Page 1 of 17

Honda CBR 150 R VS Yamaha V-Ixion!!!

Posted: Fri Mar 30, 2007 3:07
by 123stu
Motor paling ditunggu saat ini...
sayang Honda mau melirik CBR buat dimasukan ke Indo.
Yamaha udah ambil langkah awal buat maju satu langkah, masukin motor sport.
sama2 150 cc. bedanya di tipe mesin (DOHC, Karburator, 6 percepatan VS SOHC, Injeksi, 5 percepatan).

Kira2 kalo ketemu, menang mana? anggap jokinya sama..
:e-naughty: :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty:

Posted: Fri Mar 30, 2007 4:26
by alvika99
so pasti CBR!!!!
- injection vs karbu ngga ngaruh untuk cc kecil :D

- 5 speed vs 6 speed: yg 6 pasti lebih diuntungkan karena lebih bisa memanfaatkan torque maksimal di setiap putaran mesin (ada 6 alternatif) dan mungkin nafas mesin jadi lebih panjang.

- aerodynamic: menang CBR lagi :D (ada fairing)

- braking: double disk brake --> bisa lebih late braking --> overall time lebih cepat

-HP: CBR lebih gede :D

ayo yg lain... share2 hehehe
(bukan anti yamaha loh ini... soalnya gw jg pernah pake yamaha koq)

Posted: Fri Mar 30, 2007 5:08
by riofhaloho
gw pilih CBR 150....

tp blom bs dijadiin patokan krn secara fisik Vixion blom dilaunching secara resmi ke konsumen... jd msh ada harapan untuk perubahan spesifikasi.. :D


kl dibandingin dgn spect yg sekarang, gw jelas2 milih CBR 150...

vixion vs CBR 150 (dr segi performa)
----------------------------------------------
1. beda kelas (SOHC vs DOHC) ---> top speed dipegang ama CBR 150
2. beda horse power (16 hp vs 21 hp) --> lbh kenceng CBR 150
3. karburator (injeksi vs karbu vakum) --> akselerasi lbh bagus CBR 150
4. shockbreaker (lbh bagus CBR, vixion sptnya ndelosor..)


vixion vs cbr 150 (dr segi penampilan)
----------------------------------------------
1. CBR 150 lbh eksklusif dibanding vixion
2. model CBR 150 ngikutin trend MotoGP


vixion vs cbr 150 (dr segi selera)
----------------------------------------------
1. orang indonesia lbh milih vixion krn lbh murah
2. orang indonesia lbh milih vixion krn teknologinya udah selangkah lbh maju dibanding yg laen
3. orang indonesia lbh milih vixion krn buatan indonesia
4. orang indonesia lbh milih vixion krn sparepartnya lbh murah dan mudah ditemukan
5. orang indonesia lbh milih vixion krn ikut-ikutan trend :)



maaf yah kl ada yg gak cocok...! :D:P

Posted: Fri Mar 30, 2007 5:10
by jojo
di atas kertas cbr lebih menang daripada vixion, pasti!

juga dilihat dari desain cbr adalah performance sport, sedangkan vixion value sport.

tapi tak menutup kemungkinan bila vixion sudah diupgrade (mungkin biaya upgrade bisa setinggi harga cbr baru,, heheh). walaupun sohc tapi sama2 4klep, jadi bisa bersainglah.

Posted: Fri Mar 30, 2007 5:20
by MILL
jojo wrote:di atas kertas cbr lebih menang daripada vixion, pasti!

juga dilihat dari desain cbr adalah performance sport, sedangkan vixion value sport.

tapi tak menutup kemungkinan bila vixion sudah diupgrade (mungkin biaya upgrade bisa setinggi harga cbr baru,, heheh). walaupun sohc tapi sama2 4klep, jadi bisa bersainglah.
Setuju!
Kalo sama spek std mah, CBR jelas menang...
Tapi kalo udah ada yang bisa ngilik pasti bejaban dah.
Soalnya parts racing honda kan susah.

Liat aja di balap lokal, sama-sama 125 tapi honda ga ada suaranya.

Posted: Fri Mar 30, 2007 6:14
by adjokasep
@riofhaloho

bukannya cbr mah ngikutin superbike???

Posted: Fri Mar 30, 2007 7:03
by uch
Hampir pasti CBR 150 dong kalo sama2 std.

Mesin nya aja udah beda Bos. Menangnya Vixion cuman injeksi, padahal injeksi/karbu itu bukan masalah performa, tapi masalah efesiensi dan emisi. Kalo soal performa, injeksi itu bukan suatu kelebihan..IMHO.

Lebih seru kalo perbandingannya :

CBR 150 std VS Vixion modif maksimal jadi seharga CBR 150.

Katakan Vixion harga nya Rp 18 jt dan CBR 30 jt. Mana yg lebih bagus (lebih kenceng dan lebih nyaman), CBR 150 Std dgn Vixion plus modif maksimal senilai Rp 12 jt ..?

Posted: Fri Mar 30, 2007 7:24
by riofhaloho
adjokasep wrote:@riofhaloho

bukannya cbr mah ngikutin superbike???
bro... bukannya superbike ngikutin MotoGP?

kebanyakan produksi massal sptnya ngikutin trend di motogp, dr teknologi hingga stripping di body motor... cmiiw

krn motor2 di motogp merupakan prototype sebelum di produksi massal.. cmiiw.. :D

Posted: Fri Mar 30, 2007 8:03
by gasa_gandony
trus trang bro, gw suka v-ixion itu ngeliat rangka delta boxnya, rangka model gitu gampang di modif n lebih stabil makanya motor balap pasti pake delta box supaya klo nikung tajam dengan kecepatan tinggi ngga ada efek bergeser. disamping itu harganya terjangkau klo bener 16 jutaan lagian itu kan tipe motor city sport jd performa bukan yg utama yg penting enak di pake n ngirit. klo bro mo yang perfomance nya dahsyat coba aja APRILIA 125 nero diablo dijamin bro kaya naik motor GP asli, tarikannya dahsyat banget deh, CBR 150 mah ga ada apa2 nya cuma harganya bro 60 jutaan....

Posted: Fri Mar 30, 2007 10:44
by sandz
jangan dilihat dari spek donk, liat dari harganya...
wajar yamaha kalah sama cbr tapi bagi orang indonesia yang pas2 an, pasti lebih pilih vicion dari pada cbr. satu cbr hampir bisa beli 2 vixion bo !!! (kalo harganya gak melenceng)

mungkin yang bikin mahal yah fairing, diskbrake depan belakang dan laen laen.

Tapi gua pribadi sih lebih pilih cbr, lebih gaya gitu loh, hehehehehe.... Ntar juga vixion jadi motor pasaran di Indonesia.

Posted: Fri Mar 30, 2007 11:34
by TUFF Stough
Kalau V-Ixion yang gw liat gimana ya? Perawakannya terlalu kecil untuk jadi motor sport.

Mnrt pribadiku masih lebih gagah Scorpio.

Memang sih dari segi teknologi, V-Ixion unggul di mana2.

Atau memang trend-nya Yamaha kalau ngeluarin produk baru fisiknya selalu bikin ill feel, baru kemudian perlahan-lahan didandani pada release berikutnya?

Posted: Fri Mar 30, 2007 15:21
by 123stu
percepatan ditiap gigi nya CBR 150 max berapa?

btw, ama MX, CBR150 kalah ya?

jokinya kali ya yg Oon....
gak bisa bawa motor kali tuh...... ya????
gw kaget dapet kabar kyk gini...
ini kabar dari temen gw..
:? :? :?

Posted: Fri Mar 30, 2007 18:04
by buayamankid
kalah joki kali bung,dari kelas mesin ya jelas jauh.kecuali mesin MX diapa2in,n kecuali mesin CBR nya sakit.

Posted: Fri Mar 30, 2007 18:28
by jojo
sandz wrote:jangan dilihat dari spek donk, liat dari harganya...
wajar yamaha kalah sama cbr tapi bagi orang indonesia yang pas2 an, pasti lebih pilih vicion dari pada cbr. satu cbr hampir bisa beli 2 vixion bo !!! (kalo harganya gak melenceng)

mungkin yang bikin mahal yah fairing, diskbrake depan belakang dan laen laen.

Tapi gua pribadi sih lebih pilih cbr, lebih gaya gitu loh, hehehehehe.... Ntar juga vixion jadi motor pasaran di Indonesia.
gaya tapi gak terjangkau sama aja boong, gak bisa gaya.

kalau ada alternatif daripada hanya bisa mimpi buat bisa gaya (sebutuhnya saja lah, sesuai kemampuan karena sifat gaya adalah mubazir), adalah bijaksana memilih alternatif. pasaran? yang namanya pasaran tuh kualitas ecek2 alias kualitas pasar, kalau cuma ada banyak orang yang pakai apa namanya jadi pasaran? gak lah, yang penting kualitasnya bagus bisa dibanggakan, itu tidak pasaran namanya (mungkin namanya tokoan kali ya, atau laris?? heheh)

vixion punya basis yang kuat untuk dijadikan sport naked ataupun fairing, tergantung aksesorisnya nanti. terlihat tidak proporsional karena pantatnya aja yang gak nungging, coba deh tuh motor dibikin nungging dikit, cakep! setang ganti yang model jepit dengan sedikit raiser, caplok aja langsung punya cbr kalau pas ukurannya. terakhir dan ini harus (bagi aliran naked), lampu depan ganti model mata belo. punya yamaha fazer seperti yang di pameran, atau yang paling gampang punya satria 150, atau lampu2 belo lainnya macam nouvo/arashi/dsb yang dibikinkan kedok baru. motor sudah agak merunduk, pasti membuat kesan tambah panjang. satu lagi bila ada dana lebih, rem cakram belakang, wajib! dana masih berlebih juga? footstep racing, sunnah muakkad!

terserah deh mau dimodif gimana, yang pasti aliran sport lainnya gampang diwujudkan pada vixion ini. lebih terjangkau, atau lebih ngirit? xixixi..

Posted: Sat Mar 31, 2007 0:09
by swift
kalo ada duit...dua-duanya aja ah,poligami.cbr oke,vixion maju terus.kalo soal tekhnologi ma inovasi v-ixion lah pastinya,tapi ntar,kalo emang speknya seperti yang kita tahu sekarang ini.kalo gaya n performa pasti cbr,udah keren,limited edition,kuenceng lagi.lah katanya AHM ntar mo nurunin cbr versi 125 eropa(injeksi) untuk dirakit di indonesia?tapi harganya bos..tiger yang gitu aja sampe 23jeti,lah yang rakitan indonesia berapa,nyaingin harga cbr cbu kalee

Posted: Sat Mar 31, 2007 3:54
by gasa_gandony
klo cbr mo dirakit di Indonesia itu malah bagus, harganya bisa murah tuh kan logikanya klo dirakit di sini ga kena pajak impor n bea masuk, tapi murah apa enggaknya terpulang dengan produsennya mo untung gede apa untung kecil dan regulasi pemerintah kita masalah harga kayanya klo bener nih cbr dibuat di indonesia pasti di atas 16 juta coz supra pgm fi aja dah 16 jutaan kan gak mungkin motor sport laki lebih murah dari bebek sport jdi mungkin bisa saingan ma v-ixionnya yamaha. masalah harga tiger itu karena tiger kan motor lama jadi hukum pasarnya harga harus slalu naik klo turun kasian yg beli duluan bisa hancur harga sekennya.... eh bro klo bener cbr 125 mo dibuat disini n murah gw pasti beli abis cbr versi eropa lebih bagus dari versi thailand......

Posted: Sat Mar 31, 2007 3:54
by jojo
cbr125 injeksi, apa bedanya sama vixion150 injeksi? mari kita hitung, kasarnya doang..

vixion, tanpa fairing, rem tromol belakang = 17.8jt

cbr125, fairing +3jt, cakram belakang +1jt
= 21.8jt dong relatif thd vixion. toleransi lah, karena ini Honda gitu loh, 23jt lah kita kasih.

dgn manajemen perushaan yg pasti ada efesiensi dan strategi, harusnya bisa lebih murah lagi. jadi, masalahnya apa? harga segitu lumayan pantas kok.

Posted: Sat Mar 31, 2007 4:00
by gasa_gandony
bro jangan samain ma v-ixion kan beda cc nya cocoknya disamain ma supra PGM FI aja lebih fair coz harga motor itu point paling besarnya ya harga mesin makin gede cc nya makin mahal. jadi anggap aja supra ditambah ma rangka delta box + fairing jadi kasarnya 20 jt aja paling mahal...oke.

Posted: Sat Mar 31, 2007 4:19
by jojo
wah, gak bisa gitu, kita samain dengan speknya yang paling mendekati. kalo kita samain cewek sama cowok jadinya kawin, gak bisa berantem.

maksudnya terlalu jauh perubahannya supra dijadikan sama dengan motor sport banget. perkiraan biayanya jadi jauh sekali dari bayangan. satu contoh dari mesin aja, jenisnya aja udah mesin tidur, dalemannya pasti udah beda banget dengan daleman nya cbr125, plus radiator lagi, kebayang gak?

kalo vixion vs cbr125, spek udah sama, cuma beda cc doang. kalau mau disamain bisa aja, tinggal boreup (versi pabrik), seperti halnya mx dijadikan vixion sama si yamaha. kalau yamaha bisa begitu, kenapa Honda tidak? Ini jaman persaingan, tidak bisa memenuhi permintaan pasar, siap2 tertinggal...

tapi kalo maksud bro harganya lebih pantes sktr 20jt an, saya sih setuju banget..

Posted: Sat Mar 31, 2007 6:04
by gasa_gandony
wah sori deh klo salah mbandingin abis ga ada yg sama2 125 cc sih. omomng2 tentang kawin kayaknya ada motor hasil kawin itu lho bebek trail.......

Posted: Sat Mar 31, 2007 15:41
by gauss
jojo wrote:kalo vixion vs cbr125, spek udah sama, cuma beda cc doang. kalau mau disamain bisa aja, tinggal boreup (versi pabrik), seperti halnya mx dijadikan vixion sama si yamaha. kalau yamaha bisa begitu, kenapa Honda tidak? Ini jaman persaingan, tidak bisa memenuhi permintaan pasar, siap2 tertinggal...
Hmmm.... kalo CBR125R itu belum DOHC loooh... alias masih 2 valve (SOHC)... bukankah vixion sudah 4 valve juga ? cmiiw

Menurut gw, CBR125 malah head-to-headnya lebih cocok ke Thunder 125. Soanya CBR125R itu cuman bisa mentok di 115km/h aja.
Kebetulan gw juga udah lama nimbrung di sebuah forum CBR125 di inggris sonoh.. hehehe...

Kabar mengenai Honda (AHM) mau ngejual CBR (125 atau 150) masih isapan jempol aja kok...
Lagipula dengan hitung2an logika saja.... AHM bakal kebingungan positioning CBR !
Mau taruh di dibawah 20jt? Gak mungkin deh... MegaPro pasti habis!!
Diatas 20jt? mau berapa? 23-25jt? Tiger pasti ke laut !!!
27-28jt ? Hampir sama dengan importir umum dong!! Tapi mungkin konsumen lebih suka beli ke AHM karena sales service-nya mungkin lebih terjamin. Tapi terkadang, tergantung stock AHM juga... terkadang mereka lelet membaca situasi pasar. Yang diuntungin lagi2 importir umum !!

Tau kan kenapa importir umum masih suka ngejual Kawasaki ZX-150 alias Ninja RR yang import asli dari Thai ??
Karena ATPM Kawasaki kadang2 kehabisan stock !

Jadi pastinya marketing & direksi Honda di Sunter masih pusing mikirin jadi mau masukin CBR atau nggak !!! :lol:

Posted: Sat Mar 31, 2007 16:03
by jojo
wah bener bro, hasil kawin bebek dengan penggaruk tanah. smart juga kanzen , tidak terbawa arus persaingan dimana selalu terkonsentrasi pada skutik, tapi kanzen tetap menjawab kebutuhan /keinginan pasar, dimana jenis trail juga kembali digemari seperti layaknya motor sport. mungkin bebek trail tidak cocok di perkotaan, si tukul bilang selling pointnya kurang. tapi di daerah pinggiran kota/pedesaan, bisa jadi yang paling cocok, durabilitas tinggi. OK, inilah inovasi.

Posted: Sat Mar 31, 2007 16:18
by jojo
wah parah lah, kalau cbr125 masih 2klep. masih menang vixion kemana-mana. sedangkan vixion segitu aja dijual murah, nah cbr125 mau dijual berapa? pasti dilirik sebelah mata, yang akhirnya gak laku, karena orang kan mandang mesin adalah segalanya.. Udah, kalau mau masukin sekalian aja yang 150 gak pake tanggung. Tapi kalau susah, ya gak usahlah..

Posted: Sat Mar 31, 2007 19:19
by novasonic
hmm padahal liat di forumnya cbr 150, powernya cuma 16 hp doang tuhh......... koq disini jadi 21 hp yahh?

Posted: Sun Apr 01, 2007 0:58
by gauss
novasonic wrote:hmm padahal liat di forumnya cbr 150, powernya cuma 16 hp doang tuhh......... koq disini jadi 21 hp yahh?
Forum yang mana nih bro?
Di forum gw (forum cbr club) ada penjelasannya kok....
CBR versi lama (chassis silver) memang powernya 17ps (bukan 16)
tapi CBR versi baru (chassis hitam) powernya mencapai 21ps

thx