Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Latio boros ya ?!
pingin juga ambil livina 1,8 a/t worth it gak ya ?
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Heee Konsumen Indonesia emang pada antik-2 , dikasih peredaman yang bagus hingga suara dari luar tdk terlalu kedengaran dari dalam komplain, dikasih yg berisik didalam complain juga, mestinya nich produksi mobil cuma 2 jenis aja, senyap hening dlm kabin dan berisik.
tinggl pilih yg suka berisik yg ambil yg berisk, yg senang hening pilih hening/senyap.
Spt Jazz yg sy punya termasuk kategori berisik kalau jalan suara ban kedengaran bangeet, apalagi kalau hujan deras yg namanya atap mobil spt kaleng berisik bangeet.
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

kalo latio saya gak tau sih, tapi bodinya kan lebih kecil dari livina. mungkin ada yang tau??

Bung Dony,
itulah salah satu yang saya gak suka dari jazz, model keren tapi berisik. gak nyaman. trus gimana bung dony jazznya dah laku??
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Winata wrote:Sorry ya bung lord dan semua, toh gw skrg dah indent livina dari bulan 12 dan saya menafsirkan semua persis kaya yang china punya. OK deh. Saya hanya menunjukkan kekesalan saya saja pada NMI yang mengikuti cara2 HOnda dan TOyota.
nah ini, makanya gua takut untuk inden, terutama soal harganya yg belum pasti. soal fitur yg ga ada ini ga ada itu, sdh tau, tp kalo harganya tetep tinggi. nah loh.

gmana nih ya...
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung hunter kalo soal harga kayaknya gak jauh dari bocoran yang pernah diposting, kalo lebih dari itu kayaknya gak mungkin, kalo persis sperti yang udah diposting itu mungking, moga kurang dari itu walaupun sedikit..
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Post by Good_boy86 »

@winata
nama sodara mirip nama belakang gw :lol:
tapi menurut gw, lebih baik kalo mau dapet livina yang sama persis dgn yang di china
lebih baek bung winata beli lewat IU aja.
siapa tahu nanti harganya ga beda jauh dengan yang melalui atpm
malah lebih murah,mirip kejadian odisey :lol:
tapi kalo gw sih,beli yang lewat atpm aja. bayar pajak tahunan bakalan lebih murah kayanya :D
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Mau kerja, tapi ini thread lagi seru. Jadi kecanduan neh !


Nah ! Kalau soal Suzuki GV, saya ngak berani ngomong apa. Memang itu Suzuki berani sekali. Good work Suzuki ! Yang suka silahkan beli ni mobil, saya dukung 100% ! Its good value all right !


BUT, inggat. GV its an SUV. Livina is a bigger MPV. Dan pula bukan saya ngomong apa, tapi menurut saya, tech. mesin Suzuki ama mesin Nissan, kalau saya sih feelingnya Nissan lebih high performance. Sebab Suzuki dari dulu terkenal main di pasar murah meriah. Thats why di Jepang, Nissan kerja sama ama Suzuki. Suzuki bantu Nissan bikin Mocco mobil kecil itu. Dan Nissan bantu Suzuki bikin Landy, Suzukinya basis Serena.


Juga yang jangka panjang inggin hindari uang BBM dekat sebab takut harga BBM naik lagi 5 tahun ke depan, SUV macam GV ngak bakal bisa seirit Livina. Namanya juga SUV !


Tapi saya juga pernah test drive GV. Mobilnya si OK. Tapi tetap Livina lebih mantap, mesin lebih halus dan kencang, peredam lebih bagus etc. All these cost extra money ! EXTRA MONEY ! Inggat !


Toh pls, jangan vonis Livina 1.8 ada ini, ngak ada itu. Till launching day, anything can happen. Last minute changes juga bisa saja. Pokoknya, dari tradisi Nissan yang royal dalam hal feature (coba lihat Serena ada rear camera, TV, DVD, etc.), saya tetap yakin feature 1.8 top pasti ngak beda jauh ama GV. Sama sama ada keyless entry. Inggat. GV juga bukan mobil murah. Sudah main ke dekat 200 juta.


Ya namanya photo mobil bung Wardana namanya juga test car. Coba tanya dia, dia juga ngak berani jamin 100% line-up Livina dan harganya seperti apa.


Nah, bung Hunter, once again, LETS SAY benar 1.5 harga segitu, ngak ada feature yang anda ingginkan. Dengan jujur, anda tanya sendiri, jika gitu, SO HOW ? Maukah balik ke Avanza S ? Maukah beli Stream 1.7 yang 224 juta dengan feature itu itu saja ? Atau balik ke Innova E yang juga toh kosong ? Atau berani kah anda cari mobkas paska banjir besar ? Atau beli Terios ? Rush ?


Jika jawabnya TIDAK untuk semua pertanyaan di atas, artinya anda ngak ada pilihan lagi. Kecuali tunggu lihat Suzuki SX4. Atau Chevy Captiva yang katanya bisa 180 juta selengkap Santa Fe.


Jika tetap tidak, then decision kan gampang. Jadi beli mobil baru ngak ? Jika iya, Livina's yr only choice !


Seperti 1 bulan sebelum nikah. Ada lagi ngak cewek yang lu naksir, jika tidak, dan sudah ngak sabar mau nikah, ya tinggal cewek itu lah ! Mau yang mana lagi ?


Bung Wardana, 1.8 dalam kota maybe sekitar 1:10. Luar kota 1:15/16 Versi 1.5 sekitar 1:13 dalam kota. Luar kota 1:18. Dan yang manual mungkin lebih irit sedikit. Anda tinggal hitung sendiri, tiap bulan jalan berapa km. Selisih BBM apakah bisa di terima ? Jika iya, dan anda ada uang extra, ya 1.8 sih sip. Lari kencang, dan accessory kayu itu cantik sekali !


Anda bisa hitung assumsi harga BBM sekarang 4500. Terus assumsi lagi berapa tahun ke depan naik ke misalnya 5500 atau 6000. Anda sendiri yang tau biaya BBM antara 1.5 dan 1.8 apakah sangat berarti untuk anda. I can't help U too much here. Tergantung yr financial condition and needs.


Memang it can be hard to decide. Yang 1.8 memang luar biasa cantik dan lengkap, tapi itu dia, PAY MORE ! Ada untungnya saya belum bisa beli. Ngak pusing saya pikirin antara 2 versi ini.


22nya bagus. Tinggal kantong anda. Pay more, get more. Actually sayang sekali pemerintah discriminasi pajak 1500 cc dan 1800 cc. Kalau ngak, harga pasti ngak beda jauh ! Masa cuman beda segitu pajak naik 2 kali lipat ?
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

thanks bung lord, atas advice anda.

memang interior kayu yg 1.8 cantik sekali, semoga nanti yang 1.5 bisa dipasangin.
saya juga baru ngeh kalo pajak 1.8 pasti lebih mahal. kira2 berapa ya pajaknya??. kalo honda jazz aja 1.5 pajak 1.5 jutaan/tahun.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Memang sayang NMI ikutin cara Toyo dan Honda. Tapi seperti saya bilang, mereka tidak ada pilihan.


Sebab mayoritas konsumen Indo ngak seperti some of U guys. Majority maunya MURAH ! Beda 10 juta saja, AYO ! ABS ? Whats that ? Airbags ? Untuk simpan udara ? Ngapain ?


Tapi dari segi plusnya, NMI ikuti cara Toyo dan Honda, kan Livina jadi ramai. Indent jadi ala kijang bulan bulanan. Dan sangat laku. Akibatnya, volume meningkat drastis, image Nissan jadi lebih ngetop, mobilnya di mana mana.


Konsekuensinya, eh, Nissan nanti seperti mobil murah Toyo dan Honda, yaitu, merakyat, orang kagum, dan hey ! Resale value jadi bagus ! Seperti Avanza dan Honda Jazz ! Malah bisa lebih sip iya ! Sebab irit dan 7 seater lagi !


Kita saat ini cengli dikit lah ! Masa suruh Nissan full spec terus. Nanti kalah terus ama Toyo dan Honda, kapan mereka jadi gede ? Seperti kita inggin gaji naik, bisnis / toko lebih ramai, memang Nissan demi belain idealistic, demi ADIL, tapi sepi terus ?


Cinderella saja mana mau jadi pembantu terus ? Mau juga nikah ama pangeran, pakai baju bersih, wangi, mana mau jadi kuli kotor, miskin terus ? Demi apa ? Kepuasan majikannya yang pelit itu ?


Namanya orang NMI juga manusia. Inggin besar, inggin sales naik, inggin gaji / bonus naik. Just like U and me ! Mau salahkan ya salahkan konsumen sendiri, dan juga siapa yang mulai, pelopor downspec gila gilaan dengan scala besar. U know who they are !


Istilah mau hukum kelompok bandit, kepala groupnya yang harus di penjara paling lama !


Oh ! Saya pikir, Nissan pada dasarnya sebenernya ngak suka specdown. Cuman kali ini terpaksa. Tau caranya gimana ? Mudah mudahan nanti tinggal mereka, yang lain pelopor specdown dah mati semua. Eh, Nissan bisa balik ke asal lagi, jual mobil lengkap, lebih mahal puluhan juta, tapi hey ! Tinggal mereka, so kita semua terpaksa beli.


So belilah Nissan dan lupakan yang lain (orang TAM dan HPM kesal kesal deh !) Haha !
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Wardana, mungkin anda sedikit salah paham. Artinya saya pajak 1.5 dan 1.8 beda double itu bukan pajak tiap tahun renew STNK.


Artinya pajak seluruh nilai mobilnya SAAT ATPM mau jual ke konsumen. Taukah kenapa sedan 1.8 ama 1.5 begitu besar selisihnya ?


Sebab pajak sedan 1.5 ama MPV / SUV 1.5 saja sedan 2 kali lipat ! Apalagi sedan 1.8 ! Thats why Vios hampir 200 juta, dan Altis hampir 300 juta ! Padahal sizenya ngak gitu beda jauh. Tapi itu dia, gara gara beda cuman 300 cc, dan main di class sedan, sedan > 1500 cc itu kena pajak amat tinggi. Jadi mau ngak mau ATPM terpaksa dengan harga jual tinggi.


Artinya, misalnya modal Livina badan + engine 1.5, maupun 1.8 sekitar say 140 juta. Nah, versi 1.5 kena 10%, jadi modal naik jadi 154 juta. Tapi modal 1.8 naik tajam jadi 168 juta. sudah beda 14 juta pajak tok.


Ini pun hitunggan saya mungkin salah, mungkin pajaknya atas bukan modal, tapi nilai seluruh mobilnya including fasilitas, etc. etc. Nilai jualnya. Seperti NJOP lah. Belum ada pajak lain yang saya tidak tau.


Yang kerja di consultant pajak atau di Ditjen pajak mohon jelaskan.


Kalau pajak tahunan, 1.8 estimasi saya sekitar 2 juta atau lebih dikit. Juga tergantung nilai mobilnya saat baru. But I may be wrong. Livina 1.8 pajaknya seharusnya mirip ama Innova E. Tanyalah orang yang punya ni mobil.


Once again misalnya selisih pajak tahunan say Rp 500,000. Jika anda mampu beli mobil hampir 200 juta, kalau saya bilang selisih itu ngak ada artinya ! Nikmatinlah mesin 1.8 dan luxurynya !
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

terimakasih atas penjelasan anda bung lord.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Saya dapat table pajak PPnBM untuk mobil, sudah lama dan saya yakin sampai saat ini masih berlaku, sebab sering banyak orang complain, pajak mobil seharusnya mendasarkan NILAI mobilnya dan BUKAN jenis atau CCnya. Tidak fair sama sekali.

Lihat table ini :

Tarif PPnBM kendaraan bermotor di Indonesia

Kategori (P = bensin, D = diesel)
Kapasitas mesin
PPnBM
(%)

Sedan
cc <= 1.5 lt
30%

1.5lt < cc <= 3.0lt(P)/2.5lt(D)
40%

cc>3.0lt(P)/2.5lt(D)
75%

MPV / SUV (tipe 4x2)
cc<= 1.5 lt
10%

1.5lt < cc=2.5lt
20%

2.5lt < cc=3.0lt(P)
40%

cc>3.0lt(P)/2.5lt(D)
75%

SUV (tipe 4X4)
cc<= 1.5 lt
30%

1.5lt < cc=3.0lt(P)/2.5lt(D)
40%

cc>3.0lt(P)/2.5lt(D)
75%

Komersial
(kabin ganda)
4x2/4x4
GVW,5 ton (P/D) semua cc
20%


Belum ada pajak lain deh seperti BBN dan lain lainnya. Dan tentu ridiculous. Contoh, bisa saja nanti MPV super lux BMW 1500 cc pajaknya lebih kecil banding MPV 2500 cc ex-Jepang yang bukan mobil mewah. Thats why di negara lain mana ada tarif pajak macam ini ?


Pula saya sudah ngerti, dan saya sadar, di Indonesia, beli sedan, besar maupun kecil dari segi pajak sangat tidak efficient. Sedan 1.5 ama MPV SUV 1.5 beda lumayan jauh pajaknya.


Thats why harga mobil seperti sedan 3000 cc / SUV 3000 cc harganya gila kan ? Apakah mobilnya sangat istimewah ? Of course not ! Setengah harganya adalah pajak ! Apakah Harrier / Lexus SUV 3.0 500-600+ juta mobil bagus ? Iya. Apakah 2 kali lebih bagus banding X-trail / CRV yang sekitar setengah harganya ? I don't think so ! Sebab Harrier sangat mahal gara gara pajak tinggi 3000 cc PLUS pajak CBU ex-Japan yang gila juga.


I wonder orang yang kaya yang beli Harrier / Lexus CBU sadar hal ini ? Bukan artinya itu mobil jelek, but mereka sangat membantu negara dengan bayar pajak yang sangat tinggi. Thank You guys ! I gave at the office ! As they say in America !


So dari dulu saya bilang, paling enak itu beli mobil MPV / hatchback / SUV 1500 cc atau kurang, especially CKD. Dan yang ada sedikit duit lagi, inggin extra power, main ke atas 1500 - 2500 cc masih wajar. Meskipun pajaknya lebih tinggi, tapi ngak segila pajak sedan jenis apapun, atau mobil atas 2500 cc yang kena pajak tinggi semua.


Tax evation itu melanggar hukum, tapi tax AVOIDANCE kan sah. So jika saya beli MPV dan ngak beli sedan untuk hindari pajak lebih, itu namanya tax avoidance. Legal and right !


Mobil CBU lebih gila. Bea masuknya juga gede. Saya ngak ada data pajaknya, tapi itulah kenapa Rush CBU bisa 250 juta dan Rush CKD cuman 160-180 juta.


Ngomong Livina CBU ex-China, forget it ! Livina di China semua stir kiri ! Ngak bisa di pakai di Indo !
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

hmmm....
saya ambil kesimpulan dari ramenya pasar disini......
di indo harga mobil sangat tinggi..........tidak sebanding dengan spec dan kualitas yang diharapkan......adapun lingkaran setan yang ada di indo:
1. pajak sangat tinggi
2. orang indo tidak peduli dengan safety fiture......yang dilihat hanya brand image,resale value, harga s.part, konsumsi bbm, dan kapasitas penumpang.....
3. ATPM cenderung tidak mengedukasi masyarakat ttg pentingnya safety fiture.....
disisi laen ATPM ingin untung sebesar2nya dengan spec down safety fiture dan hal2 lain yang di anggap tidak signifikan buat masyarakat indo.........ditambah persaingan antar ATPM yang saling mengejar target......tetapi yang dikejar hanya target kuantitas.....BUKAN TARGET KUALITAS
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Waduh pajak indo pusing deh. 1.8 yang cbu beda dengan yang 1.8 ckd. Oh ya pajak tinggi2 tetapi jalanan rusak semua, fasilitas lalu lintas minim, tidak pernah dilindung sebagai hak pemilik mobil. huh.
Last edited by Winata on Thu Mar 15, 2007 9:44, edited 1 time in total.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Saya setuju dengan bung lord untuk yang 1.5 yang memberikan nilai lebih hanya livina, dibanding avanza tipe 1.5s masih jauh, dibanding dengan jazz jauh mah, aerio apalagi sudah punah, Estate bagus tapi harganya masih diatas livina 1.5, Mungkin yang laen aveo, rush, terios tetapi masih kalah ama livina 1.5. Tapi menurut gw suzuki sx4 akan memberikan gebrakan dan kejutan yang lebih. kita tunggu aja.

Kalau yang 1.8 sih jujur aja biarpun gw serang terus di forum ini, sebenernya 1.8 livina lah yang memberikan nilai lebih dibanding semua, INnova kemahalan dan boros, Stream kemahalan dan teknologi kurang, Kia carens produknya masih unreliable, Estate mungkin masih bisa jadi pesaing 1.8 menurut gw imbang tetapi estate masih kalah soal akomodasi tempat duduk, Panther ckckckck adalah mobil mahal yang paling minim teknologinya(sory no offense ya), Carnival dan Trajet (Bagus tapi boros dan harganya masih jauh diatas livina) tidak value for money.

Kita tunggu captiva saja. Harga 180jt-225jt saya liat dari forum sebelah, autobild, autocar. Khusus autocar dan autobild saya agak percaya karene mereka pasti punya orang dalam (CIA) di atpm2. Buktinya sebelum innova keluar harga innova 160-220jt sudah ditaksir mereka, New Sante fe 300-340jt juga sudah ditaKSIR mereka dan waktu saya baca juga kaget2 kok sante fe naek kelas, All new CRV 280-320jt juga sudah ditaksir mereka, All new Stream 2 akan bermain dikisaran 280-320jtan so atpm honda bakalan tidak akan melengkapi line up baru mereka di INdonesia juga sudah ditaksir autobild dan autocar dan memang terbukti ga bakal dimasukin, dan khusus livina di autobild ver 92. Livina akan bermain dikisaran 140jt-210jt. Memang terbukti.

SO Captiva 180jt-225jt bisa dipercayakan toh mungkin ada perbedaan ga gitu besar saja. Contohnya Biasanya GM mengeluarkan mobil2 yang undervalue dengan value for money. Contoh saja Optra 1.8 lt m/t harganya 202.5jt dibanding pesaingnya 1.7 m/t Honda Civic Vti-s 269jtan dan altis 1.8 m/t 280jtan pada tahun 2004. Fitur optra kala itu melebihi altis dan civic, kaya abs, ebd, remote kontrol distir, jok kulit, Total Noise Reduction (TNR) untuk peredaman kabin, Body aerodinamis, Hydraulic Engine mounting, engine immobilizer, remote trunk opener. Tetapi kala itu sayang Manajemen GMI yang dulu tidak melakukan dukungan terhadap optra dan aftersales yang jelek membuatnya tidak laku. Tetapi captiva ini beda bakal didukung oleh manajemn gmi yg baru..

Mengenai Power of Dreams....

Mungkin gw kata bung lord adalah power of dream, dan saya katakan iya. Everyone has a dream kok.
Ingat tahun 1980an, ac, radio tape adalah fitur mobil mahal pada waktu saat itu. Seiring waktu berjalan fitur2 tersebut sudah menjadi biasa bagi industri otomotif hampir semua mobil murah sudah manadopsinya.
Sampai awal tahun 1990an fitur power window, power door lock, power steering, Electric mirror adalah fitur untuk mobil mahal, tetapi jaman sekarang semua mobil murah bahkan ceria dan qq sudah ada menadopsi fitur ini.
Dan sudah waktunya fitur2 mobil mahal saat akhir taun 1990an sampai awal tahun 2000an kaya abs, ebd, airbag, keyless entry, ac digital yang biasa hanya ada dimobil mahal sudah boleh jadi standar mobil murah.
Dan berharap tahun 2010an mobil2 murah sudah mengadopsi idrive, gps, pokoknya fitur2 mahal mobil premium saat ini lah. Setuju.......

Kembali ke laptop eh,..,,. permasalahan..

ekonomi gw yang pas2an yang tidak dapat membeli mobil premium. (Kalo bisa beli pun gw bakal tidur di dalam mobil waktu parkir karena takut digores hehe...sayang uang pas2an takut ga bisa maintenance and kalo hilang gw bisa shock berat hehhe). Sejak muncul livinalah dimajalah dan membaca website http://www.geniss.com.cn gw baru bisa wujudkan power of dreams gw.

Dengan harga yang reasonable gw bisa dapatkan fasilitas mobil premium kaya 6 speed, dual airbag, jok kulit, abs, ebd, ba, keyless entry, peredaman ok, AC digital, Panel kayu, Drive by wire, interior mewah, eksterior dinamis dll deh. Sampai sekarang gw hanya bs ketemu harga 180-200jt hanyalah livina. Tetapi setelah lihat varian yang di Indo saya agak kaget dan mulai curiga apakah bisa sama dengan yang di China. Tetapi ya udahlah toh biarpun gak semua diberikan toh sudah lebih value for money daripada pesaingnya, soalnya sudah ada abs, ebd, drive by wire, peredaman ok, 6 speed, interior mewah, dinamis, irit dan kencang.

Yup masyarakat kita belum penting kaya gituan, paling penting irit dan resale value bagus. Tetapi jika engkau gila otomotif semua ini sangatlah berharga.

I think that Livina still is a lot better than his competitors or maybe the best right now, but i am still hoping and waiting for Nissan last minute surprise and Chevy Captiva Alive in Indonesia.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

NOW YOU ARE TALKING !


Bukan saya sangat puas dengan specdown Livina, TAPI, di antara semua sainggan, Livina is STILL the BEST ! Not perfect, BUT the BEST VALUE !


Istilah di kelompok bandit, Livina adalah yang paling jinak, paling gentle. Paling jarang bunuh orang ! Not the car of our dreams, but no other choice !


Captiva ? Lets see. Kalau ada berita, update me. Saya juga suka bentuknya. Cuman kali ini Autobild salah hitung. But who knows ? Lets see !
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Berita di otomotif hr ini, SX4 hatchback 1500 VVT akan di jual dgn kisaran harga 155jt untuk M/T dan 165jt untuk A/T. Cukup realistis juga harganya, apalagi launchingnya hampir bersamaan dgn Livina di bulan April ini.

Gmana Om Sith, apa SX4 bisa jadi rival yang bisa mengganjal penjualan Livina juga? Walaupun SX4 adalah model crossover sedangkan Livina MPV. Yang tentu SX4 hanya 5 seater sedangkan Livina 7 seater.

Can predict this ?
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

mungkin sx4 lebih akan menjadi pesaing honda jazz etc karena 5 seater. sx4 bagus.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

S4 cakep , bagus kok cuma sayang msh mesin Swift, yg pasti swift lbh kenceng nich.
Udh bisa dp 5 jt kok, April ini launching juga berbarengan dgn Nissan Livina, Toyata Vios Belta.
Tinggl ntr liat dijln bnyk berseliweran yg mana.
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Post by lala »

Sampai sekarang belum ada kabar pastinya yah apakah Livina itu ada 5 seaternya ato ngga, dan bentuknya seperti apa. So far cuma desas-desus doang bahwa ada 5 seaternya juga. Apa di website Nissan China juga ngga ada informasinya? Maksud saya kan Livina launching duluan di China, seandainya ada 5 seaternya, mestinya di China uda ada duluan. Betul? Jadi bisa ngintip gambar dan spec di sana. Ada yang bisa bantu?
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

livina versi 5 seater akan keluar bulan okt 2007, itu pasti di indo. kalo di cina saya kurang tau, mungkin bung sithlord lebih tau yg dicina?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Mengenai Suzuki Sx4, oh, saya suggest Suzuki ganti nama dulu. Tau sendiri di Indo, angka 4 itu taboo ! Dan saya yakin akan ganti nama. Tapi ngak juga no bigdeal lah !


Ini mobil kelihataannya good looking. Malah di antara semua mobil Suzuki, ini paling fresh tampangnya. Dan lihat dimensinya bisa lebih besar dari Jazz / Yaris / Swift iya.


Jadi akan jadi sainggan berat Jazz dan Yaris, sebab mungkin bisa lebih lega dan mesin sama. Tapi again hard to say at this moment, toh saya belum pernah lihat, apalagi duduk di dalam.


Kalau bilang vs Livina, saya ngak gitu kwatir, sebab yang 1 5 seater, yang 1 7 seater. Malah again dengan harga yang sama / dekat, the Grand Livina still gives you more (kecuali feature yang di Sx4 ini sangat berlimpah, lets see). Jadi inggat iklan Suzuki - The Grand Gives you More ! Grand Escudo XL-7.


SX4 akan lebih galak banding Livina 1.5 short chassis 5 seater dan Jazz. Kalau Livina 7 seater, no, pikiran buyernya agak beda. Yang pentingkan 7 seater dan cabin space berlimpah ngak akan lirik mobil 5 seater.


Kalau di China ngak ada Livina 5 seater deh. Dengan pajak yang masuk akal, semua orang di situ sudah puas dapat Livina 1.8 7 seater full feature dengan harga sangat murah. Dan di China, mungkin beda cuman 10 juta orang ngak gitu gampang kabur.


Tapi di Indo, lain. So untuk genjot volume, Nissan keluar Livina 5 seater yang harganya akan turun lagi. Sebab mobil makin kecil makin murah biayanya. Untuk sekaligus ganggu Jazz / Yaris / Swift / SX4.


But the Suzuki SX4 kelihatannya akan jadi macam Kuda Hitam. May be a serious threat to Jazz, sebab Jazz sudah tua dan mungkin orang makin bosan dengannya.


Orang mungkin bilang merek Honda lebih gimana banding Suzuki, but I say, tunggu dulu. Belum tentu. Toh GV saja sekarang juara SUV ! X-Trail / CRV saja sudah kalah ama dia.


Tapi kalau bilang muka, tetap saya lebih suka muka Livina, meskipun SX4 dari segi sudut lain juga cantik. Tapi lampu depannya agak sedikit sipit untuk saya.
lala
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Mon Feb 05, 2007 1:50

Post by lala »

wardana wrote:livina versi 5 seater akan keluar bulan okt 2007, itu pasti di indo. kalo di cina saya kurang tau, mungkin bung sithlord lebih tau yg dicina?
Oktober? Lama banget. Bung Wardana tahu bulan Oktober dari mana? Saya ngarepin bulan Mei-Juni gitu lho. Anyway thanks for informasinya. :cry:
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

saya tau dari owner dealer nissan yg di denpasar.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

lala wrote:
wardana wrote:livina versi 5 seater akan keluar bulan okt 2007, itu pasti di indo. kalo di cina saya kurang tau, mungkin bung sithlord lebih tau yg dicina?
Oktober? Lama banget. Bung Wardana tahu bulan Oktober dari mana? Saya ngarepin bulan Mei-Juni gitu lho. Anyway thanks for informasinya. :cry:

Lala sayang,


Anda mungkin takut Livina terlalu besar dan susah untuk anda parkir ? Percaya saya. Ini mobil sizenya pas banget. Meskipun 7 orang, tapi dimensinya sangat wajar. Di jamin gampang parkir. Kecuali anda baru lulus sekolah stir mobil ya ngak tau deh.


Pula jika anda nanti atau masa depan, ke Carrefour atau ke toko mas / berlian, beli segudang barang, Livina 7 seater kursi di lipat, di jamin tempat barang pasti cukup. Apalagi nanti kalau lagi ajak banyak teman ke Plaza Senayan / Indonesia, beli banyak baju, etc dan kantong shopping begitu banyak, plus beli banyak makanan / snacks, nanti pulangnya ngak cukup tempat.


Yang bikin mobil susah parkir ada 2 faktor penting. Terlalu panjang susah, apalagi parallel parking. Terlalu lebar juga susah. Livina panjangnya 4.42 meter kalau ngak salah. Lebar 1.69 m. Tinggi 1.59 m. Mau ke mana saja bisa. Jalan tikus bisa juga. Memang ngak sekecil Ceria, tapi mobil terlalu kecil juga nanti gimana.... Menurut saya sih dimensi Livina JUST NICE !


Tapi memang kadang di mal saya lihat ada juga orang (lebih sering terus terang si gadis yah), kewalahan parkir mobil gede. Jadi anda sendiri harus tau kemampuan anda. Anda pernah bisa stir dan parkir kijang kapsul ? Jika bisa, ini mobil mirip deh dimensinya ama kapsul. Cuman kapsul lebih tinggi saja.


Anyway, sebentar lagi lihat sendiri deh. Salam !