SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15640
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

holaa para pembaca sekalian.... :mky_01:

setelah sekian lama menunggu akhirnya ane bisa release ini Review.

Perkenankan ane untuk mempersembahkan :

B-Segment Hatchback League - Part 1 :

Clash of the Ancients


Okay tanpa perlu berlama - lama, langsung aja ya.

==========================
Liga ini sebenernya adalah project besar saya yang terinspirasi dari liga LMPV madcat015.

Dan kebetulan, selain LMPV, mobil - mobil kutu ini juga jadi mobil yang populer dan banyak dipertanyakan di suggestion corner. Dan saya terpanggil untuk membawa seluruh mobil kutu untuk diadu di satu ring.

Sebetulnya rencana saya ingin lepas review ini langsung versi lengkap nanti bulan Oktober, setelah salah satu kandidat yang digadang - gadang akan jadi pesaing berat di kelas ini muncul. Tapi setelah diskusi sama madcat, ya udah, saya review bagian paling awal (dan mungkin paling membosankan) dari review saya.

Lho? Kok membosankan? Simple, baca saja judulnya. "Ancients".

Ancients?
Yes, buat saya julukan ini sangat pas untuk kedua kandidat yang akan saya adu, siapa lagi kalau bukan New Toyota Yaris dan New Honda Jazz. Julukan "The Ancients", lebih merujuk ke teknologi yang digunakan oleh kedua mobil ini. Sudah sangat tua dan out of date.

Bagaimana tidak? Mesin dan gearbox di Toyota Yaris 2014 adalah sama dengan mesin dan gearbox di Toyota Vios 2003. Sama. Plek. Cuma ganti casing aja.

Honda, di sisi lain masih memberikan update berupa transmisi CVT generasi terbaru. Teknologi mesinnya sendiri sudah sangat tua, dari tahun 2001 malah. Engine L15-series. Dan L15 yang digunakan di New Jazz adalah L15Z5 instead of L15A7 di Jazz sebelumnya. Identik dengan Mobilio.

Dimana Ford sudah meluncurkan EcoBoost yang merupakan Engine of the Year 2013 dan Mazda akan meluncurkan New Mazda2 dengan SKYACTIV, kedua pabrikan ini masih saja pake teknologi yang itu - itu aja. What a shame, eh?

Dan here it is, unit Test Drive adalah Toyota Yaris G bertransmisi Otomatik, dan Honda Jazz RS bertransmisi CVT.
Image

Image

Image

Yaris G? Why not TRD? Nggak seimbang ah masa middle trim diadu sama top trim?
Silahkan protes sama dealernya :big_weee: sukur-sukur dikasih TD. Saya nggak melayani pertanyaan begini. G dan TRD bagi saya cuma matter of gimmicks, nggak penting.

Langsung aja ya, sebelum tambah panjang.
===================================
1. Exterior

New Toyota Yaris G A/T

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang sangat kalem, sangat polos, sangat hambar, New Yaris hadir dengan penampilan yang sangat agresif. Muncung yang dulu sangat aneh dan mirip tampang orang idiot sekarang berubah menjadi sangat menantang, dan sangat identik dengan jet-fighter nose di Mitsubishi Evolution.

Yang lucunya, di tahun 2014 Lancer Evolution resmi tutup buku.... mungkin Mitsubishi Motor Company putus asa wajahnya yang sangat iconic dijiplak oleh sebuah hatchback............ atau saham Mitsubishi Motors sebagian sudah dibeli Toyota? Hmmmm....

Image

Dari samping pun, New Yaris tetap terlihat menarik. Tarikan garis landai seperti medium hatchback sekelas Ford Focus atau VW Golf, muncung panjang yang terlihat dewasa. Memberikan kesan mobil ini adalah sebuah proper hatchback.

Secara dimensi, New Yaris bertambah panjang sekitar 400mm dari pendahulunya, bahkan 300mm lebih panjang dari Vitz JDM. Sebagai perbandingan, New Golf MK7 TSI memiliki panjang 4,2m, New Yaris 4,1m. bisa dibayangkan seberapa besar New Yaris melar dibanding old Yaris?

Bagian belakang... hmm... buat saya terlalu plain. Di tipe G terlalu plain, di tipe TRD malah terlalu ramai. Se plain apa? Sampai pada titik dari jarak 100 meter saya susah membedakan mobil ini dengan Avanza. Solusi : beli tipe G dan kasih spoiler TRD.

New Honda Jazz RS CVT

Beda Yaris, beda Jazz. Jika Yaris memberikan enjin bay raksasa atas nama desain cantik, New Jazz memberikan proporsi layaknya MPV seperti B-Klasse atau Honda Edix. Seperti filosofi Honda : Man maximum, Machine minimum. Nggak peduli desainnya mau seancur apa, akomodasi nomor satu, enjin bay bikin sesempit mungkin biar bodi kagak melar!

Tampang Jazz GK ini jujur, sangat konservatif. Saya sendiri nggak bilang tampangnya jelek, tapi kalo sama GE, nyata GE lebih cantik secara tampilan. Perbedaannya ya kayak bandingin Civic FD dan FB lah. FB nggak bisa dibilang jelek, tapi dibilang bagus juga masih kalah cantik sama FD.

Image

Tampilan sampingnya, disini banyak sekali kekacauan desain oleh para desainer Honda. Diliat dari manapun, proporsi Jazz GK ini keliatan sangat gembung dan gemuk, seperti Edix. Berbeda dengan GE8 yang sangat proporsional. Belum lagi lobang kunci yang terpisah dari handle seperti pickup. Plus, garis body yang membuat pintu Jazz seakan habis ditabrak T-Bone dari samping oleh pickup.

Bokongnya, sangat-sangat sulit dicerna, niatnya mau niru Volvo C30 stoplamp nya. Apa daya, alih – alih mirip Volvo malah mirip Civic FB ditabrak tronton rem blong. Jadilah Jazz! Belum lagi buritan yang nggak sporty, no diffusers, no mufflertip. Hambar, aneh, kacau.

Image

Score :
1 Yaris.
0 Jazz.


Saya angkat topi pada desainer Toyota, appeal dari desain exterior Yaris begitu kuat, nggak heran mobil ini lebih banyak keliatan dibanding New Jazz. :off_good_job:
Di sisi lain, Jazz tidaklah jelek, walaupun memang lebih konservatif dibanding old GE8 Jazz yang terlihat sangat agresif.

==============================
2. Interior

Untuk interior, keduanya memiliki konsep berbeda. Sementara Yaris hadir dengan konsep lebih mewah, Jazz hadir dengan konsep simpel dan sederhana (termasuk material yang digunakan pun ikutan simpel) :big_slap:

New Toyota Yaris G A/T
Image

Interior di New Yaris dihiasi oleh warna dominan hitam dan untuk memberikan kesan up-class Toyota memberikan dashboard dengan motif stitching, but wait, jika anda mengira dashboardnya softpad, anda salah besar. Itu hanya plastik keras seperti biasa, dan stitching itu hanya ilusi... errr... fake stitching. :big_slap:

Hal yang sama terjadi di setir dan doortrim. :frm_bang_head:

Finishing interior memang cukup rapi, plastiknya pun berbeda dengan New Jazz yang terkesan ringkih. Pun dengan aluminium panel di central dash yang serasi dengan tema interior keseluruhan, dan di bagian atas vent AC terdapat layar kecil, yang secara desain even better than New A-Class. Layar kecil ini fungsinya juga nyaris sama seperti kontrol di Mercedes.... hanya lebih sederhana..... jauh lebih sederhana..... tapi overall sangat baik untuk sebuah hatchback sekelas ini. even Honda Jazz nggak kasih i-MID.

Layarnya resolusi tinggi dengan OS Android dan terdapat aplikasi Toyota MOVE untuk akun pribadi setiap pemilik Yaris, informasi pribadi dan jadwal servis juga diatur lewat sini.

Image

Untuk tipe TRD terdapat Navigasi dan Internet Browser. Di tipe G, maksimal kita Cuma bisa pake aplikasi Toyota MOVE. Fungsi lain dari layar ini juga sebagai HU, nyetel radio, dll. Nggak ada ngatur traction control atau suspension mode, atau bahkan ambient lighting seperti di BMW. Nope. Layarnya cukup sederhana.

Makanya saya bilang di awal, tipe TRD cuma matter of gimmick ga penting, itulah kenapa buat saya mau E mau G mau TRD ya sama aja wong gak ada yang spesial :big_weee:

Minusnya di interior New Yaris adalah clusternya yang sangat menjijikkan. Meskipun sudah normal kembali ke belakang setir, tapi malah lebih norak dengan warna merah dan jarum warna putih yang sama sekali gak nyambung, sama dengan New Avanza dan Vios, malah Avanza saya rasa masih lebih bagus.

Image

Saya sepanjang perjalanan sama sekali nggak nafsu liat speedometernya, wong jarum speedometernya juga susah naik. Nanti lah selengkapnya di driving impression. Jujur, saya lebih suka liat optitron di old Yaris / old Vios dibanding cluster New Yaris yang mengerikan ini.

New Honda Jazz RS CVT

Tipe RS (bonus madcat with "M" :big_weee: )
Image

Tipe S
Image

Beda dengan Yaris, Honda tetap mempertahankan dasbor fungsional ala Honda Jazz GE lawas.

Tidak banyak ornamen mewah apalagi stitching bohongan, all just looks simple. Secara desain meningkat jauh dari GE8. Jauh lebih modern dan lebih sedap dipandang, kontroler AC pun lebih berkelas dibanding Jazz GE8 yang pake tutup jerigen entah nyomot dari mana untuk switch AC.

Setir pun punya desain lebih keren dibanding GE8 maupun New Yaris. Setirnya tidak nampak lagi seperti bra cewek, dan terlihat lebih modern.

Satu hal yang paling saya suka dari GK5 adalah clusternya. Jika cluster Yaris menjijikkan dan bikin saya mau muntah di dalem mobil, cluster GK5 sangat impresif dengan pendaran lampu biru dan logo RS segede gaban di tengah speedometer. Plus, tata letak cluster yang hampir mirip dengan punya CX-5.

Image

Overall, cluster GK5 terlihat jauh-jauh-jauh lebih sedap dipandang dibanding Jazz GE8, apalagi sama New Yaris.

Satu hal yang sangat buruk di GK5 adalah, finishing interior mengalami penurunan. Material plastik tidak sebaik Yaris, pun begitu doortrim bagi saya terasa sangat ringkih dan kurang kuat. Lantai bagasi pun tidak lagi menggunakan cover plastik, tapi dibiarkan dengan beludru dan karpet dasar. Finishingnya kurang baik. Untungnya, walaupun ringkih tidak akan ambrol karena toolkits terpasang rapi sebagai penahan (tumben, Honda?)

Image

Score :
Yaris – 2
Jazz – 1


What?
Ya, saya cukup galau mau menangin yang mana. Di satu sisi dan secara subjektif interior Jazz desainnya jauh lebih menyenangkan, di sisi lain Yaris punya material yang lebih baik. Jadi saya putuskan draw saja, biar adil.

Tinggal selera suka plastik rapuh dengan desain cantik atau plastik berkualitas dengan desain payah.

===========================
3. Accomodation

Sebagai sebuah hatchback, akomodasi tentu sangatlah penting. Kedua kandidat harus bisa membawa barang dan orang secara bersamaan dengan nyaman dan aman.

New Toyota Yaris G A/T

*maaf lupa ngefoto*

Akomodasi New Yaris, surprisingly cukup meningkat dibanding Old Yaris. Berkat profil yang bertambah panjang dan wheelbase bertambah hampir 100mm, New Yaris menyediakan legroom yang sangat luas di baris kedua, lebih luas daripada New Jazz. Walaupun jujur, posisi duduknya tidak serebah Jazz.

Sayangnya bagasi New Yaris tidak seluas New Jazz, walaupun memang lebih luas dari old Yaris yang seperti lupa diberikan bagasi oleh Toyota. Plus, New Yaris tidak memiliki fleksibilitas dewa seperti Jazz.

New Honda Jazz RS CVT
Dengan formula “man maximum – machine minimum”, tentu filosofi Honda adalah menciptakan ruang seluas – luasnya di dalam kabin Jazz. Dan jika Jazz GE8 sudah terasa luas buat anda, GK5 sedikit lebih luas, walaupun legroom tidak sebesar Yaris, tetapi tetap lebih besar dan lebih nyaman dibanding GE8 dan Yaris.

Bagasi pun sangat luas, seperti kebiasaan Honda. Plus, di GK5 diberikan sedikit tonjolan di pintu bagasi untuk memberikan ruang ekstra untuk belanjaan para nonik :big_grin:

Image

Dan satu hal yang tidak bisa kita lupakan ketika bicara akomodasi di Jazz : the almighty Ultra-seat. Ultra seat adalah fitur andalah Honda dari sejak Jazz GD3. Dengan fitur ultra seat, baris kedua bisa dilipat rata lantai, seperti terlihat pada foto berikut :

Image

Dan bisa juga ditegakkan untuk membawa barang tinggi :

Image

Masih kurang? Jok passenger depan juga bisa direbahkan :mky_02: Kepraktisan Jazz ini somehow membuat hatchback kecil yang sudah tidak kecil lagi ini mampu membawa seekor gajah yang kabur dari Way Kambas ke dalamnya. :ngacir:

Score :
Yaris – 2
Jazz – 2


Soal praktikalitas, New Jazz masih nggak ada lawan. Hatchback dengan fleksibilitas ala MPV, bahkan lebih fleksibel dibanding New Avanza. Wong New Avanza baris keduanya gak bisa dilipat rata lantai. Uwkwkwk.

Tidak salah Honda memberikan bentuk luar bagaikan MPV, kenyataannya, memang Jazz memiliki akomodasi seperti MPV. :mky_02:

======================================
4. Driving Impression
Ini bagian yang bikin saya galau. Seriously. Alasannya, baca aja ah....

New Yaris G A/T

Image
*Credit to Autonetmagz.net

Under the bonnet, sebongkah mesin 1NZ-FE bertenaga 109PS dan 146Nm bertengger, dipadu dengan transmisi 4-Speed A/T jaman jebot. Enjin yang sangat badak, dan sangat membosankan. :off_bored:

Melihat tampilannya tentu saja saya sangat berharap banyak dari New Yaris. Tampilan agresif ala Mitsubishi Evo, profil mobil lebih panjang dan lebar, wheelbase yang bertambah 100mm. Dan tentu saja mesin 1NZ-FE yang sangat bertenaga di low-rev dan 4-speed A/T yang tidak berubah. Rasanya tidak salah saya punya ekspektasi cukup tinggi untuk New Yaris.

Masuk ke dalam unit TD, sales memberikan saya kunci, lalu dengan antusias saya menuju unit tes drive, saya colokkan kunci (karena tipe G A/T belum start/stop), mesin menderum halus. Posisi duduk agak tinggi, jujur, tidak se supportif di Jazz. Setir Cuma tilt, nggak telescopic. Sehingga buat saya sudah minus duluan di posisi duduk yang kurang nyaman.

Keluar dari dealer A2k HR Muhammad, saya belokkan setir, wow, setir memberikan bobot yang cukup menyenangkan. Tidak seberat di SX4 saya, tapi juga tidak seringan Jazz. It’s all just right. Seperti kebiasaan saya, setiap TD selalu langsung pedal to the metal begitu keluar dealer.

Saya sudah siap dengan G-Force yang menarik saya ke belakang berharap akan akselerasi dahsyat, lantas yang terjadi..................................... :big_chicken:

Lag transmisi seabad, mesin tidak memberikan respon memuaskan di low rev, mid rev biasa aja, bengek di high-rev. Woi, apa – apaan nih? Setau saya 1NZ-FE low rev nya sangat bersemangat di old Yaris, kok jadi begini? :frm_bang_head:

Dan saya coba trial and error terus, respon yang saya dapatkan sama saja, goddamnit! Mobil terasa berat dan nggak responsif sama sekali. Jika sulit membayangkan, saya kasih ilustrasi : sampai pada titik Suzuki SX4 dengan mesin M15A yang juga keberatan body terasa sangat ringan dan lincah. New Yaris betul – betul terasa lamban. :off_no:

Ternyata indikasinya selain memang bobot yang bertambah, rasio gear juga diperhalus. Lengkaplah sudah kekacauan di sisi teknikal New Yaris. :frm_bang_head: :off_no:

Belum lagi ketika bicara handling, New Yaris betul – betul membuat saya kecewa, sangat kecewa bahkan. Bodyroll terasa signifikan walaupun mendingan dibanding old Yaris, tetap saja bikin saya kecewa berat. Saya kira boyonya mesin bisa dikompensasi dengan handling bagus, nyatanya? Ah sudahlah.

Steering response.... walaupun bobotnya pas, Feedback nya terbilang buruk. Apalagi begitu diajak menikung kencang. Gaya nyetir agresif yang biasa saya lakukan dengan begitu effortless di SX4, sulit saya lakukan di New Yaris. :off_no:

Di sisi lain, soal damping, Yaris memang lebih baik dari Jazz, apalagi dengan melarnya wheelbase, memberikan kenyamanan kelas wahid di kelas hatchback. Tapi apakah kita cari kenyamanan di hatchback? I doubt it. :big_bored:

Saya sepanjang di perjalanan ngebiarin bro sandal ngobrol sama sales, saya diem aja. I’m very bored here. And totally dissapointed.
Ketika kembali ke dealer, madcat dan oom sukribo penasaran, saya langsung jawab dengan 1 kalimat yang mendeskripsikan keseluruhan mobil ini : all show, no go. Doesn’t meet even my lowest expectation. :big_dunno:

Saya rasa petinggi Mitsubishi akan bilang : “you can imitate our Evo’s jet fighter nose, but you still 1000 years too fast to think of imitating its driving feel.” :big_smoking:

Untungnya, Toyota memberikan enjin bay yang luas di Yaris. Cukup lah untuk pasang turbo dan pipingnya, atau enjin swap ke 2JZ-GTE. :big_weee:

New Honda Jazz RS CVT

Image

Under the bonnet, Honda Jazz RS menggunakan enjin L15Z5 bertenaga 120hp dan 145Nm. Dipadu transmisi CVT alih - alih Geared A/T seperti di GE8. Spesifikasi yang sama persis dengan New City dan Mobilio. Hanya saja di Mobilio menggunakan L15Z1. Entah apa yang berbeda :shrug:

Dan seperti biasa, finishing ruang enjin yang kacau. :off_no:

Image

Karena terjadi kesalahan teknis di dealer yang sebelumnya, akhirnya kami pindah dealer. Pk 9.30 saya berangkat dari kost-an ke dealer yang jaraknya sekitar 10KM dari kost-an untuk confirm unit TD sebelum akhirnya madcat dan oom sukribo menyusul.

Setelah mereka datang, sales konter bernama M memberikan kunci ke oom sukribo (kayaknya semua orang terkesima dengan kharisma seorang Mahaganteng Sukribo :big_smoking: ) yang langsung dialihkan ke saya. OK, kunci saya bawa, masuk mobil, start engine dengan tombol. Quite good.

Masuk mobil saya atur posisi duduk, jok supportif khas Honda, dengan pengaturan kemudi tilt and telescopic :off_good_job: salah satu point yang penting, dibanding New Yaris yang cuma bisa tilt :off_no:

Keluar ke Jl. Jemursari, seperti biasa langsung pedal to the metal. Dan sedikit terjadi lag CVT, tapi di 2000an RPM enjin memberikan respons yang baik, seperti Mobilio :off_good_job: bahkan di Jazz, enjin note jauh lebih baik dibanding Mobilio yang mirip peresan tebu. Somehow, enjin note di Jazz tidak jauh berbeda dari L15A7 di Jazz sebelumnya.

Karakter enjin di GK5 ini cukup halus, meskipun CVT mengurangi kesenangan berkendara. Karakter enjin mid-rev, cocok untuk mobil perkotaan dibanding GE8 yang high-rev dan terganjal di A/T 5-speednya yang cukup payah. CVT di GK5 ini, power delivery nya jauh lebih baik dari 5-AT di GE8. Karakter mid-rev nya cukup baik, tidak seperti di Yaris yang terasa berat.

Meskipun lag CVT dan dengungan ala CVT betul - betul mengurangi kesenangan berkendara, please buy the M/T, fellas.

Putar balik di Prapen, di jalanan yang nggak rata saya injak pedal gas sampe mentok lagi, dan saya lupa itu jalan bergelombang..... :frm_bang_head: pitching di mobil ini begitu mengerikan, oom sukribo dan madcat yang duduk di belakang langsung protes :frm_bang_head:

bantingannya cukup stiff walaupun tidak sekeras GE8, tapi masih tetep lebih keras dari New Yaris :frm_bang_head: bahkan om sukribo bilang : "kalo pake Miata, kita meraba jalan pake setir, kalo di Jazz GK kita meraba jalan pake bokong" :big_slap:

OK, karakter bantingan seperti ini bisa ditolerir apabila kemampuan manuvernya hebat, jadi saya memutuskan untuk sedikit menari di lalu lintas, sampe cece M berkali - kali kaget dan hampir jatuh karena gak pake seatbelt :off_no:

surprisingly, bodyrollnya membaik dibandingkan GE8 saya dulu. Mobil begitu cekatan menari - nari di lalu lintas. meskipun lag CVT, sekali lagi, mengganggu kesenangan :frm_bang_head: this car is better fitted with the M/T. Yang jelas, urusan chassis GK5 jauh-jauh-jauh meninggalkan New Yaris.

Dan jika anda menebak saya akan menghujat steeringnya, selamat, anda salah tebak :upss: steering di GK5 sangat baik :off_good_job: bobotnya pas dan bertambah seiring bertambahnya kecepatan. Feedbacknya tidak seburuk di Mobilio apalagi Odyssey. Sekali lagi respon steeringnya mengingatkan saya dengan GE8. Padahal saya sudah ber ekspektasi steeringnya akan seburuk Mobilio, ternyata jauh melampaui ekspektasi saya. Good Job, Honda :off_good_job:

Hal buruk dari Jazz terbaru, sangat klasik, insulation. Suara sepeda motor jelas terdengar oleh penumpang. Not a good thing for 255millions car :off_no: .

Setelah itu saya putar balik lagi, saya kasih kemudi ke madcat, dan saya duduk di belakang.

Conclusionnya cuma 1 : buy the Manual, seriously, the Manual feels lots better than the CVT. Sebelum TD yang CVT saya sempet merasakan yang Manual, dan jauh terasa menyenangkan padahal cuma muter dealer doang :ngacir: tapi untuk mobil perkotaan, saya bisa bilang, Jazz GK CVT cukup baik, melebihi ekspektasi, dan tetap menyenangkan. Tidak PHP seperti lawannya.

Score :
Yaris - 2
Jazz - 3


Nuff said, Yaris memang menyenangkan jika kita liat dari luar, tapi Jazz miles better better jika kita berada di balik kemudi.

================================
5. Verdict

Sesuai hasil akhir score, pemenang dari liga part 1 ini adalah Honda New Jazz RS CVT (GK5). Impresi awal GK5 memang tidak begitu menarik dibandingkan New Yaris, tapi begitu di balik kemudi, GK5 sangat menyenangkan untuk ukuran mobil hatchback. Meskipun jujur dibandingkan dengan Fiesta EcoBoost, Jazz terasa lebih berat.

New Yaris, di lain sisi, berusaha menarik pembeli dengan gimmick dan tampilan yang menarik. Dan saya akhirnya mendapat jawaban dari sesi TD ini, kenapa Yaris begitu laku : tampilan menjual. Dan gimmick yang jujur akan lebih disukai para ababil. Sedangkan ride nya? 6 bulan saya nunggu unit TD dan berakhir dengan kekecewaan.

Dan info menariknya, New Jazz RS sekarang berstatus ready stock dengan diskon 1-1,5jt plus bonus. Such a surprise! Apalagi mobil ini baru launch Juli dan Delivery Agustus.

Mengingat dulu Agustus tahun 2008 saya ambil GE8 RS AT saja indent sebulan + 10 hari STNK. Itupun harga naik pada saat saya indent. :frm_bang_head:

New Yaris sendiri, diskon 2-3juta dari 266juta (TRD A/T). Dengan segala kelebihan ASS Toyota tentu Yaris menjadi paket menarik untuk para pembeli konservatif.

Tapi buat saya, jika memang kepengen Yaris, please buy the G trim, karena apa yang kita dapat di tipe TRD dibanding tipe G sangat-sangat tidak worth it. Kecuali tipe TRD nya dilengkapi suspension kit seperti Yaris TRD gen.1.

New Jazz sendiri posisinya sangat terancam. Meskipun saya akui mobil ini cukup bagus, tapi dengan akan munculnya Vezel a.k.a HR-V, dan membludaknya indent Mobilio, posisi Jazz terjepit.

HR-V bisa membunuh Jazz dan CR-V sekaligus. Mobilio sendiri sekarang sudah membunuh Jazz secara tidak langsung. Masa depan Honda? Only God knows. :shrug:

==================================

Sekian review saya, Happy reading, fellas! :mky_02:
Last edited by ChZ on Wed Sep 10, 2014 10:25, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by g4ndalf »

Very nice review.... well done :big_exellent:
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by jar-jit-no »

great great review oom chris :e-clap: :mky_02:

ane yakin repiu ini sangat dinanti2 banyak orang..and you've made it :big_exellent:

baca dulu...

:ngacir: :ngacir:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by axala »

Well :ngacir: ane sudah bisa menebak part2 dari reviewnya :ngacir:

Ente pasti dah bisa nebak ane pilih mana....mana paling worth menurut ane :ngacir:



Benar...ane pilih yaris kalo dipart1 ini....:ngacir:

Karena yaris lebih berorientasi sekarang untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara berukuran mini :upss: dikala dimensi segede itu

ane si dah masuk ke jazz....dan ane ngeliat trim aja dah jijik...biarpun designnya lumayan :ngacir:

Even the quality lebih worst dr mpv cornering ane :ngacir:

But overall...gudd...ane menunggu review part2nya :mky_03: jangan lupa di part2 yg high technology....jangan lupa sedikit review untuk gimmicknya...minimal sesedikit ente ngeripiu HU itu





btw....i spot hidden medket in some photos :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by artoodetoo »

Kapaaan ya saya bisa TD Yaris :big_bored:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by g4ndalf »

Klo saya rasa, penjualan jazz selain termakan all new yariz, juga kemakan sama saudara kandungnya mobilio.
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by poik99 »

Beda yaris G ke yaris TRD bukan cuman gimmic karena ada perbedaan ukuran disc brake front sama rear disc brake. Sedangkan yang di tipe G pake tromol
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5724
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by sintoni »

Haha.. Setuju deh sama bodyroll nya new yasir. Respon setir pelan banget, terus tiba2 bodyroll nya parah...

Kalo njes belom perna coba sih :ngacir:


BTW, excellent ripiu om! :big_love:
poik99
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
Location: Jakarta

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by poik99 »

Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
User avatar
technoholic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Wed Jun 11, 2014 12:15

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by technoholic »

Komen dikit dulu brb lanjut baca bacaan bergizi lagi :big_cat:

Sebagai user yasir bakpao dari tahun 2007 ane kecewa sama new yasir ini, setuju sama bro chz, ane liat penurunan kualitas interior terutama spidonya, doortrim full plastik, gegara ckd barangkali ya :big_dunno:

Sekarang malah naksir new swift, apa ane seleranya emang yg bantet kayak bakpao ya :mky_01:
Last edited by technoholic on Wed Sep 10, 2014 11:17, edited 1 time in total.
2E - 7K - 1NZ - 1TR - 2KD - 2GD
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ola_comoesta »

Niche niche

Baru tau juga ini GK kembali ke cvt, Hmm apa g trauma ya dulu GD cvt-nya banyak trouble?. Kalau di GD kesannya tuh CVT even 7 speed cuman gigi2 palsuan yg dipecah seven hahahhaha

Terus itu berarti dah g ada lagi paddleshift ya, padahal gimmick pula itu

Nambahin aja: interior yaris kerasa bertambah luas dari plafon hitamnya, jadi kerasa di dark room gimana gt hohoho
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by madcat015 »

Bravoooo... nicely done bro ChZ... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

Sekali lagi, spec sheet dan mobil display dapat memberikan kesan berbeda saat menggelinding di jalan *tentu under control yak*... :mky_03:

Berhubung ane dan om sukribo sedang membicarakan tentang MINI dan Mia, maka kami berdua tidak ikut TD Yasir... Tetapi untuk Jazz GK, it is a must. Intinya, kita bertiga adalah aficionados de las muchos Honda... dulu. :mky_03:

Image

Jujur, pertama kali duduk di kursi belakang Jazz, ane langsung bengong... seperti biasa, akomodasi dewa. Ane masuk tanpa kesulitan, legroom super lega, head room luas, dan sudut kemiringan kursi pas... luar biasa. Di Yasir, ane benjut. Kepala ane kepentok frame pintu saat masuk dan terbentur plafon saat keluar. Akibatnya IQ ane menurun 0.001 poin. :big_cat:

Begitu di jalan, seperti biasa, ente menghajar itu polisi tidur dengan gaya sadomasochistic: tanpa ngerem. Surprisingly, damping dan travel cukup bisa menghandle siksaan duniawi yang ente tumpahkan ke mobil malang itu. Honda Odyssey RC1 gagal di sini, suspensi berlagak seperti di isi beton cair. Keras sekali. :off_no:

Body roll Jazz cukup baik, keliatannya ada perubahan di chamber, seakan2 Jazz memiliki tapak yang lebih lebar dari semestinya. Sayangnya, begitu ente putar balik dengan kecepatan cukup tinggi, pitching. Muncung menukik. Memang dikarenakan oleh kontur jalan yang pitching-inducing, tapi ane ga menyangka Jazz GK sanggup memberikan sensasi seperti naik twin BattleStar Galactica roller coaster di Universal Studios Singapore... Menyenangkan untuk beberapa kali di awal, berikutnya: siapkan kantong muntah. :off_no:

Dari kabin belakang, suara perasan tebu mesin ini lebih baik dari Mobilio/Monyong dan nyata lebih baik dari Odyssey RC1 yang terdengar seperti suara mesin mobil 70juta... alih2 700juta. :frm_bang_head:

Berhubung sales konternya serem waktu ente nyetir, waktunya ane ambil alih. :big_smoking:


===================================


Driving position menyenangkan, pas... grip dan diameter setir cukup baik. Blind spot minimal... Desain pillar kecil dan peletakan spion cukup baik, seperti yang ditunjukkan oleh poto...

Image


Instrument cluster menyenangkan dengan gauge yang jelas. Sayangnya gauge suhu mesin hilang, sesuatu hal yang sangat disayangkan. :big_dunno:

Engage HyperDrive... errr... CVT. :big_cat:

Mobil langsung menggelinding... Respon yang sangat baik dari transmisinya, dan dengan segera ane berakselerasi lembut... selembut makhluk halus di samping... :big_love:

Torsi mulai terasa menarik mobil di rpm 2300, which is good! Torsi di putaran rendah adalah hal yang sangat baik, dan dari sudut pandang ane adalah suatu keharusan. Percuma torsi 1200nm tapi diletakkan di rpm 9990.

Setir memberikan feedback yang lebih berat dari Odyssey RC1. Di Odyssey RC1, ane merasa seperti menyetir mobil mainan. Di Jazz? Ane bermain dengan mobil... Memang kontur jalan cukup terisolasi, tetapi setidaknya setir memberikan kesan "Hoi! I am here... i will guide you". Sebuah pujian ane berikan kepada steering Jazz. :mky_02:

Untuk hard hump... errr... hard acceleration, CVT membinasakan kenikmatan berkendara. Seakan2 dunia berhenti di rpm 4000 dengan suara enjin dan kecepatan yang semakin meningkat. Forget it, engage S mode. Jemari ane segera bersiap mengokang paddle shift layaknya fingering di... errrr... whatever it is. :ngacir: Downshift pertama ke simulated gear 2, dan kurang satu detik, ratio terkunci, rpm melesat ke 5000. Wow, nice. Tetapi di mana2 downshift lebih mudah dari upshift...

Flick paddle shift kanan, upshift ke simulated gear 3, dan ratio kembali terkunci dalam frame waktu yang sama. Kurang dari sedetik. Luar biasa. Bahkan DSG Fiesta EcoBoost membutuhkan waktu nyaris 2 detik untuk gear change... Sekali lagi, pujian ane berikan kepada CVT Jazz... andai diberikan stepped ratio, tentu akan lebih menyenangkan. :big_okay:

Ane tentunya tidak akan berbuih2 memprotes tentang kekedapan Jazz yang mengerikan, road noise yang cetar membahana, dan bagaimana ane merasa seperti mengemudikan MPV ala hatchback di Jazz sementara MPV ane malah bertingkah seperti hatchback dan MPV lain bertingkah ala kadarnya... :big_bored:

All in all, Jazz GK, adalah sebuah lompatan yang cukup baik dari Jazz GE8. Butuh sedikit niat baik dari Honda untuk memberikan nilai lebih bagi investasi para pembeli, karena bagi ane pribadi: Jazz GK = mahal dengan built quality tidak lebih baik dari GE8. :big_dunno:


Terima kasih kepada bro ChZ yang sudah membuat ripiu yang fantastis ini dan om sukribo yang rela ngesot demi memberikan opini kedua... :mky_02:


Sabtu! Ngesot lagi yak, bro ChZ... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by amfibi »

Mau tanya
Sepertinya yaris ini kan dengan respons yg smooth, stir hambar, bantingan nyaman, kan malah jd bagus buat alternatif kebanyakan orang yg pengen hatch nyaman dan fungsional, namun dgn casing sporty...

Trus kok dblg jelek si yaris? Semua hatch harus sporti gt ya...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ricz »

Nice ripiu as always kak chriz... :mky_02:

Soal jazz baru GK5 ini, 5 hari sebelum launch di Medan gw udh ngelihat jazz baru GK5 tipe A (kebetulan lg ke beres gnti bumper baru) yg cilakanya disamping GE8 RS customer laen yg udh dipasang lowering kit dan velg CE28 16 inch :frm_bang_head:

Langsung GK5 menjadi sgt bulat, bantet dan biasa bgt modelnya.... :big_slap: Udah gt makin diperparah dgn kekacauan bokongnya yg spt GE8 hbs ditabrak mitsu kepala kuning... :big_slap:

Tanya bokap "pah, cakep ga?" langsung dibalas "ahh gaje bgt designnya, mending yaris"

Hal ini jg diamini ama kabeng bagian body repair yg pas itu nemenin gw ama bokap liat GK5, ktnya jadi aneh modelnya..

Yg tipe RS sehh mmg lebi cakep dikit, tp ttp menurut gw ga ad rombakan berarti dr GE8 ke GK5 dan tdk membuat GE8 menjadi sgt jadul tdk spt jazz mk.1 alias GD3 yang jadi super jadul semenjak kemunculan jazz mk2 alias GE8...


Masuk interior, byk improvement jg... Cuman desainnya jg konservatif, spt bukan Honda bgt gitu.. Hal yg sama jg terjadi di mbl peliharaan gw si CRV RM aka mbl mahmud aka mbl plastik etc etc etc... :off_bored:

Overall gw prefer new Yaris kemana2 krn selain lebi cocok gw ama modelnya jg krn ASS toyota yg tersebar dimana2, sgt friendly & tanggap (subyektif):mky_02:

Soal handling & power? Ahhh gw ga terlalu peduli, yg penting irit bbm aja deh.... Org bukan bwt lari koq... :mky_01:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by artoodetoo »

amfibi wrote:Mau tanya
Sepertinya yaris ini kan dengan respons yg smooth, stir hambar, bantingan nyaman, kan malah jd bagus buat alternatif kebanyakan orang yg pengen hatch nyaman dan fungsional, namun dgn casing sporty...

Trus kok dblg jelek si yaris? Semua hatch harus sporti gt ya...
Maklum bro, mafia tes drive di sini maniak Honda semua :big_bored:
Coba kalo yg tes drive ane sama ente, pasti hasilnya lain :big_deal:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by amfibi »

artoodetoo wrote:
amfibi wrote:Mau tanya
Sepertinya yaris ini kan dengan respons yg smooth, stir hambar, bantingan nyaman, kan malah jd bagus buat alternatif kebanyakan orang yg pengen hatch nyaman dan fungsional, namun dgn casing sporty...

Trus kok dblg jelek si yaris? Semua hatch harus sporti gt ya...
Maklum bro, mafia tes drive di sini maniak Honda semua :big_bored:
Coba kalo yg tes drive ane sama ente, pasti hasilnya lain :big_deal:
Muehehe :big_okay:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3152
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by walid_007 »

Sebenernya juga gak ideal jika bandingkan tipe g dan rs

Fitur2 yang anda bilang gak penting itu sangat terasa di impresi awal, yang mungkin dibawah alam bawah sadar....


Jika mobil itu empuk dan nyaman itu point plus.... gila apa mau pake mobil suspensi keras di jalanan indonesiya?,

makanya ane selalu pilih big sedan buat keluarga ane... mpv tetep buat kerja


Ingat bro, jalan di surabaya ini off road banget ...hahahahahaha

Cukuplah suspensi gerobak honda style
engine roaring!
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by Felixz_Yaris »

Wih nais..
Gimana perbandingan drivingnya sama ncp91?
I must td new yaris manual :big_smoking: ,,
[TYCI 917]
[YKC]
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by hariy »

wah-wah-wah...di atas saya ada yg mo konspirasi, nih...... :ngacir:
baidewei, nais ripiu om ChZ.... :big_okay:
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by Prestige »

Nice ripiu bro :big_exellent:

Ane setuju sama jeleknya design speedometer yaris yang menjijikan :big_slap:

Emg bener2 jeleknya ga tahan .. males liatinnya juga ..

Dan kalo soal Dedign Speedometer, ane rasa Honda lah yang terbaik ..

Walopun simple, tpi kesan keren dan sporty nya tetep ada ..

Contohnya kaya d Civic FD ogut, lebih enak ngeliatin speedometer nya civic ini d banding yaris baru itu :big_slap:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by artoodetoo »

Desain speedometer terlalu bagus itu berbahaya.
Nanti lebih suka ngelihatin speedometer daripada ngelihatin jalan.
Bahaya :big_dunno:



whuzzzzzz .................. :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
Prestige
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1172
Joined: Thu Jul 11, 2013 14:03

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by Prestige »

artoodetoo wrote:Desain speedometer terlalu bagus itu berbahaya.
Nanti lebih suka ngelihatin speedometer daripada ngelihatin jalan.
Bahaya :big_dunno:



whuzzzzzz .................. :ngacir:
Enggg ...

Ga gitu juga om ..

Maksudnya .. :ungg:

Supaya ada yg enak d pandang jika d kursi depan penumpang ga ada noniknya om ...


:ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15640
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

g4ndalf wrote:Very nice review.... well done :big_exellent:
g4ndalf wrote:Klo saya rasa, penjualan jazz selain termakan all new yariz, juga kemakan sama saudara kandungnya mobilio.
thank you oom gandalf :mky_01:

betul sekali, selain dimakan sama New Yaris juga kena gempuran dari Mobilio. Makanya final words ane :

"masa depan Honda, only God knows" :shrug:
jar-jit-no wrote:great great review oom chris :e-clap: :mky_02:

ane yakin repiu ini sangat dinanti2 banyak orang..and you've made it :big_exellent:

baca dulu...

:ngacir: :ngacir:
seep, thank you oom jarjit :mky_02:
artoodetoo wrote:Kapaaan ya saya bisa TD Yaris :big_bored:
ngibrit ke dealer atoyot terdekat oom droid :ngacir:
poik99 wrote:Beda yaris G ke yaris TRD bukan cuman gimmic karena ada perbedaan ukuran disc brake front sama rear disc brake. Sedangkan yang di tipe G pake tromol
poik99 wrote:Btw kalo yang pernah tes all new yaris manual or punya, kayanya ada rasa aneh pas tarikan bawah seakan" kopling slip, jadi harus agak di rev lagi supaya ga mati mesin
Itu sih yang ane rasakan waktu TD 2 bulan yang lalu and ngecewain bgt sih driving impression-nya

Oya yaris tipe G buat sekarang bisa pilih mau kumis silver apa item, at least di jakarta bisa
betul sekali oom poik. tapi masalahnya di mobil seperti ini yang performance nya juga biasa-biasa aja, stopping power antara drum dan disc tidak terlalu berpengaruh. drum brakes punya kelebihan di stopping power yang lebih baik malahan, tapi performanya akan turun kalau kotor atau banjir, itulah kenapa disc lebih baik secara overall.

nah, ane juga bandingkan dengan pengalaman nyetir old Yaris A/T dan M/T. Old yaris, low-rev torque nya begitu kuat. yang M/T kalo kita gak pas lepas kopling dan injekan gas bisa lompat mobilnya. Ane pertama bawa Yaris M/T temen aja kaget, segalak ini ternyata torque bawahnya :big_slap:
sintoni wrote:Haha.. Setuju deh sama bodyroll nya new yasir. Respon setir pelan banget, terus tiba2 bodyroll nya parah...

Kalo njes belom perna coba sih :ngacir:


BTW, excellent ripiu om! :big_love:
thank you bro sintoni :mky_02:

betul, selain bodyroll parah, respon setirnya juga lelet. jujur, itu bagian terburuk kedua setelah bodyroll.
technoholic wrote:Komen dikit dulu brb lanjut baca bacaan bergizi lagi :big_cat:

Sebagai user yasir bakpao dari tahun 2007 ane kecewa sama new yasir ini, setuju sama bro chz, ane liat penurunan kualitas interior terutama spidonya, doortrim full plastik, gegara ckd barangkali ya :big_dunno:

Sekarang malah naksir new swift, apa ane seleranya emang yg bantet kayak bakpao ya :mky_01:
nah, feeling kita sama. Yaris kalo dibandingin sama New Jazz interiornya terasa sangat baik. tapi kalo dibandingin sama Yaris bakpao kok ane lebih doyan interior style nya Yaris bakpao yang simpel.

dan somehow plasticnya terasa lebih mahal dibanding New Yaris.

ahhh new Swift..... it's a deal for bucks :mky_02: build quality dan fitur jauh diatas Yaris maupun Jazz baru :mky_02:
ola_comoesta wrote:Niche niche

Baru tau juga ini GK kembali ke cvt, Hmm apa g trauma ya dulu GD cvt-nya banyak trouble?. Kalau di GD kesannya tuh CVT even 7 speed cuman gigi2 palsuan yg dipecah seven hahahhaha

Terus itu berarti dah g ada lagi paddleshift ya, padahal gimmick pula itu

Nambahin aja: interior yaris kerasa bertambah luas dari plafon hitamnya, jadi kerasa di dark room gimana gt hohoho
Olaopannnn :cupss: lama ente kagak nongol dimari :ngacir:

sh1tp1ti di New Jazz ini kayak Monyong laopan.... CVT EarthDreams (entah apa maksudnya).... belom ketauan recordnya gimana sih :ungg:

ada paddleshift laopan.... jadi ya cukup mengobati kekecewaan meskipun ane prefer M/T :mky_01:

betul, interior Yasir memang luas sekali, sayangnya soal practicality rasanya Jazz masih menang dengan jok yang bisa rebah rata lantai.
walid_007 wrote:Sebenernya juga gak ideal jika bandingkan tipe g dan rs

Fitur2 yang anda bilang gak penting itu sangat terasa di impresi awal, yang mungkin dibawah alam bawah sadar....


Jika mobil itu empuk dan nyaman itu point plus.... gila apa mau pake mobil suspensi keras di jalanan indonesiya?,

makanya ane selalu pilih big sedan buat keluarga ane... mpv tetep buat kerja


Ingat bro, jalan di surabaya ini off road banget ...hahahahahaha

Cukuplah suspensi gerobak honda style
review tidak terlepas dari subjektifitas penulis. jujur, gimmicks di TRD memang menggiurkan untuk sebagian ababil, tapi buat ane overrated. Makanya ane saranin beli tipe G aja, selisih harga sangat gak worth it. mending beli G modif sendiri jadi TRD, 5juta doang dapet 1 set tuh malah bisa custom.

dan oom walid betul, kalo mau nyaman beli sedan atau MPV.

hatch nyaman memang point plus, TAPI kalo handlingnya baik.

misalnya Golf TSI, itu nyaman loh, tapi handlingnya superb. di sebuah hatch, handling comes first. then engine, then comfort. IMO ya.
Felixz_Yaris wrote:Wih nais..
Gimana perbandingan drivingnya sama ncp91?
I must td new yaris manual :big_smoking: ,,
thank you bro felix :mky_02:

i must say, i like NCP91 more than New Yaris. NCP91 terasa sangat lincah dan menyenangkan walaupun bodyroll besar. tapi low-rev torque dan dimensi kecil membuat mobil ini sangat mudah dipake U-Turn dan jadi jagoan slalom dengan sedikit ulikan di suspensi.
hariy wrote:wah-wah-wah...di atas saya ada yg mo konspirasi, nih...... :ngacir:
baidewei, nais ripiu om ChZ.... :big_okay:
thank you oom hariy :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by amfibi »

Mentang mentang ane yg tanya trus dikacangin

Ampyunnnn
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15640
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: SM Special : B-segment Hatchback League Part 1.

Post by ChZ »

axala wrote:Well :ngacir: ane sudah bisa menebak part2 dari reviewnya :ngacir:

Ente pasti dah bisa nebak ane pilih mana....mana paling worth menurut ane :ngacir:

Benar...ane pilih yaris kalo dipart1 ini....:ngacir:

Karena yaris lebih berorientasi sekarang untuk kemudahan dan kenyamanan berkendara berukuran mini :upss: dikala dimensi segede itu

ane si dah masuk ke jazz....dan ane ngeliat trim aja dah jijik...biarpun designnya lumayan :ngacir:

Even the quality lebih worst dr mpv cornering ane :ngacir:

But overall...gudd...ane menunggu review part2nya :mky_03: jangan lupa di part2 yg high technology....jangan lupa sedikit review untuk gimmicknya...minimal sesedikit ente ngeripiu HU itu
masalahnya ane tidak menemukan kemudahan dan kenyamanan berkendara di Yaris. To be honest, mending ane jadi penumpang. Nyetir New Yaris bener-bener gak ada fun nya blas.

gimmick? kalo inget ya. soalnya kalo udah di hatchback, gimmick itu hal kesekian-sekian. kalo ada bagus, nggak ada ya gak papa.

ngomongin gimmick lebih cocok di luxury saloon atau MPV besar.............. atau SUV idaman ente ntu tuh.

amfibi wrote:Mau tanya
Sepertinya yaris ini kan dengan respons yg smooth, stir hambar, bantingan nyaman, kan malah jd bagus buat alternatif kebanyakan orang yg pengen hatch nyaman dan fungsional, namun dgn casing sporty...

Trus kok dblg jelek si yaris? Semua hatch harus sporti gt ya...
you don't get my points.

dimana ane bilang Yaris jelek? baca lagi deh.
New Yaris sendiri, diskon 2-3juta dari 266juta (TRD A/T). Dengan segala kelebihan ASS Toyota tentu Yaris menjadi paket menarik untuk para pembeli konservatif.

Tapi buat saya, jika memang kepengen Yaris, please buy the G trim, karena apa yang kita dapat di tipe TRD dibanding tipe G sangat-sangat tidak worth it. Kecuali tipe TRD nya dilengkapi suspension kit seperti Yaris TRD gen.1.
dan sekali lagi, ane tekankan, review tidak terlepas dari subjektivitas dan selera penulis. atau ane pake kalimat om helm "Experience may vary"

hatchback harus sporty? i must say, YES! absolutely! Orang beli hatchback karena kepingin lincah. Dimensi kecil, steering response yang cekatan, suspensi yang baik, dan chassis yang kaku menjadi point penting sebuah hatchback. sedangkan kepraktisan jadi point plus. Dan kejeniusan desainer Honda menyediakan tata ruang yang baik plus konfigurasi ultra seat membuat Jazz dari dulu menjadi all-rounder yang baik.

dan mengingat Jazz, Yaris, Swift sering dipake slalom, rasanya nggak salah statement ane kalau hatchback harus sporty.

Old Yaris itu jagoan slalom lho, low rev enjin dan wb pendek yang membuat mudah ditekuk U-Turn. Jazz GE pun koit karena dimensinya terlalu besar dan high-rev enjin. Lha new Yaris? buat manuver saja terasa berat, bodynya besar dan gak lincah.

kalo cari kenyamanan, belilah sedan atau MPV. that's my point. Harga segitu ada Mobilio dan Ertiga yang lebih nyaman kok.
ricz wrote:Nice ripiu as always kak chriz... :mky_02:

Soal jazz baru GK5 ini, 5 hari sebelum launch di Medan gw udh ngelihat jazz baru GK5 tipe A (kebetulan lg ke beres gnti bumper baru) yg cilakanya disamping GE8 RS customer laen yg udh dipasang lowering kit dan velg CE28 16 inch :frm_bang_head:

Langsung GK5 menjadi sgt bulat, bantet dan biasa bgt modelnya.... :big_slap: Udah gt makin diperparah dgn kekacauan bokongnya yg spt GE8 hbs ditabrak mitsu kepala kuning... :big_slap:

Tanya bokap "pah, cakep ga?" langsung dibalas "ahh gaje bgt designnya, mending yaris"

Hal ini jg diamini ama kabeng bagian body repair yg pas itu nemenin gw ama bokap liat GK5, ktnya jadi aneh modelnya..

Yg tipe RS sehh mmg lebi cakep dikit, tp ttp menurut gw ga ad rombakan berarti dr GE8 ke GK5 dan tdk membuat GE8 menjadi sgt jadul tdk spt jazz mk.1 alias GD3 yang jadi super jadul semenjak kemunculan jazz mk2 alias GE8...


Masuk interior, byk improvement jg... Cuman desainnya jg konservatif, spt bukan Honda bgt gitu.. Hal yg sama jg terjadi di mbl peliharaan gw si CRV RM aka mbl mahmud aka mbl plastik etc etc etc... :off_bored:

Overall gw prefer new Yaris kemana2 krn selain lebi cocok gw ama modelnya jg krn ASS toyota yg tersebar dimana2, sgt friendly & tanggap (subyektif):mky_02:

Soal handling & power? Ahhh gw ga terlalu peduli, yg penting irit bbm aja deh.... Org bukan bwt lari koq... :mky_01:
thank you ric :mky_02:

yang lebih parah, meme ane, malah tanya "emang Jazz keluar baru?"

ane tunjukin pic, langsung bilang "jelek amat sih kotak2 gitu" :big_slap:

betul sekali, kl udah ngomong ASS, Toyota ngga ada lawan dah. That's my point. Kalo cari model ganteng dan ASS baik ya belilah Yaris, tapi saran ane sih tipe G better ya. bodykit beli sendiri aja lebih murah :mky_01:
Prestige wrote:Nice ripiu bro :big_exellent:

Ane setuju sama jeleknya design speedometer yaris yang menjijikan :big_slap:

Emg bener2 jeleknya ga tahan .. males liatinnya juga ..

Dan kalo soal Dedign Speedometer, ane rasa Honda lah yang terbaik ..

Walopun simple, tpi kesan keren dan sporty nya tetep ada ..

Contohnya kaya d Civic FD ogut, lebih enak ngeliatin speedometer nya civic ini d banding yaris baru itu :big_slap:
uwkwkwkw dari dulu Honda selalu menang soal desain speedometer. Bahkan speedometer di GE8 itu ane demen banget lho liatinnya. Di GK5 clusternya IMO lebih cantik daripada GE8, dengan logo RS segede gaban dan cahaya berpendar biru.

IMO, clusternya old Yaris jauh lebih menarik buat ane dengan optitronnya :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7