Modif Motor Bahan Bakar Air

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Cloud wrote:Kalau untuk di motor, mending pake yang pemakaian arus kecil, mengingat sistem pengisiannya juga kecil. lain halnya di mobil, sistem pengisian lebih besar sehingga pemakaian arus dapat dibuat lebih besar. namun yang perlu diperhatikan adalah, sebanyak apakah H2 yang masuk. Mungkin sudah pernah ada yang coba risetnya?
soalnya, kalau terlalu banyak, dikhawatirkan meledak di sistem pemasukan mengingat gas hidrogen sangat sulit dikontrol apalagi pada mesin2 konvensional :off_no: . Kalau masalah oktan, semua gas pastinya diatas 100 angka oktannya, jadi cocok2 aja pake mesin kompresi tinggi.
Hasil berguru di forum sebelah, disarankan pakai Na2SO4 supaya arus yang digunakan dapat ditekan sekecil mungkin.

Selain itu, sel untuk elektrolisisnya harus dirancang sedemikian rupa supaya hasil elektrolisisnya optimal.

Masih berguru neh, nanti dikabari lebih lanjut.

Kalo mo ikutan nimbrung, coba ke sini aja: http://readybb.com/siemensxp/viewtopic.php?p=81708
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by Cloud »

RNDY_CBR wrote:rencananya mau dimasukan ke filter udara pas didepan hisapan karburator... doain mudah2an berhasil meningktakan performa motor dan irit....
wah, jangan di filter, bahaya, kebayang gk, kalo misal meledak? mending langsung ke intake dibikin kaya saluran yeis di rx king, yah meminimalkan volume campuran hidrogen di luar mesin, tapi masih tetap bisa masuk ke mesin, justru malah lebih dekat ke mesin kan? ato minimal di dekat karburator,
yah, meski h2 nya sedikit, tapi plg gk meminimalkan efek kalo seandainya terjadi ledakan (misal karena kecerobohan ato yg lain)

hidrogen emang explosive bgt, jd lumayan bgt bikin irit bbm lo, termasuk hati2 ketika bro ngecharge aki basah, di situ juga timbul hidrogen. kalo ada yang konslet ato kena percikan api, bisa meleduk lo, dulu di t4 saya ada mobil station (sy lupa merknya), mesin tengah, n aki juga di tengah. pas dicharge, meledak, n habis tu mobil, bener2 kaya dibom aja, kaca hancur, bodi melembung n ada yang pecah kaya didesak dari dalam, n semua yg di dalam terbakar.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by Cloud »

eh, kalo di depan hisapan karbu kayaknya masih mending deh, kirain di filternya, hehehe.....
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by ahardo »

waduh klo begini, coba2 dan tidak berhati2 sangat berbahaya, mengingat hidrogen explosive bnget..
Turbo Hayabusa

Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Sebisa mungkin hasil elektrolisisnya tidak terkena udara luar. Makanya disarankan untuk ditampung dalam tabung bertekanan supaya gampang disalurkan ke dalam mesin lewat karbu.

Tapi ya kebanyakan tabung ama selang, motor jadi aneh (kek orang sakit diinfus). :capede:
hellcats
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Wed May 28, 2008 14:05

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by hellcats »

adakah yg bisa terima bikin tabung gas berbentuk tangki?
kevin w
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Sat Sep 29, 2007 15:38

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by kevin w »

hellcats wrote:adakah yg bisa terima bikin tabung gas berbentuk tangki?
ada la,....
coba suru org bengkel coba untuk buat.....
:thanks: :thanks: :thanks: :thanks:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Untuk motor aja sih, pake aja kaleng aerosol bekas. Ada juga khan kaleng aerosol untuk kompor gas? Biasanya dipake untuk kemping. Tinggal bolongin bagian dome bawahnya untuk saluran masuk H2 + O2-nya (setelah itu, pastikan untuk di-seal lagi biar gak bocor). Ujung nipelnya dicopot tinggal ujung kepalanya yang bisa dipasangin selang. Tapi harus dibuatkan mekanisme penekan supaya gasnya bisa keluar.
User avatar
tiyungbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Fri Jan 25, 2008 6:31
Location: Belakang Rumah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by tiyungbiru »

Ya,ini menarik sekali ngingetin percobaan yang pernah aku lakuin tahun 1992,setelah hbs pelajaran bab elekstrolisis sepulang sekolah aku lgsg bikin percobaan di rumah. Kebetulan hobiku elektronika,jadi dirumah aku punya sebuah adaptor yang udah 100% DC(15Volt 5Ampere). Untuk elektrode aku pake graphit baterai ABC bekas. aku sambungin graphit itu ke positip dan negatip adaptor,lalu aku celupin ke dalam gelas berisi air putih. aku pun terkejut lho...kok muncul gelembung2...aku coba raba pake tangan di atas gelas.dingin rasanya.mungkin itu oksigen kali yee...karena penasaran aku coba masukin garam dapur,aku makin terkejut gelembung makin banyak dan airpun bergolak. setelah sekian menit tercium bau yang gak enak..gas clorin kali ya ? (Cl2). tapi stlh itu air jadi agak kental2...waktu itu aku baca2 dibuku pelajaran sekolah kalo itu udah terbentuk NaOH (basa kuat) tapi aku gak berani nyentuh...bisa iritasi. karena saking penasaran aku coba nyalain korek api aku deketin ke atas gelas,yahh spt bro di atas tadi terjadi letupan...ampe deg2an jantungku...hehehehehe....
Proses eletrolisis ini bisa bantu motor jadi hemat BBM,cuma sayangnya udah jadi rahasia umum proses ini sungguh butuh energi yang besar bila dibandingkan hasilnya, yaitu H2 dan O2. maksudku efisiensi proses elektrolisis ini rendah. aku dl sempet ngitung (rumus2nya bisa dibuka dibuku sekolah) percobaan yang aku lakukan yaitu energi sumber 15V 5 A selama elektrolisis semenit (60 detik) hanya mengahsilkan gas H2 dan O2 yang sedikit (???) walaupun sdh pake elektrolit (tolong kl ada bro yang bisa bantuin ngitung lagi :e-wall: :off_man: ). Singkat kata proses elektrolisis ini butuh energi yang besar dibanding energi yang dihasilkan. namun demikian,tooh sudah banyak dibuktiin bisa bikin irit motor/mobil (pernah baca hemat BBM s/d 30 % ???). Aku ngebayangin seandainya proses ini punya efisiensi yg gede tentu bisa bikin lebh hemat lagi buat motor/mobil.
Kalo bisa sih Bro TS tolong diitungin gas H2 dan O2 yang dihasilkan dari reaksi elektrolisis dengan catu daya aki motor/mobil dengan elektrolit Na2So4.
Dalam praktek apa Na2So4 bisa dengan mudah didapat ? atau bikin sendiri ? mungkin pake NaOH lebih mudah kali ya dapetnya (pembersih WC kah ??) Kalo Bro TS bisa kasih tahu darimana dapet Na2SO4 mungkin lebih menarik lagi kali yee...hehehehehe...Terus Na2SO4 apa mudah handlingnya...??
Oh ya ada yang udah pake alat ini belum spt di www.water4gas.com..testimoniya dooongg ...
OK bro's...terus berinovasi jangan pernah berhenti ...!!!!
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Aku coba quote dari ahlinya dari thread yang link-nya sudah aku post di atas:
che wrote:...kalo diliat quote 1, aquadest "butuh" elektrolit utk mempercepat reaksi elektrolisisnya yaitu elektrolit berupa garam dr reaksi netralisasi asam kuat dgn basa kuat
acid + base → salt + water
2NaOH + H2SO4 ---> 2 H2O + Na2SO4
kation Na dan anion SO4 "hanyalah" numpang dowank justru yg berperanan penting adalah:
H+(aq) + OH−(aq) → H2O(l) : ΔrH = −55.90 kJ mol−1
che wrote:
che wrote:Image
...dr reaksi di atas tdk dpt berjalan auto krn E(cell) < 0 dmn E(cell) = E(Oxidation) + E(Reduction) jd butuh bantuan energi dr luar ~ 1.23 V pada 25 °C
...utk mempercepat reaksi di atas dibthkan "elektrolit" yg larut dlm air murni dgn hrg yg terjangkau, biasanya dr garam komplek kation Na+ ato Li+ (dipake krn potensial elektrode lbh kecil dr H+, sehingga O2 muncul) dgn anion sulfate (SO4)2- (dipake krn tidak mengoksidasi jd nda ngeribetin proses elektrolisis) ---> Hofmann voltameter
...kita perhatikan lage :teliti:, dlm E° (V)

kenapa dipilih Na+ ato Li+
Li+ + e− ---> Li(s)_______−3.05
Na+ + e− ---> Na(s)_____−2.71
...butuh 3.05V utk mereduksi mjd Li(s) & 2.71V utk mereduksi mjd Na(s) shingga "tidak" mengganggu jalannya reaksi oksidasi pada anode krn hanya butuh 1.23V ;)

kenapa dipilih sulfate (SO4)2-
(HSO)4− + 3 H+ + 2 e− ---> SO2(aq) + 2 H2O_____+0.16
(SO4)2− + 4 H+ + 2 e− ---> SO2(aq) + 2 H2O_____+0.17
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Dari ahlinya justru menyarankan pakai CH3COOH (asam cuka) karena beberapa alasan berikut:
che wrote:The best HHO Electrolyte (catalyst) for my HHO Gas Generator?
White Vinegar - asam asetat - H3C-COOH
Image
...dgn adanya tambahan ion H+ dr asam asetat maka akan meningkatkan produktifitas gas H2 :D
2 H+ + 2 e− → H2(g)

Plus:
- elektrode stainless slalu bersih (tanpa ada residu yg menempel)
- tersedia dimana2
- murah
- aman

Minus:
- bau
Tapi keefektifan dalam mengelektrolisis H2O menjadi 2H2 + O2, tergantung dari rancangan sel tempat elektrolisisnya sendiri. Dan menurut ahlinya tsb, keefektifannya maksimal hanya bisa mencapai 40% saja.
author
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by author »

kalao sampe mleduk dan kebakar asuransi mau cover ga ya?
User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by altops »

author wrote:kalao sampe mleduk dan kebakar asuransi mau cover ga ya?
ga bakalan deh d kover asuransi kykya.
Nih topik menarik taph gak ada kesimpulan hasil akhir yg sukses nya.
Yg udah coba dan berani ambil resiko d motornya udah ada lom? Hasilnya gmn meleduk ga?
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
hellcats
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Wed May 28, 2008 14:05

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by hellcats »

^ ada yg udah berhasil di NZ bro,
pake moge lagi eksperimennya.

tapi tabung reaksi custom made dari stainless steel.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by hanx13 »

di forum sebelah dah ada yg berhasil pasang di Mio..

mileage jadi 1:70...:e-doh:
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Btw, aki basah khan pakai sistem elektrolisis juga. Menghasilkan gas gak?
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by hanx13 »

^^
pasti deh, makanya dikasih lubang ventilasi di tutup selnya...;)
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Jadi harusnya dari situ gasnya bisa di-'karya'-kan ke ruang bakar juga khan?

Kalo aki kering, gak ada gasnya ya?
User avatar
altops
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Tue Jul 22, 2008 8:20
Location: Karawang

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by altops »

Gile juge mio jd 1;70 itu airnya utk 1 liter bensin brp liter ya? Kalau air misal 50ml u 1 ltr bensin bisa d katakan bahan bakar air menempuh 700 km untuk 1 liter air.
Dulu Kesekolah naik Bajaj, Kemarin Kekampus naik Bajaj, Sekarang Kerja naik Bajaj..... Hidup Bajaj.
hellcats
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Wed May 28, 2008 14:05

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by hellcats »

bisa juga cara lain memecahkan unsur Hidrogen dari air tanpa elektrolisis
dengan menggunakan alumunium mentah cukup di celupkan keair
langsung bereaksi dengan air menghasilkan gas oksigen dan hidrogen disertai endapan
alumina.
User avatar
tiyungbiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Fri Jan 25, 2008 6:31
Location: Belakang Rumah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by tiyungbiru »

hellcats wrote:bisa juga cara lain memecahkan unsur Hidrogen dari air tanpa elektrolisis
dengan menggunakan alumunium mentah cukup di celupkan keair
langsung bereaksi dengan air menghasilkan gas oksigen dan hidrogen disertai endapan
alumina.
panci ama wajan bisa laris nihh hhehehehe....
--kojo dapek Rp 1,000 ndak kojo dapek Rp 500 kojo ndak kojo dapek Rp 1,500--
RNDY_CBR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Nov 21, 2007 13:49

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by RNDY_CBR »

Pengumuman sekaligus laporan kepada semua Rekan2..
Setelah mencoba seminggu ini ternyata mulai terlihat hasilnya yang diuji cobakan pada motor Kaisar Vartex 150 :

Kelebihan setelah dipasangi elektrolisis HHO :

1. Tarikan Motor lebih ringan (untuk 0-90 km tidak memakan waktu lama... top speed pernah tes jadi nambah)
2. Suara Motor lebih halus dan getaran terasa berkurang
3. Bensin mulai terasa irit 10-15% (mungkin bs lebih.. belum tes luar kota)

Kekurangan :

1. Aki cepat habis... (saya belum ketemu jalur aliran listrik dari mesin... jadi langsung dari aki ke elektrolisis.. menurut referensi lebih baik mengambil dari aliran listrik ke lampu dicabangkan ke elektrolisis...wuhh.. ribet kabel2 nya.. jadi sementara ini dulu utk uji coba)

2. Harus sering cek slang gas yang langsung saya pasang dengan melubangi Manifold... (takut bocor) kadang2 khawatir ada air yg ikut juga tersedot walau untuk kasus motor saya sangat sedikit sekali...terutama pas dijalan2 berlubang (sepertinya perlu ada filter untuk saringan gas agar air tidak ikut masuk ke mesin...sayangnya saya cari2 di Carefour belum ketemu)

Kesimpulan :

Secara keseluruhan mulai ada perubahan ke arah yang lebih baik walaupun ada kekurangan2 disana sini... namun bagi saya sudah cukup memuaskan.. setidaknya teori Air menjadi salah satu suplemen bahan bakar ternyata bukan omong kosong.. dan langsung bisa kita terapkan dengan cara yang sangat sederhana...

Oya... untuk motor Vartex, Happy, Minerva, dll yang berbasis mesin GL sangat mudah pemasangannya... ini saya alami sendiri ketika memasang ke motor saya.... mulai terasa perubahannya ketika gas eletrolisis HHO langsung dipasang di Manifold (atau leher angsa kebetulan dari karet) dari pada setelah filter udara dengan melubanginya.....

Saya menggunakan penggaris dari stainless yang disusun sebanyak 11 lembar dipotong msg2 5 cm... saya belum mencoba stainless yang model tabung/pipa... carinya dimana ya??? sepertinya lebih bagus... karena Stanley Meyer berinovasi dengan pipa2 stainless...

Kemudian untuk air elektrolisis saya menggunakan air alat filter (kebetulan dirumah saya ada alat filter air yang bs langsung diminum) yang dicampur dengan soda kue....(soda kue berdasarkan referensi tidak berbahaya) dicampur secukupnya... makin banyak soda kue ... elektrolisis makin bagus.. namun membuat aki jadi cepat habis karena memerlukan tegangan dan arus lebih tinggi..


Demikian rekan2 mohon masukannya demi kesempurnaan dan manfaat kita bersama...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Warg@net Jakarta, Pontianak, Singkawang dan Balikpapan
http://www.putrajayacomputer.blogspot.com
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by TUFF Stough »

Ada neh liputannya di otomotifnet.com: http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... 0/1/7/1204
User avatar
accswiftura
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Tue Apr 22, 2008 1:22
Location: Jakarta

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by accswiftura »

TUFF Stough wrote:Btw, aki basah khan pakai sistem elektrolisis juga. Menghasilkan gas gak?
Bro, klo Aki itu larutan asam....
bisa2 yg menguap jadi gas berupa gas asam, ntar bikin karat daleman mesin....

nah dari situ ane punya pikiran, masih agak berat nerima ide itu untuk diimplementasikan ke mesin.
emang sih di pembakaran membantu banget, tapi proses pembuatan H2 sama O2 dari air, kita tau efisiensinya rendah alias butuh energi listrik gede untuk menghasilkan gas yg ga begitu banyak....
nah yg bikin nambah pusing klo proses eletrolisis yg terjadi tidak sempurna. lihat aja persamaan reaksinya, sebelum menjadi gas H2 terjadi dulu ion hidrogen H+ berupa gas....
nah klo ion itu ga ikut membentuk gas H2, bisa jadi ion ini akan masuk ke ruang pembakaran dan bereaksi sama sulfur atau yg lain...kita tau bensin kualitas rendah bisa jadi mangandung sulfur....
dari situ jadi deh H2SO4 atau asam sulfat....
nah asam ini termasuk kuat, bisa2 bikin karat tuh bagian dalem mesin yg dari besi....
oleh karena itu lebih baik pikir2 dulu kedepannya sebelum mengimplementasikan proses ini....

klo ane malah lebih ke water injection ketimbang proses elektrolisa....
water injection yg digunakan proses fisika, sedangkan elektrolisa air proses kimia....
coba lihat aja, pabrikan besar kaya BMW di mesin lamanya malah mengimplementasikan water injection ketimbang elektrolisa air....

jadi hati2lah sebelum mencoba......
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: Modif Motor Bahan Bakar Air

Post by didietkeren »

Water Injection tuh yang gimana ya? Ada thread atau link yang udah bahas water injection?