Page 1 of 2

New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Fri Sep 08, 2006 4:35
by yoyoyo
guys..
kawasaki sedang menggodog produk itu, seperti pernah dibocorin di Motorplus
yg mengasyikan PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) ikut serta di dlmnya .
dan salah satu staffnya memberikan kesempatan kita utk beri saran masukan !! 8)
Subject: pengen skubek kawasaki kyk gmn?

From: ricky-kmi [et] khi.co.jp < ricky-kmi [et] khi.co.jp>
Date: Mon, Sep 4, 2006 at 10:12 AM
Subject: pengen skubek kawasaki kyk gmn?


alo bro2 semua

sekarang ni kawasaki lagi ngegodok nyang namanye skubek ala kawasaki...
ane butuh input dari bro2 semua, masukan tentang segala macam rekomendasinya untuk skubek kawasaki nantinya..
boleh dari rekomendasi desain/model, fitur2 yang diinginkan, teknologi yang diimpikan, warna yang diharapkan, engine kayak gimana, dan apapun deh..
pokoknya silahkan kasih masukan sampai hal2 yang sedetail2nya dan ide2 yang mungkin ga kepikiran agar skubek kawasaki paling canggih dan top daripada skubek nyang udeh beredar sekarang ..
masukannya ditunggu sesegera mungkin dalam waktu 1-2 minggu agar nanti bisa ane rekomendasiin ke jepang sana..
ok bro..

thanks'
bro ricky
C'mon guys.. yg mau kasih saran, terserah disini atau email/pm ke beliau.
Kalau saran2 yg disini (beserta gbr/sketch) , nanti dikabarin URL ini agar dia pantau.

Posted: Fri Sep 08, 2006 4:43
by anak_singkong
apa Kawasaki gak ngeluarin skuter-matic? kayanya blm pernah tahu tuh..

klo soal warna sy rasa warnanya hijau khas Kawasaki modelnya paling2 gak beda jauh sama ZX-130. cuma jgn terlalu lancip2 kaya ZX-130 gitu. paling gak ada bagian2 lekuk2an dikit.

tepatnya 'perkawinan' model antara ZX-130 dgn Blitz deh..

siapa tahu nanti kebagian test ride lg nih? :)



Image

Posted: Fri Sep 08, 2006 6:20
by yoyoyo
gw nemu paling ini bro
Kawasaki Epsilon 250 :e-drool:
http://www.kawasaki-motors.com/model/ep ... /index.jsp
250cc
dual disc
klo spt ini lancip2 ngga bro?
Image

Posted: Fri Sep 08, 2006 10:45
by atjep
1. Minta harga bersaing hehehe :P
2. Ground Clearance yg tinggi biar ga mentok di polisi tidur
3. Bagasi yang lebar
4. Ga usah buka jok kl isi bensin kayak ZX deh

ayo tambah2

Posted: Sat Sep 09, 2006 11:44
by budzaemon
haduh skubek ya.. gimana klo sportmatic, kasih nama ninjamatic..... atw bentuknya futuristik kayak Spin 125 garapan Udin Fakkar Jatayu di M+ yang baru tuh..keren kali ya... :-P

ga begitu suka dengan skubek jadi ga bs kasih masukan lebih..

Posted: Sat Sep 09, 2006 13:00
by aguslay
Kapasitas tangki bensinnya minimal 4,5 Liter... soalnya kesel mesti sering2 ke pom bensin...!! he he he... trus sedikit menceng gimana kalo ini motor matic ( automatis persnelingnya) tapi pake tuas koplling manual ... gimanaaa ???.... pikirin deh... he he he

Posted: Sat Sep 09, 2006 16:47
by su_minson
Ini dia yang ditunggu-tunggu

Kalo saran gw sih Begini:

1.Gw perlu Skubek dengan alasan praktis Jadi kapasitas bagasi mesti super luas yang Water proof. Ngisi bensin mirip Zx-130 dengan kapasitas tangki yang besar Minimal 5 liter.

2.Skubek dengan mesin yang simple saja. bila ingin menambahkan teknologi canggih pada mesin boleh-boleh saja tapi ikut dipertimbangkan metode perawatan yang paling mudah atau bisa dilakukan sendiri bila teknologi tersebut diaplikasikan ke mesin skubek.

3.torsi mesin sangat diutamakan.

4.desain yang diharapkan sesuai dengan fungsinya bukan hanya menang model.

5. baut bodinya jangan banyak-banyak yang penting erat melekat dengan jumlah baut seminimal mungkin.(cape bukanya)

6. posisi riding yang tidak mudah lelah.

7. sparepart kalau bisa kanibal dengan Kaze atau sejenisnya biar gampang.

8. Stabilitas kalau bisa lebih dari zx

9. suara knalpot agak ngebas dikit. biar ngak usah beli knalpot abal-abal.

10. wajib rem disk

11. Bodi jangan terlalu lebar.

12. rem belakang jangan dituas setang kiri tapi pakai rem kaki.

13. lampu sein, stop, senja pakai LED

14. konsumsi bensin kalau bisa yang irit 1: 58 juga udah ok.

15. ccnya 130 keatas jadi pionir skubek tenaga badak

16. warna kalau bisa polos juga mirip Zx

17. buatlah motor yang handal dalam arti tidak mudah berkarat, tidak cengeng walau melibas banjir, mudah dalam perawatan. dan yang terakhir jangan sampai menjual quantity tapi jual quality. pertahankan image itu.

Posted: Mon Sep 11, 2006 17:51
by jihad koplo
klo bisa lampunya seperti kawazaki ZX10, dengan ram air&downdraf carbu biar tambah powerfull

Posted: Mon Sep 11, 2006 18:21
by nichol
1. Mesin kl 4 tak wajib min 300cc, kalo mo pake 2 tak min 150cc...why? Krn kalo cc kecil, org bakal lari ke honda ato yamaha kalo mrk keluarin skubek juga. Pasti!

2. Bagasi pasangin aja kulkas kecil bertenaga aki add-on, ada on-off nya, siapa tau biker mo dinginin minuman buat di perjalanan. hehe..

3. Dashboard pake indikator elektronic semua (100%)! termasuk pake sensor infra merah buat liat jalan kala malam hari, kayak yg dipasang di Benz ato jaguar gitu.

4. Warna pake yg terang/ candy, kalo perlu pake cat bunglon spies hecker.

5. BBM gak usah dipikirin, no pain no gain, yg penting jgn sampai dibawah 1:30. Jgn lupa install jg nitro boost di pembakarannya.

6. Kursi penumpang belakang dibuat semi terpisah dgn pengendara (kayak di motor gold wing gitu), plus fasilitas music player, TV mini.

7. Dimensi sedang, jgn terlalu besar, juga jgn terlalu kecil. Macam motor mio lha.

8. Stripping boleh pake boleh nggak, yg pasti kalo ada stripping, pake yg fosfor biar keren di malam hari.

9. Fasilitas alarm super canggih dan keylock super pinter biar aman dr maling, kalo perlu pake sensor chip kayak di HP Vertu yg bisa ngedeteksi lokasi dikala hilang/dicuri, n bisa di lock mesinnya via satellite biar gak bisa dipake kalo dicuri/hilang!

10. Knalpot yg pasti full racing n full bass (kalo 4 tak), tp jgn bass kayak di bebek2 skrg, itu mah bukan bass, tapi bass betot kayak yg dipake bences, pake bass yg bener2 mirip moge zx13r, hehehe...

11. Harga? 25-30 juta sih masih reasonable.

12. tambahan lagi, wajib pake velg racing tapak lebar, ban luar minimal battlax (masa irc sih, malu dong!), arm gede biar kokoh n jantan, monoshock nitrogen, Spion elektris, stang model super sport-touring.

Posted: Thu Sep 14, 2006 10:24
by su_minson
kalo menurut spek bro nichol mungkin harga segitu masih off the road kali ya?

Posted: Mon Sep 18, 2006 9:50
by jihad koplo
menurut saya, specnya mr nichol dijual terpisah aja jd harga bisalebih murah,kan gak semua butuh kulkas,inframerah,dll

Posted: Mon Sep 18, 2006 17:38
by jojo
kalo mnurut gw, tuh motor dibikin satu aja buat bro nichol doang, sisanya bikin yang 13-15jt an ajah. spek terserah yang penting ada maticnya (perlunya matic kan?!!)

Posted: Wed Sep 20, 2006 4:05
by atjep
Kymco ngeluarin skuter baru di taiwan sono bentuknya mirip sama kaze130-nya kawasaki jangan2 ntar bentuknya skumatik kawasaki kayak gini juga ?

Image

Posted: Wed Sep 20, 2006 17:01
by jojo
cuma mirip di batoknya doang ah... lebih tepatnya kymco free lx + batok kaze130

Posted: Tue Sep 26, 2006 4:13
by yoyoyo
ini reply gw thdp email bro Ricky-KMI
Skubek menurut gw ada 2 genre: UMUM & SPORT.
Sekarang yang umum dulu deh, maksudnya utk cowo&cewe dlm segala
keperluan. Kalau mobil istilahnya MPV gitu deh.

Skubek UMUM

# Body
- jangan terlalu ZX130, tetapi kombinasikan garis tegas dng
lengkungan2 seperti pada Mio/NouvoZ. Spin terlalu mbulet2 kayak mocin.
Porsi body yang painted harus proporsional, jangan seperti Spin
(bagian plastik hitam dibawah jok Spin terlalu luas/dominan)
- jangan terlalu lebar seperti type2 kymco yg dulu (european style) ,
kira2 seramping Mio. Coba lihat Kymco FreeLX yg baru itu, dia lebar
610mm (vs Mio 675mm) tapi masih tetap bisa punya bagasi besar.
- Bagasi dibawah jok hrs masuk helm Fullface. Sekedar refrensi, Bajaj
Wave ( http://www.bajajauto.com/wave/ ) dengan dimensi lebar 680mm
bisa punya bagasi 20liter! Dia tangkinya di bawah jok. nah kalau
tangki skubek Kawasaki dibawah dek, bayangkan berapa kapasitas yang
mungkin :)
- ada bagasi depan seperti NouvoZ
- Desain lantai harus lega, paling tidak selega Mio, kalau bisa kaki
bisa naik seperti di FreeLX.
- posisi fueltank di bawah dek, Ok deh, sekali lagi.. tengok FreeLX
:-)) dan harus lebih 4 liter .
- Isi bensin jangan dari bawah jok (aduh, nengok Kymco lagi nih, jd malu :oops: )
- Lampu (sadly) diatas aja deh. Riset membuktikan org indo lebih suka
yg gini dibanding lampu di body. Tapi utk tipe UMUM aja ;) utk tipe
sport sebentar ya ,hehe. Pokoknya lampu harus keren utk cewe&cowo, ga
boleh bikin lampu yang culun.
- Lampu sein dipisah ya, jangan nempel seperti Blitz.
- Lampu harus terang ya, supaya enak waktu hujan, yukk pelajari
lampunya Yamaha :)
- Speedometer jarum, fuel gauge jarum, tachometer dng LED (hijau ke
kuning ke merah , sepertu VU meter pada tapedeck jaman dulu itu lohh)
, maksudnya utk menghemat space daripada tacho model jarum. Model
digital lcd ngga dipakai karena takut mudah error.
- Body depan jgn yg panjang ke bawah menjadi spakbor (spt pada Kymco
TrendSR), tapi spakbor nya tetap terpisah seperti ZX130.
- Ground clearance harus cukup tinggi ketika boncengan, untuk lewat
polisi tidur.
- Single-shock belakang diameter besar dan pegasnya dng 2 jarak
(double gap?) seperti ShogunSP agar tidak terlalu keras.
- Ban jangan 14" , tapi 12" tebal seperti Kymco FreeMX , alloy, dan
harus tubeless. Modifikasi sekarang "sadar" bahwa dng 14" rasa
skuternya berkurang. Tapi karena 10" kekecilan, ya ambil tengahnya 12"
. Nah disini kawasaki memberi fitur, tanpa perlu dimodif, udah dapet
scooter-feel nya.
- Depan disc brake, belakang tromol (utk menekan harga)
- Handling dan kekuatan mantap , tradisi Kawasaki.
- tempat duduk 2 level seperti ZX, dan harus cukup lebar
- grab bar tipe cor/casting, jangan tipe pipa.
- posisi kaki penumpang belakang harus enak dan tidak mengena sikut pengemudi
- lampu rem dan sein belakang gaya ZX deh, bening dng warna di dlm .
Klo bisa agak smoked seperti Spin-R.
- Spakbor belakang panjang, air tdk boleh ciprat ke boncenger.

# Mesin
- 125 cc , bore:stroke square ratio (kata wikipedia 0.95 sampai 1.04)
- 4 valve, with roller rocker arm
- CVT nya pelajari punya Spin, katanya lebih cepet dapet torsi dan ok,
jadi lebih irit BBM pula.
- Dual Spark (dua busi), karena Kawasaki punya hubungan dengan
BajajAuto ( http://www.bajajauto.com/1024/aboutbajaj/kawasaki.asp )
mungkin bisa akses fitur DTS-i nya, juga fitur ExhausTEC nya.Kedua
fitur ini diterapkan di skubek BajajWave (
http://www.bajajauto.com/wave/ ) , lumayan buat nambah irit BBM
- CDI, jangan TCI
- Karbu ZX dan Mio sama ya? Keihin NCV24. Ya udah ini juga boleh.
Pakai TPS juga ngga? pakai ya.. pokoknya harus jalan tuh TPS-CDI-DTSi
nya.
- sistem Pendingin udara (low maintenance)
- Accu MF
- demi Euro-2, sertakan fitur semacam HSAS nya kawasaki.
- knalpot ngga usah pakai catalytic converter(CC) lah, ntar mampet
lagi. Kecuali kalau mau seperti punya JupiterMX , dimana kalau CC nya
rusak ngga bikin mampet.

# lain-lain
- secure key shutter seperti di ZX , dng multifungsi seperti Kymco FreeLX
- spion jangan terlalu panjang melewati stang dan besar, cerminnya nih hrs ok.
- ada gantungan di bawah stang, tapi bisa ditekuk ke dalam (lagi2
lihat Kymco,hehe)
- ada tombol passing lamp dan hazard :)

# short resume tipe UMUM:
- desain yang fresh dan ok, sporty utk cowo&cewe (unisex)
- LED tachometer
- bagasi extra gede
- tinggi dari tanah
- ban 12" bikin rasa skubek lebih kental , tubeless pula. Telapak
lebar bikin nyaman di tikungan.
- teknlogi pilihan (krn rilis setelah saingan2nya), lebih bertenaga
tetapi irit bbm & low maintenance



Skubek SPORT
Sekarang utk skubek tipe sport

# Body
coba lihat CPI GTR-150 bro
http://www.cpi-usa.com/products/product ... el=scooter
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... hlight=cpi
Kebayang khan kira2 skubek tipe sport yg dimaksud? :)
- ada rangka tengah, jadi mirip NouvoZ, tapi jauh lebih sporty
- pipa trellis diganti seperti deltabox
- body kombinasi garis tegas dgn lengkungan
- lebar seperti ZX atau kurang sedikit
- bagasi setidaknya ada seperti si GTR150 ini.
- ada bagasi depan (paling tidak 1 buah)
- fueltank pun di tengah ,diapit deltabox
- maka namanya CFI = Center Fuel Inlet ( hehe)
- Lampu depan bisa dari style
ZX-6R http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX636C6F_7.jpg
ZX-10R http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX1000D6F_7.jpg
ZX-12R http://www.kawasaki.co.nz/gallerywindow/ZX1200-B4_1.jpg
- Lampu sein bisa di tertanam sayap atau di samping masing2 lampu depan
- Lampu juga harus terang, learn from Yamaha's
- Speedometer bisa dng style ZX130 karena stang skubek ini lebih lebar
khan. Lampu Gear ditiadakan, Warna dasarnya putih/gelap, jangan
kuning-silver seperti ZX versi baru2 ini.
- spakbor pada shock depan seperti CPI
- groundclearance tinggi
- Dualshock + multigap spring
- Ban 17" (woohoo!!), lebar, tubeless, alloy.
- Discbrake depan, kalau bisa lebih besar dari ZX
- Discbrake belakang
- tempat duduk terpisah (agar bisa akses bagasi belakang tanpa lepas front seat)
- grab bar tipe casting
- Lampu rem tipe LED, lampu sein belakang tipe kuping
- Spakbor belakang seperti CPI, tetapi lebih panjang agar tidak
menyiprat boncenger

# Mesin
- 145-150cc
- 4 valve, with roller rocker arm
- CVT nya pelajari punya Spin, katanya lebih cepet dapet torsi dan ok,
jadi lebih irit BBM pula.
- Dual Spark (dua busi), karena Kawasaki punya hubungan dengan
BajajAuto ( http://www.bajajauto.com/1024/aboutbajaj/kawasaki.asp )
mungkin bisa akses fitur DTS-i nya, juga fitur ExhausTEC nya.Kedua
fitur ini diterapkan di skubek BajajWave (
http://www.bajajauto.com/wave/ ) , lumayan buat nambah irit BBM
- CDI, jangan TCI
- Karbu upgrade lah, Keihin NCV25? andai dng TPS.. pokoknya harus
jalan tuh TPS-CDI-DTSi nya.
- sistem Pendingin udara (low maintenance)
- Accu MF
- demi Euro-2, sertakan fitur semacam HSAS nya kawasaki.
- knalpot ngga usah pakai catalytic converter(CC) lah, ntar mampet
lagi. Kecuali kalau mau seperti punya JupiterMX , dimana kalau CC nya
rusak ngga bikin mampet.

# lain-lain
- secure key shutter seperti di ZX , dng multifungsi seperti Kymco FreeLX
- spion jangan terlalu panjang melewati stang dan besar, cerminnya nih hrs ok.
- ada tombol engine run, passing lamp dan hazard :)
- kelistrikan lampu langsung Accu, seperti Honda Tiger.
- knalpot ditambah dengan protector seperti ZX130
- footstep depan&belakang gantung seperti CPI

# short resume tipe SPORT:
- desain yang sporty mutlak ;-)
- tachometer
- tinggi dari tanah
- ban 17" bikin rasa skubek sport lebih kental , tubeless pula.
Telapak lebar bikin nyaman di tikungan.
- teknlogi pilihan (krn rilis setelah saingan2nya), lebih bertenaga
tetapi irit bbm & low maintenance
- tercanggih dan top


Saran WARNA2 SKUBEK
- berbagai candy tone
- untuk warna gelap (hitam,biru tua) ditambah lagi clear/vernis nya,
supaya lebih tahan gores
- Striping jangan terlalu colorful. Kalau pusing, sayembarakan aja ke
kampus2 , pasti banyak yang minat dan desainnya ok punya. Gw akuin ZX
dng striping yg terbaru boleh juga walaupun colorful. Kalau yang
sebelumnya seperti McLaren Mercedes, dan Yg pertama sekali Tribal nya
ngga greget..

Segitu dulu bro, thanks.
trus ada komentar lagi dari bro Ricky:
terimakasih banyak atas inputnya..sangat berharga sekali.......
ane juga menunggu inputan bro untuk produk2 kawasaki yang lain...ok bro...
sekali lagi terimakasih

Posted: Tue Sep 26, 2006 7:59
by dado
wah klo udah minta permintaan banyak2 ntar klo launching harus beliiii doooong!!!!

Posted: Wed Sep 27, 2006 23:08
by yoyoyo
gw ngasih input kok. yg minta input khan bro Ricky :p
permintaan gw sih cuma 1 deh: testride utk SerayaMotor 8)

Posted: Fri Sep 29, 2006 11:48
by atjep
ihihih ternyata lebih mengacu pada Kymco yah Bro Yoyoyo, gw nunggu perkembangan aja ah ...

Posted: Sun Oct 08, 2006 6:14
by yoyoyo
atjep wrote:Kymco ngeluarin skuter baru di taiwan sono bentuknya mirip sama kaze130-nya kawasaki jangan2 ntar bentuknya skumatik kawasaki kayak gini juga ?
Kymco VP125 ini..
http://www.kymco.com.tw/products/models/vp125/vp125.asp
Image

hmm..
gimana ya..

lihat mplus minggu ini?
yep.
ada Yamaha Cygnus X 125Fi
http://www.mtuo.com/chemi/detail.asp?id=285
http://www.ibike.com.hk/01_bike_report/ ... _fi/01.htm
Image
http://www.ibike.com.hk/01_bike_report/ ... 25/x01.htm?
Image

duh.. kok saling tukeran lisensi kyknya ?
pusing gw :lol:

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Thu Mar 06, 2008 9:00
by m4x
Akur ama bro Yoyoyo
Sekalian aja keluar 2 versi matic..standard dan sporty. Untuk tipe standar body yg enak diliat..terutama buat lady biker...warna2 menarik.
Untuk tipe sporty body lebih besar dengan nuansa yg cowok banget...spt ZX tp dg garis yang lebih lembut dan elegan.
Besar cc nya kalo bisa lebih besar dari yg ada dipasaran... kira2 125cc - 150cc.Pendingin udara utk standar dan pendingin air optional utk tipe sporty.
Fitur2 yang memberi kenyamanan & keamanan diutamakan spt charger HP, hazard lamp, bagasi besar, handbrake (spt vario) dll.
Ban tubeless
Harga yg kompetitif, cukup irit.

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Tue Mar 11, 2008 9:00
by anak_singkong
wah..wah..
koq kyanya salah ruangan nih? bukannya udah ada ruangan khusus utk diskusi skubek???

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Wed Oct 07, 2009 0:08
by wien
Pokoknya kalau ada warna LEMON GREEN, aku sudah berencana beli.............

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Fri Oct 09, 2009 4:58
by kutilank
Ada kabar angin...skuter otomatis kawasaki baru akan dipasarkan di philipina dulu, taon depan baru masuk ke indonesia. Buat yg punya atau udah pernah naek kymco Free LX pasti gak bakal asing lagi kalo liat :D

Btw, skubek itu apaan sih? trus knapa disebut skubek ?

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Fri Oct 09, 2009 5:53
by TUFF Stough
Skubek = skuter rasa bebek alias skuter dengan velg ring 16" ke atas

Re: New Kawasaki scooter,skutik,skubek (apapun namanya,hehe)

Posted: Mon Oct 12, 2009 9:29
by spin022
disini ada skuter kawasaki yg mau dijual di filipina :D

http://www.istorya.net/forums/automotiv ... ooter.html