(info)bagi yg mo beli moge...

Untuk tipe - tipe motor lainnya.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

(info)bagi yg mo beli moge...

Post by azizdth »

Fakta-fakta tentang Moge
Nurul Hidayati - detikcom

Jakarta - Kebanyakan moge adalah hasil selundupan dari negara Singapura. Modusnya adalah dengan mempreteli dan mengemasnya menjadi beberapa paket, kemudian disusupkan di dalam peti kemas.

Itulah sedikit fakta tentang moge yang disampaikan seorang penggemar moge yang meminta agar identitasnya tidak ditulis pada detikcom, Rabu (15/2/2006).

Penggemar moge ini dulunya aktif berkegiatan dengan mogenya. Meski tidak seaktif dulu dalam bermoge ria, menarik juga mengetahui fakta-fakta yang diketahuinya tentang moge:

1. Masuknya Moge ke Indonesia

Moge yang masuk ke Indonesia kebanyakan adalah hasil selundupan dari negara asal Singapura. Modusnya adalah dengan memreteli dan mengemasnya menjadi beberapa paket, kemudian disusupkan di dalam peti kemas untuk bisa masuk melalui pelabuhan Sunda Kelapa, Pasar Ikan (tidak dengan kontainer tapi boks-boks kayu), Tanjung Priok (biasanya difasilitasi aparat BC) atau pelabuhan lain termasuk Semarang dan Surabaya.

Kebanyakan moge yang dimasukkan adalah moge bekas mulai dari kelas Suzuki Bandit 400 cc sampai dengan Honda Goldwing 1800 cc dengan tahun bervariasi. Setelah masuk, kemudian dirakit dan dipasarkan.

Lokasi perakitan biasanya adalah seputaran Mangga Dua dan Pademangan (belakang kantor Telkom Pademangan), Jalan Kran Kemayoran, kawasan Halim, Bintaro dan beberapa tempat lainnya.Tempat-tempat tersebut juga merupakan tempat penjualan moge seken.

2. Kelengkapan Surat

Moge-moge seken tersebut pasti tidak dilengkapi dokumen impor, dan pasti melanggar hukum karena mengimpor kendaraan bekas adalah dilarang. Ada beberapa yang dilakukan untuk seolah-olah melegalkan keberadaan moge tersebut.

Pernah Polda Metro Jaya membuat bantuan STNK (yang hanya berlaku 6 bulan), kemudian dengan bentuk kartu Bina Mitra, terus semacam surat keterangan yang dikeluarkan oleh Polda Jabar.

Hal ini membuat seolah-olah mensyahkan keberadaan moge di jalanan. Cara yang legal adalah dengan menunggu "pemutihan" hingga dokumen impor keluar dari BC, untuk kemudian dibuat STNK BPKB dari Polda Metro Jaya.

3. Arogansi

Pengendara moge dikenal arogan dan sewenang-wenang? Ya mungkin karena merasa beli mahal dan mendapat "surat sakti" pengendara merasa lebih jagoan dari yang lain. Padahal nggak semua begitu, pengendara selain moge juga banyak yang melakukan teror di jalanan misalnya rombongan sejumlah ormas.

Pengendara mobil juga banyak yang arogan dengan memepet dan tidak memberi jalan kepada pengendara motor. Ini semua kembali kepada masalah sifat mental dan akhlak pengendaranya, jadi bukan mogenya yang arogan tapi lebih karena manusianya yang sakit.(nrl)
kayanya kontra ttg club moge yang arogan akan tetap berlanjut nih, naga2nya, bakal ada operasi moge neh...:p

yah, hati2 aja kalo lagi jalan2 di jakarta pake moge, bisa2 diajak konsultasi ama pak pol, krn masalah surat2 nya lagi rame di bicarakan....

nah bagi yang pengen beli moge, bisa nyimak artikel diatas utk pertimbangan selanjutnya...
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Teori gw, ini salahnya pihak2 yang berkaitan dengan perizinan dan perdangangan moge.
Coba kalau perihal moge dibebaskan begitu saja :
pemilik moge khan akan tersaring secara alami, jadi bukan hanya yang 'mampu' utk nebus harga selangit dan surat2 ekslusif. Syukur2 yg mampu ini mental bermotornya matang secara alami, lha yang karbitan ini yg suka bikin masalah di jalanan.
Coba lihat yg punya tiger/scorpi/thundi250/ninja, yg notabene termasuk motor sport besar(dibanding tipe bebek), karena ngga 'diatur2' seperti moge, perkembangannya lebih alami. Mereka2 kebanyakan ngga arogan, walaupun ada segelintir tetapi kebanyakan ngga. Ini karena kita bicara dlm jumlah motor tsb banyak. Sedangkan the-so-called-Moge jumlahnya khan ngga banyak, karena sedikit inilah maka kalau ada yg ngeyel jadi lebih kerasa/tersorot.

Bingung?
hehe, gini .. kalau moge banyak, khan kadar ekslusifitasnya jadi lebih rendah, maka rasa utk menjadi arogan akan tertekan secara natural.

Okelah atpm sini gak mau bikin motor2 tsb dengan alasan kurang menguntungkan. Tapi konsumen memangnya semua merasa diuntungkan dengan pilihan yang dipersempit ke tipe bebek ?
Hnnah, seharusnya IU (importir umum) jangan dipersulit , demikian pula surat2nya dan pajaknya seharusnya dalam taraf wajar, atau malah bersaing dengan motorsport lokal.
Bayangkan misal utk kelas 250cc, pajak Ninja250R CBU cuma 10% lebih tinggi dari Thunder250 ..
Ini juga utk merangsang ATPM merakit motor2 sport/moge (at least CKD lahh).

(Hmmppff..gw pengen punya moge (anggap Kawasaki ZZR250 moge dehh), dipakai utk weekend, sekedar untuk mendapat kenikmatan bermotor , tapi gak masuk klub2, bayar pajak dgn tarif reasonable, gak diincer2 polis.. hmpfff..)
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

ane juga pengennya begitu bro, makanya ane ngimpi2 punya moge2an 250cc krn disini masih legal, bisa tenang...niat zongshen...realisasi, susah dihubungi, hyosung masih kemahalan, suzuki intruder apalagi...paling banter nebus binter trus dimodif chopper, atawa beli moge mini macam bembi, aman kan dibawa ke jalan raya, bebas pajak, sim, stnk, krn pake mesin potong rumput...cuman lucu kali yah, dijalan raya ada moge mini nyelip diantara keramaian jalan raya, keasepan terus tuh...
User avatar
herry_chen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Tue Sep 21, 2004 15:43
Location: Jakarta utara

Post by herry_chen »

bung yoyoyo,memangnya ninja 250r sudah ada ya,kl ada brapa duit tuh,tertarik gue,trims
Hati2 dlm berkendara.Utamakan keselamatan dan keluarga.
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Kalau yg dimaksud "udah ada" itu dari PT KMI, jawabnya: belum.
Tapi kalau memang blm tahu apakah 250R eksis/tidak, jawabnya: udah ada.
Harga gw gak tau, lsg aja tanya2 sama IU(importir umum) yang ngimpor CBR150, KRR ZX150, etc.

Ninja 250R(atau Kawasaki EX250/GPX250)
Image

body 250R lebih konservatif dibanding Kawasaki ZZR250 .
Image
Tapi menurut yg udah test, handling/manuver ZZR250 tidak sebaik Ninja250R.

Ada satu lagi , ZXR250,
Image
dari gambarnya bisa dilihat shock udah upside down, spion beda, seat terpisah, ada pipa apa tuh dekat setang 8) .Perbedaan lainnya ZXR250 dng 250R/GPX250/EX250/ZZR250: 4cylinder(vs 2cyl.) , 16valve(vs 8valve), single muffler (vs double)
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

mudah2an yg masuk ke indo itu yg tipe zxr250 :) so pasti pada tewas deh motor2 sport 4 tak di jkt, huehehe...setau gw tipe 250 cc kawak harga barunya sekitar 3900 an US$....40 jutaan donksssss..... :(
Just Call Me Nichol !!!
fajar_text
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Sat Jan 21, 2006 14:35
Location: Pontianak Indonesia

setuju

Post by fajar_text »

saya setuju dengan bro bro mengenai moge, kita orang Indonesia sudah dibodohi ATPM dengan penyempitan pasaran dengan bebek mana bebek mahal lagi bandingkan dengan THailand dengan uang 9 - 10 juta udah dapat bebek kelas shogun, karisma dan dengan 12-13an juta udah dapet ayam jago sonic, 15-16 an juta udah dapet CBR150 bandingin deh dengan Indonesia

Kenapa moge tidak dilegalkan dan dijual bebas saja atau ada oknum - oknum yg akan kehilangan kangtaw kalo moge dilegalkan dan diproduksi di Indonesia, sehingga masalah moge statusnya tetap gelap sampai sekarang.

kalo moge diproduksi dan dibebaskan penjualannya serta moge merupakan produk yang legal tentunya akan mempercepat perkembangan teknologi otomotif di tanah air dan ATPM tentunya akan lebih terpacu
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hehe..motor di indo memang mahal, tapi kenapa ya justru di indo gampang banget beli motor...di jalan2 banyak bener motor (dan mobil). apa manusianya dah kebanyakan? bingung juga...dibilang mahal, tapi banyak yg pake motor bukannya sepeda..dibilang murah, tapi masa harga motor di indo bisa kadang 2x lipat dr harga luar negri?

lantaran negara kita negara miskin, pendapatan perkapita kecil; so pasti moge termurah sekalipun tetep gak akan selaris bebek..alhasil kangtauw atpm mandek. Gw malah berharap amerika dan inggris menjajah negara kita sekarang, biar mereka yg mengatur negara ini supaya naek derajatnya..inilah efek negatif dijajah kelamaan sama negara gembel (belanda). Siapa tau stlh dijajah nanti, nanti anak2 sm dah ngomongin motor 600 cc keatas. haha
Just Call Me Nichol !!!
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Post by azizdth »

bro Nich...kalo ane mah ga mau dijajah amrik atawa inggris, kalo ama bangsa amazonia pimpinan xena boleh lah....:)
seksi-seksi... :lol: :lol: :lol:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

memangnya situ mau dijajah wanita? hehe..justru kita cowo2 yg hrs menjajah dan mengeksplorasi mereka :p
bisa jadi kita gak lagi naekin motor kemana2, tapi naekin cewe kemana2..
Just Call Me Nichol !!!
shichibukai
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri May 04, 2007 3:22
Location: Jakarta Pusat

Post by shichibukai »

Saya hanya ingin mengomentari pembicaraan anda mengenai STNK yang di berikan oleh Polda terhadap biker's yang memiliki moge.. Itu hanya berlaku dan di terapkan di daerah bandung, itupun dengan membayar administrasi yang cukup mahal! Di jakarta tidak ada hal seperti itu.. dan masalah pemutihan untuk surat pemilik moge di jakarta juga masih belum jelas..

Bila anda tidak percaya mengenai sanggahan saya terhadap STNK moge silahkan tanyakan langsung kepada Polda Metro Jaya!

best regards
[email protected]
apoc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 26, 2007 13:42

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by apoc »

Bro , apa beda suara knalpot zxr250(4 silinder) dengan new ninja 250 (2 silinder) ??? apakah kedua nya udah mirip suara moge 400cc keatas ?
ivancustom
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Feb 14, 2008 3:11

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by ivancustom »

suara knalpot ditentuin sama jumlah silinder, langkah silinder jg pengaruh, mesin in-line, mesin v twin, twin, pokoknya banyak deh faktor pengaruhnya.
yang pasti 4 silinder beda suara 2 silinder ( buat kuping awam mirip2 ) klo sama 400cc keatas asal sesama 4 silinder hampir sama.
tapi semua motor klo keabisan bensin sama semua..( hehe... )
User avatar
Mixer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
Location: Surabaya

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by Mixer »

kira2 2 hari lalu gw baca di jawapos kalo SUZUKI motor corp-jepang mau mendirikan pabrik moge di Indonesia & akan menjadi basis produksi moge 600-1300cc pada thn 2015 kalo tdk salah, kira2 ada info lain gk mengenai info ini?
VicDpaladin45
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Feb 01, 2008 0:39

Seputar regulasi.

Post by VicDpaladin45 »

Hi all! Numpang tanya, boleh, ya. Ogut mau tau tentang seputar regulasi mengenai operasional Moge di jalan raya. Apakah ada undang2 yg mengatur (atau melarang) beroperasinya Moge di jalan raya. Secara pribadi, saya jarang sekali melihat moge beraksi individu di jalan raya. Kalaupun ada, biasanya malam hari; entah sendiri atau rame2.

Saya pernah dengar-dengir kalau motor berkapasitas silinder diatas 250 cc DILARANG beroperasi di jalan raya.

Saya mohon penerangan dari teman2 yg bercakrawala luas dibidang ini. Kalau bisa tambahkan dan lampirkan bukti2 seperti UU yg terkait, dsb.

Makasih banyak para Big MoBikers!

4 Wheel for Live, 2 Wheel for Soul
azizdth
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 986
Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by azizdth »

kalo menurut ane sih, bukannya dilarang, tp biasanya, di indo, motor2 moge banyak yg bodong, makanya sering kena razia, kalo surat2 resmi lengkap, ga masalah kayanya. logikanya, ngapain suzuki ngeluarin mogenya dan mabua jualan harley kalo di larang jalan? cuman krn regulasi disini hanya utk kendaraan di bawah 250 cc utk motor, makanya surat2 kelengkapan tsb agak sulit ngurusnya dan biasanya mahal, makanya banyak yg milih bodong dan jalan hanya saat2 tertentu, hal ini malah mubazir.
kalo bukti terkait hal ini spt UU-nya saya ga ngarti, ga punya moge, punyanya mocil...:)
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by roadtrain99 »

setau gw, yg bodong setelah kejadian ibu sarie itu memang moge kerap kali terkena penyisiran, tapi 2 tahun belakangan ini moge2 bodong udah jarang berkeliaran, mereka terlempar ke luar kota, seperti bandung masih bisa dapet stnk. Apalagi di bali, dari 2002 saampe skrg masih bisa dapet stnk asal tidak keluar pulau bali.

btw, soal moge sport, dealer resmi kawasaki udah menjual versi moge2nya, ada dibeberapa majalah / koran otomotif diumumkan. yamaha dan suzuki atau honda belum tau kapan nyusul.

klo ada yg mo beli moge bodong atau surat boleh liat2 koran kompas/suara pembaruan, atau juga ke www.bursamoge.com
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Seputar regulasi.

Post by roadtrain99 »

VicDpaladin45 wrote:Hi all! Numpang tanya, boleh, ya. Ogut mau tau tentang seputar regulasi mengenai operasional Moge di jalan raya. Apakah ada undang2 yg mengatur (atau melarang) beroperasinya Moge di jalan raya. Secara pribadi, saya jarang sekali melihat moge beraksi individu di jalan raya. Kalaupun ada, biasanya malam hari; entah sendiri atau rame2.

Saya pernah dengar-dengir kalau motor berkapasitas silinder diatas 250 cc DILARANG beroperasi di jalan raya.

Saya mohon penerangan dari teman2 yg bercakrawala luas dibidang ini. Kalau bisa tambahkan dan lampirkan bukti2 seperti UU yg terkait, dsb.

Makasih banyak para Big MoBikers!

4 Wheel for Live, 2 Wheel for Soul
waduh info darimana tuh? Jgnkan moge, mobil elo kalo ga ada surat lengkap juga ga boleh dipake dijalan raya. Gw sering solo riding sendiri tanpa group, krn full surat, sama seperti kendaraan lain, kena macet, panas, ujan. Polisi malah cuek2 aja, ga merhatiin. Mungkin kalo sama2 berhenti dilampu merah, bisa kasih anggukan atau tangan.
intinya selama ada kelengkapan surat2 kendaraan, bebas2 aja pake nya. yg bingung motor kecil yg gampang dan murah suratnya malah jarang yg urus stnk,.malah kadang2 sim ga punya, ga pake helm, lampu nya ga dipasang..aneh kan. Kalo moge mo jalan pasti helm tuh kudu deh.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re:

Post by roadtrain99 »

nichol wrote:hehe..motor di indo memang mahal, tapi kenapa ya justru di indo gampang banget beli motor...di jalan2 banyak bener motor (dan mobil). apa manusianya dah kebanyakan? bingung juga...dibilang mahal, tapi banyak yg pake motor bukannya sepeda..dibilang murah, tapi masa harga motor di indo bisa kadang 2x lipat dr harga luar negri?
bener mas, hrg kendaraan di indo lebih mahal daripada di luar. Tapi tetep aja org2 beli. Liat spt ferrari sampe 2M lebih tetep ada yg beli, dan ada klubnya. hrg hd ultra (touring yg besar) itu bisa 380jtan, padahal di us nya sana paling sekitar 20ribu US x9rb baru sekitar 180jt, kayak softail nigtrain 01 di us harga sekitar 10ribu, berarti cm 90jt.

menurut gw, org terlalu banyak numplek dijkt. dan lagian, proses dapet kredit motor kecil terlalu mudah, padahal gw udah liat banyak banget tuh motor kreditan di tarik dan dilelang lagi oleh bank, gara2 ga sanggup bayar cicilan. Pemerintah ga merhatiin hal2 seperti ini, nanti bank kebanyakkan keluarin duit, terus ga dapet ganti cicilan..bisa2 jadi kredit macet kayak jaman dulu..kacau deh.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: (info)bagi yg mo beli moge...

Post by roadtrain99 »

soal kabar pemutihan yg udah muter2 dikuping para moge biker sejak 3thn, tetap tidak bisa direalisasikan. Padahal para owner yg bodong2 itu sangat antusias sekali, bahkan banyak yg sudah mendaftarkan VIN motor nya dan disampaikan melalui club masing2.
Harga yg diminta bea cukai terlalu tinggi yaitu 150% dari harga beli yg ditaksir. Mungkin owner nya pasrah aja, daripada harus jual rendah mendingan dia suratin bisa pake. Nah yang taksir siapa, kalo bea cukai taksirannya seenak jidat..wah repot owner nya. Krn yg bodong2 itu kan beli nya murah, sehrg negara2 asalnya. Pake diitung bea import, lah itu ngapain lagi, pajak nya aja tok yg diitung.
Sekarang pemutihan makin simpang siur, kayaknya pemerintah nya sendiri pun ga serius...yah indonesia raya.
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Re:

Post by Prive »

roadtrain99 wrote:menurut gw, org terlalu banyak numplek dijkt. dan lagian, proses dapet kredit motor kecil terlalu mudah, padahal gw udah liat banyak banget tuh motor kreditan di tarik dan dilelang lagi oleh bank, gara2 ga sanggup bayar cicilan. Pemerintah ga merhatiin hal2 seperti ini, nanti bank kebanyakkan keluarin duit, terus ga dapet ganti cicilan..bisa2 jadi kredit macet kayak jaman dulu..kacau deh.
emang disini apa2 pake kredit, malah ada yg kredit harian sehari 20ribuan, lama2 bisa jadi subprime [cencored] juga kayak di US