seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: seputar ac n tips

Post by Gold Pocket »

Nightster Guy wrote:
Gold Pocket wrote:ahahahaha.... iya nih dapat barang cacat. gak tau juga ya. ini kijang memang merupakan kijang gelombang pertama setelah ganti mesin ke EFI. waktu itu beli ini kijang masih dalam bentuk gambar sederhana di sebuah brosur. cuman karena yakin aja sama kijang plus gak ada pilihan lain yang lebih fresh, maka inden juga kurang lebih 7 bulan.

- CUT -
OOT. Soal barang bagus di gelombang pertama, percaya, om....

'Coz bokap dapet Kijang Super pikap generasi pertama banget awal '87. Masih blom nyampe 5 unit beredar di Manado saat itu. Mesinnya bener2 bandel, kenceng pula, yang konon kata SA dilernya masih enjin 5K material dari Jepun.

Walau akirnya si Kijang rontok juga menyerah kemakan usia dan minimnya perawatan hehehehe.............

Kejadian sama di Espass '95 angkatan terawal. bandel, kenceng. Beberapa kali diadu ama Espass 1.6 (mesin Feroza), kalahnya tipis banget untuk 402 meter.

Soal kenapa mesin generasi awal kenceng, kata seorang tuner ex awak ATPM sih, karena pabrikan saat produksi awal blom terburu2 ngerjainnya, clearance piston dan liner cylinder lebih presisi, juga lebih balance nilai clearance antar silindernya. Entah bener entah kagak.

Back to AC.

IMO bro bukannya untuk pengerjaan piston dll itu dilakukan oleh mesin?

tapi ini kijang sampai ke pintu2 dan kaki2 pun belum ada yang bunyi2.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2280
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: seputar ac n tips

Post by ilhami »

poeticmind wrote:
ilhami wrote:Kenapa ya, AC saya ini terlalu sebentar matinya. Untuk setelan terendah, tidak sampai 1 menit udah nyala lagi. Untuk setelan tertinggi nyalanya lama, dan matinya juga sebentar sekali. Apa ada yang salah dengan thermoswitch nya ?

mobilnya kijang kapsul.
wajar, kijang kapsul ruangan nya besar... kemungkinan ada udara yg bocor kedalam juga bisa, jadi temperatur suhu ruangan naik turun, tentu AC kan menjaga suhu ruangan agar selalu dalam derajat tertentu sesuai setelan.
coba dicek kalo2 ada udara luat yg bocor masuk ke ruang kabin, misal biasanya pada karet pintu, doortrim, firewall.

jika dirasa sudah terisolasi dengan baik, termostat ada baiknya di cek.. mungkin sudah lemah atau tidak terpasang dengan baik.
Sebenarnya masuk akal Om Poetic. Kijang ini mungkin sudah bocor peredamnya, karena suara mesin juga terdengar cukup keras.
Tapi berhubung saya gampang masuk angin, bisa nggak AC kijang ini disetel 25-28 Celcius ... :ngacir:

btw, dimana posisi thermostat AC kijang kapsul ya?
richngenerous
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: 13 Sep 2011, 12:26

Re: seputar ac n tips

Post by richngenerous »

mao nanya nih. apakah perawatan ac mobil = ac rumah?
karena selama ini ac mobil kalo udah kaga dingin baru di servis, dan itu baru terjadi setelah lebih dari 3 tahun.

kalo ac rumah engga di servis lebih dari 4 bulan aja sudah kaga dingin?

mohon pencerahaannya dengan sikon jakarta yg berdebu berapa lama sekali perlu servis ac. walaupun masih dingin.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

coba bantu jawab setau saya ya oom :mrgreen:
perawatan AC yg disarankan biasa nya berjarak 1-2 tahun, tergantung habit pemilik kendaraan dan medan yg sering dilalui. sebagai contoh, klo pemilik kurang menjaga kebersihan kabin, sering merokok didalam, sering buka kaca saat berkendara serta sering berkeliling didaerah yg banyak debu maka perawatan AC sebaik nya dijadwalkan 1 taun sekali, atau minimal 1,5 taun.
dan kalau sebalik nya, dimana habit pemilik sangat resik maka interval service bisa dilakukan lebih lama.
cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

mod dog... kalo misalnya ac nya skrg gpp.. tp ane servis2 gt... ntar malah jadi penyakitan ga yahh.. takut nya ntar malah jadi bocor alus dmana gt... atau ntar malah ngerembet ga karuan...

mobil ane yg livina, umur uda 3 taon... blom perna kotak katik ac nehh.. masi dingin2 aja soalnya.. ga ada bau2 aneh jg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: seputar ac n tips

Post by Gold Pocket »

DOHC wrote:mod dog... kalo misalnya ac nya skrg gpp.. tp ane servis2 gt... ntar malah jadi penyakitan ga yahh.. takut nya ntar malah jadi bocor alus dmana gt... atau ntar malah ngerembet ga karuan...

mobil ane yg livina, umur uda 3 taon... blom perna kotak katik ac nehh.. masi dingin2 aja soalnya.. ga ada bau2 aneh jg..

kalau masih baik2 saja buat apa diservice om?
AC saya aja 11 tahun baru service.
tapi memang benar kalau sering buka AC dan buka kaca saat berkendara, itu AC akan cuepet kotor.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

emang bisa dimengerti sih, pemikiran seperti oom DOCH "klo masih dingin ga ada apa2 ngapain di service?" serta kekhawatiran malah nanti nya akan terjadi kebocoran setelah koneksi2 dibuka....
well menurut saya sih itu termasuk resiko dalam service apapun, dimana bisa terjadi misal nya ada koneksi yg kurang rapet saat dilakukan perakitan ulang atau malah salah satu komponen ada yg jadi ga beres...........ga cuma di AC aja kok pemikiran seperti ini, ibarat nya klo kita bicara katakanlah power steering (ngambil contoh kasus oom nightster gay) yg sering luput juga dari perawatan2 walaupun hanya sekedar kuras oli saja, akhir nya toh kerugian yg kita alami malah lebih besar khan saat muncul kerusakan yg lebih parah? pemikiran saya sih gitu oom :ungg: lebih baik mencegah (baca:merawat) dari pada mengobati (baca:beli baru) :upss:

tinggal gimana kita pinter2nya cari info mengenai bengkel2 yg terbukti bisa dipercaya melalui teman dan kolega, maka saya rasa kekhawatiran "bakal terjadi apa2" bisa kita eliminir
just imho yah :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

*tambahan
klo dalam kasus oom gold pocket saya rasa itu merupakan kejadian satu diantara seribu, entah karena emang si oom hoki nya gede atau emang sekedar pure dapet unit kendaraan yg super badag..........bayangin aja selama 11 tahun kerjaan nya cuma isi bensin sama ganti oli mesin aja dan tidak mengalami kerusakan apapun :frm_salut: :frm_salut:
ga tiap hari bisa nemu kejadian begini :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

tp yahh mod dog.. musti siapin 5 lembar merah... rada mahal jg yahh... :mky_03: :mky_03: :mky_03: itu jg makanya yg bikin ane mikir2 dulu... mana ini si livina uda mulai jajan sana sini lg... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

doq wrote:*tambahan
klo dalam kasus oom gold pocket saya rasa itu merupakan kejadian satu diantara seribu, entah karena emang si oom hoki nya gede atau emang sekedar pure dapet unit kendaraan yg super badag..........bayangin aja selama 11 tahun kerjaan nya cuma isi bensin sama ganti oli mesin aja dan tidak mengalami kerusakan apapun :frm_salut: :frm_salut:
ga tiap hari bisa nemu kejadian begini :e-think:
yah liat km jg kayanya om... 114 rebu dalam 11 taon... pukul rata paling setaon cuman jalan 11an rebu... paling setaon cuman 2 kali ganti oli... masih agak mungkin sehh mnurut ane kalo masi banyak komponen (yg terlihat) blom rusak...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: 07 Jun 2007, 00:39
Location: Home sweet home

Re: seputar ac n tips

Post by Gold Pocket »

DOHC wrote:tp yahh mod dog.. musti siapin 5 lembar merah... rada mahal jg yahh... :mky_03: :mky_03: :mky_03: itu jg makanya yg bikin ane mikir2 dulu... mana ini si livina uda mulai jajan sana sini lg... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
kayanya selain 5 lembar uang merah, harus siap juga selembar uang biru om :D

wah. soal bongkar2, jadi takut juga mau ganti oli power steering. apa oli power steering ini ada jalur keluar khusus bisa dibuka tutup gitu kaya oli mesin?
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

ada kok oom, seingat saya selain botol pengisian cairan power steering yg berada di engine bay juga ada nipple pembuang oli di steering rack nya cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

ilhami wrote:
poeticmind wrote:
ilhami wrote:Kenapa ya, AC saya ini terlalu sebentar matinya. Untuk setelan terendah, tidak sampai 1 menit udah nyala lagi. Untuk setelan tertinggi nyalanya lama, dan matinya juga sebentar sekali. Apa ada yang salah dengan thermoswitch nya ?

mobilnya kijang kapsul.
wajar, kijang kapsul ruangan nya besar... kemungkinan ada udara yg bocor kedalam juga bisa, jadi temperatur suhu ruangan naik turun, tentu AC kan menjaga suhu ruangan agar selalu dalam derajat tertentu sesuai setelan.
coba dicek kalo2 ada udara luat yg bocor masuk ke ruang kabin, misal biasanya pada karet pintu, doortrim, firewall.

jika dirasa sudah terisolasi dengan baik, termostat ada baiknya di cek.. mungkin sudah lemah atau tidak terpasang dengan baik.
Sebenarnya masuk akal Om Poetic. Kijang ini mungkin sudah bocor peredamnya, karena suara mesin juga terdengar cukup keras.
Tapi berhubung saya gampang masuk angin, bisa nggak AC kijang ini disetel 25-28 Celcius ... :ngacir:

btw, dimana posisi thermostat AC kijang kapsul ya?
mudah kok... ganti saja karet2 pintu nya.. hehe
posisi termostat ada di cabin, dalam dash. level 123 dst itu yg mengatur termostat.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

richngenerous wrote:mao nanya nih. apakah perawatan ac mobil = ac rumah?
karena selama ini ac mobil kalo udah kaga dingin baru di servis, dan itu baru terjadi setelah lebih dari 3 tahun.

kalo ac rumah engga di servis lebih dari 4 bulan aja sudah kaga dingin?

mohon pencerahaannya dengan sikon jakarta yg berdebu berapa lama sekali perlu servis ac. walaupun masih dingin.
AC mobil tidak butuh perawatan... karena meski sama dgn AC rumah, AC di mobil di design tidak ada perawatan sama sekali. yg menjadi masalah adalah menjaga bagaimana pemakaian nya, misal memasang AC dengan membuka jendela contohnya...ini kebiasaan buruk karena kompresor akan bekerja lebih berat...
AC mobil akan butuh perawatan jika dirasa sudah kurang dingin atau angin nya tidak segar (bau). kondisi ini tidak ada masa nya, bisa saja mobil brand new pabrikan baru 6bulan sudah tidak dingin, atau yg sudah 6tahun malah tidak ada masalah.

kalo tukang AC ngomong 1tahun sekali perawatan, ya wajar... namanya dagang.
coba cek manual book pabrikan, disana ada pengecekan AC kira2 kapan..setiap jenis mobil berbeda masa perawatan/pengecekan.
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

kamsud nya ane tukang AC gitu? :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

doq wrote:kamsud nya ane tukang AC gitu? :big_slap:
ane kan ga bilang ente, guk! ane kan sayang ama ente! :cupss:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

hoo ternyata gt tohh om pcm... slama masi ok gpp lah yahh ane kaga kutak katik tuh ac... :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: seputar ac n tips

Post by Hansen »

DOHC wrote:hoo ternyata gt tohh om pcm... slama masi ok gpp lah yahh ane kaga kutak katik tuh ac... :upss: :upss: :upss:
kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.

kalo nggak ada filter maka semua "sampah2" di udara kesedot semua ke dalam blower & evap, di km segitu udah bisa dipastikan sangat kotor chiong :mky_03:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

itu salah satu kekonyolan pabrikan... ga dikasih filter... semprul.
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: seputar ac n tips

Post by ak4ng »

broo.... kl magnetic clutch AC tu apa si?? fungsinya buat apa???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: 30 Sep 2010, 23:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: seputar ac n tips

Post by Nightster Guy »

Hansen wrote:kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.

- CUT -
Yup, Sijuki juga gak dikasi filter. Ama tukang AC langganan lalu diinstall aftermarketnya, harga 160an K, rada lupa. Oya, Cudo merk AC OEM nya ternyata rada langka dan merk lama, Seiko Seiki. Baru ketauan saat mo nyerpis AC di diler Denso, ditolak ama mereka dan dikasi tau bahwa merknya SS ini.
Das Beste oder nichts.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

servis ss jangan ke dealer AC, lebih baik ke bengkel AC general aja... kalo dealer ac macam denso emang dikenal dealer SUPER MALAS...ga mau susah.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: seputar ac n tips

Post by poeticmind »

ak4ng wrote:broo.... kl magnetic clutch AC tu apa si?? fungsinya buat apa???
itu magnet yg ada di kompressor... buat otomatis on/off ac.

kang, jangan nanya yg susah2 lah... hoream ngajawabna, anjrit.. :mky_06:
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: seputar ac n tips

Post by ak4ng »

poeticmind wrote:
ak4ng wrote:broo.... kl magnetic clutch AC tu apa si?? fungsinya buat apa???
itu magnet yg ada di kompressor... buat otomatis on/off ac.

kang, jangan nanya yg susah2 lah... hoream ngajawabna, anjrit.. :mky_06:
on / off electrik fannya bkn si??? di sebelah mn nya?? harus bongkar ga??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26893
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

Hansen wrote:
DOHC wrote:hoo ternyata gt tohh om pcm... slama masi ok gpp lah yahh ane kaga kutak katik tuh ac... :upss: :upss: :upss:
kalo untuk lipina ente cukup cuci evap & blower aja chiong, lalu setelah itu ente install cabin filter soalnya setau ane standardnya nggak dikasih filter.

kalo nggak ada filter maka semua "sampah2" di udara kesedot semua ke dalam blower & evap, di km segitu udah bisa dipastikan sangat kotor chiong :mky_03:
ntuh dryer, freon, oli kompressor kaga perlu ane kutak katik siong ??....

hembusan angin sehh masi blom bau... dan masi lumayan adem lahh... makanya ane masi blom mau kutak katik dulu... scara ini lipina masi banyak penyakit2 laen nya yg musti ane urusin... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post