Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
*Disclaimer: BB saya hang waktu di restore semua pics hilang so buat gambar2 saya ambil dari web aja ya
kira2 3 minggu lalu saya test drive cayenne diesel sebetulnya yang saya tertarik adalah cayenne S cuma karena tidak ada unit test untuk cayenne s owner atpmnya dengan PDnya bilang buat di jakarta hybrid atau diesel sudah cukup akhirnya saya datang juga untuk test drive.
Waktu saya datang pas dekat dengan rush hour karena selain performance dari mobilnya saya juga mau test gimana bawa full size suv di macet2nya jakarta rute test drivenya sendiri mulai dari porsche jalan panjang - simprug - pondok indah - tol ke arah tb simatupang - puter balik ke arah tol bsd dan balik lagi ke jalan panjang jadi cukup lengkap jenis jalan yang di coba.
Untuk penampilan exterior saya bener2 suka sama design 958 waktu 955/957 keluar saya liatnya aneh banget soalnya kayak gede banget badannya sedangkan 958 walau lebih panjang dan lebar sedikit secara design kelihatan lebih langsing:
957:
958:
Interior 958 juga jauh lebih baik daripada 955/957 karena interiornya diambil dari panamera dan buat saya pribadi saya lebih suka banyak layout control dari panamera yang menggunakan tombol untuk akses daripada menggunakan interface seperti bmw iDie, sekali lagi interiornya benar2 harus dilihat dengan mata sendiri karena the pictures don't do the justice
driving experience:
Begitu masuk ke dalam kabin dan tutup pintu suara2 dari luar benar2 teredam kursinya sendiri nyaman untuk di duduki dan karakteristik kabinnya membawa suasana tenang kecuali parktronicnya yang harus dimatikan karena setiap kali ada motor nyelip atau mobil belakang jaraknya teralu dekat warning alarmnya berbunyi terus. Tempat duduk dengan 14 way power sangat nyaman untuk diduduki walaupun waktu itu macet cukup berat dari simprug ke pondok indah lumbar supportnya sangat membantu mengatasi pegal2 karena duduk terlalu lama. Untuk audionya sendiri cuma ok2 aja dan ada option 6000euro untuk upgrade ke audio system high end tapi buat saya standard audionya sudah cukup tidak lebih tidak kurang.
power plant and transmission
Cayenne yang saya testdrive adalah v6 twin turbo diesel yang dimana waktu 0-100km paling lambat dari semua varian lain perlu waktu 7.8s untuk dari 0 ke 100 dimana varian lain v6 7.5s, S hybrid 6.5s, S 5.9s dan turbo di 4.6s waktu sebelum test drive jujur aja saya ada pikiran negatif sesudah melihat diesel adalah varian paling pelan dan ini karena saya gak ngerti kalo diesel engine itu torquenya gede banget sekitar 410nm walaupun secara hp cuma 240, torque sebesar itu hampir sama dengan torque V8 400hp cayenne S. Nah karena torquenya besar maka untuk urusan nyelip2 dan tarikan awal cayenne diesel seperti yang owner atpmnya bilang sudah lebih dari cukup untuk di jalanan jakarta dan memang rasanya suv ini lincah sekali. Untuk transmisinya cuma tersedia tiptronic 8 speed dengan diff lock sehingga tidak perlu low transfer casing/gear untuk aktivitas off road, PDK atau porsche double clutch tidak tersedia di varian manapun karena tidak cocok untuk off road. Perpindahan giginya sendiri sangat smooth dan hampir tidak berasa kecuali ketika gigi tiptronic di turunkan atau waktu melakukan kickdown disitu baru terasa tarikannya dan sekali saya bener2 terkagum2 dengan performance mobil diesel, baru pertama kali saya bawa mobil diesel dan gak nyangka bisa secepat ini.
Jadi untuk di jalan raya cayenne diesel sangat lebih dari cukup untuk performancenya waktu masuk tol wadawwww gak perlu di bejek habis power delivernya langsung berasa dan transmisinya mengatur shift down sendiri tanpa perlu terlalu banyak intervensi karena sore itu jalan tol ke arah tb simatupang dari pondok indah cukup ramai maka saya sengaja jaga kecepatan hanya pada waktu dari tb simatupang ke bsd bisa buka speed lebih tinggi jalan di 160km/h tanpa ada getaran atau suara berisik dari wind or engine noise kalau mau tambah speed saya rasa tidak ada masalah karena sisa rpmnya masih cukup banyak cuma balik lagi mau jalan secepat apa di jalan tol? jadi walaupun top speed cayenne diesel adalah yang paling rendah dari semua varian karena hp cuma memiliki 245 hp saya berasa sudah lebih dari cukup tidak ada point untuk bawa top speed kendaraan di jalan tol.
Yang mengecewakan buat saya untuk varian diesel ini adalah suara mesin dan exhaust yang terlalu halus malah engine dan exhaust notenya sama sekali tidak menarik sangat berbeda sekali dengan suara engine s54(e46 m3) ketika menuju 8900 rpm, saya sempet tanya sama owner atpmnya apa kalau saya tambah option sport exhaust system akan lebih baik? jawaban beliau tidak malah cuma buang uang karena diesel is diesel suaranya akan begitu saja walau di tambah option sport exhaust
suspension and body roll control
unit test drive yang saya pakai di lengkapi opsi PASM(air suspension) dan PDCC(body roll control)
untuk air suspensionnya menarik karena saya bisa meninggikan atau merendahkan tinggi dari kendaraanya dengan memindahkan switch dari tinggi ke rendah atau sebaliknya dan waktu mencapai speed tertentu secara otomatis akan kembali ke setting optimum. Untuk settingan kekerasan dari suspensi comfort, normal dan sport buat saya yang paling enak di sport walaupun berasa keras kalau melewati jalan yang tidak mulus tapi saya bisa merasakan feedback dari chassis kendaraannya faktor ini penting buat saya karena selama ini saya selalu membawa sedan yang dimana dengan low center gravity saya lebih mempunyai feed back grip tresholdnya dimana untuk cayenne yang saya test drive selain PASM yang memonitor dan melakukan adjustment thd aktivitas suspensi ada juga opsi PDCC yang benar2 mengurangi body roll pada waktu mengambil tikungan.
kekurangan setelah test drive:
1. Kaca spion dalam yg imut2 sehingga percuma dipasang karena 80% tidak berguna
2. Klakson yang berat/susah di pencet
3. Speedometer yang percuma karena kecil dan ada di sebelah kiri, lebih baik liat digital spedometer di rev counter saja
4. Suara mesin dan exhaust yg terlalu hening
5. Kalau tidak hati2 nambahin options bisa jadi 3/4 harga mobilnya sendiri
Kesimpulan sementara:
Cayenne diesel adalah varian yang paling murah dari semua jenis varian yang masuk ke indonesia(kecuali v6 dengan opsi minim) untuk harga OTR yang ditawarkan opsi yang dibawa sudah cukup banyak dan kalau buat saya opsi yang masih kurang hanya PTV + (Porsche Torque Vectoring +) dari segi "value for money" memang cayenne diesel adalah best bang for the buck karena untuk kondisi jalan di indonesia performance cayenne diesel hanya "beda sedikit" dengan cayenne S yang dimana beda harganya 2x lipat. Dibandingkan dengan SUV di kelasnya saya merasa Cayenne mempunyai keunggulan diatas X5 karena performance dan design exterior dan interior yang jauh lebih baik daripada X5, Q7 buat saya sangat menarik hanya saja dimensinya yang terlalu besar, Range rover sport kalau yang ini memang secara design exterior, interior, performance off road jauh lebih baik dari cayenne cuma faktor harganya saja yang membuat RR sport kalah dari cayenne diesel ataupun cayenne S karena rr sport masih lebih mahal.
Untuk twin turbo v6 dieselnya cayenne saya sangat salut atas performancenya dan kehalusannya beda jauh sekali dengan image diesel yang di kepala saya sebelumnya:lemot, berisik sama ngebul asap hitam ternyata mesin diesel modern sudah sangat berbeda cuma yang menjadi pertanyaan seberapa susah untuk mencari BBM solar yang berkualitas baik untuk diesel semacam ini, tidak praktis kan kalau setiap kali harus mencari SPBU shell? Kalau SMers yang lain punya pengalaman dengan mesin diesel modern tolong di share ya bagaimana pengalamannya dengan BBM solar selain shell.
kira2 3 minggu lalu saya test drive cayenne diesel sebetulnya yang saya tertarik adalah cayenne S cuma karena tidak ada unit test untuk cayenne s owner atpmnya dengan PDnya bilang buat di jakarta hybrid atau diesel sudah cukup akhirnya saya datang juga untuk test drive.
Waktu saya datang pas dekat dengan rush hour karena selain performance dari mobilnya saya juga mau test gimana bawa full size suv di macet2nya jakarta rute test drivenya sendiri mulai dari porsche jalan panjang - simprug - pondok indah - tol ke arah tb simatupang - puter balik ke arah tol bsd dan balik lagi ke jalan panjang jadi cukup lengkap jenis jalan yang di coba.
Untuk penampilan exterior saya bener2 suka sama design 958 waktu 955/957 keluar saya liatnya aneh banget soalnya kayak gede banget badannya sedangkan 958 walau lebih panjang dan lebar sedikit secara design kelihatan lebih langsing:
957:
958:
Interior 958 juga jauh lebih baik daripada 955/957 karena interiornya diambil dari panamera dan buat saya pribadi saya lebih suka banyak layout control dari panamera yang menggunakan tombol untuk akses daripada menggunakan interface seperti bmw iDie, sekali lagi interiornya benar2 harus dilihat dengan mata sendiri karena the pictures don't do the justice
driving experience:
Begitu masuk ke dalam kabin dan tutup pintu suara2 dari luar benar2 teredam kursinya sendiri nyaman untuk di duduki dan karakteristik kabinnya membawa suasana tenang kecuali parktronicnya yang harus dimatikan karena setiap kali ada motor nyelip atau mobil belakang jaraknya teralu dekat warning alarmnya berbunyi terus. Tempat duduk dengan 14 way power sangat nyaman untuk diduduki walaupun waktu itu macet cukup berat dari simprug ke pondok indah lumbar supportnya sangat membantu mengatasi pegal2 karena duduk terlalu lama. Untuk audionya sendiri cuma ok2 aja dan ada option 6000euro untuk upgrade ke audio system high end tapi buat saya standard audionya sudah cukup tidak lebih tidak kurang.
power plant and transmission
Cayenne yang saya testdrive adalah v6 twin turbo diesel yang dimana waktu 0-100km paling lambat dari semua varian lain perlu waktu 7.8s untuk dari 0 ke 100 dimana varian lain v6 7.5s, S hybrid 6.5s, S 5.9s dan turbo di 4.6s waktu sebelum test drive jujur aja saya ada pikiran negatif sesudah melihat diesel adalah varian paling pelan dan ini karena saya gak ngerti kalo diesel engine itu torquenya gede banget sekitar 410nm walaupun secara hp cuma 240, torque sebesar itu hampir sama dengan torque V8 400hp cayenne S. Nah karena torquenya besar maka untuk urusan nyelip2 dan tarikan awal cayenne diesel seperti yang owner atpmnya bilang sudah lebih dari cukup untuk di jalanan jakarta dan memang rasanya suv ini lincah sekali. Untuk transmisinya cuma tersedia tiptronic 8 speed dengan diff lock sehingga tidak perlu low transfer casing/gear untuk aktivitas off road, PDK atau porsche double clutch tidak tersedia di varian manapun karena tidak cocok untuk off road. Perpindahan giginya sendiri sangat smooth dan hampir tidak berasa kecuali ketika gigi tiptronic di turunkan atau waktu melakukan kickdown disitu baru terasa tarikannya dan sekali saya bener2 terkagum2 dengan performance mobil diesel, baru pertama kali saya bawa mobil diesel dan gak nyangka bisa secepat ini.
Jadi untuk di jalan raya cayenne diesel sangat lebih dari cukup untuk performancenya waktu masuk tol wadawwww gak perlu di bejek habis power delivernya langsung berasa dan transmisinya mengatur shift down sendiri tanpa perlu terlalu banyak intervensi karena sore itu jalan tol ke arah tb simatupang dari pondok indah cukup ramai maka saya sengaja jaga kecepatan hanya pada waktu dari tb simatupang ke bsd bisa buka speed lebih tinggi jalan di 160km/h tanpa ada getaran atau suara berisik dari wind or engine noise kalau mau tambah speed saya rasa tidak ada masalah karena sisa rpmnya masih cukup banyak cuma balik lagi mau jalan secepat apa di jalan tol? jadi walaupun top speed cayenne diesel adalah yang paling rendah dari semua varian karena hp cuma memiliki 245 hp saya berasa sudah lebih dari cukup tidak ada point untuk bawa top speed kendaraan di jalan tol.
Yang mengecewakan buat saya untuk varian diesel ini adalah suara mesin dan exhaust yang terlalu halus malah engine dan exhaust notenya sama sekali tidak menarik sangat berbeda sekali dengan suara engine s54(e46 m3) ketika menuju 8900 rpm, saya sempet tanya sama owner atpmnya apa kalau saya tambah option sport exhaust system akan lebih baik? jawaban beliau tidak malah cuma buang uang karena diesel is diesel suaranya akan begitu saja walau di tambah option sport exhaust
suspension and body roll control
unit test drive yang saya pakai di lengkapi opsi PASM(air suspension) dan PDCC(body roll control)
untuk air suspensionnya menarik karena saya bisa meninggikan atau merendahkan tinggi dari kendaraanya dengan memindahkan switch dari tinggi ke rendah atau sebaliknya dan waktu mencapai speed tertentu secara otomatis akan kembali ke setting optimum. Untuk settingan kekerasan dari suspensi comfort, normal dan sport buat saya yang paling enak di sport walaupun berasa keras kalau melewati jalan yang tidak mulus tapi saya bisa merasakan feedback dari chassis kendaraannya faktor ini penting buat saya karena selama ini saya selalu membawa sedan yang dimana dengan low center gravity saya lebih mempunyai feed back grip tresholdnya dimana untuk cayenne yang saya test drive selain PASM yang memonitor dan melakukan adjustment thd aktivitas suspensi ada juga opsi PDCC yang benar2 mengurangi body roll pada waktu mengambil tikungan.
kekurangan setelah test drive:
1. Kaca spion dalam yg imut2 sehingga percuma dipasang karena 80% tidak berguna
2. Klakson yang berat/susah di pencet
3. Speedometer yang percuma karena kecil dan ada di sebelah kiri, lebih baik liat digital spedometer di rev counter saja
4. Suara mesin dan exhaust yg terlalu hening
5. Kalau tidak hati2 nambahin options bisa jadi 3/4 harga mobilnya sendiri
Kesimpulan sementara:
Cayenne diesel adalah varian yang paling murah dari semua jenis varian yang masuk ke indonesia(kecuali v6 dengan opsi minim) untuk harga OTR yang ditawarkan opsi yang dibawa sudah cukup banyak dan kalau buat saya opsi yang masih kurang hanya PTV + (Porsche Torque Vectoring +) dari segi "value for money" memang cayenne diesel adalah best bang for the buck karena untuk kondisi jalan di indonesia performance cayenne diesel hanya "beda sedikit" dengan cayenne S yang dimana beda harganya 2x lipat. Dibandingkan dengan SUV di kelasnya saya merasa Cayenne mempunyai keunggulan diatas X5 karena performance dan design exterior dan interior yang jauh lebih baik daripada X5, Q7 buat saya sangat menarik hanya saja dimensinya yang terlalu besar, Range rover sport kalau yang ini memang secara design exterior, interior, performance off road jauh lebih baik dari cayenne cuma faktor harganya saja yang membuat RR sport kalah dari cayenne diesel ataupun cayenne S karena rr sport masih lebih mahal.
Untuk twin turbo v6 dieselnya cayenne saya sangat salut atas performancenya dan kehalusannya beda jauh sekali dengan image diesel yang di kepala saya sebelumnya:lemot, berisik sama ngebul asap hitam ternyata mesin diesel modern sudah sangat berbeda cuma yang menjadi pertanyaan seberapa susah untuk mencari BBM solar yang berkualitas baik untuk diesel semacam ini, tidak praktis kan kalau setiap kali harus mencari SPBU shell? Kalau SMers yang lain punya pengalaman dengan mesin diesel modern tolong di share ya bagaimana pengalamannya dengan BBM solar selain shell.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Memang untuk mesin2 diesel modern udah ga ada lagi namanya lemot, berisik, sama ngebul asap hitam. Sebenarnya "berisik" khas diesel masih, cuma peredaman di mobil diesel premium udah top semua, jadi kabin akan tetap hening.bushkntl wrote: Untuk twin turbo v6 dieselnya cayenne saya sangat salut atas performancenya dan kehalusannya beda jauh sekali dengan image diesel yang di kepala saya sebelumnya:lemot, berisik sama ngebul asap hitam ternyata mesin diesel modern sudah sangat berbeda cuma yang menjadi pertanyaan seberapa susah untuk mencari BBM solar yang berkualitas baik untuk diesel semacam ini, tidak praktis kan kalau setiap kali harus mencari SPBU shell? Kalau SMers yang lain punya pengalaman dengan mesin diesel modern tolong di share ya bagaimana pengalamannya dengan BBM solar selain shell.
Untuk BBM, saya sendiri pengguna diesel BMW yg diharus minum BBM yg berkualitas baik. Dari info2 yg saya dapatkan malah Diesel Shell itu kualitasnya dibawah diesel Pertamina DEX dan Total Diesel, CMIIW. Kalau bro tinggal di Jakarta saya rasa ga akan kesulitan untuk mencari SPBU yg menjual Pertamina DEX/Total/Petronas/Shell, karena sepertinya lengkap tuh yg buka di jakarta, kendalanya cuma kalau dibawa keluar kota yg belum menyediakan diesel kualitas tinggi. Sepertinya untuk kedepannya bakalan makin banyak SPBU2 yg menyediakan Pertamax DEX sesuai dengan mulai bertambah banyaknya mobil2 yg menggunakan mesin diesel common rail high pressure. Waktu pembelian mobil juga diberikan daftar2 alamat SPBU di Indonesia yg menyediakan BBM diesel yg direkomendasikan oleh BMW Indonesia, dan kalau lihat listnya udah banyak juga.
BTW, harga Cayenne diesel "base" di indonesia berapa bro?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
idem.....mklasse wrote:bushkntl wrote: Untuk twin turbo v6 dieselnya cayenne saya sangat salut atas performancenya dan kehalusannya beda jauh sekali dengan image diesel yang di kepala saya sebelumnya:lemot, berisik sama ngebul asap hitam ternyata mesin diesel modern sudah sangat berbeda cuma yang menjadi pertanyaan seberapa susah untuk mencari BBM solar yang berkualitas baik untuk diesel semacam ini, tidak praktis kan kalau setiap kali harus mencari SPBU shell? Kalau SMers yang lain punya pengalaman dengan mesin diesel modern tolong di share ya bagaimana pengalamannya dengan BBM solar selain shell.
Untuk BBM, saya sendiri pengguna diesel BMW yg diharus minum BBM yg berkualitas baik. Dari info2 yg saya dapatkan malah Diesel Shell itu kualitasnya dibawah diesel Pertamina DEX dan Total Diesel, CMIIW.
memang dr beberapa info yg saya dengar, pertamina DEX merupakan solar terbaik di indonesia saat ini. Kendala memiliki mobil diesel modern hanyalah masalah ketersediaan DEX diluar jakarta saja, tapi setau saya di bandung pun sdh ada pom bensin peprtamina yg menyediakan DEX.
anyway, nice review oom bush
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
nice review bro.....bagus emang nih cayenne yg baru.
Kalo boleh saran sih cayenne mending ambil yg V8 daripada diesel, toh udah sama2 mahal hp gak bisa bohong deh walaupun torsi mirip2 hehe....
Mantap dah di jkt pake porsche
Kalo boleh saran sih cayenne mending ambil yg V8 daripada diesel, toh udah sama2 mahal hp gak bisa bohong deh walaupun torsi mirip2 hehe....
Mantap dah di jkt pake porsche
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 387
- Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
alamak cakep bener reviewnya...gw jadi pengen, ini harganya berapa ya om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Wah bro sudah pakai bmw diesel di indo ? tipe apa bro? Cayenne diesel starts at 1.8M sufficient optioned perlu tambah 200-300jt lagi untuk nicely optioned, opsi PTV+ harus diambil tanpa itu kurang mantabmklasse wrote: Memang untuk mesin2 diesel modern udah ga ada lagi namanya lemot, berisik, sama ngebul asap hitam. Sebenarnya "berisik" khas diesel masih, cuma peredaman di mobil diesel premium udah top semua, jadi kabin akan tetap hening.
Untuk BBM, saya sendiri pengguna diesel BMW yg diharus minum BBM yg berkualitas baik. Dari info2 yg saya dapatkan malah Diesel Shell itu kualitasnya dibawah diesel Pertamina DEX dan Total Diesel, CMIIW. Kalau bro tinggal di Jakarta saya rasa ga akan kesulitan untuk mencari SPBU yg menjual Pertamina DEX/Total/Petronas/Shell, karena sepertinya lengkap tuh yg buka di jakarta, kendalanya cuma kalau dibawa keluar kota yg belum menyediakan diesel kualitas tinggi. Sepertinya untuk kedepannya bakalan makin banyak SPBU2 yg menyediakan Pertamax DEX sesuai dengan mulai bertambah banyaknya mobil2 yg menggunakan mesin diesel common rail high pressure. Waktu pembelian mobil juga diberikan daftar2 alamat SPBU di Indonesia yg menyediakan BBM diesel yg direkomendasikan oleh BMW Indonesia, dan kalau lihat listnya udah banyak juga.
BTW, harga Cayenne diesel "base" di indonesia berapa bro?
Nah masalah ketersediaan solarnya itu yang bikin ragu bro kan gak lucu kalau mau ngisi BBM aja sampai perlu inget2 lokasinya dimana belum lagi kalau mau dipakai keluar kota dan yg lebih parah gak tau sekarang masih apa nggak ya dulu gw sering liat di spbu di gantung "solar habis"doq wrote: idem.....
memang dr beberapa info yg saya dengar, pertamina DEX merupakan solar terbaik di indonesia saat ini. Kendala memiliki mobil diesel modern hanyalah masalah ketersediaan DEX diluar jakarta saja, tapi setau saya di bandung pun sdh ada pom bensin peprtamina yg menyediakan DEX.
anyway, nice review oom bush
hehe gak sama2 udah mahal bro soalnya beda harga antara tipe diesel dan tipe S itu 1 vellfire+1innova g dan ijin dari "menkeu lokal" lebih cepet keluarnya untuk harga dieselRisol1 wrote:nice review bro.....bagus emang nih cayenne yg baru.
Kalo boleh saran sih cayenne mending ambil yg V8 daripada diesel, toh udah sama2 mahal
setuju jumlah silinder dan hp memang gak pernah bohong karena beda top speednya juga keliatan banget juga dengan 8 silinder + opsi sport exhaust wadaww mantab suaranya sebetulnya antara 2 varian itu kalau mau ada hybrid yg secara hp dan torque sudah mendekati 8 cyl makanya di designated hybrid S badge tapi ya itu gak yakin long term maintenancenya gimana dengan mobil2 hybrid dan gw lupa tanya ban serepnya ada dimana karena battery packnya hybrid ada di tempat ban serep varian lainRisol1 wrote: hp gak bisa bohong deh walaupun torsi mirip2 hehe....
belum tentu bro ijin menkeu lokal mesti keluar duluRisol1 wrote: Mantap dah di jkt pake porsche
start di 1.8 sampai 3.6m OTRbrekeledan wrote:alamak cakep bener reviewnya...gw jadi pengen, ini harganya berapa ya om?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
om... skalian TD 911 ga??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
gak lah gw cari mobil normal yg bisa dipake tiap hari 911 emang bisa dipake juga tiap hari tapi bukan mobil normal dan stressnya lebih gede bawa 911 rendah senggolan ama bajaj harga juga mahal bgt kang 911ak4ng wrote:om... skalian TD 911 ga??
lagian juga percuma beli 911 kang sakit hati di klaksonin melulu ama apanja minta lewat di tol
Last edited by bushkntl on Sat Oct 08, 2011 4:01, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
bushkntl wrote:gak lah gw cari mobil normal yg bisa dipake tiap hari 911 emang bisa dipake juga tiap hari tapi bukan mobil normal dan stressnya lebih gede bawa 911 rendah senggolan ama bajaj harga juga mahal bgt kang 911ak4ng wrote:om... skalian TD 911 ga??
coba bro cayenne diadu sama habanja si ak4ng si irit nan Kenchang .....
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
btw ente bli dr IU or ATPM???bushkntl wrote:gak lah gw cari mobil normal yg bisa dipake tiap hari 911 emang bisa dipake juga tiap hari tapi bukan mobil normal dan stressnya lebih gede bawa 911 rendah senggolan ama bajaj harga juga mahal bgt kang 911ak4ng wrote:om... skalian TD 911 ga??
lagian juga percuma beli 911 kang sakit hati di klaksonin melulu ama apanja minta lewat di tol
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
hush ngebut aja si akang blom beli kang masih nunggu ijin, dari atpm lah lebih gampang nego dan pesen optionnya kalau sama IU setau gw gak bisa pesen option ini itu.ak4ng wrote:btw ente bli dr IU or ATPM???bushkntl wrote:gak lah gw cari mobil normal yg bisa dipake tiap hari 911 emang bisa dipake juga tiap hari tapi bukan mobil normal dan stressnya lebih gede bawa 911 rendah senggolan ama bajaj harga juga mahal bgt kang 911ak4ng wrote:om... skalian TD 911 ga??
lagian juga percuma beli 911 kang sakit hati di klaksonin melulu ama apanja minta lewat di tol
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
ijin ?? om... kl bh th pertimbangan milih cayene apa dibanding rival2nya?????bushkntl wrote:hush ngebut aja si akang blom beli kang masih nunggu ijin, dari atpm lah lebih gampang nego dan pesen optionnya kalau sama IU setau gw gak bisa pesen option ini itu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
kalo memang om bush udah naksir berat sama mbl ini, coba disurvey dulu beberapa SPBU diluar kota yang sering/akan menjadi tujuan perjalanan....karena biasanya SPBU Pertamina yg logo pasti pas menyediakan Pertadex dalam kemasan jerigen, memang gak semua SPBU menjualnya (biasanya SPBU besar)...dan kalopun ada stoknya juga gak banyak, palingan 50 literan. Saya sudah pernah survey sendiri untuk daerah priangan timur (tasik - ciamis) dan ternyata ada 3 SPBU yg jual pertadex jerigen. Coba aja PM ke om billy (billyd1773dz) krn dia lbh hapal SPBU yg jual pertadex jrigen, sebab dia sering jalan2 pake Touareg 2.5 TDI...dan saya sendiri dapet info ini dari dia kokmklasse wrote:Memang untuk mesin2 diesel modern udah ga ada lagi namanya lemot, berisik, sama ngebul asap hitam. Sebenarnya "berisik" khas diesel masih, cuma peredaman di mobil diesel premium udah top semua, jadi kabin akan tetap hening.bushkntl wrote: Untuk twin turbo v6 dieselnya cayenne saya sangat salut atas performancenya dan kehalusannya beda jauh sekali dengan image diesel yang di kepala saya sebelumnya:lemot, berisik sama ngebul asap hitam ternyata mesin diesel modern sudah sangat berbeda cuma yang menjadi pertanyaan seberapa susah untuk mencari BBM solar yang berkualitas baik untuk diesel semacam ini, tidak praktis kan kalau setiap kali harus mencari SPBU shell? Kalau SMers yang lain punya pengalaman dengan mesin diesel modern tolong di share ya bagaimana pengalamannya dengan BBM solar selain shell.
Untuk BBM, saya sendiri pengguna diesel BMW yg diharus minum BBM yg berkualitas baik. Dari info2 yg saya dapatkan malah Diesel Shell itu kualitasnya dibawah diesel Pertamina DEX dan Total Diesel, CMIIW. Kalau bro tinggal di Jakarta saya rasa ga akan kesulitan untuk mencari SPBU yg menjual Pertamina DEX/Total/Petronas/Shell, karena sepertinya lengkap tuh yg buka di jakarta, kendalanya cuma kalau dibawa keluar kota yg belum menyediakan diesel kualitas tinggi. Sepertinya untuk kedepannya bakalan makin banyak SPBU2 yg menyediakan Pertamax DEX sesuai dengan mulai bertambah banyaknya mobil2 yg menggunakan mesin diesel common rail high pressure. Waktu pembelian mobil juga diberikan daftar2 alamat SPBU di Indonesia yg menyediakan BBM diesel yg direkomendasikan oleh BMW Indonesia, dan kalau lihat listnya udah banyak juga.
BTW, harga Cayenne diesel "base" di indonesia berapa bro?
sedikit OOT, kalo rekan saya lain lagi, dia memutuskan beli LC-200 diesel versi australia pesen via IU dengan option twin fuel tank (93 liter + 45 liter)...jadi kalo mau ke luar kota dari jakarta dia isi full kedua tangkinya pake solar bagus buat persediaan di perjalanan,hehehehe....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
ntar kalo lo udah punya menkeu rumah juga lo mesti minta ijin coba aja berani keluarin duit gede tanpa diskusi dulu lsg nyaho lo dikira bayarin bini baruak4ng wrote:ijin ?? om... kl bh th pertimbangan milih cayene apa dibanding rival2nya?????bushkntl wrote:hush ngebut aja si akang blom beli kang masih nunggu ijin, dari atpm lah lebih gampang nego dan pesen optionnya kalau sama IU setau gw gak bisa pesen option ini itu.
Thanks buat infonya bro nanti coba gw PM bro billy tanya2 pengalaman dia pakai mobil diesel selama ini gimana mekanik atpmnya sih bilang kalau emergency di luar kota dipakain diesel gpp buat sementara tapi waktu gw tanya ke mekaninknya kalo rute gw jakarta - padang atau iseng jakarta - bali dia jawab mestinya sih gpp, gak meyakinkan neh jawabannyajalu wrote: kalo memang om bush udah naksir berat sama mbl ini, coba disurvey dulu beberapa SPBU diluar kota yang sering/akan menjadi tujuan perjalanan....karena biasanya SPBU Pertamina yg logo pasti pas menyediakan Pertadex dalam kemasan jerigen, memang gak semua SPBU menjualnya (biasanya SPBU besar)...dan kalopun ada stoknya juga gak banyak, palingan 50 literan. Saya sudah pernah survey sendiri untuk daerah priangan timur (tasik - ciamis) dan ternyata ada 3 SPBU yg jual pertadex jerigen. Coba aja PM ke om billy (billyd1773dz) krn dia lbh hapal SPBU yg jual pertadex jrigen, sebab dia sering jalan2 pake Touareg 2.5 TDI...dan saya sendiri dapet info ini dari dia kok
Wah manteb tuh kalo bisa pesen option twin full tank tapi kayaknya cayenne gak bisa deh malah paling di suruh pilih yg hybrid S hehejalu wrote: sedikit OOT, kalo rekan saya lain lagi, dia memutuskan beli LC-200 diesel versi australia pesen via IU dengan option twin fuel tank (93 liter + 45 liter)...jadi kalo mau ke luar kota dari jakarta dia isi full kedua tangkinya pake solar bagus buat persediaan di perjalanan,hehehehe....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
alternatif lain kalo mau agak repot beli Pertamina DEX versi kemasan bro simpan beberapa jerigen di bagasibushkntl wrote:Wah manteb tuh kalo bisa pesen option twin full tank tapi kayaknya cayenne gak bisa deh malah paling di suruh pilih yg hybrid S hehejalu wrote: sedikit OOT, kalo rekan saya lain lagi, dia memutuskan beli LC-200 diesel versi australia pesen via IU dengan option twin fuel tank (93 liter + 45 liter)...jadi kalo mau ke luar kota dari jakarta dia isi full kedua tangkinya pake solar bagus buat persediaan di perjalanan,hehehehe....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
wah avatarnya diesel tuh, ayo sharing pake diesel di jakarta suka duka apa btw jangan suruh simpen jerigen di bagasi dong ntar malah dikira penimbun bbm lagiHansen wrote: alternatif lain kalo mau agak repot beli Pertamina DEX versi kemasan bro simpan beberapa jerigen di bagasi
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
waduh diesel truk ane mana bisa disamakan dengan diesel mewah Porschebushkntl wrote:wah avatarnya diesel tuh, ayo sharing pake diesel di jakarta suka duka apa btw jangan suruh simpen jerigen di bagasi dong ntar malah dikira penimbun bbm lagiHansen wrote: alternatif lain kalo mau agak repot beli Pertamina DEX versi kemasan bro simpan beberapa jerigen di bagasi
yg jelas untuk diesel common-rail jenis high performance spt punya bro, hal2 yg harus diperhatikan umumnya berkaitan dengan perawatan. Sebisa mungkin kita merawat mesin itu dengan benar sehingga tidak ada istilah/mitos "mesin diesel makin tua makin kuat aja suaranya"
- Purge regularly
- Filter bahan bakar jangan telat ganti
- Pakai BBM minimum DEX / Total diesel (Shell/Petronas konon masih di bawah kualitasnya)
- Pakai oli mesin sesuai spek, yg pasti beli olinya doank tembus jutaan dan biasanya kapasitas oli mesin diesel jauh lebih banyak dibanding mesin bensin dengan cc sama
- Jangan digeber kalo suhu mesin belum mencapai suhu kerja (posisi jarum setengah)
- lain2nya mungkin nanti suhu diesel kita bisa nambahin lebih detail
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Oli mesin diesel yg bagus bisa jutaan ya...
mahal jg yah
Itu olinya merk apa pak hansen?
mahal jg yah
Itu olinya merk apa pak hansen?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
sebenernya yg bikin mahal itu kapasitas olinya yg banyak, contoh saja Pajero Sport yg cuma 2500cc memerlukan oli sebanyak 7 liter.evolution21 wrote:Oli mesin diesel yg bagus bisa jutaan ya...
mahal jg yah
Itu olinya merk apa pak hansen?
jadi kalo misal kita pilih oli X seharga 180rb / L
maka 180.000 x 7 = Rp 1.260.000
nah, kapasitas karter oli si Porsche ini berapa? Saya yakin jauh lebih gede lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Dengan harga segitu apakah pemakaian per 5rb km seperti bensin atau bisa lebih lama misal 10rb km?
dan oli diesel ada gejala menguap jg ga yah?
dan oli diesel ada gejala menguap jg ga yah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
kalo di jakarta mah gak ada masalah krn SPBU yg jual solar bagus banyak tersedia, tapi kalo ke luar kota solar bagus susah didapat, solusi termudah ya nyimpen stok jrigen solar di bagasi...bushkntl wrote:wah avatarnya diesel tuh, ayo sharing pake diesel di jakarta suka duka apa btw jangan suruh simpen jerigen di bagasi dong ntar malah dikira penimbun bbm lagiHansen wrote: alternatif lain kalo mau agak repot beli Pertamina DEX versi kemasan bro simpan beberapa jerigen di bagasi
tapi ngomong2 kapasitas fuel tank cayenne itu berapa liter ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Itu SAE brapa tuh, kok oli ampe ajegile gitu mahalnya...?? Ckkckk... jauhh juga yaa ama oli KuDis babeh yg 30rb seliternya...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
1. Sebenernya ini tergantung pemakaian juga, apakah mobilnya high mobility atau tidak. Kalo jarang dipakai (misal setahun <3000 km) maka sebaiknya tidak boleh berpatokan dengan jumlah kilometer karena oli yg telah terekspos dengan udara luar / keluar dari kemasannya memiliki "masa kadaluarsa"evolution21 wrote:1. Dengan harga segitu apakah pemakaian per 5rb km seperti bensin atau bisa lebih lama misal 10rb km?
2. dan oli diesel ada gejala menguap jg ga yah?
2. Mesin yg sehat saya rasa tidak menguap, kecuali oli tsb dipaksa jalan sampai 10rb km mungkin bakal ada yg menguap.
Tapi kembali lagi ke karakteristik mesinnya sendiri, di tret sebelah ada yg katanya mobil mewah & baru tapi "makan oli"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
Ok thanks infonya pak hansen
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cayenne 2011 - Diesel Test Drive
yg kata nya sampe makan oli seliter/1000km itu ya?Hansen wrote:1. Sebenernya ini tergantung pemakaian juga, apakah mobilnya high mobility atau tidak. Kalo jarang dipakai (misal setahun <3000 km) maka sebaiknya tidak boleh berpatokan dengan jumlah kilometer karena oli yg telah terekspos dengan udara luar / keluar dari kemasannya memiliki "masa kadaluarsa"evolution21 wrote:1. Dengan harga segitu apakah pemakaian per 5rb km seperti bensin atau bisa lebih lama misal 10rb km?
2. dan oli diesel ada gejala menguap jg ga yah?
2. Mesin yg sehat saya rasa tidak menguap, kecuali oli tsb dipaksa jalan sampai 10rb km mungkin bakal ada yg menguap.
Tapi kembali lagi ke karakteristik mesinnya sendiri, di tret sebelah ada yg katanya mobil mewah & baru tapi "makan oli"
kurang yakin saya sih, kaya nya sih itu cm kasus khusus aja soal nya belum pernah kedengeran selama ini klo merk tsb makan oli sedemikian banyak nya