Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Post by BikeRiders »

Hi Suhu Seraya.

Balik lagi sama bikeriders, hari ini saya mau ngebahas tentang sistem pendingin pada sepeda motor dan prinsip kerjanya..
Mungkin kita dijalan sering ngeliat motor dengan stiker :
*liquid water coller
*Radiator
*Oil Coller
* dan sebagainnya
Nah hari ini buat yang mungkin masih belum paham. Saya mau cerita sedikit nih tentang pendingin mesin yang ada di sepeda motor.

Jenis Jenis Sistem Pendingin Pada Motor
Ada beberapa cara pendinginan yaitu :

1. Dengan pendingin udara, digunakan pelepas panas berupa sirip pendingin yang terpasang pada silinder dan kepala silinder.
2. Dengan udara yang ditiupkan ( force air ), sebuah kipas angin dipasang pada mesin, udara disalurkan melalui penutup mesin yang dirancang sesuai kebutuhan pendinginan,
3. Dengan pendingin air ( water cooled), menggunakan radiator.
4. Dengan menggunakan oli, seperti radiator tapi tidak menggunakan air melainkan oli.


Berikut Penjelasannya :
PENDINGINAN DENGAN UDARA

Image

Dengan mengarahkan aliran udara dingin ke sirip pendingin saat kendaraan jalan. Panas pada silinder mengalir dari dinding sebelah dalam ke dinding luar kemudian keluar ke udara luar, pengantaran panas dan dalam ke luar tergantung juga pada jenis logam / material yang digunakan. Itulah sebabnya aluminium dengan daya hantar panas yang baik dipergunakan pada silinder atau kepala ( head ) silinder.

Pendinginan pada dinding luar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
o Temperatur udara yang menerpanya diantara sirip-sirip pendingin,
o Luas penampang sirip pendingin dan,
o Kecepatan aliran udara tersebut.

Pada umumnya untuk mesin 2 langkah penempatan saluran ruang agak ke depan memungkinkan sirip pendingin menyerap panas mengakibatkan suatu pendinginan mesin secara efektip. Sirip-sirip pendingin yang terbuat dan aluminium ditempatkan berjarak 8-15 mm dengan panjarig sekitar 50-80 mm. Untuk menghindari bunyi karena getaran, sirip-sirip dihubungkan dengan rusuk atau diganjalkan dengan karet.
Pendinginan dengan udara bebas ini mengalir melalui sela-sela atau rusuk pendingin yang telah tersedia disekeliling silinder atau head silinder.
Tujuan utama system pendinginan system ini adalah :
a. Untuk mencegah terbakarnya lapisan pada dinding silinder
b. Untuk mereduksi tegangan-tegangan termis pada bagian-bagian silinder, torak, cincin torak,dan katup-katup
c. Untuk menaikkan efisiensi panas
PENDINGINAN DENGAN UDARA BERTENAGA YANG DITIUPKAN (FORCED-AIR COOLING)

Image

Dengan Forced air cooling, kipas berputar saat mesin hidup, mengalirkan udara ke arah silinder dan kepala silinder. Agar pendinginan lebih efektif dipergunakan saluran udara.

Pada teknik pendinginan jenis ini, udara dipaksa masuk dan mengalir melalui rusuk pendingin mesin yang dilakukan oleh kipas blower. Kipas ini terpasang pada rotor magnet. Teknik pendinginan dengan udara yang dipaksa ini dapat dijumpai pada motor matic. bedanya dengan pendinginan udara biasa adalah pada pendinginan udara biasa mesin tidak boleh terlalu lama hidup ditempat tanpa dijalankan, sedangkan pada motor dengan system udara yang dipaksa, mesin dapat dihidupkan di tempat.
SISTEM PENDINGIN AIR/ RADIATOR

Image

Pada sistem ini, panas dari hasil proses pembakaran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar dan silinder sebagian diserap oleh air pendingin setelah melalui dinding silinder dan ruang bakar. Oleh karena itu di bagian luar dinding silinder dan ruang bakar dibuat mantel-mantel air (water jacket). Panas yang diserap oleh air pendingin pada water jacket selanjutnya akan menyebabkan naiknya temperatur air pendingin tersebut. Apabila air pendingin tersebut tetap berada pada mantel air, maka air akan cenderung mendidih dan menguap. Hal tersebut dapat dihindari dengan jalan mengganti air tersebut dengan air yang masih dingin sedangkan air yang telah panas harus dialirkan keluar dari mantelnya dengan kata lain harus bersirkulasi. Sirkulasi air tersebut ada dua macam yaitu sirkulasi alam atau thermo syphon dan sirkulasi dengan tekanan.

Konstruksi sistem pendingin air lebih rumit dibanding sistem pendingin udara sehingga biaya produksinya lebih mahal. Secara rinci keunggulan sistem pendingin air antara lain:
1) Temperatur seluruh mesin lebih seragam sehingga kemungkinan distorsi kecil.
2) Ukuran kipas relatif lebih kecil sehingga tenaga yang diperlukan kecil.
3) Mantel air dan air dapat meredam getaran.
4) Kemungkinan overheating kecil, walaupun dalam kerja yang berat.
5) Jarak antar silinder dapat diperdekat sehingga mesin lebih ringkas.

Di sisi lain sistem pendingin air mempunyai kerugian yaitu :
1) Bobot mesin lebih berat (karena adanya air, radiator, dsb.).
2) Waktu pemanasan lebih lama.
3) Pada temperatur rendah diperlukan antifreeze.
4) Kemungkinan terjadinya kebocoran air sehingga mengakibatkan overheating.
5) Memerlukan kontrol yang lebih rutin.
SISTEM PENDINGIN OLI/ OIL COOLED

Image


Suatu sistim baru yang digunakan untuk sepeda motor 125 CC keatas untuk kebutuhan kota ataupun jarak dekat. sistim ini digunakan untuk mendinginkan oli yang ada di kalter oli atau bak oli, oli bisa naik ke atas oil cooler karena tekanan dari pompa oli yang sangat tinggi.

Pada sistem oil cooler pendinginan yang dilakukan dengan cara mendinginkan oli mesin dengan melewati kisi – kisi oil cooler. Pendinginan seperti ini bisa dibilang kurang efektif dalam meredam panas mesin oleh sebab itu oil cooler biasanya hanya sebagai pendingin tambahan.
.....

Panjang ya?..hehe namanya juga ilmu :D
gak terasa nulisnya jadi panjang..yang pasti intinya semua punya plus minus..nah jangan takut semua sudah disesuaikan dengan keperluan mesin yang sangat diperhitungkan oleh pabrikan motor tersebut.
Logikanya seperti ini :
Motor bebek 100 cc dipakein radiator?..yang pasti jadi tambah berat kan..dan mesin motor bebek itu tidak memerlukan pendinginan yang lebih karena suhu mesiinya tidak akan setinggi motor yang kapasitasnya diatas 400CC..
Kalau Suhu lebih suka yang mana?

Sekian deh suhu :), semoga bermanfaat banget yaa

Regards,

BikeRiders

Sumber : googling dan wikipedia
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Post by VanzMatic »

Lebih suka forced induction, seperti di motor saya yg lama: Force1.
Kaki ngga cepet panas, dan suhu mesin juga relatif lebih stabil.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Re: Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Post by BikeRiders »

iyaa itu juga keren..yang pake kipas dikirinya :D
bearbrick
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu May 22, 2014 5:50

Re: Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Post by bearbrick »

kalau saya lebih suka pake yang forced induction kaya yang suhu vanzmatic bilang..

soalnya mesiinnya tetep dingin..dibanding sama dengan air cool doang..

Saya aja masih sering ngerasa panas di motor Tiger (kakinya sih)
User avatar
razorus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40

Re: Pendingin Mesin Pada Sepeda Motor

Post by razorus »

Untuk pemakaian sehari-hari lebih seneng pendingin udara paksa, mudah perawatannya :mky_01:

yang bikin bingung, kenapa sekarang motor-motor bebek pake sistem pendingin udara alami yah, padahal dulu kan pake bantuan kipas :shrug: