Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet kita

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by doq »

JESKONENG wrote:
doq wrote:Hasta? Hasta lenteng agung yg tadi nya workshop paint body itu oom? Setau saya sekarang mrk ada dyno utk motor jg deh cmiiw
apa iya om ? sy blom tau apakah Hasta bisa dyno motor
yg sy liat di fanpage FB mereka sih gitu oom, belom lama ini sih mrk lebarin sayap utk roda dua, termasuk urusan pnp mesin cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
hmulyo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Fri Jan 16, 2015 8:54
Location: bandung

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by hmulyo »

coba pakai Engine Wizard mas, mau motor spec standar atau gorokan dijamin enak.
saya pakai mulai dari motor matic sampe HD.
www.enginewizard.co.uk
The best BIO technology oil additive around.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by sucahyo »

Wah, modifikasinya kok pada mahal semua. nggak ada yang tertarik yang dibawah seratus ribuan ya? contohnya seperti magnet, uap bensin, uap air, vortex, dst.

https://kupasmotor.wordpress.com/diy-pe ... enagairit/
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by octafiantos »

Kalo gua ga demen kenceng. Demen akselerasinya ga boyo, sama kalo boncengan dan nanjak ada tenaganya. Jadi biasanya ganti gir belakang digedein 2 mata pake part aftermarket. Dah cukup banget buat harian modal seratus ribuan.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by sucahyo »

octafiantos wrote:Kalo gua ga demen kenceng. Demen akselerasinya ga boyo, sama kalo boncengan dan nanjak ada tenaganya. Jadi biasanya ganti gir belakang digedein 2 mata pake part aftermarket. Dah cukup banget buat harian modal seratus ribuan.
Mending pakai penambah tenaga saja. kalau soal tarikan, lebih tergantung sama performa / perawatan mesin daripada rasio gigi.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by octafiantos »

sucahyo wrote:
octafiantos wrote:Kalo gua ga demen kenceng. Demen akselerasinya ga boyo, sama kalo boncengan dan nanjak ada tenaganya. Jadi biasanya ganti gir belakang digedein 2 mata pake part aftermarket. Dah cukup banget buat harian modal seratus ribuan.
Mending pakai penambah tenaga saja. kalau soal tarikan, lebih tergantung sama performa / perawatan mesin daripada rasio gigi.
Ngga cuman mesin dong om.
Final gear pengaruh besar. Gerakin benda pake final gear berat lebih cepet daripada final gear ringan di mesin yang sama persis. Bedanya final gear tipe ini nurunin top speed.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by sucahyo »

octafiantos wrote:Ngga cuman mesin dong om.
Final gear pengaruh besar. Gerakin benda pake final gear berat lebih cepet daripada final gear ringan di mesin yang sama persis. Bedanya final gear tipe ini nurunin top speed.
Itu bedanya. Kalau pakai penambah tenaga, akselerasi bertambah dan top speed tidak berkurang, malah bisa akan meningkat. Biaya bisa sama dengan harga gir.

Dari pengalaman pakai beberapa sepeda motor, dengan menggunakan penambah tenaga, yang dibutuhkan seringkali memperkecil gir belakang atau memperbesar gir depan. Mulai dari punya shogun (gir belakang lebih kecil), lalu supra fit, supra fit x new (pakai gigi depan 15 atau 16), lalu sekarang suzuki spin (memperbesar roda belakang), selalu butuhnya nambah top speed. Akselerasi nambah, top speed bisa bikin tengsin kendaraan lain yang di kertas harusnya lebih cepat.

Yang paling memuaskan waktu masih pakai supra fit x new, walau mesin 100% standard, hanya mengandalkan penambah tenaga dan ganti gigi depan lebih besar, puas rasanya melihat raut muka yang pakai Vega R ataupun Jupiter Z saat menyalip mereka di jalan lurus. di atas kertas motor paling lemot, tapi bisa nyalip motor yang "katanya iklan" cepat.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by octafiantos »

^ thx pencerahannya om.
Tapi tetep ga tertarik :D

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet

Post by sucahyo »

octafiantos wrote:^ thx pencerahannya om.
Tapi tetep ga tertarik :D
Alat penambah tenaga yang saya maksud bukan yang ada di signature saya :). kalau pro capacitor lebih ditujukan ke mesin dengan injeksi, lebih untuk mobil. belum untuk motor.


Alat penambah tenaga yang saya maksud itu yang sering diulas di website "free energy". Variasinya banyak dan macam macam biayanya. Lebih baik buat sendiri dari pada beli. Justru rugi banget kalau beli. Tapi kalau buat sendiri juga jangan sembarangan.