review Pulsar-200

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Report nih.. hari minggu 20 Januari akhirnya P-200 hitam pesenan gue nyampe ke rumah.. bersama paket helm dan jaket... sayangnya jaketnya kayaknya size M, dan tubuhku XL.. jadi jaket langsung berpindah tangan kepada tukang jaga malam di rumah hehehe....

Motor langsung di test jalan sekitar kompleks rumah... tanpa plat nomor... kesan pertama :
- kesan overall fisik sih gagah, sporty, macho... sama sekali gak kalah dengan jagoan 200 cc yang ditantangnya....
- suara mesin alus banget, tabung muffler yang lumayan gede itu memang gagah fisiknya, tapi suara yang dihasilkannya kayaknya terlalu lembut ya...
- riding position cenderung sporty banget, pijakan kaki agak lebih ke belakang posisinya, dan handle bar agak terlalu rendah, sehingga dari awal sudah kebayang, untuk touring agak jauh kurang nyaman, kecuali kalo ditambahkan raiser supaya handle bar agak tinggi posisinya....
- saat mencoba membuka tutup cover body samping kiri, perlu memperhatikan prosedur : putar pengunci, cabut nok bagian depan cover, lalu geser ke depan untuk membebaskan cover dari penjepit di blakang.. Lalu prosedur copot sadel juga harus diinget2 : lepas sadel belakang dulu dengan menarik slingnya, barulah kemudian lepas sadel depan dengan menarik slingnya juga... lalu memasang kembali sadel2 harus dimulai dari sadel depan, kemudian sadel belakang... kalo belum biasa pasti jadi ribet dan makan waktu..
- peredaman lumayan empuk tapi mantap, setelan shock belakang pada posisi terempuk... buat boncengan berdua dengan istri (beratku 75kg, istri 68kg) masih nyaman tanpa perlu merubah posisi shock blakang menjadi lebih keras... tapi mungkin kalo untuk touring jarak jauh perlu dipindah ke 1 atau 2 step lebih keras jika berboncengan...
- Satu2nya ketidakpuasan saat mencoba motor pertama kali adalah arah handle bar tidak lurus banget, tapi mengarah ke kanan walau kalo melaju dengan lepas tangan dari stang motor tetap jalan lurus2 aja.... dan gue yakin banget penyebabnya adalah posisi shock depan tidak sejajar, di bagian atas agak melintir sehingga stang mengarah ke kanan....
Kayaknya untuk first impression P-200 cukup kayak gitu aja... gue akan lanjutin next time
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Karena gak sabar pengen bawa P-200 hitam (gue namakan "blackjak" artinya si hitam dari Jakarta karena mau gue pake sehari2 di Magelang nantinya) keluar kompleks, akhirnya gue dikasih plat no. palsu oleh si Chris kepala bengkel JAR Samanhudi.. Langsung pada hari sabtu pagi2 jam 08.00 blakcjak gue semplak menuju bengkel MJ di kawasan arteri Pondok Indah.... Kepada dedengkot bengkel, si Mul yang namanya sering nongok di tabloid Otomotif, gue minta dilakukan port n polish pada lobang inlet dan exhaust pembakaran di kepala silindernya si Blackjak..... hehehehe.... para pengguna Pulsar yang kebetulan ada di bengkel pada surprised... benarkan motor masih baru jalan 60 km sudah mau diobok2 mesinnya ? Gue jawab aja sekenanya : daripada nunggu 3 taun (masa garansi mesin) lalu baru dilakukan PnP.... hehehehe.... Singkat kata, setelah diseling2 dengan melayani perbaikan2 pada motor2 lain, maka sekitar pukul 15 pekerjaan PnP kelar.... untuk mengimbangi kelancaran derasnya BBM, maka spuyer di karbu diganti dengan 1 step yang lebih gede lobangnya... Maka lalu tibalah sessi uji coba... gue surprised banget, disamping Mas Mul si mekanik yang akan mencoba pertama kali performa si blackjak setelah PnP, para pengguna P-180 yang ada di bengkel pada ngantre mau test ride... sampai 4 orang !! Berikut adalah beberapa komentar mereka setlh mencoba blackjak =
- "Waduh, tarikan bawahnya bener2 mantap.. "
- "Pak, kalo ikut touring sama kita2, berangkatnya blakangan aja ya, toh nantinya kita bakal kesusul, daripada kita yang ketinggalan.."
- "gue aja pake P-180 standar gak pernah ketinggalan dari Tiger (maaf bagi pengguna Tiger), apalagi pake P-200, apalagi yang sudah PnP...."
Rencana selanjutnya adalah = Pasang CDI BRT yang kesohor itu, lalu mau test tenaga di mesin dyno.... Skarang masih nunggu keluarnya Plat Nopol/STNK... Katanya agak lama, bisa 3 mingguan berhubung dari awal proses, manajer2 India itu katanya mainnya lurus2 aja gak mau sedikit "bermain" supaya proses lebih cepat hehehe.... Oh ya, rencana hari ini Senin 28 Januari mau ke bengkel JAR Samanhudi minta dibenerin shock depannya yang melintir dari baru....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: review Pulsar-200

Post by Frozen Fire »

sip... tapi double post ya yang posting kedua :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: review Pulsar-200

Post by uch »

Congrats bos.

Akhirnya datang juga.. :D Kayaknya udah lama ya hunting motor touring.. :D
User avatar
swift
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 989
Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
Location: lumpia city

Re: review Pulsar-200

Post by swift »

kayana bener-bener menjanjikan nih motor,kemaren dah lihat unit display...yang hitam lagi,perbedaan nya kalo dari depan sih dikit,tapi pas dilihat dari samping..knalpotnya itu lho yang bikin gregetan...gregetan pengen inden jadinya
peink
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Mon Dec 24, 2007 14:27
Location: B A N D U N G

Re: review Pulsar-200

Post by peink »

Mendingan... di kasih standaran aja Bang..spec-nya udah baguskan...?
Atau memang harus di up-grade like that..biar enak...permomance-nya
Tapi aku yakin Spec pabrik juga udah OK....
Kalau di Up-Grade terus menerus..bawanya ntar repot.....
User avatar
tsu81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
Location: Neo Venezia

Re: review Pulsar-200

Post by tsu81 »

boss.... poto donk :D
User avatar
spin022
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 868
Joined: Thu Sep 20, 2007 6:38
Location: serpong

Re: review Pulsar-200

Post by spin022 »

congratz bro JESKONENG.... :beer: :e-clap:

test ride di M+ hari ini mantab ya...
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Rasanya kurang pantes difoto saat ini karena fisiknya masih standar pabrik...Nanti aja difoto kalo sudah dipasang side saddle bags, karena kalo yang box kayaknya kok penampakannya terlalu mencolok... Soal performance kayaknya skarang aja sudah lebih dari cukup... setiap ada celah lowong dikit aja di depan, si blackjak sangat mudah untuk melaju mendahului motor lain... Rencana sih pingin masang CDI BRT I-Max programmable.. cuma mau nunggu dulu sapatau ada penunggang P-200 yang udah masang duluan, settingannya gimana yang terbaik... derajat pengapiannya dan limiter RPM-nya... Soal handle bar yang terasa kurang center, kmaren sudah dicheck oleh bengkel JAR Samanhudi, komstir katanya udah dilonggarin dst.... tapi kok rasanya masih ada sedikit kurang center... Oh ya, di bengkel MJ arteri Pondok Indah, handle bar sudah ditambah raiser sehingga posisi handle bar jadi lebih tinggi skitar 3 cm, jadi riding position gak lagi terlalu merunduk.... Kalo dibandingkan riding position di Tiger yang lebih tegak, bisa dibayangkan kalo touring jarak jauh mungkin naik P-200 agak lebih melelahkan
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: review Pulsar-200

Post by kutkuy »

sempet kepikir mau beli tapi takut bengkelnya susah apalagi kalo dipake mudik pulang kampung tuh kalo di tengah jalan ada problem pusing deh
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
apoc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 26, 2007 13:42

Re: review Pulsar-200

Post by apoc »

Bro jes , pihak bajaj emang gak bisa kasih plat nomor polisi bantuan ya? pabrikan jepang biasanya kasih 50-100 ribu ,1 hari berikutnya udah dapet no pol bantuan 1 bulan
User avatar
kutkuy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 936
Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
Location: BROQUET cuma 70rb!!

Re: review Pulsar-200

Post by kutkuy »

bos jes yg punya dealer bajaj?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Katanya yang punya merk BJ adalah si bos besar yang namanya TW....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
apoc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 26, 2007 13:42

Re: review Pulsar-200

Post by apoc »

gimana bro jes,pake p200 enak ? mantep ? capek ? konsumsi bensin/pertamax 1:40 ya ? ban tubless nya selip ga di jalan basah ?

Eh,itu plat nopol nya bisa minta bantuan ga ? bantuan nopol 1 bulan,yg pake kertas itu .
kepin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Mon Jan 30, 2006 2:43
Location: Jakarta Pusat

Re: review Pulsar-200

Post by kepin »

Wuih dashyat baru kelar udah di PnP aja, jadi 2 julukan deh neh JESKONENG & JAJITEM hehehe
Image
Pasar Mobil Kemayoran Blok D9
Lapak Standar Motor: KLIK DISINI
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

gue hari minggu pagi ini barusan ketemu sama si mas wartawan Otomotif yang minggu lalu ngetes Bajaj P-200 vs Tiger..... Kita ketemunya di bengkel MJ di arteri pondok indah yang tersohor di kalangan pengguna pulsar yang suka modif (mesin bore-up, disc brake belakang, dll)... Dia masih bawa P-200 pinjaman dari Bajaj Auto Indonesia (BAI)... Lalu iseng2 gue tawarin si mas wartawan untuk nyobain P-200 gue yang udah PnP... Setelah nyobain, dia bilang memang terasa bedanya, setelah masuk gigi 2 tarikan P-200 yang udah PnP terasa lebih kontan tanpa nahan2 kayak di P-200 standar... Lalu si mas wartawan crita2 sama kita2 bahwa sebenarnya laporan P-200 vs Tiger itu jika dibaca keseluruhannya, sangat positif tentang P-200.. dan faktanya, pada jalur Cianjur, katanya, Tiger pada gigi 6 sudah mentok, disalip oleh P-200 yang hanya punya 5 gigi... dan P-200 meninggalkan Tiger jauh di belakang.... itu kalo di jalan lurus panjang... kalo di tanjakan Tiger lebih narik daripada P-200... Lalu info dari si mas wartawan gendut itu (beratnya 85kg), dalam waktu dekat Otomotif akan ngetes Apache 160cc vs Honda Mega Pro.... Lalu tentang Pulsar, akan dibeberkan cara meningkatkan mesin P-180 menjadi 200 cc.... Jadi tentang paket peningkatan performa P-200 katanya belum dijadwalkan karena pengguna P-200 msh sedikit di jalan raya... apalagi saat ini pada blum keluar STNK-nya.... Oh ya masih ada bocoran lagi : nanti skitar bulan Maret (kalo gak salah) akan keluar bersamaan : Ninja 250cc dan Pulsar 220cc... segmennya berlainan tentunya, Ninja full fairing... Pulsar semi naked, tapi sama2 Fuel Injection... Seru juga yah...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
apoc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Wed Dec 26, 2007 13:42

Re: review Pulsar-200

Post by apoc »

^

Ninja 250 pake karbu 2 biji ....cmiw
cakrafirm
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Feb 03, 2008 20:50

Re: review Pulsar-200

Post by cakrafirm »

mmmmm sekalian tanya di mari deh... :D

ntu kalo P200 bunyi tek... tek... tek... di daerah head lamp knapa yah ? soanya dah nyari2 gak nemu2 biang keladinya....
ngaruhnya kalo lagi jln santai, kalo dah 50kpj keatas mah gak bakal di dengerin bunyi kek begituan?

ada yg tau mesti diapain tuh bunyi tek tek tek ????
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Re: review Pulsar-200

Post by novasonic »

^
Mungkin bisa jadi dari pemasangan plat nomor, tudung lampu kendor, ato baut speedometer kendor. karena 3 masalah itu biasanya ada di P180. Karena P180 ama P200 bentuk dan bodinya mirip2 sapa tau sama...... hehehehehhehe.....

Mau pamer dikit ahh.......

Behel dan tank pad P200 di P180.....

Image
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

Wow ketemu sesama pulsar owner nih... gimana bro.. pernah nyobain test performa sama Tiger gak ? katanya P-180 aja bisa ngelewatin Tiger ya ? tapi mungkin perlu trek sangat panjang ?

BTW Ninja 250 bukannya sistem injeksi ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Re: review Pulsar-200

Post by novasonic »

^
Menurut gw sihhh...... (Berdasarkan pengalaman pribadi)

Kalo P180 Vs Tigi Revo, saat kondisi sama2 diam lalu start, gw yakin menangan P180. Trus kalo dalam kondisi kecepatan sama2 -/+ 100 km/h, P180 masih bisa menang dikit. Tapiii kalo kecepatan sama sudah hampir top speed (120 km/h keatas), P180 mungkin kalah karena P180 transmisinya cuma sampe 5 sedangkan Tigi sampe 6 selain itu velg tigi yg ukuran diameternya lebih besar (18" CMIIW) berpengaruh pada top speednya.

So disarankan kalo lawan tigi mendingan stop n go ajah...... Jangan trek panjang, pasti P180 dilibas......... Mungkin trek dibawah 3 km, P180 masih didepan.
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: review Pulsar-200

Post by Frozen Fire »

P220 mau keluar? Bleh... makin pusing pilih-pilihnya.... :D :D :D
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Re: review Pulsar-200

Post by novasonic »

^
Tul bro.......

Malahan bukan mau keluar lagi, tapiiiii dah bisa di Indent...... Harga 20 jt.

Untuk Surabaya, bulan Maret 2008 puluhan unit P200 dah bisa di antar ke pemiliknya.......

Review dikit P200, saat test ride kemaren:
-Tarikannya mantaffff!!! Enteng bgt......
-Kalo handling lebih enak sedikit ketimbang P180 (padahal P180 dah enak bgt handlingnya).
-False netral yg terjadi di P180 tidak gw temukan alias persnelingnya empuuuuk bgt.... maknyuusss!!
-Posisi rider sedikit lebih bungkuk ketimbang P180 dikarenakan stang lebih rendah (kurang lebih sama dengan Kawak Ninin 150 R) serta posisi pedal rem maupun persneling lebih kebelakang..... sedikit lebih sporty tampaknya...
-Suara knalpot lebih ngebass ketimbang P180.... Terutama pas ditarik diatas 3000 RPM
-Finishing bodi, cat, kabel2 dsb lebih rapi ketimbang P180.
-Spakbor belakang tetep "joget india" seperti P180
-Ban depan belakang sudah tubeless dengan merk MRF. (90/90-17 dan 120/90-17)
-Ternyata konstruksi mesin P180 dan P200 bener2 bedaaaa (terlihat adanya saluran oli baru diatas kalter oli) meskipun secara kasat mata bentuknya sama...... Jadi kalo mo pasang oil cooler di P180 mendingan pikir2 dulu dehhh.....
-Indikator di Speedometer tambah rame meskipun bentuknya sama. Mungkin terdapat perbedaan BCU dari P180.
-Footstep dan pegangan tali kopling tidak lagi berwarna chrome, melainkan berwarna silver.
-Arm lebih besar,panjang dan lebar. Mungkin ukuran ban 150 (belakang) bisa masuk tuhhh....
-Spakbor depan lebih kearah Big Bike. Jadi kalo mo pasang ban lebar gak perlu mikir2 deh (kayaknya)
-Karbu tetep menggunakan Mikuni BS29
-Ukuran velg tetap sama dengan yg digunakan di P180 baik depan maupun belakang.
-Kalo mo buka jok, sekarang tuasnya ada 2 karena joknya model pisah. Tapi tempatnya tetep di tutup aki sebelah kiri.
-Setelan lampu rem belakang tidak terlihat lagi seperti di P180. Tapi ditaruh dimana yahh???
-Bentuk footstep boncenger lebih manis... alias gak kaku seperti P180.
-Shock belakang lebih pendek.

Apalagi yah?.........
Mungkin itu aja deh......

Foto2nya secara detail menyusul yah........ :)
toyokanetsu
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jan 08, 2008 4:17

Re: review Pulsar-200

Post by toyokanetsu »

:ungg: P 200 gw beli cash dan udh nongkrong di rumah dr tgl 15 januari tapi sampe sekarang gw posting tulisan ini STNK blom ada kabar padahal janjinya 2 minggu dan akan di beritahu kalau lebih dari 2 minggu tapiiiiiii.... pihak JAR gak proaktif di tlp pun gak ngangkat2 ... gimana sih gak profesional tuh motor sih oke tapi manajemen penjualnya kurang ok org tar mikir 2 kali klo mo beli ... CMIIW :capede:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: review Pulsar-200

Post by JESKONENG »

P-220 blum keluar... bentar lagi..... sama2 Ninja 250cc....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999