Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
madcat015 wrote: Jadi kami juga melihat sejauh dan sedalam apa perbedaan dan keunikan ripiu. Tentu saja ane pribadi selalu mendukung dan mengancam para piyikz atau member lain secara personal untuk menulis ripiu mereka di SM.
termasuk ngancam ane buat nulis ripiu mobilinyong dalam waktu 8 jam setelah ane report TD di WASeM.... :mky_03:

*tidak ada kucing yang terluka dalam penulisan ripiu kali ini.... :mky_03:

Errr.... :ungg:


*i must go* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
madcat015 wrote: Jadi kami juga melihat sejauh dan sedalam apa perbedaan dan keunikan ripiu. Tentu saja ane pribadi selalu mendukung dan mengancam para piyikz atau member lain secara personal untuk menulis ripiu mereka di SM.
termasuk ngancam ane buat nulis ripiu mobilinyong dalam waktu 8 jam setelah ane report TD di WASeM.... :mky_03:

*tidak ada kucing yang terluka dalam penulisan ripiu kali ini.... :mky_03:
:big_think: *komnas HAM mana komnas HAM*

:mky_03:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

imingwahyudi wrote:
ChZ wrote:
madcat015 wrote: Jadi kami juga melihat sejauh dan sedalam apa perbedaan dan keunikan ripiu. Tentu saja ane pribadi selalu mendukung dan mengancam para piyikz atau member lain secara personal untuk menulis ripiu mereka di SM.
termasuk ngancam ane buat nulis ripiu mobilinyong dalam waktu 8 jam setelah ane report TD di WASeM.... :mky_03:

*tidak ada kucing yang terluka dalam penulisan ripiu kali ini.... :mky_03:
:big_think: *komnas HAM mana komnas HAM*

:mky_03:
Ane ketuanya...

Hak Asasi Miauw, bukan? :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by HouseOfDetailing »

dogar wrote:
HouseOfDetailing wrote:Akhirnya TD E CVT...dengan berkorban dikit muter nyari premios walau udah mupeng pingin full throttle :mky_03:
Driving impression:
Kesan mengemudikan jauh lebih dari cukup untuk membayar semua kekurangannya.Di kick down emang ngga seperti geared yang hempasan torquenya bikin nagih.Tapi akselerasi halus-halus ngacir,ane kick down saat nyampai 3500rpm ada sensasi banjir torque dari mesin.Angkat pedal gas tahu-tahu sudah nyampai lebih dari 80km/h dengan kondisi beban 2 orang dan fuel tank full.Si Mobilmonyong pelari marathon yang baik untuk overtake mobil lainnya.Suspensi senyap berhubung mobil baru,bantingan pas tanpa ada rebound berlebihan.A well done car from Hando :D

*ane banyakan naruh kaki di rem dari pada gas saat di arus traffic.cvt box of this car are good :big_slap:
Nice review :big_exellent: .
Testimoni om HoD paling tidak mematahkan teori bahwa komentar-komentar positif di beberapa media ttg si Lio adalah pesan sponsor.

Jadi penasaran nih mekanisme CVT waktu kickdown. Kalo yg geared kan memang "pindah gigi seketika". Kalau CVT gimana sih?
Apa cone nya membesar/mengecil seketika jg?
Saya harus ngasih jempol buat CVT milik Mobilinyong.Kalau CVT di GD chassis variants dahulu,ketika di kick down mesin langsung rev up mengincar redline.Nah jika dahulu selalu sweet spot peak torquenya selalu miss kelewatan saat kick down,sehingga akselerasinya terasa kurang bergairah.Pada Mobilinyong range ratio CVTnya cukup tune in dengan mesinnya.Akselerasi mengikuti kenaikan torsinya,yang mana saya kira di lock putaran mesinnya hingga peak torque saja saat hard acceleration.Dan akan rev up hingga ke titik redline untuk peak horse power saat ingin menggapai top speed.
Kalau saya pribadi merasa Mobilmonyong cukup fun untuk daily use.Di tekuk di tikungan cukup predictable,memang feedback grip dari setir minim.Namun chassisnya punya feedback lumayan informatif untuk shifting titik berat dan body roll.Dan joknya yang ramai di cemooh tifis,justru punya dekapan baik yang berkontribusi besar dalam menyalurkan informasi pada tubuh.Sehingga alam bawah sadar pengemudi bisa merasakan apa yang terjadi dan di lakukan chassis.Saya pribadi memberi rating kualitas mengemudinya hampir sama solidnya dengan Spin,namun jauh lebih flexible.Ini mobil yang wajib "drive it to believe it"

...:ngacir:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

madcat015 wrote:
imingwahyudi wrote:
ChZ wrote:
termasuk ngancam ane buat nulis ripiu mobilinyong dalam waktu 8 jam setelah ane report TD di WASeM.... :mky_03:

*tidak ada kucing yang terluka dalam penulisan ripiu kali ini.... :mky_03:
:big_think: *komnas HAM mana komnas HAM*

:mky_03:
Ane ketuanya...

Hak Asasi Miauw, bukan? :big_smoking:
:ungg: :ungg: :ungg: asal om kucing senang ah


:ngacir:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

imingwahyudi wrote:
@omDogar: selamat datang disini om! nice and honest sharing, jujur aye kurang sreg dg Mobilio...simply because the learning curve is just so steep, seperti Innova dono yang perlu lamaaaaaaa bgt buat bikin mata aye sedikit menerimanya :big_childish: . Nevertheless, it's a good return kalo driving impressionnya sangat baik, kompensasi atas eksterior dan material interior :big_biglaugh: ...untuk interior, take the bright side like this lah, we're supporting green living :mky_02: (using eco green plastics)

oiya...om orang Bandung? sarua yeuh jeung abi :mky_02: :mky_02:
Hahaha, eco green plastics .....ini sindiran paling kejam buat sang Lio.
Supaya lebih keren, mungkin si Lio bisa pake tagline ini "With Earth Dreams Technology Engine and Biodegradable Dashboard" :D
Kalo sang kompetitor diledekin sebagai mobil dgn body kaleng sarden, si Lio bakalan dijuluki sebagai mobil dgn dasbor kantong kresek.
Tapi ngga apa-apa, makin kejam sindirannya makin bagus. Mudah-mudahan aja Mr John Peace Fun D sempet nyasar ke trit ini.
Dan yg paling berdosa atas pemilihan bahan dasbor Lio agar diberi ganjaran yg setimpal atas perbuatannya. Geuleuh atuda :D.

Cumu'un urang bandung euy.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

dogar wrote:
imingwahyudi wrote:
@omDogar: selamat datang disini om! nice and honest sharing, jujur aye kurang sreg dg Mobilio...simply because the learning curve is just so steep, seperti Innova dono yang perlu lamaaaaaaa bgt buat bikin mata aye sedikit menerimanya :big_childish: . Nevertheless, it's a good return kalo driving impressionnya sangat baik, kompensasi atas eksterior dan material interior :big_biglaugh: ...untuk interior, take the bright side like this lah, we're supporting green living :mky_02: (using eco green plastics)

oiya...om orang Bandung? sarua yeuh jeung abi :mky_02: :mky_02:
Hahaha, eco green plastics .....ini sindiran paling kejam buat sang Lio.
Supaya lebih keren, mungkin si Lio bisa pake tagline ini "With Earth Dreams Technology Engine and Biodegradable Dashboard" :D
Kalo sang kompetitor diledekin sebagai mobil dgn body kaleng sarden, si Lio bakalan dijuluki sebagai mobil dgn dasbor kantong kresek.
Tapi ngga apa-apa, makin kejam sindirannya makin bagus. Mudah-mudahan aja Mr John Peace Fun D sempet nyasar ke trit ini.
Dan yg paling berdosa atas pemilihan bahan dasbor Lio agar diberi ganjaran yg setimpal atas perbuatannya. Geuleuh atuda :D.

Cumu'un urang bandung euy.

Buahahahhahahaha...sakali kali mah hayang dibungkusan ku keresek sampah nu hejo tea heeuh? :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: "RECYCLABLE" :mky_03: :mky_03: :mky_03:

eisss Bandung :mky_02: abi di Paskal oom...ari oom dimana? :big_smile]
Niki
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Feb 13, 2014 15:35

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Niki »

Selamat malaaaaaam..... Salam kenal semuanyaaaaaaaa :big_peace: :BIG:

Ijin bergabung dengan forum gokil dan ramai seperti ini... Ulasan dan bahasannya tentang dunia otomotif dari para pakar dimari memang luar biasa, subjektif, bs dipertanggung jawabkan sesuai fakta dan kondisi sebenarnya dilapangan dan bs memberikan tambahan ilmu bagi gw yang masih gemeter untuk nginjek pedal gas diatas 100Kmh... :multi: :ungg:

Jujur baca ini forum baru kemaren malem, karena niatnya beli kue kukus sampe nyasar dimari..

Ane udah SPK si lio (mau nyebut mobilmonyong gak enak, krn bakal jadi temen susah senang nantinya :upss: ) E CVT PMM dan kebetulan tadi pagi dikabarin dealer unit dengan tipe dan warna pesanan sudah ready...
Alhamdulillah, bukan termasuk yang lama2 bener dapetnya.. :mky_03: Gw beli di Crb, karena KTP dan KK msh Crb, padahal ane domisili di Jkt... :big_peace:

Gw salah satu yang belum pernah TD tp meyakinkan diri untuk jadiin si lio ini teman sejati buat ngarungin lautan kendaraan di Jkt, apalagi setelah membaca ulasan dari para suhu dimari.

Pertanyaan gw :
1. Forum bagus dan interaktif seperti ini adakah ajang kopdar dan konvoi touring brg kmn gitu?
2. Nanti rencana setelah si monyong dah di garasi, mau bungkus sarung jok pake bahan kulit/ semi kulit yg cukup bagus, ada yg pny referensi dimari?

Paling rencana awal itu dulu sih, ganti sarung jok, dan tambah peredam kali yah.. Yang lain lihat perkembangan dan budget kedepan... :ngacir:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by DDR »

@ Bro Dogar, Bro Imingwahyudi, waaaaaaaaaaaaaaaaahhh... Bandung yah... kota kelahiran ku... rumah orangtua di Gunung Batu, Cimindi, batasan banget dengan Bandung, via Terusan Pasteur... asik dah... pas ke Bandung jadi ada temen baru...

@ Niki, salam kenal Bro (atau Sis yah)? ... betul itu yang saya mau tuh... Kopdar en nambah pertemanan... ehm untuk referensi sarung jok bisa dilihat di thread Monza Autosport deh... di bagian Affiliates>Monza Autosport.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by VanzMatic »

Niki wrote:Selamat malaaaaaam..... Salam kenal semuanyaaaaaaaa :big_peace: :BIG:

Ijin bergabung dengan forum gokil dan ramai seperti ini... Ulasan dan bahasannya tentang dunia otomotif dari para pakar dimari memang luar biasa, subjektif, bs dipertanggung jawabkan sesuai fakta dan kondisi sebenarnya dilapangan dan bs memberikan tambahan ilmu bagi gw yang masih gemeter untuk nginjek pedal gas diatas 100Kmh... :multi: :ungg:

Jujur baca ini forum baru kemaren malem, karena niatnya beli kue kukus sampe nyasar dimari..

Ane udah SPK si lio (mau nyebut mobilmonyong gak enak, krn bakal jadi temen susah senang nantinya :upss: ) E CVT PMM dan kebetulan tadi pagi dikabarin dealer unit dengan tipe dan warna pesanan sudah ready...
Alhamdulillah, bukan termasuk yang lama2 bener dapetnya.. :mky_03: Gw beli di Crb, karena KTP dan KK msh Crb, padahal ane domisili di Jkt... :big_peace:

Gw salah satu yang belum pernah TD tp meyakinkan diri untuk jadiin si lio ini teman sejati buat ngarungin lautan kendaraan di Jkt, apalagi setelah membaca ulasan dari para suhu dimari.

Pertanyaan gw :
1. Forum bagus dan interaktif seperti ini adakah ajang kopdar dan konvoi touring brg kmn gitu?
2. Nanti rencana setelah si monyong dah di garasi, mau bungkus sarung jok pake bahan kulit/ semi kulit yg cukup bagus, ada yg pny referensi dimari?

Paling rencana awal itu dulu sih, ganti sarung jok, dan tambah peredam kali yah.. Yang lain lihat perkembangan dan budget kedepan... :ngacir:
Slamat datang ke Seraya Motor, masbro.. :big_peace:

Ajang kopdar pasti ada, dan biasanya sih spontanitas aja, dan ngga ada acara konvoi bareng.
Konvoi bareng sih....kayak mod Anjasrana kmrn ndilalah "ditegerep" ama member lain di tol, jadinya malah 'konvoi' mini ampe rest area, kopdar, dah pulang lagi...

Biasanya sih kita kita paling demen kalo kopdar doang, ngga sammpe konvoi masbro...Jakarta udah sinting macetnya...ntar yang ada malah kalo ngga jadi bahan omongan orang, malah mungkin kita kita yang jadi pegel kaki kena macet sinting...

*lirik yang pedalnya masih kebanyakan... :big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

@DDR weee Bandung darekeut yeuh wkwkwk...saya pasirkaliki oom hehehehe

@omNiki: selamat datang oom :mky_02: ditunggu uji CVTnya dari perspektif oom Niki...semoga positif hehehehe...

@oomVM: errr...... :mky_05:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by HouseOfDetailing »

His majesty John Peace telah bertitah,"setiap dealer akan di kirimkan minimal 100 unit perbulan".Mayoritas para sales hingga beberapa owner dealer replied,"double u ti ef!"

:ngacir:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1084
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by liat2aja »

Baru liat unitnya di pameran. Feeling pertama, ya bagus juga. Tapi setelah lihat lebih dekat styling antara pintu depan dan tengah (pilar B?) kok jadi keliatan aneh bgt. Mana sales nya lagi ngejelasin customer lain yg lagi liat2 sama gw, ngomongnya: ini Brio dipanjangin. Lah itu pintu depan jgn2 punya Brio juga!

Masuk ke dalam holaaaa interiornya horror bgt. Apalagi panel acnya, kek mainan. Dan selama ini gw pikir panel AC Freed Alpha gw horror, yg ini apa...

Di luar itu ya, standarlah. Mungkin gw berharap terlalu banyak. Tapi sebagai pengamat (hah) bukan calon pembeli gw rasa kalau dibandingkan dgn mobil sekelasnya sebandinglah. Tinggal memang mesti TD baru tau mana lebih fun to drive.

Jadi, berhubung masih 3-4 taun lagi baru ganti mobil, test drive dsb ditunda aja. Tunggu versi faceliftnya. Mana tau acnya jadi otomatis/climate control (mimpi) dan itu glove box bisa diganti yg lebih baik.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

HouseOfDetailing wrote:His majesty John Peace telah bertitah,"setiap dealer akan di kirimkan minimal 100 unit perbulan".Mayoritas para sales hingga beberapa owner dealer replied,"double u ti ef!"

:ngacir:
:wkkk:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

imingwahyudi wrote:
HouseOfDetailing wrote:His majesty John Peace telah bertitah,"setiap dealer akan di kirimkan minimal 100 unit perbulan".Mayoritas para sales hingga beberapa owner dealer replied,"double u ti ef!"

:ngacir:
:wkkk:
Ane coba menggambarkan kondisi para dealer sekarang:

Image



Dan ane cuman bisa berkomentar ke his majestic John Peace...

Image

:ngacir:


@om niki: salam kenal dan selamat bergabung di SM om... :mky_02:

Moga2 betah di marih... O iya, di SM tidak jadi masalah untuk menjuluki mobil kepunyaan kita sendiri. Ane malah kasi nama R3 gadungan atau R3 KW8 ke kapal induk ane... :mky_03:

Yang penting santai dan open minded di marih om... dan tak lupa: OOT... :upss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
papa3r
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Fri Feb 14, 2014 5:05

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by papa3r »

madcat015 wrote:
Ane coba menggambarkan kondisi para dealer sekarang:

Image



Dan ane cuman bisa berkomentar ke his majestic John Peace...

Image

:ngacir:
Yak opo kabare Cak....
bergabung dsini.....
to be ......CAT follower.....ghhrrrr :big_grin:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by madcat015 »

papa3r wrote:
madcat015 wrote:
Ane coba menggambarkan kondisi para dealer sekarang:

Image



Dan ane cuman bisa berkomentar ke his majestic John Peace...

Image

:ngacir:
Yak opo kabare Cak....
bergabung dsini.....
to be ......CAT follower.....ghhrrrr :big_grin:
Halo cak papa3r... kabar baik, yak opo kabare cak papa3r?

Busyet dah, pindah nang rene juga cak... :mky_02: selamat bergabung ya cak... :mky_02: sepurane, nang rene wuakeh seng tresno mbe kucing... :mky_03:

Di sebelah trit mobilmonyong wes adem... ane jadi silent reader di sono maning... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

papa3r wrote:
madcat015 wrote:
Ane coba menggambarkan kondisi para dealer sekarang:

Image



Dan ane cuman bisa berkomentar ke his majestic John Peace...

Image

:ngacir:
Yak opo kabare Cak....
bergabung dsini.....
to be ......CAT follower.....ghhrrrr :big_grin:

Gabuunggg :mky_02:

Selamat dateng papa :D
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

Sekedar melengkapi hasil TD rekan-rekan di sini.
Review dari jurnalis otomotifnet.com (tabloid Otomotif) waktu TD di Jogja.

Lio ternyata pakai final gear 4.7 (lebih tinggi dari Jazz dan Yaris yg sama-sama 4.2),
Nafas gigi 1-2 si Lio pendek-pendek, dan ini karakter yang bagus buat MPV 7-s biar kuat nanjak walaupun dengan penumpang 7 orang.
APV yang final gearnya 4.3 saja sudah cukup buat melibas tanjakan ekstrim sekitar dago pakar, punclut atau tanjakan-tanjakan panjang
seperti nagreg, gentong, tanjakan iming... eh salah.. maksudnya tanjakan emen (arah cikole Lembang).

:big_peace: pis kang Iming :D , saya ngga jauh dari Paskal, sekitaran Pasteur nih, jadi kita berada di jalanan yang Pas-Pas-an yah.

Source:
http://mobil.otomotifnet.com/read/2014/ ... -Borobudur

Yogyakarta - Keberanian PT Honda Prospect Motor (HPM) menyematkan tag line "Banyak Kelebihan dan Keunggulan" pada MPV kompak barunya Honda Mobilio, tentu bukan tanpa alasan. OTOMOTIFNET pun dibikin penasaran dan bertanya-tanya, apa betul, low MPV 7 penumpang ini berada paling atas dalam segala bidang di antara kompetitornya?

HPM pun coba membuktikannya melalui acara Media Test Drive dengan menyediakan 22 unit terdiri dari tiga varian (tipe S M/T, E M/T, E CVT, dan E CVT Prestige) di Yogyakarta, 4 - 5 Februari lalu. Dipilihnya Kota Gudeg tentu berkaitan dengan historis terciptanya Mobilio sebagai salah satu rute pengujian sebelum diproduksi. Selain itu, "Yogyakarta memiliki kondisi jalan yang variatif dan mewakili jalan-jalan di Indonesia," jelas Yosep Swasono Agus, Corporate Communication Manager HPM.


Pada acara tes itu, OTOMOTIFNET mendapat kesempatan mengendarai ketiga varian yang dibekali mesin 1.5L SOHC 4 silinder segaris i-VTEC dengan teknologi drive-by-wire (DBW). Mobil pertama yang diuji varian tertinggi E CVT Prestige yang hanya perbedaannya hanya pada penambahan lis krom pada sisi samping dan bagian belakang.
Tenaga Responsif
Dengan tenaga maksimum 118 dk, performa Mobilio cukup responsif dan perpindahan tiap gigi sangat halus. Ini berkat transmisi yang sudah mengusung teknologi Earth Dream yang diproduksi oleh HPPM (Honda Precision Parts Manufacturing) di Cikampek. Tenaga yang responsif ini adanya pemakaian rasio gigi akhir 4,7 yang cukup enteng.

Bandingkan dengan Jazz bermesin sama, tapi pakai 4,2. Pemakaian gigi rasio lebih tinggi pada Mobilio tak lain untuk mengimbangi bobot yang lebih berat, ciri khas MPV 7-seater.

Makanya, rute menuju Candi Prambanan yang ada tanjakan dan menurun dilibas dengan mudah. Begitu juga ketika OTOMOTIFNET mengemudikan tipe E betransmisi manual. Boleh dibilang hampir tidak pernah mengandalkan gigi satu saat menaklukkan jalan tanjakan dalam iring-ringan. Ini lantaran pemakaian perbandingan setiap giginya yang rapat dipadu dengan rasio gigi akhir yang 4,7.

Sehingga, napas gigi satu sangat pendek. Begitu juga perpindahan dari dua ke tiga juga pendek. Baru dari tiga keempat agak panjang. Asyiknya, kala memindahkan tongkat persneling tiap gigi bagaikan memakai quick shift. Trus, kala jalan di putaran mesin 1.400 rpm dan pedal gas dibejek, tenaga langsung berisi.

Meski belum tahu efisiensi bahan bakarnya, tapi dengan perpindahan gigi yang pendek ini bisa dipastikan konsumsi BBM Mobilio cukup irit. Ditambah lagi, ada indikator ECO yang bila terlambat memindahkan gigi atau tidak bisa menjaga putaran mesin, lampu indikatornya akan "padam".

Selain menguji tenaga, saat bermanuver di jalanan berkelok-kelok, kestabilan mobil terjaga dengan baik. Hanya, jika melaju dengan kecepatan di bawah 30 km/jam, bantingan teratas keras. (Mobil.Otomotifnet.com)
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by imingwahyudi »

:mky_05:

Wwkwkwk wah deket sama kampus aye dong pasteur mah oom :mky_02:

Btw beranian final gear 4.7... Itu untuk CVT doang atau manual juga sama 4.7 oom? :big_think:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

DDR wrote:@ Bro Dogar, Bro Imingwahyudi, waaaaaaaaaaaaaaaaahhh... Bandung yah... kota kelahiran ku... rumah orangtua di Gunung Batu, Cimindi, batasan banget dengan Bandung, via Terusan Pasteur... asik dah... pas ke Bandung jadi ada temen baru...
Wah deketan atuh . Gunung Batu ini duluuuunya jalan desa (tanah) tempat jin buang ipad.
Sejak ada IPTN dibuat jalan tembus dari Cimindi ke Pasteur.
Dan sekarang jadi area super macet tiap jam mulai dan pulang kerja.
Nanti setelah apartemen Gateway Pasteur jadi ngga akan super macet lagi, tap jadi super duper maceeet :D.
Niki
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Feb 13, 2014 15:35

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Niki »

DDR wrote: @ Niki, salam kenal Bro (atau Sis yah)? ... betul itu yang saya mau tuh... Kopdar en nambah pertemanan... ehm untuk referensi sarung jok bisa dilihat di thread Monza Autosport deh... di bagian Affiliates>Monza Autosport.

Apa aja boleh lah mau bro ato sis... Yang ambigous itu yg enak... :big_blushing: :big_slap:
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by dogar »

imingwahyudi wrote::mky_05:

Wwkwkwk wah deket sama kampus aye dong pasteur mah oom :mky_02:

Btw beranian final gear 4.7... Itu untuk CVT doang atau manual juga sama 4.7 oom? :big_think:
Iya kurang jelas tuh artikelnya.
Dari urutan ceritanya sih TD-nya pakai matic dulu baru yg manual, ditulis final gear sama-sama 4.7.
Tapi biasanya kan yg manual final gearnya lebih gede ya.
Kalau di Yaris yg matic itu 4.2 dan yg manual 4.3. Yaris matic jago juga nanjaknya tuh. Kalau di Cipularang arah
Bandung pas di tanjakan panjang mindahin dari D ke 3 itu hentakannya serasa pake NOS hehe..
Niki
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Feb 13, 2014 15:35

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by Niki »

VanzMatic wrote: Slamat datang ke Seraya Motor, masbro.. :big_peace:

Ajang kopdar pasti ada, dan biasanya sih spontanitas aja, dan ngga ada acara konvoi bareng.
Konvoi bareng sih....kayak mod Anjasrana kmrn ndilalah "ditegerep" ama member lain di tol, jadinya malah 'konvoi' mini ampe rest area, kopdar, dah pulang lagi...

Biasanya sih kita kita paling demen kalo kopdar doang, ngga sammpe konvoi masbro...Jakarta udah sinting macetnya...ntar yang ada malah kalo ngga jadi bahan omongan orang, malah mungkin kita kita yang jadi pegel kaki kena macet sinting...

*lirik yang pedalnya masih kebanyakan... :big_grin:

Boleh jg bro.. Sekalian nambah teman dan wawasan buat ane yg msh nubie ini.. :big_peace:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Honda Mobilio E Prestige CVT

Post by DDR »

dogar wrote: Wah deketan atuh . Gunung Batu ini duluuuunya jalan desa (tanah) tempat jin buang ipad.
Sejak ada IPTN dibuat jalan tembus dari Cimindi ke Pasteur.
Dan sekarang jadi area super macet tiap jam mulai dan pulang kerja.
Nanti setelah apartemen Gateway Pasteur jadi ngga akan super macet lagi, tap jadi super duper maceeet :D.
Iyah betul pisan tah... Saya suka iseng nongkrong di jembatan Gunung Batu yg diatas jalan tol tea nge liatin urang Jakarta antri ka Bandung hehehe... Mantap lah jadi banyak dulur...