Selamat siang para suhu di Seraya Motor.
Ijinkankah nyubi dan silent reader selama ini mereview kendaraan yang telah 5 tahun menemani.
Kenapa pilih Splash?
5 tahun lalu saya yang terbiasa meminjam kendaraan operasional perusahaan untuk kegiatan pribadi merasa capek dan bosan karena untuk sekedar meminjam kendaraan yang layak pakai harus bergiliran dengan orang lain. Ada kalanya dapat kendaraan yang masih bagus, ada kalanya dapat kendaraan yang sudah sakit-sakitan, ada kalanya juga gak dapat kendaraan karena sudah habis dipinjam orang lain. Paling sering dapat jatah Kijang Grand Extra tahun 1994.
Dari situ maka diputuskanlah untuk meningkatkan keberanian mencicil sebuah mobil.
Mobil yang sempat jadi pilihan antara lain : Nissan March, Chevy Spark, Dihatsu Sirion dan Splash. Semuanya manual.
Nissan March tidak dipilih karena harganya dirasakan paling mahal dari pilihan yang ada . Chevy Spark bentuknya lucu tapi di sekitar Depok belum ada beres nya jadi tidak dipilih. Sirion kurang sreg sama bentuk bokongnya . Akhirnya pilihan jatuh pada Splash. Bokongnya masih bisa diterima dan ini yang paling penting, harganya paling murah, 140 jt di price list. Diskon kalo ga salah 20 juta. Jadi harga perolehannya 120 JT.
Masa masa bulan Madu
Terbiasa mengendarai Kijang Grand Extra tahun 1994 (usia mobil 17 tahun di tahun 2011) kemudian beralih mengendarai mobil baru pasti terasa jauh perbedaannya. Sedikit menyentuh pedal gas saja mobil sudah melaju kencang. Berkendara sambil mendengarkan musik merupakan kemewahan tersendiri karena di Grand Extra punya perusahaan tidak ada tape nya, betul betul mobil buat operasional.
Setir terasa mantap, kecepatan diatas 100 setir semakin berat. Pernah dicoba sampai kecepatan 140, mobil masih stabil.
Pakai Splash waktu itu berasa jadi OKB, maklum pengalaman pertama punya mobil.
Tidak ada keluhan yang berarti, hanya masalah ruangan saja. Biasa luas sekarang menjadi lebih sempit.
AC lumayan dingin, kalau macet macetan di cuaca panas AC sedikit berkurang dinginnya.
Kekedapan dirasa masih kurang terutama bila hujan deras. Suara tetesan hujan sangat berisik terdengar kedalam.
Model spion yang masih pake tuas didalam akhirnya diganti menjadi elektrik ke tukang spion pinggir jalan dengan biaya 700 rb.
Perjalanan Ke Puncak
Memang di tol bisa melaju kencang, kecepatan 140 kpj bisa mudah diraih. Tetapi pada saat macet-macetan menuju puncak maka terasa sekali bahwa kubikasi mempunyai peranan penting. Pada saat macet-macetan di puncak, gas perlu diinjak lebih dalam supaya mobil bisa melaju. Ditambah posisi kopling splash yang tinggi membuat kaki cepat pegal pada saat macet.
Ganti kopling
Kurang lebih 1 tahun setelah masa masa bulan madu, mobil di pinjamkan ke saudara untuk dipakai belajar. Akibatnya kopling gosong dan ban depan sebelah kiri sobek.
Ban bisa di claim ke asuransi. Kopling apa boleh buat harus diganti. Berhubung di ganti di beres maka kopling set semuanya diganti. Biaya keseluruhan 1.8 jt setelah di discount 15% karena menjadi anggota klub suzuki splash.
Service Rutin
Service rutin mengikuti buku pentunjuk dan diingatkan oleh beres melalui telpon bila sudah memasuki wktu service.
Ganti Link Stabilizer
Polisi tidur yang tingginya meneyeramkan di daerah perumahan membuat Link Stabilizer menyerah di tahun ketiga. Biaya yang diperlukan buat ganti Link Stabilizer adalah 470 rb termasuk ongkos pasang di beres.
Ganti Kopling Kedua
Saya rasa memang kopling splash ini ada kelainan baik di posisi pedalnya atau di alur kabel koplingnya. Pedalnya diatas dan banyak sekali lekukan kabel kopling. 2 tahun setelah ganti kopling atau tepatnya di tahun ketiga, kopling set diganti lagi. Kopling tidak slip tapi terasa sangat keras. Ada beberapa orang teman di klub yang bisa mendapatkan penggantian gratis dari beres. Saya coba ikut claim penggantian kopling juga tetapi karena sebelumnya pernah ganti kopling atas kesalahan pemakaian jadi tidak bisa diganti gratis.
Salah seorang teman kantor yang menggunakan splash juga pernah ganti koping di tahun ketiga kerena koplingnya keras.
Saya tidak tahu apakah di splash Face Lift ada perubahan kopling atau tidak.
Ganti ban depan
Ban depan diganti ditahun ke empat karena sudah botak.
Ban belakang masih tebal tetapi sudah ada beberapa retakan kecil. Kemungkinan dalam waktu dekat ini akan diganti.
Oh iya, ban di Splash ini standardnya adalah Bridgstone Turanza, harganya lumayan mahal bila dibandingkan dengan ban standarnya Avanza.
Kondisi setelah 48.000 km
Mobil masih enak tetapi sudah mulai dibumbui suara suara aneh di sekitar dashboard. Kekedapan sudah menurun, suara mesin pada saat dipacu 120 kpj sudah terasa masuk kedalam.
Kanvas rem belum pernah diganti.
Suspensi belum pernah diganti. Kayaknya harus sudah diganti karena sudah terasa sangat lembut, jadi kurang stabil di kecepatan tinggi.
Jadi selama 5 tahun menggunakan splash, kesimpulannya adalah :
+ Mobil murah, irit, kencang
+ Sudah ada immobilizernya loh
+ Audio mobil cukup lengkap di jamannya (5 tahun lalu)
+ Stabil di kecepatan tinggi
+ Tidak pernah ada masalah mesin. Tenang dibawa perjalanan jauh.
- Peredaman masih harus ditingkatkan
- Posisi dan setelan kopling yang aneh
- Suspensi keras, sangat berasa di jalan yang banyak polisi tidur
Segitu aja long time reviewnya. Mudah mudahan dalam waktu dekat ini bisa naik kelas ke mobil 3 baris.
Gambar-gambar menyusul ya. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.
Salam
Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Aug 13, 2013 0:26
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Mon Jul 15, 2013 7:03
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
Pintu penumpang belakang sudah pernah makan korban berapa jidat om ? Mengingat bentuk pintu belakangnya yg aneh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
splash bentuknya memang bagus, gc tinggi , tinggal dandan dikit uda keren
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Aug 13, 2013 0:26
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
Selama ini belum ada korban om heheheSilentReader wrote:Pintu penumpang belakang sudah pernah makan korban berapa jidat om ? Mengingat bentuk pintu belakangnya yg aneh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 715
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
nice review om..
ditunggu penampakan interiornya yg udah mulai berumur..
review FCnya sekalian om..
ditunggu penampakan interiornya yg udah mulai berumur..
review FCnya sekalian om..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
pernah pake splash mobil rental di bali selama 5 hari, ini mobil irit banget emang isi 100rb premium serasa gak abis2.. posisi duduknya agak tenggelem yah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
Yg warna coklat unyu bener deh splash brother
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 656
- Joined: Wed May 06, 2015 6:32
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
pernah masuk kabin belakang splash..
lebih lega dr swift tapi aksesnya susah sekali.. kepala sy jadi korban
lebih lega dr swift tapi aksesnya susah sekali.. kepala sy jadi korban
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Long Time Review Suzuki Splash GL MT 2011
Saya aja yg punya dan bawa splashnya, sering juga kepentok jidat gegara mo ambil barang di belakang...SilentReader wrote:Pintu penumpang belakang sudah pernah makan korban berapa jidat om ? Mengingat bentuk pintu belakangnya yg aneh
Apalagi yg mau nebeng or ngikut di penumpang belakang...
Pintu belakangnya ga ada handle nya... Kaya avanza jadul
Ga ada mid seperti sirion.
Tapenya cuma ngandalin jvc sebagai head unit nya
Spion yahun 90 an yg pake tuas didalemnya.... Bikin temen temen auka iseng goyangin yg spion kiri.
Dan yah... Bener... Kopling spalsh saya juga punya masalah yg hampis sama... Keras dan tinggi... Apalagi setelah pergantian kopling walopun diganti di beres.
Pegas hidrolik pintu belakang dah mulai melemah...
Dan tanpa wiper belakang.
Lampu utama ada pengaturan ketinggian cahaya
Sekian tambahan reviewnya dr saya
Seeing is believing[*][/size]