Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Turboman »

Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge

Image
(Foto dari posting om Suryaputra)

Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal

Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km

Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km

HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)

So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul

HSS Stiction Elim

https://tokopedia.link/RUujZ0PB6Ib
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Turboman »

Varnish bisa terbentuk akibat oli yang teroksidasi yg diakibatkan oleh suhu coolant yg sangat tinggi

Maka bisa dipertimbangkan juga utk pasang extra fan di depan kondensor AC / Radiator
* Bukan ajakan Beli *
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2797
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by KielConstantine »

Hotshot produknya bagus2 sih

Skarang lg pake EDT di combine sama diesel extreme (yg bisa semi purging)

So far so good. Tuang ke truk 2kd bbm full biosolar

Ntar rencana mau coba yg lx4 sama friction clean apa tuh. Tunggu pada abis dulu baru belanja lg
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Mon Apr 29, 2024 6:23 Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge

Image
(Foto dari posting om Suryaputra)

Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal

Next ganti oli, si oli baru campur aja HSS Stiction Eliminator dan pakai 5000 km

Si Stiction Eliminator akan bekerja membersihkan Varnish / sludge selama dipakai 5000 km

HSS Stict Elim juga tidak mengandung Kerosene / Solar (MSDS ada di web nya si HSS)

So, utk budget user skg tidak wajib lagi pakai oli yg sgt mahal, bisa pakai oli kelas ekonomis dan tiap 30.000 - 50.000 km sekali (atau saat mulai muncul Varnish) masukkin HSS Stiction Eliminator utk membersihkan bibit Varnish yg mulai muncul

HSS Stiction Elim

https://tokopedia.link/RUujZ0PB6Ib
Bisa coba om
Aditxman wrote:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 945
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by azu »

kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya :mky_01:


untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.

di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by MSU »

azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya :mky_01:


untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.

di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kalo suhu coolant lumayan tinggi gini mestinya bisa mainin di sensor extra fan & fine tune bukaan termostat kl ya?
dulu jaman maen peugeot biasa montirnya pada mainin pake resistor
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by DOHC »

azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya :mky_01:


untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.

di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindut

curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Apr 29, 2024 9:23
azu wrote: Mon Apr 29, 2024 8:07 kalau dikombinasikan dengan Oli Diesel di mesin bensin bisa ga om? siapa tahu bisa lebih efektif kerjanya :mky_01:


untuk mesin 1NZ-FE yg kebanyakan ada Varnish atau bahkan sludge, kalo saya perhatiin salah satunya disebabkan suhu Coolant yg lumayan tinggi 92-96C padahal kondisi radiator baru dan coolant baru juga.

di mesin 3ZR-FAE yg sampe Km100rb masih keliatan bersih di lubang pengisian oli, kalo saya perhatiin suhu coolantnya saat beroperasi hanya di 86-87C aja jadi mungkin kemungkinan untuk timbul varnishnya lebih rendah.
kl di 1NZ saya, pas colok OBD jg suhu kerja maen nya di 88 -92 derajat om, masi jauh dibawah hrv atau apalagi si mahadewa super lipindut

curiga ai sehh lebi ke arah long drain yah, apalagi kl aliran ikutin ceban km ala beres
Iyaa mbah
biasanya coolant temp mesin bensin 90 - 95C
cc imut

Brio
Mobilio
Xpander

Segituan.

Varnish krn pk oli beres dan dihajar long drain itu sih :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by daimler »

OOT mbah itu HSS nya bisa buat dituang ke oli motor kopling basah ga?
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Turboman »

daimler wrote: Tue Apr 30, 2024 1:44 OOT mbah itu HSS nya bisa buat dituang ke oli motor kopling basah ga?
kalo ke motor tanpa kopling basah / Skutik pasti bisa

Kalo ke motor kopling basah ya harus di - test dulu
* Bukan ajakan Beli *
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by silentIm2 »

Varnish bisa dicegah dengan mengganti oli lebih sering. Ganti 5000 km - 7000 km lebih aman daripada tunggu sludge muncul.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by iwing »

sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Suryaputra »

iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer

1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"

Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.

2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2209
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by sahabatq8 »

iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Tue Apr 30, 2024 6:43
iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer

1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"

Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.

2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11261
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Tue Apr 30, 2024 8:15
Suryaputra wrote: Tue Apr 30, 2024 6:43
iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer

1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"

Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.

2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Better ganti baru aja
sama ini cocok https://www.tokopedia.com/rotiku/air-ra ... o-261475-0
+ beli yg 1 liter nya

Biasanya toyota pk pink.
warna biru jg ada.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Tue Apr 30, 2024 8:06

Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar

Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar

wkwkwkwkkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: Tue Apr 30, 2024 8:15
Suryaputra wrote: Tue Apr 30, 2024 6:43
iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Sekedar opini pribadi.
*disclaimer

1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"

Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.

2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: Wed May 01, 2024 6:48
MSU wrote: Tue Apr 30, 2024 8:15
Suryaputra wrote: Tue Apr 30, 2024 6:43

Sekedar opini pribadi.
*disclaimer

1. ganti filter olinya lbh sering dan jgn sampai 5rb km atuh, namanya jg lg "pengobatan"

Namanya minum obat, spt manusia butuh asupan cairan lbh banyak / frekuensi sering.
Di mobil ya frekuensi ganti olinya dinaikin.

2. yup make sense.
70/30 idealnya untuk iklim tropis.
Denso SLCC formulanya spt itu buat tropis
& Denso kan emg expert di cooling system iklim tropis.
penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Chr1stm1 »

MSU wrote: Wed May 01, 2024 10:37
Chr1stm1 wrote: Wed May 01, 2024 6:48
MSU wrote: Tue Apr 30, 2024 8:15

penjelasannya masuk akal om...
sy cek utk avanza di buku tulis super long life coolant berarti 50/50 ya
cek2 kapasitas coolant-nya 4.5L
mau saya jadikan 30/70 aja, berarti sy buang sekitar 900ml ditukar ama air aki biru aja kali ya?
Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja Om
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by MSU »

Chr1stm1 wrote: Wed May 01, 2024 11:54
MSU wrote: Wed May 01, 2024 10:37
Chr1stm1 wrote: Wed May 01, 2024 6:48

Buang sekitar 1 liter, trus masukan air demineral spt amidis om, saya spt itu di All New Rush sejak thn 2019 sd 2023 aman gak ada korosi , baru akhir 2023 saya kuras ganti ke manol g12+ yg pink...cairan coolant lamanya pas keluar masih pink terang...
Iya sy mau coba om...apalagi avanza cvt...kalo menurut suhu2 di SM kan sensi ke panas mesin...
Kalo generasi avanza cvt, mau signifikan oli cvtnya ganti aja Om
Fyi AN Veloz saya tap oli cvtnya di km 12rban, pakai Q8 CVT Evo..saya ukur keluar ya 2,2 literan, saya masukin 2,3 liter..itu ngaruh seh, berasa dengung di speed rendah sedikit berkurang dan jeduk ringan kalo tuas geser dari D ke N juga jadi halus...
Tadinya mau saya ganti oli CVTnya di Bquick, cuma hanya tersedia shell s5 cvt dan repsol automator cvt, koq ga yakin2 amat saya sama 2 tipe oli cvt itu, hehe
Noted om..avanza sy belom 4000km..pas baru pake ni mobil rada ga enak kalo jalan pelan <20km..kayak kadang ngerem sendiri ga ngeloyor kayak matik non cvt (browsing2 mungkin istilahnya jerking ya)..tp ga ada noise atau jeduk pas geser tuas...
Sambil belajar2 sy iseng nambahin kabel ground ke ecu, TB & apron kiri, plus lepas corong udara ke grill..ya lumayanlah gejala ndut2an lebih jarang muncul
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by RezPrat »

Another nice thread dari om @turboman
iwing wrote: Tue Apr 30, 2024 5:52 sek sek bentar, mau tanya

1. klo udah muncul sludge trus tuang produk itu dan dipakai 5 ribu km, apakah aman..?? maksudnya sludge tersebut apakah gak potensi menyumbat filter oli..??

2. suhu coolant yang tinggi ini, apakah bisa karena pakai coolant yang 50/50 (biasanya bawaan pabrikan)..?? karena info yang beredar, semakin tinggi konsentrasi (glycol), semakin lama sistem pendingin (radiator, selang dll) melepas panas. artinya panas ini akan 'tertahan' di saluran sistem pendingin (radiator dan pipa/selang) terutama jika mesin kondisi berhenti setelah pemakaian

terkait dengan no 2, hal ini diceritakan oleh customer saya yang mengganti cairan radiatornya. alasan nya karena jika pakai sesuai bawaan pabrikan, panas radiator terasa lama untuk dingin nya. perlu waktu lebih untuk menunggu 'dingin'
Menurut pendapat ane om,
1. Klo udah terbukti ada sludge baiknya pake engine flush, sebab engine flush bakal melarutkan sludge (jadi encer) sehingga menyatu d oli bekas dan d buang. Buat produk bisa pake PTT engine flush (sebagai oli) atau product engine flush nya BG (ini keren sih).
Klo cuma varnish dong gak perlu2 amat engine flush. (Hati2 pake engine flush buat mobil dah d atas 10th, dan belum ganti seal2, bisa rembes, kalo mau pake engine flush cari yg lunak non kerosene, macam PTT engine flush atau BG, mungkin yg lain ada jg)
2. Gak gitu ngefek ah ganti 50:50 atau 70:30, klo mau beneran ngefek ganti thermostat buat buka d suhu lebih rendah, atau tambah extra fan (macam mobil Honda yg lemah fan nya)
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by RezPrat »

Turboman wrote: Wed May 01, 2024 3:49
sahabatq8 wrote: Tue Apr 30, 2024 8:06

Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar

Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar

wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng. :big_weee:
Haiqalesha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by Haiqalesha »

RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 3:03
Turboman wrote: Wed May 01, 2024 3:49
sahabatq8 wrote: Tue Apr 30, 2024 8:06

Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar

Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar

wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng. :big_weee:
Lebih ngakak yang mentega campur pertalite sih.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Buat user mesin yg suka muncul Varnish / Sludge (Solusi ekonomis tanpa hrs pake oli mahal)

Post by t105erd »

RezPrat wrote: Thu May 02, 2024 3:03
Turboman wrote: Wed May 01, 2024 3:49
sahabatq8 wrote: Tue Apr 30, 2024 8:06

Kalo menurut saya
1. Logikanta Semakin keras obatnya, semakin cepet rontok/bersih, tapi resiko semakin tinggi.
Ato secara perlahan tapi kalo udah sludge ya don't expect too much.
2. Buat mobil jepang biasa 33% sih recommendnya. Kalo eropa bawaannya 50-50 tapi untuk iklim tropis lebih cocok 33%. Kalo coolant long life jangan sampe persentase dibawah recommended karena ngefek ke anti-corosi coolantnya. Beberapa mobil sebenernya kalo cooling sistem sehat pake 50-50 juga gak masalah, akan kurang lebih ngikutin suhu bukaan thermostat.
1. kalo yg obat keras = Engine flush yg berbasis Kerosene / Solar

Bahkan ada yg cara extreme = masukkin oli campur DEX utk bilas, idle sebentar

wkwkwkwkkwkwkwk
Jangan lupa juga Bimoli 1 liter. Asap bau bawang goreng. :big_weee:
Bimoli minyak goreng di tuang ke mesin? biasanya kan di tuang ke tangki mobil diesel tuh kaya yang di video2