Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by BikeRiders »

Hi suhu di Seraya,

Mau numpang share ilmu nih,hari ini saya mau ngebahas tentang nambahin tenaga motor dengan metode mengurangi gesekan pada mesiinya
Sepintas kalau kita mendengar kata “gesekan” akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga terbuang jadi panas..

Hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang besar, tapi tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang.
Kaya gini nih gambarannya :
Terbuang langsung menjadi panas 5%
Rugi gesekan mekanikal 5%
Tenaga yang dipakai 25%
Panas terbuang pada system pendinginan 30%
Panas terbuang di Knalpot 35%
Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan.
Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan Oli.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.


Gimana caranya? :mky_01:

Image

KEAUSAN
Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar. Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas.
Noken As, bebas dari aus karena dilindungi oleh oil encer dan additive yang sempurna. Ruang bakar bersih karena ring tidak macet dan tidak aus, sehingga oil tidak bocor ke ruang bakar.
MINIM gesekan berarti mengurangi panas mesin, sehingga mesin lebih awet , lebih bertenaga dan hemat bbm.



TIPS MENINGKATKAN TENAGA :
Meningkatkan tenaga motor jangan terlalu berpikir yang rumit dan sulit, tetapi harus berpikir lebih simpel, tepat guna dan cepat. Semua harus dilandasi dengan teori dan pengukuran yang benar.
yang lebih penting jangan sampai meningkatkan tenaga mesin tapi mengorbankan daya tahan mesin itu sendiri.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat mengurangi gesekkan dan meningkatkan tenaga mesin :
1. Mengganti oil dengan tingkat kekentalan (SAE) sesuai dengan spesifikasi mesin.
2. Membuat kem tensionel menjadi manual.
3. Mengganti kampas kopling dengan material green paper atau kevlar (khusus untuk kompling manual) dan jangan lupa sekalian per koplingnnya.
4. Mengganti bearing mesin dengan C3 berbahan dasar keramik.

Nah itulah beberapa cara untuk ngurangin gesekannya suhu, jika suhu suhu mau nambahin monggo suhu :big_comfort:

semoga kita semua bisa share ilmu disini jadi kita makin ngerti nih sama namanya motor..biar "Montir Bandel" gak makin "Bandel" :big_peace:
salam
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by grandis_GT »

ikutan ahh , kalo motor saya olinya gak ngikutin saran dari pabrik , standarnya 15w-50 , ane ganti ke 10w-40 ane pakai fastron synt , lumayan tenaga nambah tapi suara mesin agak kasar :mky_01:
motor ane OJMX , thx
BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by BikeRiders »

gak serem suhu kalo mesin kasar suaranya?
bearbrick
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu May 22, 2014 5:50

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by bearbrick »

ikutan juga deh, motor saya pake tiger,,kalau oli gak ngikutin saran pabrik,,saya pake ca*trol pow*r1..
tenanganya sih oke banget + bersih..cuma kalau panas ya tetep panas di kaki..:D
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by sucahyo »

Kalau olinya jelek, baru metode ini kerasa. kalau olinya bagus, nggak ngefek
User avatar
bestautocare
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sat Mar 21, 2015 15:59
Location: Jakarta Barat

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by bestautocare »

Menurunkan panas mesin biasanya bisa dicek dahulu dan bila perlu diganti/diperbaiki :
1. Kekentalan oli sudah sesuai belum? Jika terlalu kental juga membuat panas mesin meningkat karena pompa oli bekerja berat melumasi, aliran oli sirkulasi lambat, jadinya panas mesin bertambah.
2. Kebersihan ruang mesin, rajin tune up
3. Setelan rpm mesin dan pengapian.
4. Saran sih jika mau beneren bagus pake oli synthetic ester, bukan synthetic biasa karena synthetic ester baru bagus mengurangi gesekan, keausan dan sekaligus menurunkan panas. Biasa dipakai unrtuk aktifitas RACING.

Kalo ane pakai merk Primo SUPREME RACING, Technology Synthetic ESTER dan juga aditif oli PRIMO POWERMAXI yang dikalin menurunkan gesekan drastis hingga 80%.
dr39motorgresik
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Nov 18, 2015 2:41

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by dr39motorgresik »

Biasanya saya tuangkan engine treatment lupromax yg sebelumnya di blend kocok dgn oli mesin trus pake oli global petroamerica setiap 2.000km,mesin asalnya ngebul asap putih & oliny krg byk jadi asap tipis n olinya krg dikit,terhitung skr sdh jalan 18.000km sdh tidak berasap putih &olinya berkurang sgt sedikit spt motor normal lainnya,padahal pr nya g ada lain obatnya kecuali ganti boring n kolter ganti piston baru kl berasap putih,jawaban tingkat tinggi oli mesin bisa memperbaiki/menambal kebocoran oli pd combustion chamber
benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57

Re: Cara Mengurangi Gesekan Pada Mesin Motor

Post by benteng »

BikeRiders wrote:Hi suhu di Seraya,

Mau numpang share ilmu nih,hari ini saya mau ngebahas tentang nambahin tenaga motor dengan metode mengurangi gesekan pada mesiinya
Sepintas kalau kita mendengar kata “gesekan” akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga terbuang jadi panas..

Hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang besar, tapi tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang.
Kaya gini nih gambarannya :
Terbuang langsung menjadi panas 5%
Rugi gesekan mekanikal 5%
Tenaga yang dipakai 25%
Panas terbuang pada system pendinginan 30%
Panas terbuang di Knalpot 35%
Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan.
Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan Oli.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.


Gimana caranya? :mky_01:

Image

KEAUSAN
Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar. Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas.
Noken As, bebas dari aus karena dilindungi oleh oil encer dan additive yang sempurna. Ruang bakar bersih karena ring tidak macet dan tidak aus, sehingga oil tidak bocor ke ruang bakar.
MINIM gesekan berarti mengurangi panas mesin, sehingga mesin lebih awet , lebih bertenaga dan hemat bbm.



TIPS MENINGKATKAN TENAGA :
Meningkatkan tenaga motor jangan terlalu berpikir yang rumit dan sulit, tetapi harus berpikir lebih simpel, tepat guna dan cepat. Semua harus dilandasi dengan teori dan pengukuran yang benar.
yang lebih penting jangan sampai meningkatkan tenaga mesin tapi mengorbankan daya tahan mesin itu sendiri.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat mengurangi gesekkan dan meningkatkan tenaga mesin :
1. Mengganti oil dengan tingkat kekentalan (SAE) sesuai dengan spesifikasi mesin.
2. Membuat kem tensionel menjadi manual.
3. Mengganti kampas kopling dengan material green paper atau kevlar (khusus untuk kompling manual) dan jangan lupa sekalian per koplingnnya.
4. Mengganti bearing mesin dengan C3 berbahan dasar keramik.

Nah itulah beberapa cara untuk ngurangin gesekannya suhu, jika suhu suhu mau nambahin monggo suhu :big_comfort:

semoga kita semua bisa share ilmu disini jadi kita makin ngerti nih sama namanya motor..biar "Montir Bandel" gak makin "Bandel" :big_peace:
salam
Indahnya dunia, :mky_04: bila semua disediakan produsen, :mky_07: bensin jadi lebih irit :mky_08: , dan harga dealer tetap ga naik. :mky_02: