Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Knalpot »

Hello Smers, knalpot mau tanya nih seputar diesel :

Ceritanya, selama ini ane cuma nyetir mobil bermesin bensin. kalaupun bawa diesel cuma jarak pendek.
nah kemari mudik ke kampung ane disuruh bawa kapsul diesel. medan yang dilalui naik turun belok 2 mirip jalur selatan gitu.
pertanyaan ane :
1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
2. selama ini pakai mesin bensin baik2 saja. tapi kemarin waktu bawa diesel setelah turun baju serasa bau asap diesel. celana juga kotor.
apakah mobil diesel yang sdh berumur cenderung seperti itu ? soalnya untuk mobil bensin walau berumur tidak sampai seperti itu.
pertanyaan selanjutnya menyusul..
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by solar_kerosen »

Knalpot wrote:Hello Smers, knalpot mau tanya nih seputar diesel :

Ceritanya, selama ini ane cuma nyetir mobil bermesin bensin. kalaupun bawa diesel cuma jarak pendek.
nah kemari mudik ke kampung ane disuruh bawa kapsul diesel. medan yang dilalui naik turun belok 2 mirip jalur selatan gitu.
pertanyaan ane :
1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
2. selama ini pakai mesin bensin baik2 saja. tapi kemarin waktu bawa diesel setelah turun baju serasa bau asap diesel. celana juga kotor.
apakah mobil diesel yang sdh berumur cenderung seperti itu ? soalnya untuk mobil bensin walau berumur tidak sampai seperti itu.
pertanyaan selanjutnya menyusul..

1.berapa RPM masing masing mesin diesel punya karakter yg lama dan baru , kalau yg lama biasanya torsi maksimum ada di pertengahan RPM semial 1500-2000, nah kalau yg baru pake Turbo ada boostnya tapi biasanya kalau turbo lama ada lagnya dinamakan turbo lag . kalau yg terbaru yg pake VGT udah berkurang lagnya .

2 coba di cek sambungan pipa knalpot dari mesin siapa tahu pakingnya bocor
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by BADAK »

Knalpot wrote:1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
Pertanyaan yg membingungkan. :drinking:
Gak peduli pake diesel atau bensin apakah ada ketentuan pake gigi brp, rpm brp?
Semua tergantung karakter mesin, kemiringan, kondisi mesin, berat beban yg dibawa, dan faktor2 yg lain. Hanya bedanya kalo mesin diesel torsi puncak bisa didapatkan pada RPM rendah, sedangkan mesin bensin didapatkan pada RPM tinggi.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by VanzMatic »

Yang jelas, kalau saya bawa kendaraan diesel, entah truk atau mobil macam kuda, kapsul atau panther, start awalan pasti selalu gigi 2. Gigi 1 amat sangat terlalu pendek napasnya. Kalau tanjakan, biasanya saya tetap bertahan di gigi tinggi, sampai rpmnya pada suatu kondisi sangat turun, saya oper 1 gigi kebawah. Ini memanfaatkan torsi nya yang melimpah di rpm bawah (1000-1500).
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by solar_kerosen »

VanzMatic wrote:Yang jelas, kalau saya bawa kendaraan diesel, entah truk atau mobil macam kuda, kapsul atau panther, start awalan pasti selalu gigi 2. Gigi 1 amat sangat terlalu pendek napasnya. Kalau tanjakan, biasanya saya tetap bertahan di gigi tinggi, sampai rpmnya pada suatu kondisi sangat turun, saya oper 1 gigi kebawah. Ini memanfaatkan torsi nya yang melimpah di rpm bawah (1000-1500).
:big_peace:

ilmu ilmu sopir atau mekanik bonek gak sekolah jangan dipake pak ,sama kaya bengkel pinggiran dan sopir gak ngerti mesin Thermostat dibuang :wkkk: padahal thermostat berfungsi untuk menjaga suhu mesin ideal seperti keringat maupun pori pori di kulit kita

ganti gigi sesuai urutan saja , 1,2,3,4 atau sebaliknya 4,3 2,1 jangan langsung main hajar lompat saja selain merusak mobil . tidak baik secara aturan pabrikan
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by DOHC »

VanzMatic wrote:Yang jelas, kalau saya bawa kendaraan diesel, entah truk atau mobil macam kuda, kapsul atau panther, start awalan pasti selalu gigi 2. Gigi 1 amat sangat terlalu pendek napasnya. Kalau tanjakan, biasanya saya tetap bertahan di gigi tinggi, sampai rpmnya pada suatu kondisi sangat turun, saya oper 1 gigi kebawah. Ini memanfaatkan torsi nya yang melimpah di rpm bawah (1000-1500).
:big_peace:
cara yg sama selalu dipake ama sopir2 kantor bokap ane... rata2 sehh cara kaya gini ujung2 nya bikin kopling cepet tewas..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by VanzMatic »

solar_kerosen wrote:
ilmu ilmu sopir atau mekanik bonek gak sekolah jangan dipake pak ,sama kaya bengkel pinggiran dan sopir gak ngerti mesin Thermostat dibuang :wkkk: padahal thermostat berfungsi untuk menjaga suhu mesin ideal seperti keringat maupun pori pori di kulit kita

ganti gigi sesuai urutan saja , 1,2,3,4 atau sebaliknya 4,3 2,1 jangan langsung main hajar lompat saja selain merusak mobil . tidak baik secara aturan pabrikan
Ane kalau langsung gigi 2 kalau start di jalan datar. Kalau start pas antrian di tanjakan, ya angkatan pertama maen di 1, abis itu langsung 2. Justru yang salah itu adalah kalau mesin solar dipaksa maen rpm tinggi ampe menjerit gitu, justru salah itu. Saya main rpm tinggi kalau gigi 4 atau 5. Kalau sebelum itu, yaa maksimal rpm 2000 udah pindah gigi...

:mrgreen:

@om klep... gigi satu nya pendek ngga ketulungan. Ngga tau kenapa kok gitu, beda ama gigi 1 mesin bensin yang lebih panjang..
:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

Bawa ToKiDies :

1. Gigi 1 pendek aja, bisa shifting di 2000 - 2500 RPM lgs ke gigi 2

Intinya asal RPM gak lewatin Redline sih mesin aman aja, cuman kalo mau ekonomis maen antara 1800 - 3000 RPM aja.

Kalo baju sampe bau berarti ada karet pintu / jendela yg bocor tuh, kalo semua normal sih gak akan sampe bikin baju sampe bau asep knalpot.

Knalpot wrote:Hello Smers, knalpot mau tanya nih seputar diesel :

Ceritanya, selama ini ane cuma nyetir mobil bermesin bensin. kalaupun bawa diesel cuma jarak pendek.
nah kemari mudik ke kampung ane disuruh bawa kapsul diesel. medan yang dilalui naik turun belok 2 mirip jalur selatan gitu.
pertanyaan ane :
1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
2. selama ini pakai mesin bensin baik2 saja. tapi kemarin waktu bawa diesel setelah turun baju serasa bau asap diesel. celana juga kotor.
apakah mobil diesel yang sdh berumur cenderung seperti itu ? soalnya untuk mobil bensin walau berumur tidak sampai seperti itu.
pertanyaan selanjutnya menyusul..
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Knalpot »

BADAK wrote:
Knalpot wrote:1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
Pertanyaan yg membingungkan. :drinking:
Gak peduli pake diesel atau bensin apakah ada ketentuan pake gigi brp, rpm brp?
Semua tergantung karakter mesin, kemiringan, kondisi mesin, berat beban yg dibawa, dan faktor2 yg lain. Hanya bedanya kalo mesin diesel torsi puncak bisa didapatkan pada RPM rendah, sedangkan mesin bensin didapatkan pada RPM tinggi.
Ooo.. contoh saja ya Om, kalau kita di tanjakan panjang, atau kelok2, untuk mendapat kecepatan yang sama, lebih enak pakai RPM tinggi gigi rendah atau RPM rendah gigi tinggi ?

Misalnya kita beriringan dengan banyak kendaraan,kelok2 dan tanjakan, lebih sehat (ke mesin) yang mana nih :
kita konstan di 50 kmh, gigi 4, rpm 1500 ATAU kecepatan sama 50 kmh tapi kita keep di gigi 3 dengan rpm 2200 ??

soalnya di diesel kan tidak ada ngelitik Om, jadi kita tidak tahu nih beban piston seperti apa.
kalau di bensin kan tinggal mainin rpm sesuka hati.. :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

Knalpot wrote: lebih sehat (ke mesin) yang mana nih :

soalnya di diesel kan tidak ada ngelitik Om, jadi kita tidak tahu nih beban piston seperti apa.
kalau di bensin kan tinggal mainin rpm sesuka hati.. :big_peace:
Lebih sehat buat mesin :
- Oli mesin gunakan yg berkualitas
- Bahan bakar Diesel dgn daya lumas yg baik
- Coolant radiator yg bagus

Knp mesin Diesel gak boleh mainin RPM suka2 ?
Asal gak lewat redline aja tho ?

Trus kalo terasa berat yah pindah gigi lebih rendah.......sama aja
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by salah obat »

Knalpot wrote:
BADAK wrote:
Knalpot wrote:1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
Pertanyaan yg membingungkan. :drinking:
Gak peduli pake diesel atau bensin apakah ada ketentuan pake gigi brp, rpm brp?
Semua tergantung karakter mesin, kemiringan, kondisi mesin, berat beban yg dibawa, dan faktor2 yg lain. Hanya bedanya kalo mesin diesel torsi puncak bisa didapatkan pada RPM rendah, sedangkan mesin bensin didapatkan pada RPM tinggi.
Ooo.. contoh saja ya Om, kalau kita di tanjakan panjang, atau kelok2, untuk mendapat kecepatan yang sama, lebih enak pakai RPM tinggi gigi rendah atau RPM rendah gigi tinggi ?

Misalnya kita beriringan dengan banyak kendaraan,kelok2 dan tanjakan, lebih sehat (ke mesin) yang mana nih :
kita konstan di 50 kmh, gigi 4, rpm 1500 ATAU kecepatan sama 50 kmh tapi kita keep di gigi 3 dengan rpm 2200 ??

soalnya di diesel kan tidak ada ngelitik Om, jadi kita tidak tahu nih beban piston seperti apa.
kalau di bensin kan tinggal mainin rpm sesuka hati.. :big_peace:
jika misalnya kayak gt saya pilih opsi kedua om, gigi 3 rpm 2200 kec ? kmh. seandainya kendaraan didepan melambat mesinnya cukup responsif buat nyalip, klo udah gak ada kendaraan di depan baru masuk 4, tp rpm ditahan di 2000 ya, kalo 1500 menurut saya terlalu berat.
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Knalpot »

Turboman wrote:
Knalpot wrote: lebih sehat (ke mesin) yang mana nih :

soalnya di diesel kan tidak ada ngelitik Om, jadi kita tidak tahu nih beban piston seperti apa.
kalau di bensin kan tinggal mainin rpm sesuka hati.. :big_peace:
Lebih sehat buat mesin :
- Oli mesin gunakan yg berkualitas
- Bahan bakar Diesel dgn daya lumas yg baik
- Coolant radiator yg bagus

Knp mesin Diesel gak boleh mainin RPM suka2 ?
Asal gak lewat redline aja tho ?

Trus kalo terasa berat yah pindah gigi lebih rendah.......sama aja
Ooo.. gitu ya :frm_salut:

Thanks Pencerahannya.. maklum gak pernah bawa diesel.. :mrgreen:

Kesan yang ane rasakan, bawa diesel jauh lebih percaya diri daripada bawa bensin,
tenaganya besar sekali. Tanjakan curam hajar terusss.. :frm_tumbleft:

Pertanyaan selanjutnya nih, kira2 perlakuan apa saja untuk meredam suara mesin diesel ??
Kalau getaran mungkin gak bisa dihindari ya, gimana caranya yang penting suara mesin yang masuk kabin seminimal mungkin.
Soalnya kalau jalan sambil nyalain music gak bisa menikmati blass euy.. volume harus besar.. :shrug:

VM : Memang sopir2 truk rasanya gak pernah start dari 1 de.. kecuali beban maks. Bus2 juga aku perhatikan gak pernah start dari 1 :e-think:
Last edited by Knalpot on Mon Sep 05, 2011 12:59, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by DOHC »

mengenai start dari gigi 2... walaupun banyak yg ngelakuin... tapi ane scara pribadi sehh tetep aja pake tuh gigi 1... biar kata napas nya pendek... FYI, di panther ane jg gt.. gigi 1 baru jalan kurang dari 20 kph aja mesin uda meraung... tapi ane tetep pake tuh gigi 1... soalnya biar beban mesin ga berat aja... toh pabrikan kasi tuh gigi 1 jg ada guna nya kan...

mengenai nyetir diesel... emang mesin diesel ga ada suara glitik... tapi kalo feeling "loss power" atau "ngeden" jg tetep ada kann kaya mobil bensin... nahh patokan nya ama itu aja... kalo uda mulai ngerasa kurang tenaga yahh artinya musti turunin gigi... mengenai soal rpm, sperti yg rekan2 diatas uda blg... diesel rata2 maen di rpm rendah... torsi uda nonjok sejak 1800 rpm ampe maksimal di kisaran 3000an rpm... nahhh kalo mau cruising yahh di pertengahan rpm tsb aja... ga perlu bejeg2 gas ampe dalem soalnya tohh uda kluar dari kurva torsi mesin diesel... CMIIW....

meredam suara diesel ?? mulai dari mesin nya dulu aja... kasi oli yg lumayan, filter oli diganti... filter solar dan pompa solar di bersihin dan diganti filter nya... stel klep... bila perlu di purging... cek enjin mounting... nahh stelah ini beres.. baru dehh tambahin peredam di firewall.... musti nya sehh uda kedap jauh tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by salah obat »

kalo temen2 sopir truk disini ketika tanpa muatan, start jalan dari gigi 1, malah dikatain : "sopire isik anyar kae" (sopirnya masih baru itu) hehehe..
Dasar sopir gebleg..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by BADAK »

salah obat wrote:kalo temen2 sopir truk disini ketika tanpa muatan, start jalan dari gigi 1, malah dikatain : "sopire isik anyar kae" (sopirnya masih baru itu) hehehe..
Dasar sopir gebleg..
Ciakakakakakaka..... :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by m4rio »

Knalpot wrote:Hello Smers, knalpot mau tanya nih seputar diesel :

Ceritanya, selama ini ane cuma nyetir mobil bermesin bensin. kalaupun bawa diesel cuma jarak pendek.
nah kemari mudik ke kampung ane disuruh bawa kapsul diesel. medan yang dilalui naik turun belok 2 mirip jalur selatan gitu.
pertanyaan ane :
1. berapa rpm yang aman untuk cruising dengan medan naik turun dengan mesin diesel ?karena tidak ada perbedaan torsi di gigi 3 dan 4 makanya bingung pakai rpm/gigi berapa biar awet di mesin.
2. selama ini pakai mesin bensin baik2 saja. tapi kemarin waktu bawa diesel setelah turun baju serasa bau asap diesel. celana juga kotor.
apakah mobil diesel yang sdh berumur cenderung seperti itu ? soalnya untuk mobil bensin walau berumur tidak sampai seperti itu.
pertanyaan selanjutnya menyusul..
coba ane jawab ah.

1. kalo panther ane enak main di RPM minimal 2.000. gigi 3 diajak nanjak di lembang ciater enak maknyos, kalo di bawah 2.000 agak kosong dulu musti tunggu RPM 2.000 baru maknyosss.

2. gk salah nyetir di dalam baju bau asap n celana kotor??? kalo itu mah ya emang joknya kali tuh yang bermasalah. kalao sampe celana kotor dan baju bau karena asep, bearti di kabin ngebul bgt dan berasap pekat donk tuh kalo mpe segitunya.... untung gk keracunan asap tu ente bro..
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by vote42ner »

Bener om..smua sopir truk bokap juga gitu..kosongan lgs gigi 2..pas muatan baru tuu gigi 1 di pake..hehehe
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by asudarsono »

Emang bus dan truk wajarnya mulai dari gigi dua. Apalagi trailer kontainer, kalau masuk gigi satu rendah sekali, sampai2 gak usah digas juga jalan sendiri (crawler gear).

Beberapa SUV yang ada low rangenya, kalau dipakai gigi satu di low range, katanya juga bisa jalan sendiri.

Tapi bedakan ama mobil pribadi yg diesel deh. Macam Ford Focus diesel, tetep mulai dari gigi satu.
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

Knalpot wrote:
Pertanyaan selanjutnya nih, kira2 perlakuan apa saja untuk meredam suara mesin diesel ??
Kalau getaran mungkin gak bisa dihindari ya, gimana caranya yang penting suara mesin yang masuk kabin seminimal mungkin.
Soalnya kalau jalan sambil nyalain music gak bisa menikmati blass euy.. volume harus besar.. :shrug:
Buat Kijang kapsul yg wajib dilakukan :

Pasang karet balon di frame body yg hadap pintu

Selamat mencoba
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Knalpot »

Turboman wrote:Lebih sehat buat mesin :
- Oli mesin gunakan yg berkualitas
- Bahan bakar Diesel dgn daya lumas yg baik
- Coolant radiator yg bagus

Knp mesin Diesel gak boleh mainin RPM suka2 ?
Asal gak lewat redline aja tho ?

Trus kalo terasa berat yah pindah gigi lebih rendah.......sama aja
Om, untuk coolant dan oli mesin apakah dibedakan untuk mesin diesel dan bensin ??
Maaf stupid questions.. bener2 gak ngerti soalnya..

Pertanyaan selanjutnya :

1. Bagaimana mendeteksi (Selain visual) kalau engine mounting diesel harus di ganti ? soalnya getarannya kan sama saja.. besar.

2. apakah ada alat untuk mendeteksi bahwa kompresi diesel sudah lemah ? bagaimana caranya ya ?
apakah dari asap knalpot, tenaga yang lemah atau bagaimana ?

3. Untuk sama2 diesel, kira2 durable mana antara D4D dan dieselnya Ford Everest (Model lama) ?
setelah menikmati pengalaman pertama bawa kapsul diesel keluar kota, jadi penasaran dengan dieselnya everest nih :mrgreen:

Pertanyaan selanjutnya menyusul ya Gans.. thanks to para master.. :frm_salut:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

Knalpot wrote:
A. Om, untuk coolant dan oli mesin apakah dibedakan untuk mesin diesel dan bensin ??
Maaf stupid questions.. bener2 gak ngerti soalnya..

Pertanyaan selanjutnya :

1. Bagaimana mendeteksi (Selain visual) kalau engine mounting diesel harus di ganti ? soalnya getarannya kan sama saja.. besar.

2. apakah ada alat untuk mendeteksi bahwa kompresi diesel sudah lemah ? bagaimana caranya ya ?
apakah dari asap knalpot, tenaga yang lemah atau bagaimana ?

3. Untuk sama2 diesel, kira2 durable mana antara D4D dan dieselnya Ford Everest (Model lama) ?
setelah menikmati pengalaman pertama bawa kapsul diesel keluar kota, jadi penasaran dengan dieselnya everest nih :mrgreen:
A. Coolant sih sama aja

Oli mesin Diesel ciri khas-nya :
API Service dimulai dengan C (CH-4 / CI-4)
ACEA dengan kode B atau E (B3 / B4 atau E4 / E6)
Utk LongLife compliance dari pabrikan mobil bisa pakai yg ada kode MB 229.1 / 229.3 / 229.5 / GM LL-B-025

1. Saat Start / matiin mesin serta sewaktu idle, engine mounting kalo udah liwat 3 tahun mah ganti aja, pasti dah getas.

2. pake Compression meter

3. sama sama Badak, tergantung perawatan aja, juga kalo di Modif asal EGT nya termonitor aja.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by dieselkiki »

bro turboman, aku punya i20 diesel udah 30.000km, mau nanya

1. Kalo mau purging di mana ya (jakarta di mana, jogja/solo/semarang di mana ?) Beres tidak melayani, ada rekomendasi bengkel ?
2. Selama ini BBM solar terus, masih enak sih larinya cuman waktu baru rpm 1700 dah ngrasa mobil mulai narik dan cepat tapi sekarang nunggu sampai 2000 baru mulai narik dan gak secepat dulu. Bisa tolong dijelaskan knapa dan bagaimana solusinya ? anjuran waktu service dan parts yang diganti sesuai buku manual.
- faith humanity freedom -
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

dieselkiki wrote:bro turboman, aku punya i20 diesel udah 30.000km, mau nanya

1. Kalo mau purging di mana ya (jakarta di mana, jogja/solo/semarang di mana ?) Beres tidak melayani, ada rekomendasi bengkel ?
2. Selama ini BBM solar terus, masih enak sih larinya cuman waktu baru rpm 1700 dah ngrasa mobil mulai narik dan cepat tapi sekarang nunggu sampai 2000 baru mulai narik dan gak secepat dulu. Bisa tolong dijelaskan knapa dan bagaimana solusinya ? anjuran waktu service dan parts yang diganti sesuai buku manual.
1. daftar bengkel purging se-antero Jkt hingga daerah ada di : mesin-diesel.dinogroups.com ke bagian Blog

2. Lihat nanti after purging dan jika mesin masih ada Cat Converter-nya mending dibabat aja itu CC (ganti pipa plong) sebab lama2 dia akan mampat oleh jelaga dr solar sulphur tinggi.

Air filter bersih ?

EGR juga ada baiknya ditutup, sebab EGR dgn solar sulphur tinggi bikin "sludge" di intake.
Knalpot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Knalpot »

Turboman wrote: 1. daftar bengkel purging se-antero Jkt hingga daerah ada di : mesin-diesel.dinogroups.com ke bagian Blog
2. Lihat nanti after purging dan jika mesin masih ada Cat Converter-nya mending dibabat aja itu CC (ganti pipa plong) sebab lama2 dia akan mampat oleh jelaga dr solar sulphur tinggi.

Air filter bersih ?

EGR juga ada baiknya ditutup, sebab EGR dgn solar sulphur tinggi bikin "sludge" di intake.
Mantap nih infonya..

Om, apakah Inopah sudah pakai cc ?
EGR itu apa ya om ? di mesin-diesel.dinogroups.com ada gambarnya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pertanyaan seputar kendaraan Diesel

Post by Turboman »

Knalpot wrote: 1. Om, apakah Inopah sudah pakai cc ?
2. EGR itu apa ya om ? di mesin-diesel.dinogroups.com ada gambarnya ?
1. Yg keluaran medio 2007 sampe 2009 pake CC, yg 2010 akhir sampe skg kembali plong / gak pake CC.

2. Ada