Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by MI16 »

Turboman wrote:
MI16 wrote:Om Turbo, ane masih penasaran dg oli dikemasanya tertera API SL ACEA A3/B3 MB229.1 ILSAC GF3 apakah boleh untuk mesin flat tappet?
Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa

btw olinya merek apa ?
GULF MAX SL om..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Jambangan »

Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa

btw olinya merek apa ?

Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.

CMIIW
nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Jambangan »

wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN

Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
itu total yg mana ya om??
sama nih kyk motul h-tech 5w-30. TBN untuk oli yg API SM lebih tinggi dibanding yg API SN
Sampe sekarang msh ragu pake oli ini yg API SN :e-think:
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wenD »

Turboman wrote:
wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN

Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
Nah buat yg 1 ini mystery bagi ini
buat enaknya sih jika ada yg pake en jalan 7500 Km sample oli bekasnya bawa ke Corelab utk check, kita liat brp TBN akhir-nya

kalo test oli baru-nya akan lebih baik lagi
Hehehe... Berarti bener2 susah ya...
Bukan hanya dilihat dari sugesti pemakai,, tapi diatas kertas pun data produk langsung jg susah dipilih,,,,
Makanya No One Best Oil
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wenD »

Sry dopost,,,

Berarti teori API SN bakal lebih menjadi perdebatan dung yaa...
Last edited by wenD on Tue Jul 23, 2013 8:50, edited 1 time in total.
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wenD »

Jambangan wrote:
wenD wrote:Untuk oli Total API SN dengan API SM,,,
TBN SM lbh tinggi dibanding SN

Malah lbh bagus atau jelek tuh TBN diturunin?
itu total yg mana ya om??
sama nih kyk motul h-tech 5w-30. TBN untuk oli yg API SM lebih tinggi dibanding yg API SN
Sampe sekarang msh ragu pake oli ini yg API SN :e-think:
Total quartz yg 9000 bro...
Yup,,, motul jg sama,,, TBNny lbh kcl... Hahahaa
Hayooo, standart baru malah dibwh Keinginan konsumen
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

wenD wrote: Hehehe... Berarti bener2 susah ya...
Bukan hanya dilihat dari sugesti pemakai,, tapi diatas kertas pun data produk langsung jg susah dipilih,,,,
Makanya No One Best Oil
sebetulnya sih simple aja, cukup lihat buku manual

kalau saya dan bbrp rekan di sini sampai melihat detail API Service / ACEA krn kita ingin cari yg d best value for money aza.....en demi kenikmatan berkendara / long drain interval.....xixixixiixxiixx

Kalo misal pakek mesin flat tappet dan jarang maen RPM tinggi ya pakek low SAPS juga gak masalah, asalkan gak pernah maen RPM tinggi ya
* Bukan ajakan Beli *
wenD
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Fri Feb 08, 2013 1:08

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wenD »

sebetulnya sih simple aja, cukup lihat buku manual

kalau saya dan bbrp rekan di sini sampai melihat detail API Service / ACEA krn kita ingin cari yg d best value for money aza.....en demi kenikmatan berkendara / long drain interval.....xixixixiixxiixx

Kalo misal pakek mesin flat tappet dan jarang maen RPM tinggi ya pakek low SAPS juga gak masalah, asalkan gak pernah maen RPM tinggi ya[/quote]

Yup...
Karena buku manualny tertera 5w-30
Makanya saya cari tau info ttg oli,,,
Karena oli 5w-30, termasuk oli "mahal"
Jadi,, bener kata bro turbo,,, yg paling sesuai dan worth to buy tentuny ;)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

5W30 harga miring ada....Suzuki Genuine Oil 5W30 harga sekitar 60 - 65 rebuan / L
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by VanzMatic »

Menunggu jawaban pertanyaan berikut....
Jambangan wrote:
Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa

btw olinya merek apa ?

Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.

CMIIW
nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Jambangan wrote:
Turboman wrote: Kalo dr tulisan ACEA dan MB nya sih bisa

btw olinya merek apa ?

Btw sebetulnya oli low SAPS buat flat tappet juga kalo cuman sekali aja gak masalah, yg membuat cam aus khan kalo dipake secara terus menerus dan interval ganti olinya sgt jauh, kalo interval ganti olinya pendek2 kayaknya gak masalah juga utk mesin2 flat tappet buatan generasi terkini.

CMIIW
nah om turbo, kalo flat tappet yg dah aus gara2 pake oli yg salah itu ciri2nya apa??
Apa harus buka cover head baru ketauan kalo cam aus??
Dulu soalnya waktu msh pake mobil yg lama kalo servis di beres selalu dicekokin oli API SM mulu padahal mesin mobil ane msh flat tappet. Dari odo 5rb KM ampe sekitar 57rb KM. Abis itu ane ganti yg udh comply ke 229.1
Dulu belum gabung SM jadi kirain ane semua oli bagus buat mesin hehe..
gejala aus = Di Cam-nya ada tapak memanjang spt pita, selebar luas kontak permukaan dgn tappet atau rocker arm
* Bukan ajakan Beli *
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by ak4ng »

Turboman wrote:5W30 harga miring ada....Suzuki Genuine Oil 5W30 harga sekitar 60 - 65 rebuan / L
seinget ane ini oli SGO 5w30 masih api SL , harga nya beti sma 10w40 api SM TGMO skitar 60an rebu jg cmiiw
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by gaspol »

Om turboman, gimana dengan oli spek DEXOS 2? DEXOS 2 ini setara dengan spek ACEA / MB berapa ya om? Jujur aja rekan2 di komunitas agak bingung nyari substitusi oli yang setara DEXOS 2 selain Q8 special G long life 5w-30 yang dijual di beres...ada rekomendasi om?
Ane cari cari info diweb luar kebanyakan adanya DEXOS 1 for gasoline engine yang setara dengan API SN/GF 5 (sama seperti yang om turbo bilang di halaman depan)

Mohon bantuannya :mky_01:
wa2nlinux
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wa2nlinux »

Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

wa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
oli apa

merek ?

type ?
* Bukan ajakan Beli *
zarkasi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Nov 25, 2017 10:30

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by zarkasi »

mau tanya nih.... ada yg pernah pake oli gulf multi vehicle atf di captiva diesel
zarkasi
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Nov 25, 2017 10:30

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by zarkasi »

mau tanya nih.... ada yg pernah pake oli gulf multi vehicle atf di captiva diesel
wa2nlinux
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wa2nlinux »

Turboman wrote:
wa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
oli apa

merek ?

type ?
Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

wa2nlinux wrote:
Turboman wrote:
wa2nlinux wrote:Hasilnya bagaimana om Turboman, apakah oli Api SN sesuai harapan ?
oli apa

merek ?

type ?
Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Konsep awal-nya memang spt itu

Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe

But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh

Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya

Image

* Bukan ajakan Beli *
Eliteguard
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Apr 08, 2016 17:52

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Eliteguard »

Turboman wrote: Sun Dec 03, 2017 3:18
wa2nlinux wrote:
Turboman wrote: oli apa

merek ?

type ?
Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Konsep awal-nya memang spt itu

Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe

But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh

Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya

Image
Bearti ada lembaga khusus yg memberikan sertifikat donut logo ini ya om turbo?

Ane pernah liat dibuku manual sepeda motor matic di situ tertulis malah harus hindari oli yg ada tertulis "resocure conversing" kenapa bgtu ya om?
Bukan nya di mesin mobil gasoline malah bagus ada "resocure conversing " bgtu?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Turboman »

Eliteguard wrote:
Turboman wrote: Sun Dec 03, 2017 3:18
wa2nlinux wrote: Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Konsep awal-nya memang spt itu

Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe

But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh

Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya

Image
Bearti ada lembaga khusus yg memberikan sertifikat donut logo ini ya om turbo?

Ane pernah liat dibuku manual sepeda motor matic di situ tertulis malah harus hindari oli yg ada tertulis "resocure conversing" kenapa bgtu ya om?
Bukan nya di mesin mobil gasoline malah bagus ada "resocure conversing " bgtu?
API

kalo motor kan butuh oli yg antiwear tinggi.....beda case
* Bukan ajakan Beli *
wa2nlinux
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by wa2nlinux »

Turboman wrote:
wa2nlinux wrote:
Turboman wrote: oli apa

merek ?

type ?
Diawal trit ada pertanyaan ini om Turboman.

Pertanyaannya : Apa iya API SN / ILSAC GF-5 ini akan benar2 perform spt API SL or SJ dalam hal perlindungan valve train ???
Konsep awal-nya memang spt itu

Dalam realita kan gak semua oli API SN sama, ada yg antiwear cukup tinggi, ada yg pas2-an, lalu dari segi base oil juga pengaruh-nya gede......hehhehe

But at least ya oli yg ada API SN Donut (lihat Donut logo) ya harusnya better than API SM, itu buat dapat Donut logo harus benar2 di test loh

Gak semua oli yg API SN ada Donut Logo nya

Image
Berarti API mengeluarain 2 jenis "sertifikasi" S* dan Donut ?
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by 12punch »

Turboman wrote: Mon Nov 15, 2010 8:14 Point plus dr si API SN / GF-5 ini juga ada mandatory "Turbocharger Protection"

Dimana dia harus memiliki kemampuan mencegah terbentuknya "coking" (endapan) di saluran oli ke Turbo, ini utk mengantisipasi jika mesin Turbo sehabis lari kencang lalu dimatikan tanpa tunggu 30 detik.

mandatory ini dengan pertimbangan bahwa populasi mesin2 Gasoline dgn Turbo / GDI Turbo di masa depan akan terus bertambah.

http://www.gf-5.com/

Sementara GM sendiri juga mengembangkan standard dimana merp penyempurnaan dr API SN / GF-5, yaitu Dexos-1, dimana Dexos-1 mensyaratkan kemampuan "anti-wear" yg lebih baik lagi.

Realitanya nanti bagaimana ? tentu kita harapkan hal2 ini bukan hanya sekedar "janji manis"

CMIIW yaks

threat menarik nih masa tenggelem ahahaha
berarti Standard tertinggi dan terbaik saat ini apakah bisa disimpulkan yaitu Dexos-1 Gen 2?
atau tahun 2020 ini udah ada lagi yang lebih joss?
Api SN+ itu gimana?

apakah suhu2 ada yang bisa urutin timeline standard2 ini keluarnya kapan aja? dan yang paling update trakhir kuar itu siapa..
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9729
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Suryaputra »

12punch wrote: Thu Feb 27, 2020 12:13
Turboman wrote: Mon Nov 15, 2010 8:14 Point plus dr si API SN / GF-5 ini juga ada mandatory "Turbocharger Protection"

Dimana dia harus memiliki kemampuan mencegah terbentuknya "coking" (endapan) di saluran oli ke Turbo, ini utk mengantisipasi jika mesin Turbo sehabis lari kencang lalu dimatikan tanpa tunggu 30 detik.

mandatory ini dengan pertimbangan bahwa populasi mesin2 Gasoline dgn Turbo / GDI Turbo di masa depan akan terus bertambah.

http://www.gf-5.com/

Sementara GM sendiri juga mengembangkan standard dimana merp penyempurnaan dr API SN / GF-5, yaitu Dexos-1, dimana Dexos-1 mensyaratkan kemampuan "anti-wear" yg lebih baik lagi.

Realitanya nanti bagaimana ? tentu kita harapkan hal2 ini bukan hanya sekedar "janji manis"

CMIIW yaks

threat menarik nih masa tenggelem ahahaha
berarti Standard tertinggi dan terbaik saat ini apakah bisa disimpulkan yaitu Dexos-1 Gen 2?
atau tahun 2020 ini udah ada lagi yang lebih joss?
Api SN+ itu gimana?

apakah suhu2 ada yang bisa urutin timeline standard2 ini keluarnya kapan aja? dan yang paling update trakhir kuar itu siapa..
https://www.lubrizoladditives360.com/sp ... lsac-gf-6/

ILSAC GF-6,
- better fuel economy & emission vs GF-5
- prevent LSPI di mesin turbo kekinian

ketika sudah release, maka lendir viscocity 0w16 & 0w8 untuk mesin2 hybrid dan EV+genset,
akan mulai banyak beredar :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Volk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14

Re: Diskusi ttg API SN / ILSAC GF-5 vs API SM / ILSAC GF-4

Post by Volk »

Kebetulan sebentar lagi ganti oli nih..mau tanya2 dikit y suhu..
Kalo 0-20 kan memang untuk cuaca yg ekstrim dingin,nah adik ipar nyaranin pake 5-30 untuk suhu indonesia.apakah bener?sy pake mazda 2.selama ini sih bengkel resmi juga kasi 0-20..trims jawabannya yah