Tolong dong...mana lebih baik honda jazz or suzuki aerio???

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

handa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
Location: Jakarta

Post by handa »

Naruto wrote:
handling wrote:
Naruto wrote:Hah ? masa aerio bisa 170 ? 160 aja naeknya pelan banget. Serius neh?
haaarusnya sih bisa untuk kelas 1500cc, liat brosur aerio/bleno nextG yang ada gambar speedometernya , itukan cuplikan kecepatan yang bisa dicapai aerio..seolah2 aerio bisa mencapai kecepatan tersebut.
:lol: iklannya terlalu membesar2kan tuh. hehehe. Tolong ke review odyssey donk, bantuin ngereview. lagy minat nih. Tapi bingung, kebanyakan tipe odyssey..
Huss.... Waktu kakak saya sama teman nya naek mobil Aerio milik bos nya. Lari di tol arah Cawang ke Pluit waktu malam skitar jam 1 pagi deh klo gak salah, Aerio nya lari ampe 178 km !!!! Tapi waktu lari 178 km cuma 5 detik aja :D speed rata2 sih 140 km. Jadi Top speed nya waktu kakak saya liat nyentuh kok 178 km walau hanya 5 detik. Maka nya kakak saya sama teman nya ampe ga ngomong ama bos nya (udah keringat dingin dan takut) :D

So mesin Aerio juga jangan diremeh kan :) Apalagi kata teman2 saya, kalo mesin Suzuki tuh bandel and kencang :)
Yeah yeah yeah ! ! !
pressure_level
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jul 01, 2005 15:50

Post by pressure_level »

suzuki ya.. saya pernah pake suzuki baleno th 97, cc-nya masih yg 1600. menurut saya, kelemahan dari suzuki itu kopling, interior dan tenaganya. tarikannya terasa lamban. gigi2nya pendek2 ampir kaya kijang gitu.. beda sekali dengan honda atau toyota.. tp saya tdk tahu bagaimana dengan aerio.. tp onderdilnya paling murah diantara merk2 lain..
handa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Thu Jun 10, 2004 3:52
Location: Jakarta

Post by handa »

pressure_level wrote:suzuki ya.. saya pernah pake suzuki baleno th 97, cc-nya masih yg 1600. menurut saya, kelemahan dari suzuki itu kopling, interior dan tenaganya. tarikannya terasa lamban. gigi2nya pendek2 ampir kaya kijang gitu.. beda sekali dengan honda atau toyota.. tp saya tdk tahu bagaimana dengan aerio.. tp onderdilnya paling murah diantara merk2 lain..
Hehehe..... Sebenarnya kualitas suzuki di indonesia kurang bagus, coba liat suzuki di pasar LN, produk nya lebih banyak di sebut kualitas dunia daripada Suzuki di indonesia.

Saya sangat salut pada produk Honda maupun Toyota... Kualitas nya mungkin sama baek di indo ama di LN. Beda ama suzuki.... selalu di downgrade spec nya biar memangkas harga.
Yeah yeah yeah ! ! !
pressure_level
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Fri Jul 01, 2005 15:50

Post by pressure_level »

suzuki diluar baguskah? bukannya suzuki dinegara asalnya emang image-nya sbg mobil murah? soalnya setau saya, suzuki gk ngeluarin versi lux-nya.. misal toyota dengan alphard atau crown, honda dengan oddysey atau legend-nya..
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

Yup betul, kualitas suzuki di ln emang lebih bagus, terutama material interior yg digunakan. Dan emang stlh masuk indo suzuki mendowngrade abis2an, krn di Indo suzuki terkenal dgn harga yg miring, sbg kompensasinya feature2 nya banyak dipreteli, bahkan kualitas dashboard dan jok2nya pake material yg lebih murah dibanding yg versi luar punya. CMIIW.

Dan emang betul suzuki tidak ada produk luxury, krn emang segmennya untuk masy menengah ke bawah.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Saya rangkum aja...

Aerio bisa sampe di 170... dan gak ada kendala untuk itu... ringan koq... hanya saja waktu itu masih subuh...gak berani lebih kenceng... dan kejadiannya di tol bandara soekarno-hatta... saya rasa ampe 180 juga masih bisa...

Soal tenaga... Tenaga aerio bagus koq.. tapi kalo yang dimaksut tarikannya, emang betul..tarikan aerio lemah.. jauh sekali dibawah vios saya..padahal spek mesinnya hampir sama..
haney
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu Aug 18, 2005 15:02

Post by haney »

Free Anonymous proxy list download: http://www.socksproxylist.com
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

datsu wrote:Saya rangkum aja...

Aerio bisa sampe di 170... dan gak ada kendala untuk itu... ringan koq... hanya saja waktu itu masih subuh...gak berani lebih kenceng... dan kejadiannya di tol bandara soekarno-hatta... saya rasa ampe 180 juga masih bisa...

Soal tenaga... Tenaga aerio bagus koq.. tapi kalo yang dimaksut tarikannya, emang betul..tarikan aerio lemah.. jauh sekali dibawah vios saya..padahal spek mesinnya hampir sama..
Betul juga sih aerio isa 170-180an

Saya juga pernah ngebut di tol gresik-manyar, ketemu ama aerio yang ngebut didepan.
Waktu itu pas saya lihat speedo sudah mencapai 185an, dan aerionya hanya ketinggalan sedikit demi sedikit. Jadi pasti tuh aerio sekitar <180an.

Saya pake Escudo'01....
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

handa wrote: Sebenarnya kualitas suzuki di indonesia kurang bagus, coba liat suzuki di pasar LN, produk nya lebih banyak di sebut kualitas dunia daripada Suzuki di indonesia.

Saya sangat salut pada produk Honda maupun Toyota... Kualitas nya mungkin sama baek di indo ama di LN. Beda ama suzuki.... selalu di downgrade spec nya biar memangkas harga.
Menurut saya suzuki / honda / toyota / mitsu gak ada bedanya di indo untuk produk menengahnya......
Karena diantara ke 4 merk tersebut sudah berubah semua mengadakan pengiritan spec down pada produk2nya di indo pada sekitar mulai dari tahun 1996-1998. dgn sendirinya sesuai tuntutan menggencet harga...

saya coba kaji.... bagian interior....
pada periode sebelum 1998
> Suzuki, bagian dashboard forsa dan esteem menggunakan bahan lunak, bukan bahan plastik. jadi kalo kita pencet akan terasa lembek.
Demikian juga dgn bagian panel pintu dibuat dari bahan lembek dan tidak lupa juga dihiasi dgn potongan kain pada sekitar pegangan pintu bagian dalam.
Tapi mulai th baleno 1997 .....bagian dashboard dan pintu sudah memakai plastik... dan sama sekali tidak ada potongan kain lagi
> Toyota, bagian dashboard starlet semua generasi sampe th 1998, corolla semua generasi sampe th 2000, semuanya bahan lembek. pintu juga menggunakan bahan lembek untuk starlet dan corolla. Tapi mulai dari soluna, vios dan altis.....berubah total, dgn memakai bahan plastik di bagian dashboard dan panel pintu juga . dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.

> Honda, bagian dashboard civic semua generasi sampe ferio menggunakan bahan lembek juga, dan pintu juga menggunakan bahan lembek, dihiasi dgn potongan kain kecil untuk memperindah.
Tapi start dari city dan civic terbaru sekarang sudah memakai plastik pada bagian dashboard dan panel pintunya juga.... dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.
Liat dashboard CRV dan panel pintunya plastik semua kan....

> Mitsubishi, semua jenis lancer sampe tahun 2002 pake bahan lembek.
Mulai tahun 2002 lancer generasi barru sama juga pake bahan plastik di dashboard dan panel pintu juga.....dan bagian pintu yang tanpa potongan kain lagi.

Jadi semua merk sama saja.....mengadakan pengiritan....kelemahan bahan plastik adalah bila secara terus menerus dijemur , plastik akan mengering dan kadang terdengar suara bunyi yang beradu khususnya pada bagian yang memerlukan sekrup....

Belum lagi pengiritan2 lain yang sering tidak kita sadari, adalah penggunaan item barang2 yang sama pada mobl yang berlainan type. seperti contoh:
> suzuki , mulai dari suzuki esteem sampe baleno 2003 panel ac yang dipake adalah sama persis.
Grill AC, baleno (sebelum next G) sama dgn escudo sekarang.
Handle pembuka pintu bagian dalam baleno sama dgn APV , escudo sekarang.
Handle power window untuk sopir dan penumpang baleno sama dgn escudo dan APV.
Dari segi AC, ada yang patut dibanggakan. Panel AC suzuki baleno menggunakan panel tombol elektrik, baik untuk mengatur tiupan lokasi kisi2 AC pada bagian dashboard dan kaki2. Dan untuk menggerakkan bagian dalam2 kisi2 ac dgn menggunakan motor.
Dan ada feature HOT/Cold.
Tidak seperti halnya dgn Starlet, soluna, vios, corolla. civic, lancer, masih menggunakan tombol putar. dan bagian dalam kisi2 AC bergerak seiring dgn putaran tangan kita.

> Toyota, coba perhatikan sandaran tangan + power window dari starlet, corolla twin cam - new corolla, kijangkapsul , Corona absolut. semuanya menggunakan barang yang sama persis.
Untuk AC ada keragaman , dari yang paling simpel adalah starlet soluna, dimana lubang ac tdk ada posisi kaki. (saya lupa vios ada apa tidak). dan apalagi pilihan HOT jelas tidak ada. dan semua digerakkan dgn manual dgn memutar tombol.

> Honda , dari grand civic dan city generasi pertama- type Z,banyak kesamaan dalam panel ac, handle pintu bagian dalam, speedometer. tombol power window.
Untuk AC ada yang city tdk ada HOT, dan gerak manual. dan untuk civic genio sudah menggunakan tombol electric sampe ferio, dan ada posisi HOT.

> Mitsubishi, terus terang saya tidak menemukan ada kesamaan.
untuk AC lancer masih menggunakan tombol manual untuk menggerakkan posisi AC. dan tidk ada posisi HOT.

Sorry nih panjang banget penjelasannya...itu juga yang cuma setahu saya saja.....dan masih banyak lagi yang diluar sepengetahuan saya.

Ada satu hal lagi yang lucu dari masing2 merk yang menggunakan bahan yang sama adalah motor power window dan central lock.
Coba perhatikan :
>bunyi central lock / power window untuk starlet, corolla twincam - new corolla, corona - absolute, soluna. kijang, menunjukkan cirikhas suara yang sama.
Demikian juga dgn power window dan central lock merk Suzuki (yang naiknya pelan2) , honda (yang naiknya pelan2 dan kadang macet) dan mitsu (naiknya cepat dan mantap)

Kalo saya nilai dari semua type mobil, yang paling jelek adalah penggunaan bahan interior civic yang sekarang....asli tidak sepadan dgn pesaingnya altis lancer ....dan terkesan asal2an, yang paling jelek di bagian panel pintu....

Sorry nih panjang banget penjelasannya...itu juga yang cuma setahu saya saja.....dan masih banyak lagi yang diluar sepengetahuan saya.
Ya intinya saya liat untuk ATPM indo semua mengadakan pengiritan bahan. jadi bukan suzuki saja yang jelek....semua sama jeleknya untuk kelas menengah....
Image
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Bung Handling TOP


8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Berarti Baleno Next-G penurunan bgt ya dari baleno sebelumnya?? Krn ACnya pake sistem puter lagi..

Saya rekap dari mobil2 yang pernah saya pake aja dan saya inget..
Aerio, Vios, Kijang 97, 2000, innova, karimun

Kijang 97 dan 2000 masih ada bahan lembeknya, mobil yang laen udah pake plastik, but bung handling, semua mobil itu masih ada bahan kainnya.. I assure U.. Cuman emang penurunan... di kijang kapsul, bahan kainnya banyak, sedangkan yang lain cuman sebagai hiasan di tengah, deket2 sandaran tangan...

Penurunan ini bukan cuma di Indo aja..liat produk2 thai kaya sedan toyota dan fortuner..sama aja kaya innova..

Kalo suzuki yang bikin kesel cuman after sales servicenya...gak begitu bagus..gimana kalo indomobil yang laen?? Kalo toyota (auto2000 sunter) saya gak ragu lagi...
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

adisantosa wrote:Bung Handling TOP


8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
?$??!#$%? :shock: :shock: :shock: :shock: :shock:
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

datsu wrote:Berarti Baleno Next-G penurunan bgt ya dari baleno sebelumnya?? Krn ACnya pake sistem puter lagi..
mau bilang apa ya? susah juga....soalnya saingan2 nya pake yang cara yang lebih murah juga yaitu model dial, dan gerak mekanik di bagian dalam seiring dgn puteran panel ac.
bahkan mobil dgn kelas lebih tinggi pun masih pake gituan.

datsu wrote:Kijang 97 dan 2000 masih ada bahan lembeknya, mobil yang laen udah pake plastik, but bung handling, semua mobil itu masih ada bahan kainnya.. I assure U.. Cuman emang penurunan... di kijang kapsul, bahan kainnya banyak, sedangkan yang lain cuman sebagai hiasan di tengah, deket2 sandaran tangan...

Penurunan ini bukan cuma di Indo aja..liat produk2 thai kaya sedan toyota dan fortuner..sama aja kaya innova..
betul bos datsu....jadi semua atpm melakukannya.....
datsu wrote:Kalo suzuki yang bikin kesel cuman after sales servicenya...gak begitu bagus..gimana kalo indomobil yang laen?? Kalo toyota (auto2000 sunter) saya gak ragu lagi...
toyota di sudirman, honda di fatmawati ,jayakarta,pluit. suzuki di pantai indah kapuk dan pondok indah. mitsu di prabu latumenten dan bumen sebelah JDC.. itu yg saya tau....mgkn rekan2 lain ada yg lebih tahu dan lebih pengalaman...
Image