Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge
(Foto dari posting om Suryaputra)
Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal
Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km
Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km
HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)
So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul
HSS Stiction Elim
https://tokopedia.link/RUujZ0PB6Ib
(Foto dari posting om Suryaputra)
Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal
Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km
Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km
HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)
So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul
HSS Stiction Elim
https://tokopedia.link/RUujZ0PB6Ib
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Varnish bisa terbentuk akibat oli yang teroksidasi yg diakibatkan oleh suhu coolant yg sangat tinggi
Maka bisa dipertimbangkan juga utk pasang extra fan di depan kondensor AC / Radiator
Maka bisa dipertimbangkan juga utk pasang extra fan di depan kondensor AC / Radiator
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Hotshot produknya bagus2 sih
Skarang lg pake EDT di combine sama diesel extreme (yg bisa semi purging)
So far so good. Tuang ke truk 2kd bbm full biosolar
Ntar rencana mau coba yg lx4 sama friction clean apa tuh. Tunggu pada abis dulu baru belanja lg
Skarang lg pake EDT di combine sama diesel extreme (yg bisa semi purging)
So far so good. Tuang ke truk 2kd bbm full biosolar
Ntar rencana mau coba yg lx4 sama friction clean apa tuh. Tunggu pada abis dulu baru belanja lg
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Bisa coba omTurboman wrote: ↑Mon Apr 29, 2024 6:23 Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge
(Foto dari posting om Suryaputra)
Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal
Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km
Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km
HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)
So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul
HSS Stiction Elim
https://tokopedia.link/RUujZ0PB6Ib
Aditxman wrote:
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
kalo suhu coolant lumayan tinggi gini mestinya bisa mainin di sensor extra fan & fine tune bukaan termostat kl ya?azu wrote: ↑Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
dulu jaman maen peugeot biasa montirnya pada mainin pake resistor
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27188
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindutazu wrote: ↑Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Iyaa mbahDOHC wrote: ↑Mon Apr 29, 2024 9:23kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindutazu wrote: ↑Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya
untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.
di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
biasanya coolant temp mesin bensin 90 - 95C
cc imut
Brio
Mobilio
Xpander
Segituan.
Varnish krn pk oli beres dan dihajar long drain itu sih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
OOT mbah itu HSS nya bisa buat dituang ke oli motor kopling basah ga?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
kalo ke motor tanpa kopling basah / Skutik pasti bisa
Kalo ke motor kopling basah ya harus di - test dulu
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 783
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Varnish bisa dicegah dengan mengganti oli lebih sering. Ganti 5000 km - 7000 km lebih aman daripada tunggu sludge muncul.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Sekedar opini pribadi.iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Kalo menurut sayaiwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
penjelasannya masuk akal om...Suryaputra wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 6:43Sekedar opini pribadi.iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11261
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Better ganti baru ajaMSU wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:15penjelasannya masuk akal om...Suryaputra wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 6:43Sekedar opini pribadi.iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
sama ini cocok https://www.tokopedia.com/rotiku/air-ra ... o-261475-0
+ beli yg 1 liter nya
Biasanya toyota pk pink.
warna biru jg ada.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solarsahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...MSU wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:15penjelasannya masuk akal om...Suryaputra wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 6:43Sekedar opini pribadi.iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...Chr1stm1 wrote: ↑Wed May 01, 2024 6:48Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...MSU wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:15penjelasannya masuk akal om...Suryaputra wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 6:43
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer
1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"
Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.
2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja OmMSU wrote: ↑Wed May 01, 2024 10:37Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Noted om..avanza sy belom 4000km..pas baru pake ni mobil rada ga enak kalo jalan pelan <20km..kayak kadang ngerem sendiri ga ngeloyor kayak matik non cvt (browsing2 mungkin istilahnya jerking ya)..tp ga ada noise atau jeduk pas geser tuas...Chr1stm1 wrote: ↑Wed May 01, 2024 11:54Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja Om
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
Sambil belajar2 sy iseng nambahin kabel ground ke ecu, TB & apron kiri, plus lepas corong udara ke grill..ya lumayanlah gejala ndut2an lebih jarang muncul
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Another nice thread dari om @turboman
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
Menurut pendapat ane om,iwing wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya
1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??
2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian
terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.Turboman wrote: ↑Wed May 01, 2024 3:491. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solarsahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Lebih ngakak yang mentega campur pertalite sih.RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 3:03Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.Turboman wrote: ↑Wed May 01, 2024 3:491. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solarsahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2RezPrat wrote: ↑Thu May 02, 2024 3:03Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng.Turboman wrote: ↑Wed May 01, 2024 3:491. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solarsahabatq8 wrote: ↑Tue Apr 30, 2024 8:06
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar
wkwkwkwkkwkwkwk