halo rekan rekan dan para suhu SM setanah air, saya mulai mencoba menjamah review corner di SM kali ini
benda, eh mobil yang saya review tadi siang adalah sijuki karimun wagon r yang katanya bisa matic bisa manual
oiya pertama2 maap banget karna tidak ada dokumentasi sama sekali, takutnya dikira no pic = hoax
setelah asking sana sini dengan sales (sayangnya, pria) akhirnya saya diserahi kunci karimun ini, yeay , tapi setelah tanya rute mana yg boleh saya lalui? "sekitar area parkiran mall saja mas" heeemm okeee karena ini lagi ada program test drive wagon r AGS ini di mall di kota sejuta angkot ini.
tanpa babibu, masuk kedalam mobil dan start mesin, saya ngira kaca ada yg kebuka akhirnya saya coba tarik tombol power window yg emg cuma ada dua itu, dan juga stelah tengok kebelakang..... kaca udah ketutup semua hemm suara tukang parkir mall nya aja ko jelas bgt masuknyaa sampe kabin...
oyap tranny AGS ini gaada position P nya jadi ya mesin mati di posisi N saja, kalo lupa di handbrake pas parkir.... mobil bisa nggrolong kemana2 tuh
engage ke D position. mobil cuma nyendal doang tp ga maju, segitu ane cuma 2an ama sales, dan rem uda dilepas. emang karakternya begini atau.... entahlah
setelah digas toel dikit, doing u turn and damn radius putarnya kecil bingittt padahal small hatch adi saya ga segila ini turn radiusnya, cocok buat cewe yg gamau repot bulak balik maju mundur pas U turn
coba sediki flatout di D position pas di basement, hemm biasa saja , masuk turunan basement posisi di 1-M (manual) engine brake ga kerasa, harus injek rem dalam2 dan untung terbayar dengan suspensi yg lumayan empuk buat saya
setelah TD dilakukan, saya coba masuk ruang belakang dan... headroom lega banget dngn tinggi 173cm, buat jadi penumpang sepertinya cukup nyaman dngn adanya headroom yg feel saya ngalain leganya headroom RU1 (yaiyalah )
sekian dari short term review dari saya, mohon maaf apabila banyak kekurangan maklum nubie pisan euy, selamat malam SM !!!!
short term review karimun wagon R AGS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
short term review karimun wagon R AGS
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: short term review karimun wagon R AGS
Jendela belakangnya msh pk engkol ya?
Penasaran bwt stop and go kyk gmn yg gak otomatis maju di posisi D..
Gas rem gas rem kyk motor matic.
Mungkin lbh enak rem pk kaki kiri...
Penasaran bwt stop and go kyk gmn yg gak otomatis maju di posisi D..
Gas rem gas rem kyk motor matic.
Mungkin lbh enak rem pk kaki kiri...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: short term review karimun wagon R AGS
Bener2 manual yang di matic kan ternyata
Kalo begini buat stop n go kudu nge gas lagi dong, penyempurnaanya ntar memungkinkan gak ya dibuat kalo D mobil maju perlahan kaya matic biasa
Ga ada P di transmisi ? Masalah gak ya ini, kalo mobil matic peace of mind sekali kalo parkir di tanjakan atau turunan sudah masuk P, itupun user tetep pake hand brake, mobil manual malah kadang masukin gigi 1 + handbrake saat parkir, nah kalo si wagon ini cuma netral + handbrake apaya kuat, jangan2 jg kalo mau di D terus matikan mesin kunci gabisa dicabut kaya mbl matic kebanyakan, cm bisa berdoa deh hand brakenya sepake buat slalom
sayang di tempat sy belom ada unit TD
Nice review btw
Kalo begini buat stop n go kudu nge gas lagi dong, penyempurnaanya ntar memungkinkan gak ya dibuat kalo D mobil maju perlahan kaya matic biasa
Ga ada P di transmisi ? Masalah gak ya ini, kalo mobil matic peace of mind sekali kalo parkir di tanjakan atau turunan sudah masuk P, itupun user tetep pake hand brake, mobil manual malah kadang masukin gigi 1 + handbrake saat parkir, nah kalo si wagon ini cuma netral + handbrake apaya kuat, jangan2 jg kalo mau di D terus matikan mesin kunci gabisa dicabut kaya mbl matic kebanyakan, cm bisa berdoa deh hand brakenya sepake buat slalom
sayang di tempat sy belom ada unit TD
Nice review btw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: short term review karimun wagon R AGS
Wah ada ripiu ini nih...
Jadi pingin td
Jadi pingin td
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: short term review karimun wagon R AGS
ini bisa manual & matic sistemnya ini pakai dual clutch ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: short term review karimun wagon R AGS
Enggak om, clutch nya persis mobil manual, cuma ini digerakin komputer...daftar wrote:ini bisa manual & matic sistemnya ini pakai dual clutch ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: short term review karimun wagon R AGS
hahah, kirain pake dual clutch kayak motor bebek mod
jadi ini manual yg dibikin otomatis ya
jadi ini manual yg dibikin otomatis ya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Mon Nov 25, 2013 16:44
Re: short term review karimun wagon R AGS
Tadi iseng liat2 ini mobil di mall, eh ditawarin salesnya buat test drive. Yaudah diiyain aja
Saya bandinginnya dgn xenia xi 2008,mobil sehari hari
Plus:
1.headroom sdkt lebih lega dr xenia
2.legroom baris kedua jauh lebih lega dr xenia (bisa buat selonjoran )
3.spion lebar
4.suspensinya cukup empuk6
5.agak lebih kedap suara
6.ada mode manualnya,lumayan buat iseng drpd di posisi D terus (dimana posisi Dnya dudul)
Minus:
1.headrest belakang
2.bagasi mungil
3.transmisi di posisi D dudul,agak serem kalo buat selap selip truk di luar kota . Mikirnya lama baru mau pindah gigi rendah
Tapi di unit yg saya pake kok beda ya ama yg dipake ts??kalo pas td tadi transmisi D rem dilepas ini mobil masih bisa ngegelinding kek setengah kopling di mobil manual
4.lewat jalanan menikung di kec 60-80 kpj gak pede,seraya mau ngguling
Overall,kalo cuma dipake ngampus/ngantor ato puter2 dalem kota,ini mobil udah cukup banget kok. Tapi kalo mau dipake jarak jauh bareng bus truk,perlu dipikir berulang2 dulu deh
Saya bandinginnya dgn xenia xi 2008,mobil sehari hari
Plus:
1.headroom sdkt lebih lega dr xenia
2.legroom baris kedua jauh lebih lega dr xenia (bisa buat selonjoran )
3.spion lebar
4.suspensinya cukup empuk6
5.agak lebih kedap suara
6.ada mode manualnya,lumayan buat iseng drpd di posisi D terus (dimana posisi Dnya dudul)
Minus:
1.headrest belakang
2.bagasi mungil
3.transmisi di posisi D dudul,agak serem kalo buat selap selip truk di luar kota . Mikirnya lama baru mau pindah gigi rendah
Tapi di unit yg saya pake kok beda ya ama yg dipake ts??kalo pas td tadi transmisi D rem dilepas ini mobil masih bisa ngegelinding kek setengah kopling di mobil manual
4.lewat jalanan menikung di kec 60-80 kpj gak pede,seraya mau ngguling
Overall,kalo cuma dipake ngampus/ngantor ato puter2 dalem kota,ini mobil udah cukup banget kok. Tapi kalo mau dipake jarak jauh bareng bus truk,perlu dipikir berulang2 dulu deh
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41
Re: short term review karimun wagon R AGS
Duh masih belom pake headrest buat penumpang belakang nih? Plus masih engkol ya pintu belakang.
Pemuda sarapan bangsa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5488
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: short term review karimun wagon R AGS
2nd row bisa lipat rata kagak ya
-
- SM Specialist
- Posts: 15569
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: short term review karimun wagon R AGS
Tadi siang waktu sama temen - temen jalan-jalan di CW, iseng liat-liat Karimun AGS... ditawarin TD. Ya sudah TD berempat walaupun cuma muter parkiran. Mobil terisi penuh dengan 3 teman saya dengan ukuran yang lumayan besar di baris kedua. Surprisingly saya cukup kaget liatnya mobil kecil ini bisa mengakomodir orang seukuran ini
AGS? Bedanya ama tiptronik apaan?
Itu pertanyaan yang ditanyakan oleh teman-teman ane sebelum TD... Dengan wawasan ane yang lumayan sempit ini ane coba menjelaskan bedanya AGS/AMT dengan matik konvensional. Berhubung sama - sama background nya otomotif jadi pada ngeh begitu ane 1x jelaskan.
OK begitu memulai sesi TD saya cukup pesimis mobil ini bisa menjawab segala skeptisme saya tentang jenis transmisi 1 ini. Kasar, nyentak, dan harus diperlakukan kayak Manual, is it?
Masukkan di mode D, mobil enggak langsung jalan, seperti layaknya mobil manual pada umumnya. Digas dikit mobil meluncur dengan halus seirama pedal gas. Well, sampe kesini ane masih cukup positif. Selanjutnya biarkan mobil pindahin gear sendiri, ane sengaja gak lepas gas. And?
dengan merayap di gear 1-2-1-2 berulang-ulang mobil ini kerasa cukup halus, enggak terlalu terasa sentakannya. Memang kalo mau lebih proper harus lepas gas. Berikutnya pindahin ke mode manual biar lebih dapet feelnya, lebih halus memang. Enggak salah gembor-gembor marketingnya memang. Yah karena hanya short test drive, jadi kurang indepth. Mungkin ke depannya semoga ada waktu buat in-depth KWR AGS terutama untuk pemakaian dalam kota.
Sekian impresi tentang transmisinya, lalu impresi untuk mobilnya sendiri?
Well built interior (mungkin yang terbaik di kelas LCGC daripada DatGo yang kerasa kaya angkot, di dalem KWR aura nya khas Suzuki pada umumnya, nggak kerasa premium tapi juga nggak kerasa murahan), NVH yang cukup senyap untuk ukuran 3 silinder (mobil gak meraung kasar waktu digas, getaran sedikit terasa waktu idle), suspensi yang sedikit ke arah firm (penumpang belakang sampe protes semua karena ane lupa ngerem terus). Secara setup suspensi dan handling masih cukup baik dibanding DatGo, thanks to ban 175/65/14 yang dipake di tipe GS.
Harga 127jt OTR Surabaya untuk tipe GS AGS. Worth it? Sangat, karena LCGC lain juga nggak bisa dibilang murah sekarang. Cocok buat city commuter apalagi pakai mesin K Suzuki yang memang terkenal iritnya.
Saya rekomendasi beli tipe GS atau Dilago saja, alasannya karena pemakaian ban yang lebih proper. Yang GA/GL/GX nggak manusiawi bannya, kurus banget kaya ban motor.... Tapi personal preference saya lebih suka GS dengan bodykit...
AGS? Bedanya ama tiptronik apaan?
Itu pertanyaan yang ditanyakan oleh teman-teman ane sebelum TD... Dengan wawasan ane yang lumayan sempit ini ane coba menjelaskan bedanya AGS/AMT dengan matik konvensional. Berhubung sama - sama background nya otomotif jadi pada ngeh begitu ane 1x jelaskan.
OK begitu memulai sesi TD saya cukup pesimis mobil ini bisa menjawab segala skeptisme saya tentang jenis transmisi 1 ini. Kasar, nyentak, dan harus diperlakukan kayak Manual, is it?
Masukkan di mode D, mobil enggak langsung jalan, seperti layaknya mobil manual pada umumnya. Digas dikit mobil meluncur dengan halus seirama pedal gas. Well, sampe kesini ane masih cukup positif. Selanjutnya biarkan mobil pindahin gear sendiri, ane sengaja gak lepas gas. And?
dengan merayap di gear 1-2-1-2 berulang-ulang mobil ini kerasa cukup halus, enggak terlalu terasa sentakannya. Memang kalo mau lebih proper harus lepas gas. Berikutnya pindahin ke mode manual biar lebih dapet feelnya, lebih halus memang. Enggak salah gembor-gembor marketingnya memang. Yah karena hanya short test drive, jadi kurang indepth. Mungkin ke depannya semoga ada waktu buat in-depth KWR AGS terutama untuk pemakaian dalam kota.
Sekian impresi tentang transmisinya, lalu impresi untuk mobilnya sendiri?
Well built interior (mungkin yang terbaik di kelas LCGC daripada DatGo yang kerasa kaya angkot, di dalem KWR aura nya khas Suzuki pada umumnya, nggak kerasa premium tapi juga nggak kerasa murahan), NVH yang cukup senyap untuk ukuran 3 silinder (mobil gak meraung kasar waktu digas, getaran sedikit terasa waktu idle), suspensi yang sedikit ke arah firm (penumpang belakang sampe protes semua karena ane lupa ngerem terus). Secara setup suspensi dan handling masih cukup baik dibanding DatGo, thanks to ban 175/65/14 yang dipake di tipe GS.
Harga 127jt OTR Surabaya untuk tipe GS AGS. Worth it? Sangat, karena LCGC lain juga nggak bisa dibilang murah sekarang. Cocok buat city commuter apalagi pakai mesin K Suzuki yang memang terkenal iritnya.
Saya rekomendasi beli tipe GS atau Dilago saja, alasannya karena pemakaian ban yang lebih proper. Yang GA/GL/GX nggak manusiawi bannya, kurus banget kaya ban motor.... Tapi personal preference saya lebih suka GS dengan bodykit...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7