
dari pengamatan Om Ightster dan om doq butuh berapa lama kira kira Korea mampu mengimbangi dominasi jepang, khususnya di negara kita, terus kekuatan apa yg dimiliki korea selatan untuk menaklukan japan OM (Pengen tau.com)
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by doq »

nasywa azalia wrote:
doq wrote:
Nightster Guy wrote:Kenapa tidak? Sangat bisa! Samsung dan LG udah mampu membuktikannya kan? Sapa yang percaya dulu kalo Sony bisa tumbang. Tinggal nunggu gilirannya para automaker Korea untuk lebih matang lagi.

Kultur Korea sama 'super'nya dengan Jepang, IMO. 2 bangsa yang sangat saya kagumi pencapaiannya! Tinggal nunggu waktu aja Korea nyusul Jepang.

Kalo China, ini yang rada susah. Dari awal kultur ngejiplaknya kuat banget sih, huff....
setuju sama oon nightster,
hanya masalah waktu saja pabrikan otomotif korea menyingkirkan dominasi jepang di negara kita, kita liat aja sejarah nya dulu...........sebelum jepang mendominasi, di kita kebanyakan kendaraan berasal dr eropa-amerika
dari pengamatan Om Ightster dan om doq butuh berapa lama kira kira Korea mampu mengimbangi dominasi jepang, khususnya di negara kita, terus kekuatan apa yg dimiliki korea selatan untuk menaklukan japan OM (Pengen tau.com)
klo itu tergantung dr seberapa greget nya pabrikan korea berminat kuasai pasar disini; ketersediaan parts, jaringan beres, harga yg kompetitive
just imho
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by ZombiEE »

Bola itu bundar,,as well as earth...jadi apa pun kemungkinan bisa terjadi,,,taun 60an pertama civic hits US soils, sapa nyangka...tapi setuju dgn opini oom NG,etos dan disiplin bangsa jepang dan korea secara general memang hebat..cmiiw
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by jalu »

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as 10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro

....................... :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by doq »

"WE are watching" ~Doq

:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

nasywa azalia wrote:dari pengamatan Om Ightster dan om doq butuh berapa lama kira kira Korea mampu mengimbangi dominasi jepang, khususnya di negara kita, terus kekuatan apa yg dimiliki korea selatan untuk menaklukan japan OM (Pengen tau.com)
Di Indonesia dulu y kak? Kalo soal di luar, saya bukan analis jagoan masalah ginian. Kalo di Indo, kita review singkat sejarah Jepangan. Jepang masuk awal 60an dipelopori Toyota (FJ40) dan Mitsubishi jip. Pasar passenger car Indo masih didominasi produk Amrik kususnya GM dan Ford dan Eropa kususnya VW dan Fiat.

Taun 75, data tempointeraktif.com > http://ip52-214.cbn.net.id/id/arsip/197 ... 64.id.html > 5 besar penjualan adalah Mitsubishi, Toyota, Datsun, Holden, Volkswagen. Total terjual 30 ribu unit. Dari situ udah keliatan seberapa cepat produk 'kaleng' Jepang ini merebut pasar.

Jelas, karakteristik sekarang udah sangat beda. Jaman itu di Indo, dikotomi antara produk Amrik versus Jepang nampak nyata. Amrik = CC besar, ribet ngerawat, hobi bocor oli, boros, tapi nyaman dan powerful. Sebaliknya, Jepangan = CC secukupnya, gampang dirawat, irit, kurang nyaman dan tenaga pas2an.

Konsumen tinggal milih, mo aliran mana hehehe.... Nhaaaa, kalo sekarang kan dikotomi semacam itu udah gak ada. Produk Korea harus ngelawan Jepangan yang sama karakteristiknya. Ini SULIT, walau bukan mustahil. Lebih sulit lagi, karena skuad Korea di Indo cuman Hyundai dan KIA, loe lagi loe lagi.... :big_peace: Plus si KIA abal2 gitu ATPM nya.

Berapa lama lagi y? Hmmmmm.... Kusus di Indo loh y, kok saya pesimis 5 taun ke depan Hyundai mampu di posisi 5 besar. 10 besar bisa. Karena brand Jepang masih kukuh banget hegemoninya. BISA, tapi jelas kalo 5 taun ke depan blomlah si Korea bakal merebut tahta di Indo.

Kalo soal dunia, wah, cerita lain lagi. Saya gak komeng ah, biar analis2 macem om FM yang ngejawab.... :ngacir: :ngacir: Yang jelas, cemoohan2 di film2 Amrik soal Hyundai gak pernah muncul lagi tuh (macem di film 'Taxi' ato 'Tokyo Drift') hehehe.............
Das Beste oder nichts.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by zweifellos »

jalu wrote:
zweifellos wrote:
jalu wrote:sebagai perusahaan yang lebih lama eksis, reputasi bagus dan sudah ada penggemarnya seperti BMW...kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan hanya karena berpindah tukang desainnya...dalam dunia industri otomotif, pergantian formasi tukang desainer itu sudah hal biasa....
yang jadi pertanyaan saya sebenarnya apakah memang tak ada pengaruh? ga signifikan itu lah yang saya pengen tahu, seberapa kecil angkanya.
well...saya diatas menulis "kemungkinan besar penjualannya gak akan terpengaruh signifikan"...namanya kemungkinan berarti gak mutlak kan. Saya beropini demikian krn meliat background yang dimiliki perusahaan sekelas BMW dengan beberapa alasan yg saya sudah sebutkan diatas.

saya gak punya data penjualan bmw pasca kepergian thomas, kalo memang om dapet datanya monggo dicross cek aja....bisa saja opini saya yg keliru :D
yang dikasih tanda kutip itulah yang saya pengen tanyakan, seberapa tak signifikan pengaruhnya. tapi ternyata kita sama2 menebak2 saja.

saya cuman penasaran aja karena tertarik akan pengaruh employee (yang punya posisi cukup strategis) yang pindah ke perusahaan lain, terlepas besar atau kecil (bahkan sangat kecil) pengaruhnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by zweifellos »

doq wrote:klo itu tergantung dr seberapa greget nya pabrikan korea berminat kuasai pasar disini; ketersediaan parts, jaringan beres, harga yg kompetitive
just imho
sepaham. kalo ga fokus ya bakal lama lah. apalagi ngeliat indonesia itu luas (panjang wilayahnya) dan kota2 tersebar dan berjarak cukup jauh antar kota satu dengan lainnya. alhasil kalo setengah2 ya targetnya ibukota atau kota2 besar aja.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

Hmmm....

Gak lah, bila SEMATA dihubungkan dengan kepindahan si tukang design. Apakah model2 berikutnya lebih bagus ato tidak, itu yang lebih dipikirkan konsumen BMW. IMO.

Mudahan saya gak salah nangkep poinnya di sini.
Das Beste oder nichts.
FortunerMan

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by FortunerMan »

Nightster Guy wrote:Kalo soal dunia, wah, cerita lain lagi. Saya gak komeng ah, biar analis2 macem om FM yang ngejawab.... :ngacir: :ngacir: Yang jelas, cemoohan2 di film2 Amrik soal Hyundai gak pernah muncul lagi tuh (macem di film 'Taxi' ato 'Tokyo Drift') hehehe.............
Lah kok ane disebut2 :P Hyundai Indonesia lain ama Hyundai di Eropa/Amerika misalnya. Disana mereka turun full strength, semua taring dikeluarin.

Yg jelas design2 generasi terbaru Hyundai/KIA rata2 sudah bagus. Contoh2 terbaru (maknyosss)...
Image
Image

Bandingkan dengan design2 kasar beberapa tahun yg lalu - contoh Hyundai H1 (huekkk).
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by zweifellos »

Nightster Guy wrote:Hmmm....

Gak lah, bila SEMATA dihubungkan dengan kepindahan si tukang design. Apakah model2 berikutnya lebih bagus ato tidak, itu yang lebih dipikirkan konsumen BMW. IMO.

Mudahan saya gak salah nangkep poinnya di sini.
iya om, model terbaru dari bmw yang mestinya paling menentukan. cuman saya mikirnya, dengan pindahnya misalnya tukang designernya bwm ke hyundai, apa tak mungkin (meski mungkin dalam jumlah kecil) setidak2nya konsumen2 potensial bisa jadi memilih misalnya hyundai? saya tak membahas pengaruh sebenarnya tapi lebih tertarik melihat pengaruh2 kecil, yang mungkin buat perusahaan seperti bwm cuman berasa dihembus angin sepoi2 aja. seperti saya bilang, saya tertarik ke efek dari perpindahan si employee yang punya posisi (cukup) strategis dari satu perusahaan ke perusahaan sejenis (meski tak mesti perusahaan saingannya secara langsung).
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Trend Desainer Mobil Korea Selatan, Italianya Asia!

Post by Nightster Guy »

zweifellos wrote:iya om, model terbaru dari bmw yang mestinya paling menentukan. cuman saya mikirnya, dengan pindahnya misalnya tukang designernya bwm ke hyundai, apa tak mungkin (meski mungkin dalam jumlah kecil) setidak2nya konsumen2 potensial bisa jadi memilih misalnya hyundai? saya tak membahas pengaruh sebenarnya tapi lebih tertarik melihat pengaruh2 kecil, yang mungkin buat perusahaan seperti bwm cuman berasa dihembus angin sepoi2 aja. seperti saya bilang, saya tertarik ke efek dari perpindahan si employee yang punya posisi (cukup) strategis dari satu perusahaan ke perusahaan sejenis (meski tak mesti perusahaan saingannya secara langsung).
Bold red....

Kalo poinnya di sini, IMO, tidak bro. Karena jelas karakter dari konsumen otomotif berbeda, misalnya, dengan konsumen salon. Si hairstylist pindah, anda pindah salon juga. Kalo konsumen mobil, jelas tidak akan sama behaviournya, lagipula, seberapa banyak konsumen yang tau siapa the man behind the car dari brand yang dia sukai?

Yang bold red itu, pada kasus parsial, terjadi di komunitas mobil klasik. Misal, saya hanya demen Merc sampe kurun tertentu aja, yang lahir sebagai buah karya head designernya, Bruno Sacco.

Tapi untuk mobil baru, saya berani bilang, tidak. Apalagi sampe konsumen berpindah merk ngikutin si tukang desain yang pindah tempat kerja.
Das Beste oder nichts.