Mazda Biante 2.0 AT 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

Yappp.. Kali ini saya mau review mobil baru saya: Mazda Biante 2012 warna putih
Kendaraan sudah datang desember 2012, dan sudah saya pakai untuk liburan dengan keluarga. Di post ini saya akan kupas habis-habisan mengenai mobil ini dan semoga bisa menjadi pertimbangan yang matang buat para calon pembeli yang lain.

Introduction:
Yap.. ini mobil sudah ada di jepang sejak 2008 yang lalu. Indonesia baru mendatangkan mobil ini di akhir tahun 2012 :off_no:
Ketinggalan 4 tahun? Ga masalah... Karena fitur-fitur yang di miliki mazda biante masih up to date jika di bandingkan dengan mobil-mobil lain di kelasnya.
Mazda biante di hargai Rp.390jt OTR Surabaya ---> No diskon, no nego (mazda sby jual mahal :frm_snipper: )
Bonus Kaca Film perfection, karpet dasar, dan parking sensor.

Penampakan Biante saya:
Image Image Image Image
Pembawaan yang di kasih: Buku manual(mobil dan audio), kunci dan cadangannya, ban serep, dongkrak, dan kunci ban. Ban serep ada di dalam kabin jadi aman dari pencurian ban serep :mky_02:
Image Image Image ImageImage

Profile Mazda Biante:
Data yang saya berikan di bawah ada yang diambil langsung dari website lain, dan ada yang dari yang saya tahu sendiri pada saat memakai.

UKURAN:
Tipe Kendaraan : MPV
Dimensi (L x W x H) : (4715 x 1770 x 1835) mm
Jarak Sumbu : 2850 mm
Min Turning Radius : 5400 mm
Berat Kosong : 1670 KG
Kapasitas Tangki : 60 Liter
Iseng-iseng tes berat di jembatan timbang: Image

MESIN:
Transmisi : 5 kecepatan (Auto) -- di web lain ada yang bilang 6, cuman yang saya rasakan hanya 5 saja.
Sistem Penggerak : Ban depan saja (FWD)
Kapasitas Mesin : 1998 cc
Tipe Mesin : 4 cylinder segaris, supercharged DOHC
Sistem pengapian : Injection
Ratio Kompresi : 11.2 -- Minimal pertamax. Saya ga ingat di buku manual minimal oktane nya berapa. :off_lazy:
Tenaga : 150 bhp -- ga ngerti ginian :mky_03:
Torsi : 190 nm -- apalagi ini :mky_03:

Image Image

REM:
Rem depan : Cakram ventilasi
Rem belakang : Cakram solid

FITUR LAIN-LAIN:
Headlamp: Sudah memakai xenon including proyektor nya. Cut nya sudah bagus, hanya sedikit glare nya (ga ganggu lawan). Di brosur di bilang sudah ada auto leveler nya. Jadi lampunya bisa naik turun sesuai dengan kemiringan mobil. Pas saya coba nyalain headlight dan posisi mobil di taruh di tanjakan, saya tidak merasakan titik lampu nya semakin turun. Saya tanya sales nya buat confirm ini fitur beneran ada ato ga, ko di tes ga bisa, sales bilang pasti ada fiturnya. Bingung dah akhirnya :frm_bang_head: Akhirnya saya browsing-browsing ternyata auto leveler maksudnya ya bisa naik turun, tapi ga drastis. Tujuannya kalo mobil beban nya berat, maka lampu akan menyesuaikan dengan ketinggian mobil yang agak turun gara-gara beban berat tersebut. But still sampai sekarang saya ga merasakan beda nya :big_slap: :big_slap: :big_slap: Headlamp bisa di set auto, jadi kalo cahaya kurang maka headlamp nya langsung nyala. Kalo auto dim setau saya ga bisa. Sensor cahaya ada di ujung dashboard melintang sepanjang windshield.

ABS - EBD : Di brosur bilangnya sih ada. Akhirnya saya iseng-iseng tes kecepatan 30-40 km/j trus saya rem dalam-dalam. ABS nya ga jalan :frm_bang_head: Nih buktinya, aspal terlihat ada bekas ban Image Saya browsing ternyata ABS akan berfungsi tergantung settingan masing-masing mobil. Ada yang harus kecepatan tinggi, ato pas jalan nya licin. Untuk Mazda biante saya kurang tahu settingannya. Akhirnya saya pastiin ABS ini beneran ada atau tidak, saya cek di dashboard di light indicatornya, dan ternyata memang ada. Light indicatornya bakal menyala di kanan bawah saat mobil mau di starter. Image

Rain Sensor: Yupp.., tidak di sangka ternyata memang ada !! :off_good_job: Cukup menyetel tuas wiper di posisi auto, dan set kepekaan sensor, maka wiper akan bekerja secara periodic sampai yang paling cepat sesuai dengan kondisi curah hujan. Sensor terletak di tengah atas windshield. Menurut saya sensor area nya kurang besar, karena setting sensitivity kalo di set rendah itu air di windshield bakal terlalu lama mengganggu pandangan. Jadi bagi para pemilik biante saya anjurkan untuk di set ke yang paling tinggi saja sensitivitasnya. :big_peace:

Power Steering: masih belom pake electric. Cuman ga masalah karena sudah ringan. Kalo pake electric nanti terlalu ringan takutnya malah nanti berbahaya kalo ga sengaja kesenggol kanan atau kiri. :mky_03:

Power Windows: Masing-masing pintu sudah terdapat power windows. Sisi driver mempunyai full control atas ke-4 jendela. Jendela driver bisa one click auto up and down. Image Sayang untuk jendela 2nd row tidak bisa di turunkan 100%. Kaca yang tersisa sekitar 10cm tingginya. Saya kurang tau kenapa mazda membuatnya sedemikian rupa. :e-think: :e-think:

Central lock door: Sesuai namanya bisa auto lock semua pintu dari sisi driver. Sayangnya tidak ada fitur auto lock door waktu mobil melaju di atas 25km/j. Jadi harus manual lock nya. :mky_04:

INTERIOR:

Dashboard, HU, Steering Wheel, Pedal, dll
Image Tampilan nya elegan banget. Like factor nya di sini nih.
Image Image Image Head unit sudah lengkap dengan audio alpine juga terdapat tuas transmisi. Kamera parkir juga terhubung dengan layar 6" ini. Sayang navigasi belom terinstall di sini. Semoga ada aplikasi gps indonesia yang support dengan alpine ini.
Image Setir terdapat tombol pengaturan volume audio.
Image Tombol untuk membuka dan tutup sliding door di 2nd row. Bisa di matikan power nya jadi pintu nya ga bisa auto buka dan tutup waktu posisi ignition off.
Image Sebelah kiri adalah handbrake (bukan legbrake??? :mky_03: ), yang tengah adalah pedal rem, dan yang kanan adalah pedal gas.
Image Posisi buka tutup kap mesin dan pintu gas yang terletak dekat dengan pedal gas.

Cup Holder
Image Lumayan bisa buat 1 cup... :off_good_job:

Air Conditioner:
Image Tiap row sisi kanan dan kiri di lengkapi dengan sebuah blower. Jadi di jamin tidak ada yang kepanasan. :thanks:
Image Image Di 2nd row sisi belakang driver terdapat pengatur ac untuk 2nd dan 3rd row. Kalo kedinginan bisa di atur jadi heater. Panas akan mengalir dari saluran tersendiri, bukan dari blower ac dingin.

Dinding (Pintu samping):
Pintu kanan 1st row (yang kiri mirip2), Pintu kiri 2nd row (yang kanan juga sama), Dinding kanan 3rd row (ada cup holder), Dinding kiri 3rd row (tidak ada cup holder).
Image Image Image Image

Legroom

Kursi driver saya set sesuai ketinggian saya 178cm. Kemudian saya duduk di 2nd row belakang driver. Kemudian saya duduk lagi di 3rd row belakang driver. Silahkan di liat sendiri space yang tersisa. Untuk 3rd row lutut saya hanya menyentuh jok belakang 2nd row.
Image Image

Bagasi

Image Untuk bagasi tidak terlalu besar jika mobil di isi penuh oleh 7-8 penumpang. Untuk volume nya saya kurang ngerti :mky_01: Cuman silakan di liat sendiri di foto.


OKEEEEEE..... CUKUP SUDAH UNTUK PENJELASAN SECARA TEKNIS.. !!! :big_smoking: :big_smoking:
Sekarang waktunya saya komentar mengenai pengalaman mengendara..

Waktu liburan tahun baru saya pakai untuk ramai-ramai bersama keluarga. Mobil di isi 5 orang dewasa, dan 2 anak kecil beserta barang-barang lain nya. Bagasinya over sampai harus memakai space di dalam kabin penumpang.
Jujur saya pribadi berani mengatakan kalau ini mobil bener-bener di buat untuk mobil keluarga. Kabin begitu lega dan saya sangat puas dengan volume kabin nya. Kaca jendela dan windshield yang begitu luas menjadikan ini mobil seperti panoramic car.

Untuk suspensi jangan di tanya de..., empuk empuk empukkk sekali... Ini mobil sudah kaya mobil mewah.. Meskipun interior nya terkesan flat, cuman kenyamanan tidak berkurang. Tapi sayang suspensi untuk 3rd row masih agak kasar.
Dinding interior kualitasnya kurang bagus. Terbuat dari plastik yang agak tipis. Cuman gpp de.., kalo mau yang tebel malah nanti bobot mobil makin berat dan performance nya malah turun nanti.

YANG BIKIN SAYA STRESS DARI MOBIL INI !!! :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
Saya melakukan perjalanan dari sby ke prigen, kemudian di lanjutkan dari prigen ke batu lewat cangar !!!! Serius ini jalur kurang lebih 25km dari pacet - cangar - bumiaji sangat-sangat menyeramkan. Jalannya kecil, banyak sekali tanjakan-tanjakan yang curam dan berbelok-belok. Tingkat kemiringan saya perkirakan 30-35 derajat lebih. Ada beberapa titik yang kemiringannya 35-40 derajat. Jadi tuas transmisi saya taruh di posisi L (gigi 1 dan 2). Di jalur inilah saya mulai paham bahwa ini mobil seharusnya tidak boleh masuk jalur ini. Sering sekali gas sudah di bejek sampai mentok ini mobil naik pelan banget. Saya malu banget liat mobil lain yang nyalipin saya terus :off_no: :off_no: :off_no: Penghinaan paling dalam saya terima waktu ada mobil sedan yang agak tua (perkiraan tahun 2000) yang dengan enaknya naik tanjakan :ungg: :ungg:

Suatu ketika pas lagi susah-susah naikin tanjakan, eh mobil depan berhenti pas di belokan yang menanjak. Stress dah.., ini mobil dari posisi berhenti ga mau naik. Untungnya ada beberapa orang yang menawarkan jasa dorong :ungg: , dan akhirnya lewat dah itu tanjakan. Beneran malu banget mobil baru tapi tenaga ga kuat buat naik tanjakan curam.

Fuel Consumption
Ini dia yang di tunggu-tunggu. Tangki bbm saya isi full di sby menggunakan pertamax plus. Jalur yang saya tempuh sby - prigen - pacet - cangar - batu - malang - pandaan - sby. Di sby penanda bbm di dashboard tersisa 1 bar lg. Setelah saya isi full tangki lg, dan di hitung-hitung, maka fc yang saya dapatkan hanya 1:6.3. Angka yang sangat normal mengingat kemacetan high season dan tanjakan-tanjakan yang sangat menguras bbm di jalur yang saya tempuh tersebut.

KESIMPULAN

Mazda Biante memang benar-benar cocok untuk menjadi mobil penumpang. Saya hanya menyayangkan kemampuan menanjaknya. Mobil ini akan menjadi sempurna bagi saya jika di lengkapi dengan triptronics untuk membantu menaiki tanjakan atau mesin nya di perbesar biar jozz di tanjakan.

Demikian review saya, semoga para calon pembeli bisa lebih percaya diri dalam memilih mobil di kelas mpv. :big_peace:
User avatar
278bubba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 344
Joined: Thu Jul 26, 2012 7:18
Location: Indonesia

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by 278bubba »

menarik review-nya... :off_good_job:
hmmm ga kuat menanjak? gimana klo dipake di jalan luar daerah yg naik turun ya? apalagi pas di tengah tanjakan ada lubang yg harus dihindari....ga kebayang deh
D23 YD25DDTi
F07 N55
E38 M62
W463 M103
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

278bubba wrote:menarik review-nya... :off_good_job:
hmmm ga kuat menanjak? gimana klo dipake di jalan luar daerah yg naik turun ya? apalagi pas di tengah tanjakan ada lubang yg harus dihindari....ga kebayang deh
Tanjakan yang saya maksud bener-bener extreme menurut saya. Kalo tanjakan nya biasa-biasa aja sih ga masalah ini mobil. Tanjakan yang saya lalui terlalu miring. Dilema kalo mau di bejek sebelum nya juga ga bole karena ada belokan nya, jadi harus merambat perlahan.

Kalo tau tanjakan di cemorosewu di jatim, itu curam sekali tapi jalannya lurus, kaga belok2.. Jalur yang saya lalui meskipun tidak se extreme cemorosewu, tapi belokan menanjak yang berliku-liku yang membuat mobil harus berjalan merambat, jadi kalo mobil nya ga kuat ya goodbye..

Saya lupa menambahkan juga, pada waktu itu jalur tersebut sedang di guyur hujan. Very very unlucky..
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by andy1800 »

1. mantap. TFS :off_good_job:
2. berarti maskopat sama sekali gak salah, dulu kasih pandangannya pas TD di IIMS.....ttg gak kuat nanjak

*cat: bs saja ada yg bilang bhw itu cm masalh kebiasaan cara ngegas..stlh bbrp lama mestinya bs dapet feel utk ngatur gas nya gimana supaya kuat nanjak....ya itu ok, tp klo ada 2 atau lbh org yg bilang hal yg sama, artinya mmg karakteritiknya gas2annya kayaknya bukan utk semua org/not for everybody/tdk mudah familiar buat smua org.
agak mengherankan jg, secara mesin mazda yg ini bukan/blm kaum skyactiv/blm difokuskan ke keiritan
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by fur10usx »

mantap review nya om...
waah ngeriii amatt ga bisa nanjak gtu hiii...
knapa bsa ga kuat nanjak gtu yah? torsinya kekecilan kah?

emg klo rem abs ngetes nya dri guratan ban di aspal yah? bknya abs itu biar kita ga selip klo kita ngerem mendadak jd kita bsa belok dengan aman buat ngehindar dr dpn kita.. gtu bkn sih? hehehe
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by evolution21 »

dimodif aja sektor mesinnya gimana?
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by bodapa »

endrow82 wrote:Saya melakukan perjalanan dari sby ke prigen, kemudian di lanjutkan dari prigen ke batu lewat cangar !!!! Serius ini jalur kurang lebih 25km dari pacet - cangar - bumiaji sangat-sangat menyeramkan. Jalannya kecil, banyak sekali tanjakan-tanjakan yang curam dan berbelok-belok. Tingkat kemiringan saya perkirakan 30-35 derajat lebih. Ada beberapa titik yang kemiringannya 35-40 derajat. Jadi tuas transmisi saya taruh di posisi L (gigi 1 dan 2). Di jalur inilah saya mulai paham bahwa ini mobil seharusnya tidak boleh masuk jalur ini. Sering sekali gas sudah di bejek sampai mentok ini mobil naik pelan banget. Saya malu banget liat mobil lain yang nyalipin saya terus :off_no: :off_no: :off_no: Penghinaan paling dalam saya terima waktu ada mobil sedan yang agak tua (perkiraan tahun 2000) yang dengan enaknya naik tanjakan :ungg: :ungg:

Suatu ketika pas lagi susah-susah naikin tanjakan, eh mobil depan berhenti pas di belokan yang menanjak. Stress dah.., ini mobil dari posisi berhenti ga mau naik. Untungnya ada beberapa orang yang menawarkan jasa dorong :ungg: , dan akhirnya lewat dah itu tanjakan. Beneran malu banget mobil baru tapi tenaga ga kuat buat naik tanjakan curam.
Om endrow82, saya belum pernah lewat Pacet - Cangar - Bumiaji - Batu...memang seperti apa sih tingkat kecuraman dan kelak-kelok dari jalan tersebut? Saya terakhir ke Jawa Timur lewat jalan darat ya stay di Pantura terus, alias Surabaya - Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Ketapang sebelum akhirnya menyeberang ke Bali. Rute saya mungkin nggak ada apa-apanya kali yaa...saya mungkin lebih familiar sama Jakarta - Puncak sih, secara saya orang Jakarta...

Atau begini Om, sama jalan yang persis di samping PLTU Paiton itu kira-kira lebih parahnya seberapa? Kan nanjak terus tuh kalo di samping PLTU (menurut saya sedikit curam), trus udah sampai atas baru kelak kelok tapi turunan.
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by MonSTER_GTR »

@andy1800 memang mzr 2.0 sama 2.3 sama karakter nya, putaran bawah bener gak ada tenaga, tapi begitu putaran menegah ke atas langsung serrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr. ini ane buktiin dengan mazda5 (mzr 2.0) mazda biante (mzr 2.0) mazda8 (mzr 2.3) tiga2 nya lemot di putaran bawah. cuman buat mazda5 dan 8 beruntungnya udah triptronic jadinya gak terlalu kuatir nanjak
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by toonafish »

Thanks for the review, it was a pleasure to read. :off_good_job:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by g4ndalf »

Nice review gan... :off_good_job:

muatan 5 dewasa 2 anak + bagasi, kondisi mobil inreyen, wajar lah kalau akan kesulitan di tanjakan menikung... Saya rasa biar mobil kelas 2500cc juga akan kesulitan kalo di medan spt itu dengan muatan spt itu. Terbukti dengan adanya org2 yg menawarkan jasa dorong.... Pasti banyak yg ngadat di situ makanya mereka tunggu di situ :big_smoking:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by andy1800 »

MonSTER_GTR wrote:@andy1800 memang mzr 2.0 sama 2.3 sama karakter nya, putaran bawah bener gak ada tenaga, tapi begitu putaran menegah ke atas langsung serrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr. ini ane buktiin dengan mazda5 (mzr 2.0) mazda biante (mzr 2.0) mazda8 (mzr 2.3) tiga2 nya lemot di putaran bawah. cuman buat mazda5 dan 8 beruntungnya udah triptronic jadinya gak terlalu kuatir nanjak
o ic :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
eplekedut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Aug 14, 2009 14:50

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by eplekedut »

endrow82 wrote: YANG BIKIN SAYA STRESS DARI MOBIL INI !!! :2gunfire: :2gunfire: :2gunfire:
Saya melakukan perjalanan dari sby ke prigen, kemudian di lanjutkan dari prigen ke batu lewat cangar !!!! Serius ini jalur kurang lebih 25km dari pacet - cangar - bumiaji sangat-sangat menyeramkan. Jalannya kecil, banyak sekali tanjakan-tanjakan yang curam dan berbelok-belok. Tingkat kemiringan saya perkirakan 30-35 derajat lebih. Ada beberapa titik yang kemiringannya 35-40 derajat. Jadi tuas transmisi saya taruh di posisi L (gigi 1 dan 2). Di jalur inilah saya mulai paham bahwa ini mobil seharusnya tidak boleh masuk jalur ini. Sering sekali gas sudah di bejek sampai mentok ini mobil naik pelan banget. Saya malu banget liat mobil lain yang nyalipin saya terus :off_no: :off_no: :off_no: Penghinaan paling dalam saya terima waktu ada mobil sedan yang agak tua (perkiraan tahun 2000) yang dengan enaknya naik tanjakan :ungg: :ungg:
karena dari arah prigen, berarti waktu lewat jurang ampel trawas gimana om, lancar jaya waktu nanjak ?

cangar emang parah sih, tp jalannya dah mayan lebar drpd bbrp tahun lalu, tp tanjakan masih parah
terakhir lewat sana bulan lalu, iring2an 2 mobil.. jam 9 malam, depan innova bensin 2004 M/T (4 orang dewasa) , belakang Pasport Dakar 4x2 (7 orang dewasa) lancar jaya semua om
bodapa wrote: Om endrow82, saya belum pernah lewat Pacet - Cangar - Bumiaji - Batu...memang seperti apa sih tingkat kecuraman dan kelak-kelok dari jalan tersebut? Saya terakhir ke Jawa Timur lewat jalan darat ya stay di Pantura terus, alias Surabaya - Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Ketapang sebelum akhirnya menyeberang ke Bali. Rute saya mungkin nggak ada apa-apanya kali yaa...saya mungkin lebih familiar sama Jakarta - Puncak sih, secara saya orang Jakarta...

Atau begini Om, sama jalan yang persis di samping PLTU Paiton itu kira-kira lebih parahnya seberapa? Kan nanjak terus tuh kalo di samping PLTU (menurut saya sedikit curam), trus udah sampai atas baru kelak kelok tapi turunan.
kalau paiton sih gak terlalu nanjak ya... dah enak, jalan nasional sih :D
klo cangar sih belokannya curam, nanjaknya juga curam om

tp klo kek carry, mobil kaleng sih sebenernya juga banyak lewat sini gak masalah

dpt googling foto cangar
Image
Image
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by Jambangan »

mantap reviewnya :off_good_job:
btw ground clearance nya brp ya??
kalo ketemu di jalan kok keliatannya pendek ya??
apa perasaan ane doang :mky_01:
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by bodapa »

Om eplekedut, makasih buat gambar-gambarnya. Kira-kira seperti itu toh, jalanan cangar?

Dulu pernah ke kawasan candi Dieng di Jawa Tengah, berangkat dari Magelang ke Wonosobo trus baru naik ke Dieng Plateu. Nggak tau kalau sekarang, tapi beberapa tahun yang lalu seingat saya ada beberapa bagian dari jalan Wonosobo - Dieng yang jalannya kurang lebih seperti gambar yang Om eplekedut kasih. Kira-kira seperti itu nggak yah?

Hadoohhh...melihat banyaknya tempat wisata dengan jalan-jalan menantang di pulau Jawa ini, saya jadi pengen banget road trip lagi (entah bareng teman atau keluarga)...tapi biar maksimal paling tidak harus cuti yang cukup signifikan lamanya, mungkin 10 hari kerja (ditambah 2 set Sabtu-Minggu, hehehe)...kapan yah bisa ngambil cuti sebanyak itu (kalaupun dikasih)...

Ini baru pulau Jawa, bagaimana dengan pulau-pulau lain di Indonesia??? Menurut saya, daripada mengandalkan turis mancanegara, mending Dinas Pariwisata promosi besar-besaran buat turis lokal dah alias kaya saya yang belum pernah ke Cangar...masak baru tahu dari mbah Google kalau di Cangar ada pemandian air panas yang populer?!

Eniwei, BTT...
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by vim »

Om Endrow thanx untuk sharing infonya. Om Andy, gimana kalo ngadain touring SM ke daerah2 itu hehehe, pengen juga jajal tanjakan kaya gitu pake Sedona atau SCape :) Musti atur waktu ya karena perjalanan bisa berhari-hari :big_slap:
User avatar
vim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2079
Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
Location: Jakarta Barat

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by vim »

Om eplekedut, thax buat foto2nya, jadi pengen nyoba hehehe. Kalo menurut saya agak berbeda perbandingan Biante ini dengan innova atau Pasport, karena itu mobil RWD (gerak roda belakang) semua kan sedang biante gerak roda depan dimana bukan kapasitasnya untuk melahap tanjakan extreme, CMIIW :big_smoking: . Mungkin para senior2 di sini ada yang bisa kasih masukan bagaimana mobil FWD bisa melahap tanjakan extreme dengan mudah. Kalo dipuncak saya pernah ngalami tanjakan cukup terjal di villa Seruni Cisarua, tapi mungkin blm ada apa2nya dibandingkan yg dialami om endrow. Pernah juga di mega mendung ngalami tanjakan curam yang belakangnya langsung jurang dan jalanan sebagian besar rumput & lumpur basah, waktu itu ngga masalah sih karena kebetulan lagi pake SCape 4WD, tapi kalo ngga 4WD ngga tau deh ceritanya gimana waktu itu. Mengerikan juga soalnya jalanan itu buntu lagi.
eplekedut wrote: cangar emang parah sih, tp jalannya dah mayan lebar drpd bbrp tahun lalu, tp tanjakan masih parah
terakhir lewat sana bulan lalu, iring2an 2 mobil.. jam 9 malam, depan innova bensin 2004 M/T (4 orang dewasa) , belakang Pasport Dakar 4x2 (7 orang dewasa) lancar jaya semua om
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

fur10usx wrote:mantap review nya om...
waah ngeriii amatt ga bisa nanjak gtu hiii...
knapa bsa ga kuat nanjak gtu yah? torsinya kekecilan kah?

emg klo rem abs ngetes nya dri guratan ban di aspal yah? bknya abs itu biar kita ga selip klo kita ngerem mendadak jd kita bsa belok dengan aman buat ngehindar dr dpn kita.. gtu bkn sih? hehehe
Kalo rem abs jalan, driver pasti kerasa kok. Kaya ada suara secara periodic duk duk duk duk.. Untuk biante yang saya tes abs nya belum jalan. Settingan abs nya ga tau harus dalam kondisi seperti gimana baru mau on.
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

Jambangan wrote:mantap reviewnya :off_good_job:
btw ground clearance nya brp ya??
kalo ketemu di jalan kok keliatannya pendek ya??
apa perasaan ane doang :mky_01:
Ground clearance nya 150mm. Ya terlihat pendek, tapi selama ini saya ga ada masalah. Saya kira 150mm sudah jadi standard minimal untuk kondisi jalan di indonesia.
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

Kalo matic mau lewat jalur itu, mungkin fitur triptronic bisa membantu menaiki tanjakan. Cuman ga jaminan ya.. Yang pasti mobil M/T yang masih pake RWD dengan kondisi mesin yang masih sehat pasti ngejoz di jalur ini. Waktu saya melewati jalur cangar, saya liat ada cherry yang mikir mau lanjut ato ga. Kayanya ga di sarankan sama orang lokal sana buat naik. Buat mobil-mobil baru yang menawarkan fitur eco, skyactive, hybrid, yang notabene mengclaim irit di bbm, aduh jangan lewat sini de..
Saya juga setuju. Menurut saya ini biante di putaran bawah kurang bagus. Tapi di putaran tengah baru terasa tenaganya. Buat nyalip2 enak..
Last edited by endrow82 on Sun Jan 06, 2013 3:11, edited 1 time in total.
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

bodapa wrote:Om endrow82, saya belum pernah lewat Pacet - Cangar - Bumiaji - Batu...memang seperti apa sih tingkat kecuraman dan kelak-kelok dari jalan tersebut? Saya terakhir ke Jawa Timur lewat jalan darat ya stay di Pantura terus, alias Surabaya - Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Ketapang sebelum akhirnya menyeberang ke Bali. Rute saya mungkin nggak ada apa-apanya kali yaa...saya mungkin lebih familiar sama Jakarta - Puncak sih, secara saya orang Jakarta...

Atau begini Om, sama jalan yang persis di samping PLTU Paiton itu kira-kira lebih parahnya seberapa? Kan nanjak terus tuh kalo di samping PLTU (menurut saya sedikit curam), trus udah sampai atas baru kelak kelok tapi turunan.
Kalo jalur itu mah biasa aja.. Masih ga ada apa-apanya.. Kalo pernah lewat jalur pujon yang berkelok-kelok, ini juga masih ringan.. Sekali kali cobain de jalur pacet-cangar-bumiaji, maknyusss...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26908
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by DOHC »

kalo jalan pltu paiton mahh enak itu rute tanjakan turunan nya... mirip2 ama yg di bali, stelah kluar dari gilimanuk, mau masuk denpasar kota nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by salah obat »

endrow82 wrote:Kalo jalur itu mah biasa aja.. Masih ga ada apa-apanya.. Kalo pernah lewat jalur pujon yang berkelok-kelok, ini juga masih ringan.. Sekali kali cobain de jalur pacet-cangar-bumiaji, maknyusss...
Bro endrow pas ditanjakan di gas pol nggak spin roda depannya?
Lewat jalur itu emang lebih deket ya dibanding lewat pandaan?
Saya sering ke malang lewatnya pujon, trus klo pulangnya lewat songgoriti tembus pujon lewatin gunung, maknyusss juga nanjak terus gak ada turunannya..
endrow82
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Dec 09, 2012 1:23

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by endrow82 »

salah obat wrote: Bro endrow pas ditanjakan di gas pol nggak spin roda depannya?
Lewat jalur itu emang lebih deket ya dibanding lewat pandaan?
Saya sering ke malang lewatnya pujon, trus klo pulangnya lewat songgoriti tembus pujon lewatin gunung, maknyusss juga nanjak terus gak ada turunannya..
Setau saya kaga spin ban nya. Saya gas pol supaya bisa naik, tapi ya ga guna, jalannya terlalu miring. Makanya kalo bawa biante dan ga tau medan ya susah jadinya. Kalo tau medan si enak, bisa siapin mobil jauh-jauh sebelum menaiki tanjakan yang berbelok belok.

Kalo dari sby jalur yang deket ya lewat pandaan - lawang - batu. Tapi kalo kena macet dll maka bisa lewat mojokerto - pacet - cangar - bumiaji - batu. Kalo lewat jalur pujon agak jauh setau saya kalo dari sby.
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by salah obat »

oh ic.. :thanks:
eplekedut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Aug 14, 2009 14:50

Re: Mazda Biante 2.0 AT 2012

Post by eplekedut »

bodapa wrote:Om eplekedut, makasih buat gambar-gambarnya. Kira-kira seperti itu toh, jalanan cangar?

Dulu pernah ke kawasan candi Dieng di Jawa Tengah, berangkat dari Magelang ke Wonosobo trus baru naik ke Dieng Plateu. Nggak tau kalau sekarang, tapi beberapa tahun yang lalu seingat saya ada beberapa bagian dari jalan Wonosobo - Dieng yang jalannya kurang lebih seperti gambar yang Om eplekedut kasih. Kira-kira seperti itu nggak yah?

Hadoohhh...melihat banyaknya tempat wisata dengan jalan-jalan menantang di pulau Jawa ini, saya jadi pengen banget road trip lagi (entah bareng teman atau keluarga)...tapi biar maksimal paling tidak harus cuti yang cukup signifikan lamanya, mungkin 10 hari kerja (ditambah 2 set Sabtu-Minggu, hehehe)...kapan yah bisa ngambil cuti sebanyak itu (kalaupun dikasih)...

Ini baru pulau Jawa, bagaimana dengan pulau-pulau lain di Indonesia??? Menurut saya, daripada mengandalkan turis mancanegara, mending Dinas Pariwisata promosi besar-besaran buat turis lokal dah alias kaya saya yang belum pernah ke Cangar...masak baru tahu dari mbah Google kalau di Cangar ada pemandian air panas yang populer?!
Eniwei, BTT...
klo yg dimaksud mau masuk kota wonosobo lewat dieng cuma pernah lewat sekali, tp itu pun dah hampir 20 tahun lalu ya.. gak ikut nyetirin sih jadi penumpang,masih enak lah klo wonosobo IMHO, lagian waktu itu subuh juga lewat sononya, waktu itu masih jaman kijang G :D

spt kata om endrow, curam tanjakannnya spt mau ke arah cemorosewu yg lewat plaosan - magetan,yg bikin keder tuh karena pake kelok2 tanjakannya juga curam2 om, klo lurus sih mungkin bisa ambil ancang2 jauh ya
endrow82 wrote:Kalo matic mau lewat jalur itu, mungkin fitur triptronic bisa membantu menaiki tanjakan. Cuman ga jaminan ya.. Yang pasti mobil M/T yang masih pake RWD dengan kondisi mesin yang masih sehat pasti ngejoz di jalur ini. Waktu saya melewati jalur cangar, saya liat ada cherry yang mikir mau lanjut ato ga. Kayanya ga di sarankan sama orang lokal sana buat naik. Buat mobil-mobil baru yang menawarkan fitur eco, skyactive, hybrid, yang notabene mengclaim irit di bbm, aduh jangan lewat sini de..
Saya juga setuju. Menurut saya ini biante di putaran bawah kurang bagus. Tapi di putaran tengah baru terasa tenaganya. Buat nyalip2 enak..
pernah iring2an ama mobil kaleng 1.3 M/T (4 dewasa + 1 anak) bareng sodara, walaupun tuh mobil kaleng meraung2 mesinnya, tp akhirnya sampe juga cangar

nah itu om,keknya karena matic, klo manual sih mungkin lebih enak.. faktor mesin ngaruh juga, waktu lewat jurang ampel trawas gimana om ?, kan abis belok patah trus nanjak tuh... ngeden gak ?, hehe
vim wrote:Om eplekedut, thax buat foto2nya, jadi pengen nyoba hehehe. Kalo menurut saya agak berbeda perbandingan Biante ini dengan innova atau Pasport, karena itu mobil RWD (gerak roda belakang) semua kan sedang biante gerak roda depan dimana bukan kapasitasnya untuk melahap tanjakan extreme, CMIIW :big_smoking: . Mungkin para senior2 di sini ada yang bisa kasih masukan bagaimana mobil FWD bisa melahap tanjakan extreme dengan mudah. Kalo dipuncak saya pernah ngalami tanjakan cukup terjal di villa Seruni Cisarua, tapi mungkin blm ada apa2nya dibandingkan yg dialami om endrow. Pernah juga di mega mendung ngalami tanjakan curam yang belakangnya langsung jurang dan jalanan sebagian besar rumput & lumpur basah, waktu itu ngga masalah sih karena kebetulan lagi pake SCape 4WD, tapi kalo ngga 4WD ngga tau deh ceritanya gimana waktu itu. Mengerikan juga soalnya jalanan itu buntu lagi.
Disclaimer : Klo ke cangar dilarang bawa wanita hamil, penderita hipertensi atau jantungan !, kecuali bawa mobil 4WD sehat ! :big_peace: