Page 1 of 2

Lampu motor Indonesia paling terang???

Posted: Wed Mar 26, 2003 12:23
by deanz
Kalo gak salah sih Honda Tiger, tapi sekarang2 Yamaha Jupiter terang juga.
Gimana sih bikin lampu motor terang banget, saya pernah punya Yamaha crypton, lampu depan pakai relay dan catu dayanya diambil dari aki, gak terang juga.
Mo ganti bohlam, gak dapet yang watt besar tuh.....
Gimana dunk biar bisa seterang Honda Tiger

Posted: Thu Mar 27, 2003 0:22
by indy
Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.

Posted: Thu Mar 27, 2003 4:38
by deanz
Wah kalo lampu jauh dan dekat nyala bersama2 , gimana cara maen lampu dekat dan jauh. Kalo lagi pengen make lampu jauh sih ga masalah, cuma kasian yg dari depan kan silau man.

Posted: Thu Mar 27, 2003 5:53
by vandekar
wah saran gw segh untuk yg lampu terang sbaiknya untuk yg sering kluar kota or tinggalnya di pinggir kota gitu masalahnya kan banyak tempat gelap kalo kita kluar kota sebaliknya kalo dikota mah dah terang n malah kasian bagi si pengendara yg berlawanan arah dengan kita karena silau malah bisa 2 menyebabkan kecelakaan

Posted: Thu Mar 27, 2003 5:54
by vandekar
indy wrote:Pakai aja bohlam Halogen berwatt besar, misalnya H4 50/60 watt. Arus listriknya jangan dari aki, karena akan cepat drop. Kecuali kalo akinya lebih dari 6 ampere ndak masalah. 12v x 6 Amp = 72 watt tidak masalah untuk mengangkat lampu 60 watt.

Ambil saja arus yang keluar dari sepul dan belum masuk regulator/kiprok, dijamin terang. Karena kiprok akan membatasi arus yang keluar dari sepul. Tapi pada putaran rendah kurang stabil alias agak redup. Rata-rata tegangan optimum dihasilkan pada 4000 rpm dan mesin akan bekerja optimum diatas 3500 rpm.

Masalahnya untuk reflektor lampu yang terbuat dari plastik akan lebih mudah rusak (meleleh). Hal ini sudah saya coba pada Kawasaki Ninja R, untuk Jupiter lebih baik mengambil langkah dibawah ini :

Sambung aja lampu jauhnya ke aki langsung, lebih baik lagi dilengkapi relay. Sehingga arus yang keluar lebih optimal ke lampu. Maka lampu dekat dan jauh akan dapat menyala bersama-sama. Hal ini pernah saya coba ke F1Z dan Satria, hasilnya lampu F1Z-nya hampir menyamai lampu Ninja diatas. Gunakan saja lampu asli pabrik (Stanley) karena awet, kalo pakai yang biasa mudah putus karena panasnya akan tinggi. Tapi aman kok buat reflektornya.
BTW thanks for the tips bung indy :wink: 8)

Posted: Fri Mar 28, 2003 0:34
by indy
Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.

Posted: Mon Mar 31, 2003 5:57
by vandekar
indy wrote:Maksudnya untuk lampu dekat langsung disambungkan ke switch on/off nya. Sedangkan yang jauh mengambil arus dari aki, melalui switch lampu jauh/dekat (hi/lo). Sehingga pada waktu lampu jauh dinyalakan akan lebih terang, karena lampu dekat masih menyala. Dan karena sumber arusnya berbeda maka sinar nya akan tetap terang.

Maaf ya.... mungkin njelasinnya kurang jelas.
mmmh gimana sama aki nya tuh mm kalo me liat kayanya aki bakal cepet rusak ya ngga ? :lol: :wink:

Posted: Thu May 01, 2003 8:28
by y_anjasrana
Waduh... jadi binun. Maqlum orank ekonomi, gak bgitu ngerti setrum-setruman... :roll:

Posted: Fri May 02, 2003 2:44
by vandekar
ya maklum lah kita jugha lagi belajjar negh

Posted: Fri May 02, 2003 2:53
by bonnie
Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy

Posted: Fri May 02, 2003 3:52
by vandekar
wah langsung dipraktekan nih ilmunya bung bonnie ntar me kasih tahu yah hasilnya

Posted: Fri May 02, 2003 3:56
by vandekar
oh ya me pasang lamu punya dash tuh yg kaya di batok motor shogun me tuh tapi ko lampunya kuang terang yah apa karena ada penghalangnya yah seperti lampu2 mobnil kijang tuh ada penghalang pada lampunya

Posted: Fri May 02, 2003 4:13
by y_anjasrana
Masih gak ngartri...

Posted: Fri May 02, 2003 6:48
by vandekar
coba bung anjas liat pada mobil yg new kijang baru degh liat pas lampu depannya di depan lampu nya ad sejenis plastik penghalang mirip payung tuh

nah kalo di motor me ada jugha tuh kalo ngga salah katanya biar ngga silauw tapi malah kaga terang mungkin kalo pake lampu yg xenon / halogen kali yagh kudu pake penghalang gitu

Posted: Fri May 02, 2003 8:49
by y_anjasrana
Ooo.... ICIC...
Kayak di antenne parabola gitu yagh? Tapi kalu diparabola itu receivernya. Nagh yg ini kebalikannya... Jadi sinarnya dari lampu, trus ke penghalang, trus balik lagi ke pemantul yg kayak parabola gitu, baru keluar dari lampu. Gitu yagh?

Kalu bener gitu, emmank gak bikin silau, tapi tetep terang.

Posted: Fri May 02, 2003 10:26
by vandekar
iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita

Posted: Thu May 08, 2003 5:32
by y_anjasrana
Tergantung ama lampunya dunk.....

Posted: Sun May 11, 2003 14:58
by indy
vandekar wrote:iya cuman me rasa kurang terang aza mmmh giman kalo penutup nya dibuang aza yah mmmh silauw ngga yah pengendara yg berlawanan arah dengan kita
Kalo silauw apa tidak tuh tergantung ketinggian lampunya juga. Cuman kalo "pemantul" sinar tersebut dilepas apa tidak terlalu fokus?? Contohnya seperti lampu senter.

Posted: Sun May 11, 2003 21:07
by username
kalo arus diambil langsung dari sepul, lampunya gak putus di rpm tinggi bung indy?

Posted: Mon May 12, 2003 2:24
by hery_jul
bonnie wrote:Lampu scorpio saya juga sangat bergantung sama puteran mesin dan sinarnya nyebar banget alias kurang fokus.... sementara daerah rumah saya kan di pinggiran yang kalo malem di beberapa tempat kurang banget penerangan jalannya, naaaaahh buat solusinya........ hari minggu ini saya bakal pasang lampu tembak kecil 2 buar (kiri/kanan) buat tambahan. Lampu ini akan dihubungkan ke saklar on/off lampu dan sumber listrik langsung ambil dari accu pake relay sperti saran bung indy...... thanx buat idenya bung indy
Bung bonnie, apa kabarnya.
Kemaren minggu di senayan saya cariin anak scorpio kok nggak ada ya, padahal kan kemaren ada gaweannya wotorplus disana.
Soal lampu scorpio, emang lampunya nggak fokus kayak tiger (justru saya menilai lampunya tiger kayak senter fokus banget) cuman lebih baik karena menyebarnya pas dengan lebar jalan (+- 3meteran) dan sebelah kiri terangnya hampir sama dengan tengah. Ini adalah prinsip lampu yg bener seperti lampu mobil.
Kemaren saya disenayan beli lampu merek Osram buat scorpio, katanya sih lampunya xenon dan harganya 55rebu, semalem langsung saya pasang hasilnya emang lebih terang, dan kalo saya pasang lampu dim mobil pasti ngebales karena terang banget.

Posted: Mon May 12, 2003 5:23
by y_anjasrana
Kemaren mas Hery ke senayan ya? Koq, ndak ketemu sich?

:( :( :(

Posted: Wed May 14, 2003 2:18
by hery_jul
Saya ke senayannya sore jam 3-an, en nongkrong deket rock climb-nya jeep.
Back to the topic, gue denger lampu xenon dilarang lagi, ini terbukti dengan ditariknya bmw seri 5 buat diganti lampunya ke halogen lagi, bener nggak sih, apa cuman di eropa aja

Posted: Wed May 14, 2003 2:28
by y_anjasrana
Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.

Posted: Thu May 15, 2003 16:42
by indy
y_anjasrana wrote:Ada kemungkinan karena gas seperti xenon agak berbahaya. Gas Xenon punya kemiripan dengan gas Helium yg sering dipakai utk balon udara. Oleh karena itu distruktur Kimia masuk dalam satu kelompok, disamping gas Neon, Argon, Kripton, dan Radon. Gas-gas diatas semuanya gampang sekali terbakar. Makanya sering dipakai utk berbagai kepentingan, seperti Neon utk lampu, Helium utk balon udara.

Kemungkinan yg ditakutkan adalah bila terjadi kecelakaan hingga terjadi kebakaran, kemungkinan besar lampu xenon dapat meledak.
Wah soal keselamatan mestinya sudah dipikirkan.

Posted: Sat May 17, 2003 6:24
by ivanov
Kimianya jago oey!!!