the last 14 days...

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Hari Senin tgl 13 April Suzuki XL_7 SWT masuk bengkel untuk perbaikan bushing arm depan, bushing di power steering dan seal di crankshaft. Karena suspensi dan power steering turun.. sekalian saja saya minta ganti minyak power steering dan minyak rem.
Dan karena radiator harus turun untuk mengganti seal di crankshaft, slang-2 minta diperiksa/ganti dan fanbelt juga ganti.
Semua berjalan lancar waktu membukanya... hehheee... waktu pasangnya ... nah ini dia ceritanya :
1. Sebetulnya saya sudah tanya harga ke Calmini.. dan dijawab USD24 (+ USD 6 and 3/4 days for delivery) untuk front set jadi 8 pieces.. tetapi karena saya pikir belum / tidak rusak.. bulan Juli '08 lalu saya tidak pesan.
Setelah diturunkan semua, dilihat ternyata sudah parah.. dan hanya satu yang rusak. Kemudian bushing dibuat di Lendeteves... dengan ukuran yang sama... setelah memerlukan waktu 2 hari eh ternyata Produk pertama gagal.. dipasang langsung pecah. Pesan lagi dengan kualitas yang berbeda...yang sekarang digunakan tetapi diganti 4 pieces sebelah kiri saja.
Semua beres... kemudian mobil di spooring... Waktu selesai ..klakson tidak bunyi dan lampu airbag menyala.... Karena bengkel suspensi bukan Suzuki... masalah seperti ini,jadinya dibawa ke Suzuki Dewi Sartika.. hasil diagnosa menunjukkan bahwa combination switch yang di steering column perlu diganti... (itu lho.. unit yang ada klakson, tuas lampu,wiper, turn signal).

2. Masalah berikutnya... suku cadang tidak ada di Suzuki Dewi Sartika... semua mencari..saya juga telpon kenalan di Tambun.
Untung di Tambun ada stock. Tetapi karena prosesnya harus melalui depot suku cadang.. jadi memakan waktu 3-4 hari. Suku cadang baru diantar ke Suzuki Dewi Sartika pada hari Jum'at 24 April siang... sebetulnya mobil diminta menginap.. tetapi tidak mungkin lah.. akhirnya langsung dipasang dan ternyata hanya memerlukan waktu 1 - 1.5 jam.
Sabtu pagi.. mobil kembali di spooring karena steernya baru dicopot. Sabtu siang selesai semua.. mobil saya bawa pulang.

3. Masalah terakhir... dari Jatinegara Timur menuju Depok... biasanya saya melalui jalan Tol... tetapi karena ingin lewat Tebet.. jadinya ya lewat Tebet... Sampai di Pancoran.. lampu merah... para pengendara sepeda motor.. memberi tahu kalau air radiator bocor....sampai ada ibu-2 yang duduk di mobil sebelah belakang juga memberi tahu... .. Waktu lampu hijau menyala, saya langsung menepi dan perlahan-lahan mencari tempat parkir yang lega.. dapat di depan Circle K dan BimBel Santo Lukas. Saya periksa dan ternyata slang radiator sebelah bawah lepas dari radiatornya... jadi air bukan hanya merembes atau muncrat tetapi tumpah heheeeee... saya telpon montirnya dan akhirnya semua diatasi...

Jadi begitulah the last 14 days were not really my days....

Untuk beberapa urusan di dalam kota saya naik Taksi (gak bisa naik KRL)... dan hari Jum'at kemarin saya naik Taksi Nissan (GAMYA).. wah ternyata lega dan dalamnya buagus sangat bagus untuk taksi reguler dengan tarif bawah. Meskipun sudah berjalan 3 tahun tetapi belum ada bagian yang rusak... Ngobrol sama supirnya.. banyak ibu-2 kantoran yang rumahnya agak jauh selalu pesan untuk antar jemput karena memang nyaman... menurut mereka Taksi VIOS terlalu kecil, gak bisa bernafas.
Supirnya cerita.. bahwa sudah ada peremajaan.. dan yang lama akan segera dilelang.... yang mengantri banyak sekali.. banyak saudara-2 supir yang sudah booking.... hehheeeeee...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

@poeticmind : terima kasih untuk sarannya.. meng sms teman smers... i will do that...
Dari Solo ke Oslo
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

Waaah....lega deh akhirnya beres juga XL7 nya, sori yah pak saya sebelum-nya ga tau permasalahan di mobil bpk, kalo dulu sy tau mungkin sy bisa bantu dalam pengadaan sparepart dgn cepat,,
Btw selamat deh pak LJP udah bisa mesra2an lagi sama XL7-nya...... :e-dance:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

mandala1 wrote:Waaah....lega deh akhirnya beres juga XL7 nya, sori yah pak saya sebelum-nya ga tau permasalahan di mobil bpk, kalo dulu sy tau mungkin sy bisa bantu dalam pengadaan sparepart dgn cepat,,
Btw selamat deh pak LJP udah bisa mesra2an lagi sama XL7-nya...... :e-dance:
oh ya.. ada tambahan penggantian tie-rod end... kanan-kiiri

lho pak mandala1 bergerak di bidang pengadaan suku cadang..??? khusus Suzuki atau yang lain...???
Dari Solo ke Oslo
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

Iya pak, tapi campur..... Utamanya sih untuk mobil besar spt truk/fuso,
tapi mobil2 pribadi spt suzuki, toyota atau mitsubishi juga ada,
Mungkin next time sy bisa bantu dikit2 deh kalo bpk lagi kesulitan mendapatkan barang,, :frm_tumbleft:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: the last 14 days...

Post by nescafe »

wew.. that's really the last 14 days... :e-doh:

tp good to know lah klo xl-7nya back in a fit condition... jd bisa saya ke bandung lg pak.. :mrgreen:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

^^ ehem....maksudnya mao nyupirin atau mao nebeng nehhh....... :upss:

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :ngacir: :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: the last 14 days...

Post by nescafe »

mandala1 wrote:^^ ehem....maksudnya mao nyupirin atau mao nebeng nehhh....... :upss:

,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, :ngacir: :ngacir:
.

saya baeneran mau nyupirin koq pak.. :ungg:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
naldo

Re: the last 14 days...

Post by naldo »

Gila om uwo, ganti partsnya banyak banget? Abisin berapa tuh om? Kenapa ga ganti mobil lain aja? hehehe... Dah keluar lho GV 2.4 hehehehe
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: the last 14 days...

Post by asudarsono »

Sebel juga ya ketemu bengkel yg kayak gitu. Masak iya sih, dari power steering jadi kena segala macam. Aku setuju sama bung Naldo, ganti aja tuh mobil karena toh bushing yang anda bikin sendiri tidak akan tahan lama.

Ini namanya anda ditipu habis.

Notes :
1. Kalau lagi iseng tuh combi switch yg lama dites, apa bener rusak apa nggak sih? Yg lama dibawa pulang khan? Aku mau danai deh, soalnya penasaran.
2. Akhir2 ini aku perhatikan bushing dan bearing Suzuki suka nggak ready stock. Kenapa ya?
3. Klakson mati bukannya karena kesenggol waktu turun radiator?
4. Lampu airbag apa nggak bisa mati dgn reset ECU aja daripada ganti parts gitu?
Ready to Race
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: the last 14 days...

Post by esh »

Sepertinya saya setuju dengan saran om naldo juga :big_peace:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: the last 14 days...

Post by ZombiEE »

ati2 pak uwo...kompor mledug..hehehe.....
oiya...smoga lancar2 seterus nya yah:)
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Terima kasih kepada rekan-2 yang telah memberi komentar.. :

Kalau diamati secara keseluruhan masalahnya :
- bushing yang perlu diganti sebetulnya hanya satu sisi (kiri) dan bagian lengan sebelah depan.
tetapi karena bawaan Calmini.. menggunakan Polyurethane.. jadinya dibikin lah pakai PU juga.. padahal saya sudah bilang.. pakai karet biasa juga tidak apa-2..
- fanbelt.. memang harus ganti, seal crankshaft..diganti karena sudah rembes, bushing di power steering shaft memang sudah oblag.
- slang radiator bawah harus ganti.. sudah ada yang menonjol (bunting 3 bulan hehee)
- tie rod end hanya satu yang rusak (karet sudah pecah) dan gemuknya sudah mengering. Tapi ganti dua-2 sekalian lah...
- yang saya ragu memang combination switch itu.. bayangan saya juga hanya mereset Body Control Module... tetapi kepala bengkel Suzuki Dewi Sartika (SDS) yakin sekali .. dan kenyataannya sekarang semua sudah lancar...
beli suku cadang bukan di SDS..jadi tidak ada unsur paksaan harus beli melalui mereka.

GV 2.4... engga lah.. masih bisa tahan godaan.... mobil ini masih nikmat... wheelbase nya panjang... heheeeee/..
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Ternyata masalah belum selesai juga.....(tepat 1 bulan setelah mobil keluar dari bengkel), hari Selasa tgl. 26 Mei kemarin selang radiator nya lepas lagi.. . Pada saat kejadian pertama, montir nya sudah menambahkan klem yang menggunakan ulir. Jadi ada dua klem. Tetapi kenyataannya masih bisa lepas.
Hari Kamis tgl. 28 Mei, mobil saya bawa ke bengkel untuk diperiksa.. saluran air pendingin, thermostat dan klem nya lagi... dan ganti Oli. Mau ganti thermostat.. bengkel tidak ada stock.. harus memesan dari Pulo Gadung. Montir menawarkan untuk dilepas dengan alasan... suhu air di radiator akan sama terus dengan suhu air di mesin.. jadi mesin tidak kaget pada waktu air dingin masuk dan tidak akan terjadi over heating. Tetapi saya masih belum yakin... takut ada efek lain... Akhirnya dipasang yang lama setelah dipastikan masih bekerja dengan baik.

Satu kejadian lagi...hari Jum'at 29/05 kemarin di terowongan Pasar Minggu... mobil-2 di depan saya berhenti mendadak... dan tentunya saya juga berhenti.. tetapi Sepeda Motor dibelakang saya .. terlambat .. sehingga menabrak mobil saya... Mungkin karena dia tidak apa-2... jadi ya dia jalan terus...tanpa minta maaf.. atau apalah...
Di tempat yang agak lega.. saya berhenti... untuk melihat-2 dampak dari tertabraknya bagian belakang. Dan ternyata kenalpot mobil lepas dari karet gelangnya, lampu mundur posisi berubah (tidak pecah).
Yang saya heran.. kenapa orang senang melakukan "tailgating" ya... padahal itu khan berbahaya sekali..
Dari Solo ke Oslo
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

^^ waduh,, kenapa jadi gini pak??.... :e-doh:
Tapi 'untungnya' cuma knalpot lepas n 'untung' lampu stop ga pecah... :)
Btw yg masalah termostat memang lebih baik TETAP DIPASANG, JANGAN pernah DILEPAS,, trutama di mobil2 yg sudah berteknologi seperti XL_7,, :off_good_job:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: the last 14 days...

Post by maskopat »

mandala1 wrote:^^ waduh,, kenapa jadi gini pak??.... :e-doh:
Tapi 'untungnya' cuma knalpot lepas n 'untung' lampu stop ga pecah... :)
Btw yg masalah termostat memang lebih baik TETAP DIPASANG, JANGAN pernah DILEPAS,, trutama di mobil2 yg sudah berteknologi seperti XL_7,, :off_good_job:
hm.. kenapa kalo di mobil berteknologi termostat tetap dipasang? kalo di mobil tua kayak punya ane kagak masalah di copot?
soalnya udah lama termostat di SL ane gak dipasang.. dampaknya tempratur mesin cool terus :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

Iya pak maskopat, kalo di mobil2 sebelum EFi mungkin ga terlalu bermasalah karena sistem kerja pendinginnya masih tradisional seperti juga pada mesin2 kijang code 3K/4K/5K,,walaupun sebenarnya salah.... melepas termostat adalah kebiasaan buruk para montir amatiran yg malas berpikir dalam mengatasi masalah sistem pendingin di mesin mobil!!!
Penjelasannya mungkin begini :
Mesin bekerja pada suhu yang optimal (sekitar 93 derajat Celcius). Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah maka akan mengakibatkan : komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.
Sempurnanya pembakaran selain dikarenakan suhu yang tepat, tak lepas juga dari campuran bensin dan udara yang tepat.
Melepas termostat adalah tindakan yang salah, karena mesin akan lama mencapai suhu kerja, bahkan tidak akan pernah mencapai suhu ideal, sehingga suhu mesinpun menjadi tidak stabil.
Apalagi pada mobil2 sekarang sudah hampir semua menggunakan sistem fan cooling otomatis yg cara kerjanya mengandalkan cut off switch,, jadi alangkah baik-nya jika ada masalah di sistem pendingin dicari penyebab-nya, jgn langsung mengambil langkah 'gampang' dgn melepas termostat,, cmiiw .... :big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: the last 14 days...

Post by maskopat »

idealnya berapa lama termostat ini diganti? soalnya kalo rusak, dampaknya parah euy.. mobil temen ane sampe overheat... untung cepet ketahuan.

hm.. penjelasan yang logis ya.. jadi pengen pasang termostat di SL ane nih..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

Sebetulnya ga ada jangka waktu ideal penggantian pada termostat, ya indikatornya kalo udah ada gejala temperatur ga beres, ya sebaiknya diperiksa secara seksama dan bila ternyata dah rusak yah baru di lem biru..... :upss:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Penasaran lihat lampu mundur nya gak bisa lurus.. akhirnya saya buka semua... ternyata casingnya pecah.. meskipun kacanya tidak pecah... terpaksa lah.. main power glue... sekarang.. sudah kelihatan lebih rapih ..
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

28 Mei masuk ke Be Res..
13 Juni.. ke bengkel langganan... periksa posisi slang dan kondisi air ... semua masih baik.
Suhu air juga normal... masih dalam rentang suhu kerja mesin...
Klem diganti yang dari kawat dengan pengencangnya menggunakan baut...
Kita tunggu observasi berikut...
Dari Solo ke Oslo
Image
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: the last 14 days...

Post by mandala1 »

Semoga.......masalah terselesaikan pak........ :e-pray:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Hari Minggu kemarin..saya periksa... dan ternyata selang masih bergeser sepanjang 0,5 cm.
Tadi sore,,, ganti selang lagi dan ganti klem. Bagian suku cadang di Suzuki Pulo Gadung sempat heran... kok beli selang lagi... dikiranya ada dua XL_7 mengalami hal yang sama. heheeee..
Sekarang observasi : thermostat, selang baru dan klem ganda (model kawat dengan baut dan model ulir)..
start dari awal lagi...
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: the last 14 days...

Post by €lj€p€ »

Urusan selang sudah selesai :
1. Ganti thermostat.. meskipun belum tentu masalah disini... tapi Kepala Bengkel Pulo Gadung menyarankan untuk ganti.
2. Ganti klem yang pakai baut.. jadi bukan seperti klip
3. Ganti selang..
4. Tidak menggunakan lem..

Nah pada waktu ngolong untuk masalah selang,,, iseng-2 lihat bushing yang baru diganti... ternyata sudah mulai sobek juga....
Beberapa minggu kemudian.. ganti bushing.. sekarang semuanya kanan-kiri tetapi pakai asli dari Calmini... warna biru.... Tetapi, setelah itu masih ada suara "kreot-2" suara gesekan antar besi .dan kalau belok kiri ada suara "krek-2" seperti ada suara yang ditarik dan terasa ada yang bergeser (pindah tempat).
Penasaran.... hari Senin 20 Juli, semua bengkel tutup kecuali Speeditos4WD alias bengkelnya mas Dito4x4. Disitu, bagian bawah per kiong nya di beri selang plastik. Pada saat itu, suara ("kreot-2") berkurang, tetapi masalah lain seperti yang disebut di atas.. masih ada... Hari Sabtu tgl 25 Juli kemarin.. ke bengkel teman di Duren Sawit... sebetulnya sih dia ahli ngurut kabel dan mesin diesel... tapi disini ternyata dia ahli ngurut suara juga.... mobil di-goyang2, dianya ngolong.. mendengarkan suara dan mencari sumbernya.. akhirnya ditemukanlah sumber suara tersebut.... yaitu ball joint. Sayangnya pada saat itu saya tidak membawa persediaan ball jointnya..(ada di Depok). Terpaksa saya ambil dulu. Waktu kembali ke Duren Sawit.. sudah banyak yang ngantri untuk diperbaiki... jadi batal deh... Tadi siang.. kabur dari kampus jam 12:30.. langsung ke bengkel Jatinegara (bengkel yang memasang dan memperbaiki sejak awal).. kebetulan sekali .. kosong.. jadi mobil bisa langsung dikerjakan... karena orangnya banyak.. jadi tidak sampai satu jam.. semua sudah beres....
Sebenarnya kalau dihitung sejak 14 April yll .. ya baru sekarang... 27 Juli.. semua masalah betul-2 tuntas...

Karena semua masalah ada disebelah kiri, kemungkinan terjadi sebagai berikut.. Bushing arm kiri sisi depan agak terjepit.. setelah 5 tahun mulai kalah. Sebenarnya sudah terlihat beberapa bulan yll, tetapi tidak segera diperbaiki.... hal ini menyebabkan, ball joint ikut terganggu. Waktu bushing diganti dengan yang lokal,,, sisi tepinya bukan hanya sobek tetapi lepas.. jadi membuat ball joint makin parah..
Sayangnya pada waktu ganti bushing dengan yang asli Calmini, ball joint tidak diperiksa.. terpaksa kerja dua kali.

Semoga pengalaman ini bermanfaat.. kalau mau mengganti sesuatu... kanan-kirinya (baca : semua yang terkait) harus diperiksa juga... terutama untuk mobil-2 yang sudah uzur....

Terima kasih banyak untuk semua teman-2 yang membantu dengan saran, penyediaan suku cadang, bersama-sama menganalisa dan memperbaiki.

Salam Hormat untuk SerayaMotor.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: the last 14 days...

Post by imsus2c »

pak eljepe, ada yg nanya suka duka XL7 nih...

tempatnya disini: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =8&t=11528
budirlg wrote:iya.. ni taruna sdh 4 thn tp km baru 40.000, tiap sabtu minggu aja dipake. semester lalu mobil didress up interiornya biar tdk bosen, tp semenjak ketahuan lemot jd kepikiran ganti, lagian sudah 6 thn pake taruna. ada comment tt XL7? pajaknya berapa ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking