Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

abang2 dan sister2 sekalian..saya membuat topic ini utk sharing karakter dan problematika umum mobil2 anda dari pengalaman anda memakai mobil tersebut utk jangka waktu tertentu:)
thread ini bkn utk memburuk2kan suatu model mobil secara spesifik, thread ini purely cuman utk memperkaya pengetahuan ttg otomotif yang mgkn tercecer atau tidak bisa kita dapatkan dari media2 cetak maupun elektronik..
any suggestions and opinions are welcome especially the constructive ones.

mulai dari saya dulu...:)
x-trail, setelah dipakai bbrp taon/long term use:

- tenaga kuat, transmisi lelet dan kadang2 kurang bisa membaca kemauan pengemudi walopun katanya sudah mengadopsi sistim elektrik, mesin walopun kuat dan mengadopsi balance shaft tetep aza ga terasa halus sampe kemana, suspensi mobil termasuk empuk; saking empuk nya mobil ini body roll nya sangat terasa di perparah dgn setir yg ringan lengkap dah...(tapi setir ringan ini salah satu kelebihan nya juga, buat parkir gampang..)hehehe

- taon produksi 2005 ke atas rupanya kompressor a/c beda dgn taon prod. di bwh nya, dimana yg lbh baru malah kalo aktif bisa membuat idle speed nya drop..(sampe skg ga ada solusi..:(...), mobil ini jg, kompressor a/c nya kalo uda aktif agak bising.

- dashboard mobil ini ada bunyi2 dikit deket dgn glove box nya, solusi: menempelkan sedikit double tape..hehehe

- kaki2 mobil termasuk tdk bising kalo melewati lubang:), tp kalo rusak, siap2 deh kantong sobek, kalo ga salah, ball joint ato tie rodnya ga bisa diganti cuman komponennya saja, harus ganti satu set beserta paha ayamnya.

- rattling di bagasi sgt bising (material plastik keras)...walo ini kekurangannya, tapi ini jg kelebihannya, karena mudah dibersihkan dan naruh barang basah jg bisa.

- mesin mobil ini di luar negeri, khususnya di amerika (di indo blm pernah dgr ada kejadiannya) pernah mempunyai problem krn butterfly screw di intakenya bisa terisap kalo bukaan mesin melebihi 6200rpm (CMIIW). terisapnya screw ini akan membuat mesin mobil ini rusak.
sekaligus, mobil ini agak sensitif BBM saya rasa, pemakaian BBM dgn oktan di bwh 91 secara jangka panjang akan menyebabkan mesin ini mengelitik, walopun halus. sekali ngelitik, susah nian buat ngilanginnya. perlu diketahui ngelitik alus blm tentu tidak bermasalah, karena sdh dilengkapi knock sensor masi ngelitik, berarti BBM nya betul2 tidak bisa ditolerate oleh mesin. jadi saya sarankan rekan2 sekalian memakai BBM minimal RON 91 deh, sekalian membantu kas negara..hihihihii

- setir agak melenceng ke kiri sedikit kalo bener2 diperhatikan sewaktu jalan, mnrt pihak BeRes, ini diakibatkan drive shaft kanan dan kiri beda panjang nya, dimana yg kiri lebih pendek dari yang kanan...(please elaborate on this, am kinda confuse...)

- pernah ada recall penggantian muffler gratis oleh pihak NMI utk muffler warna putih yg setelah ditukar berwarna hitam, muffler warna putih generasi gampang kropos.

- ntah saya yg sial ato apa, piringan rem mobil saya ini cepet bgt afkir nya, blm 2 taon sdh bubut 2X, dimana akhirnya saya klaim garansi juga ditukar oleh pihak NMI, jadi buat yg memakai produk yg sama dgn saya, hati kalo setir mulai bergetar kalo lagi nge-rem, baiknya diperiksa.

- electric fan perlu dibersihkan secara berkalan kalo ngak mau ngadat, soalnya sensor nya sering tertutupi debu kalo medan yg kita lalui berdebu dan kotor yg akan mengakibatkan ngadat nya fan.

- exhaust standar mobil ini betul2 restrictive, bisa dirasakan kalo sudah diganti dgn exhaust aftermarket yg plong, potensi mesin mobil ini akan semakin ganas.

- body part mahal nian..cover kaca spion 2.2jt per sebelah..c'mon NMI..you could do better than this!....

secara umum, mobil ini can live up to my expectation:),..namanya ciptaan manusia, kurang lebih pasti ada kekurangannya mnrt saya, I am fine with my ride.
rekan2 smers sharing yah pengalaman2nya..thanks:)

NB. kalo ada yg bertopik sama, mohon oom mods pindah ato merged saja, thanks.
kalo ada rekan sm-ers yang memakai mobil yg sama, dan merasa postingan di atas ada yg tercecer, mohon diperlengkap yah..Thanks in advance..hehehe
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by uch »

Lengkap dan menarik. Thanks for sharing buat bang Zombiee
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Saya mau sharing dikit tentang pengalaman Yaris E m/t saya yang akan berumur 1 tahun tanggal 18 April besok.
Selama ini saya samasekali tidak menemui masalah dengan mobil saya, walaupun dipake kuliah tiap hari rasanya masih seperti mobil keluar dari showroom (kecuali baunya interiornya, skarang udah lebih wangi, catnyapun justru lebih kinclong daripada waktu keluar showroom karena 5hari sekali dipoles).
Tapi karakter yang sedikit mengganggu saya adalah koplingnya yang cukup dalam dan sensitif. Penyesuaian saya dengan kopling Yaris rada lama. Saya bawa mobil dari dealer sampe rumah aja sampe mati 3x di lampu merah, malu-maluin aja kaya orang lagi belajar. Pokoknya, harus halus deh memberlakukan koplingnya biar ga loncat/mati. Koplingnya yang cukup dalam (dan kenyal) juga bikin rada pegel kalo jalanan lagi macet. Masih lebih enteng pedal koplingnya Innova ato Kijang Kapsul.
Satu lagi yang mengganggu tu kalo mundur bunyinya ngek-ngek-ngek, awalnya saya kira ada masalah di transmisinya, saya tanya ke temen-temen yang pake Yaris & juga bengkel resmi katanya emang karakternya gitu.
Intinya saya ga mengalami masalah apapun sama mobil saya, kedua hal yang mengganggu saya tadi memang karakter bawaan mobil.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by Hansen »

bang zombiee......gw punya taon 2005....kekna kompressor ac gw jg pke zexel deh..... :( gw belom liat sih..... :roll: tapi kalo pas mati idup kompressornya tu mengganggu bgt..... :( jarum rpm naek-turum mlulu.....plus getarannya itu loh..... :evil: :(


:capede:
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

corolla taun 2000

- mesin : tarikan bawah oke, tarikan atas ga gitu galak, mesin badak khas A series, halus suaranya (kecuali injektor yg agak kenceng), bensin dapet 1:9 dalkot bandung tol konstan 90-100 dapet 1:16. PART PERFORMANCE SUSAH !! tp beruntungnya versi IDM dilengkapi mesin 7A-FE yg terkencang dibanding versi luar (termasuk JDM nya) walau resenya minimal bensin oktan 95 alias pertamax plus

- kaki2 : empuk bgt, kalo belok di tol kecepatan tinggi kayak mo mengguling -_-, tp di kota enak..nyaman bgt. durable dan harga partnya masi terjangkau kalo menurut gw.

- interior : tipikal mobil thn 98-2000, masi sederhana, blom mewah. kalah jauh ma altis walau masi lebi oke dari ferio (menurut gw). kayanya oke kalo mengaplikasikan optitron meter nih. peredaman bagus (gw pernah bandingin masi lebi senyap dari ferio temen gw)

- exterior: model masi konvensional sedan 90 an, tampang belakangnya sih caem. enaknya model persis JDM = ga keluar duit banyak buat rombak exterior.

- audio : aduh audio stdnya sih ga bagus. suaranya parah kalo menurut gw (ya audio std toyota menurut gw ga ada yg bagus kecuali udah kelas harrier dan lexus).

- misc: part modif susah, durability bagus (khas toyota..bukan toyoda), tenaga menurut gw kurang galak (harusnya 150 hp stock gitu misalnya) ^_^, tp torsinya sih udah oke. harga 2nd mayan kuat, fitur keselamatan lengkap untuk ukuran sedan 98 an (ABS, dual airbag)

overall : gw puas pake corolla AE112.

walau waktu itu sempet kecewa... gara2 gw abis test drive camry 3.5 Q ^______^
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by HilmanZ »

Vios saya stelah 4 tahun:

sampai sekarang belum ada masalah apa2 paling fan belt bunyi ngik ngik gt and itu jg gr2 saya terobos banjir ampir 1 ban and kalo kompresor AC lagi nyala terasa tenaga mesinnya drop agak jauh and kopling kenyal kaya om ddaru jg jd kalo lg mct panjang kaki saya pgl2,interior ga gt senyap and audio nya ga bgs..Di dasbor ga ad bunyi2 apa2 setelah sekian lama and mesinnya ga rewl mnt gnt aneh2,suspensi msh ttp empuk..

Jazz (umur 2tahun) :

-6 bln pertama: steering rack da mst ganti ada bunyi2 dari roda sebelah kanan
-Wiper ga bisa jalan..ternyata sekring nya ga ada...grrr....kacau....
-tutup bensin da kendor pdhl lm 1 taon jadinya garasi saya bau bensin nguap gt..mst gnt baru(byr sendiri)..
-Transmisi geter2..br tau itu cacat pas ikut milis JFC and da diganti baru ma Honda body valve
-Bunyi graung2 dari dalam ruang mesin
-bantingan keras
-Pintu blkg kemasukan aer kl lg ujan kenceng
-Disc brake nya karatan

kelebihan:
-Tenaga mantap
-matic nya halus
-lebih senyap dari vios
-ckp premium ^^;
-audio lumayan
-Model Jazz bkn saya msh sbr menghadapi mslh..
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

tambahin

corolla twincam 1991

- mesin : tarikan bawah oke, tarikan atas agak lemot, mesin badak khas A series, halus suaranya, bensin dapet 1:8 dalkot bandung. kombinasi dapet 1:11 an (masi karbu nih..makanya boros). cukup minum premium. so far setelah 17 taun gw pake emang ni mesin kuat bgt (lom pernah turun mesin).

- kaki2 : empuk khas toyota, kalo belok di tol kecepatan tinggi kayak mo mengguling -_-, tp di kota enak..nyaman bgt. durable dan harga partnya masi terjangkau kalo menurut gw. --> sama lah ama All New corolla

- interior : cukup oke buat mobil taun 90 an, tidak bisa dibilang sederhana di jamannya (bahkan power window switch semua illuminated kayak harrier --> ga ditemukan di altis sekalipun). masi lebi modern jauh dari grand civic (menurut gw). di umurnya yg 17 taun..udah agak redup mesti dibersihkan nih instument clusternya :(

- exterior: model masi konvensional, garis2 kotak, blom membulat kayak great, tampang depan sih caem. enaknya model persis JDM juga. sama kek AN 1800

- audio : aduh audio stdnya sih ga bagus. suaranya parah kalo menurut gw (ya audio std toyota menurut gw ga ada yg bagus kecuali udah kelas harrier dan lexus). malah yg ini spk depan cuma 4" di dashboard. parah bgt. makanya gw ganti spk 6" di door trim

- misc: part modif susah, durability bagus (khas toyota..bukan toyoda), tenaga menurut gw kurang galak.. beda banget ama 4A-FE 115 hp ^_^, harga 2nd kuat (masi lebi mahal dari grand civic), sayang rem masi cakram biasa (blom ventilasi)

overall : buat mobil sweet 17 ini, gw sangat sangat puas --> ( ini awalnya keluarga gw pake toyota.. dan ga mau berpaling lagi ke honda). durable, ga bikin kantong jebol. piara mobil ini sejak gw masi SD sampe skr :D dengan kondisi cat 95% original (kecuali bumper n kap mesin)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

lagi..

corolla altis 2001

- mesin : tarikan atasnya yg enak. bawahnya masi enak all new 1.8. mesin so far ga ada masalah (wong ni mobil baru jalan 13 rb km). bensin pertamax cukup (minimum oktan cuma 90). irit bgt. 1:11 bisa nih dalkot, luar kota 1:16 (kombinasi). suara mesin bising (gara2 timiing chain kayaknya)

- kaki2 : mayan empuk walau dah lebi keras dari generasi corolla lama.

- interior : mewah bgt buat kelas corolla di jaman 2001 an. civic sih ga ada mewah2nya dibanding ini. fitur sangat komplit dan serasa pake sedan kelas accord (waktu itu accord 2.3 aja kalah mewah dalemannya). optitronnya jg caem

- exterior: model menurut gw udah beda bgt dari corolla all new. sporty masuk...elegance jg masuk. cakep bgt (makanya jatuh cinta dan langsung inden waktu itu) ^_^. jauh bgt modelnya ama civic (menurut gw)

- audio : audio std ada peningkatan. suara bass mayan oke dibanding corolla generasi seblom2nya. ada tweeter terpisah. tetep aja sih kata gw ga bagus suaranya ^_^. std gitu loh

- misc: part modif lebi gampang (cuma emang mesin altis dibiarkan std), durability harusnya sih bagus (khas toyota..bukan toyoda) --> ga bisa comment coz mobil udah 7 taun.. tp jalan cuma 13 rb km, torsi menurut gw kurang galak (sayang bgt blom VVT-i). harga 2nd kuat (lebi bagus dari civic), fitur keselamatan lengkap bgt di jamannya (ABS, EBD, BA, dual airbag)

overall : gw puas pake corolla altis... worthed bgt deh.

walau waktu itu sempet kecewa... gara2 gw abis test drive camry 3.5 Q ^______^
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

wah..,thanks rekan2 sekalian:)...hot responses btw:)

utk bang hansen, saya tambahin, kalo kompressor zexel itu dipake di dlm model grill yg uda bentuk "V"..kalo bang hansen py blm, berarti calsonic jg begitu dunk..jadi karakter mobil nya dunk ini..huhuhu...ga ada obat deh berarti, ganti baru jg bakalan balik:(

buat bang hilmanz, jazz temen saya yg masi CBU thailand jg begitu pintu belakangnya, rembes aer, plafonnya jadi berantakan.hehehe
bang ddaru memang telaten yah ngerawat mobil.hehehe...
yep, stuju sih bro satyr, utk mobil, walopun ga semua produk, Toyota termasuk sgt bisa diandalkan, Ipah koq rasanya less troubles then my X, walo utk impressi berkendara, Ipah tuh pasti kalah sama x-trail(laen kelas)...tapi sampe skg ga ada tuh bunyi aneh2 ato prilaku aneh2..heheheh

anyone else?:0
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

you are welcome bro Uch:)
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by HilmanZ »

waduh kl yg karet wkt itu perna dgr gosip ad jazz yg rembes bnran.ad jg yg mrp ky gjala saya..ipah jg free bunyi2 an y?? slama pake Toyota si dr kijang kotak,kapsul,Vios saya lm pernu nemu bunyi2 an..mantep jg toyota..anti instrumen gelap..hehe
User avatar
toyotalover
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Mar 14, 2008 20:37

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by toyotalover »

Kijang Innova 06 (Brand New), Manual, Premium campur PertaPlus 1:1...
setelah dipakai 1,5 tahun:

- tenaga agak boyo, namun mesin handal & tangguh..

- suspensi mantap (ud ganti pake BILSTEIN) :mrgreen:, setir tidak ringan dan juga tidak berat...

- gigi 1 agak pendek rasionya, dan setelah oper ke gigi 2, penurunan RPM cukup drastis, kurang nyaman klo dibawa stop & go..

- kompressor AC msh oke... saat kompresor hidup dan mati, power drop-nya tidak signifikan, cuman waktu di-gas ada bunyi ngiiiiiing dikit saat kompresor AC aktif.. kata BeRes hal ini normal...

- gak ada bunyi-bunyi aneh dari kaki-kaki maupun dashboard (padahal sering asal hajar aja klo lewat jalan rusak)...

- gue pernah coba pake premium murni, tidak membuat mesin ngelitik.. namun tenaga berkurang diputaran atas...

- setir masih mantap... cuman pada saat injek rem dikit dari ~80km/h, setir agak bergetar, & makin parah klo ngerem dari ~120km/h... mungkin piringan rem cakramnya mulai gak rata... :roll:

- deru mesin di RPM ~3500 keatas, kurang nyaman ditelinga..

- peredaman kabin biasa aja..

- AC-nya makyuuuusss...

- sparepart relatif terjangkau & durable.. ciri khas toyota dah.. :mrgreen:

- visco fan (non-electric) membuat perawatan mesin scr keseluruhan lbh mudah..

walaupun ada plus & minus-nya juga, overall.. I'm fine with my ride... :mrgreen:

Thanks... :mrgreen:

Image
arry_b
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by arry_b »

Honda City VTEC'05 Februari, matic, bahan bakar shell super/ pertamax

+ ;
-Saat ini KM 38000an,
-Makin lama kondisi mesin makin enteng dan halus, galak tarikan bawahnya
-FC rata2 1/10
-CVT responsif dan halus
-audio lumayan
-handling lincah dan cukup stabil u/ kelas 1,5
-bagasi luas
-fitur cukup lengkap; ABS, EBD, BA, double airbag,GCon Body

- ;
-Rem bergetar, disc brake udah ga rata
-Head lamp depan kanan berembun, tapi sudah diganti o/ beres (garansi)
-Panel dekat food step dan panel di pilar A kiri sudah longgar kaya mau lepas
-karet wiper mulai getas
-supensi keras
-AC bunyi2 sperti buang angin :mrgreen: dan mulai bau
-tidak ada food step, kaki kiri pegal

So far mobil ini untuk dipakai sehari-hari dalam kemacetan Jakarta cukup mumpuni dan tidak mengecewakan ;)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

bro toyota lover...buat knalpot menderu di putaran rpm3500, keqnya boleh dicoba diganti knalpot buatan SAKI deh..hehehe..smoga membantu:)
kira2, impressi saya thd IPah jg gitu deh bang more or less..hehehe

mksdnya instrumen gelap apa tuh bang Hilmanz?hahahaha

bro ary..a/c jazz saya dulu jg ada bau apek gitu kalo dah dipake lama..apalagi wkt pertama idupin.. buset dah..hahahaha....
kalo utk handling..ga korelasi ke ukuran mesin dah..jazz tmsk lincah tuh..cuman steering sistem eps feedback nya kurang yah..terlalu melayang rasanya..heheh...
User avatar
HilmanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 996
Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by HilmanZ »

instrumen asing yg mengganggu ketenangan berkendara..hehe.. eh kalo ac apek itu mst diapain ??evaporator ny ad jamur gt y?
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

gw suka dengan sharing rekan2 sekalian. semuanya objektif :)

emang TOP deh :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

hahahahaa....w kirain ntah apa...katanya kalo bau apek itu berarti lembab yah..ato ada pernah bw2 brg dgn bau menyengat gitu..caranya yah a/c nya dibuka sambil dijemur sambil sirkulasi udara luar..anyone wanna elaborate?:)

yes bro satyr..let's keep it this way..jadi pada nambah2 ilmu..sip:)
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

eh ya.kelupaan. katanya kalo mobil jarang dipake bisa bau apek ya?

altis gw kalo pertama nyalain ac suka bau apek.

mohon pencerahan :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ZombiEE »

hayo..pakar a/c SM..hehehe
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Kalo menurut pengalaman saya, kalo ACnya baunya cuma kalo waktu pertama dinyalain tu bisa berarti parfum kabinnya ga cocok, mungkin baunya terlalu asem, bisa diganti sama yang lebih netral, baunya bisa ilang kok... Bisa juga karena daerah sekitar filter AC (daerah kaki penumpang depan) lembab/kotor. Makanya, sering-sering di vakum aja bagian itu. Kalo emang lembab berarti bagian yang lembab harus disemprot pake deodoran trus dijemur dibawah terik matahari.
Oh iya, kalo mobil jarang dipake, bau di AC bisa muncul tergantung wewangian dan kondisi kelembaban di dalam mobil. Kalo pake parfum netral (ato ga pake parfum samaskali) & kondisi tidak lembab, harusnya ga bau. Biar ga lembab dikasih dehumidifier aja, merek Bagus tu cuma 10ribuan, yang bisa nyerap kelembaban tu lho.

Kalo baunya terus menerus, mendingan bongkar saluran ACnya di bengkel AC trus minta dibersiin semua, dulu pengalaman saya jaman masih pake Corolla DX tahun 81 pernah bongkar nih, dulu habis 1,2juta.
Tapi perhatiin bener-bener tuh, apeknya keluar dari AC ato emang kabinnya yang apek? Kalo emang kabinnya ya mesti harus sedikit kerja keras memvakum semuanya, kasih deodoran (kalo ga dapet yang khusus mobil, deodoran semprot buat badan juga oke lho). Kalo ga mau repot si masukin ke salon aja, ga sampe 300ribu udah jadi kayak baru tuh kabinnya. Saya pernah soalnya dulu waktu masih pake Chevrolet Aveo, kabin udah apek (sampe ga bisa dibedain yang apek ACnya ato kabinnya), setelah dimasukin ke salon, dah wangi lagi tuh, ternyata ACnya ga apek, hehehehe....
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

emang altis ada filter ac terpisah gitu ya?

gw ga ngerti ni soal ginian ^^
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by ddaru »

Saya ga apal si mobil mana aja yang punya filter AC, setahu saya yang ga ada filter ACnya tuh Xenia-Avanza & beberapa mobil keluaran Honda. Harusnya mobil sekelas Altis punya filter AC. Biasanya letaknya di deket blower & evaporator AC di balik laci dasbor sisi penumpang. Sekitar situ tuh yang perlu diperhatikan kebersihannya.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

thx bos, ntar celingak celinguk diliat deh :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by GTR »

a/c bau apek disinyalir berbaur aroma dari cairan radiator mesin,
since heater a/c mobil itu memanfaatkan jalur cairan radiator mesin; mekanisme penggerak katup jalur cairan radiator mesin ke kabin itu masih dari kawat yg jarak mainnya nebeng dari kenop thermister.
hal ini terjadi karena frekuensi penggeseran2 pada switch heater (penghangat ruangan) model Manual (geser) hanya sesekali,
Karena kalo lama2 kawat sudah tidak bisa precise posisinya even sedikit saja karena pergesaran2 tsb;
Maka posisi katup pengubah jalur cairan radiator sedikit banyak berubah & bisa2 sudah tidak bisa cukup rapat menahan tekanan tinggi dari cairan radiator mesin lagi (since kawat & tergantung jarak tempuh putaran kenop),
Sehingga ada sedikit2 cairan radiator yg selalu masuk ke dalam kabin / melewati komponen a/c dan setelah itu sebagian mengendap.

Ini jarang terjadi pada mobil yg tidak ada feature heater (penghangat ruangan).

Solusi:
Sejak mobil baru sebaiknya hindari menggeser2 posisi thermister (model manual) dari full cool nya even jika terlalu dingin, matikan a/c sebentar saja lalu nyalakan lagi.
Atau,
Matikan feature Heater: Bypass saja jalur cairan radiator yg masuk ke kabin tsb, sehingga tidak ada lagi sama sekali jalur2 masuk cairan radiator melalui kabin.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Karakter dan problematika umum mobil2 rekan2 SMers...

Post by satyr »

tp yg saya ini ga pake tuas bos. soalnya dikendalikan climate control automatic. gmn ya?
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211