Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet kita

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

BikeRiders
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri May 16, 2014 3:48

Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet kita

Post by BikeRiders »

Hi Semua,

hari ini ane mau share aja nih beberapa ramuan bikin motor jadi kenceng

kalau ada yang kurang mohon ditambahin secara udah banyak sesepuh disini :mky_01:


Sebelum di jelasin ramuannya untuk bikin motor jadi kenceng.
kita harus tau mau dibawa kemana ini motor arahnya :mky_02:

jadi jangan harap kalau agan mau spek kompetisi tapi maunya murah :mky_01:

tapi yang perlu di inget adalah ini untuk motor yang masih pake karburator ya gan..bukan yang udah injeksi :big_sorry:


Ramuannya :

1 Carburator
Image

Untuk penggunaan kenceng harian, kita bisa mulai di Carburator, karena pada bagian ini tidak memerlukan biaya yang sangat banyak,

pada umumnya motor standard, biasanya tidak bisa mencapai top speed yang tinggi. atau hanya gigi bawah saja yang terasa kenceng,,setelah itu berat deh untuk naik ke topspeednya..

kalau kata orang bengkel sih "Bawah Galak Atas Suwee"

semua itu bisa diatasi dengan mengganti Pilot jet dan Main jet pada Carburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.

2. Pengapian
Image
Pada Motor Standard pengapian sudah diberikan Limiter, jadi kita tidak bisa mengubahnya. Tapi jangan khawatir, CDI racing sudah banyak dipasaran, dan pastinya CDI itu sangatlah mudah untuk diganti, dengan cara menggesernya saja.
tinggal lepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.

3. Knalpot
Image

Yes ini sudah sangatlah umum, ganti knalpot adalah hal yang termudah
dan bisa dibilang tidak terlalu menguras dompet kita..
ternyata knalpot ini bisa juga untuk menambah tenaga loh

nah sekian deh ramuan termudah yang tidak menguras banyak dompet kita..motor tidak loyo lagi deh..

semoga bermanfaat yaa :mky_01:
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by sirahngelu »

Naaah, akhirnya bahas motor juga di serayamotor. :mky_01:

Itu berlaku untuk semua motor ya Om BR?
Motorku Honda Beat 2010.

Code: Select all

opensource enthusiast.

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by doq »

Imho, ramuan yg pas utk pemakaian harian diurut dr dr pertama:

1. knalpot
Sudah jamak dilakukan sbg cara instan mendongkrak performa. Yg perlu diperhatikan, tidak selama nya knalpot racing bisa memberi kontribusi besar terhadap performa, kadang ada yg justru malah turun krn tidak sesuai spek mesin. Knalpot semakin berisik jg belum tentu lari motor makin kenceng...........ini yg mesti di ingat! Udah ga jaman knalpot alay :mky_03:
Tips dr saya, dr pada mengganti dg knalpot aftermarket, lebih baik bawa knalpot standar ke tukang knalpot utk di modif leher knalpot nya dg ukuran 1-2 tingkat lebih besar. Ini cara paling efektif meningkatkan tenaga dan torsi tanpa harus mengganti knalpot aftermarket. Downside nya tentu saja, knalpot standar anda udah ga standar lagi wkwkwwkwk.......... Beberapa orang biasa nya bermasalah dg hal ini. Silencer bisa tetap standard nya atau sekalian dibobok. Cari referensi bengkel bobok knalpot yg sdh mumpuni klo mau melakukan hal ini.

2. Karburator
Setelah urusan knalpot beres (entah ganti aftermarket ataupun modif knalpot) baru beralih ke urusan karbu.
90% sy jamin settingan karbu perlu penyesuaian..........tergantung dr design knalpot yg sdh dirubah, biasa nya pilot jet/ main jet jg minta naik ukuran minimal 1-2 step.

Thats it! Simple aja klo hanya utk pemakaian harian.
Imho pengapian ga perlu diutak-atik krn peranti karbu ga banyak berubah, thus masih sanggup diladeni cdi/koil bawaan.
Kecuali kalo berniat utk modif lbh lanjut, yahhh step2 nya bisa beda lagi dan point2 pengerjaan bakal lbh banyak cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by nugroho bagor »

sirahngelu wrote:Naaah, akhirnya bahas motor juga di serayamotor. :mky_01:

Itu berlaku untuk semua motor ya Om BR?
Motorku Honda Beat 2010.
Kalo Matic ganti roller yang lebih ringan aja om,sama per pada kampas Ganda cukuplah
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by NYoman »

Kalau buat saya sih ya, kendaraan di modif tujuan nya apa? Nah "enak" ini maksudnya dimana? Karena tiap orang punya persepsi "enak" yang berbeda..
Nah buat saya motor/mobil untuk harian saja sih sudah cukup tanpa modifikasi, karena sesuatu yang di modif itu punya kelemahan itu pasti.. Kalau untuk harian saja sepertinya tidak perlu modifikasi, karena selama jalan di jalan umum juga mau jalan berapa sih, kecuali mau dijadiin track day vehicle..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by ibar78 »

enak itu ada 2 motor....hehheheh :) satu rusak, satunya dipake...nah itu enak
:popcorn:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by hariy »

sejak tigi'05 saya lego, sekarang hanya ada si supra fit'05...standar saja, kondisi spidometer mati (kabelnya putus bagian dalamnya),knalpot mulai keropos (hawa pantai-domisili saya 3,5km dari kura2 pantai Kartini), bensin ngga pernah minum perta (apalagi kerang). mandinya setengah taun sekali kalo sudah keliatan kotor banget. starternya sikil mode on, oli mesin (mineral) ganti tiap 2 taun sekali (itupun kalo ingat)...toh saya pake tiap hari + 20km/hari. saya sih masih ngerasa enak. jangan langsung menghakimi saya semena2 terhadap motor ya...mesin masih halusssss..waktu tap oli jarang ada gram. karna saya pakenya juga haluuusss, ngga pernah throttle2 (blayer2-jawa), apalagi standing2 seperti alay. maklumlah, saya om2...kebetulan motornya juga om2 banget..kalo parkir juga sebisa mungkin cari yg teduh. hehehe. trims sudah membaca share saya. :big_grin:
kodoq_ijo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by kodoq_ijo »

Shogun125 '04..

Dulu untuk ningkatin performa harian tapi ga menganggu FC adalah..
1.Papas Cam (noken as) » ada teman mekanik saya di Bekasi yang bisa papas cam dengan alat khusus,dimana hasil dari modifikasi cam tersebut tidak mengharuskan kita pasang kopling manual karena biasa nya kalo udah papas cam harus pasang kopling
2.Ganti Knalpot Racing » pasang knalpot AHRS (tipe nya lupa) yang suara nya adem dibawah tapi meraung diatas
3.Tambah Ukuran Mainjet » kalo ga di ganti mainjet nya endut2an bro

Udah segitu aja,ga sampe 500rb :big_peace:
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi.. :big_think:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by y_anjasrana »

Karisma ane dulu cuma dimodif gear belakang aja. ga pake modif aneh2. cukup ganti gearnya aja. lupa pakai ukuran berapa. tp akselerasi awal jadi lebih galak. praktis dan ga bikin bising tetangga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by TUFF Stough »

Shogun SP '05, cuma ganti footstep Thunder ori ama kaca spion ori doank. Enak deh. :big_slap:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by nugroho bagor »

y_anjasrana wrote:Karisma ane dulu cuma dimodif gear belakang aja. ga pake modif aneh2. cukup ganti gearnya aja. lupa pakai ukuran berapa. tp akselerasi awal jadi lebih galak. praktis dan ga bikin bising tetangga.
Terus buat foto2 pake baju balap no 3 ya
roycool
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Tue Apr 30, 2013 5:46

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by roycool »

Motorku, sayang mau tak bikin agak kenceng. Udah jarang kebut"an di jalan sih. Hehehe ...
User avatar
Bueuk_32
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2002
Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by Bueuk_32 »

kalo dulu sih nempelin stiker 46 di spakbor juga jadi enak selap-selip




:ngacir:
"The Power of ren-Dreams"
Image
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by hariy »

Bueuk_32 wrote:kalo dulu sih nempelin stiker 46 di spakbor juga jadi enak selap-selip
:ngacir:
jangan2 kru bus jpr-tayu-pati dulu juga punya pikiran yg sama....stiker 46 gede dipasang di kaca depan+belakang, sembalap-meternya naik jadi 135% selap-selip, brenti mendadak, dan ngeblong bangjo......... :ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

Motor Pulsar 220 sy jadi jauh lebih enak (kentjang tapi masih nyaman buat harian) setelah di modif oleh Mas Londo di Sleman, DIY :

- Piston : ukuran 70 mm (std-nya 67mm), bentuk dome dan coakan piston juga sudah disesuaikan. Kapasitas mesin dari 220cc menjadi 240cc.
- Head : ubah sudut klep agar klep SPS 35-30 bisa duduk sempurna (std-nya : 31-26).
- Penataan ruang bakar yg disesuaikan dgn piston 70, dengan squish 14 derajat
- Camshaft juga sudah disesuaikan (digerinda utk mendapatkan lift lebih tinggi dan durasi lebih lama).
- Karbu : pake Mikuni TM33 dng jetting : Pj 25 (Shogun) & Mj 132.5 (Scorpio). Bukaan angin karbu sekitar 2,75 putaran. Sudah dicoba dipasang berbagai type air filter, gak ada yg cocok. Paling maknyus justru gak pake air filter samasekali. Hasil test AFR (pake Innovate LM2 AFR Meter) antara 13,2 s/d 13,7 dari putaran bawah s/d atas (8000 rpm)
- Koil pake dua biji Protec V3 Ground
- Busi pake Bosch Platinum-Iridium
- Knalpot khusus bikinan Abbys Performance Tuning, Bandung
- Pasang Oil Breather System

Selain itu, modifan pada Pulsar saya adalah :
- velg Axio depan 2,75 inch (ban 110/80/17) dan blakang 3.5 inch (ban 160/60/17)
- stang jepit diganti stang P200 pake raiser
- sok blakang ganti YSS 280mm + peninggi 2cm
- sok depan dipasangi fork brace (shock stabilizer)

Biaya2 :
- Klep : 400rb
- Ubah sudut klep,bubut klep,hardener klep,bikin kubah dan squish : 900rb
- Piston set + pen : 325rb
- Coak dan bubut piston : 50rb
- Bikin bosh pen piston : 50rb
- Corter 50rb Porting dan modif kem 1 jt
- Totalnya 2.775.000,-
(saya mengirimkan bahan berupa cyl block komplit beserta isinya yaitu cam, valve, rocker arm dll, dan cyl block ke tempat mas Londo)

Note : rencana mau naik dyno, masih nunggu teman mau sama2 dynotest

P240 sy :

Image
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

Motor Regal Raptor Daytona 350 sy jadi lebih maknyus, setelah mengalami modifan sbb :

- ganti Pilot Jet 35
- ganti koil Protec V3 Ground dan busi Bosch Platinum-Iridium UR4Ci30
- lepas element air filter
- ganti shock blakang dng aftermarket utk Softail
- ganti silencer yg lbh plong /free flow
- modif kopling utk hilangkan gejala selip kopling
- pasang casing cylinder head bikinan bro Ojie utk mengisi ruang kosong di bawah tanki
- pasang tatakan kaki
- pasang raiser/ganti stang lebih tinggi
- ganti lampu depan dng yg lebih terang

Image
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
kodoq_ijo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by kodoq_ijo »

@Oom Jes; walaupun buat harian tapi custumize nya 'BERAT' juga Oom :big_chicken:
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi.. :big_think:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

kodoq_ijo wrote:@Oom Jes; walaupun buat harian tapi custumize nya 'BERAT' juga Oom :big_chicken:
hehehe... ya apabolebuatgetoloh... wong sy memang penggemar speed .... tapi hanya kalok kondisi memungkinkan... kalok gak mungkin ya mending jalan pelan2 aja ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by doq »

Rencana naik dyno nya dimana oom jes? Sy jg pengen test dyno nih nanti klo udah rebes inreyen :mky_03:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

doq wrote:Rencana naik dyno nya dimana oom jes? Sy jg pengen test dyno nih nanti klo udah rebes inreyen :mky_03:
yg jelas bukan di Sportisi (lumayan mahal), mungkin di ULtraspeed atau Rextor daerah Senen
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by doq »

Klo di ultraspeed dyno yg diukur itu on wheel apa on crank oom?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

doq wrote:Klo di ultraspeed dyno yg diukur itu on wheel apa on crank oom?
setau sy, ngukurnya on crank, kayak di brosur2 pabrikan motor mengenai spec produknya. Dyno yg mengukur "on wheel" cuma ada dua, dan dua2nya utk mobil yaitu Khatulistiwa Surya Nusa dan Hasta Motor
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by doq »

Hasta? Hasta lenteng agung yg tadi nya workshop paint body itu oom? Setau saya sekarang mrk ada dyno utk motor jg deh cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by DOHC »

honda beat FI

- smua standard tp pakein stiker one heart di striping pinggir nya... kira2 nambah brapa hp yahh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by JESKONENG »

doq wrote:Hasta? Hasta lenteng agung yg tadi nya workshop paint body itu oom? Setau saya sekarang mrk ada dyno utk motor jg deh cmiiw
apa iya om ? sy blom tau apakah Hasta bisa dyno motor
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999