Plus Minus-nya Motor Alternatif Kaisar V250 - Part 01

Untuk tipe - tipe motor lainnya.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

sastroningratan wrote:Mohon bantuannya....
buat yang udah punya Ruby:
please inform:
1. Karburator pake 1 atau 2?
2. Koil pake 1 atau 2?
3. CDI pake 1 atau 2? (dari 1 pulser?)
4. Bisa liat picture shock belakang yang baut atas? selama ini kan ketutup kulit jok.

mohon infonya supaya saya bisa punya gambaran teknis untuk upgrade performa dari kaisar ruby.
terima kasih sebelumnya...
Langsung dijawab ya :) :big_peace: :
- 1 karburator
- 2 koil
- 1 CDI, 2 pulser
Last edited by wongcilik on Mon Nov 03, 2008 6:58, edited 1 time in total.
Prayogr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 02, 2008 9:31

Re: Kaisar Ruby V250

Post by Prayogr »

halo..salam kenal semua, saya tertarik di dengan pembahasan motor Kaisar Ruby ini...
setelah saya baca2 dari forumsepertinya motor kaisar ruby ini termasuk bagus untuk kelas motor cina dan saya jadi kepikiran juga untuk membeli motor ini.

yg jadi pertanyaan saya katanya motor ini sudah di import dari tempat asalnya ke eropa dan amerika dengan nama Vento V thunder... trus untuk di tempat asalnya sendiri di taiwan sana motor ini banyak peminatnya gak ya, dan perkembanganya gimana???

thx
:big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Renegade wrote:Salam kenal...saya tertarik dengan topik kaisar ruby ini dan masih penasaran dengan motor Ruby ini...soalnya temen saya udah ada yg ngambil. jadi kepikiran mau tuker motor juga... :( :( :(

siapa tahu ada rejeki bisa nyemplak Ruby juga..
Salam kenal juga :) :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Prayogr wrote:halo..salam kenal semua, saya tertarik di dengan pembahasan motor Kaisar Ruby ini...
setelah saya baca2 dari forumsepertinya motor kaisar ruby ini termasuk bagus untuk kelas motor cina dan saya jadi kepikiran juga untuk membeli motor ini.

yg jadi pertanyaan saya katanya motor ini sudah di import dari tempat asalnya ke eropa dan amerika dengan nama Vento V thunder... trus untuk di tempat asalnya sendiri di taiwan sana motor ini banyak peminatnya gak ya, dan perkembanganya gimana???

thx :big_peace:
Salam kenal juga :) :big_peace:

Menurut dealer-nya --- motor Taiwan bro, kayak PDA Dopod atau HTC itu lho :) (produk Taiwan juga). :)
User avatar
CJDW
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Tue Oct 28, 2008 0:47

Re: Kaisar Ruby V250

Post by CJDW »

Para senior......
udah ada yg ganti CDI aftermarket blm? kalo udah ganti merk apa? dan beli dimana? :thanks:

Salam :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

CJDW wrote:Para senior......
udah ada yg ganti CDI aftermarket blm? kalo udah ganti merk apa? dan beli dimana? :thanks:

Salam :big_peace:
Udah adaaaa .... mas bro :)
Mas bro hambawet udah ganti tuuch .... :) (juga udah ganti busi racing) :mrgreen:
Salam. :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

brampi wrote:Tigerku belum lunas sih he he he, nanti kalau lunas baru deh
Khan mantep tuh
kalau kerja senin-jumat pake tiger
sabtu minggu pake ruby he he he..............Image
Lhoooh itu khaan motorku .... :e-think: ...., pantesan tadi aku lihat di garasi kok tidak ada :big_weee: --- padahal sudah hari Senin lhooh, kenapa kok belum di-kembali-in yaaa... ? :e-think: ..... wakakakakak :mrgreen: :e-whistle:
Salam. :big_peace:
Prayogr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 02, 2008 9:31

Re: Kaisar Ruby V250

Post by Prayogr »

kalo mau ganti knalpot kemana ya? ada temen yg baru beli Ruby trus mau langsung ganti knalpot... tolong infonya ya,
Thx :big_peace:
User avatar
brampi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat May 17, 2008 18:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by brampi »

wongcilik wrote:
brampi wrote:Tigerku belum lunas sih he he he, nanti kalau lunas baru deh
Khan mantep tuh
kalau kerja senin-jumat pake tiger
sabtu minggu pake ruby he he he..............Image
Lhoooh itu khaan motorku .... :e-think: ...., pantesan tadi aku lihat di garasi kok tidak ada :big_weee: --- padahal sudah hari Senin lhooh, kenapa kok belum di-kembali-in yaaa... ? :e-think: ..... wakakakakak :mrgreen: :e-whistle:
Salam. :big_peace:

Oh motornya bukannya polos bro atau punya dua ya?
The Red

Image
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: Kaisar Ruby V250

Post by azizdth »

brampi wrote:
wongcilik wrote:
brampi wrote:Tigerku belum lunas sih he he he, nanti kalau lunas baru deh
Khan mantep tuh
kalau kerja senin-jumat pake tiger
sabtu minggu pake ruby he he he..............Image
Lhoooh itu khaan motorku .... :e-think: ...., pantesan tadi aku lihat di garasi kok tidak ada :big_weee: --- padahal sudah hari Senin lhooh, kenapa kok belum di-kembali-in yaaa... ? :e-think: ..... wakakakakak :mrgreen: :e-whistle:
Salam. :big_peace:

Oh motornya bukannya polos bro atau punya dua ya?
nyang diatas photo wkt masih perawan bos, sedangkan yg polos itu yg udah di gitu2in ama master wong, hehehe :big_weee: :big_slap: :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Prayogr wrote:kalo mau ganti knalpot kemana ya? ada temen yg baru beli Ruby trus mau langsung ganti knalpot... tolong infonya ya, Thx :big_peace:
Jawaban yang komplit - ada di halaman 6 (di-click saja bro) :)
Salam. :big_peace:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

azizdth wrote:
brampi wrote:Oh motornya bukannya polos bro atau punya dua ya?
nyang diatas photo wkt masih perawan bos, sedangkan yg polos itu yg udah di gitu2in ama master wong, hehehe :big_weee: :big_slap: :big_peace:
Huehehehehe...he99x :mrgreen: , nanti dimarahin ama bro moderator lho .... wakakakak :big_weee:
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Ini adalah moment2, dimana mas bro busset (Bali) baru saja beli Kaisar Ruby V250 - di CS Motor Solo :big_peace:
wongcilik 06 Sep 2008, 12:41 wrote:
busset 06 Sep 2008, 09:27 wrote:salam kenal mas bro-mas bro semua sya dri bali dan githu dah...yang ambil unit di cs solo
terima kasih untuk:
1.mas bro wongcilik yg kasih info cp mas rully dan mbak loui
2.mas bro hambawet yg rela motornya "ngandang" utk bikin knalpot unitku
3.mas rully mmg hebat mlayani sepenuh hati,mbak loui jg hebat karna bisa unit bisa dtawar he..he
4.mas bro-mas bro yg membagi informasi berharga untuk aku dan.....keluargaku

skarang unitku lg dipermak smbil tunggu stnk jdi utk dbawa kebali, nantinya ruby plat ad-ku akan berkeliaran di bali mudah2an akan slalu liar...binal...sedkit nakal..tapi ttp tawakal...en banyak akal
githu dulu kbar dri bali
Selamat bergabung Bro Busset, busyeeet daah ... nickname-nya keren banget ....he...he99x. Ma'af, bro Busset itu apa yg namanya Pak Iw***** dari Bali itu ya?, yg bikin Mas Rully kalang kabut lari2 ke Magetan bikin knalpot?, .... waka..ka99x.

Sorry Bro, ini aku baru di jalan, mencoba jawab post dengan PDA, ... wah kacau banget..., sudah layarnya kecil, ... ngetik belum selesai tahu2 bisa "send" sendiri, .... automatic kali ya?, ke...ke99x.

Ini aku baru bongkar knalpot asli, nanti sore/petang, begitu nyampe rumah, disambung lagi ya bro Busset (waaah, gua jadi ingat Motinggo Bussey nich, he...he99x). Salam.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Ini moment happy mas bro kbo (Jakarta) sehabis memboyong Kaisar Ruby V250 dari CS Motor Jakarta :big_peace: :beer: (banyu degan)
kbo 07 Sep 2008, 22:03 wrote:Akhirnya ketebus juga tuh ruby.. hehe.. pensiun dulu nih dari Tiger.. ngurusin si vento.. hehehe..

ayo penggemar cruiser di jakarta.. kita gabung aja.. mau phantom kek mau kanzen vstar kek kapan2 ngumpul lah.. jangan tiger mulu ama bebek yang ngeriung jalan iring2an di jakarta.. sekali2 cruiser juga asik kaya'nya..

sesekali boleh juga nyamperin para pendahulu2 cruiser di SOLO nih.. hehehe kita turing..
OK.. segera
wongcilik 08 Sep 2008, 04:02 wrote: Wah selamat ya bro kbo..... :beer:
Kelihatannya racun Vento, eh.. Kaisar Ruby V250-nya cukup ganas juga ya, he..he99x. Kalau ke Solo, jangan lupa contact dulu ya, biar kita2-nya bisa mengumpulkan para Kaisar/raja2 Solo-nya waka...ka99x, very very welcome :e-dance: :)

Ada lyric lagu lama nich ".... antara Anyer dan Jakarta, aku jatuh cinta...", diganti aja dengan "......antara Bali (bro busset) dan Jakarta (bro kbo),......", he..he99x (terjemahan bebas: Pengen touring ke Bali, apa ke Jakarta dulu ya?, hihihi...).

Bro kbo contact aja bro hambawet (Magetan) dan bro busset (Bali) --- kalau gua-nya sich cukup dari Solo aja :) , hubungi-nya pakai PM saja ya, disitu bro kbo bisa saling kenal nama2 asli-nya. Ditunggu lho. Bro hambawet ini kelihatan-nya baru ngebet pengen touring ke Bali, gimana nich.... apa bro kbo berani melintasi jakarta-bali? :ungg:

Udahan dulu ya, ngantuk nich (jam 03:57). Salam.
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

Ini flash back, mengapa aku-nya sampai membeli Black Kaisar Ruby V250 :big_peace: :e-clap: :)
wongcilik 08 Sep 2008, 13:42 wrote:......... sebetulnya sudah niat mau beli K*****i N**** 250 cc, tapi pas ke dealer ternyata harus antri dulu (waiting list), alhasil... pulang dengan tangan kosong dan dompet penuh he..he99 (terjemahan bebas: 'gak jadi beli hihihi...) --- dulu-nya aku kecewa banget, tapi sekarang-nya aku malah berpikir "bejo gak sido tuku" (untung gak jadi beli motor sport, kalau gak - mungkin harus sering2 ke tukang pijit ya, ...makluuuum...nungging terus, pinggang and punggung bisa cepat kena encok, hihihi... selain itu, khan udah bukan bayi lagi sich --- jadinya ini tulang2 mulai pada ngadat ...ke..ke99x). :)

Pas jalan2 di mall (dengan dompet kosong), malah nemu-in si "gambot" ini (Kaisar Ruby V250), sekilas pandang/ selayang pandang dari jarak 10 meteran guanya seperti kena magnet pengen deketin ini motor, .... eh dari asal omong kosong dengan agent-nya, malahan jadi beli betulan, waka..ka99..

Sama kok Bro, aku juga gitu, ubek2-an cari data riil mesin-nya, setelah tahu gearbox-nya Binter Mercy dan 2 silindernya pakai Honda Supra, baru aku berani tebus itu kaisar, ke..ke99.

Kalau menurutku, sebetulnya teknologi negara asal-nya sama sekali tidak ketinggalan, hanya saja - semua kembali pada "mau-nya" si Importir Umum (IU). Kalau pesan produk dengan budgeting rendah ya jelas saja barang yg dikirimkan ya kwalitasnya begitu2 saja (ibaratnya, seperti tukang jahit saja, pengen-nya minta bahan apa, spec gimana, dana berapa, mau di-kasih merk apa ---- begitu..., karena itu - bisa jadi satu jenis produk (motor), masuk ke Ind dengan beberapa merk yg berbeda.

Justru karena para importir ini yang pengen "profit margin" gedhe, tanpa memikirikan jangka panjangnya, kadang hanya pakai sitem "hit and run" aja, asal bisa jual itu barang --- selanjutnya terserah anda (hihihi, kayak iklan parfum aja ya...) --- maksudnya mereka lepas tangan, cuci tangan masalah2 customer mereka. Segitu dulu ya bro. Salam.
User avatar
brampi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sat May 17, 2008 18:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by brampi »

Dibikin gini keren juga ya si ruby ini


Image
Image
The Red

Image
sastroningratan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by sastroningratan »

wongcilik wrote:
sastroningratan wrote:Mohon bantuannya....
buat yang udah punya Ruby:
please inform:
1. Karburator pake 1 atau 2?
2. Koil pake 1 atau 2?
3. CDI pake 1 atau 2? (dari 1 pulser?)
4. Bisa liat picture shock belakang yang baut atas? selama ini kan ketutup kulit jok.

mohon infonya supaya saya bisa punya gambaran teknis untuk upgrade performa dari kaisar ruby.
terima kasih sebelumnya...
Langsung dijawab ya :) :big_peace: :
- 1 karburator
- 2 koil
- 1 CDI, 2 pulser
1. karbu ya boss? berarti susah direplace.. kali ganti harus yang moge V twin juga... mahal neh!
2. 2 koil berarti bergantian penyalaan masing2 siindernya, bisa dicoba ganti neh, ada beberapa koil yang sangat bagus untuk 125cc, pasti hasile mak nyoos!
3. 1 CDI? wah mumet juga cari gantinya kalo mau oprek2, apalagi diumpan 2 pulser.. kalo derajat penyalaan masing2 silinder berbeda pula, tambah mumet.. kelihatannya mendingan ngga mainin CDI, ntar malah salah timing penyalaan bisa berabe..
Hehehe...
dari foto bro Little Wong, kelihatan kalo shock masih tipe biasa, spring dan oli. Pantesan ngegol2 kalo direm.. beban ngga sepadan ama suspensi.
Mau jajal pake shock nitrogen saya bro? marzocchi ex saya pake di motor laki saya dulu, pake nitrogen dan bisa disetel rebound nya. Nyaman banget... Asal tinggi shock sama lho, marzocchi saya ukuran 320..

Thank's infonya bro... ampe motret2 segala, ngerepotin...
sastroningratan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by sastroningratan »

KENAPA mocin "MURAH"?
Mocin/motaiwan biasanya cut haga di beberapa komponen, jadinya harga murah. Asal harga masih wajar dan BUKAN murahan(ngga masuk akal), pasti ada komponen yang BUKAN VITAL "dipotong" kawalitasnya, wajar saja karena mereka berpikir toh bisa direplace dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan khusus/merepotkan di negara penerima nanti, karena produk mereka biasanya kompatible dengan merek2 jepang yang sudah pasti ada di negara tujuan penjualan mereka. Biasanya komponen yang jelek/murah cukup sepele. Dari pengalaman, pake sanex skuter dan "moge 250" saya menemui barang2 abal sbb:
1. busi (merek kurang jelas, ganti aja dengan busi ND atau merek lain)
2. koil (oem bawaan umurnya pendek, karena memang asa nyala saja, diganti sangat murah dan mudah)
3. selang-selang dan seal2 karet (ini juga gampang diganti)
4. accu (ini juga gampang dicari)
5. ban (ini juga mnejangkiti motor india, bajaj pulsar dapet ban juga licin sekalee)
6. kampas2 (sanex 250 saya hampir ngga bisa ngerem, kampas tromol belakang alus dari barunya :) )
7. bohlam (mudah dan murah untuk diganti)
8. komponen kelistrikan lain, misal socket juga kadang mutu rendah jadi kurang "menggigit" antar sambungan kabel (ini cukup diperiksa dan dikencangkan, atau diganti juga bisa, di toko2 spesial baut menyediakan hampir segala macam socket yang bahan kuningannya bermutu baik)
9. krom agak tipis/kurang weatherproof (ini musti diperhatikan benar2, jangan biarkan air hujan nginep di krom motor anda lewat 24jam, kalo masih males bersihkan, paling tidak semprot dengan air bersih, jika sempet gosok 2 hari sekali dengan bensin, supaya kilapnya terjaga.)
10. cover jok dan kosmetik lain (gampang diganti atau dihilangkan/dicopot saja jika kosmetiknya ngga kepake)

sekedar share pengalaman saja, bukan menggurui, tapi juga supaya calon2 pembeli ngga khawatir soal perawatan dan mutu, hanya karena harga motor taiwan/cina bisa murah.. (kalo Ruby sih ngga murah.. buktinya saya belum beli. HEHEHEHHEe...)

Ada yang mau menambahkan?
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

sastroningratan wrote:........dari foto bro Little Wong, kelihatan kalo shock masih tipe biasa, spring dan oli. Pantesan ngegol2 kalo direm.. beban ngga sepadan ama suspensi.
Mau jajal pake shock nitrogen saya bro? marzocchi ex saya pake di motor laki saya dulu, pake nitrogen dan bisa disetel rebound nya. Nyaman banget... Asal tinggi shock sama lho, marzocchi saya ukuran 320..

Thank's infonya bro... ampe motret2 segala, ngerepotin...
Boleh mas bro, kalau ukurannya cocok :) :frm_tumbright:
Aku harus tukar "mahar"/"mas kawin" berapa mas bro? (ma'af lho yaaa ... :) ).
Aku ada PM buat mas bro, tolong diperiksa yaaa.... :) Salam. :big_peace:
Prayogr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 02, 2008 9:31

Re: Kaisar Ruby V250

Post by Prayogr »

sastroningratan wrote:KENAPA mocin "MURAH"?
Mocin/motaiwan biasanya cut haga di beberapa komponen, jadinya harga murah. Asal harga masih wajar dan BUKAN murahan(ngga masuk akal), pasti ada komponen yang BUKAN VITAL "dipotong" kawalitasnya, wajar saja karena mereka berpikir toh bisa direplace dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan khusus/merepotkan di negara penerima nanti, karena produk mereka biasanya kompatible dengan merek2 jepang yang sudah pasti ada di negara tujuan penjualan mereka. Biasanya komponen yang jelek/murah cukup sepele. Dari pengalaman, pake sanex skuter dan "moge 250" saya menemui barang2 abal sbb:
1. busi (merek kurang jelas, ganti aja dengan busi ND atau merek lain)
2. koil (oem bawaan umurnya pendek, karena memang asa nyala saja, diganti sangat murah dan mudah)
3. selang-selang dan seal2 karet (ini juga gampang diganti)
4. accu (ini juga gampang dicari)
5. ban (ini juga mnejangkiti motor india, bajaj pulsar dapet ban juga licin sekalee)
6. kampas2 (sanex 250 saya hampir ngga bisa ngerem, kampas tromol belakang alus dari barunya :) )
7. bohlam (mudah dan murah untuk diganti)
8. komponen kelistrikan lain, misal socket juga kadang mutu rendah jadi kurang "menggigit" antar sambungan kabel (ini cukup diperiksa dan dikencangkan, atau diganti juga bisa, di toko2 spesial baut menyediakan hampir segala macam socket yang bahan kuningannya bermutu baik)
9. krom agak tipis/kurang weatherproof (ini musti diperhatikan benar2, jangan biarkan air hujan nginep di krom motor anda lewat 24jam, kalo masih males bersihkan, paling tidak semprot dengan air bersih, jika sempet gosok 2 hari sekali dengan bensin, supaya kilapnya terjaga.)
10. cover jok dan kosmetik lain (gampang diganti atau dihilangkan/dicopot saja jika kosmetiknya ngga kepake)

sekedar share pengalaman saja, bukan menggurui, tapi juga supaya calon2 pembeli ngga khawatir soal perawatan dan mutu, hanya karena harga motor taiwan/cina bisa murah.. (kalo Ruby sih ngga murah.. buktinya saya belum beli. HEHEHEHHEe...)

Ada yang mau menambahkan?
nah loh...gimana nih.. kalo Ruby kira2 penyakitnya sama gak kayak gini????
:big_peace:
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: Kaisar Ruby V250

Post by spin022 »

sastroningratan wrote:KENAPA mocin "MURAH"?
Mocin/motaiwan biasanya cut haga di beberapa komponen, jadinya harga murah. Asal harga masih wajar dan BUKAN murahan(ngga masuk akal), pasti ada komponen yang BUKAN VITAL "dipotong" kawalitasnya, wajar saja karena mereka berpikir toh bisa direplace dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan khusus/merepotkan di negara penerima nanti, karena produk mereka biasanya kompatible dengan merek2 jepang yang sudah pasti ada di negara tujuan penjualan mereka. Biasanya komponen yang jelek/murah cukup sepele. Dari pengalaman, pake sanex skuter dan "moge 250" saya menemui barang2 abal sbb:
1. busi (merek kurang jelas, ganti aja dengan busi ND atau merek lain)
2. koil (oem bawaan umurnya pendek, karena memang asa nyala saja, diganti sangat murah dan mudah)
3. selang-selang dan seal2 karet (ini juga gampang diganti)
4. accu (ini juga gampang dicari)
5. ban (ini juga mnejangkiti motor india, bajaj pulsar dapet ban juga licin sekalee)
6. kampas2 (sanex 250 saya hampir ngga bisa ngerem, kampas tromol belakang alus dari barunya :) )
7. bohlam (mudah dan murah untuk diganti)
8. komponen kelistrikan lain, misal socket juga kadang mutu rendah jadi kurang "menggigit" antar sambungan kabel (ini cukup diperiksa dan dikencangkan, atau diganti juga bisa, di toko2 spesial baut menyediakan hampir segala macam socket yang bahan kuningannya bermutu baik)
9. krom agak tipis/kurang weatherproof (ini musti diperhatikan benar2, jangan biarkan air hujan nginep di krom motor anda lewat 24jam, kalo masih males bersihkan, paling tidak semprot dengan air bersih, jika sempet gosok 2 hari sekali dengan bensin, supaya kilapnya terjaga.)
10. cover jok dan kosmetik lain (gampang diganti atau dihilangkan/dicopot saja jika kosmetiknya ngga kepake)

sekedar share pengalaman saja, bukan menggurui, tapi juga supaya calon2 pembeli ngga khawatir soal perawatan dan mutu, hanya karena harga motor taiwan/cina bisa murah.. (kalo Ruby sih ngga murah.. buktinya saya belum beli. HEHEHEHHEe...)

Ada yang mau menambahkan?
tambah lagi, salah satu motcin yg tidak murah KYMCO, 125cc-nya aja 16jt-an

:D
sastroningratan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by sastroningratan »

wongcilik wrote:
sastroningratan wrote:........dari foto bro Little Wong, kelihatan kalo shock masih tipe biasa, spring dan oli. Pantesan ngegol2 kalo direm.. beban ngga sepadan ama suspensi.
Mau jajal pake shock nitrogen saya bro? marzocchi ex saya pake di motor laki saya dulu, pake nitrogen dan bisa disetel rebound nya. Nyaman banget... Asal tinggi shock sama lho, marzocchi saya ukuran 320..

Thank's infonya bro... ampe motret2 segala, ngerepotin...
Boleh mas bro, kalau ukurannya cocok :) :frm_tumbright:
Aku harus tukar "mahar"/"mas kawin" berapa mas bro? (ma'af lho yaaa ... :) ).
Aku ada PM buat mas bro, tolong diperiksa yaaa.... :) Salam. :big_peace:
pm diroger, bro...
sastroningratan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by sastroningratan »

Prayogr wrote:
sastroningratan wrote:KENAPA mocin "MURAH"?
Mocin/motaiwan biasanya cut haga di beberapa komponen, jadinya harga murah. Asal harga masih wajar dan BUKAN murahan(ngga masuk akal), pasti ada komponen yang BUKAN VITAL "dipotong" kawalitasnya, wajar saja karena mereka berpikir toh bisa direplace dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan khusus/merepotkan di negara penerima nanti, karena produk mereka biasanya kompatible dengan merek2 jepang yang sudah pasti ada di negara tujuan penjualan mereka. Biasanya komponen yang jelek/murah cukup sepele. Dari pengalaman, pake sanex skuter dan "moge 250" saya menemui barang2 abal sbb:
1. busi (merek kurang jelas, ganti aja dengan busi ND atau merek lain)
2. koil (oem bawaan umurnya pendek, karena memang asa nyala saja, diganti sangat murah dan mudah)
3. selang-selang dan seal2 karet (ini juga gampang diganti)
4. accu (ini juga gampang dicari)
5. ban (ini juga mnejangkiti motor india, bajaj pulsar dapet ban juga licin sekalee)
6. kampas2 (sanex 250 saya hampir ngga bisa ngerem, kampas tromol belakang alus dari barunya :) )
7. bohlam (mudah dan murah untuk diganti)
8. komponen kelistrikan lain, misal socket juga kadang mutu rendah jadi kurang "menggigit" antar sambungan kabel (ini cukup diperiksa dan dikencangkan, atau diganti juga bisa, di toko2 spesial baut menyediakan hampir segala macam socket yang bahan kuningannya bermutu baik)
9. krom agak tipis/kurang weatherproof (ini musti diperhatikan benar2, jangan biarkan air hujan nginep di krom motor anda lewat 24jam, kalo masih males bersihkan, paling tidak semprot dengan air bersih, jika sempet gosok 2 hari sekali dengan bensin, supaya kilapnya terjaga.)
10. cover jok dan kosmetik lain (gampang diganti atau dihilangkan/dicopot saja jika kosmetiknya ngga kepake)

sekedar share pengalaman saja, bukan menggurui, tapi juga supaya calon2 pembeli ngga khawatir soal perawatan dan mutu, hanya karena harga motor taiwan/cina bisa murah.. (kalo Ruby sih ngga murah.. buktinya saya belum beli. HEHEHEHHEe...)

Ada yang mau menambahkan?
nah loh...gimana nih.. kalo Ruby kira2 penyakitnya sama gak kayak gini????
:big_peace:
bukan penyakit bro...
kan diganti langsung udah beres...
penyakit motor = udah diganti dan diperbaiki tetap aja rusak terus..
hehehe...
sastroningratan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30

Re: Kaisar Ruby V250

Post by sastroningratan »

tambah lagi, salah satu motcin yg tidak murah KYMCO, 125cc-nya aja 16jt-an

:D[/quote]


bener, kymco mahal dengan kwalitas mesin yang bagus. finishing tetap kurang alus/matang. liat aja kymco udah bulukan, ilang cat, mika lampu burem, tetapi di jalan melaju kencang dan stabil!
artinya kymco cut price di finishing aja! mesin tetap tangguh!
BTW, jika kaisar jika dengan harga segitu udah worted banget!
Finishing toh bisa dicustom sendiri.. misal beli motor jepang, dengan accu basah yang merek bagus, tetap aja kita suka ganti dengan accu kering. Cover jok tidak bermasalah, tetep aja kita suka ganti dengan yang lebih alus (lirik2 yg udah ganti cover), dll..
saya sendiri kalo bisa beli kaisar tanpa ban, tanpa cat, tanpa tas samping, tanpa kaca depan, tanpa cover jok, tanpa lampu belakang, tanpa accu, tanpa suspensi belakang, tanpa board rest, tanpa sein, tanpa spatbor belakang dengan harga 15jt, waaaah saya mau banget tuh. karena kalaupun saya beli, hampir pasti benda2 di atas pasti akan dicustom semua oleh saya. Nah, kan sayang tuh kalo "terpaksa" dibeli cuma ntar diganti? hehehe..
User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01

Re: Kaisar Ruby V250

Post by wongcilik »

sastroningratan wrote:pm diroger, bro...
monggo, diperiksa lagi PM-nya :big_peace: